Connect with us
FILE-MASAK-LOGO-SB-5

Daerah

Dzikir dan Doa Taubatan Nashuha “Selamatkan Bumi Bersujud Wujudkan Serambi Madinah”

Published

on

BATULICIN, suaraborneo.com  – Kementerian Agama Kabupaten Tanah Bumbu bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten dan Majelis Ulama Indonesia Kabupaten mengadakan Dzikir dan Doa Taubatan Nashuha Selamatkan Bumi Bersujud Wujudkan Serambi Madinah, Kamis 19 Agustus 2021 besok.

Dalam undangan yang ditujukan bagi seluruh lapisan masyarakat di Bumi Bersujud itu, Dzikir dan Doa Taubatan Nashuha akan dimulai pada jam 18.00 sore Wita, dan dilakukan secara virtual.

Adapun acara akan dimulai dengan Sholat Magrib, Sholat Hajat, Sholat Taubat Berjamaah (Di Ruang Live Zoom (Oleh : Kh. Abdul Haris Pimpinan Ponpes Asmaul Husna Tanah Bumbu), dilanjutkan dengan Sholat Isya berjamaah.

Selain itu ada pula Tahlilan Dan Doa Arwah oleh Habib Abdullah Bin Thohir (Pimpinan Yayasan Syarif Abbas Tanah Bumbu), Pembacaan Ratibul Haddad oleh H. Kamaruddin, S.Ag. (Pimpinan Majlis Ta’lim Darul Azhar).

Kemudian Dzikir Harian Implementasi Serambi Madinah oleh Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar dan pembacaan Doa Tolak Bala dan Keselamatan oleh Ketua Umum Mui Kab. Tanah Bumbu KH Suhupul Amri. (Rel/ad)

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti Dzikir dan Doa Taubatan Nashuha, bisa login pada alamat berikut:

Zoom 1 Meeting ID : 83792404592, Passcode : 10MUHARRAM

Zoom 2 Meeting ID : 85498699552, Pascode : TAUBAT2021

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daerah

Wujud Sinergi Membangun Negeri, TMMD ke-112 Hubungkan Dua Kecamatan Terpisah

Published

on

KOTABARU, suaraborneo.com – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMM  D) ke-112 dilaksanakan di Desa Rampa Manunggul Kecamatan Sampanahan Kabupaten Kotabaru. TMMD dengan tema ‘TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri’ tersebut digelar sejak tanggal 15 September 2021 dan ditutup pada tanggal 14 Oktober 2021 yang mampu menuntaskan semua sasaran dengan tepat waktu.

Sasaran fisik TMMD ke-112 di Kodim 1004/Kotabaru berupa pembukaan jalan sepanjang 6.000 meter, perkerasan badan jalan sepanjang 1.300 meter, pembuatan drainase sepanjang 6.000 meter, pembangunan MCK, dan pembangunan/perbaikan RTLH (Rumah Tidak Layak Huni).

Adapun tujuan pembuatan jalan tersebut, guna membuka akses jalan pendekat yang menghubungkan dua kecamatan tersebut, sehingga jarak tempuh menuju jalan utama lebih dekat, memudahkan pendistribusian hasil dari petani, meningkatkan perekonomian masyarakat dan paling utama menciptakan akselerasi percepatan pembangunan daerah.

Selain sasaran fisik juga terdapat sasaran tambahan, berupa sasaran non fisik diantaranya penyuluhan bela negara, penyuluhan hukum, penyuluhan KB (Keluarga Berencana), penyuluhan Binmas, penyuluhan pencegahan penularan Covid 19, penyuluhan Posyandu & Posbindu, penyuluhan stunting PTM, pembagian sembako, pengobatan massal, dan perpustakaan keliling.

Kondisi geografis dari dua desa di kecamatan yang berbeda ini, kaya akan sumber daya alam yang memiliki potensi ekonomi kreatif. Apabila potensi tersebut dapat digali, maka akan berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat setempat, seperti potensi mata pencaharian baru yang dapat menambah pendapatan, sehingga masyarakat menjadi lebih maju dan sejahtera.

Hal inilah yang menjadi dasar dan semangat tersendiri bagi Kodim 1004/Kotabaru untuk melaksanakan TMMD ke-112, dengan membuka akses jalan penghubung dua desa yang terpisah, menuju masyarakat sejahtera.
Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah menyampaikan bahwa,”Berkaitan dengan TMMD, tentunya kita harus bersandar kepada tugas TNI. Dalam UU No. 34 Tahun 2004 Tentang TNI, ada dua tugas yang diemban oleh TNI, yaitu OMP (Operasi Militer Perang) dan OMSP (Operasi Militer Selain Perang). Penjabaran dalam OMSP tersebut ada 14 tugas-tugas yang harus dilaksanakan oleh TNI, didalamnya adalah tugas-tugas perbantuan, salah satunya adalah tugas membantu pemerintah daerah, kaitannya sangat erat dengan TMMD, dimana tujuan TMMD adalah bagaimana TNI berperan aktif untuk membantu pemerintah daerah, untuk melaksanakan percepatan pembangunan di daerah, dan daerah-daerah tersebut ada yang kita sasar adalah daerah terisolasi, daerah terpencil, daerah perbatasan’, ucapnya.

“Melalui TMMD ini kita berharap daerah tersebut terbebas dari isolasi, daerah tersebut akan bergerak roda ekonomi, dan yang terakhir dalam segi keamanan bahwa dengan kita masuk ke desa, maka kita membangun sistem pertahanan secara dini atau lebih awal,” jelasnya.

“TMMD tentu harus dilaksanakan secara bersama-sama, TNI bersama Polri, bersama kementerian, lembaga pemerintah non kementerian, pemerintah daerah, dan juga mengajak masyarakat setempat. Berkaitan ini maka tentu peran semua pihak ada didalamnya. TNI melaksanakan TMMD ini dengan sistem bottom up, yaitu masyarakat di daerah melaksanakan musyawarah, melaksanakan rapat, mengusulkan kepada pemerintah daerah secara berjenjang sampai tingkat DPRD, kemudian diketok palu untuk dilaksanakan TMMD yang akan dilaksanakan oleh TNI, yang ada di wilayah dalam hal ini Kodim setempat. TMMD di Kabupaten Kotabaru, dilaksanakan oleh Kodim 1004/Kotabaru. Ini yang kita laksanakan, peran masyarakat sangat kita butuhkan, karena akan ada kolaborasi atau kerjasama, sehingga penyelesaiannya akan lebih cepat, tetapi tanpa meninggalkan kualitas dan target sasaran yang telah ditetapkan,” pungkasnya.

Bupati Kabupaten Kotabaru H. Sayed Jafar Alydrus S.H. mengungkapkan “TMMD ke-112 ini yang dilakukan oleh Kodim 1004/Kotabaru, sangat memberikan banyak manfaat diantaranya adalah menghubungkan akses jalan yang selama ini tidak ada akses dari Desa Rampa Manunggul Kecamatan Sampanahan menuju Desa Rampa Manunggul Baru Kecamatan Sungai Durian sejauh 6 km serta pengerasan jalan sepanjang 1,3 km. Selain itu bedah Rumah RTLH sebanyak 3 buah dan perbaikan MCK yang sudah dilakukan oleh Kodim 1004/Kotabaru. Kami mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada TNI AD, khususnya Kodim Kodim 1004/Kotabaru.” tutupnya.

Sementara Kepala Desa Desa Rampa Manunggul, H. Abdul Hamid menyampaikan “terima kasih kepada kepada Kodim 1004/Kotabaru yang dapat melaksanakan program TMMD ini di desa kami, maka dengan adanya program pembangunan jalan ini, warga desa sangat senang sekali. Dulunya jalan ini susah untuk dilalui, dengan adanya pembangunan jalan ini, warga sangat senang sekali. Sehingga dengan adanya jalan ini, harapannya hasil kebun dan pertanian masyarakat lebih mudah diangkut”, pungkasnya.

Dalam kesempatan itu Paur Prod Penrem 101/Antasari Letda Caj l Gusti Komang Santikayana., M.l.Kom. mengatakan “TMMD ini merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan kementerian, lembaga pemerintah non kementerian, pemerintah daerah dan juga komponen bangsa lainnya. Kegiatan ini adalah upaya untuk memberdayakan masyarakat dan wilayah desa, dengan membangun ataupun perbaikan terhadap sarana dan prasarana, serta fasilitas umum yang berada di wilayahnya”, ucapnya.

“Salah satu sasaran TMMD ke-112 wilayah Korem 101/Antasari, dalam hal ini Kodim 1004/ Kotabaru adalah, pembuatan jalan sepanjang 6000 meter dengan kelebaran 10 meter yang merupakan daerah tertinggal, jalan ini mampu menghubungkan dua kecamatan di Kabupaten Kotabaru. Dengan selesainya jalan ini, sangat berpotensi meningkatkan perekonomian masyarakat, yang mayoritas berprofesi sebagai petani. Harapan dari pelaksanaan TMMD ini adalah, meningkatkan akselerasi pembangunan infrastruktur serta membuka daerah yang terisolir, sehingga dapat meningkatkan kehidupan berbangsa dan bernegara, dalam rangka terpeliharanya kemanunggalan TNI dengan rakyat,” tegasnya. (ad-sb)

Continue Reading

Daerah

Bank Kalsel Bersama Disdagri Tanbu Sosialisasikan E-Retribusi

Published

on

TANAH BUMBU, suaraborneo.com – Sebagai bagian dari langkah nyata komitmen dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah, Bank Kalsel melalui Kantor Cabang Batulicin bersama Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagri) Kabupaten Tanah Bumbu melaksanakan kegiatan sosialisasi Pembayaran Retribusi Pelayanan Pasar Secara Elektronik atau yang dikenal E-Retribusi.

Mengambil tempat di Aula Pasar Pusat Niaga Bersujud di Kecamatan Simpang Empat Kab. Tanah Bumbu, sosialisasi ini diikuti dengan antusias oleh puluhan pedagang di Pasar Kawasan Batulicin
dan Simpang Empat (12/10).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kabid Sarana dan Prasarana Perdagangan Disdagri, Yovi S. Rakhmatullah beserta staf dan para pegawai Bank Kalsel Cabang Batulicin. Sosialiasi ini bertujuan mengenalkan cara pembayaran retribusi pasar yaitu sewa toko ataupun kios yang saat ini dapat dilakukan melalui mobile banking Bank Kalsel maupun melalui teller di kantor Bank Kalsel.

 

Terdapat 5 (lima) buah pasar di Kabupaten Tanah Bumbu yang telah terhubung dengan layanan pembayaran ini yaitu Pasar Pusat Niaga Bersujud di Kecamatan Simpang Empat, Pasar Batulicin di Kecamatan Batulicin, Pasar Nusa Indah di Kecamatan Angsana, Pasar Raya Bumi Pangeran di Kecamatan
Kusan Hilir dan Pasar Sudan Raya di Kecamatan Satui.

Di kesempatan berbeda, Deny Hariyanto selaku Kepala Disdagri Kab. Tanah Bumbu menyampaikan rasa terima kasih kepada Bank Kalsel atas sinergi bersama dalam mempermudah
layanan bagi pedagang.

“Alhamdulillah, sosialisasi hari ini diikuti dengan antusias oleh para pedagang. Terima kasih atas kerjasama Bank Kalsel dalam komitmen bersama mempermudah pembayaran retribusi pasar. Kami berharap kerjasama dengan Bank Kalsel ini semakin solid,” tutur Deny.

Di tempat terpisah, Plt. Direktur Utama Bank Kalsel, I G.K. Prasetya menyampaikan komitmen Bank Kalsel dalam memberikan kontribusi terbaik bersama pemerintah daerah.

“Dengan kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh Bank Kalsel Cabang Batulicin menunjukkan komitmen Bank Kalsel yang senantiasa memberikan layanan terbaik bagi masyarakat daerah. Selain mempermudah pembayaran, diharapkan dengan layanan E-Retribusi ini dapat lebih meningkatkan pendapatan asli daerah khususnya Kab. Tanah Bumbu dan mengurangi
penggunaan uang tunai atau cashless,” jelas Prasetya

Sebagai informasi, kegiatan ini terlaksana atas dasar kerjasama antar kedua instansi dimana Bank Kalsel sebelumnya telah menandatangani perjanjian kerjasama dengan Disdagri Kab. Tanah Bumbu tentang Penerimaan Pembayaran Retribusi Pelayanan Pasar Pemerintah Daerah Secara Elektronik Di Kabupaten Tanah Bumbu pada tanggal 7 Juli 2021. Selanjutnya sosialisasi ini akan kembali dilaksanakan di beberapa pasar di kecamatan lainnya. (adv/ad)

Continue Reading

Daerah

Athaillah Hasbi : Bagaimana Membangun Ketahanan Masyarakat Dalam Menghadapi Bencana

Published

on

Foto: di Kahakan Kec Batu Benawa Pelaksanaan 13 sd 15 Oktober 2021

BARABAI, suaraborneo.com – Paradigma penanggulangan bencana saat ini telah berubah dari penanganan dampak bencana menjadi pengurangan resiko bencana. Fokusnya tidak saja pada tahap setelah bencana terjadi akan tetapi bagaimana membangun ketahanan masyarakat dalam menghadapi bencana sehingga meminimalkan kerugian yang timbul akibat bencana. Baik pada jiwa masyarakat maupun harta benda.

Perda ini adalah sebagai salah satu langkah pencegahan bencana melalui mitigasi pasif, diterbitkannya perda menunjukkan keseriusan Pemda dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana sebagaimana diamanatkan oleh UU nomor 24 tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana.

Hal itu disampaikan Athaillah Hasbi pada sosialisasi peraturan daerah (Sosper), ada nilai-nilai Penting yang meliputi kegiatan tersebut pertama, memasyarakat nilai-nilai dari yang dihasilkan oleh negara/tingkat daerah kepada masyarakat
Kedua, masyarakat dapat mengetahui produk hukum yang telah dihasilkan oleh DPRD, yang suka ataupun tidak suka akan berpengaruh kepada masyarakat. Sehingga masyarakat mengetahui apa tanggung jawab hak dan kewajiban dari pemerintah daerah kepada masyarakat yang diatur dalam peraturan daerah tersebut.
Ketiga, dalam proses kegiatan peraturan daerah, selaku anggota DPRD juga mendengarkam respon (Fedback) dari masyarakat terhadap peraturan daerah yang telah ditetapkan.

Foto: Sosper bersama BPK 712 Antarasari Barabai 10 sd 12 Okt.2021.

Kegiatan Sosper ini dilaksanakan secara maraton di 2 tempat:
1. Pada tanggal 10 sd 12 Oktober 2021 bersama ketua dan para relawan BPK 712 Antasari Barabai di Jalan H. Damanhuri dan diserahkan Bantuan Dana Pribadi Athaillah Hasbi Rp.5.000.000 untuk sumbangsih dan bentuk kepedulian pembelian Mobil tanki BPK 712 Antasari Barabai Hulu Sungai Tengah.

2. Pada tanggal 13 sd 15 Oktober 2021 di Gedung Bulu Tangkis Desa Kahakan Kec Batu Benawa bersama warga Desa Kahakan yang di hadiri PLT Kepala Desa serta tokoh masyarakat Bapak Syamsudin atau Udin Anggai.

Pada Sosper itu tokoh masyarakat Syamsudin Anggai memberikan sambutan dengan antusias dan harapan semoga dengan adanya sosper ini pemahaman hukum masyarakat akan meningkat sehingga tercipta masyarakat yang sadar hukum.

“Terimakasih juga kami sampaikan kepada nara sumber bapak Muhammad Aini, S.Sos (Aktivis/Praktisi)
Taufik Rahman, S.Pd (Pendidik/akademisi) serta Moderator Fahriansyah S.Pd.i (pendidik) yang telah berkenan mengikuti kegiatan Sosialasi Perda Nomor 6 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan daerah nomor 12 tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Bencana di Provinsi Kalimantan Selatan.”, kata Athaillah Hasbi. S.Sos.SH Fraksi Partai Golkar
Komisi IV DPRD Prop. Kalsel. (hrs-sb)

Continue Reading

Daerah

Kasrem 101/Ant : TMMD Kodim 1004/Kotabaru Rampungkan Semua Sasaran

Published

on

KOTABARU, suaraborneo.com – Pelaksanaan TMMD yang telah dilaksanakan selama kurang lebih 30 hari sejak dibuka pada 15 September 2021 lalu di Desa Manunggul Baru Kecamatan Sungai Durian dan Desa Rampa Manunggul Kecamatan Sampanahan, secara resmi di tutup. Kamis, (14/10/2021).

Penutupan TMMD Ke-112 Kodim 1004/Kotabaru (Ktb) dilangsungkan di Gedung Pasir Barantai, Jl. Kotabaru Hilir Kecamatan Pulau Laut Utara, Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Dalam laporan TMMD yang dibacakan Pasiter Kodim 1004/Ktb, Kapten Chb Supriyanto, TMMD ke-112 Kodim 1004/Ktb merampungkan baik sasaran fisik maupun non fisik.

“Sasaran fisik meliputi, Pembukaan jalan sepanjang 6.000 meter dengan kelebaran 10 meter, pembuatan drainase kanan kiri jalan sepanjang 6.000 meter, perkerasan jalan sepanjang 1.300 meter dengan kelebaran 6 meter”, lanjutnya.

“Sasaran non fisik terdiri dari bakti sosial serta penyuluhan, selain itu, pada TMMD Ke-112 terdapat sasaran fisik tambahan berupa pembuatan Mandi Cuci Kakus (MCK) satu Unit dengan ukuran 3 meter kali 6 meter, perenovasian Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 3 unit”, tutupnya.

Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto, M.M., M.Tr (Han) dalam sambutannya yang dibacakan Kasrem 101/Antasari Kolonel Arh Heri Purwanto menyampaikan “dengan mengambil tema TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri. Tema ini sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk membangun daerah-daerah yang belum tersentuh pembangunan secara merata, sekaligus sebagai momentum untuk menggelorakan kembali semangat gotong royong”, ucapnya.

“Berdasarkan hasil evaluasi, saya menilai bahwa penyelenggaraan TMMD kali ini dapat berjalan dengan lancar, tertib dan aman dengan hasil yang sangat baik dan menggembirakan. Pada pelaksanaan TMMD ke-112 ini juga didukung oleh dinas pemda setempat, diantaranya dinas kesehatan, dinas pertanian, BKKBN, dinas sosial, dinas pekerjaan umum serta kejaksaan negeri dan polres”, jelasnya.

Penutupan TMMD ke-112 Kodim 1004/Ktb berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, turut hadir, Kasrem 101/Antasari, Kolonel Arh Heri Purwanto, S.I.P, Ketua DPRD Kab.Kotabaru, Sairi Muhlis. S.Sos, Dandim 1004/Ktb, Letkol Inf Roy Fakhrul Rozi, S.E.M.I.Pol, Wakil Bupati Kotabaru, Andi Rudi Latif, S.H., Danlanal Kotabaru, Letkol Laut (P) Sadarianto, S.T.,M.Han., Wakapolres Kotabaru, Kompol Yulianor Abdi SH.SIK MH, Kasiter Korem 101/Anrasari,  Letkol Kav Dicky, serta unsur Forkopimda Kab. Kotabaru lainnya. (ad-sb)

Continue Reading

Daerah

Dirgahayu Harkesal, Lanal Banjarmasin Gelar Sunnatan Massal Dan Bansos Di Desa Sungai Rasau

Published

on

TANAH LAUT, suaraborneo.com –Dalam rangka memperingati Dirgahayu Hari Kesehatan Angkatan Laut (Harkesal) tahun 2021 yang bertemakan “Dengan Semangat Hari Kesehatan Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh” jatuh pada tanggal 9 Oktober 2021 ini disiarkan langsung secara Vicon (Video Converence) sunnatan massal dari RSPAL (Rumah Sakit Pusat Angkatan Laut) Dr. Ramelan Surabaya yang diikuti oleh seluruh Kafaskes TNI AL yang dipimpin oleh Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Kadiskesal) Laksamana Pertama TNI dr. Agus Guntoro Sp Bs, Sabtu (9/10/2021).

Berkaitan dengan hal tersebut TNI AL, dalam hal ini Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin kembali menyelenggarakan kegiatan Operasi Karya Bhakti Sosial dan Bantuan Sosial kepada masyarakat Maritim (Pesisir) bertempat di SDN 1 Desa Sungai Rasau Kec. Bumi Makmur Kab. Tanah Laut Prov. Kalimantan Selatan.

Kegiatan Bhakti Sosial ini meliputi sunnatan massal dan pemberian santunan kepada para peserta sebanyak 63 anak dari Desa Sungai Rasau setempat dan sekitarnya.

Di acara penghujung ditutup dengan kegiatan pemberian Bantuan Sosial berupa ratusan paket Sembako kepada warga yang tidak mampu, terutama bagi masyarakat yang terdampak langsung Wabah Covid-19, guna meringankan beban kebutuhan kehidupan sehari – hari.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh ketua penyelenggara Mayor Laut (K/W) dr. Meutia Indrasakti dengan melibatkan Tenaga Kesehatan gabungan sebanyak 23 Personel yaitu dari Balai Pengobatan (BP) Lanal Banjarmasin dan Dinas Kesehatan Kab. Tanah Laut.

Di tempat terpisah, Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr. Hanla mengatakan, diharapkan melalui kegiatan ini dapat membantu tugas pemerintah daerah dan bisa memberikan manfaat yang semestinya, terlaksananya acara ini tak lepas dari sinergitas yang baik antara Lanal Banjarmasin dan Pemerintah Daerah setempat.

“Operasi Karya Bhakti dan Bantuan Sosial TNI AL ini, juga sebagai perwujudan keikutsertaannya dalam melestarikan dan memperkokoh kemanunggalan TNI AL dengan rakyat sebagai bentuk perwujudan dan pembinaan ketahanan nasional untuk berperan aktif sebagai penunjang pembangunan serta sebagai pertahanan Nasional yang kuat guna mewujudkan Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh,” pungkas Danlanal.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, guna menghindari penyebaran Wabah Covid-19 dan dihadiri oleh Prajurit Lanal Banjarmasin, pengurus Jalasenastri Cabang 4 Korcab XIII DJA II, unsur Muspika, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta para tamu dan undangan lainnya. (ad-sb)

Continue Reading

Daerah

Pemanfaatan Lahan Eks Tambang, Komisi II DPRD Prov Kalsel Dukung Dinas Nakeswan Tala

Published

on

PELAIHARI, suaraborneo.com – Upaya untuk mendorong pembangunan pada sektor peternakan, Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan monitoring ke Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kab. Tanah Laut terkait pemanfaatan lahan eks. Tambang PT. Arutmin Indonesia, Jum’at (1/10/21).

Plt. Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kab. Tanah Laut, Suharyo, menjelaskan dalam menyediakan pangan asal hewan yang berupa daging merah baik dari sapi maupun unggas, Dinas Peternakan ini terkendala dengan biaya produksi yang masih tinggi, karena mayarakat Kab. Tala masih mengandalkan pemeliharaan ternak yang apa adanya.

Sehingga perlu terobosan yang besar, yang salah satu caranya untuk mendapatkan biaya produksi rendah dengan pinjam pakai lahan eks. Tambang PT. Arutmin Indonesia sebagai padang pengembalaan. Lahan eks. Tambang PT. Arutmin Indonesia  yang sudah direklamasi merupakan lahan yang sangat potensial untuk pengembangan sapi baik dari sisi luas maupun sumber pakan ternak.

“Kami bersyukur dengan kehadiran dari Komisi II ini bisa mensuport karena cita-cita Dinas Peternakan ini ingin mengembangkan peternakan dengan biaya rendah. Dan padang pengembalaan itulah kita harapkan segera terealisasi”, ujar Suharyo.

Ketua Komisi II DPRD Prov. Kalsel, Imam Suprastowo, mengatakan sektor peternakan merupakan salah satu sektor unggulan di Kalimantan Selatan khususnya di Kabupaten Tanah Laut, yang terus didorong untuk dikembangkan sehingga Kalimantan Selatan mampu menjadi daerah penyedia ternak.

Provinsi Kalimantan Selatan juga merupakan daerah penyangga yang terdekat dengan ibukota baru nantinya sehingga berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk meningkatkan populasi dan produksi ternak, ketersediaan pakan hingga memberdayakan sumber daya manusia di bidang peternakan menjadi mandiri untuk menghadirkan produk unggulan yang berdaya saing di pasar domestik dan global.

“Hasil pertemuan hari ini akan ditindak lanjuti dengan mengundang Instansi-instansi terkait sehingga pinjam pakai eks. Tambang itu agar dapat terealisir,” tuturnya.

Pertemuan tersebut juga dihadiri dari Dinas Perkebunan dan Peternakan  Provinsi Kalimantan Selatan. (ad-sb)

Continue Reading

Daerah

TNI AL-Lanal Banjarmasin Gelar Bhakti Sosial Masyarakat Maritim Di Desa Tabanio

Published

on

TANAH LAUT, suaraborneo.com – Dalam rangka fungsi pembinaan potensi Maritim, TNI AL melalui Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin menyelenggarakan pembukaan kegiatan Bhakti Sosial di Desa Tabanio Kec. Takisung Kab. Tanah Laut, diketahui Desa tersebut merupakan masyarakat Maritim (Pesisir) binaan Lanal Banjarmasin dan sesuai rencana akan diresmikan sebagai Kampung Bahari Nusantara (KBN).

Diharapkan melalui kegiatan Bhakti Sosial (Baksos) ini dapat membantu meringankan tugas pemerintah daerah serta memberikan manfaat yang sebesar besarnya untuk kemakmuran masyarakat, salah satu tujuannya adalah memberdayakan warga pesisir tersebut supaya hasil potensi bidang ekonomi Kelautannya bisa dimanfaatkan secara optimal dan bisa menambah kesejahteraan, terlebih disaat musim Pandemi Covid-19 yang belum berakhir serta dapat meningkatkan sumber daya manusia yang handal dan tangguh. Acara dibuka ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Komandan Lanal Banjarmasin, Rabu (29/9/2021).

Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr. Hanla dalam sambuttanya mengatakan bahwa kegiatan Bhakti Sosial TNI AL yang diselenggarakan ini merupakan progam yang dicanangkan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudho Margono,S.E., M.M sebagai wujud kepedulian serta ikut membantu progam Pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat.

“Operasi Bhakti TNI AL juga sebagai perwujudan keikutsertaannya dalam melestarikan dan memperkokoh kemanunggalan TNI dengan rakyat dan pembinaan ketahanan nasional untuk berperan aktif dalam menunjang pembangunan nasional serta bagian garda terdepan untuk pembinaan kepada masyarakat pesisir sebagai pertahanan Nasional yang kuat,” terang Danlanal.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Tanah Laut Drs. Dahnial Kifli menyampaikan apresiasi kepada TNI AL, dalam hal ini Lanal Banjarmasin yang telah menyelenggarakan program Operasi Karya Bhakti Sosial, dengan kegiatan ini, sehingga dapat membantu kekurangan sarana dan prasarana di Desa Tabanio ini.

“Desa Tabanio ini, merupakan Desa binaan Lanal Banjarmasin dan sesuai rencana akan dijadikan sebagai Kampung Bahari Nasional (KBN), Semoga sinergitas yang baik ini dapat bermanfaaf bagi warga Pesisir dalam mewadahi kebutuhan masyarakat dan mendapat nilai ibadah dari tuhan YME, kebersamaan ini tidak berhenti sampai disini saja, kedepan tetap akan kita agendakan kembali secara berkelanjutan,” tambah Sekda Tanah Laut.

Usai acara peresmian pembukaan Bhakti Sosial, rombongan melaksanakan peninjauan ke lokasi pembangunan diantaranya pembangunan tempat ibadah, renovasi tempat pendidikan (sekolahan), perbaikan sarana jalan, pembuatan MCK dan acara terakhir ditutup dengan peninjauan ke Pos TNI AL Tabanio.

Turut hadir dalam kegiatan antara lain Prajurit Lanal Banjarmasin, Ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab XIII DJA II Ny. Farrah Herbiyantoko beserta pengurus, Kadis Pendidikan Tanah Laut Drs. H. Zainal Abidin, Kadis Kesehatan Tanah Laut Hj. Nina Sandra, Camat Takisung Bpk Yudo Restanto, Kepala Puskesmas Takisung Sdri. Agustina Maria, Kapolsek Takisung Iptu Danang Eko, Danramil 1009-04/Takisung Kapten Inf. Muhammad Zaed, Kepala Bakesbangpol Tanah Laut H. Rudi Ismanto, Kepala Desa Tabanio Bpk. Madiansyah, Kepala Sekolah SMPN 2 Takisung, Kepala Sekolah SDN 2 Tabanio,
perwakilan Stake Holder, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta para tamu dan undangan lainnya. (ad-sb)

Continue Reading

Daerah

OJK Bersama Bank Kalsel Kembali Gelar Vaksinasi Covid-19 Di Barabai

Published

on

BARABAI, suaraborneo.com – Bank Kalsel bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali menggelar kegiatan vaksinasi massal bertajuk “Vaksinasi Bersama Sektor Jasa Keuangan” di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST). Kegiatan ini mengambil tempat di Gedung Murakata, Barabai selama 2 hari sejak tanggal 21 s.d. 22 September 2021 (22/9).

Sebanyak 1000 dosis vaksin Sinovac yang dibagikan dengan sasaran vaksinasi ditujukan kepada masyarakat rentan, masyarakat umum lainnya dan anak usia 12 – 17 tahun yang berdomisili di kabupaten HST.

Masyarakat terlihat antusias, yakni dengan banyaknya peserta yang rela mengantri untuk mengisi formulir vaksinasi sejak jam 8 pagi. Setelah mengisi formulir, peserta diarahkan duduk menunggu giliran untuk diberikan vaksin dengan melibatkan beberapa anggota Polres Hulu Sungai Tengah. Hal ini dimaksudkan agar protokol kesehatan tetap dijalankan selama kegiatan berlangsung.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati HST, Mansyah Sabri; Sekretaris Daerah HST, Muhammad Yani; Kepala Dinas Kesehatan HST, Kusudiarto; Kepala OJK Regional IX Kalimantan, Riza Aulia Ibrahim; Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalsel, Rudi M. Harahap; Plt. Direktur Utama Bank Kalsel dan Kepala Cabang Barabai, I G.K. Prasetya dan Aly Rizqan.

Dalam seremonial pelaksanaan kegiatan, Bupati HST Mansyah Sabri menyampaikan apresiasinya kepada OJK dan Bank Kalsel atas kontribusinya dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 kepada warganya.

“Terima kasih kepada OJK dan Bank Kalsel yang telah menyelenggarakan program untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di HST. Kami juga senang dengan antusiasme masyarakat yang hadir untuk ikut bervaksin. Kami berharap kegiatan ini juga dapat dilaksanakan oleh instansi-instansi lainnya karena pencegahan Covid-19 membutuhkan kerjasama dari semua pihak,” tutur Mansyah.

Riza Aulia Ibrahim selaku koordinator kegiatan vaksinasi ini juga menyampaikan komitmennya dalam mendukung program pemerintah dalam percepatan vaksinasi.

“OJK meminta bantuan kepada teman-teman sektor jasa keuangan yakni Bank Kalsel pada hari ini untuk mendukung program pemerintah dalam percepatan vaksinasi. Sebelumnya kita fokuskan kepada para pegawai di sektor jasa keuangan, sekarang kita fokuskan ke masyarakat agar mobilitas masyarakat meningkat yang berimbas pada meningkatnya perekonomian,” tegasnya.

Seusai menyerahkan sertifikat vaksin kepada peserta, Plt. Direktur Utama Bank Kalsel, I G.K. Prasetya menyampaikan bahwa Bank Kalsel selalu siap berkontribusi dalam mendukung percepatan vaksinasi kepada masyarakat untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

Tujuan Bank Kalsel bersama OJK menyelenggarakan vaksinasi ini yaitu berkontribusi dalam menciptakan kekebalan kelompok di masyarakat. Kami selalu siap mendukung upaya pemerintah dalam meminimalisir penyebaran Covid-19 khususnya di Kalsel,” pungkas Prasetya. (adv/ad)

Continue Reading

Daerah

Bank Kalsel Pelaihari Gelontorkan Rp 30 Juta Bantu Korban Banjir Di Tala

Published

on

PELAIHARI, suaraborneo.com – Bank Kalsel Cabang Pelaihari gelontorkan Rp 30 juta dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) untuk membantu korban banjir di Tanah Laut. Bantuan diserahkan ke Bupati setempat, H Sukamta, Selasa (14/9).

Menurut Kepala Bank Kalsel Cabang Pelaihari, Hanafiah, bantuan merupakan salah satu bentuk kepedulian dari Bank Kalsel untuk masyarakat yang terdampak banjir, seperti di Desa Kintap, Asam-Asam dan Jilatan.

“Saat mendengar berita banjir di Tala, manajemen langsung merespon dan menindaklanjuti. Pada hari ini kami serahkan,” jelasnya.

Bantuan yang diserahkan, sambung Hanafiah, bukan berupa barang, tetapi uang tunai. Karena pemerintah kabupaten lebih mengetahui bantuan yang diperlukan masyarakat.

“Karena itu kami berharap, bantuan ini dapat dimanfaatkan masyarakat yang terdampak. Sementara untuk musibahnya, semoga lekas surut,” harapnya.

Sementara Bupati Tala, H Sukamta, memberikan apresiasi kepada Bank Kalsel Cabang Pelaihari atas partisipasinya dalam membantu korban banjir di Tala. (adv/ad)

Continue Reading

Populer