Bupati H Achmad Fikry Sampaikan Ranperda Perubahan APBD Kabupaten HSS Tahun 2021 – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-12

Daerah

Bupati H Achmad Fikry Sampaikan Ranperda Perubahan APBD Kabupaten HSS Tahun 2021

Published

on

KANDANGAN, suaraborneo.com – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan bersama DPRD menyepakati Perubahan Kebijakan Umum APBD Tahun Anggaran 2021 dan Perubahan PPAS Tahun Anggaran 2020 pada Senin,9 Agustus 2021 lalu. Sehingga berdasarkan kesepakatan tersebut, Pemkab HSS melakukan tahapan penyusunan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2021.

Rabu (18/08/2021), Bupati Hulu Sungai Selatan Drs H Achmad Fikry MAP secara resmi menyampaikan Ranperda Kab HSS tentang Perubahan APBD Tahun 2021 dalam Rapat Paripurna DPRD Kab HSS, bertempat di Ruang Sidang DPRD setempat.

Selain itu, diserahkan pula Nota Keuangan Perubahan APBD Kab HSS Tahun 2021 yang didalamnya menjelaskan secara umum terkait penyesuaian pokok pokok kebijakan yang menjadi landasan setiap kelompok pendapatan, belanja dan pembiayaan yang terdapat dalam Ranperda tersebut.

Turut berhadir dalam Rapat Paripurna DPRD Kab HSS ini, Wabup Syamsuri Arsyad SAP beserta Staf Ahli, Asisten, Kabag lingkup Setda Kab HSS, Kepala OPD dan Camat.

Dalam Pengantar dan Pidatonya, Bupati HSS H Achmad Fikry mengatakan Pemkab HSS merasa perlu mengajukan Ranperda tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021 ini disebabkan adanya penyesuaian perubahan target pendapatan daerah serta penyesuaian dengan kebijakan perimbangan keuangan pemerintah pusat.

Perubahan juga perlu dilakukan karena penggunaan sisa lebih tahun anggaran sebelumnya (Silpa), Penyesuaian Kebijakan pemerintah, terutama kegiatan DAK berpedoman pada petunjuk teknis dari Pemerintah, penyesuaian Anggaran dalam rangka pencegahan dan penanganan covid-19 dan penyesuaian dan mengakomodir pergeseran dan perubahan belanja daerah dalam rangka mengoptimalisasikan pencapaian target program dan kegiatan yang direncanakan pada TA 2021.

Dijelaskannya, secara garis besar struktur Ranperda tentang Perubahan APBD Kab HSS Tahun 2021 yakni Pendapatan Daerah pada Perubahan APBD TA 2021 ini ditargetkan sebesar Rp1.274.744.983.941 atau mengalami peningkatan sebesar 10,59 persen dibanding APBD murni TA 2021.

PAD pada perubahan APBD TA 2021 ditargetkan sebesar Rp 202.037.468.304 atau meningkat sebesar 15,85 persen pada pendapatan BLUD, sedang dana tranfer ditargetkan sebesar Rp 1.049.391.295.637 atau meningkat sebesar 9,58 persen. Peningkatan ini terjadi pada anggaran DAK.

Sementara, Target Belanja pada perubahan APBD TA 2021 ini sebesar Rp 1.577.097.658.219 atau meningkat sebesar 16,96 persen. Peningkatan ini disebabkan adanya refocusing anggaran untuk penangan covid-19. Untuk belanja modal ditargetkan sebesar Rp 280.934.666.027 atau meningkat sebesar 65,19 persen. Belanja tak terduga mengalami penurunan sebesar 22,87 persen sedang belanja tranfer ditargetkan Rp 185.332.397.000 atau meningkat sebesar 0,27 persen karena adanya DAK yang dianggarkan.

Kepada Pimpinan dan seluruh anggota Dewan, Bupati HSS H Achmad Fikry berharap Ranperda tentang Perubahan APBD TA 2021 beserta lampirannya dapat diterima, dibahas dan diproses.
“sehingga pada saatnya nanti dapat disetujui bersama dan ditetapkan menjadi Perda”, ujar Bupati HSS H Achmad Fikry. (ary-hss)

Daerah

Pemkab Balangan Bersama Bank Kalsel Launching Kartu Balangan Pintar Puncak HUT Ke-19

Published

on

Bank Kalsel melakukan sinergi dan kolaborasi Bersama Pemerintah Kabupaten Balangan meluncurkan kartu Balangan Pintar melalui Tabungan Simpel Bank Kalsel. (Foto: Ist)

Bank Kalsel melakukan sinergi dan kolaborasi Bersama Pemerintah Kabupaten Balangan meluncurkan kartu Balangan Pintar melalui Tabungan Simpel Bank Kalsel. (Foto: Ist)

Pemkab Balangan Bersama Bank Kalsel Launching Kartu Balangan Pintar Puncak HUT Ke-19

BALANGAN, SuaraBorneo.com – Bank Kalsel melakukan sinergi dan kolaborasi Bersama Pemerintah Kabupaten Balangan meluncurkan kartu Balangan Pintar melalui Tabungan Simpel Bank Kalsel. Acara Launching Kartu Balangan Pintar dilaksanakan pada Kamis (19/05), saat Puncak Perayaan Hari Jadi Kabupaten Balangan ke-19 di Halaman Kantor Bupati Balangan.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Balangan, H. Abdul Hadi; Wakil Bupati Balangan, H. Supiani; Sekretaris Daerah Kabupaten Balangan, H. Sutikno, AP, MAP; Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Pemprov Kalsel, Sulkan, SH, MH; Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kalsel, Junita Sitorus, SIP, MSi; Plt. Komisaris Utama Bank Kalsel, Hatmansyah; Komisaris Independen Bank Kalsel, Syahrituah Siregar; Direktur Business Bank Kalsel, Fahcrudin dan Kepala Cabang Paringin, Agus Setiawan; beserta tamu undangan.

Bupati Balangan, H. Abdul Hadi mengatakan digitalisasi melalui Kartu Balangan Pintar merupakan program unggulan Pemkab Balangan melalui Dinas Pendidikan yang bekerjasama dengan Tabungan Simpel Bank Kalsel. Program ini bertujuan untuk memberikan bantuan kepada siswa/i Sekolah Dasar (SD/setara) sampai dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP/setara) yang merupakan golongan menengah kebawah dalam bentuk dana pendidikan.

“Program Kartu Balangan Pintar ini dilaksanakan 1 tahun sekali yang dimana penyalurannya diberikan setiap 6 bulan, untuk kategori siswa/i Sekolah Dasar (SD/Setara) mendapatkan Rp550 ribu dan untuk kategori siswa/i Sekolah Menegah Pertama (SMP/Setara) mendapatkan Rp750 ribu yang dipergunakan untuk membeli alat tulis guna membantu kalangan menengah kebawah dalam proses belajar,” terang Abdul Hadi

Sementara itu, Direktur Bisnis Bank Kalsel, Fachrudin mengungkapkan Bank Kalsel senantiasa mendukung dan menjadi mitra strategis pemerintah daerah untuk meningkatkan pendapatan daerah melalui digitalisasi.

“Kolaborasi Bank Kalsel Bersama Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Dinas Pendidikan dilakukan dalam rangka digitalisasi pembayaran non tunai melalui Tabungan Simpel Bank Kalsel, hal ini juga diharapkan sebagai upaya dukungan Bank Kalsel terhadap Program Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan,” pungkas Fachrudin. [adv/ad]

Continue Reading

Daerah

Bantuan Dana Kepada Korban Kebakaran Di Desa Kambat Selatan Kabupaten HST

Published

on

Penyerahan bantuan dilakukan secara langsung kepada para korban kebakaran di Kecamatan Pandawan pada Rabu (11/05/2022). (Foto: Ist) 

BARABAI, SuaraBorneo.com – Bank Kalsel melalui dana UPZ (UnitPengumpul Zakat) menyerahkan bantuan kepada para korhan kebakaran di Desa Kambat Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Penyerahan bantuan dilakukan secara langsung di Kecamatan Pandawan pada Rabu (11/05/2022), yang dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial PPKB PPPA Kabupaten Hulu Sungai Tengah Drs. Wahyudi Rahmad yang juga disaksikan Camat Pandawan As’ad, ST, M.Si dan Kepala Desa Kambat Selatan.

Bantuan dana UPZ, total sebesar Rp24juta, disalurkan kepada 6 Kepala Keluarga beserta 22 jiwa yang menjadi korban kebakaran. Musibah yang terjadi sekitar pukul 16.00 WITA tersebut, mengakibatkan para korban harus kehilangan tempat tinggal.

Direktur Utama Bank Kalsel, Hanawijaya menyampaikan bantuan yang diberikan Bank Kalsel saat ini merupakan bagian dari program UPz Bank Kalsel, dimana penanganan bencana menjadi salah satu program sosial.

“Bank Kalsel turut bersimpati kepada para korban kebakaran yang terjadi di Desa Kambat Selatan Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Semoga para korban bisa Kembali membangun perlahan rumahnya dan bisa segera beraktivitas seperti sedia kala,” ungkap Hanawijaya.

Diharapkan bantuan yang diberikan Bank Kalsel dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Bank Kalsel juga turut mengimbau agar warga senantiasa selalu kewaspadaan terhadap segala macam potensi bencana. [adv/ad]

Continue Reading

Daerah

Bank Kalsel Berbagi Santunan Kepada Anak Yatim, Tahfidz, dan Kaum Masjid di Kantor Cabang Batulicin

Published

on

Kepala Cabang Batulicin, Azis Nurhakim foto bersama saat pemberian santunan secara simbolis. (Foto: Ist) 

BATULUCIN, SuaraBorneo.com – Bank Kalsel melalui penyaluran bantuan dana Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dalam rangka HUT Bank Kalsel ke-58 di Kantor Cabang Batulicin

Dalam rangka HUT Bank Kalsel ke 58 diisi dengan kegiatan berbagi santunan kepada anak yatim, anak tahfidz, dan kaum masjid.

Azis Nurhakim, selaku Kepala Cabang Batulicin menuturkan, “Semoga dengan adanya acara shalat hajat sekaligus santunan kepada anak yatim, anak tahfidz, dan kaum masjid di momen HUT Bank Kalsel ke 58 ini dapat bermanfaat untuk kita semua sehingga dapat terasa zakat yang telah dikeluarkan sebanyak 2.5% tersebut,” ungkapnya.

“Bagi donatur dan sahabat Gen-K yang ingin menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu saudara kita yang membutuhkan, kamu bisa ikut berpartisipasi dalam program-program kegiatan yang diinisiasi oleh UPZ Bank Kalsel dengan menyalurkan zakat, infak, dan sedekah melalui UPZ Bank Kalsel,” ajaknya menambahkan. [adv/ad]

Rekening Infak dan Sedekah
Bank Kalsel Syariah
6500844928 (Zakat)
6500846214 (Infak dan sedekah)
A.n Unit Pengumpul Zakat Bank Kalsel

Konsultasi dan Konfirmasi transfer via WA Center UPZ
Bank 0811505153

Continue Reading

Daerah

Terkendala Letak Geografis dan Blankspot, Cakupan Imunisasi di HST Terus Ditingkatkan

Published

on

Foto Ilustrasi Vaksinasi

Oleh: Anas Aliando

BARABAI, SuaraBorneo.com – WAJAH Najematul Husna, Ketua Posyandu Melati, Desa Walatung, Kecamatan Pandawan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) berbinar ketika menceritakan pengalamannya sebagai salahsatu kader Posyandu.

“Di Walatung ada tiga Posyandu di beri nama Angsana, Harapan dan Melati,” ujar perempuan yang akrab disapa Husna itu kepada penulis, Jumat (15/4)

Dia bertutur, kesadaran warga Desa Walatung untuk membawa bayi dan balita ke Posyandu sangat tinggi. Berbanding bengkok 10 tahun sebelumnya.

“Dulu banyak masyarakat enggan membawa anaknya ke Posyandu untuk diimunisasi. Penyebab utamanya termakan kabar bohong alias hoax. Imunisasi disebut bisa bikin lumpuh dan autis,” katanya.

Hal itu bukannya membuat Husna dan teman – temannya patah arang. Segala upaya mereka lakukan untuk menarik minat masyarakat bertandang ke Posyandu.

“Kami berikan penjelasan secara  pelan dengan data yang mudah dipahami. Alhamdulillah mereka bisa mengerti,” ujar Husna lirih.

Selain sarana kesehatan untuk buah hati, Posyandu juga dijadikan ajang silaturahmi. “Kami arisan di Posyandu. Bayi dan anak – anak yang datang diberikan buah – buahan dan snack yang nilainya Rp15 ribu per orang. Kami bangga ikut membantu pemerintah meningkatkan cakupan imunisasi di desa,” ujarnya.

Setiap kegiatan Posyandu, Husna dan kader lainnya mendapatkan honor masing – masing  Rp150 ribu. “Honor ini meningkat 50 persen, sebelumnya dikasih Rp100 ribu tiap kali kegiatan,” ujarnya.

Kepala Desa Walatung, Murhani  mengaku bangga dengan kader Posyandu yang bekerja tanpa lelah meningkatkan cakupan imunisasi.

“Tahun depan, honor mereka kami tingkatkan lagi. Honor diambil dari dana desa,” cetusnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan HST, Mursalin mengungkapkan, cakupan imunisasi bayi dan balita terus ditingkatkan dan menjadi skala prioritas.

“Selama pandemi Covid-19, layanan di Posyandu dihentikan menghindari kerumunan, namun kami tetap melaksanakan imunisasi dengan inovasi jemput bola. Kader Posyandu dan petugas kesehatan datang ke rumah warga yang punya bayi dan balita,” ujarnya.

Mursalin berujar,  di HST masih banyak desa yang letaknya terpencil seperti di Kecamatan Hantakan dan Batang Alai Timur. Untuk menuju desa tersebut banyak kendala yang dihadapi terutama saat musim hujan.

“Alhamdulillah, kami mendapat bantuan tenaga kontrak dari provinsi dengan penugasan khusus melayani kesehatan masyarakat daerah terpencil. Jumlahnya 17 orang dan sudah bertugas selama dua tahun,” terangnya.

Kendala lainnya, tambah Mursalin, jaringan internet yang lelet dan ada yang masih blankspot.
“Itu sama sekali tak menyurutkan semangat tenaga kesehatan yang bertugas. Semangat justru  terus berkobar, kendala itu tidak dihiraukan, mereka  terus berjuang membantu cakupan imunisasi di daerah terpencil,” ujarnya.

Mursalin menyebut, cakupan imunisasi pada tahun 2019 sebanyak 3.567 orang atau 91,58 persen dan di tahun 2021  menurun di angka 3.167 orang atau 76,60 persen.

Sekda HST, Muhammad Yani mengungkapkan,  untuk meningkatkan cakupan imunisasi, Pemkab telah melakukan penguatan database penduduk terutama untuk bayi yang baru lahir. “Integrasi dengan Dinas Dukcapil, RS Daman Huri Barabai, RS Permata Bunda Kandangan dan dengan semua bidan desa. “Ini kami lakukan agar tidak ada bayi dan balita yang terlewatkan dalam kegiatan imunisasi,” ujarnya.

Selain upaya itu, beber Yani, kunjungan ke Posyandu intens dilakukan secara terjadwal melalui Dinas Kesehatan. “Kita terus pompa dan support semangat mereka kader Posyandu di semua desa di HST agar herd immunity segera terbentuk,” tukasnya. [ad/rls]

Continue Reading

Banjarmasin

Ramadhan, Pertamina Tambah Pasokan Solar di HST Hingga 110 Persen

Published

on

SPBU 63.713.02 Kasarangan. (Foto: Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H, PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan memberikan tambahan pasokan untuk wilayah Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Disebutkan bahwa pada bulan Ramadhan ini Pertamina akan menyalurkan produk solar subsidi hingga 110 persen untuk wilayah HST.

Hal ini disampaikan oleh Area Manager Communication & CSR Regional Kalimantan, Susanto August Satria, dirinya menjelaskan bahwa Pertamina memberikan tambahan pasokan solar subsidi karena aktivitas masyarakat yang cukup meningkat dan wilayah HST yang termasuk kedalam jalur lintas Kalimantan.

“Rencana disalurkan 110 persen, kuota awal di HST hanya 705 KL tapi melihat aktivitas masyarakat rencana kita tambah menjadi 776 KL, kita tambah pasokan hingga 10 persen,” jelasnya.

Satria menegaskan bahwa harga BBM di Indonesia termasuk yang termurah didunia berkat subsidi dari pemerintah. Tercatat untuk produk solar, subsidi yang diberikan oleh pemerintah mencapai hingga Rp 7.800 per liter.

“Harga bahan bakar di seluruh dunia mengalami kenaikan karena kondisi geopolitik Rusia – Ukraina, namun Indonesia masih jadi salah satu yang termurah di dunia karena ada subsidi dari Pemerintah,” tegas Satria.

Satria menghimbau masyarakat menggunakan bahan bakar sesuai dengan peruntukannya, agar bahan bakar subsidi dapat disalurkan tepat dengan sasaran.

“Kami minta kendaraan yang melayani industri tambang dan perkebunan untuk menggunakan BBM Non Subsidi, agar kuota subsidi dapat tercukupi dan tepat sasaran,” tambahnya.

Apabila masyarakat menemukan praktik-praktik curang seperti menemukan oknum yang menimbun dan menjual kembali Solar Subsidi agar melaporkannya ke aparat penegak hukum.

“Pertamina berkolaborasi dengan aparat penegak hukum agar penyaluran solar subsidi lancar dan tepat sasaran,” terang Satria.

Bagi masyarakat yang membutuhkan informasi lebih lanjut tentang produk dan pelayanan dari Pertamina dapat menghubungi kontak Pertamina di 135 atau website resmi www.pertamina.com. [ad/rls]

Continue Reading

Daerah

Sebagai Mitra Kerja, Bank Kalsel Gelar Gathering Bersama Seluruh Kepala Desa Se-Kabupaten HST

Published

on

Kepala Bank Kalsel Kantor Cabang Barabai, Aly Rizkan, beserta staf serta jajaran BPMPD dan BPKAD Kab. HST, serta seluruh. Kepala Desa se-Kabupaten HST. (Foto: Ist) 

BARABAI, SuaraBorneo.com – Bank Kalsel gelar kegiatan Gathering bersama Seluruh Kepala Desa se-Kabupaten Hulu Sungai Tengah, di Gedung Murakata, Barabai (30/3). Kegiatan dilaksanakan dalam rangka menjalin silaturahmi kepada perangkat desa yang merupakan mitra kerja Bank Kalsel dalam memberikan layanan kepada masyarakat, khususnya di Kabupaten HST. Selain itu juga, pada kesempatan ini dimanfaatkan sebagai sarana untuk memberikan wawasan dan pemahaman terkait layanan Internet Banking Bisnis (IBB) Bank Kalsel, produk Kretap dan Kredit Usaha Rakyat (KUR), maupun informasi lainnya.

Turut berhadir H. Aulia Oktafiandi, S.T.,M.AppCom selaku Bupati HST untuk memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan, jajaran BPMPD dan BPKAD Kab. HST, serta seluruh. Kepala Desa se-Kabupaten HST. Untuk Bank Kalsel, diwakili oleh Kepala Bank Kalsel Kantor Cabang Barabai, Aly Rizkan, beserta staf.

Bank Kalsel berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, tak terkecuali kepada perangkat desa di Kabupaten HST. Dengan penerapan IBB Bank Kalsel, para Kepala Desa dapat memanfaatkannya untuk mendukung pekerjaannya dalam penyaluran Dana Desa, mengingat layanan ini memudahkan Kepala Desa untuk bertransaksi tanpa harus ke Kantor Bank Kalsel. Para Kepala Desa juga akan diberikan fasilitas Kretap untuk keperluan konsumtif dan fasilitas KUR untuk mendukung usahanya.

Di tempat terpisah, Direktur Bisnis Bank Kalsel, Fachrudin, menerangkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program Bank Kalsel dalam rangka memberikan layanan terbaik khususnya bagi Kepala Desa di Kabupaten HST.

“Kami sebagai Bank kebanggaan masyarakat Kalimantan Selatan, senantiasa berupaya
memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, salah satunya para Kepala Desa di Kabupaten HST. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, para Kepala Desa dapat memanfaatkan seluruh.produk dan layanan Bank Kalsel untuk mendukung serta mempermudah pekerjaannya. Selanjutnya, dengan implementasi layanan Bank Kalsel di perangkat desa, diharapkan dapat berperan dalam mendukung peningkatan perekonomian desa,” pungkas Fachrudin. [adv/ad]

Continue Reading

Daerah

Cegah Covid-19, Tim Nakes Lanal Banjarmasin Gelar Vaksinasi Maritim Di Desa Tabanio

Published

on

TANAH LAUT, suaraborneo.com – Sebagai upaya mendukung program pemerintah untuk mensukseskan pelaksanaan Serbuan Vaksinasi Maritim massal ditingkat daerah melalui TNI AL, kali ini Lanal Banjarmasin kembali menggelar Vaksinasi dosis pertama dan kedua terhadap masyarakat Maritim (Pesisir) bertempat di Balai Desa Tabanio Kec. Takisung Kab. Tanah Laut, Kamis (6/1/2022).

Sebanyak 13 Tim Vaksinator (Nakes) dari Balai Pengobatan (BP) Lanal Banjarmasin, dengan terapkan protokol kesehatan yang ketat dan sikap yang humanis telah sukses memvaksinasi 94 orang peserta dengan aman dan sehat menggunakan Vaksin jenis Sinovak.

Perlu diketahui, Desa Tabanio dan sekitarnya tersebut merupakan wilayah pesisir binaan Lanal Banjarmasin yang akan dijadikan sebagai Kampung Bahari Nusantara (KBN), salah satu tujuannya adalah memberdayakan hasil potensi kelautannya guna membantu perekonomiannya untuk menambah kesejahteraan masyarakat, terlebih saat ini musim Pandemi Covid-19 belum berkahir.

Ditempat terpisah, Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr. Hanla mengatakan, kegiatan Vaksinasi ini sebagai bentuk keseriusan dan komitmen TNI AL untuk memerangi dan mencegah penyebaran Wabah Covid-19 dengan cara ciptakan Herd Immunity dielemen masyarakat secara totalitas.

Nampak terlihat dengan antusiasnya para warga Tabanio dan nelayan lokal berdatangan untuk mendapatkan suntikan Vaksinasi, hal ini menandakan tidak ada lagi rasa kekhawatiran tentang Vaksinasi ditengah masyarakat.

“Semoga Pandemi Covid-19 ini cepat berakhir guna mewujudkan masyarakat segera beradaptasi dengan tatanan kehidupan yang sehat dan normal/baru,” terang Danlanal

Usai Vaksinasi dikatakan Sdr. Dono, menyampaikan banyak terima kasih atas kehadiran TNI AL – Lanal Banjarmasin yang sudah memfasilitasi Vaksinasi secara massal.

“Semoga warga Tabanio dan nelayan terlindungi dari penyebaran wabah Covid-19, terlebih saat beraktivitas mencari ikan dilaut,” ungkapnya.

Diketahui, hingga saat ini Serbuan Vaksinasi Maritim secara massal oleh Lanal Banjarmasin yang Ke-70 ini sudah mencapai 20.900 orang. Turut hadir ketua penyelenggara Mayor Laut (K/W) dr. Meutia Indrasakti, Kades Tabanio Bpk. Madiansyah, tokoh masyarakat, agama, pemuda serta para tamu dan undangan lainnya. (ad-sb)

Continue Reading

Daerah

Perkuat Ideologi Pancasila, Athaillah Hasbi Sosialisasikan Wawasan Kebangsaan

Published

on

BARABAI, suaraborneo.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Athaillah Hasbi ,S.Sos,S.H sosialisasikan wawasan kebangsaan guna perkuat ideologi Pancasila, Kamis (23/12) di Aula Pondok pesantren Raudhatul Muhibbin Ilung Kecamatan Batang Alai Utara Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Sosialisasi wawasan kebangsaan ini menghadirkan tokoh – tokoh senior Pemuda banua dan Akademisi, diantaranya, Badaruddin,M.Pd, Fahrianysah,S.Pd.I, Muhammad Aini,S.Sos, Mantan Komisioner KPU HST sebagai narasumber.

Athailah Hasbi menerangkan, ideologi Pancasila sangat penting terus digaungkan untuk masyarakat banua saat ini terlebih untuk generasi muda milenial. Hal ini untuk menghindari masuknya paham – paham radikal yang dianggap dapat melemahkan ideologi Pancasila.

“Generasi muda kita saat ini sangat rentan terhadap paham – paham radikal, karena informasi yang simpang siur dapat dengan mudah diperoleh melalui Handphone/internet didunia maya, untuk itu kita sebagai pendamping wajib memantau terus kegiatan anak – anak kita,” ujar Atailah Hasbi.

Fahriansyah sebagai Narasumber yang pertama menyampaikan pentingnya menanamkan nilai nilai kebangsaan terhadap generasi muda, dengan memahami benar benar nilai 4 pilar dalam berbangsa dan bernegara.

“Paham radikal saat ini sudah mulai menyusupi segala lini masyarakat di Indonesia, karena masuknya bisa melalui pemahaman agama yang kurang tepat oleh sebagian pemuka agama. Oleh karena itu, paham radikal ini dapat berkembang pesat dan cepat di Indonesia,” ungkapnya.

“Untuk itu masyarakat harus menggunakan akal sehat kita, untuk memilih informasi yang masuk, agar terhindar dari pemahaman yang salah, baik radikal maupun Liberal,” tambah Fahri Abadan sapaan Akrabnya.

Ditambahkan oleh Badaruddin Narasumber yang juga Mantan aktivis kelahiran 1976 tersebut juga menjelaskan pentingnya disosialisasikan dan ditanamkan ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan kepada para generasi muda, sebab jika tidak dimulai sejak dini, dikhawatirkan ke depannya para penerus bangsa tersebut tidak mengerti dasar negara Indonesia.

“Ada empat Pilar yang menjadi dasar negara dan wajib diketahui oleh para generasi muda serta seluruh warga Indonesia, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika,” pesannya.

Sementara itu mewakili atas nama seluruh Pondok pesantren K.H Fadillah menyampaikan terimakasih banyak atas kunjungan serta ilmu yang diberikan kepada santri dan santriwati nya dan juga bantuan pribadi dari Bapa Athaillah Hasbi untuk Pembangunan dan kemajuan pondok pesantren Raudhatul Muhibbin. (abd haris)

Continue Reading

Daerah

Sabirin Terpilih Nakodai Asosiasi Penambangan Rakyat Indonesia (APRI) Tabalong

Published

on

TANJUNG, suaraborneo.com — Kepengurusan Asosiasi Penambangan Rakyat Indonesia (APRI) Kabupaten Tabalong sudah terbentuk, diwarnai dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) dari DPP APRI oleh Ketua Umum DPW APRI Kalsel H Risdianto Haleng yang diwakili oleh Wakil Ketua Umumnya H Subhan Sukarno kepada Ketua DPC APRI Kabupaten Tabalong Sabirin HA Syukran Nafis, di Gedung Balai Wartawan Rabu (15/12/2021).

Waketum DPW APRI Kalsel H Subhan Sukarno mengucapkan selamat kepada pengurus DPC APRI Tabalong yang sudah mendapatkan SK dari DPP APRI.
“Kami mengucapkan selamat kepada pengurus DPC APRI Kabupaten Tabalong dan atas nama Ketum DPW APRI Kalsel kami serahkan SK DPC APRI kabupaten Tabalong hari ini,” ujarnya.

Ia jelaskan, tujuan APRI dibentuk adalah untuk memberikan jaminan kepada para penambang rakyat untuk bisa bekerja sesuai dengan kaidah-kaidah pertambangan yang benar.

Dengan terbentuknya tambang rakyat itu nantinya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui tambang-tambang rakyat yang resmi, ramah lingkungan, menampung tenaga kerja lokal dan meningkatkan pajak negara dan PAD daerah.

Subhan Sukarno menyampaikan salam ucapan terima kasih dari Ketua Umum H Risdianto Haleng atas suport dan dukungan pemerintah kabupaten Tabalong khususnya bupati Tabalong.

“Kami berharap Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) di kabupaten Tabalong bisa diajukan pada bulan Desember 2021 ini, sebagai dasar permohonan IPR kelompok penambang rakyat yang sudah membentuk RMC dan bergabung di DPC APRI Tabalong,” tambah Subhan.

Sementara itu, Ketua Bidang penambangan dan pasca Tambang DPW APRI Kalsel Sulastadi menambahkan, setiap pemilik IPR misalnya pertambangan pasir atau batuan tidak serta merta langsung beroperasi. Mereka harus memenuhi persyaratan-perayaratan lainnya.

“Nanti ada kajian lingkungan dan hasil labolaterium yang berlensi ISO seperti Succopindo, hasilnya apakah lokasi tersebut bisa dikerjakan dan bagaimana dampak lingkungannya, sehingga terciptalah pertambangan yang ramah lingkungan,” katanya sembari menambahkan DPW APRI Kalsel sudah melakukan kerjasama dengan Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin.

Ketua DPC APRI Tabalong Sabirin HA Syukran Nafis menyampaikan, kehadiran APRI di kabupaten harus disambut gembira oleh masyarakat, karena dengan hadirnya APRI masyarakat mendapat kesempatan untuk mengolah lahan mereka secara maksimal. Kehadiran APRI juga akan menaungi tambang-tambang liar atau PETI yang selama ini sangat meresahkan masyarakat agar bergabung dan bekerja sesuai dengan ketentuan yang diatur oleh pemerintah.

Seperti diketahui bersama bahwa di kabupaten sangat banyak tambang-tambang liar atau PETI, baik itu tambang batubara dan galian C seperti pasir sungai, Sirtu, batu gamping (batu gunung) dan pasir kuarsa.

“Nanti warga masyarakat di wilayah itu membuat kelompak yang disebut dengan Responsible Mining Cumunity (RMC) dengan anggota 50 orang sampai 100 orang dan mengajukan Ijin Pertambangan Rakyat (IPR),” jelas sabirin.

Dikatakannya setiap RMC maksimal mengajukan 100 hektar, dengan ketentuan untuk perorangan maksimal 5 hektar dan koperasi 10 hektar.

“Yang menerbitkna IPR nanti adalah Kementerian ESDM Pusat bukan pemerintah kabupaten Tabalong,” jelasnya.

DPC APRI Tabalong akan memprioritaskan penambang-penambang galian C yg selama ini tidak mempunyai naungan legalitas, dengan harapan mereka dalam melaksanakan penambangan betul-betul maksimal dan bisa mensejahterakan warga masyarakat disekitarnya.

SK DPC APRI kabupaten Tabalong dikeluarkan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) APRI nomor 5207/SK-DPC/211215 dengan Ketua Umum Sabirin HA Syukran Nafis, Wakil ketua Heri Satria dan Hartinudin. Sekretaris Suhardi dan bendahara Ahmad Fadilah. [ad-sb]

Continue Reading

Umum

Populer