Gubernur : Peristiwa Bencana Harus Dicegah Sedini Mungkin – SuaraBorneo.com
Connect with us
IDUL-FITRI-1445-3-X7

Kaltara

Gubernur : Peristiwa Bencana Harus Dicegah Sedini Mungkin

Published

on

KALTARA, SuaraBorneo.com – Musibah kebakaran yang terjadi di dua lokasi berbeda yakni Kabupaten Bulungan dan Nunukan, Kaltara belum lama ini, menjadi perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara). Untuk itu Gubernur Kaltara, Drs H Zainal Arifin Paliwang SH, M.Hum mengundang kedua korban kebakaran di Kantor Gubernur, Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, untuk menerima bantuan secara simbolis.

Seperti diketahui, 13 Agustus 2021 pekan lalu, peristiwa kebakaran terjadi di SP 6 Desa Apung, Jalan Bukit Jati, Kecamatan Tanjung Selor, Bulungan. Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 07.00 Wita itu, menghanguskan satu unit rumah, mobil dan harta benda lainnya milik Arifin Muhammad. Beberapa hari kemudian, musibah kebakaran kembali terjadi tepatnya pada 15 Agustus 2021 lalu hingga menghanguskan rumah milik Agustinus Sama Peka, warga Desa Katul, Kecamatan Sembakung Atulai, Kabupaten Nunukan.

“Semoga bantuan yang diberikan ini bermanfaat dan dapat meringankan para korban kebakaran, yang belum lama ini terjadi di Desa Apung, Bulungan dan Desa Katul di Nunukan,” ucap Gubernur saat memberikan bantuan secara simbolis kepara kedua korban kebakaran, Selasa (24/8/2021).

Gubernur berharap, musibah kebakaran dan lainnya yang dapat membahayakan atau menelan korban jiwa dapat dicegah sedini mungkin. Oleh karena itu Gubernur meminta, seluruh lapisan masyarkat dapat lebih waspada untuk mengantisipasi terjadinya musibah kebakaran.

“Semoga musibah yang sudah terjadi dapat menjadi pelajaran bagi kita semua, untuk lebih waspada lagi kedepannya, dengan begitu musibah bisa kita cegah sedini mungkin sehingga tidak menimbulkan kerugian dan korban jiwa,” harap Gubernur.

Sementara itu, salah satu korban kebakaran penerima bantuan, Arifin mengatakan, dengan adanya bantuan ini dirinya beserta keluarga sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Gubernur Kaltara, lantaran masih peduli kepada warganya yang tertimpah musibah.

“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur atas bantuan ini, apalagi saat musibah kebakaran terjadi banyak harta benda milik saya dan keluarga yang hangus terbakar,” terang Arifin.

Adapun bantuan yang diberikan Gubernur secara simbolis kepada korban kebakaran di Bulungan dan Nunukan, yakni berupa uang tunai Rp10 juta. Selain bantuan uang tunai, masing-masing korban kebakaran juga mendapatkan bantuan peralatan dapur berupa perlengkapan memasak dan makan. (mndd)

Bagikan ke

Kaltara

Penjabat Wali Kota Tarakan, Dr Bustan, Hadiri Halal Bihalal Akbar Bersama Ust H Abdul Somad

Published

on

Penjabat (Pj) Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., menghadiri acara Halal Bihalal Akbar yang digelar oleh masyarakat Kota Tarakan. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Penjabat (Pj) Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., menghadiri acara Halal Bihalal Akbar yang digelar oleh masyarakat Kota Tarakan di halaman Masjid Baitul Izzah. Acara ini turut dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), berbagai organisasi Islam se-Kota Tarakan, dan masyarakat luas, Minggu (19/5/2024).

Acara Halal Bihalal ini menghadirkan Ustadz H. Abdul Somad, Lc., MA., yang memberikan tausiyah kepada para hadirin. Dalam ceramahnya, Ustadz Abdul Somad menekankan pentingnya membantu saudara-saudara kita di Palestina yang saat ini sedang dilanda perang, kelaparan, kemiskinan, serta kesulitan mendapatkan air bersih dan tempat tinggal yang layak.

Ustadz Abdul Somad mengajak seluruh umat Islam untuk memberikan dukungan dalam bentuk apapun kepada saudara-saudara di Palestina. “Mari kita bantu saudara-saudara kita di Palestina dengan doa dan apa saja yang kita mampu berikan, baik itu materi, pakaian, atau tempat tinggal yang layak,” ujarnya.

Acara ini berlangsung dengan penuh khidmat dan diisi dengan berbagai kegiatan keagamaan yang bertujuan untuk mempererat silaturahmi antarumat Islam di Kota Tarakan. Kehadiran tokoh-tokoh penting dan partisipasi aktif masyarakat menandakan tingginya semangat kebersamaan dan solidaritas di antara warga Tarakan.

Penjabat Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, dalam sambutannya mengapresiasi antusiasme warga dalam acara ini dan menegaskan pentingnya menjaga persatuan serta saling membantu, terutama kepada saudara-saudara yang membutuhkan di berbagai belahan dunia.

Acara Halal Bihalal ini diakhiri dengan doa bersama untuk kedamaian dunia, khususnya bagi Palestina, serta harapan agar Kota Tarakan terus dilimpahi keberkahan dan kedamaian. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Gubernur Sambut Kedatangan Ustadz H Abdul Samad Acara Halal Bihalal

Published

on

Gubernur Kalimantan Utara, Dr. (HC) H. Zainal A. Paliwang, SH., M.Hum, menghadiri acara Halal Bi Halal Akbar Masyarakat Kota Tarakan bersama Ustadz H. Abdul Somad, Lc. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Utara, Dr. (HC) H. Zainal A. Paliwang, SH., M.Hum, menghadiri acara Halal Bi Halal Akbar Masyarakat Kota Tarakan bersama Ustadz H. Abdul Somad, Lc. Acara yang berlangsung di Islamic Center ini juga menjadi ajang penggalangan donasi untuk Palestina, Ahad (19/5).

Hadir dalam acara ini, Pj. Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., beserta jajaran, Sekretaris Provinsi Kalimantan Utara, Dr H Suriansyah, M.AP beserta para asisten, staf ahli, dan kepala OPD, Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalimantan Utara, Ustadz H. Syamsi Sarman, S.Pd., Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tarakan, Al Mukaram Tuan Guru Ustadz Prof. H. Abdul Somad Batubara, Lc., D.E.S.A., Ph.D., Datuk Seri Ulama Setia Negara, Ketua Panitia, Dr. Fahmy Syam Hafid, B.irkh., M.E.I., beserta segenap jajaran panitia Halal Bi Halal Akbar Masyarakat Kota Tarakan, seluruh masyarakat Kota Tarakan, serta hadirin dan tamu undangan.

Dalam sambutannya, Gubernur mengapresiasi kedatangan ulama ternama itu. “Atas nama pribadi, masyarakat, dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin,” katanya.

“Di tengah padatnya jadwal, beliau masih menyempatkan diri untuk hadir memberikan tausiyah kepada kita semua,” sambungnya.

Gubernur berharap acara ini bisa menjadi momen untuk mempererat ukhuwah Islamiyah dan kebersamaan di Kalimantan Utara. Ia mengutip Al-Quran, QS Al-A’raf: 96, yang menegaskan pentingnya iman dan takwa dalam meraih keberkahan dari Allah SWT.
Selain bersilaturahmi dan mendengarkan tausiyah, acara ini juga diisi dengan penggalangan donasi untuk Palestina.

Gubernur mengajak seluruh masyarakat Kalimantan Utara untuk berpartisipasi dalam donasi ini sebagai bentuk solidaritas dan kepedulian terhadap sesama umat Islam yang sedang mengalami kesulitan.

Setelah tausiyah dari Ustadz H. Abdul Somad, Lc., acara dilanjutkan dengan lelang yang hasilnya akan didonasikan untuk Palestina. Salah satu barang yang dilelang adalah syal yang digunakan oleh Ustadz Abdul Somad, yang terjual seharga 22 juta rupiah dan dibeli langsung oleh Gubernur Zainal.

Gubernur juga mengingatkan pentingnya menjaga stabilitas dan keamanan menjelang Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024. “Berbeda pilihan adalah hal yang biasa, namun jangan sampai perbedaan tersebut menjadi sebab perpecahan di antara kita,” katanya.

Menutup sambutannya, Gubernur mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga kekompakan dan kebersamaan dalam membangun Kalimantan Utara. “Mari kita jadikan momentum silaturahmi ini sebagai waktu yang tepat untuk merekatkan tali persaudaraan dan menggalang persatuan,” pungkasnya. (mddkisp)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Tinjau Korban Kebakaran, Gubernur Sempatkan Bercengkrama dengan Warga Long Belua

Published

on

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) DR (HC) H. Zainal A. Paliwang, M.Hum mengunjungi dan menyerahkan bantuan bagi warga korban kebakaran. (Foto/Ist)

BULUNGAN, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) DR (HC) H. Zainal A. Paliwang, M.Hum mengunjungi dan menyerahkan bantuan bagi warga korban kebakaran RT.9 di Desa Long Beluah, Kecamatan Tanjung Palas Barat, Rabu (15/5).

Kehadiran orang nomor 1 di Kaltara ini memberikan sentuhan kehangatan dan harapan bagi korban kebakaran desa Long Beluah ini.

Dalam kesempatannya Gubernur Zainal menyerahkan bantuan simbolis kepada korban terdampak berupa paket sembako, selimut, matras dan makanan siap saji, serta memberi bantuan tunai sebesar Rp10 juta tiap rumah.

“Saya menyampaikan turut berbelasungkawa atas terjadinya musibah kebakaran ini, semoga ibu bapak diberikan ketabahan dalam menghadapi ujian ini,” katanya.
Setelah itu, gubernur meninjau kondisi dapur darurat dan ikut bercengkrama dengan warga korban kebakaran, ikut membantu memasak makanan.

Ia juga telah menginstruksikan Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setprov Kaltara untuk mendata dan memastikan para korban dapat mendapat bantuan secara cepat dan tepat.

Dalam upaya menolong korban bencana, Pemprov Kaltara akan terus berkomitmen dengan memberikan bantuan sosial berupa bantuan uang tunai secara simbolis oleh gubernur kepada korban terdampak.

Berdasarkan informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltara, sebanyak 22 rumah di Desa Long Beluah, Kecamatan Tanjung Palas Barat ludes terbakar yang dimulai pukul 13.00 wita, korban terdampak kebakaran sebanyak 79 jiwa, 22 KK (Kepala Keluarga).

Turut mendampingi Gubernur, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltara, Robby Yuridi Hatman, S.Sos., MT dan Wakil Bupati Bulungan, Ingkong Ala, SE., M.Si.(mddkisp)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Pertemuan Pj Wali Kota Tarakan dengan 28 Guru Negeri Non ASN Untuk Mencari Solusi

Published

on

- Pj. Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., lakukan pertemuan dengan 28 guru negeri non ASN pada Sabtu, 11 Mei 2024. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBirneo.com – Pj. Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., lakukan pertemuan dengan 28 guru negeri non ASN pada Sabtu, 11 Mei 2024. Pada pertemuan yang berlangsung di ruang Imbaya Kantor Wali Kota ini, Pemkot Tarakan melalui Dinas Pendidikan memberikan solusi jangka pendek dan jangka panjang bagi 28 guru negeri non ASN.

Solusi jangka pendek yang diusulkan adalah tidak mengeluarkan guru-guru tersebut dari dapodik, menggantikan guru pensiun secara bertahap, dan mengisi sekolah dasar yang melakukan penambahan rombel pada tahun ajaran baru.

Sementara itu, untuk solusi jangka panjang, Pemkot Tarakan akan memberikan dukungan penuh kepada para guru untuk mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG). Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan peluang mereka untuk lolos seleksi PPPK di masa yang akan datang. Pj. Wali Kota juga menegaskan kerja sama akan dijalin dengan Universitas Borneo Tarakan dalam penyelenggaraan PPG.

Pj. Wali Kota dalam kesempatan ini menegaskan komitmen Pemkot Tarakan untuk terus mencari solusi terbaik bagi 28 guru negeri non ASN, dengan mengikuti dan mematuhi perkembangan regulasi pusat yang berlaku.

Sementara itu berdasarkan UU No.20 Tahun 2023 tentang ASN, pegawai non ASN atau nama lainnya wajib diselesaikan penataannya paling lambat Desember 2024 dan semenjak uu ini mulai berlaku instansi pemerintah dilarang mengangkat pegawai non ASN. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Halal Bihalal Bubuhan Banjar di Gedung FKUB Kota Tarakan

Published

on

Dr. Bustan, S.E., M.Si., selaku Wali Kota Tarakan, menghadiri Halal Bihalal. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Dr. Bustan, S.E., M.Si., selaku Wali Kota Tarakan, menghadiri Halal Bihalal di Gedung FKUB Kota Tarakan bersama warga Banjar Tarakan dan Organisasi Kalimantan pada Kamis (9/5/2024).

Acara tersebut turut dihadiri oleh beberapa tokoh seperti Ketua Kerukunan Bubuhan Banjar Kaltara dan Ketua Organisasi Kalimantan. Dalam sambutannya, Dr. Bustan menyampaikan ucapan syukur atas kesempatan berkumpul dalam acara yang diberkahi ini, sambil menyertakan doa untuk keberkahan bagi Nabi Muhammad SAW.

Halal Bihalal bukan sekadar ritual, melainkan juga sebagai simbol persatuan, persaudaraan, dan saling maaf-memaafkan di antara seluruh peserta. Keberagaman warga Banjar Tarakan dan Organisasi Kalimantan di Kota Tarakan menjadi kekuatan untuk terus bersatu dan berkontribusi dalam memajukan kota. Di tengah-tengah keberagaman ini, terdapat kekayaan budaya dan nilai-nilai luhur yang menjadi landasan bagi kemajuan Kota Tarakan.

Dr. Bustan, S.E., M.Si., mendorong untuk terus memperkuat kerjasama lintas suku, agama, dan etnis dalam pembangunan kota. Ia juga menekankan pentingnya menjaga harmoni dan kedamaian di antara warga serta meningkatkan partisipasi aktif dalam proses pembangunan. Dengan semangat kerjasama dan tolong-menolong, diharapkan bersama-sama dapat mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh Kota Tarakan.(mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Pelaksanaan Pengadaan Langsung Elektronik Membuka Era Baru Efisiensi di Kota Tarakan

Published

on

Pj Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., memberikan arahan pada acara Pelaksanaan Pengadaan Langsung Elektronik. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Pj Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., memberikan arahan pada acara Pelaksanaan Pengadaan Langsung Elektronik di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tarakan pada Rabu (8/5/2024).

Acara tersebut, yang diinisiasi oleh Bagian Pembangunan, bertujuan untuk mempercepat proses pengadaan barang dan jasa dengan beralih dari metode manual ke elektronik.

Menurut Dr. Bustan, pengadaan elektronik ini didasari oleh ketentuan yang tercantum dalam Pasal 69 ayat (1) Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/jasa Pemerintah, yang menekankan pentingnya menggunakan sistem informasi elektronik. Hal ini juga sejalan dengan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 yang mendorong percepatan penggunaan produk dalam negeri dan produk UMKM.

“Pergeseran ke pengadaan elektronik tidak hanya tentang efisiensi, tetapi juga tentang mendukung perekonomian lokal,” ujar Dr. Bustan. “Dengan menggunakan sistem elektronik, proses kontrak barang dan jasa dapat dilakukan dengan lebih efisien, serta memudahkan dalam memantau pelaksanaan dan tender.”

Lebih lanjut, Dr. Bustan menegaskan pentingnya melaksanakan proses pengadaan sesuai dengan peraturan yang berlaku untuk menghindari pelanggaran di masa mendatang. Dia juga menekankan bahwa kepala asisten memiliki tanggung jawab untuk menindaklanjuti paket-paket yang perlu dialihkan dari manual ke elektronik dalam waktu enam bulan.

“Kami juga sadar akan pentingnya akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan publik, oleh karena itu kami menyambut baik jika terdapat temuan dari BPK terkait dengan pengadaan barang dan jasa,” tambah Dr. Bustan.

Dengan demikian, langkah-langkah menuju pengadaan elektronik ini diharapkan tidak hanya memberikan efisiensi dalam proses, tetapi juga meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan sumber daya publik di Kota Tarakan. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Calon Jemaah Haji, Resmi Dilepas Sekda Tarakan Minggu 5 Mei 2024

Published

on

Sekretaris Pemerintah Kota Tarakan, Ir. Jamaludin, secara resmi melepas 150 calon jemaah haji Kota Tarakan. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Pada hari Minggu 5 Mei 2024. Sekretaris Pemerintah Kota Tarakan, Ir. Jamaludin, secara resmi melepas 150 calon jemaah haji Kota Tarakan bertempat di Gedung Serbaguna pada Minggu, 5 Mei 2024.

Para calon jemaah haji ini dijadwalkan akan diberangkatkan menuju tanah suci pada tanggal 20 dan 21 Mei 2024.

Turut hadir dalam acara pelepasan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Tarakan, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tarakan, serta para pejabat terkait lainnya seperti Asisten Pemerintahan dan Kesra, Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan, dan Panitia Penyelenggara Haji Tarakan.

Dalam sambutannya, Sekda Kota Tarakan Ir. Jamaluddin berpesan agar para Jama’ah Calhaj untuk menjaga kekompakan ketika melakukan ibadah di tanah suci.

Ia juga menyampaikan hal tersebut demi kelancaran rangakaian ibadah haji sehingga semua rukun haji dapat dilalui tanpa halangan.

“Jaga kekompakan antara jamaah dari agar semua rangkaian ibadah haji berjalan dengan baik dan lancar,” katanya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tarakan berpesan agar para Jama’ah Calhaj dari Kota Tarakan menjaga nama baik Kota Tarakan saat melakukan rangkaian ibadah haji.

Budaya bangsa Indonesia harus ditunjukkan di tanah suci seperti menjaga emosi, pemaaf dan jangan menunjukan arogansi. Jaga emosi, jadilah pemaaf dan jangan sampai menunjukkan arogansi,” tuturnya. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Pj Wali Kota Tarakan Menyelesaikan Lahan Tanah Sengketa Antara Masyarakàt

Published

on

Pj Wali Kota Tarakan Dr. Bustan, S.E., M.Si., dan Gubernur Kalimantan Utara DR. (HC). H. Zainal A Paliwang, M.Hum., hadir langsung mengikuti rakor penyelesaian masalah lahan antara masyarakat Tarakan dan TNI AL. (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Upaya penyelesaian sengketa lahan, Pj Wali Kota Tarakan Dr. Bustan, S.E., M.Si., dan Gubernur Kalimantan Utara DR. (HC). H. Zainal A Paliwang, M.Hum., hadir langsung mengikuti rakor penyelesaian masalah lahan antara masyarakat Tarakan dan TNI AL, yang berlangsung pada Kamis (2/5/2024).

Rakor ini dilaksanakan di Ruang Rapat Nakula, Kemenko Polhukam, Jakarta, dan dipimpin langsung oleh Menko Polhukam Hadi Tjahjanto. Turut hadir dalam rakor tersebut Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono.

Dalam rakor tersebut, Kemenko Polhukam mengemukakan beberapa usulan terkait sengketa lahan di Kelurahan Karang Anyar dan Pantai Amal.

Salah satunya adalah penyusunan perjanjian pemanfaatan SHPL TNI AL untuk digunakan masyarakat dengan menerbitkan SHGB atas nama masyarakat dengan didampingi JPN. Selain itu, TNI AL akan menentukan beberapa titik area pertahanan, dimana area tersebut akan diterapkan ketentuan sesuai dengan aturan yang berlaku. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Zainal Arifin Paliwang Kembalikan Formulir ke PKB/PKS

Published

on

Andi Zainal Arifin Paliwang kembalikan formulir membuktikan bahwa keseriusannya diusung partai politik PKB bersama PKS. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Andi Zainal Arifin Paliwang kembalikan formulir membuktikan bahwa keseriusannya diusung partai politik PKB bersama PKS dengan langsung formulir yang diambil.

Bersama kurang lebih 5 ratus orang relawannya, bakal calon Gubernur Kaltara itu mendampingi mengembalikan formulir di Sekretariat Tim Penjaringan DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kaltara di Tarakan, Selasa (30/4/2024).

Dilanjutkan dengan mengembalikan formulir di Desk Pilkada DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kaltara, juga di Tarakan.

Zainal bahkan menegaskan siap menjalani semua tahapan yang berlaku di setiap partai.

“Semua kita harus jalani. Apa yang disyaratkan harus kita laksanakan,” tegas Zainal saat diwawancarai datri media usai kembalikan formulir ke PKB.

Diantara tahapan yang akan dilalui, Zainal mengaku akan menghadiri undangan halal bihalal DPP PKB di Jakarta pada 2 Mei.

“Insya Allah saya akan hadir di acara itu memenuhi undangan di PKB,” tutur pria yang juga kader Partai Gerindra tersebut.

Zainal juga mengaku telah menyiapkan visi dan misinya melalui timnya. Di mana tidak jauh berbeda dengan visi misi saat memimpin Kaltara pada periode 2021-2026.

Zainal berharap baik PKS maupun PKB dapat memberikan rekomendasi kepada dirinya untuk diusung sebagai Calon Gubernur Kaltara. (mandu)

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer