Diskominfo Dan Ormas Sosialisasi Peraturan PPKM Level IV – SuaraBorneo.com
Connect with us
PERKOKOH-BANUA-MAJU-page-0001

Kalteng

Diskominfo Dan Ormas Sosialisasi Peraturan PPKM Level IV

Published

on

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas bersama dengan Organisasi Masyarakat (Ormas) Kapuas lakukan pembagian leaflet Peraturan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 dan masker kepada masyarakat sepanjang ruas jalan, pasar dan pelabuhan di Kuala Kapuas, Senin (9/8/2021).

Hal tersebut juga sesuai dengan instruksi Bupati Kapuas nomor 360/388/SATGAS-COVID/KPS.2021 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 4 serta pengoptimalan posko penanganan Corona Virus Deases 2019 di tingkat desa dan kelurahan untuk pengendalian penyebaran Corona Virus Deases 2019 di Kabupaten Kapuas.

Adapun pembagian leaflef PPKM level 4 dan masker ini dilakukan beberapa titik lokasi yaitu, simpang Adipura, simpang lampu merah Jalan Patih Rumbih, pasar besar dan pelabuhan Kuala Kapuas.

Kepala Dinas Dr. H. junaidi, MAP, M Kes dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa dibagikan nya leaflet PPKM level 4 dan masker ini guna mensosialisasi kan dan meningkatkan kesadaran masyarakat serta PPKM yang telah diberlakukan sejak tanggal 5 sampai dengan 17 Agustus 2021.

“Diharapkan dengan dibagikanya laflef dan masker ini masyarakat lebih mengetahui tentang Kabupaten Kapuas yang sudah masuk dalam zona merah atau level 4 serta masyarakat dapat mentaatinya,” ungkap Dr H Junaidi.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan sejalan dengan pembagian leaflet PPKM level 4 dan masker, Kominfo Kapuas juga mensosialisasikan melalui mobil siaran, radio dan media sosial Kominfo Kapuas setiap harinya untuk mengedukasi masyarakat Kabupaten Kapuas karena di ketahui sampai sekarang Kapuas mengalami peningkatan angka kasus Covid-19.

“Terimakasih kepada Ormas Ansor, Banser dan PMII yang telah membantu Diskominfo dalam mensosialisasikan PPKM level 4 ini Sudah barang tentu apa yang telah dilakukan oleh ormas ini sangat bermanfaat,”pungkas Dr H Junaidi. (ujang/ery-SB).

Bagikan ke

Kalteng

DPRD Kapuas Dukung Pelaksanaan Musrenbang RKPD 2025

Published

on

Ketua Komisi IV DPRD Kapuas Syarkawi H Sibu pada musrenbang RKPD Kabupaten Kapuas. (foto/ist).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas mendukung musyawarah perencanaan pembangunan daerah (Musrenbang) penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kapuas tahun 2025.

Hal ini dikatakan Ketua Komisi IV DPRD Kapuas Syarkawi H Sibu pada pelaksanan Musrenbang penyusunan RKPD tahun 2025 bertempat di Aula Kantor Bappelitbangda Kuala Kapuas Kamis (28/3/2024).

“DPRD Kapuas sebagai mitra kerja pemerintah berkomitmen untuk terus mendukung dan mengawal proses pembangunan demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera,” katanya.

Dikatakan Musrenbang merupakan road map peta untuk menuju sukses masa depan. “Oleh karena itu kami dari DPRD sebagai mitra eksekutif DPRD Kabupaten Kapuas pada prinsipnya mensuport memberikan dukungan penuh agar seluruh dokumen perencanaan ini terlaksana dengan baik,” katanya.

Politisi PDI Perjuangan ini melanjutkan melalui tahapan Musrenbang nantinya diharapkan dapat menghasilkan kesepakatan dan prioritas pembangunan yang tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Kita harapkan Musrenbang ini bisa menghasilkan dan bisa merajut seluruh ide dan gagasan dan mampu menjawab seluruh persoalan dan harapan dalam pembangunan,” ujarnya. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pemkab Kapuas Laksanakan Musrenbang RKPD Tahun 2025

Published

on

Pelaksanaan Musrenbang RKPD tahun 2025 Kabupaten Kapuas. (foto/ist)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pemerintah Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah (Kalteng) melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) RKPD tahun 2025.

Kegiatan bertempat di Aula Kantor Bappelitbangda Kuala Kapus Kamis (28/3/2024) diikuti anggota DPRD OPD lingkup Pemkab Kapuas camat serta stakeholder.

Forum dibuka oleh Penjabat (Pj) Bupati Kapuas yang diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kapuas Salman.

“Harapan kita dari dokumen perencanaan Musrenbang ini dapat dilaksanakan dengan baik yang betul-betul menjadi skala prioritas,” kata Asisten II Salman.

Sementara itu Kepala Bapelitbangda Kapuas Catur Feriyanto dalam paparannya mengatakan ada lima bidang usulan masing-masing hasil musrenbang tingkat kecamatan bidang infrastrukrur 1.076 ekonomi pemberdayaan 458 pendidikan 344 kesehatan 139 dan bidang administrasi pemerintahan 133 total ada 2.150 usulan.

Kemudian usulan yang merupakan hasil forum perangkat daerah adalah masing masing bidang infrastrukrur 1.059 ekonomi pemberdayaan 458 pendidikan 341 kesehatan 117 dan bidang administrasi pemerintahan 118 dengan total 2.103 usulan. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pererat Silaturahmi Keluarga Besar DPMD Kapuas Buka Puasa Bersama

Published

on

Keluarga besar DPMD Kabupaten Kapuas foto bersama dalam acara buka puasa bersama. (foto/ist)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Jajaran Keluarga besar Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah (Kalteng) mengadakan buka puasa bersama, Rabu (27/3/2024).

Buka puasa bersama berlangsung di Dapur Tepian DAS Kapuas seberang Kecamatan Kapuas Hilir.

Hadir para pegawai Dinas PMD Kapuas beserta keluarga pendamping desa serta insan pers dalam suasana kebersamaan.

Kepala Dinas PMD Kapuas Budi Kurniawan mengatakan Bukber tidak sekadar makan bersama namun juga dijadikan sebagai ajang mempererat silaturahmi.

“Buka puasa bersama ini sekaligus silahturahmi dengan seluruh jajaran DPMD bersama keluarganya dan juga dengan rekan-rekan media,” ucapnya.

Disampaikannya selain untuk mempererat tali silaturahim melalui kegiatan ini juga bisa saling berkoordinasi dan sharing terkait pelaksanaan program – program DPMD Kapuas. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pj Bupati Kapuas Ikuti Rakor Optimalisasi Penyelenggaraan Pemerintahan di Daerah

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi pada rakor optimalisasi penyelenggaraan pemerintahan di daerah. (foto/hmskmf)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi bersama Pj Ketua TP PKK Kapuas Agustina Erlin Hardi dan sejumlah pejabat terkait dari Pemkab Kapuas mengikuti Rapat Koordinasi Optimalisasi Penyelenggaraan Pemerintahan di Daerah Tahun 2024 yang berlangsung di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (27/3/2024).

Rapat Koordinasi ini dipimpin langsung Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran didampingi Wakil Gubernur Kalteng H Edy Pratowo dan Ketua TP PKK Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran.

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran dalam rapat tersebut menyampaikan beberapa poin diantaranya upaya percepatan penurunan stunting, pemanfaatan Dana Bagi Hasil – Dana Reboisasi (DBH-DR) pembangunan sektor infrastruktur dan objek wisata sektor ketahanan pangan pembangunan sektor Pendidikan serta peningkatan kualitas dan pemerataan layanan sektor kesehatan.

“Pendapatan Asli Daerah harus terus dioptimalkan untuk memperkuat kemampuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Gali berbagai potensi yang dimiliki daerah masing-masing dan prioritaskan pembangunan tetap sektor pendidikan kesehatan infrastruktur dan perekonomian dalam arti luas terutama melalui upaya hilirisasi dan pengembangan kawasan sentra produksi pangan,” katanya.

Ia pun menekankan pentingnya kolaborasi dan dukungan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam menumbuhkan potensi perekonomian daerah ke depan.

“Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota harus mempunyai tekad dan komitmen yang sama serta sinergi yang kuat dalam membangun Kalteng,” tegasnya.

Sementara itu saat sesi tanya jawab dan diskusi bersama Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi menyampaikan Kabupaten Kapuas sebagai salah satu sentra pangan di wilayah Kalteng tentunya memerlukan dukungan dari Pemerintah Provinsi agar pengembangan pertanian diwilayah ini dapat terus meningkat.

“Ada beberapa tantangan yang kita hadapi untuk itulah yang menjadi usulan bagi kami adalah peningkatan infrastruktur pertanian sehingga dengan begitu hasil yang didapatkan semakin maksimal,” ujarnya.(Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pj Bupati Kapuas Laksanakan Safari Ramadhan di Kelurahan Pulau Kupang

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erli Hardi ketika Safari Ramadhan di Kelurahan Pulau Kupang Kecamatan Bataguh. (foto/hmskmf)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Penjabat Bupati (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi melaksanakan Safari Ramadhan di Kelurahan Pulau Kupang Kecamatan Bataguh Kabupaten Kapuas, Selasa (26/3/2024).

Kegiatan Safari Ramadhan berlangsung di Masjid Al-Mubarak Pulau Kupang. Kegiatan dihadiri Pj Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Ny Agustina Erlin Hardi Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asisten II) Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Salman beserta sejumlah kepala OPD Camat Bataguh Syuryadin beserta unsur forkopimcam Bataguh Lurah Pulau Kupang Udit Kepala Desa se Kecamatan Bataguh dan para tokoh agama setempat.

Pj Bupati Kapuas menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Kecamatan Bataguh yang sudah sangat antusias menyambut kedatangan jajaran Pemkab Kapuas sehingga bisa bersilaturahmi bersama.

“Safari Ramadhan ini tidak hanya sekedar seremonial semata tetapi untuk kita dapat bertemu bersama dalam bagaimana berbuat baik kedepannya untuk meningkatkan kesatuan dan persatuan umat beragama di Kabupaten Kapuas,” katanya.

Erlin mengapresiasi seluruh yang hadir terutama para Camat Bataguh Lurah/Kepala Desa se Kecamatan Bataguh untuk lebih menggali potensi yang ada di wilayahnya masing-masing dan mengembangkan potensi yang sudah ada seperti hasil padi yang notabene Bataguh menjadi salah satu penghasil terbesar kebutuhan padi di Kapuas.

Selanjutnya Pj Bupati Kapuas tersebut berpesan kepada masyarakat Bataguh agar selalu menjaga persatuan dan kesatuan, dengan tidak mudah percaya terhadap isu yang bisa merusak persatuan ataupun informasi palsu.

“Mari kita bersama-sama menciptakan suasana yang aman tentram dan damai. Kita jaga selalu ukhuwah islamiyah selama bulan suci ramadhan ini dan bulan-bulan selanjutnya,” ujarnya.

Camat Bataguh Syuryadin dalam sambutannya menyampaikan bahwa di Kecamatan Bataguh mayoritas agama masyarakatnya adalah muslim dengan mata pencarian bertani serta hasil buah buahan sayuran dan lainnya.

Dikatakan Kecamatan Bataguh juga mempunyai banyak Tokoh Masyarakat yang peduli dalam memperjuangkan kemajuan di Kecamatan ini.

“Oleh karena itu adanya peran serta dari para tokoh masyarakat ini maka segala pembangunan yang ada bisa berjalan dengan baik dan lancar,” katanya. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

HIPMI Kapuas Apresiasi FGD Penyusunan Perda Insentif dan Kemudahan Investasi

Published

on

Ketua BPC HIPMI Kabupaten Kapuas Tommy Saputra. (foto/ist).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah (Kalteng) mengapresiasi Focus Group Discussion (FGD) terkait penyusunan Perda Insentif dan kemudahan investasi.

“Kami mengapresiasi FGD penyusunan naskah akademik kebijakan Peraturan Daerah (Perda) tentang pemberian fasilitas/insentif dan kemudahan penanaman berinvestasi di Kabupaten Kapuas digelar Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kapuas di Hotel Permata Inn,” kata Ketua BPC HIPMI Kapuas Tommy Saputra, Selasa (26/3/2024).

Dikatakan regulasi atau Perda tentang Pemberian Insentif dan Kemudahan Investasi nantinya akan dapat mempercepat dan mendukung pembangunan ekonomi di Kabupaten Kapuas.

Lebih lanjut dikatakan Tommy Saputra yang juga politisi muda itu dengan adanya Perda diharapkan juga dapat memfasilitasi menarik dan mendorong banyak calon investor.

“Karenanya dengan memberikan insentif dan kemudahan berinvenstasi maka kita bisa memberi ruang cukup luas untuk tumbuhnya investasi dan daerah akan semakin maju,” ujarnya. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

DPMPTSP Kapuas Gelar FGD Regulasi Pemberian Insentif dan Kemudahan Investasi

Published

on

Kadis DPMPTSP Kapuas Pangeran Sojuaon Pandiangan pada kegiatan FGD. (foto/Suhaili)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pemerintah Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) menggelar Focus Group Discussion (FGD) terkait regulasi baru Perda tentang Pemberian Intensif dan Kemudahan Berinvestasi di daerah itu.

FGD digelar di Ball Room Hotel Permata Inn Selasa (26/3/2024), dibuka staf ahli Bupati Kapuas Bidang Perekonomian Keuangan dan Pembangunan Jaya mewakili Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi dihadiri perwakilan OPD
camat serta pelaku usaha.

Kadis DPMPTSP Kapuas Pangaren Sojuaon Pandiangan mengatakan untuk penyusunan naskah akademik regulasi Rancangan Peraturan Daerah dimaksud digodok untuk menggaet investasi yang tujuannya mengakselerasi pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Kapuas.

“Selama ini mungkin ada dirasa kendala-kendala oleh calon investor yang menanamkan investasi di Kapuas,” katanya.

Dikatakan melalui Perda itu nantinya akan semakin membuka kemudahan dan kenyamanan bagi investor dan dengan pemberian insentif.

“Insentif tersebut misal berupa keringanan pajak retribusi atau infrastruktur yang disediakan oleh pemerintah dan hal-hal lain yang dibutuhkan oleh pengusaha,” ujarnya.

Sementara itu Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian Keuangan dan Pembangunan Kabupaten Kapuas Jaya dalam sambutannya menyambut baik digelarnya acara tersebut.

Dijelaskan tahun 2019 lalu pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 24 tahun 2019 tentang pemberian insentif dan kemudahan investasi di daerah dimana tiap daerah diamanatkan untuk membuat payung hukum bagi para investor atau pelaku usaha yang akan menanamkan modalnya.

“Sehingga atas dasar itu Pemkab Kapuas juga menyiapkan regulasi berupa Perda sebagai turunannya. Diharapkan kegiatan FGD ini bisa memberikan saran masukan untuk pembentukan Perda tentang Pemberian Insentif dan Kemudahan Investasi di Kabupaten Kapuas,” ujarnya. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pj Bupati Kapuas Sampaikan LKPJ TA 2023

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi sampaikan LKPJ Bupati Kapuas tahun anggaran 2023. (foto/hmskmf).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Kapuas tahun anggaran 2023 kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas pada Rapat Paripurna ke 4 masa persidangan II tahun sidang 2024 bertempat di ruang rapat DPRD Kapuas, Senin (25/3/2024).

Rapat tersebut dipimpin Wakil Ketua II DPRD Kapuas Evan Rahman Saputra dan dihadiri juga Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy bersama sejumlah Kepala Perangkat Daerah.

Selain penyampaian LKPJ Bupati dalam rapat itu juga beragendakan pengumuman nama-nama Anggota Pansus DPRD Kabupaten Kapuas terhadap lima buah Raperda yang telah dibahas pada rapat paripurna sebelumnya.

Dalam sambutannya Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi mengatakan dalam LKPJ tahun anggaran 2023 ini memuat hasil penyelenggaraan urusan pemerintahan utamanya menyangkut pertanggungjawaban kinerja yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah selama satu tahun anggaran.

“Selanjutnya akan dibahas secara internal oleh DPRD, dimana hasil dari pembahasan tersebut berupa keputusan perihal rekomendasi dan catatan atas LKPJ kepada Bupati untuk perbaikan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di tahun berikutnya,” katanya.

Dikatakannya berdasarkan pencapaian kinerja Pembangunan yang diukur dari indikator-indikator makro Pembangunan daerah, realisasi indikator hingga 2023 menunjukkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kapuas sebesar 5, 71.

Sedangkan untuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Kapuas tahun 2023 mengalami kenaikan 0,74 point dari tahun sebelumnya dengan nilai indeks 70, 75.

“Oleh karena itu kami harapkan agar selanjutnya DPRD dapat melakulan pembahasan terhadap LKPJ yang telah disampaikan ini selama 30 hari kedepan dan memberikan rekomendasi terhadap hasil pembahasan LKPJ tersebut,” pungkasnya. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Terkait Lima Raperda DPRD Kapuas Umumkan Nama-Nama Anggota Pansus

Published

on

Rapat paripurna DPRD Kapuas Senin (25/3/2024). (foto/ist)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas mengumumkan nama-nama anggota Panitia Khusus (Pansus) untuk lima Raperda.

Pengumuman itu disampaikan
dalam rapat paripurna ke – 4 masa persidangan II DPRD Kapuas bertempat di ruang rapat DPRD Kapuas, Senin (25/3/2024).

Jalannya rapat dipimpin Wakil Ketua I DPRD Kapuas Evan Rahman Saputra dihadiri Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Forkopimda Sekda Kapuas Septedy anggota dewan serta OPD.

“Agenda rapat paripurna pada hari ini adalah pengumuman nama-nama anggota panitia khusus (Pansus) DPRD Kabupaten Kapuas untuk lima Rancangan Peraturan Daerah (Raperda),” kata Waket II DPRD Kapuas Evan Rahman Saputra.

Dikatakan ada tiga Pansus yang dibentuk yakni Pansus I untuk Raperda tentang bangunan gedung. Pansus II untuk Raperda tentang pengakuan dan perlindungan masyarakat hukum adat dan Raperda tentang perubahan kedua atas Perda nomor 10 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah.

Pansus III untuk Raperda tentang pencabutan Perda Kabupaten Kapuas nomor 10 tahun 2007 tentang lembaga kemasyarakatan Raperda tentang kabupaten layak anak atau KLA.

Lebih lanjut dikatakan nama-nama anggota Pansus I II dan Pansus III dibacakan oleh Sekretaris DPRD Kapuas Perry Noah berdasarkan surat keputusan dari masing-masing fraksi di DPRD Kapuas.

Adapun nama-nama anggota Pansus I adalah H Rusda Didi Hartoyo Franco B Dehen Bardiansyah H Pahmi Devi Puji Azahra H Ahmad Zahidi Indah Ayu Lestari Kadeni Rusmianor.

Pansus II H Abdurahman Amur Rahmat Jainudin Thosiba Limin Agustinus Gerung Berinto Kunanto H Darwandie H Hairiah Yetty Indriana H Ahmad Baihaqi Zulkarnain M Guntur Jagat Pradipta H Yudi Adam H Pariz Ismeth Rinzani.

Sementara itu Pansus III Algrin Gasan Frebuben Syarkawi H Sibu Sera Sintanola Fatmawigati Noni Ermirawati Mardani Aldhika Kurniawan Sri Umi Daryatun Lawin Lindawati Peniana. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer