Masuk Mall, Pengunjung Diwajibkan Perlihatkan Bukti Vaksinasi – SuaraBorneo.com
Connect with us
IDUL-FITRI-1445-3-X7

Banjarmasin

Masuk Mall, Pengunjung Diwajibkan Perlihatkan Bukti Vaksinasi

Published

on

BANJARMASIN, suaraborneo.com – PPKM Level IV di Kota Banjarmasin dan Banjarbaru diperpanjang. Bahkan ditambah dengan empat Kabupaten, diantaranya Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kabupaten Tanah Laut (Tala), Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) dan Kabupaten Kotabaru.

Untuk menekan laju kasus positif Covid-19 maupun yang meninggal dunia, Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) bersama Forkopimda sudah sepakat melakukan pengetatan pengecekan di perbatasan wilayah tertentu.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. melalui Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa’i, S.I.K. mengatakan, penambahan daerah yang menerapkan PPKM Level IV disebabkan karena adanya penambahan jumlah kasus aktif dan kematian yang signifikan.

“Salah satu faktor penambahan wilayah yang menerapkan PPKM Level IV di Kalimantan Selatan yakni lebih dari 100 kasus meninggal terjadi di Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru sejak tanggal 2 sampai 8 Agustus kemarin,” ucap Kabid Humas, Selasa (10/8/2021).

Lebih lanjut disampaikan Kabid Humas, Kepolisian juga memonitor ketersediaan pasokan komoditas penting dalam penanganan pasien Covid-19, seperti suplai oksigen serta obat-obatan, serta akan menindak tegas jika ada pihak yang coba-coba mengambil keuntungan.

Sementara, operasional Mall diizinkan buka namun setiap pengunjung wajib menunjukkan bukti telah divaksinasi Covid-19. “Mall memang dibolehkan buka tapi harus ada syarat vaksinasi, selain pengunjung tentu pegawai dan karyawannya juga wajib sudah vaksinasi,” papar Kabid Humas. (*/ad)

Bagikan ke

Banjarmasin

Gubernur Terus Eratkan Sinergi Bubuhan Banjar Sa’dunia

Published

on

Ketua Umum/Presiden Kerukunan Bubuhan Banjar Sa'Dunia, H Sahbirin Noor melalui Sekretaris Umum KBB Sa'Dunia, Taufik Arbain melantik Pengurus Daerah Khusus (PDK) KBB sekaligus Rapat Kerja KBB Sa'Dunia Tahun 2024. (Foto/Adpim)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Ketua Umum/Presiden Kerukunan Bubuhan Banjar Sa’Dunia, H Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Sekretaris Umum KBB Sa’Dunia, Taufik Arbain melantik Pengurus Daerah Khusus (PDK) KBB sekaligus Rapat Kerja KBB Sa’Dunia Tahun 2024, di Mahligai Pancasila Komplek Kediaman Gubernur Kalsel di Banjarmasin pada Minggu (14/4).

Para pengurus PDK KBB yang dilantik berasal dari KBB Banjarbaru, KBB Banjarmasin, dan KBB Barito Kuala (Batola).

Paman Birin dalam sambutannya yang disampaikan Sekum KBB Sa’Dunia, Taufik Arbain menyebutkan, rapat kerja yang merupakan kegiatan pertama ini, diharapkan bisa mempererat sinergi antar bubuhan Banjar di tanah air, sekaligus mengevakuasi program sebelumnya.

Masing-masing pengurus KBB wilayah diharapkan menjalan tugasnya dan terus membangun kebersamaan warga Banjar di tempat masing-masing.

Gubernur Kalsel ini pun menyambut baik setiap ide-ide warga Banjar yang tersebar di Nusantara ini, dalam upaya pembangunan di Banua Kalsel Babussalam.

Sementara itu, Taufik Arbain menambahkan, ada tiga masalah (isu) yang akan dibahas dalam raker, yakni soal anggaran, jaringan ekonomi, dan hal-hal yang berkaitan dengan masalah sosial budaya.

“Tiga isu inilah yang akan kita bahas sesuai pesan ketua umum,” ujar Taufik.

Pengurus KBB yang melangsungkan rapat kerja ini, juga diagendakan turut dalam prosesi peringatan wafat (haul) ke-218 Syech Muhammad Arsyad Al-Banjari atau Datu Kelampayan tanggal 6 Syawal 1445 Hijriah atau Senin (15/04/2024) di Masjid Tuhfaturraghibin Dalam Pagar Kecamatan Martapura Timur Kabupaten Banjar. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Halalbihalal YN’S Center, Gubernur Kalsel Ungkap Rasa Syukur Kedamaian di Banua

Published

on

Yayasan Yuni Abdi Nur Sulaiman (YN'S) Center menggelar halalbihalal di kediaman keluarga besar Abdussamad Sulaiman. (Foto/Adpim)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Yayasan Yuni Abdi Nur Sulaiman (YN’S) Center menggelar halalbihalal di kediaman keluarga besar Abdussamad Sulaiman di Kampung Melayu Darat, Kota Banjarmasin, Sabtu (13/4).

Halalbihalal ini dihadiri beberapa tokoh agama, ulama dan habaib, serta pejabat di lingkup Pemerintah Provinsi Kalsel.

Tak hanya itu, kegiatan juga dihadiri Kerukunan Keluarga Bakumpai, Pemuda Pancasila, Syekhermania dan lainnya. Acara juga diisi dengan tausiah dari Habib Fahmi Bin Ahmad Al Muhdor dari Probolinggo selaku penasihat dari YN’S Center.

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor atau Paman Birin dalam sambutannya mengatakan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H kepada masyarakat dan para tamu undangan yang hadir pada acara tersebut.

“Minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin. Mari kita rayakan hari kemenangan ini dengan rasa syukur dan bahagia,” ucap Paman Birin.

Paman Birin juga menyampaikan, bahwa suasana kedamaian di Banua harus disyukuri.

“Saat ini saudara-saudara kita di belahan bumi lain hidup dalam kondisi yang sangat memprihatinkan, seperti di Palestina. Mereka harus hidup dalam keterbatasan dan berada di daerah konfilk atau perang,” ujarnya.

Untuk itu, Paman Birin mengajak jemaah untuk bersama-sama mendoakan warga Palestina.

“Semoga saudara-saudara kita di Palestina bisa lepas dari belenggu penjajahan,” ajak Paman Birin.

Sementara itu, Founder Yayasan YN’S Center, Yuni Abdi Nur Sulaiman mengatakan, momen halalbihalal ini merupakan momen yang sangat dinantikan dirinya beserta keluarga besar.

“Alhamdulillah, ulun sangat bersyukur bisa menggelar halalbihalal ini, momen kekeluargaan seperti ini lah yang selalu kami nantikan,” ucapnya.

Ia berharap dengan kegiatan ini silaturahmi dengan keluarga besar YN’S Center serta ulama , pemerintah dan masyarakat bisa terus berlangsung.

Dalam momen tersebut, Paman Birin juga memberi hadiah tambahan kepada 2 orang yang beruntung, yakni masyarakat. Untuk melaksanakan ibadah umroh. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Paman Birin dan Acil Odah Halalbihalal dengan Jajaran Puskesmas

Published

on

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin bersama Ketua TP PKK Provinsi Kalsel Hj Raudatul Jannah, SKM M.Kes (Acil Odah) melakukan silaturahmi halalbihalal Idul Fitri 1445 Hijriah. (Foto/Adpim)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin bersama Ketua TP PKK Provinsi Kalsel Hj Raudatul Jannah, SKM M.Kes (Acil Odah) melakukan silaturahmi halalbihalal Idul Fitri 1445 Hijriah di Mahligai Pancasila Banjarmasin pada Jumat (12/4) siang sampai sore.

Halalbihalal besama jajaran dinas kesehatan khususnya Kepala dan Pegawai Puskesmas Kayutangi, Sungai Andai, Sungai Jinggah dan Teluk Dalam Banjarmasin serta ditambah para pekarya kesehatan, Purna tugas, anggota IDII dan lainnya itu berlangsung penuh keakraban.

Para peserta halalbihalal telah tiba di lokasi acara sekitar pukul 13.30 WITA dan langsung dipersilahkan menyantap hidangan yang disediakan sambil menunggu kedatangan Paman Birin dan Acil Odah.

Paman Birin dalam sambutannya, bercerita panjang lebar tentang masa lalunya di saat-saat sulit dan penuh perjuangan. Sampai nasib baik berpihak padanya, yakni terpilih sebagai Gubernur Kalsel.

Sementara itu, Hendri, salah satu undangan asal Puskesmas Sungai Andai menilai positif kegiatan yang diinisiasi Acil Odah dan Paman Birin.

Karena menurutnya, selain bisa bertemu dengan istri dan gubernur dua periode ini, bisa juga bertemu dengan petugas dari puskesmas lain maupun dengan jajaran dinas kesehatan.

Sebelumnya ujar Hendri, ia kerap kali bertemu Acil Odah dalam berbagai kesempatan, terutama kegiatan bhakti sosial dan kemasyarakatan.

Begitu juga setelah Acil Odah menjabat sebagai Kepada Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, acap kali ia bertemu terkait keperluan tugas di Puskesmas.

“Alhamdulilah, Acil Odah sangat ramah dan tidak sulit bila ingin bertemu” ujarnya.

Silaturahmi yang berlangsung dalam suasana penuh keakraban dan kekeluargaan ini diisi dengan tausiah oleh Guru Ahmad Sufian Al-Banjari.

Momentum silaturahmi inipun tidak disia-siakan begitu saja oleh sahabat-sahabat Acil Odah. Selain bersalaman langsung, mereka pun mengabadikan kebersamaan itu dengan bergantian berfoto bersama Acil Odah.

Akhirnya, tidak kurang 1 jam, Acil Odah meluangkan waktunya untuk bersalaman dan foto bersama, baik yang ingin khusus berdua maupun kelompok.

Bagi para pekerja kesehatan, nama Acil Odah sudah tidak asing lagi. Acil Odah menyelesaikan pendidikan magister ilmu kesehatan masyarakat (MKes) di Fakultas kedokteran ULM Banjarbaru tahun 2019 dengan predikat Cumlaude, IPK 3,87.

Selain Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, sebelumnya ia menjabat sebagai Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalsel masa bakti 2022 – 2027. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Gubernur Kalsel Gelar Open House Jamu Masyarakat di Mahligai Pancasila

Published

on

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau dipanggil Paman Birin Open House dengan masyarakat dan pejabat. (Foto/Adpim)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Usai Sholat Ied, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin beserta keluarga menggelar Open House menyambut masyarakat, pimpinan Forkopimda dan Pejabat lingkup Pemprov Kalsel, di Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Rabu (10/4/2024).

Open house selepas Sholat Ied itu bertujuan untuk menjalin tali silaturahmi dan mempererat tali persaudaraan ini diawali dengan bersalam-salaman, berfoto bersama hingga makan bersama.

Tampak sejak pukul 08.00 atau selesai Sholat Ied, tamu VIP dan masyarakat mulai berdatangan memenuhi gedung dan halaman Mahligai Pancasila.

Melihat kedatangan warga, Paman Birin pun menemui dan menyapa langsung masyarakat.

“Alhamdulillah, tahun ini bisa sampai lagi, mudah-mudahan tahun depan bisa bertemu lagi dengan Idul Fitri. Silakan nikmati jamuannya, mari rayakan hari kemenangan dengan rasa syukur dan bahagia,” ungkap Paman Birin sambil berbincang dan berswafoto dengan masyarakat.

Warga yang bertemu dengan Paman Birin pun tak kuasa menyembunyikan rasa gembira. Selain bisa bertemu, juga bisa berfoto dengan orang nomor satu di Kalsel ini.

“Himung bisa bertemu Paman Birin dan keluarga,” kata Firdaus, warga Banjarmasin yang datang bersama keluarga.

Selain ajang bersilaturahmi, kesempatan open house ini juga menjadi wadah Paman Birin untuk saling bertukar pikiran, sehingga akan semakin meningkatkan rasa persaudaraan dan kebersamaan, untuk bersama-sama berkontribusi dalam membangun Banua tercinta. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Gubernur Kalsel dan Keluarga Sholat Idul Fitri 1445 H di Masjid Sabilal Muhtadin Banjarmasin

Published

on

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin beserta keluarga, mengikuti sholat Idul Fitri 1445 H, digelar pukul 07.15 Wita. (Foto/Adpim)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin beserta keluarga, mengikuti sholat Idul Fitri 1445 H, digelar pukul 07.15 Wita, bersama ribuan Umat Muslim dari Banjarmasin dan sekitarnya, dihadiri juga Ketua DPRD Kalsel H Supian HK serta jajaran Forkopimda Kalsel, Rabu (10/4/2024) pagi.

Bertindak sebagai imam dan khatib adalah KH Nursyahid Ramli, pengasuh ponpes Al Fallah Banjarbaru.

Gubernur Paman Birin dalam sambutannya menyampaikan bahwa suasana kedamaian di Banua harus disyukuri.

“Saat ini saudara-saudara kita di belahan bumi lain hidup dalam kondisi yang sangat memprihatinkan, seperti di Palestina. Mereka harus hidup dalam keterbatasan dan berada di daerah konfilk atau perang,” ujarnya.

Untuk itu, Paman Birin mengajak jemaah untuk bersama-sama mendoakan warga Palestina.

“Semoga saudara-saudara kita di Palestina bisa lepas dari belenggu penjajahan,” ajak Paman Birin.

Sementara itu, Khatib KH Nursyahid Ramli, usai shalat berjemaah dalam khotbahnya menyampaikan bahwa umat Islam khususnya di Kalsel harus bersyukur selama sebulan penuh bisa menjalani ibadah dengan sempurna, mulai dari bersedekah, shalat fardhu, shalat sunah lainnya hingga berpuasa.

“Semoga ibadah kita semua diterima Allah SWT dan tetap bisa menjalankan ibadah tersebut meski di luar ramadhan,” harapnya.

Lanjutnya, Idul Fitri memang dihadiahkan untuk umat manusia dengan penuh kebahagiaan sekaligus agar kita tetap mengingat Allah SWT dengan mengucapkan takbir. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

BMKG: Terjadi Gempa Bumi Magnitudo 2,8 SR di Tabalong Kalsel

Published

on

Gempa bumi magnitudo 2,8 SR di Kabupaten Tabalong, Kalsel, Selasa (2/4/2024) pukul pukul 220323 Wita. (tangkap layar XTwitter@infoBMKG)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi gempa bumi dengan magnitudo 2,8 SR di Tabalong, Kalimantan Selatan (Kalsel), Selasa (2/4/2024) pukul 22:03:23 Wita.

BMGK mengingatkan kemungkinan terjadinya gempa susulan.

Berdasarkan informasi gempa dari BMKG, Gempa dirasakan Mag:2.8, 02-Apr-24 21:05:23 WIB, Lok:1.38 LS, 115.52 BT (Pusat gempa berada didarat 54Km BaratLaut Tabalong), Kedlmn:10 Km #BMKG.

Data dari BMKG menyebutkan:

– Lokasi gempa

Pusat gempa berada didarat 54Km BaratLaut Tabalong

– Wilayah Dirasakan (Skala MMI)

II Banjarmasin

– Arahan

Gempa ini dirasakan untuk diteruskan pada masyarakat

– Saran BMKG

Hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi.

Namun, hingga berita ini dilansir, belum ada laporan warga Tabalong mengenai getaran gempa atau dampak yang ditimbulkan.

“Sekitar satu jam lalu hingga sekarang kami tidak ada merasakan adanya getaran gempa bumi di Tabalong,” kata Hidayat, reporter Kalimantanlive.com di Tanjung, Tabalong, ketika dihubungi, Selasa malam, pukul 23.:30 Wita.

Menurut dia, malam ini sedang berlangsung Acara Nuzulul Quran dan banyak warga yang hadir. “Kalaupun ada getaran pasti terasa, dan infonya akan cepat menyebar,” ujarnya.

Sementara itu, anggota TRC BPBD Tabalong juga masih blum dapat info soal adanya gempa.

Melalui WA Grup, TRC BPBD Tabalong menanyakan apakah ada merasakan gempa kepada sesama relawan di utara Tabalong, namun tidak ada respons.

“Ijin rekan rekan wil utara atau tabalong apakh ada merasakan getaran ,atau goyangan biar kita laporkan ke BMKG Balikpapan, terima kasih selamat istirahat,” tulisnya di WA Grup TRC. Namun, informasi itu tak ada respons dari anggota grup WA TRC. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Pertamina Patra Niaga Berbagi Keberkahan Ramadhan Melalui Kegiatan dan Promo RAFI 2024

Published

on

“Energi untuk Rayakan Kemenangan” dalam rangka merayakan semangat Ramadan dan Idul Fitri yang penuh berkah selama Bulan Ramadhan & Idul Fitri (RAFI) 2024. (Foto/Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan kembali meningkatkan pelayanan dan menawarkan berbagai Promo menarik bertajuk “Energi untuk Rayakan Kemenangan” dalam rangka merayakan semangat Ramadan dan Idul Fitri yang penuh berkah selama Bulan Ramadhan & Idul Fitri (RAFI) 2024. Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan antusiasme masyarakat dan menyebarkan kegembiraan selama bulan yang penuh berkah ini.

RAFI 2024 menghadirkan serangkaian kegiatan dan promosi yang dapat diikuti oleh masyarakat dan pelanggan setia Pertamina. Dimulai dari kegiatan “Berbagi Takjil” Pertamina Patra Niaga yang akan mendistribusikan takjil di 20 SPBU per wilayah selama 10 hari terakhir Ramadhan hingga 9 April 2024. Selanjutnya, acara “BEDUK” (Berbuka di Usaha Kecil Bersama Komunitas) dilakukan bersama dengan UMKM Bright Gas dan anak-anak yatim piatu diadakan di setiap wilayah Kalimantan.

“Selain menjamin pasokan dan distribusi BBM, LPG dan avtur aman selama masa RAFI 2024 Pertamina Patra Niaga juga menyiapkan berbagai pelayanan dan promo menarik untuk menemani perjalanan mudik sehingga para pelanggan merasakan momen mudik terasa mudah dan nyaman,” ujar Arya Yusa Dwicandra selaku Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra niaga Regional Kalimantan.

Selain itu, terdapat kegiatan “Berkah Mengaji 1 Juz” yang akan diadakan di 40 SPBU, yang akan diselenggarakan bersamaan dengan “Musala Retail Makeover”. Bagi pelanggan Pertamina yang berhasil mengaji 1 Juz, mereka akan memperoleh e-voucher MyPertamina sebesar Rp25.000. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan penyegaran spiritual bagi para pelanggan Pertamina.

Arya menambahkan Pertamina mengajak masyarakat untuk bersama memeriahkan berkah Ramadhan dengan turut berpartisipasi di kegiatan dan menikmati berbagai promosi yang tersedia selama bulan puasa ini.

“Dengan menghadirkan RAFI 2024, Pertamina Patra Niaga kembali menegaskan komitmennya dalam merayakan semangat keberkahan untuk meningkatkan pengalaman dan kepuasan pelanggan selama Ramadan dan Idul Fitri 1445 H,” tambah Arya.

Dalam memastikan lancarnya distribusi dan pelayanan Pertamina baik BBM, LPG dan avtur, Pertamina berkomitmen memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat atau konsumen. “Apabila masyarakat membutuhkan informasi terkait produk ataupun menemukan adanya kendala dan hambatan distribusi yang terjadi di lapangan, dapat disampaikan melalui contact Pertamina yaitu 135 atau melalui email ke pcc@pertamina.com dan telepon ke contact center Satgas PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan (0542)7524353,” pungkas Arya. [ad/ril]

Media Contact
Arya Yusa Dwicandra
Area Manager Comm, Rel, & CSR Regional Kalimantan
Arya.Dwicandra@pertamina.com

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Ombudsman Kalsel: Acara Perpisahan Sekolah Bukan Hal Wajib

Published

on

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kalsel, Hadi Rahman. (Foto/Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan acara buka puasa bersama Sahabat Ombudsman Kalsel sekaligus ekspos media terkait pelaksanaan fungsi pengawasan pelayanan publik oleh Ombudsman Kalsel (22/3/2024) lalu.

Acara juga dihadiri oleh Pengurus dan Anak-anak Panti Asuhan Mizan Amanah Banjarmasin, rekan-rekan media Ombudsman Kalsel serta seluruh Insan Ombudsman RI Provinsi Kalimantan Selatan.

Bertempat di Aula Kantor Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kalimantan Selatan, acara yang diselenggarakan merupakan salah satu bentuk upaya Ombudsman Kalsel untuk terus memperkuat jaringan kerja pengawasan sekaligus berdiskusi dengan Sahabat atau Dangsanak Ombudsman Kalsel. Pada kesempatan itu Hadi Rahman selaku Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kalsel menyampaikan perkembangan pelaksanaan tugas dan pekerjaan Ombudsman Kalsel.

Bahwa hingga saat ini Ombudsman Kalsel telah menerima dan menindaklanjuti 108 Laporan Masyarakat (LM). LM ini berasal dari berbagai sektor, terbanyak dari Administrasi Kependudukan, Perhubungan dan Infrastruktur, Energi dan Kelistrikan, Jaminan Sosial, Kepegawaian, serta Pendidikan.

Khususnya sektor Pendidikan, keluhan atau laporan dari masyarakat antara lain terkait dengan penggalangan dana yang bertendensi pungutan. Misalnya, dalam pelaksanaan acara perpisahan sekolah dimana peserta didik dan orang tua/wali diminta kontribusinya dengan nominal dan waktu yang ditentukan. Ombudsman Kalsel telah melakukan langkah-langkah tindak lanjut dan meminta agar acara perpisahan sekolah tidak menjadi hal yang wajib dan tidak boleh membebani peserta didik maupun orang tua/wali.

“Korektif kami, agar sekolah tidak membebankan pungutan untuk pelaksanaan acara perpisahan. Selain itu, agar Dinas Pendidikan memastikan seluruh Satuan Pendidikan di bawah kewenangannya mematuhi hal tersebut. Acara perpisahan kan tidak terkait dengan kualitas pembelajaran dan tidak ada dasar hukumnya. Jadi, bisa didesain lebih sederhana, tetap bermakna, serta diutamakan diadakan di lingkungan sekolah”, tegas Hadi Rahman.

Ditambahkan bahwa Dinas Pendidikan perlu pula mendata sekolah yang hendak mengadakan acara perpisahan dan rencana teknis pelaksanaannya, sehingga dapat dicegah potensi maladministrasi dalam pelaksanaan acara perpisahan sekolah. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

BMKG Kalsel Ingatkan Ancaman Rob di Wilayah Pesisir

Published

on

BMKG Kalimantan Selatan mengingatkan ancaman banjir rob akibat kondisi pasang laut di pesisir sejumlah kabupaten di wilayah tersebut.(Antara)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kalimantan Selatan mengingatkan ancaman banjir rob akibat kondisi pasang laut di pesisir sejumlah kabupaten di wilayah tersebut. Tinggi gelombang di perairan Kalsel mencapai 2,5 meter hingga tiga meter.

Berdasarkan data Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel dan peringatan dini yang dikeluarkan BMKG Kalsel tercatat kondisi pasang laut pada sepekan ke depan tanggal 17-22 Maret menyebabkan perairan Muara Sungai Barito meningkat maksimum 2,7 meter pada pukul 13.00-19.00 Wita.

Kondisi ini menyebabkan kawasan pesisir di Kalsel seperti Kabupaten Banjar, Barito Kuala, Tanah Laut, dan Kota Banjarmasin rawan terjadi rob. Kepala BPBD Kota Banjarmasin, Husni Thamrin dalam laporan kebencanaannya, Minggu (17/3) lalu mengatakan pihaknya telah menghimbau masyarakat yang bermukim di wilayah pesisir sungai untuk mewaspadai ancaman banjir rob.

Cuaca buruk juga melanda wilayah perairan Kalsel sejak beberapa waktu terakhir di mana tinggi gelombang di perairan Kotabaru dan Selatan Kalimantan (laut Jawa) mencapai 2,5 meter hingga tiga meter. Tinggi gelombang ini cukup berbahaya bagi pelayaran dan kapal nelayan.

Pada bagian lain, terkait cuaca buruk di perairan ini, Tim SAR gabungan terpaksa menghentikan upaya pencarian korban terseret ombak di pantai Batakan, Kabupaten Tanah Laut yang terjadi pekan lalu. Kepala Kantor SAR Banjarmasin, Al Amrad selaku SAR Mission Commander mengungkapkan upaya pencarian korban bernama M Balya Ramadhan tidak membuahkan hasil setelah sepekan dilakukan pencarian oleh Tim SAR gabungan.

“Dengan pertimbangan bahwa operasi telah dilaksanakan selama 7 hari dan tidak ditemukan adanya tanda-tanda korban, maka Operasi SAR diusulkan untuk ditutup dan dilanjutkan dengan pemantauan. Apabila di kemudian hari terdapat laporan atau informasi tentang korban, maka operasi SAR siap dibuka kembali,” ungkap Al Amrad. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer