Connect with us
FILE-MASAK-LOGO-SB-5

Kaltara

Gubernur Sambut Baik Pemeriksaan BPK Provinsi Kaltara

Published

on

KALTARA, SuaraBorneo.com – Gubernur Kaltara Zainal A. Paliwang mendukung secara penuh pemeriksaan yang akan dilakukan oleh Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Hal tersebut ia sampaikan dalam acara Entry Meeting Pemeriksaan Kinerja Pendahuluan dan Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu Semester II Tahun 2021.

Tampak hadir mendampingi Gubernur Kaltara dalam acara virtual Entry Meeting di Ruang Rapat Gubernur pada Senin, (9/8), antara lain Sekretaris Daerah Provinsi Kaltara, Inspektur Kaltara, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Kepala Disperindagkop, dan Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD).

Membuka acara ini, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kaltara memberikan paparan mengenai teknis pemeriksaan yang akan dilaksanakan dalam semester II tahun 2021 ini.

Terdapat lima pemeriksaan yang akan dilakukan oleh BPK Kaltara di semester II, diantaranya Pemeriksaan Kinerja Pendahuluan atas Upaya Pengelolaan Vaksinasi dalam rangka Percepatan Penanggulangan Pandemi Covid-19, Pemeriksaan Kinerja Pendahuluan atas Pendidikan dan Pelatihan Vokasi Berbasis Kerjasama Dunia Usaha dan Dunia Industri dalam rangka Mewujudkan Sumber Daya Manusia Berkualitas dan Berdaya Saing, Pemeriksaan Kinerja Pendahuluan atas Pengelolaan Pendapatan asli Daerah Untuk Mendorong Kemandirian Fiskal Daerah, dan Pemeriksaan Kinerja atas Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 pada KPU dan Bawaslu serta instansi terkait lainnya.

Kepala Sub auditoriat BPK Perwakilan Kaltara berharap kepada seluruh kepala daerah kabupaten/kota se-Kaltara dapat bekerjasama terutama dalam kondisi Pandemi Covid-19 ini untuk membantu kelancaran pemeriksaan.

“Dengan kondisi Covid-19 ini kami mohon kerjasama dari bapak/ibu sekalian, terkait dengan mobilisasi tim maupun dalam hal pemenuhan dokumen,” ujarnya.

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Drs H. Zainal A. Paliwang, SH, M.Hum dalam arahannya menyambut dengan baik pemeriksaan yang akan dilakukan oleh BPK Perwakilan Kaltara. Ia juga secara khusus meminta Dinas Kesehatan serta Rumah Sakit Umum Kaltara terkait pengelolaan vaksinasi untuk mempersiapkan data sesuai kebutuhan pemeriksaan.

“Saya berharap kepada Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Provinsi Kaltara untuk bisa memberikan data-data yang akurat mengenai program vaksinasi di Kaltara,” harap Gubernur.

Gubernur Zainal juga berharap tidak ada penyalahgunaan data dalam proses pemeriksaan secara keseluruhan.

Terakhir, Gubernur Zainal juga berharap tidak ada penyalahgunaan data dalam proses pemeriksaan secara keseluruhan agar proses pemeriksaan dapat berjalan dengan lancar, dan mendapatkan hasil yang baik serta dapat memberikan masukan dalam hal pengelolaan keuangan yang baik.

“Keterbukaan dalam pemeriksaan ini untuk mempermudah kelancaran rekan-rekan dari BPK Perwakilan Kaltara dalam melakukan proses pemeriksaan,” pungkasnya.

Lebih lanjut, seluruh Kepala Daerah kabupaten/kota di Kaltara turut menyambut baik serta mendukung proses pemeriksaan yang akan dilaksanakan oleh BPK Perwakilan Kaltara. Seluruh Kepala Daerah serentak mengatakan akan membantu pihak BPK melakukan pemeriksaan dengan menyediakan serta melengkapi laporan dokumen yang dibutuhkan dalam proses pemeriksaan.

“Kami juga telah menginstruksikan kepada seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) untuk mempersiapkan laporan lengkap sesuai dengan kebutuhan pemeriksaan BPK Perwakilan Kaltara ini,” jelas Bupati Kabupaten Nunukan, Asmin Laura Hafid ketika mengikuti acara ini secara virtual. (mndd)

 126 kali dilihat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Umum

Populer