Dinas PUPR Tanbu Tinjau Penyebab Banjir di Dua Desa – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-12

Tanbu

Dinas PUPR Tanbu Tinjau Penyebab Banjir di Dua Desa

Published

on

BATULICIN, suaraborneo.com – Plt. Kadis PUPR Tanah Bumbu tinjau langsung dua desa yang terdampak banjir akibat tingginya curah hujan di wilayah Tanah Bumbu (Tanbu).

Peninjau ini dilakukan guna melihat langsung penyebab terjadinya banjir diwilayah desa bersujud dan desa persiapan Hidayah makmur kecamatan simpang empat yang teremdam air setinggi 30 hingga 50 cm baik badan jalan maupun rumah warga.

Plt. Kepala Dinas PUPR Subhan ST usai meninjau banjir yang merendam jalan dan sebagian perumahan warga, mengatakan, kita akan normalisasi semua saluran drainase dan kolam retensi yang ada agar apabila datang curah hujan yang tinggi tidak mengakibatkan banjir seperti saat ini.

”Kita akan normalisasi semua pada anggaran tahun 2020 dan kita lerbesar kolam retensi sehingga penampungan air dapat menampung debet air hujan dan selanjut nya akan diarahkan menuju sungai hingga sampai kemuara laut,” ujar Subhan, Plt Kadis PUPR Tanbu.

Sementara itu Kepala desa Bersujud Taupik Rahman mengatakan, banjir akibat virah hujan yang tinggi selama dua hari ini mengakibatkan 5 RT di desa kami yang terendam banjir, diatranya RT 1,2,7,8, dan RT 14 yang paling parah.

”Saya berharap dengan turunnya Plt. kepala dinas PUPR bersama jajarannya agar dapat melihat langsung apa saja penyebab terjadinya banjir didesa kami, dan tetunya ada solusi terkait penangan banjir tersebut,” kata Taupik Rahman.

Turut mendapingi peninjauan lokasi banjir tersebut yakni camat Simpang Empat, Kepala desa Bersujud dan aparat desa persiapan Hidayah Makmur Kecamatan Simpang Empat. (Iwn/ad)

Daerah

Bank Kalsel Salurkan Bantuan Korban Banjir di Kusan Tengah

Published

on

TANAH BUMBU, suaraborneo.com – UPZ Bank Kalsel melalui Cabang Batulicin menyalurkan bantuan kepada korban banjirdi Kecamatan Kusan Tengah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu).

Intensitas hujan yang cukup tinggi di Kabupaten Tanah Bumbu, terutama di Kecamatan Kusan Tengah mengakibatkan terjadinya banjir di beberapa daerah.

Sebagai bentuk kepedulian kepada warga Kecamatan Kusan Tengah Kabupaten Tanah Bumbu UPZ Bank Kalsel melalui Kantor Cabang Batulicin memberikan bantuan berupa makanan, minuman dan obat-obatan.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Seksi Umum Kantor Cabang Batulicin Gt.M.Reddy Kardian kepada Hendri selaku Camat Kusan Tengah untuk disalurkan kepada warga yang terdampak banjir di Kecamatan Kusan Tengah.

“Diharapkan bantuan ini dapat bermanfaat dan meringankan beban para korban bencana banjir di Kecamatan Kusan Tengah ini,” ungkap Camat Kusan Tengah.

Bagi sahabat Gen-K yang ingin menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu saudara kita yang membutuhkan, kamu bisa ikut berpartisipasi dalam program-program kegiatan yang diinisiasi oleh UPZ Bank Kalsel dengan menyalurkan zakat, infak, dan sedekah melalui UPZ Bank Kalsel.

Rekening Infak dan Sedekah
Bank Kalsel Syariah :
901.00.01.00006.1 (Zakat)
901.00.01.00256.5 (lnfak dan sedekah)
A.n Unit Pengumpul Zakat Bank Kalsel

Konsultasi dan Konfirmasi transfer via WA Center UPZ Bank Kalsel: 0811505153

#UPZBankKalsel #bankkalsel #bankkalselsyariah

(adv/ad)

Continue Reading

Kalsel

Satgas Covid-19 Tanbu Serentak Bagikan Maskes Kepada Jamaah Sholat Jumat

Published

on

BATULICIN, suaraborneo.com – Satgas Covid-19 Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu) membagikan masker gratis kepada jemaah yang hendak menunaikan sholat Jumat di Mesjid Ar-Raudah Wardatul Arsyad, Kecamatan Simpang Empat, Jum’at (27/08/2021).

Bagi-bagi masker ini sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 juga sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 agar pandemi ini segera berakhir.

Menurut Camat Simpang Empat, Suryadi, pemberian masker dan brosur prokes kepada jemaah sholat jumat ini dilaksanakan serentak di seluruh mesjid yang ada di Kecamatan Simpang Empat.

“Hari ini, Tim Satgas Covid-19 terdiri dari TNI, Polri, BPBD, Dinas Kominfo, Dinas Kesehatan, Kecamatan Simpang Empat, dan Desa Bersujud melakukan sosialisasi, pemberian masker, dan brosur prokes untuk jemaah sholat jumat,” ujar Camat.

Sekretaris Dinas Kominfo, Syaikul Ansyari, menambahkan pada saat pembagian masker ini, Tim Satgas Covid-19 datang lebih awal dari pada masyarakat yang akan menunaikan ibadah sholat jumat di mesjid.

Melihat jemaah yang tidak memakai masker, maka Satgas Covid-19 yang bertugas langsung memberikan masker sambil menghimbau untuk selalu disiplin menerapkan prokes seperti memakai masker, mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, menjaga jarak, dan lainnya.

“Hanya beberapa orang saja yang tidak memakai masker. Selebihnya tertib dan disiplin dalam memakai masker,” ujar Syaikul.

Pantauan Satgas Covid-19 Tanbu, untuk pelaksanaan Sholat Jumat di Mesjid Ar-Raudah Wardatul Arsyad Jalan 5 Oktober Kecamatan Simpang Empat telah mematuhi dan menerapkan prokes sesuai aturan yang ditetapkan pemerintah. (rel/ad)

Continue Reading

Tanbu

Bupati Zairullah Singgung Penambahan Vaksin Dalam Rapat Paripurna Raperda APBD

Published

on

BATULICIN, suaraborneo.com – Persoalan yang melanda dunia Indonesia dan khususnya di Kabupaten Tanah Bumbu, kini menjadi catatan penting terkait kasus pandemi Covid 19. Sebagaimana persoalannya berkaitan pula dengan Vaksinasi di daerah ini.

Membahas persoalan vaksin tersebut, Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar sudah berkali kali melaporkan penambahan vaksin di forum rapat nasional.

“Berdasarkan data kita hari ini yang diperoleh warga Tanah Bumbu untuk vaksin pertama itu baru memperoleh 12,6 %, sedangkan vaksin yang kedua sekitar 11,7%,” kata Bupati dalam suasana rapat paripurna DPRD Kab. Tanah Bumbu dalam rangka pengambilan keputusan tentang Raperda APBD tahun Anggaran 2021, Kamis (25/08/2021).

Menurutnya, dengan kondisi ini dianggap sangat minim, tentu berbeda yang terjadi di beberapa daerah Indonesia di pulau Jawa khususnya, bahwa disana sudah mencapai diatas 70% bahkan 80% pelaksanaan vaksinasi.

Meski itu, dengan lantang Bupati berucap dalam suasana virtual, bahwa pihaknya meminta kepada pemerintah pusat baik kepada Presiden dan Menteri agar vaksin ini bisa disamakan secara proporsional di seluruh Indonesia.

“Sehingga kita punya high imunity yang menyeluruh, jadi tidak boleh ada perbedaan kerena tuntutan dan persoalannya tentu tidak berbeda karena rakyat Indonesia memiliki hak kewajiban yang sama,” tegasnya.

Tentu ada alasan Bupati untuk menyampaikan ini di forum DPRD agar yang menjadi Aspirasi masyarakat Tanbu bisa di suarakan ke DPR RI .

“Ini perlu disampaikan kepada forum DPRD ini justru ini yang anggap punya pengaruh terhadap langkah langkah yang akan kita lakukan bahkan melakukan langkah ekonomi langkah sosial dan langkah lainnya,” jelasnya.

Diketahui pula, Indonesia akan kedatangan vaksin 70 juta.

“Kita berharap agar dengan vaksin 70 juta itu agar dibagi secara proporsional di seluruh Indonesia sehingga kemudian bisa meyakini bahwa langkah penanganan dan pencegahan Covid ini bisa dilakukan dengan sebaik baiknya,” pungkasnya. (win/ad)

Continue Reading

Tanbu

Korban Banjir Di 4 Desa Kusan Tengah Di Kunjungi Bupati Zairullah Azhar

Published

on

BATULICIN, suaraborneo.com – Hujan dalam sepekan mengakibatkan banjir di beberapa tempat. Termasuk wilayah terparah di Desa Serdangan Kecamatan Kusan Tengah Kabupaten Tanah Bumbu.

Ratusan rumah yang terendam dilokasi itu mengundang perhatian dari pihak Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati Tanah Bumbu H Zairullah Azhar beserta rombongan dengan sigap bergerak menuju lokasi Banjir tersebut.

Star mulai Desa Saring Sungai Bubu ,Bupati menyisiri Sungai Kusan dengan tempuh 1 jam lebih menuju Serdangan dengan menggunakan perahu motor sembari membawa sejumlah bantuan berupa sembako dan obat obatan.

Bantuan Sembako dan Obat obatan secara simbolis diserahkan Bupati kepada warga didampingi Kepala Desa dan Dinas terkait lainnya.

“Mari kita doa kan semoga musibah banjir ini segera reda dan perekonomian di desa ini cepat bergerak normal seperti semula,”kata Zairullah Azhar disela kunjungan nya di Desa Serdangan, Rabu (25/08/2021).

Kunjungan Bupati pendiri Bumi Bersujud ini mendapat apresiasi dari Kepala Desa Serdangan Andi Tanra. Dengan mewakili masyarakat pihaknya mengucapakan terimakasih atas kunjungan Bupati ke Desanya.

“Setidaknya warga kami merasa senang dan merasa terhibur atas kunjungan bapak Bupati.”ucapnya.

Berdasarkan pantauan di tempat lokasi Banjir ,selain Desa Serdangan Bupati menyempatkan mampir di Desa terdampak banjir lainnya, sekaligus menyerahkan bantuan, yakni Desa Satiung, Desa Salimuran,Desa Pulau Tanjung. (win/ad)

Continue Reading

Daerah

Pemkab dan Kemenag Tanbu Adakan Dzikir dan Doa Bersama

Published

on

BATULICIN, suaraborneo.com – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu bersama Majelis Ulama Indonesia beserta Kementerian Agama Tanbu menggelar Dzikir dan Doa Bersama dalam rangka peringati 10 Muharram 1943 Hijriah secara Virtual dari Kantor Bupati, Kamis (19/08/2021) malam.

Kegiatan Dzikir dan Doa bersama tersebut dihadiri Kakanwil Kemenag Kalsel HM. Thamrin secara virtual, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Rahmat Prapto Udoyo, Ketua MUI Tanbu KH. Suhuful Amri, Kepala Kantor Kementerian Agama H. Ahmad Kamal serta diikuti oleh organisasi keagamaan, masyarakat serta organisasi kepemudaan dan juga pengurus mesjid agung, mesjid Jami, mesjid besar dan majelis ta’lim Se-kabupaten Tanah Bumbu.

Pelaksanaan Zikir Akbar tersebut dimulai dengan sholat Maghrib berjamaah, kemudian sholat sunah Taubat dan sholat Hajat. Lalu dilanjutkan dengan sholat Isya berjamaah, kemudian dilanjutkan dengan Dzikir dan Doa Bersama yang dipimpin H. Kamaruddin, Kepala Yayasan Darul Azhar.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Rahmat Prapto Udoyo dalam sambutan Bupati menyampaikan kegiatan ini guna lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT ditengah situasi pandemi seperti sekarang.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mendoakan seluruh lapisan masyarakat Tanbu agar terhindar dari bala bencana khususnya virus Covid-19 yang sedang melanda,” ujarnya

Melalui kegiatan Dzikir dan Doa bersama ini pula, mampu mewujudkan Bumi Bersujud sebagai Serambi Madinah. (Pro/ad)

Continue Reading

Daerah

Bupati Tanbu Hadiri Vaksinasi Booster

Published

on

BATULICIN, suaraborneo.com – Bupati Tanah Bumbu HM. Zairullah Azhar hadir pada acara pemberian Vaksinasi Booster kepada tenaga kesehatan se Kabupaten Tanah Bumbu dihalaman kantor Kejaksaan Negeri Batulicin pada Kamis pagi (19/08/2021).

Dalam kegiatan tersebut hadir Kepala Kejaksaan Negeri Batulicin Muhammad Hamdan, Kadis Kesehatan H. Setia Budi serta diikuti sebanyak 360 tenaga kesehatan (nakes) yang menerima vaksinasi booster tersebut.

Adapun vaksinasi yang berikan yaitu Moderna Covid-19 Vaccine dari Inggris berbeda dengan vaksin sebelum nya yaitu Sinovac yang berasal dari China.

Kajari Tanbu M. Hamdan dalam sambutannya menyampaikan vaksinasi booster ini diberikan hanya untuk tenaga medis Se-kabupaten namun hal ini akan dilakukan secara bertahap.

“Pemberian vaksin ke 3 ini tentu sangat lah penting diberikan kepada tenaga kesehatan, karena mereka adalah garda terdepan dalam memberikan pertolongan kepada masyarakat yang terpapar virus Covid-19” tambahnya.

Bupati Tanbu HM. Zairullah Azhar dalam sambutan nya menyampaikan sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan pemberian vaksin ke 3 ini untuk nakes Tanbu.

“Semoga dengan pemberian vaksin booster ini, nakes kita lebih bisa mempersiapkan diri dalam berjuang di tengah masyarakat yang terpapar virus Covid-19”

“Harapan kami selaku pemerintah daerah hal ini mampu memberikan kemampuan optimal kepada naker sehingga tidak mengalami kendala lagi nantinya”, tambah Bupati. (Rel/ad)

Continue Reading

Daerah

Dzikir dan Doa Taubatan Nashuha “Selamatkan Bumi Bersujud Wujudkan Serambi Madinah”

Published

on

BATULICIN, suaraborneo.com  – Kementerian Agama Kabupaten Tanah Bumbu bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten dan Majelis Ulama Indonesia Kabupaten mengadakan Dzikir dan Doa Taubatan Nashuha Selamatkan Bumi Bersujud Wujudkan Serambi Madinah, Kamis 19 Agustus 2021 besok.

Dalam undangan yang ditujukan bagi seluruh lapisan masyarakat di Bumi Bersujud itu, Dzikir dan Doa Taubatan Nashuha akan dimulai pada jam 18.00 sore Wita, dan dilakukan secara virtual.

Adapun acara akan dimulai dengan Sholat Magrib, Sholat Hajat, Sholat Taubat Berjamaah (Di Ruang Live Zoom (Oleh : Kh. Abdul Haris Pimpinan Ponpes Asmaul Husna Tanah Bumbu), dilanjutkan dengan Sholat Isya berjamaah.

Selain itu ada pula Tahlilan Dan Doa Arwah oleh Habib Abdullah Bin Thohir (Pimpinan Yayasan Syarif Abbas Tanah Bumbu), Pembacaan Ratibul Haddad oleh H. Kamaruddin, S.Ag. (Pimpinan Majlis Ta’lim Darul Azhar).

Kemudian Dzikir Harian Implementasi Serambi Madinah oleh Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar dan pembacaan Doa Tolak Bala dan Keselamatan oleh Ketua Umum Mui Kab. Tanah Bumbu KH Suhupul Amri. (Rel/ad)

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti Dzikir dan Doa Taubatan Nashuha, bisa login pada alamat berikut:

Zoom 1 Meeting ID : 83792404592, Passcode : 10MUHARRAM

Zoom 2 Meeting ID : 85498699552, Pascode : TAUBAT2021

Continue Reading

Daerah

Pemkab Tanbu Ikuti Kick Off Evaluasi SAKIP-RB-ZI Tahun 2021

Published

on

BATULICIN, suaraborneo.com – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menggelar Kick Off Meeting Eksternal – Entry Meeting Pelaksanaan Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Reformasi Birokrasi (RB), dan Zona Integritas (ZI) tahun 2021, Rabu (18/08/2021).

Kegiatan ini dilaksanakn melalui unit kerja Deputi bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan bersama seluruh instansi pemerintah (kementerian/lembaga/pemerintah daerah), secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting.

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu mengikuti kegiatan itu dari Ruang Rapat Bersujud 3 Kantor Bupati dengan perwakilan dari Inspektorat, Bappeda, BKD, Disdukcapil, Diskominfo, Bagian Hukum dan Bagian Organisasi.

Kegiatan ini juga disiarkan langsung melalui kanal Youtube Kementerian PANRB.

Hadir menyampaikan pendahuluan pelaksanaan evaluasi SAKIP, RB, dan ZI tahun 2021 Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabiltas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PANRB Erwan Agus Purwanto bersama Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan III, Akhmad Hasmy.

Selain itu, Tim Survei Hasil Penilaian Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas (SHPRBZI) Canggih Hangga Wicaksono juga menginformasikan Survei Hasil Penilaian Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas tahun 2021. (Rel/ad)

Continue Reading

Tanbu

Bupati Zairullah Pantau 3 Posko Penyekatan Di Wilayah Perbatasan

Published

on

BATULICIN, suaraborneo.com – Bupati Tanah Bumbu H Zairullah Azhar besama Tim Satgas Covid-19 Kabupaten meninjau langsung 3 posko penyekatan yang berada diwilayah perbatasan antar Kabupaten dan Provinsi, Minggu (15/08/2021).

Ketiga posko yang dipantau langsung oleh Bupati bersama Tim Satgas Covid-19 yakni pertama berada di wilayah kecamatan Mentewe yang merupakan perbatasan antara Kabupaten Tanah Bumbu dengan Kabupaten Hulu Sungai Selatan, selanjutnya yang kedua posko yang berada didesa Batu Ampar Kecamatan Simpang Empat yang merupakan posko Perbatasan Antar Provinsi Lalimantan Selatan dan Kalimantan Timur, yang ketiga Posko dipelabuhan Fery Kecamatan Batulicin yang juga merupakan pintu masuk antar Kabupaten Kotabaru Tanah Bumbu.

Saat ini diTanah Bumbu terdapat 5 buah posko penyekatan yakni di kecamatan Satui, Pelabuhan Bunati, felabuhan Fery Batulicin, Perbatasan di Kecamatan Mentewe dan perbatasan didesa Batu Ampar Kecamatan Simpang Empat.

Bupati Tanah Bumbu H.M Zairullah Azhar saat meninjau di Posko penyekatan mengatakan, pertama ini memang menjadi sebuah keharusan untuk wilayah yang masuk pada PPKM Level IV harus ada posko penyekatan diwilayah perbatasan antar Kabupaten dan Provinsi, kemudian diposko tersebut akan ada pemeriksaan sehingga apa bila ada yang positif maka akan di lakukan tindakan baik karantina maupun isolasi mandiri, dan apabila dari luar daerah maka akan di kembalikan kedaerahnya masing masing.

“Di posko penyekatan ini kita akan lakukan pemeriksaan setiap warga yang masuk maupun keluar daerah dan apabila terindikasi positif maka akan diisolasi untuk yang warga dari dalam daerah selanjutnya apabila dari luar daerah kita suruh putar balik Kembali,” Kata Zairullah Azhar Bupati Tanah Bumbu.

Adapun batasan pemberlakuan PPKM di Kabupaten Tanah Bumbu di mulai sejak Tanggal 10 hingga 23 Agustus 2021.

Selain itu Bupati juga menghimbau kepada masyarakat agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan yakni menerapkan (5M), sehingga penyebaran virus Covid-19 dapat di minimalisir dan normal Kembali,” Tandasnya. (Iwn)

Continue Reading

Umum

Populer