Di Milad Ke-17, Bank Kalsel Syariah Usung Sharia First Dan Siap Jadi Pilihan Utama Masyarakat Kalsel – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15 IK-AN-1A

Banjarmasin

Di Milad Ke-17, Bank Kalsel Syariah Usung Sharia First Dan Siap Jadi Pilihan Utama Masyarakat Kalsel

Published

on

BANJARMASIN, suaraborneo.com – Tepat 13 Agustus 2021, Bank Kalsel Syariah dengan bentuk Unit Usaha Syariah resmi berusia 17 tahun. Angka 17 bisa dibilang muda dalam rentang usia bisnis perbankan, namun dalam rentang usia perkembangan hidup manusia, angka tersebut sebagai titik menuju kedewasaan yang ditandai dengan berbagai perkembangan kemampuan kognisi. Mulai berpikir kritis dan kreatif, telah menetapkan tujuan untuk masa depan yang lebih baik dan realistis, mengambil tindakan yang lebih mandiri dan berani mengambil tantangan serta mencoba kuat dengan tantangan di sekitar, merupakan indikasi berkembangnya kedewasaan.

Mengusung tema ‘SHARIA FIRST’, FIRST merupakan singkatan dari beberapa nilai yakni Fast (Cepat), Incredible (Menakjubkan), Reliable (Dapat Diandalkan), Sustainable (Berkelanjutan) dan Trust (Kepercayaan). Atas semangat yang diwakili oleh nilai-nilai tersebut, Bank Kalsel Syariah memperingati milad di usia penuh semangat ini untuk melangkah lebih baik, menjadi pilihan utama masyarakat dalam melakukan transaksi perbankan syariah di Kalimantan Selatan.

Cita-cita Bank Kalsel Syariah tersebut bukan tanpa alasan dengan melihat antusiasme masyarakat Indonesia khususnya Kalimantan Selatan yang cukup besar terhadap ekonomi syariah. Berdasarkan catatan Bank Indonesia (BI) terhadap kinerja ekonomi syariah,secara umum lebih baik dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional pada tahun 2020, dimana ekonomi syariah pada tahun 2020 tumbuh negatif 1,72% (yoy). Meski negatif, perkembangannya lebih baik dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi nasional pada tahun lalu yang tumbuh minus 2,07% (yoy).

“Bank Kalsel Syariah pun mencatatkan pertumbuhan positif di triwulan II tahun 2021 ini meskipun di tengah pandemi Covid-19. Aset berhasil dibukukan sebesar Rp 2,12 triliun atau tumbuh sebesar 18,72% (yoy). Pembiayaan tumbuh sebesar 18,22% menjadi sebesar Rp 1,14 triliun (yoy), Dana Pihak Ketiga (DPK) tumbuh sebesar 6,42% menjadi sebesar Rp 1,29 triliun (yoy) sedangkan Laba berhasil tumbuh sebesar 42,68% atau menjadi sebesar Rp18,14 miliar (yoy),” tutur IGK Prasetya selaku Plt. Direktur Utama Bank Kalsel.

Peningkatan kinerja tersebut dimotivasi oleh persiapan Bank Kalsel Syariah untuk melakukan spin off serta menghadapi era Society 5.0 yang membawa budaya digitalisasi tidak terkecuali dunia perbankan. Hal ini tergambar melalui logo milad ke – 17 ini dengan filosofi yaitu angka 1 yang tegas dan terpisah dari angka 7 mengilustrasikan kesiapan spin off di tahun 2023. Kemudian corak  yang berlapis-lapis pada angka 7 melambangkan akselerasi bank untuk bisa sejajar dengan bank  swasta nasional. Ditambahkan elemen pattern digital dan ikon lingkaran speedometer pada angka 1 digambarkan sebagai kesiapan spin off syariah yang bergerak cepat diiringi dengan pengimplementasian sistem digital. Dengan warna biru yang melambangkan rasa aman dan menimbulkan kepercayaan dan warna hijau yang memberi nuansa iklim usaha yang kondusif dan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Selatan.

 

“Dengan tema dan filosofi pada logo milad ini diharapkan Bank Kalsel Syariah bisa memberikan kemaslahatan di banua tercinta ini dengan produk dan layanan yang memberikan nilai tambah dalam transaksi keuangan syariah sehari-hari,” harap Prasetya.

Segenap manajemen optimis untuk mempertahankan kinerja positif ini sampai akhir tahun 2021. Optimisme ini dibarengi dengan strategi utama Bank Kalsel Syariah yakni pengembangan teknologi dan informasi (TI) dan pengembangan human capital. Kedua hal tersebut juga diiringi dengan peningkatan ekspansi pembiayaan baik produktif maupun konsumtif unggulan seperti Pembiayaan Pemilikan Rumah (PPR) Sejahtera FLPP, peningkatan dan pengembangan keberagaman produk dan layanan syariah, serta pengimplementasian sistem digitalisasi melalui pembaharuan corebanking system yang akan launching tahun ini.

Acara peringatan yang diselenggarakan pada hari ini dilaksanakan secara sederhana dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Covid 19. Selain syukuran, juga dilakukan penarikan Undian Berkah Syariah yang menyuguhkan hadiah berupa 5 (lima) paket umroh bagi nasabah Bank Kalsel Syariah yang beruntung. Pengundian tersebut secara bergantian dilakukan oleh Plt. Direktur Utama, Direktur Operasional, Dewan Pengawas Syariah serta Head Of Business Group. Pada acara ini juga diselingi dengan pemberian santunan kepada panti asuhan dan rumah tahfidz Al – Quran (13/8).

“Kami memaknai bertambahnya usia ini sebagai meningkatnya kedewasaan dan juga tidak lupa untuk berbagi kepada yang membutuhkan. Semoga kedepan, Bank Kalsel Syariah semakin maju, senantiasa exist dan tetap survive dalam menghadapi tantangan di masa akan datang,” pungkas Prasetya. (adv/ad)

Banjarmasin

Dirut Bank Kalsel Didapuk Sebagai Top 100 CEO Dari Info Bank Award 2022

Published

on

Penghargaan diserahkan langsung oleh Pemimpin Redaksi Majalah Infobank, Eko B. Supriyanto, kepada Direktur Utama Bank Kalsel, Hanawijaya, dengan didampingi Wakil Pemimpin Redaksi, Karnoto Muhammad. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Dunia sedang bersiap-siap menghadapi ancaman resesi global di tahun mendatang, tak terkecuali Indonesia. Indonesia yang memiliki kemungkinan mengalami resesi ekonomi hanya 3% pun terancam mengalami perlambatan pertumbuhan ekonomi tahun depan. Jika resesi biasanya berlangsung tidak lebih lama dari beberapa kuartal keuangan, dampak stagflasi terhadap perekonomian lebih hebat lagi. Efeknya pun dapat berlangsung lebih lama hingga memukul sektor manufaktur, banyaknya orang yang kehilangan pekerjaan, daya beli masyarakat melemah, dan pendapatan yang menurun. Bagi para pelaku bisnis, hal tersebut akan berakibat pada penurunan omzet perusahaan, melambatnya pertumbuhan kredit, terganggunya arus kas, penurunan harga saham dan laba, serta menurunnya kualitas produk dan layanan.

Kondisi tersebut menegaskan faktor kepemimpinan sebagai salah satu hal penting yang menentukan keberhasilan suatu perusahaan agar mampu beradaptasi dan bersaing seiring dengan kemajuan zaman. Setidaknya sejak kondisi Pandemi Global yang menerpa seluruh perusahaan di dunia, mereka yang mampu bertahan dan beradaptasi dengan kondisi tersebut, salah satu faktor yang menentukan adalah terletak pada sosok Pemimpin/Leader perusahaan (CEO – Chief Executive Officer). CEO yang mampu menciptakan nilai-nilai/values perusahaan, memiliki pengalaman luas, berhasil dalam melakukan transformasi dan menghadapi turnaround serta mampu menghadapi krisis, dipastikan akan mampu membawa perusahaannya untuk terus
survive dan berkembang serta mampu beradaptasi dengan era disrupsi.

Keberhasilan para CEO berdasarkan indikator tersebut, menjadi latar belakang bagi Infobank Media Group bersama Ikatan Bankir Indonesia (IBI) untuk menggelar Infobank TOP 100 CEO & The Next Leader Forum 2022. Gelaran akbar yang mengangkat tema “The Secrets of Effective Leadership in Crisis” tersebut dilaksanakan pada tanggal 23 November 2022 di Pullman Hotel, Jakarta, dengan dihadiri para TOP CEO dari berbagai perusahaan di Indonesia.

Pada gelaran ini, Hanawijaya, selaku Direktur Utama Bank Kalsel, didapuk sebagai TOP 100 CEO versi Majalah Infobank, bersanding dengan CEO lainnya yang berasal dari kalangan perbankan, asuransi jiwa, asuransi umum, multifinance, dan BUMN. Adapun kriteria lainnya yang turut mendukung raihan tersebut adalah berdasarkan kinerja perusahaan yang dipimpin oleh para CEO tersebut yang memperoleh hasil rating 2022 versi Majalah Infobank (diutamakan predikat “Sangat Bagus”), rating bank, rating asuransi, rating multifinance, dan rating BUMN. Penghargaan diserahkan langsung oleh Pemimpin Redaksi Majalah Infobank, Eko B. Supriyanto, kepada Direktur Utama Bank Kalsel, Hanawijaya, dengan didampingi Wakil Pemimpin Redaksi, Karnoto Muhammad.

“Saya selaku Direktur Utama Bank Kalsel, mengucapkan terima kasih setinggi- tingginya atas apresiasi yang diberikan kepada Saya sebagai TOP 100 CEO versi
Majalah Infobank. Tentunya hal ini tidak lepas dari dukungan para Kepala Daerah
selaku Pemegang Saham Bank Kalsel, para Jajaran Manajemen dan seluruh insan Bank Kalsel disegala lini perusahaan, serta nasabah-nasabah setia Bank Kalsel. Raihan ini menjadi amanah bagi Saya untuk terus memberikan karya dan inovasi terbaik bagi perkembangan Bank Kalsel ke depan, sehingga selanjutnya akan berdampak pula pada peningkatan perekonomian daerah,” tutur Hanawijaya, Kamis (24/11/22).

Lebih lanjut, Hanawijaya berharap agar Bank Kalsel dapat terus maju dan berkembang, senantiasa konsisten memberikan yang terbaik bagi seluruh masyarakat/nasabah sebagaimana harapan seluruh Pemegang Saham.

“Sebagai entitas bisnis daerah, Bank Kalsel senantiasa berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi nasabah dan masyarakat Kalimantan Selatan. Dengan semakin meningkatnya kinerja Bank Kalsel, maka akan semakin meningkat pula pendapatan daerah, sehingga nantinya akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi, sejalan dengan tagline kami Setia Melayani, Melaju Bersama,” pungkas Hana. [adv/ad]

Continue Reading

Banjarmasin

9 ASN Pemko Banjarmasin Mendapatkan Emas Antam dari Undian KPE Bank Kalsel

Published

on

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina bersama Direktur Kepatuhan Bank Kalsel IGK Prasetya dan Kepala Cabang Utama Bank Kalsel Firmansyah. (Foto/Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Wajah sumringah terpancar dari sembilan ASN Pemko Banjarmasin yang mendapat hadiah emas Antam ukuran 10 gram dan 5 gram dari Undian Kartu Pegawai Elektronik (KPE) Bank Kalsel.

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina didampingi Direktur Kepatuhan Bank Kalsel IGK Prasetya dan Kepala Cabang Utama Bank Kalsel Firmansyah menyerahkan hadiah emas dari undian Kartu Pegawai Elektronik (KPE) Bank Kalsel kepada 9 orang ASN di Pemko Banjarmasin, Jum’at (18/11/22).

Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, mengucapkan, terima kasih kepada Bank Kalsel yang memberikan hadiah untuk para pemegang KPE dengan hadiah sangat lumayan. “Selamat kepada pemenang semoga hadiah emas Antamnya bisa bermanfaat,” ungkapnya.

Direktur Kepatuhan Bank Kalsel, IGK Prasetya, mengungkapkan, undian KPE Bank Kalsel memberikan kesempatan kepada ASN mendapatkan hadiah menarik. “Makin banyak tabungan makin besar kesempatan mendapat hadiah, karena kupon undian diberikan setiap Rp250 ribu per satu kupon undian,” tambahnya.

Pemegang tabungan KPE juga diikutsertakan pada pengundian Simpeda Nasional yang hadiahnya uang tunai miliaran rupiah. “Jadi banyak keuntungan yang didapat dari KPE Bank Kalsel. Mari perbanyak tabungan karena tahun depan hadiah akan semakin di perbesar,” ajaknya.

Seorang ASN, Kurnisah, mengaku, beruntung mendapat emas Antam 10 gram.”Saya senang dan sebentar lagi pension. Rencananya emas ini dijual untuk membeli bibit durian persiapan masa pension. Saya ucapkan terima kasih ke Bank Kalsel yang menjadi bank kebanggaan Banua,” imbuhnya. [adv/ad]

Continue Reading

Banjarmasin

Bank Kalsel Beri Bantuan Dana Pendidikan Kepada Anak Yatim/Piatu Berkolaborasi Bersama LAZ Sahabat Yatim Indonesia

Published

on

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Direktur UPZ Bank Kalsel, H. M. Fajri Muhtadi kepada Pimpinan Cabang Kalimantan Selatan LAZ Sahabat Yatim Indoensia, Ibu Nina Apriliana. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Salah satu tujuan nasional sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia yang handal dan berguna bagi masyarakat dan negara.

Namun jenjang pendidikan yang harus dilewati adalah sangat panjang dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, oleh karenanya proses dalam pendidikan formal atau non formal harus benar-benar diperhatikan agar dapat melahirkan penerus bangsa yang unggul.

Dengan hal tersebut diatas LAZ Sahabat Yatim Indonesia mengajak UPZ Bank Kalsel untuk berkolaborasi melalui Program Dukung Yatim Berprestasi yang digagas oleh LAZ Sahabat Yatim Indonesia, Jum’at (18/11/22).

Program Dukung Yatim Berprestasi merupakan program santunan berupa perlengkapan sekolah maupun uang saku yang diberikan kepada anak-anak yatim dhuafa sebagai penunjang bagi mereka untuk menjadi siswa dan siswi yang berprestasi.

Berdasarkan hal tersebut UPZ Bank Kalsel memberikan bantuan dana pendidikan kepada anak yatim/piatu berkolaborasi bersama LAZ Sahabat Yatim Indonesia.

Adapun penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Direktur UPZ Bank Kalsel, H. M. Fajri Muhtadi kepada Pimpinan Cabang Kalimantan Selatan LAZ Sahabat Yatim Indoensia, Ibu Nina Apriliana. Dalam penyerahan tersebut didampingi oleh Sekretaris UPZ Bank Kalsel, Junaidi.

“Semoga bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi anak yatim/piatu dan dapat memberikan semangat kepada mereka untuk menuntut ilmu,” ungkap Fajri Muhtadi.

Bagi Donatur dan Sahabat Gen-K yang ingin menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu saudara kita yang membutuhkan, kamu bisa ikut berpartisipasi dalam program-program kegiatan yang diinisiasi oleh UPZ Bank Kalsel dengan menyalurkan zakat, infak, dan sedekah melalui UPz Bank Kalsel

Rekening Zakat, Infak dan Sedekah:
Bank Kalsel Syariah:
6500844928 (Zakat)
6500846214 (Infak dan sedekah) A.n Unit Pengumpul Zakat Bank Kalsel

Konsultasi dan Konfirmasi transfer via WA Center UPZ Bank Kalsel: 0811505153
[adv/ad]

Continue Reading

Banjarmasin

Bantuan 1 Unit Mesin ATM Beras Kolaborasi UPZ Bank Kalsel kepada Lazismu Kantor Layanan Masjid Al-Jihad

Published

on

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Direktur UPZ Bank Kalsel, Bapak H. M. Fajri Muhtadi kepada Pimpinan Lazismu Kantor Layanan Masjid A-Jihad, Muhammad Ikbal. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Dalam rangka Kolaborasi /Kerjasama antara UPZ Bank Kalsel dengan Lazismu untuk pemenuhan kebutuhan akan pangan pokok kaum dhuafa tidak hanya mengandalkan program pemerintah untuk mengatasinya, masyarakat pun dapat berperan sekaligus sebagai upaya menanamkan kepekaan untuk saling tolong menolong.

Salah satu upaya sederhana namun berdampak langsung contohnya dengan membiasakan diri menginfaqkan atau memberikan sebagian rezeki yang kita peroleh meskipun sedikit, seperti memberikan santunan kepada kaum dhuafa dalam bentuk beras sebagai bahan pangan pokok.

Saat ini Lazismu Kantor Layanan Masjid Al jihad rutin setiap bulannya membagikan beras kepada kaum dhuafa kurang lebih sebanyak 100 (seratus) orang penerima dengan masing-masing diberikan 5 (lima) kilo gram beras.

Beras yang dibagikan tersebut berasal dari infaq/donasi Jemaah masjid Al-jihad dan Lazismu Kantor Layanan Masjid Al-Jihad.

Berdasarkan hal tersebut di atas untuk memudahkan agar lebih praktis dan terukur dalam pendistribusian beras kepada kaum dhuafa maka UPZ Bank Kalsel dalam rangka Berkolaborasi dengan Lazismu untuk memberikan 1 (Satu) unit mesin ATM Beras kepada Lazismu Kantor Layanan Masjid Al-Jihad.

Adapun penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Direktur UPZ Bank Kalsel, Bapak H. M. Fajri Muhtadi kepada Pimpinan Lazismu Kantor Layanan Masjid A-Jihad, Muhammad Ikbal. Dalam penyerahan tersebut didampingi oleh Sekretaris UPZ Bank Kalsel, Junaidi.

“Semoga bantuan tersebut dapat bermanfaat dan mempermudah dalam menditribusikan beras kepada mustahik,” pesan Fajri Muhtadi.

Bagi Donatur dan Sahabat Gen-K yang ingin menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu saudara kita yang membutuhkan, kamu bisa ikut berpartisipasi dalam program-program kegiatan yang diinisiasi oleh UPZ Bank Kalsel dengan menyalurkan zakat, infak, dan sedekah melalui UPZ Bank Kalsel. [adv/ad]

Continue Reading

Banjarmasin

Bank Kalsel Beri Bantuan Dana untuk Operasional Panti Asuhan Puteri Aisyiyah Banjarmasin

Published

on

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Direktur UPZ Bank Kalsel, H. M. Fajri Muhtadi kepada Pimpinan Panti Asuhan Puteri Aisyiyah Banjarmasin, Ibu Hj. Yuniana. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Panti Asuhan merupakan suatu lembaga kesejahteraan sosial yang mempunyai tanggung jawab untuk memberikan pelayanan kesejahteraan sosial pada anak yatim piatu yang telantar dengan melaksanakan penyantunan dan pengentasan anak yatim piatu yang telantar, memberikan layanan pengganti orang tua/wali anak dalam memenuhi kebutuhan fisik, mental, dan sosial kepada anak asuh sehingga memperoleh kesempatan yang luas, tepat, dan memadai bagi pengembangan kepribadiannya sesuai dengan yang diharapkan sebagai bagian dari generasi penerus cita-cita bangsa dan sebagai insan yang akan turut aktif dalam bidang pembangunan nasional.

Panti Asuhan Puteri Aisyiyah Banjarmasin yang beralamat di JI. Banua Anyar, RT.05 No.32 Banjarmasin Timur merupakan salah satu amal usaha Aisyiyah Ranting Banua Anyar. Panti Asuhan tersebut didirikan sebagai bentuk kepedulian dan respon terhadap kondisi sosial ekonomi sebagian masyarakat masih memerlukan bantuan serta membantu anak-anak dari keluarga tidak mampu agar mereka memiliki masa depan yang lebih baik, terutama melalui pendidikan.

Saat ini Panti Asuhan Puteri Aisyiyah Banjarmasin mengasuh 28 (Dua puluh delapan) orang anak, termasuk yang tinggal di luar panti. Anak-anak tersebut merupakan anak yatim piatu, anak dari keluarga tidak mampu dan anak terlantar.

Panti Asuhan Puteri Aisyiyah Banjarmasin memerlukan biaya operasional untuk menunjang para anak yatim/piatu yang tinggal disana.

Berdasarkan hal tersebut Bank Kalsel melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) memberikan bantuan dana untuk operasional Panti Asuhan Puteri Aisyiyah Banjarmasin.

Adapun penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Direktur UPZ Bank Kalsel, H. M. Fajri Muhtadi kepada Pimpinan Panti Asuhan Puteri Aisyiyah Banjarmasin, Ibu Hj. Yuniana. Dalam penyerahan tersebut didampingi oleh Sekretaris UPZ Bank Kalsel, Junaidi.

“Semoga bantuan tersebut dapat bermafaat bagi anak-anak yatim/piatu di Panti Asuhan Puteri Aisyiyah Banjarmasin,” pesan Fajri Muhtadi. [adv/ad]

Continue Reading

Banjarmasin

Bank Kalsel Teken PKS Kelola Dana UNBL

Published

on

Penandatanganan dilakukan di Kantor Yayasan Borneo Lestari Banjarbaru oleh Kepala Bank Kalsel Kantor Cabang Syariah (KCS) Banjarmasin, Yuanita Evayanthi dan Ketua Yayasan Borneo Lestari, Drs. H. Yani, M.Si., Apt. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Bank Kalsel berkolaborasi bersama Yayasan Borneo Lestari lakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pengelolaan Dana tentang Jasa Penerimaan Pembayaran Pendidikan bagi Mahasiswa, Payroll Tenaga Pengajar dan Karyawan di Universitas Borneo Lestari (UNBL). Penandatanganan dilakukan di Kantor Yayasan Borneo Lestari Banjarbaru oleh Kepala Bank Kalsel Kantor Cabang Syariah (KCS) Banjarmasin, Yuanita Evayanthi dan Ketua Yayasan Borneo Lestari, Drs. H. Yani, M.Si., Apt. Kegiatan ini turut disaksikan Sekretaris & Bendahara Yayasan Borneo Lestari, Drs. H. Budiman Mustafa & Ibu Nafila, M. Si; perwakilan Divisi Usaha Syariah Bank Kalsel beserta staf dari KCS Banjarmasin, Rabu (16/11/22).

Kepala Bank Kalsel KCS Banjarmasin, Yuanita Evayanthi mengatakan Bank Kalsel senantiasa akan mendukung dunia Pendidikan khususnya perguruan tinggi melalui kolaborasi dan inovasi demi mendukung program pemerintah dalam membangun SDM yang Unggul.

“Kolaborasi yang ditunjukan melalui penandatanganan ini, merupakan bentuk dukungan terhadap program pemerintah, yang diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan bisnis bagi Bank Kalsel, sekaligus memberikan Edukasi dan sosialisasi kepada Mahasiswa melalui program-program literasi/edukasi Bank Kalsel khususnya terkait digitalisasi perbankkan,” ucap Yuanita.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Yayasan Borneo Lestari, Drs. H. Yani, M.Si., Apt menyampaikan ucapan terima kasih atas Sinergi yang telah dilakukan hari ini antara Universitas Borneo Lestari (UNBL) dengan Bank Kalsel, dimana nantinya akan mempermudah dalam pengelolaan dana baik penerimaan dan pembayaran ataupun fasilitas lainnya.

“Sinergi yang dilakukan merupakan upaya memberikan pelayanan prioritas yang dapat diandalkan dalam memberikan solusi keuangan dan layanan terpercaya, yang selanjutnya diharapkan dapat meningkatkan optimalisasi pengelolaan keuangan secara digital,” ungkap Yani.

Di Kesempatan lainnya, Direktur Utama Bank Kalsel, Hanawijaya memberikan komentar bahwa Bank kalsel selalu siap berkolaborasi bersama seluruh Perguruan Tinggi baik ditingkat Sekolah maupun Universitas di wilayah Kalimantan Selatan dalam upaya mendukung dunia Pendidikan dalam pengembangan dan inovasi pengelolaan keuangan dalam transaksi secara Digital.

“Bank Kalsel juga selalu membuka ruang kolaborasi dan sinergi untuk memberikan solusi serta pelayanan optimal kepada para pelaku di Lembaga Pendidikan, sekaligus sebagai proses transfer ilmu pengetahuan atau produk jasa antara pihak Lembaga Pendidikan dan Bank,” pungkas Hanawijaya. [adv/ad]

Continue Reading

Banjarmasin

Bangkitkan UMKM Banua Bersama Bank Kalsel 

Published

on

Gelaran BAZAR UMKM Bank Kalsel. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Bank Kalsel selaku entitas bisnis daerah, mengajak para pelaku UMKM untuk kembali menggeliatkan perekonomian daerah melalui suatu program yang tidak hanya sekedar menunjukkan eksistensi UMKM daerah, namun juga beriringan dengan legitimasi Bank Kalsel sebagai bank digital.  Program yang diusung adalah BAZAR UMKM Bank Kalsel dengan tema “Bangkitkan UMKM Banua Bersama Bank Kalsel”, bentuk komitmen untuk berperan aktif dalam mendukung upaya pemulihan ekonomi secara lebih efektif dan diakselerasi dengan cepat, khususnya dalam mengoptimalkan sektor UMKM melalui transformasi digital. BAZAR UMKM Bank Kalsel dilaksanakan pada tanggal 9 – 13 November 2022 dengan mengambil venue Halaman Eks Kantor Gubernur Kalsel dan Siring 0 Km Banjarmasin, Kamis (10/11/22).

Direktur Utama Bank Kalsel, Hanawijaya, menyampaikan bahwa BAZAR UMKM Bank Kalsel digelar sebagai bentuk komitmen untuk menggeliatkan kembali UMKM Banua seiring dengan optimalisasi
Transformasi Digital Bank Kalsel.

“Pada gelaran BAZAR UMKM Bank Kalsel, kami menerapkan sistem transaksi non tunai/cashless yang artinya seluruh transaksi yang dilakukan dalam BAZAR dengan melakukan mobile banking AKSEL by Bank Kalsel. Hal ini dilakukan agar UMKM Banua semakin melek digitalisasi, sehingga kedepannya mampu mendukung optimalisasi usahanya menjadi lebih berkembang, ” terangnya.

Ketua Hipmikindo (Himpunan Pengusaha Mikro Kecil Indonesia) Provinsi Kalsel Sutjipto, menyambut positif kegiatan ini, namun dia minta agar semua Pelaku UMKM bisa diakomdir dalam kegiatan tersebut.

“Pas saya ditanya komentarnya bagaimana? Kalau kita bicara bank kalsel, kita kenal. Tapi satu sisi kalau bicara UMKM, Hipmikindo juga tidak mendapatkan informasi secara organisasi. Jadi yang kita mau sampaikan di sini, sebaiknya ada koordinasi. Kalau misalnya memang ada kegiatan berkaitan dengan komunitas, ini mau masing-masing yang mengadakan atau bicara secara umum. Karena kalau tidak, nanti yang tidak mendapat informasi nggak ikut. Ada yang binaan Bank Kalsel, ada binaan Bank  Indonesia, ada binaan Dinas Koperasi dan UKM Kalsel, dan ada yang ikut komunitas tapi bukan binaan siapa-siapa. Nanti ujung-ujungnya yang ikut siapa? Loe lagi loe lagi. Yang lain yang tidak dapat informasi, nggak dapat peluang,” ungkap Sutjipto.

Sedangkan Pemerhati Ekonomi yang juga Ketua STIE Indonesia Banjarmasin Dr Yanuar Bachtiar SE MSi menyatakan, kegiatan ini membuktikan kepedulian Bank Kalsel dan keberpihakan Bank Urang Banua ini untuk UMKM semakin jelas terlihat.

“Memang ada sedikit kritikan pada saat itu yang saya baca beritanya, bahwa diharapkan saluran modal dari Bank Kalsel ini tidak hanya untuk para pengusaha. Tetapi juga seharusnya menjamah juga sector UMKM. Mungkin inilah salah satu jawaban, bahwa keberpihakan Bank kalsel juga ada di UMKM. Kita berharap bahwa kegiatan untuk UMKM ini sukses,” harap Yanuar.

Secara umum, BAZAR berisikan Stand Pelaku UMKM Binaan Bank Kalsel, Stand Kuliner, Stand Komunitas, Pojok Kopi, dan Stand Bank Kalsel Information Centre. Selain itu juga, para pengunjung disajikan suguhan  entertainment, dalam bentuk Band Performance, Stand Up Comedy, Panting Show, Opera Komedi Banjar, hingga penampilan Artis Nasional yang tentunya menarik untuk disaksikan. Pada momen ini juga akan dilakukan kegiatan Literasi Keuangan dan Kuis Ranking 1 untuk Pelajar SD, Sosialisasi Pengelolaan    Keuangan kepada Pelaku UMKM, Sosialisasi Produk dan Layanan Syariah, Lomba Mewarnai untuk Tingkat Pelajar TK dan SD, dan tentunya sayang untuk dilewatkan adalah kegiatan JALAN SEHAT yang menyajikan total hadiah puluhan juta rupiah. [adv/ad]

Continue Reading

Banjarmasin

Bangkitkan UMKM Banua, Bank Kalsel Gelar Bazar

Published

on

BAZAR UMKM Bank Kalsel dilaksanakan pada tanggal 9 - 13 November 2022 dengan mengambil venue Halaman Eks Kantor Gubernur Kalsel dan Siring 0 Km, Banjarmasin. (Foto/Iklan) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Pandemi Global Covid-19 menuai dampak diberbagai sektor kehidupan, tak terkecuali sektor ekonomi. Salah satunya ditandai dengan adanya perlambatan dan penurunan kondisi ekonomi di kelompok usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) maupun skala besar. Hal ini tentunya menjadi perhatian serius, mengingat UMKM sendiri merupakan sendi utama perekonomian. Indonesia memiliki lebih dari 65 juta unit UMKM yang berkontribusi terhadap 61 persen perekonomian nasional. Atas itu, sebagaimana amanat Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), bahwa peran UMKM akan diperkuat dalam upayanya menjaga stabilitas ekonomi nasional. Salah satu fokus utama penguatan UMKM tersebut adalah dengan tranformasi digital UMKM.

Presiden Jokowi menargetkan sebanyak 20 juta pelaku UMKM dapat onboarding atau masuk ke toko daring pada 2022 sejalan dengan meningkat pesatnya pasar ekonomi digital. Menurut Presiden, upaya agar lebih banyak UMKM domestik masuk pasar digital, yakni untuk mendorong percepatan transformasi ekonomi digital. Ia menginginkan agar Indonesia tidak hanya menjadi penonton di tengah masifnya aktivitas perdagangan digital.

“Saya telah menandatangani Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional 2021-2024. Saya ingin ekosistem kewirausahaan kita semakin baik dan akan lahir lebih banyak wirausaha-wirausaha muda yang baru, wirausaha-wirausaha muda yang produktif, kreatif dan yang siap memajukan UMKM Indonesia dan siap bersaing di pasar global,” ujarnya.

Menyikapi hal tersebut, Bank Kalsel selaku entitas bisnis daerah, mengajak para pelaku UMKM untuk kembali menggeliatkan perekonomian daerah melalui suatu program yang tidak hanya sekedar menunjukkan eksistensi UMKM daerah, namun juga beriringan dengan legitimasi Bank Kalsel sebagai bank digital. Program yang diusung adalah BAZAR UMKM Bank Kalsel dengan tema “Bangkitkan UMKM Banua Bersama Bank Kalsel”, bentuk komitmen untuk berperan aktif dalam mendukung upaya pemulihan ekonomi secara lebih efektif dan diakselerasi dengan cepat, khususnya dalam mengoptimalkan sektor UMKM melalui transformasi digital.

BAZAR UMKM Bank Kalsel dilaksanakan pada tanggal 9 – 13 November 2022 dengan mengambil venue Halaman Eks Kantor Gubernur Kalsel dan Siring 0 Km, Banjarmasin. Secara umum, BAZAR berisikan Stand Pelaku UMKM Binaan Bank Kalsel, Stand Kuliner, Stand Komunitas, Pojok Kopi, dan Stand Bank Kalsel Information Centre. Selain itu juga, para pengunjung akan disajikan suguhan entertainment, dalam bentuk Band Performance, Stand Up Comedy, Panting Show, Opera Komedi Banjar, hingga penampilan Artis Nasional yang tentunya menarik untuk disaksikan. Pada momen ini juga akan dilakukan kegiatan Literasi Keuangan dan Kuis Ranking 1 untuk Pelajar SD, Sosialisasi Pengelolaan Keuangan kepada Pelaku UMKM, Sosialisasi Produk dan Layanan Syariah, Lomba Mewarnai untuk Tingkat Pelajar TK dan SD, dan tentunya sayang untuk dilewatkan adalah kegiatan JALAN SEHAT yang menyajikan total hadiah puluhan juta rupiah.

Direktur Utama Bank Kalsel, Hanawijaya, menyampaikan bahwa BAZAR UMKM Bank Kalsel digelar sebagai bentuk komitmen untuk menggeliatkan kembali UMKM Banua seiring dengan optimalisasi Transformasi Digital Bank Kalsel.

“Pada gelaran BAZAR UMKM Bank Kalsel, kami menerapkan sistem transaksi non tunai/cashless yang artinya seluruh transaksi yang dilakukan dalam BAZAR dengan melakukan mobile banking AKSEL by Bank Kalsel. Hal ini dilakukan agar UMKM Banua semakin melek digitalisasi, sehingga kedepannya mampu mendukung optimalisasi usahanya menjadi lebih berkembang” terangnya.

Sebagai informasi, bagi para pengunjung yang nantinya bertransaksi menggunakan mobile banking AKSEL by Bank Kalsel, akan memperoleh kesempatan meraih hadiah Doorprize yang diundi dalam dua periode. Khusus untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang pada gelaran BAZAR UMKM Bank Kalsel nantinya melakukan pinjaman melalui aplikasi ReadyCash, akan memperoleh kesempatan hadiah Grand Prize berupa satu unit sepeda motor ataupun hadiah elektronik lainnya.

“Kepada seluruh nasabah setia Bank Kalsel dan juga masyarakat Kalimantan Selatan, ayo berhadir ke acara Bazar UMKM Bank Kalsel, yang Insya Allah pada tanggal 9 – 13 November 2022, di siring 0 km Banjarmasin. Akan banyak suguhan hiburan dan hadiah yang tentunya sayang untuk dilewatkan. Jangan lupa aktivasi mobile banking AKSEL by Bank Kalsel dan penggunaan layanan ReadyCash serta raih hadiahnya. Mari kita hadiri beramai-ramai menuju Siring 0 Km untuk menyaksikan BAZAR UMKM Bank Kalsel,” pungkas hanawijaya.

Mari meriahkan BAZAR UMKM Bank Kalsel sebagai wujud dukungan untuk menggeliatkan UMKM Banua. Nantikan informasi terkini terkait rangkaian BAZAR UMKM Bank Kalsel melalui media sosial Instagram @bankkalsel. [adv/ad]

Continue Reading

Banjarmasin

Bank Kalsel Jalin MoU Dengan Kejati

Published

on

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama Bank Kalsel, Hanawijaya, dan Kepala Kejati Kalsel, Dr. Mukri, SH., MH. Kegiatan disaksikan oleh Wakil Kepala Kejati Kalsel, Ahmad Yani, SH.,MH beserta unsur-unsur pimpinan di Kejati Kalsel. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Bertempat di Aula Anjung Papadaan Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan (Kejati Kalsel), Banjarmasin, Bank Kalsel jalin Kesepakatan Bersama dengan Kejati Kalsel tentang Penanganan Masalah Hukum Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, Jum’at (4/11).

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama Bank Kalsel, Hanawijaya, dan Kepala Kejati Kalsel, Dr. Mukri, SH., MH. Kegiatan disaksikan oleh Wakil Kepala Kejati Kalsel, Ahmad Yani, SH.,MH beserta unsur-unsur pimpinan di Kejati Kalsel; Plt. Komisaris Utama dan Komisaris Independen Bank Kalsel, Hatmansyah dan Syahrituah Siregar, Direktur Kepatuhan Bank Kalsel , IGK Prasetya, beserta jajaran Kepala Divisi Bank Kalsel.

Dalam sambutannya, Direktur Utama Bank Kalsel, Hanawijaya mengutarakan bahwa semakin berkembangnya industri perbankan, tentu berimbas pada peningkatan potensi terjadinya permasalahan hukum yang timbul dari aktifitas yang dilakukan Bank. Atas hal ini, maka jalinan kesepakatan bersama menjadi perlu untuk dilakukan.

“Dengan kerjasama ini, kami berharap diberikan bimbingan atau arahan dari Kejati Kalsel agar terhindar dari permasalahan permasalahan hukum, mengingat rentannya aktivitas perbankan dengan masalah hukum. Lebih lanjut, diharapkan dapat membantu kinerja termasuk menjaga insan Bank Kalsel agar terhindar dari masalah hukum, serta membantu mengawal Bank Kalsel dalam menjalankan roda bisnis agar tetap di koridor hukum yang patut,” tutur Hanawijaya.

Lebih lanjut, Kepala Kejati Kalsel, Dr. Mukri, SH., MH, menyampaikan apresiasinya kepada Bank Kalsel atas kepercayaan kepada Kejati Kalsel untuk berkerjasama dalam penanganan hukum bidang perdata dan tata usaha negara yang dituangkan dalam kesepakatan bersama ini.

“Melalui kesepakatan bersama ini, Bank Kalsel nantinya dapat meminta bantuan hukum kepada Jaksa Pengacara Negara dalam hal pendapat hukum (legal opinion) maupun pendampingan hukum (legal assistance) dalam berbagai masalah hukum perdata dan tata usaha negara yang dihadapi Bank Kalsel. Kami harap, kesepakatan bersama ini dapat dilaksanakan secara konsisten dan berkesinambungan, sehingga visi misi kita untuk bersama memajukan Indonesia yang adil, makmur dan sejahtera dapat kita wujudkan dengan baik,” pungkasnya. [adv/ad]

Continue Reading

Umum

Populer