RSUD Kapuas Banjir Pasien Covid-19, Nakes Ikut Terpapar – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15

Kalteng

RSUD Kapuas Banjir Pasien Covid-19, Nakes Ikut Terpapar

Published

on

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Melonjaknya jumlah angka terinfeksi Virus Corona di Kabupaten Kapuas membuat, RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas kewalahan dalam penanganan terhadap pasien Covid-19.

Menurut, Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUD Kapuas, dr Jumatil Fajar MHlthSc dikonformasi Senin (16/8/2021) mengatakan keadaan rumah sakit dibanjiri oleh mereka yang terinfeksi Covid-19.

Bahkan, imbuhnya, karena banyaknya pasien Covid-19 tenaga kesehatan termasuk karyawan rumah sakit ikut terpapar, tengah menjalani isolasi mandiri yang mencapai 50 orang.

Direktur RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas,
dr Agus Waluyo MM menyampaikan terima kasih kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas atas bantuan tenaga Sumber Daya Kesehatan (SDM) dari puskesmas, yaitu tenaga kesehatan baik dokter maupun perawat serta tenaga kesehatan lainnya yang ikut bertugas dalam melayani lonjakan pasien Covid-19 di RSUD Kapuas.

Dirinya juga menyampaikan, apresiasi terima kasih kepada Dinas Sosial Kabupaten Kapuas atas bantuan tambahan tenda darurat.

“Ketersediaan ruang perawatan pasien Covid-19 di RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kapuas saat ini kondisinya penuh, sehingga memerlukan tambahan tempat untuk merawat pasien dari awal masuk IGD,”tandasnya.

Dia menanbahkan, pasokan oksigen pun menurutnya masih sangat terbatas sehingga, Tim RSUD Kapuas harus terjun langsung mengantri dalam mengambil pasokan pengisian oksigen hingga ke Banjarbaru.

“Terkait kebijakan pelaksanaan PPKM level-4 di Kabupaten Kapuas diharapkan mendapat perhatian dari semua lapisan masyarakat untuk menaati peraturan pemerintah dengan prokes (5) M. Hal ini untuk menurunkan jumlah pasien terpapar Covid-19 yang dirawat ran keadaan di daerah kita bisa kembali normal,” pungkasnya. (Ujang/Ery-SB).

Bagikan ke

Kalteng

Pj Bupati Kapuas Disambut Prosesi Adat Potong Pantan

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi didampingi istri disambut acara adat potong Pantan di Kantor Bupati Selasa (26/9/2023). (foto/Suhaili).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi mulai melaksanakan tugas di Kabupaten Kapuas. Kedatangan Pj didamping istri disambut dengan prosesi adat potong Pantan di pintu masuk Kantor Bupati Kapuas Jalan Pemuda Km 5,5, Selasa (26/9/2023).

Acara adat potong Pantan dipandu oleh damang disaksikan Sekda Kapuas Septedy OPD lingkup Pemkab Kapuas serta camat.

Usai potong pantan Pj Bupati selanjutnya memasuki halaman Kantor Bupati Kapuas namun sebelumnya disambut pula dengan tari tarian.

Selanjutnya bersama-sama langsung menuju Aula Kantor Bupati bersilaturahmi dengan ASN jajaran Pemkab Kapuas.

“Terima kasih penyambutan oleh jajaran Pemkab Kapuas,” ucapnya.

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi merupakan Kadis Perkimtan Provinsi Kalteng resmi dilantik Gubernur Kalteng Sugianto Sabran Senin (25/9/2023) bersama-sama dengan Pj Walikota Palangka Raya, Pj Bupati Murung Raya, Pj Barito Utara, Pj Barito Timur, Pj Pulang Pisau, Pj Katingan, Pj Seruyan, Pj Sukamara serta, Pj Lamandau. (ujang/ery-SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pj Bupati Kapuas : Sinergi Jalankan Program Pembangunan Majukan Kabupaten Kapuas

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi. (foto/ist).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi menyatakan komitmen menjalankan program pembangunan untuk kemajuan kesejahteraan Kabupaten Kapuas dan Kalimantan Tengah.

“Sesuai arahan Gubernur Kalteng Pemprov kabupaten/kota sinergi dalam rangka mendukung pelaksanaan program pembangunan di daerah,” katanya kepada wartawan usai silaturahmi dengan jajaran Pemkab Kapuas di Aula Kantor Bupati Selasa (26/9/2023).

Dikatakan seperti di Kabupaten Kapuas ada beberapa point seperti arahan gubernur diantaranya penanganan masalah stunting inflasi dan Food Estate.

Lebih lanjut dikatakan Kapuas dengan Motto Aman Indah Ramah itu bagaimana? Jadi inilah yang harus kita pikirkan bersama bagaimana kemudian merubah wajah kota tata ruang sehingga menjadi lebih baik lagi kedepannya.

“Maju dan berkembang masyarakat yang heterogen,” jelasnya.

“Oleh karena itu harapannya sinergi komitmen bersama penting bagi kita memajukan Kabupaten Kapuas, ” ucapnya.

Menyinggung evaluasi jajaran Pemkab Kapuas Pj mengatakan kalau hal itu berdasarkan basis kinerja.

“Kalau ada yang kosong bisa saja diisi namun sesuai ketentuan perundangan berlaku,” ujarnya. (ujang/ery-SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Gubernur Kalteng Lantik Pj Bupati dan Walikota

Published

on

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran ketika melantik Pj Bupati dan Walikota di wilayah Provinsi Kalteng Senin (25/9/2023). (foto/ist)

PALANGKARAYA, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran melantik 9 Pj Bupati dan 1 Pj Walikota di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah berlangsung di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Senin (25/9/2023).

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran meminta kepada Pj Bupati dan Walikota bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Kalteng mendukung program pembangunan.

“Saya meminta bangunlah sinergi yang baik dengan stakeholder dan pemangku kepentingan di daerah saling mendukung terkait apa yang telah diprogramkan Pemerintah Provinsi sebagai kepanjangan pemerintah pusat,” katanya.

Orang nomor satu di Kalteng ini juga mengingatkan kepada Pj Bupati/Walikota selalu berhati-hati. Jangan aneh-aneh dalam menjalankan roda pemerintahan di daerah sesuai ketentuan perundangan berlaku.

Gubernur melanjutkan terkait pembangunan Program Strategis Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah seperti Food Estate Shrimp Estate, RSUD Tipe B Provinsi di Hanau pembangunan pabrik pengolahan perberasan rice to rice plant (RTRP) dan SILO.

Pembangunan pabrik pakan rencana pembangunan Universitas Barito Raya pembangunan Waterfront City dan Landmark Kota Palangka Raya sebagai ikon Kalimantan Tengah hilirisasi Industri hingga pembangunan Bendungan Muara Juloi.

“Dalam hal ini Pj Bupati dan Walikota agar berinovasi untuk memanfaatkan potensi daerah dalam rangka peningkatan PAD,” jelasnya.

Adapun 9 Pj Bupati dan 1 Walikota yang dilantik yakni Penjabat Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu Penjabat Bupati Kapuas Erlin Hardi Penjabat Bupati Seruyan Djainuddin Noor.

Kemudian Penjabat Bupati Katingan Saiful Penjabat Bupati Barito Utara Muhlis Penjabat Bupati Barito Timur Indra Gunawan Penjabat Bupati Murung Raya Hermon Penjabat Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani Penjabat Bupati Sukamara Kaspinor serta Penjabat Bupati Lamandau Lilis Suriani. (ujang/ery-SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Komisi III DPRD Kapuas dan Mitra Selesaikan Pembahasan APBD Perubahan 2023

Published

on

Komisi III DPRD Kapuas dan mitra kerja pembahasan Raperda Perubahan APBD 2023. (foto/ist).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Komisi III DPRD Kapuas menggelar rapat bersama mitra kerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Ruang Komisi III DPRD Kapuas (22/9/2023).

Rapat ini dipimpin langsung oleh Ketua Komisi III DPRD Kapuas Kunanto didampingi anggota Komisi III DPRD Kapuas terkait penyelesaian APBD Perubahan 2023.

Rapat berlangsung alot meski begitu alhasil sore harinya selesai.

Menurut Kunanto sesuai jadwal Banmus kami Komisi III DPRD Kapuas bersama SKPD mitra kerja Selesai melakukan pembahasan Rancangan Perda tentang Perubahan APBD Kabupaten Kapuas tahun anggaran 2023.

Dikatakan politisi Partai Nasdem ini dalam rapat juga dibahas rencana program kerja yang akan dilaksanakan ke depan.

“Rapat bersama mitra kerja ini merupakan salah satu wujud pelaksanaan tupoksi kelembagaan DPRD,” katanya.

Dua melanjutkan sesuai mekanisme hasil rapat tersebut selanjutnya akan dibawa ke rapat finalisasi dan sinkronisasi Banggar DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Kapuas. (ujang/ery-SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Menteri PPPA Apresiasi Pemkab Kapuas Iniasiasi Mandiri DRPPA

Published

on

Menteri PPPA Bintang Puspayoga. (foto/ist)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia Bintang Puspayoga mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah inisiasi mandiri pengembangan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA).

“Saya menyampaikan terima kasih inisiasi Pemkab Kapuas terkait DRPPA, ” katanya kepada wartawan Jumat (22/9/2023).

Menteri PPPA mengatakan hal ini sangat penting dalam rangka pengembangan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak.

Dikatakan sebagai program nasional pemerintah pusat terus mendorong pengembangan DRPPA di daerah.

Lebih lanjut dikatakan Kementerian telah mengembangkan DRPPA sejak tahun 2021 membuat hampir 172 model di seluruh Indonesia. Untuk Provinsi Kalteng terdapat di Kabupaten Kotim Pulang Pisau dan Kapuas secara mandiri.

“Oleh karena itu DRPPA sebagai komitmen bersama kita wujudkan melalui penguatan sinergi pemerintah pusat dan daerah juga pihak ketiga gotong royong mengembangkannya,” ucapnya.

Sementara itu Sekda Kapuas Septedy menyampaikan terima kasih kepada menteri PPPA kunjungan kerja ke Kabupaten Kapuas.

“Kapuas mencanangkan dua desa yakni Pulau Telo Kecamatan Selat dan Maluen Kecamatan Basarang sebagai Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak. Harapannya kedepan terus kita kembangkan untuk desa-desa lainnya,” ujarnya.

Agenda kegiatan menteri PPPA di Kabupaten Kapuas melaksanakan sosialisasi di Aula Kantor Bappelitbangda dirangkai penandatanganan Komitmen Bersama Pencanangan DRPPA.

Selain melakukan pertemuan dalam agendanya Menteri Bintang Puspayoga melanjutkan kegiatan ke Rumah Betang Manggatang Utus di Sei Pasah Kecamatan Kapuas Hilir bersama Lembaga Perempuan Dayak Nasional (LPDN). (ujang/ery-SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Kunker ke Kapuas Menteri PPPA Harapkan Pengembangan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak

Published

on

Menteri PPPA RI I Gusti Ayu Bintang Puspayoga ketika melakukan ke Kabupaten Kapuas Kalteng terkait Pengembangan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak Jumat (22/9/2023). (foto/Suhaili).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia I Gusti Ayu Bintang Puspayoga melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah, Jumat (22/9/2023).

Kunjungan kerja dalam rangka pengembangan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak.

Pertemuan dan dialog digelar di Aula Kantor Bappedalitbanda dihadiri Sekda Kapuas Septedy Forkopimda Kadis DP3APPKB Provinsi Kalteng OPD lingkup Pemkab Kapuas serta calon relawan Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA) serta sejumlah kepala desa.

Kegiatan itu dirangkai penandatanganan Komitmen Bersama Pencanangan DRPPA.

Menteri PPPA Bintang Puspayoga menyampaikan apresiasi kepada Pemda Kapuas terkait pengembangan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak.

“Saya mengapresiasi Pemda Kapuas telah menginisiasi terbentuknya DRPPA di Kabupaten Kapuas Kalteng secara mandiri, ” katanya.

Dikatakan program pengembangan DRPPA sejak 2021. Oleh karena itu Kementerian telah membuat hampir 172 model DRPPA di seluruh Indonesia.

Selain melakukan pertemuan dalam agendanya Menteri Bintang Puspayoga melanjutkan kegiatan ke Rumah Betang Manggatang Utus di Sei Pasah Kecamatan Kapuas Hilir bersama Lembaga Perempuan Dayak Nasional (LPDN). Kegiatan sosialisasi berlanjut secara hybrid.

Sementara itu Sekda Kapuas Septedy menyampaikan terima kasih kunjungan menteri PPPA ke Kapuas.

“Setidaknya sebagai masukan kita bersama meminimalisir kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak,” ujarnya.

Sekda mengatakan Kapuas mencanangkan dua desa, yakni Pulau Telo dan Maluen, sebagai Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak.

“Melalui program ini kedepan terus kita kembangkan untuk semua desa di Kabupaten Kapuas,” pungkasnya. (ujang/ery-SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Serukan Hukum Adat Dayak Ormas MABB Gelar Aksi Damai di PN Kapuas

Published

on

Ormas MABB ketika menggelar aksi damai di Pengadilan Negeri (PN) Kuala Kapuas Kamis (21/9/2023). (foto/Suhaili).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Organisasi masyarakat Mandau Apang Balundang Bulau (MABB) menggelar aksi unjuk rasa di Pengadilan Negeri (PN) Kuala Kapuas Jalan Tambun Bungai Kamis (21/9/2023).

Aksi damai di tengah terik itu mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian Polres Kapuas.

Koordinator aksi Abdul Rahman dalam orasinya menyerukan hukum adat istiadat budaya Dayak serta keadilan.

“Kami menyerukan kepada Pengadilan Negeri dan Kejaksaan menghormati hukum adat istiadat Dayak dan budaya Hinting Pali,” katanya.

Ditegaskannya PN juga dalam hal ini menghormati dan mengakui putusan adat dalam hal ini yakni putusan Kerapatan Mantir dan Putusan Damang selaku tokoh adat masyarakat Dayak.

Dia melanjutkan seperti dalam spanduk Ormas MABB menyampaikan prihatin atas putusan perkara nomor 118/Pid.B/2023/PN.KLK atas nama Lambut.

“Lambut dipidana karena melakukan Hinting Pali di lahan yang masih bermasalah dengan pihak perusahaan.

Sedangkan Hinting Pali sudah sesuai dengan Undang-Undang adat Dayak Ngaju pasal 58 Keputusan Tumbang Anoi Tahun 1894.

Oleh karena itu melalui aksi ini Ormas MABB menyerukan hukum adat dan budaya Dayak agar bersama-sama kita hormati, ” pungkasnya. (ujang/ery-SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

BKPSDM Kapuas Buka Pendaftaran 2.149 Formasi PPPK

Published

on

Kepala BKPSDM Kabupaten Kapuas Komari. (foto/ist).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah membuka pendaftaran seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas.

Hal ini disampaikan Kepala BKPSDM Kabupaten Kapuas Komari didampingi jajarannya kepada wartawan Rabu (20/9/2023).

Menurutnya pendaftaran dibuka 20 September 2023 – 9 Oktober 2023. “Kabupaten Kapuas mendapat jatah formasi PPPK sebanyak 2.149 orang,” katanya.

Komari mengatakan adapun formasi tersebut terdiri dari tenaga guru 1.790 tenaga kesehatan 310 dan teknis 49 formasi itu yang akan dibuka untuk PPPK Kabupaten Kapuas 2023.

Sedangkan pelaksanaan pendaftaran sudah mulai dibuka hari ini 20 September 2023 sampai dengan 9 Oktober 2023.

Dikatakan pula bahwa untuk ketentuan umum proses seleksi dilaksanakan secara online dan terbuka untuk semua warga Negara Indonesia yang memenuhi syarat.

“Syaratnya kepada para pendaftar PPPK bersedia mengikuti seluruh proses tahapan seleksi, seluruh proses tahapan seleksi tidak dipungut biaya. Juga bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Republik Indonesia khususnya di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan
bila ada hal-hal yang kurang jelas dan informasi lebih lanjut terkait pendaftaran dapat ditanyakan melalui helpdesk SSCASN BKN atau email : Info@bkpsdm.kapuaskab.go.id.

“Juga dapat melakukan cek pengumuman di website BKPDSDM Kabupaten Kapuas melalui laman https://bkpsdm.kapuaskab.go.id dan selanjutnya melakukan registrasi secara online/daring melalui laman https://daftar-sscasn.bkn.go.id untuk mendapatkan kartu informasi Akun, ” tutupnya. (ujang/ery-SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Gagal Panen, DPRD Kapuas Perjuangkan Aspirasi Masyarakat

Published

on

Anggota DPRD Kapuas dapil V Kadis Pertanian serta masyarakat ketika melakukan pertemuan di Kantor DPRD Kapuas Senin (18/9/2023). (foto/Suhaili).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas menyatakan akan memperjuangkan dan menindak lanjuti aspirasi masyarakat terkait gagal panen karena kendala saluran irigasi sekunder dan primer.

Hal itu dikatakan Ketua Komisi III DPRD Kapuas Kunanto usai melakukan pertemuan dengan masyarakat dari tiga kecamatan di Kantor DPRD Kapuas, Senin (18/9/2023).

“Ya adanya aspirasi ini kita perjuangkan untuk kepentingan para petani tiga kecamatan Bataguh Kapuas Timur dan Tamban Catur,” katanya.

Dikatakan Politisi Partai Nasdem dapil V ini apa yang disampaikan puluhan masyarakat itu karena bertahun-tahun gagal panen mengingat kendala pengairan itu.

“Semoga dalam anggaran perubahan tahun 2023 ini dapat terealisasi sehingga pengerukan saluran dan sekunder dapat berjalan,” katanya lagi.

Dalam pertemuan tersebut puluhan masyarakat menyampaikan keluhan terkait kondisi pertanian yakni soal
irigasi sehingga menyebabkan gagal panen.

Pertemuan itu dihadiri anggota dewan dapil V Kunanto H Abdurahman Amur H Fahmi Rusmianor Kadis Pertanian Yaya serta pihak Polres Kapuas.

Anggota DPRD Kapuas legislator Partai Golkar H Abdurahman Amur dapil V menambahkan pihaknya dari dewan Perjuangkan aspirasi masyarakat. “Mudahan saja di anggaran perubahan tahun 2023 dapat terealisasi untuk program rehabilitasi pengerukan irigasi sekunder dan primer untuk lahan perrtanian,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Desa Bangun Kecamatan Bataguh Harjo Sutono menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada DPRD Kapuas yang menerima dan menindak lanjuti aspirasi masyarakat.

“Bertahun-tahun kenyataannya memang terjadi gagal panen. Seperti yang dialami masyarakat di desa Bangun Harjo Sidorejo dan Anjir Serapat Tengah. Karena saluran irigasi yang tak bisa berjalan dengan baik. Kendalanya utamanya ada di kolam sehingga air tak bisa mengairi sawah. Harapan kami tahun ini sudah bisa normal dengan adanya pengerukan itu,” ujarnya. (ujang/ery-SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer