HUT Polwan Ke-37, Polda Kalteng Ziarah Ke Taman Makam Pahlawan Sanaman Lampang – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15

Kalteng

HUT Polwan Ke-37, Polda Kalteng Ziarah Ke Taman Makam Pahlawan Sanaman Lampang

Published

on

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo.com – Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah melakukan ziarah rombongan ke Taman Makam Pahlawan Sanaman Lampang yang berada di Jalan Tjilik Riwut Kota Palangka Raya, Kamis, (26/8/2021).

Ziarah dipimpin langsung oleh Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Ida Oetari Poernamasasi, S.A.P., M.A. diikuti Pakor Polwan Polda Kalteng serta personel Polwan Polda Kalteng, diisi dengan upacara penghormatan dan tabur bunga.

Dalam kesempatan tersebut, Wakapolda mengungkapkan, Ziarah bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Polisi Wanita ke-73, serta untuk mendoakan para pendahulu dan mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur.

“Saya berharap, generasi
muda tidak pernah melupakan sejarah perjuangan para pahlawan terdahulu serta menjaga dan merawat persatuan bangsa Indonesia agar semakin kokoh dan solid,” terang Ida.

Ziarah tabur bunga ini dilaksanakan khidmat serta menerapkan protokol kesehatan. (ujang/ery-SB)

Kalteng

Bupati : Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat

Published

on

Bupati Kapuas ketika melantik pejabat di lingkungan Pemkab Kapuas. (foto/ist).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), sudah menjadi tugasnya untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan melaksanakan fungsi jabatan yang telah ditetapkan dengan sebaik mungkin dimanapun berada.

Hal itu disampaikan Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat saat melantikan dan mengambil sumpah/janji PNS Jabatan Administrasi dilingkungan Pemkab Kapuas yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Kapuas, Selasa (7/2/2023).

Dikatakan Bupati Kapuas dua periode itut ASN harus menyikapi dengan sungguh-sungguh tupoksi yang telah diberikan pimpinan, dengan terus belajar meningkatkan keterampilan dalam bekerja. “Kembali lagi, pelayanan kepada masyarakat adalah hal yang harus kita utamakan, sebab akan memberikan banyak manfaat untuk kedepannya,” kata Ben.

Dirinya pun meminta kepada para pejabat terkait, khususnya para camat agar terus berinovasi dalam meningkatkan SDM yang ada, sehingga peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat terus berlanjut. Begitu pun juga dengan menjaga kerukunan dan kondisi wilayahnya masing-masing sehingga selalu kondusif dan damai.

Ben Brahim dalam kesempatan tersebut juga menegaskan pentingnya kejujuran dan kesetiaan dalam bekerja, sebab hal ini merupakan salah satu faktor penting dalam majunya pelayanan dilingkup pemerintahan.

“Kepada ASN yang dilantik pada kesempatan ini, selamat bekerja ditempat yang baru dan perbaiki apa saja hal-hal yang dirasa perlu diperbaiki. Bekerjalah dengan semangat dan tunjukkan profesionalisme dalam bekerja,” ujarnya.

Sementara itu dalam laporannya Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy mengatakan terdapat 48 orang yang dilantik terdiri dari 9 orang Administrator Eselon III/a, 10 orang Administrator Eselon III/b, 20 orang Pejabat Pengawas Eselon IV/a dan 9 orang Pejabat Pengawas Eselon IV/b. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Kejari Kapuas Tetapkan Eks Kadis Kominfo Tersangka Korupsi

Published

on

Konferensi pers Kejari Kapuas terkait penetapan tersangka eks Kadis Kominfo Kapuas J. (foto/Suhaili).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Terjawab sudah. Setelah melalui tahapan proses penyelidikan dan penyidikan Kejaksaan Negeri Kapuas Kalimantan Tengah (Kalteng) resmi menetapkan eks Kadis Kominfo Kabupaten Kapuas inisial J terkait dugaan tipikor.

Demikian disampaikan Kajari Kapuas Arif Rahardjo pada konferensi pers di Kantor Kejari Jalan A. Yani Kapuas Senin (6/2/2023).

“Bersangkutan J ditetapkan tersangka terkait kasus dugaan korupsi penyelewengan kegiatan perjalanan dinas pada dinas Kominfo Kapuas TA 2021-2022, ” kata Kajari didampingi Kasi Pidsus Intel Pidum dan Datun itu.

Dikatakan Kajari penetapan J sebagai tersangka berdasar bukti-bukti selain saksi-saksi alat bukti juga hasil audit perhitungan kerugian negara.

Kajari melanjutkan berdasar audit tim Inspektorat Kabupaten Kapuas ditemukan kerugian negara Rp. 300.854.200.00,-.
Sedangkan kerugian perjalanan dinas yang dialami ASN dan tenaga kontrak Dinas Kominfo
Rp. 77.123.200.00,-. Dengan begitu negara dirugikan Rp. 377.977.400.00,-

“Oleh karena itu perbuatan melanggar hukum tersangka J melanggar pasal 2 ayat 1 Jo pasal 18 ayat 1 huruf b UU Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo UU Nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU nomor 31 tahun tahun 1999 tentang Tipikor,” ujarnya. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Masyarakat Dusun Basirih Darat Desa Sei Asam Kapuas Hilir Harapkan Perbaikan Jalan

Published

on

Kondisi jalan yang mengalami kerusakan di Dusun Basirih Darat Desa Sei Asam Kecamatan Kapuas Hilir Kabupaten Kapuas. (foto/ist).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Kondisi jalan di wilayah Desa Basirih Darat Desa Sei Asam Kecamatan Kapuas Hilir Kabupaten Kapuas kini mengalami kerusakan.

“Sejauh ini belum ada perbaikan. Apalagi ketika musim seperti sekarang ini tak stabil ketika dilewati, ” kata Ketua RT 008 Jakpar Sidik.

Kepala Desa Sei Asam Masrawan membenarkan adanya laporan Ketua RT terkait kondisi jalan yang mengalami kerusakan.

Dikatakan panjang jalan kurang lebih 8.500 Km. Sementara 1 jalan penghubung antara Jalan Basirih Darat ke Sei Rimbut RT 05 lebarnya kurang lebih 50 meter.

“Terkait kerusakan jalan pihaknya tak mampu membiayai perbaikan dari dana desa. Meski sudah diusulkan setiap tahun untuk kemudian ditingkatkan tetapi hingga kini belum terealisasi, “katanya di Kantor DPMD Kapuas Jumat (3/2/2023).

Dijelaskan jalan tersebut merupakan akses satu-satunya bagi masyarakat untuk mengangkut memasarkan hasil pertanian dan perkebunan setiap tahunnya ke provinsi tetangga Kalsel.

“Bahkan beberapa waktu lalu pelaksanaan pengobatan gratis UPT Puskesmas Barimba harus memutar terlebih dahulu melewati Anjir Pasar Km 18 Batola Kalsel untuk sampai ke daerah itu, “imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan dari segi wilayah RT 008 merupakan pintu gerbang Kabupaten Kapuas dari arah Kecamatan Wanaraya Batola Kalsel.

“Oleh karena itu harapannya menjadi perhatian Pemkab melalui dinas terkait untuk ditingkatkan sehingga masyarakat menjadi mudah melakukan aktivitasnya,” ujarnya.(ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Perkuat Kapasitas Lembaga Ekonomi Desa, DPMD Kapuas Gelar Rakornis Pembentukan Bumdesma

Published

on

Kadis DPMD Kabupaten Kapuas Budi Kurniawan S.Sos M. Si (foto/Suhaili).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas menggelar Rapat Koordinasi Teknis Pembentukan Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumdesma) bagi Desa di wilayah Kabupaten Kapuas.

Rakor dibuka resmi Sekda Kabupaten Kapuas Septedy dihadiri Camat Kades dan perangkat desa se Kabupaten Kapuas di Aula Kantor DPMD Jalan Tambun Bungai Kapuas Jumat (3/2/2023).

“Harapannya melalui pembentukan Bumdesma menjadi penting untuk diketahui desa. Kedua kepengurusan Bumdesma tentunya adalah orang-orang yang memiliki kapasitas. Ketiga berkolaborasi dengan tujuan memajukan desa dan pendapatan desa, ” kata Sekda.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas Budi Kurniawan mengatakan
pembentukan Bumdesma sesuai amanah Permendes serta menambah wawasan para Kades.

Menurutnya pembentukan Bumdesma bertujuan melakukan pengembangan Bumdes yang saat ini sudah ada di setiap desa.

“Kalau melihat jumlah desa di Kabupaten Kapuas yang mencapai ratusan tentu dengan pembentukan Bumdesma secara ekonomi akan menambah kuatnya kapasitas desa,” katanya.

Lebih lanjut Budi Kurniawan sebelumnya menjabat Kadis Sosial Kapuas itu mengatakan terhadap Bumdesma selain mengembangkan rencana kerja sama usaha antar desa juga diharapkan kerja sama dengan pihak ketiga dalam rangka menciptakan peluang dan jaringan pasar yang mendukung kebutuhan layanan umum warga.

“Sehingga untuk itu diharapkan dampaknya akan membuka lapangan kerja meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan pelayanan umum pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa dan meningkatkan pendapatan masyarakat desa dan pendapatan asli desa berkelanjutan, “ujarnya.

Kegiatan Rakor diisi narasumber diantaranya Kadis DPMD Asisten I Setda Kapuas Perum Bulog Kapuas serta pihak Pertamina. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Sekda : Bumdesma Diharapkan Berkolaborasi Majukan Desa

Published

on

Sekda Kapuas Drs Septedy MSi. (foto/Suhaili)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Sekda Kabupaten Kapuas Drs Septedy MSi mengharapkan Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumdesma) bisa berkolaborasi dengan pihak ketiga maupun masyarakat yang ada di desa.

Hal ini disampaikan Sekda usai membuka resmi Rapat Koordinasi Pembentukan Badan Usaha MIlik Desa Bersama (Bumdesma) di Aula Kantor DPMD Jalan Tambun Bungai Kapuas Jumat (3/2/2023) siang.

“Bumdesma diharapkan dapat berkolaborasi dengan tujuan secara ekonomi dapat memajukan desa, ” kata Sekda didampingi Kadis PMD Kapuas Budi Kurniawan S. Sos M. Si.

Sekda mengatakan terkait kegiatan Rakor pembentukan Bumdesma hari ini yang dihadiri Camat dan Kades se Kabupaten Kapuas menjadi sangat penting untuk mengetahuinya bersama.

Pertama desa dapat mengetahui tujuan pembentukan Bumdesma. Kedua harapannya kepengurusan Bumdesma adalah orang-orang yang memiliki kapasitas. Ketiga harapannya berkolaborasi membangun kerja sama dengan pihak ketiga dalam bentuk usaha juga masyarakat.

Dia melanjutkan mengacu Permendes
Bumdesma selain berupaya mengembangkan rencana kerja sama usaha antar desa dan pihak ketiga dalam rangka menciptakan peluang dan jaringan pasar yang mendukung kebutuhan layanan umum masyarakat.

“Karenanya penbentukan Bumdesma bagi setiap desa sudah barang tentu membuka lapangan kerja meningkatkan kesejahteraan masyarakat pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa dan akan berdampak pula terhadap peningkatkan pendapatan masyarakat desa dan pendapatan asli desa, ” kata Sekda. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Kades : Panen Raya Semangka di Desa Pulau Kaladan Mantangai Hasilkan 40 Ton

Published

on

Kades Pulau Kaladan Sugianto bersama petani Semangka. (foto/ist).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Potensi lahan di Desa Pulau Kaladan Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah (Kalteng) memiliki potensi yang sangat besar untuk pengembangan pertanian. Salah satunya adalah buah Semangka.

Kepala Desa Pulau Kaladan Sugianto mengatakan baru-baru ini Bupati Kapuas didampingi OPD dan Camat telah melakukan panen raya Semangka di salah satu lahan warga Sei Tatumbu Desa Pulau Keladan.

“Secara keseluruhan dengan luasan lahan 1,5 hektar menghasilkan panen Semangka 40 ton. Kualitas a yakni 34,5 ton rata-rata 5 kg hingga 12 kg. Kemudian kualitas b 5,5 ton, ” kata Sugianto di sela-sela menghadiri Rakor Pembentukan Bumdes di Kantor DPMD Jalan Tambun Bungai Kapuas Jumat (3/2/2023).

Harapannya lanjut Sugianto dengan melihat potensi tersebut tentunya menambah peningkatan ekonomi masyarakat desa. Disamping itu adanya perhatian perluasan lahan sambil menunggu perbaikan akses baik dari pihak perusahaan PT Graha Inti Jaya maupun dinas terkait.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat sebelumnya mengucapkan apresiasi kepada warga Desa Pulau Kaladan yang telah mengembangkan semangka di daerah ini.

“Sukses dan berpotensi menambah perekonomian masyarakat sekitar. Karenanya terus dikembangkan dan ditingkatkan untuk kedepannya sebagai produk unggulan, “kata Bupati.

Bupati pun meminta kepada seluruh pihak termasuk perusahaan yang dalam hal ini PT Graha Inti Jaya agar bisa membantu mensejahterakan masyarakat Kabupaten Kapuas dalam pengembangan pertanian dan perkebunan. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Sekjen Gerindra Kunjungi DPC Gerindra Kapuas Berikan Semangat Hadapi Pemilu 2024

Published

on

Sekjen Gerindra Ahmad Muzani ketika mengunjungi Kantor DPC Gerindra Kabupaten Kapuas di Jalan Meranti Kamis (2/2/2023). (foto/ist)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Ada hal menarik disampaikan Sekjen Gerindra Ahmad Muzani untuk para kader partai di Kabupaten Kapuas menghadapi kontestasi Pemilu 2024 mendatang.

Hal ini disampaikannya ketika berkunjung ke DPC Gerindra Kabupaten Kapuas Jalan Meranti Kamis (2/2/2023)
disela rangkaian kegiatan HUT ke 15 Gerindra dengan ketum Prabowo Subianto itu
setelah melakukan perjalanan dari Palangkaraya Kapuas dan selanjutnya akan ke Banjarmasin Kalsel.

Ia didampingi Ketua DPD Gerindra Kalteng Iwan Kurniawan dan pengurus disambut dengan hangat Ketua DPC Gerindra Kapuas Helmi didampingi pengurus dan para kader.

“Terus semangat sebagai wujud motivasi seluruh kader partai di daerah menghadapi Pemilu 2024 mendatang,” katanya.

Dikatakan kedatangannya di DPC Partai Gerindra Kabupaten Kapuas dalam rangka HUT Partai Gerindra ke 15. “Harapannya melalui HUT Partai Gerindra ke 15 terus menumbuhkan semangat kader partai penuh kekompakan dan gairah yang lebih baik lagi, ” harap Ahmad Muzadi.

Ketua DPD Gerindra Kalteng H
Iwan Kurniawan berpesan kepada DPC Kapuas agar tetap solid tetap semangat
jaga kebersamaan.

“Karenanya pesan kami jangan ada faksi-faksi. Pasalnya tahun 2024 sudah di depan mata tinggal satu tahun kemenangan. Tentu dengan peluang tersebut kita jemput, “katanya.

Sementara itu Ketua DPC Gerindra Kabupaten Kapuas menyampaikan terima kasih kedatangan atas kedatangan Sekjen Gerindra Ahmad Muzani yang menyempatkan mengunjungi dan bertemu pengurus maupun kader partai di Kapuas.

“Kami sangat berterima kasih atas semangat yang diberikan oleh Sekjen Gerindra Bapak Ahmad Muzani, “ujarnya.

Pada kesempatan itu DPC Gerindra Kapuas menggelar syukuran sederhana momen HUT Gerindra ke 15. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Tiga Puskesmas Dapat Penghargaan SPM

Published

on

Penyerahan penghargaan kepada 3 Puskesmas oleh Plt Kadinkes Kapuas dr. Tonun Irawati Panjaitan. (foto/ist).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Tiga Puskesmas di Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah (Kalteng) mendapatkan penghargaan Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Penghargaan diserahkan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas dr. Tonun Irawati Panjaitan diterima masing-masing Kepala UPT Puskesmas pada pelaksaan Rakernis di Hotel Fovere Kuala Kapuas Rabu (1/2/2023).

Adapun tiga Puskesmas tersebut yakni Puskesmas Melati Kecamatan Selat Puskesmas Kapuas Tengah (Pujon) serta Puskesmas Tamban Baru.

Plt Kadinkes Kapuas dr Tonun Irawati Panjaitan menyampaikan penghargaan diberikan terkait kriteria sistem pelaporan SPM dan keuangan.

“Terus tingkatkan kinerja dan berikan pelayanan secara baik dan maksimal kepada masyarakat, ” harapnya.

Penyerahan disaksikan Asisten II Setda Kapuas Salman direktur RSUD Kapuas dr Agus Waluyo serta jajaran Dinas Kesehatan Kapuas. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Kunjungi Koramil Dandim 1011/Klk Tekankan Netral Jelang Pemilu 2024

Published

on

Kunjungan Kerja (Kunker) Dandim 1011/Klk ke jajaran Koramil Wilayah Kodim 1011/Klk. (foto/ist).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Komandan Kodim 1011/Klk Letkol Inf Khusnun Dwi Putranto SE melaksanakan kunjungan kerja ke Koramil 1011-16/Kahayan Tengah dilanjutkan ke Koramil 1011- 08/Mantangai dan Koramil 1011-O9/Timpah pada Rabu (1/2/2023).

Dalam kegiatan tersebut Dandim 1011/Klk menyampaikan beberapa penekanan bagi anggota Koramil terkait Pemilu 2024.

“TNI para anggota Koramil harus bersikap netral. Jangan ada keberpihakan terhadap salah satu partai maupun calon peserta Pemilu,”tegasnya.

Ditegaskan Dandim
Danramil dan Babinsaharus bisa memetakan kerawanan diwilayahnya dengan mendeteksi dini peluang dan kerawanan diwilayah masing-masiing.

“Anggota babinsa harus saling membantu peduli dan saling tolong menolong dalam menjaga ketertiban teritorial dan keamanan di wilayah pembinaan kodim 1011/Klk, ” katanya.

Dia melanjutkan bahwa
semua kebijakan yang disampaikan Komandan satu frekuensi dan sama dengan kebijakan pimpinan dan harus ditaati.

“Diharapkan hindari sekecil mungkin untuk pelanggaran yang berbenturan dengan masyarakat. Serta ucapan terima kasih atas dedikasi dan kinerja prajurit sekalian dalam mengemban tugas di wilayahnya, ” ujar Dandim 1011/Klk. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Umum

Populer