Gubernur Resmikan Gedung Baru SMP Negeri 1 Malinau Kota – SuaraBorneo.com
Connect with us

Kalbar

Gubernur Resmikan Gedung Baru SMP Negeri 1 Malinau Kota

Published

on

KALTARA, SuaraBorneo.com – Gedung baru SMP Negeri 1 Malinau Kota yang beralamat di Jalan Raja Alam RT 13 Kabupaten Malinau diresmikan.

Peresmian dilakukan oleh Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs H.Zainal A.Paliwang, SH., M.Hum yang didampingi Wakil Gubernur, Dr. Yansen TP, M.Si, Sabtu (14/8/2021).

Gubernur mengatakan berdirinya gedung baru SMP ini merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam mencerdaskan anak bangsa, khususnya generasi muda yang ada di Kabupaten Malinau.

“Dengan penyediaan sarana pendidikan ini, diharapkan akan muncul generasi penerus bangsa yang cerdas, bermoral, dan taat pada hukum serta agama,” harap Gubernur dalam sambutannya.

Menurutnya, selain untuk kelancaran pelaksanaan proses belajar mengajar, keberadaan gedung sekolah yang representatif akan mendatangkan banyak manfaat.

Gedung ini nantinya dapat dijadikan tempat untuk terus mengembangkan ilmu pengetahuan serta potensi seni dan olahraga bagi para siswa.

“Saya berharap dari sekolah ini, nantinya akan terlahir siswa-siswi yang berprestasi, baik itu prestasi akademis maupun non-akademis, serta dapat membawa harum nama Kabupaten Malinau dan Provinsi Kaltara yang kita cintai ini,” ujarnya.

Gubernur menambahkan, Pemprov Kaltara memiliki komitmen yang tinggi dalam upaya mewujudkan visi Kaltara yang Maju, Berubah dan Sejahtera.

Salah satunya adalah melalui pembangunan sumber daya manusia yang sehat, cerdas, kreatif, inovatif, berakhlak mulia, produktif dan berdaya saing dengan berbasiskan wajib belajar 16 tahun dan berwawasan kebangsaan.

Untuk mendukung komitmen tersebut, jelas dia, diperlukan sinergi dan kolaborasi serta komunikasi yang baik antara pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten.

“Karena apabila dilihat dari kewenangan yang menjadi kewenangan pemkab adalah pendidikan usia dini dan non-formal serta pendidikan dasar (SD dan SMP). Sementara itu, pendidikan (SMA dan SMK) dan pendidikan khusus menjadi kewenangan Pemprov,” tuturnya.

Peresmian gedung baru SMP Negeri 1 Malinau Kota ini juga disaksikan Bupati Malinau, Wempi W. Mawa, Sekda Provinsi Kaltara Suriansyah serta Forkopimda di lingkungan Pemkab Malinau. (mndd)

Bagikan ke

Bengkayang

Kajari Bengkayang Bantah Lalaikan Tugas Seperti Ditudingkan LSM

Published

on

Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Bengkayang Arifin Arsyad. (Foto/Ist)

BENGKAYANG, suaraborneo.com – Kepala Kejaksaan Negeri Bengkayang Arifin Arsyad membantah jika pihaknya lalai dalam melaksanakan tugas seperti yang diberitakan disalah satu media yang berjudul “LPK-RI Minta Kejagung RI Copot Kepala Kejaksaan Negeri Bengkayang Karena Diduga Lalai Dalam Menjalankan Tugasnya”.

“Kami selalu mengikuti dan menjalankan prosedur dalam melaksanakan tugas sebagai aparatur penegak hukum, dan jika dikatakan lalai itu sangat tidak benar,” ucap Arifin Arsyad kepada yang didampingi Kasi Intelijen Kejari Bengkayang Fuad Farhan Sriyadi sejumlah media.

Tudingan yang disampaikan kepadanya kata Arifin tidak berdasar. Dan pihaknya tak pernah lalai dalam menjalankan tugas sebagaimana mestinya.

“Tudingan kami dikatakan lalai hingga LPK-RI Kalbar minta saya di copot dari Jabatan Kajari Bengkayang itu tidak ada dasar sama sekali,” kata Arifin.

“Sebenarnya kasus tersebut berawal dari adanya laporan informasi yang disampaikan oleh LPK ke Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat atau Kejati Kalbar. Kemudian Kejati Kalbar meneruskan informasi yang dilaporkan ke kami Kejaksaan Negeri Bengkayang untuk tindak lanjut,” sambungnya.

Kemudian dari laporan tersebut, Kejari Bengkayang telah mengundang pihak yang dilaporkan dan sudah melakukan serangkaian proses sesuai dengan mekanisme yang ada.

“Selanjutnya atas pengumpulan info dan data tersebut dan atas hasil yang di peroleh dari pengumpulan data dan informasi, selanjutnya kami kembali menyampaikan ke Kejati Kalbar. Dan saat ini sambil menunggu petunjuk dari Kejati Kalbar terkait pembangunan tiang listrik,” jelas Arifin.

Arifin juga menegaskan, ketua LPK-RI Kalbar, Marvinle S Rondowulu sudah beberapa kali hadir di kantor Kejari Bengkayang dan sudah menjelaskan persoalan tersebut kepada yang bersangkutan.

“Kemudian kepada yang bersangkutan sudah berapa kali hadir di kantor Kejari Bengkayang dan dengan yang bersangkutan juga sudah dijelaskan duduk persoalan kasus sudah dilaporkan ke Kejati dan diterima dengan baik,” jelasnya. (Robin)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalbar

Kunjungan ke Dapil Yessy Melania Gelar Bimtek bagi Petani Hortikultura

Published

on

Legislator Perempuan yang juga Srikandi Partai NasDem Kalimantan Barat Yessy Melania, S.E Anggota Komisi IV DPR RI Bersama Mitra Kerjanya Kementerian Pertanian (Kementan). (Foto/Ist)

MELAWI, SuaraBorneo.com – Legislator Perempuan yang juga Srikandi Partai NasDem Kalimantan Barat Yessy Melania, S.E Anggota Komisi IV DPR RI Bersama Mitra Kerjanya Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Hortikultura melaksanakan bimbingan teknis (pelakBimtek) peningkatan kapasitas petani/pelaku usaha hortikultura di Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat Sabtu, (29/6/2024) di Aula Kurnia Waterpark Desa Tembawang Panjang.

Bimtek diikuti 100 orang petani/pelaku usaha itu dihadiri sejumlah pejabat negara di antaranya anggota Komisi IV DPR RI Yessy Melania, Kepala Bidang Pertanian dan Penyuluhan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Melawi.

Bimbingan teknis itu dilaksanakan dengan metode teori dan praktik terkait komoditi hortikultura.

“Kami, Kementerian Pertanian terus mendorong petani dan pelaku usaha hortikultura sebagai penggerak inovatif, kreatif, profesional, mandiri, mampu bersaing, dan berwawasan global khususnya pada komoditi Hortikultura,” ungkap perwakilan Direktur Jenderal Hortikultura yang sempat hadir.

Dia menambahkan kegiatan itu merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia dalam pengembangan hortikultura, yaitu melalui bimbingan teknis seperti ini.

Anggota Komisi IV DPR RI, Yessy Melania menyampaikan kelompok tani yang mendapat bantuan dari Kementerian Pertanian (Kementan) harus dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan, sehingga bantuan yang diterima dapat dimanfaatkan secara optimal oleh para penerima. “Peningkatan kompetensi petani sangat penting dalam rangka meningkatkan produktifitas pertanian dan kedaulatan pangan khususnya komoditi hortikultura.” Ungkap Yessy

Tahun lalu, petani dan pelaku usaha sudah mendapatkan bimtek tentang budi daya cabai, sehingga bisa berinovasi meningkatkan nilai tambah dari hasil panennya,” kata Yessy.

Yessy menambahkan, dirinya ingin Kabupaten Melawi mampu memiliki usaha pertanian yang berkelanjutan.
Salah satunya dengan pengembangan pertanian terpadu dari hulu ke hilir.

Bantuan tahun lalu salah satu bantuan bangsal pascapanen dan pengolahan hortikultura, ke Kelompok Tani Tembawang Maju juga belum dimanfaatkan secara optimal masih banyak kendala. mengucapkan terima kasih kepada Kementan dan Ditjen Hortikultura atas bantuan yang diberikan.

“Saya ingin kedepan potensi hortikultura di Melawi digarap secara lebih serius oleh semua pihak.” tuturnya.

Produk hortikultura dikenal sebagai produk yang mempunyai daya tahan simpan terbatas, diperlukan inovasi untuk perpanjangan masa simpan ini dengan melakukan penanganan pascapanen dan pengolahan. Contohnya komoditas cabai harusnya dapat dikeringkan, dibuat menjadi bubuk cabai dan saus sambal. Sehingga daya tahannya lama dan nilai ekonominya meningkat.

Inovasi yang dilakukan harapannya dapat memperpanjang daya simpan, juga dapat meningkatkan nilai tambah komoditas hortikultura. Kemampuan & kompetensi SDM hortikuktura itulah yang perlu banyak dibekali, diasah dah ditingkatkan kedepan. (T/YP)

Bagikan ke
Continue Reading

Bengkayang

TNI-Polri Gelar Olahraga Bersama di Bengkayang Jelang HUT Bhayangkara Ke-78

Published

on

Kepolisian Resor (Polres) Bengkayang Polda Kalimantan Barat menggelar olahraga bersama personel TNI-AD Kompi C Yonif 645/GTY. (Foto/Ist)

BENGKAYANG, SuaraBorneo.com – Jelang memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-78 Tahun 2024 yang Jatuh pada 1 Juli 2024 mendatang.

Kepolisian Resor (Polres) Bengkayang Polda Kalimantan Barat menggelar olahraga bersama personel TNI-AD Kompi C Yonif 645/GTY, di Halaman Sat Samapta Polres Bengkayang, Jum’at (21/6/24) pagi.

Olahraga bersama ini tidak bertujuan untuk meningkatkan kebugaran fisik, Sekaligus mempererat hubungan dan sinergi antara Polri dan TNI.

Kapolres Bengkayang melalui Wakapolres Bengkayang Kompol Anne Tria Sefyna, S.H., S.I.K., dalam sambutannya menyampaikan olahraga bersama ini merupakan wujud nyata dari soliditas dan sinergitas antara Polri dan TNI dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Bengkayang.

“Semoga dengan kegiatan seperti ini, hubungan antara POLRI dan TNI semakin kuat dan solid untuk menjaga kedaulatan NKRI,” ujar Wakapolres.

Olahraga ini diikuti dengan penuh seluruh penuh semangat dan sungguh-sungguh oleh peserta.

Selain olahraga, berbagai rangkaian kegiatan juga telah dilakukan. Mulai dari senam pagi hingga sarapan bersama.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi masyarakat tentang pentingnya menjaga kebugaran tubuh dan solidaritas antar instansi.

Acara berlangsung dengan lancar, tertib dan aman serta situasi tetap aman.

Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama sebagai tanda kebersamaan dan kenang-kenangan HUT Bhayangkara ke-78 pada Tahun 2024.

Dengan sinergitas tersebut TNI dan Polri diharapkan dapat terus memacu kekompakan terutama dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab dalam rabga menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (KAMTIBMAS) sehingga bukti wujud pelayanan terbaik dapat dirasakan masyarakat. (Rbn)

Bagikan ke
Continue Reading

Bengkayang

Miris! Diajak ke Penginapan, Siswi SD Disetubuhi

Published

on

Korban berinisial ES (13) pelecehan seksual. (Foto/Ist)

BENGKAYANG, Suaraborneo.com – Nasib naas menimpa Seorang siswi kelas 6 SD berumur 13 tahun berinisial (ES) di desa Sekaruh, Kecamatan Teriak, Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat.

Pasalnya (ES) harus dilarikan kerumah sakit Drs Jacobus Luna karena mengalami kesakitan kekerasan seksual yang dilakukan dari sejumlah pelaku orang dewasa.

ES mendapat perawatan medis secara intensif karena alami sakit berat pada bagian alat vital.

Kronologis kasus persetubuhan tubuh berawal korban dan pelaku menonton hiburan Band pesta perkawinan di dusun Sayung Desa Darma Bahkti kecamatan Reriak pada 27 mei 2024 lalu.

Mirisnya dari lokasi pertemuan awal di tempat hiburan band pelaku membawa korban ke sebuah penginapan di kota Bengkayang.

Menurut pengakuan korban dalam penginapan tersebut pelaku yang melakukan persetubuhan tubuh terhadap dirinya sebanyak tiga orang.

“Saat kejadian dalam kamar penginapan pelaku ketiganya melakukan aksi persetubuhan dan saya sempat teriak untuk meminta pertolongan namun mulut dan kaki tanggan di pasung,” ungkapnya.

Korban juga menceritakan sebelum mendapat perlakukan itu pelaku memintanya untuk minum alkohol.

“Ya sempat dipaksa minum alkohol oleh pelaku tapi saya tetap menolak paksaan mereka,” jelasnya.

Sementara menurut orang tua korban (W) menceritakan kejadian perlakuan tidak senonoh terhadap anaknya, setelah ia meminta anaknya menceritakan kejadian yang sebenarnya.

Dari cerita anaknya atau korban, W mendapat informasi dari anaknya mengalami sakit dibagian alat vital, orang tua korban mencurigai sakit yang dialami anaknya.

“Saya menanyakan ke anak saya, kenapa kamu menangis terus saya lihat ada bekas merah-merah bagian telinga, saya mencurigai hal itu pasti ada perlakuan yang tidak,” ungkapnya.

Lanjut,W ibu korban mengatakan anaknya menggalami pendarahan dibagian alat vital.

“Saya bertanya ke anak saya, ada kah kamu dengan laki-laki? ananknya atau korban menjawab ia,” cerita ibu korban.

Lalu saya tanya juga sampai berdarah ndak nak lalu dijawab anaknya berdarah,” kata W ibu Korban setelah mengetahui pengakuaan anaknya ibu korban membawa anaknya rumah sakit untuk mendapat perawatan medis.

“Mengetahui itu saya langsung nangis kemudian korban langsung saya bawa kerumah sakit untuk berobat, awalnya dibawa ke Puskesmas Ttriak namun dari Puskesmas anak saya dirujuk kerumah sakit Drs Jacobus Luna,” ungkap ibu Korban dengan sedih.

Menurut ibu korban, setalah mengetahui kejadian itu pihaknya langsung melapor kasus kekerasan seksual ke Polres Bengkayang.

Ia berharap pelaku yang melakukan kekerasan seksual terhadap anaknya yang masih dibawah umur segera ditangkap oleh pihak yang berwajib dan mendapat hukumnan sesuai aturan yang berlaku. (RB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalbar

Halal Bihalal Bubuhan Banjar di Kalbar Bersama Gubernur Kalsel 

Published

on

Pertemuan urang Banjar perantauan ini berlangsung sehubungan kegiatan halal bihalal dengan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin. (Foto/Adpim)

PONTIANAK, SuaraBorneo.com – Sejumlah stand berjualan di area Pendopo Gubernur Kalimantan Barat, Ahad siang (26/05/2024) menjadi ramai dikunjungi masyarakat yang ingin berbelanja.

Meskipun kadang harus antri, ratusan pembeli mulai orang dewasa hingga remaja itu, rela di bisa membeli aneka makanan dan kue khas Banjar.

“Ayu tukari gagicaknya,” kata salah satu pedagang.

“Yang mau pundut silahkan baparak, ada jua tapai dan bingka,” ujar pedagang lainnya yang tidak mau kalah menggaet pembeli.

Begitulah hiruk pikuk masyarakat Kota Pontianak yang semuanya adalah bubuhan Banjar atau Provinsi Kalimantan Selatan yang menetap disana sejak lama.

Sajian makanan dan jajanan khas Banua seperti tape ketan, gigicak, bingka, lontong, soto Banjar, pundut nasi, nasi kuning iwak haruan, dan lain-lain, memang tidak biasa mereka temukan di tempat itu.

Pertemuan urang Banjar perantauan ini berlangsung sehubungan kegiatan halal bihalal dengan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin, sekaligus pengukuhan Pengurus Wilayah Kerukunan Bubuhan Banjar (PW KBB) se Kalbar periode 2023 – 2027, Ahad (26/05/2024) di Kota Pontianak.

“Kami warga Banjar disini ingin kegiatan seperti ini selalu ada di waktu-waktu berikutnya,” ujar Ketua PW KBB Kalbar, Anang Iksan Nafiri.

Dikatakan, sebagian warga Banjar di Kalbar sudah merantau puluhan tahun lalu dan miliki anak cucu, dan banyak yang belum pernah sama sekali ke Kalsel, sehingga tidak tahu bagaimana kampung halaman orang tua mereka.

Kerinduan warga Banjar di Kalbar ini ucapnya lagi, terbayar dengan halal bihalal bersama Gubernur Paman Birin ini. Apalagi, Paman Birin yang menjabat sebagai Presiden Pengurus Pusat (PP) KBB Sa’Dunia itu, datang tidak datang dengan tangan kosong.
Gubernur dua periode ini selain membawa baju sasirangan, laung dan baju kaus, dibagikan juga oleh-oleh khas Banua berupa ratusan loyang kue Bingka Gambut, kue Lam Barabai Kabupaten Hulu Sungai Selatan, dan iwak talang masak habang Acil Odah (panggilan untuk istri Paman Birin, Hj Raudatul Jannah) untuk bubuhan Banjar di perantauan itu.

Yang membuat banyak warga Banjar kagum, Paman Birin dengan senang hati, membagikan langsung bingka dan kue lam yang dibawanya dari Kalsel.
Dihadapan Penjabat Gubernur Kalbar, dr Harison Mkes dan Sultan Syarif Mukhtar Melvin Alkadrie dari Kesultanan Kadriah Pontianak yang hadir, Paman Birin berpesan agar bubuhan Banjar senantiasa menjaga tradisi Banua, salah satunya tetap mahir berbahasa daerah Banjar.

Sebelum Paman Birin bertolak dari Pendopo Kantor Gubernur Kalbar, bubuhan Banjar tak mau melewatkan kesempatan foto bersama sebagai kenang-kenangan. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Bengkayang

Masyarakat Wilayah Pesisir Terima Bantuan Sembako

Published

on

Kelompok Tani Tanjung Gundul Bersatu Desa Karimunting Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang membagikan bantuan paket sembako dari Donatur. (Foto/Ist)

BENGKAYANG, SuaraBorneo.com – Kelompok Tani Tanjung Gundul Bersatu Desa Karimunting Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang membagikan bantuan paket sembako dari Donatur, Minggu (5/5) Lalu

Paket sembako berupa kebutuhan rumah / sembako ,diterima langsung sejumlah masyarakat dari Kelompok tani tanjung Gundul Bersatu.

Pemberian Bantuan sembako kepada masyarakat Pesisir di Bengkayang ini diharapkan dapat sedikit membantu beban masyarakat setempat

Ketua kelompok Tani Tanjung Gundul Bersatu Firmansyah mengaku senang bantuan sembako dapat diterima oleh masyarakat.

“Kami bersyukur dan sangat senang dapat membagi sembako yang diberikan oleh donatur, sekali lagi saya mewakili Kelompok tani mengucapkan terima kasih,” ucap Firmansyah

Selain itu, Firmansyah menaruh harapan kepada masyarakat Kec. sungai raya kepulauan dan khususnya masyarakat yang tergabung dalam kelompok Tani Tanjung Gundul Bersatu supaya tetap bersemangat dalam melakukan aktivitas sebagai petani serta bersama – sama ikut menjaga situasi keamanan tetap kondusif.

“Harapan kita bersama kelompok Tani kita selalu bersemangat dalam menjalankan aktivitas dan berperan aktif dalam menjaga lingkungan sekitar,” ungkapnya.

Melalui momen pembagian Paket sembako tersebut Ketua Kelompok Tani Tanjung Gundul Bersatu mengajak semua masyarakat para petani tetap mendukung apapun yang menjadi program pemerintah dan salah satunya adalah dengan selalu menjaga situasi Kamtibmas terlebih Tahun 2024 adalah Tahun Politik setelah Pemilu Pilpres akan ada Pemilihan Kepala Daerah di Kalimantan Barat termasuk Kabupaten Bengkayang.

Firmansyah mengatakan pesta demokrasi pemilu 2024 masih berlanjut Salah satu diantaranya Pilkada dimana pasti akan ada perbedaan pandangan dan pilihan di antara masyrakat.

“Karena itu jangan jadikan perbedaan sebagai sumber perpecahan di antara warga, baik itu pasca maupun menjelang Pilkada tetaplah jaga kerukunan serta persatuan dan kesatuan demi suksesnya pemilu 2024,” ujar Firmansyah

Ia menambahkan menjaga persatuan dan kesatuan merupakan tugas bersama di tengah perbedaan pilihan politik. (R)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalbar

Bangun Generasi Muda Melawi, Yessy Gelar Sosialisasi Empat Pilar MPR RI

Published

on

Sosialisasi Empat Pilar MPR RI Berlangsung di Aula Kurnia Waterpark. (Foto/Ist)

MELAWI, SuaraBorneo.com – Sosialisasi Empat Pilar MPR RI Berlangsung di Aula Kurnia Waterpark, Desa Tembawang Panjang, Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi Kalimantan Barat Jum’at, (3/5/2024) Kegiatan di mulai dengan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya.

“Sebagai generasi muda Melawi, kita harus memiliki Nilai Kebangsaan di dalam kepemimpinan masa depan Melawi”, Ungkap Nurbetty dalam Sambutan ketua panitia kegiatan hari ini.

Sementara itu Yessy Melania Anggota MPR RI Fraksi NasDem dalam penyampaian materi menyampaikan bahwa Negara memberikan fasilitas untuk memperkokoh nilai-nilai 4 pilar MPR RI; Bhineka Tunggal Eka, NKRI, Pancasila, & UUD 1945 melalui program sosialisasi ke masyarakat.

“Masyarakat harus memahami nilai atau ruh 4 PILAR MPR RI sebagai nilai berbangsa dan bernegara serta kehidupan bermasyarakat. Ancaman nilai 4 Pilar semakin nyata bagi kehidupan Bangsa Indonesia. Ada ancaman Internal; kedaerahan, kurang keteladanan dan lemahnya penegakan hukum”, Ujar Yessy.

Menurutnya Ancaman eksternal pengaruh global, intervensi paham lain. perlu di sadari sebagai Bangsa Besar Indonesia bahwa para pendiri Bangsa sudah memberikan nilai-nilai pemersatu untuk itu harus di jaga dan pelihara serta di aplikasikan ke dalam kehidupan bermasyarakat.

Marumi sebagai narasumber pendamping menekankan pentingnya kepemimpinan yang memiliki nilai-nilai Kebangsaan. Menjadi pemimpin harus memahami Nilai 4 Pilar Bangsa Indonesia. Diperlukan kepemimpinan yang berpihak pada dasar Nilai 4 Pilar MPR RI; Pancasila, UUD 1945, NKRI, & Bhineka Tunggal Eka.

“Kegiatan kali ini baik untuk mencerdaskan dan pembekalan generasi muda, apresiasi bagi Bu. Yessy Anggota MPR RI Fraksi NasDem Dapil Kalimantan Barat. Mari kita responi dengan baik dan aplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat”, Ucap Marumi.

Pak. Kamasi peserta dari Desa Manggala menanyakan gimana caranya menjaga budaya kita dayak tanpa merusak persatuan dan nilai-nilai Pancasila?

Sdri. Mariata peserta juga bertanya terkait bagaimana kita tidak terpengaruh budaya global ditengah digitalisasi?

“Kembali pada Nilai Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI selalu menjadi pedoman dalam kehidupan. Menempatkan nilai-nilai tersebut sebagai pedoman utama dan filter dari budaya luar. Nilai 4 pilar MPR RI sebagai panduan kehidupan berbangsa dan bernegara “. Ungkap Yessy Melania memberi jawaban.

“Budaya adalah nilai luhur harus dilestarikan pak. Kamasi, namun kebudayaan harus diselaraskan oleh Nilai-nilai Kerukunan, Persatuan serta yang tertuang dalam 4 Pilar MPR RI sebagai pedoman berbangsa dan bernegara. Untuk tantangan global dan digitalisasi tentu menguji karakter dan nilai kita serta bangsa, 4 Pilar MPR RI bisa menjadi kompas atau panduan agar kita tidak salah serta terjerumus dalam paham dan nilai dari luar tetapi kita lebih mengakar pada Nilai 4 PILAR MPR RI. ” Jawab Bu. Marumi.

Sampai sekarang berjalannya Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, generasi muda bangsa menunjukkan apresiasinya dengan banyak hadir dalam gelaran sosialisasi di seluruh wilayah Indonesia. Generasi muda yang antusias dan memahami betul Pancasila, saya yakin dan optimis soal kemajuan bangsa.

Pentingnya Sosialisasi 4 Pilar MPR RI dikemas dengan minat generasi muda Melawi selesai digelar dengan semangat antusias oleh para peserta yang hadir. Peserta yang Hadir sebanyak 150 orang dari 3 desa di Melawi. (Tio/*)

Bagikan ke
Continue Reading

Bengkayang

Kapolres Bengkayang Pastikan Rekrutmen Anggota POLRI Transparan

Published

on

Kegiatan Seleksi Bintara dan Tamtama POLRI pada gelombang kedua Tahun anggaran 2024. (Foto/Ist)

BENGKAYANG, SuaraBorneo.com – Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kabupaten Bengkayang AKBP Teguh Nugroho Mengimbau masyarakat agar jangan percaya terhadap oknum -oknum yang menjanjikan bisa membantu meluluskan menjadi anggota POLRI.

Hal tersebut disampaikannya saat membuka Kegiatan Seleksi Bintara dan Tamtama POLRI pada gelombang kedua Tahun Anggaran 2024 pada 23 April 2024, Selasa (23/4/2024)Pagi.

Kegiatan seleksi calon anggota Polri di wilayah Hukum Polres Bengkayang ini dilakukan dua hari tanggal 23-24 Tahun 2024 bertempat di halaman Sat Samapta Polres Bengkayang.

Dalam seleksi Administrasi tersebut Kapolres Bengkayang AKBP.Teguh Nugroho Mengimbau masyarakat agar tidak terpengaruh oknum-oknum yang menjanjikan meluluskan selama proses seleksi.

“Masyarakat jangan sampai tergiur dengan iming-iming dari oknum yang menjanjikan bisa membantu meluluskan untuk menjadi anggota Polri dengan meminta bayaran, karena itu bentuk penipuan,” tegas Kapolres Bengkayang Akbp.Teguh Nugroho

Orang nomor satu di Polres Bengkayang ini mengatakan, rekrutmen calon anggota Polri sekarang ini dilaksanakan dengan sistem terbuka dan transparan, serta objektif tanpa pungutan biaya apapun.

“Seleksi Administrasi calon Anggota POLRI sudah di lakukan secara transparan yang melibatkan banyak pihak unsur Media,Dinas Pendidikan dan Disdukcapil Kabupaten Bengkayang termasuk peserta sendiri dalam hal ini secara tidak langsung sudah menjadi pengawas,” ungkap Kapolres

Seleksi administrasi calon anggota polri di Polres Bengkayang pada hari pertama di ikuti 84 Peserta sebanyak 70 Polki dan Calon 14 Polwan. (R)

Bagikan ke
Continue Reading

Bengkayang

TNI-Polri di Bengkayang Siap Amankan Perayaan Idul Fitri 1445 H

Published

on

Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Kepala Kepolisian Resor Bengkayang Polda Kalbar AKBP Teguh Nugroho, S.H., S.I.K., M.I.K. (Foto/Ist)

BENGKAYANG, SuaraBorneo.com – Dalam rangka kesiapan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Kepala Kepolisian Resor Bengkayang Polda Kalbar AKBP Teguh Nugroho, S.H., S.I.K., M.I.K., memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat Kapuas 2024, bertempat di Halaman Mapolres Bengkayang, Rabu (3/4/24) pagi.

Adapun kegiatan dihadiri Bupati Bengkayang, Dandim 1209 Bengkayang, Ketua Pengadilan Negeri Bengkayang, Kasi Intel Kejari Bengkayang, Kepala Rutan Kelas IIB Bengkayang, Instansi terkait lainnya dan Awak Media Cetak maupun Elektronik Kabupaten Bengkayang.

Dalam amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, yang dibacakan Kapolres Bengkayang bahwa apel tersebut merupakan komitmen nyata sinergitas TNI-Polri dengan Stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Berdasarkan survey indikator, kepuasan masyarakat atas penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2023 mencapai 89,5% atau meningkat 15,7% disbanding tahun 2022,” ucap Kapolres.

Lebih lanjut dikatakannya, berdasarkan survei Kemenhub RI tahun 2024 diperkirakan terdapat potensi pergerakan masyarakat sebesar 193,6 juta orang atau meningkat 56,4% dibanding tahun 2023.

“Oleh karena itu, TNI-Polri bersama stakeholder terkait menggelar Operasi Terpusat dengan sandi Ketupat yang melibatkan 155.165 personel, selama 13 hari dari tanggal 4 hingga 16 April 2024,” lanjut Kapolres.

Selain itu, dalam operasi ini juga telah dipersiapkan 5.784 pos, yang terdiri dari 3.772 pos pengamanan, 1.532 pos pelayanan dan 480 pos terpadu.

Lebih dalam disampaikan Kapolres bahwa dalam Operasi Ketupat Kapuas 2024 kali ini, Polres Bengkayang melibatkan sebanyak 36 personel pengamanan.

“Kami juga telah menyiapkan 2 Pos pengamanan di Pantai Samudera Indah dan di Pantai Kura-Kura serta 2 Pos pelayanan di Pasar Bengkayang dan di Pasar Sungai Duri,” ungkap Kapolres.

Untuk diketahui, dalam penanganan arus mudik tahun 2024 di Kalimantan Barat, Polda Kalbar telah menyiapkan program Mudik Gratis dengan rute Pontianak menuju ke Mempawah, Singkawang, Sambas, Sukadana, Bengkayang, Landak, Ngabang, Sanggau, Sekadau, Sintang, Putusibau, Nanga Pinoh dan Ketapang.

“Untuk pendaftarannya dimulai dari tanggal 3 April hingga 5 April 2024 dengan membawa data diri dan mendaftarkan ke layanan yang disediakan oleh Polda Kalbar,” ucap Kapolres. (Robin/ril)

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer