44 Tahun Diaktifkannya Kembali Pasar Modal Indonesia: 1 Juta SID Saham Baru per Agustus 2021 – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15 IK-AN-1A

Ekonomi

44 Tahun Diaktifkannya Kembali Pasar Modal Indonesia: 1 Juta SID Saham Baru per Agustus 2021

Published

on

JAKARTA, suaraborneo.com – Sepanjang tahun 2021, telah tercipta satu juta investor saham baru sehingga per 31 Agustus 2021 telah tercapai 2.697.832 jumlah single investor identification (SID) saham. Pencapaian tersebut mengukir  rekor  tertinggi  sepanjang  sejarah  dan  menjadi  persembahan  bagi  44  Tahun  Diaktifkannya Kembali  Pasar  Modal  Indonesia.  Direktur  Utama  PT  Bursa  Efek  Indonesia  (BEI)  Inarno  Djajadi mengatakan bahwa pencapaian rekor tersebut merupakan hasil sinergi serta kolaborasi yang dilakukan oleh  seluruh  pemangku  kepentingan  di  Pasar  Modal Indonesia.  Jumlah  pertumbuhan  investor saham baru meningkat pesat hanya dalam kurun waktu delapan bulan saja di tahun ini, yaitu meningkat hampir dua kali lipat dari pencapaian sebelumnya pada tahun 2020 yang berjumlah 590.658 SID baru.

“Optimalisasi digital yang dimulai sejak  tahun  2019  serta  dimaksimalkan  pada  tahun  2020 kemarin, yang  kemudian  dilanjutkan  dengan  sinergi  serta  kolaborasi  bersama  seluruh  pemangku  kepentingan pasar  modal,  telah  menjadi  kekuatan  pengembangan  investor  pada  tahun  2021  dan  menjadi  alasan utama bagi pesatnya peningkatan jumlah investor baru pada tahun ini,” ungkap Inarno pagi ini (2/9).

Pencapaian  ini  diraih  beriringan  pula  dengan  terciptanya  rekor  baru  untuk  pertumbuhan  SID  Pasar Modal.  Jumlah  investor  baru  Pasar  Modal  sampai  dengan  31  Agustus  2021  mencapai  2.219.712, meningkat hampir 2 kali lipat dari pencapaian tahun lalu, sehingga total investor pasar modal saat ini adalah 6.100.525 investor.

Menurut  Inarno,  fokus  Self  Regulatory  Organization  (SRO),  yang  terdiri  dari  BEI,  PT  Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) bersama Otoritas Jasa  Keuangan  (OJK)  untuk  mengakselerasi  transformasi  digital  pada  tahun  2019  dan  2020,  telah berdampak positif bagi terciptanya tonggak baru pencapaian Pasar Modal Indonesia tersebut.

Pencapaian tersebut sejalan dengan arahan yang disampaikan oleh Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal  OJK  Hoesen  pada  akhir  tahun  lalu.  Pada  kesempatan  itu,  Hoesen  mengatakan  bahwa  BEI, bersama seluruh pemangku kepentingan di Pasar Modal Indonesia, perlu untuk melanjutkan pengembangan pasar modal yang berkelanjutan melalui inovasi yang visioner dengan memanfaatkan kemajuan teknologi seiring dengan situasi pandemi COVID-19 di Indonesia.

Lanjut  Hoesen,  pengembangan  tersebut  antara  lain  dapat  diimplementasikan  pada  berbagai  fitur  dan layanan ‘mesin perdagangan’ BEI, media interface investor yaitu aplikasi online trading milik Anggota Bursa, serta edukasi secara masif melalui media sosial, social media influencer, komunitas, dan kelas-kelas Sekolah Pasar Modal (SPM) yang dilaksanakan secara daring.

“Terbukti  bahwa  stabilitas  dan  kekuatan  Pasar  Modal  Indonesia  hanya  bisa  terwujud  jika  investor domestik, terutama ritel, bangkit menjadi tuan rumah di negeri sendiri yang terefleksi dari berbagai data pencapaian di Pasar Modal Indonesia” ujar Hoesen.

Direktur Pengembangan  BEI Hasan Fawzi  menambahkan, berkat  kegiatan  edukasi  masif yang dilakukan  oleh  BEI  bersama  seluruh  stakeholders  Pasar  Modal  Indonesia,  berbagai  pencapaian signifikan  telah  diperoleh.  Beberapa  rekor  yang  tercapai  sepanjang  tahun  lalu  diantaranya  adalah peningkatan  jumlah  SID  saham  maupun  SID  pasar  modal,  peningkatan  jumlah  investor  yang  aktif bertransaksi, peningkatan aktivitas investor domestik ritel dari sisi frekuensi dan nilai transaksi, bahkan kepemilikan saham tahun ini yang semakin didominasi oleh investor domestik.

Peningkatan  jumlah  investor  baru  juga  diikuti  dengan  meningkatnya  aktivitas  investor.  Seluruh indikator per Agustus 2021 menunjukkan bahwa aktivitas investor meningkat, yang diantaranya adalah rata-rata  investor  aktif  per hari  mencatatkan  peningkatan  dua  kali  lipat  menjadi 198.858  dari  94.704 SID, dan rata-rata investor aktif per bulan turut meningkat 2.2 kali lipat menjadi menjadi 641.442 dari 293,886 SID.

Dengan penetrasi digital, distribusi investor juga menjadi semakin merata dan berangsur tidak terpusat lagi di pulau Jawa. Data Juli 2021 menandakan konsentrasi investor di pulau Jawa berkurang menjadi 69 persen dari 3 tahun sebelumnya atau di tahun 2018 yaitu 74 persen. Komposisi investor juga semakin bergerak ke usia muda, karena sekitar 80% investor di pasar modal merupakan milenial dan gen z.

Proses Kesinambungan Bukan Kebetulan

Menurut  Hasan Fawzi,  berbagai  pencapaian tersebut bukan suatu  kebetulan.  Berbagai  langkah berkesinambungan  yang  dirintis  sejak  beberapa  tahun  lalu  secara  konsisten  telah  berkontribusi  besar pada  hasil  setiap  tahunnya  hingga  saat  ini.  Salah  satunya  adalah  semakin masifnya  kegiatan  edukasi yang merupakan kolaborasi antara SRO dan OJK dengan pemangku kepentingan edukasi pasar modal di seluruh Indonesia setiap tahunnya.

“Adaptasi ke format edukasi digital juga dilakukan dengan cepat sebagai respon atas kondisi pandemi sekaligus sebagai upaya perlindungan investor,” ujar Hasan. Tahun

2020 lalu tercatat telah dilakukan sebanyak 8.997 kegiatan edukasi. Sepanjang  tahun  ini,  per  Juli  2021  telah  dilaksanakan  3.991  kegiatan  literasi,  inklusi,  aktivasi,  dan pendalaman  pasar  modal  yang  dilakukan  dalam  kelas  tatap  muka  serta  kelas  daring  dengan  total 600.622  peserta.  Selain  itu  per  Agustus  2021  sebanyak  22  Perusahaan  Efek  Anggota  Bursa  telah menerapkan program simplifikasi pembukaan rekening efek, sebuah program yang dirintis OJK, SRO bersama stakeholders Pasar Modal Indonesia sejak tahun 2018 dan diluncurkan pada tahun berikutnya yaitu di 2019.

Hasan Fawzi menambahkan, jumlah kerja sama yang terjalin untuk pendirian Galeri Investasi BEI (GI BEI)  juga  tumbuh  secara  signifikan.  Per  Agustus  2021,  telah  terdapat  537  GI  BEI  dengan  501  di antaranya merupakan kerja sama dengan Perguruan Tinggi dan 36 lainnya berasal dari non Perguruan Tinggi. “Untuk mendukung pertumbuhan ini, pada 12 Maret 2021 telah diluncurkan konsep baru Galeri Investasi Edukasi BEI dan Galeri Investasi Digital BEI,” tambah Hasan.

Penerapan transformasi digital atas berbagai kegiatan edukasi bahkan telah dilaksanakan sebelum pandemi, seperti penyelenggaraan Public Expose LIVE 2019, serial Instagram LIVE WIB WITA WIT Waktu Indonesia Berinvestasi, dan rangkaian seminar online (webinar). Kegiatan edukasi ini juga berkontribusi secara signifikan terhadap pertumbuhan jumlah investor dalam negeri.

Berbagai inisiatif yang dilakukan tersebut, memberi optimisme bahwa angka-angka pencapaian ini akan tetap bertumbuh. “Kami juga menyadari bahwa tantangan ke depan adalah mendampingi investor baru dengan bekal edukasi pasar modal yang cukup untuk memulai perjalanan investasinya dan sebagai wujud perlindungan investor,” kata Hasan.

Wujud perlindungan investor juga dilakukan regulator melalui fasilitas AKSES (Acuan Kepemilikan Sekuritas). Fasilitas ini diluncurkan KSEI sejak tahun 2009 agar investor pasar modal dapat memantau secara langsung portofolio investasinya yang tercatat di KSEI. Selain itu, fasilitas AKSES merupakan
platform digital, sehingga dengan satu kali klik, investor dapat memantau seluruh portofolio investasinya dimana saja dan kapan saja. (ad-sb)

Banjarmasin

Dorong Pemulihan Ekonomi Di Kalsel Melalui Digitalisasi UMKM dan Pengembangan Green Economy

Published

on

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Humas BI Provinsi Kalsel menyampaikan _Capacity Building on G20 Issues_ untuk _Stakeholder_ Daerah di Banjarmasin dengan tema “Mendorong Pemulihan Ekonomi yang Merata dan Berkelanjutan di Kalimantan Selatan Melalui Digitalisasi UMKM dan Pengembangan _Green Economy_” telah sukses dilaksanakan di Banjarmasin secara _Hybrid_ pada 11 Agustus 2022. Acara dimaksud juga dirangkaikan dengan peluncuran Buku Sejarah dan Heritage Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan.

Acara dibuka dengan _opening remarks_ dari Bapak Bimo Epyanto selaku Deputi Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Kalimantan Selatan dan dilanjutkan dengan sesi panel diskusi dengan narasumber Ibu Lisa Khulasoh (Deputi Direktur DUPK Bank Indonesia), Bapak Prof. Akhmad Fauzi, Ph.D. (Guru Besar Institut Pertanian Bogor), serta Bapak Tommy Tjiptadjaja, MBA (Co-Founder dan CEO Greenhope). Sesi diskusi panel dan tanya jawab dipandu oleh moderator Ibu Dr. Hania Rahma (Dosen Universitas Indonesia).

Secara ringkas, _Capacity Building_ ini membahas mengenai bagaimana pemberdayaan dan digitalisasi UMKM menjadi salah satu upaya inklusi keuangan untuk mendukung pemulihan ekonomi, serta hilirisasi industri melalui inovasi teknologi dan produk ramah lingkungan sebagai kunci dalam mewujudkan ekonomi hijau dan berkelanjutan.

Peserta yang hadir mencapai 231 orang secara luring dan daring yang berasal dari perwakilan _stakeholder_ Bank Indonesia di Provinsi Kalimantan selatan. Para peserta sangat antusias terlibat secara aktif dalam setiap sesi tanya jawab.

🇮🇩_Recover Together, Recover Stronger_🇮🇩

Kamis 11 Agustus 2022 berlokasi di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Prov. Kalsel, telah dilaksanakan Peluncuran Buku Sejarah dan Heritage Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan dengan judul “Dinamika Hulu-Hilir Sungai: Bank Indonesia dalam Lintasan Sejarah Kalimantan Selatan.”

Buku ini hadir melengkapi publikasi BI Instititute, sebagai rekaman _institutional memory_ tentang perjalanan sejarah perkembangan ekonomi Kalimantan Selatan serta kiprah De Javasche Bank hingga Bank Indonesia dalam mengawal laju perekonomian Kalsel dari masa ke masa.

Peluncuran buku ini menandai beredarnya buku ini secara luas di tengah masyarakat. Secara simbolis dilakukan penyerahan buku oleh Ibu Arlyana Abubakar kepada beberapa pihak:
1. Prof. Dr. Bambang Subiyakto, M.Hum. (Tim Penulis)
2. Ir. Pakhri Anhar, M.T. (Tim Penulis)
3. Bimo Epyanto, (Dep KaKPw BI Prov. Kalsel)
4. Dr. Ir. H. Muhammad Fauzi, MP (Wakil Rektor BidangKemahasiswaan dan Alumni Universitas Lambung Mangkurat)
5. Way Hudi Anden (Ketua Persatuan Pensiunan Bank Indonesia Kalsel)

Untuk mengenal lebih dekat tentang isu buku, silakan menyimak video teaser buku melalui link berikut:
https://drive.google.com/file/d/1UsUOlGF5hkc8mVnQQS58pmGGV63FGx6G/view?usp=sharing. [ad/rls]

Continue Reading

Banjarmasin

Kembangkan Unggulan UMKM, BI Kalsel Gelar Pameran Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) Juli 2022

Published

on

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan, Imam Subarkah. (Foto: Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Kalimantan Selatan menjadi tuan rumah pelaksanaan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) Juli 2022 yang merupakan kolaborasi antara Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) selaku Campaign Manager, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan. Kegiatan GBBI Juli 2022 mengusung tema “Jelajahi Warna-Warni Kalimantan Selatan” dan diselenggarakan pada tanggal 22 s.d. 24 Juli 2022 berlokasi di Taman Siring 0 KM, Banjarmasin.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan, Imam Sebarkan memaparkan panjang lebar, GBBI adalah Gerakan Nasional yang bertujuan agar masyarakat Indonesia mencintai dan menggunakan karya anak bangsa, utamanya produk atau jasa dari UMKM lokal demi mendorong penguatan pertumbuhan ekonomi nasional melalui penguatan UMKM termasuk industri kecil dan menengah.

“Target yang akan dicapai dengan terselenggarakannya GBBI antara lain; pertama, peningkatan jumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah/Industri Kecil dan Menengah termasuk Pelaku Ekonomi Kreatif yang masuk dalam ekosistem digital; kedua, peningkatan jumlah penjualan atau transaksi pembelian produk lokal; ketiga, peningkatan daya beli masyarakat, perluasan pasar, akses permodalan, pelatihan, pendataan, dan percepatan siklus ekonomi lokal melalui belanja produk lokal; dan keempat, stimulus ekonomi untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah/Industri Kecil dan Menengah termasuk Pelaku Ekonomi Kreatif Gernas BBI sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” beber Imam Subarkah kepada awak media, Rabu (20/7/2022).

Demi mencapai target GBBI Kalsel Juli 2022, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan telah menyelenggarakan beberapa kegiatan pengembangan UMKM Unggulan Kalimantan Selatan antara lain;
i. Kurasi UMKM Unggulan Kalimantan Selatan
Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Dekranasda Provinsi Kalimantan Selatan dan Dewan Kurator, yang terdiri dari Wignyo Rahadi (Fashion Designer), Helianti Hilman (Founder Javara), Putri Cita M. (Head of Global Halal Hub Goorita), Jeffry Adiyanto (Founder Tanivest), dan Indra Kesuma N. (Founder Kebun Technology) telah melakukan kurasi ke lebih dari 500 UMKM Unggulan Kalimantan Selatan dan telah menghasilkan 65 UMKM lolos kurasi untuk dilakukan pendampingan di tahun 2022, termasuk perluasan akses pasar ke Jepang melalui kegiatan Program Akselerasi UMKM Berorientasi Ekspor (PAMOR BORNEO) pada Bulan Agustus 2022 di Jepang.

ii. Onboarding UMKM Unggulan Kalimantan Selatan
Kegiatan onboarding UMKM telah diselenggarakan dalam beberapa rangkaian event a.l. Karya Kreatif Banua Februari 2022 bekerjasama dengan Shopee dan Tokopedia, Roleplay Onboarding UMKM, capacity building onboarding dengan ride-hailing applications seperti Grab dan Gojek, hingga coaching clinic onboarding UMKM mitra/binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan. Berbagai bentuk pendampingan ini dilakukan selaras dengan tujuan utama pengembangan skema program BBI 2022, yaitu tidak hanya pencapaian target jumlah onboarding namun juga peningkatan transaksi penjualan. Sebagai hasil, UMKM Anakkayu telah berhasil menjadi salah satu dari 5 local champion onboarding GBBI Sulawesi Selatan 2022 dengan berhasil menyelesaikan 4.000 pesanan dan membukukan transaksi penjualan mencapai
Rp 1,5 Miliar dan mendapatkan rating 5,0 dari pelanggan di Tokopedia.

iii. One-on-one meeting Pembiayaan UMKM Unggulan Kalimantan Selatan
Kegiatan one-on-one meeting UMKM telah diselenggarakan bekerjasama dengan Himbara Provinsi Kalimantan Selatan dan Bank Syariah Indonesia dengan mengundang UMKM mitra/binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan yang tertarik mengajukan pembiayaan sesuai dengan kebutuhan dan menghasilkan beberapa business matching pembiayaan UMKM. Sebagai hasil, terdapat 6 UMKM binaan BI Kalsel yang telah mengajukan pembiayaan baru di tahun 2022 dengan nominal lebih dari Rp 500 Juta Rupiah.

iv. Showcasing UMKM Unggulan Kalimantan Selatan
Kegiatan showcasing UMKM Unggulan Provinsi Kalimantan Selatan telah diselenggarakan sepanjang tahun 2022, baik secara online maupun offline a.l. Karya Kreatif Borneo Feb 2022, Side Events W20 Kalimantan Selatan Mar 2022, GKN Expo Mar 2022, Co-Host GBBI Bangka Belitung Mei 2022, KKI Online & Offline Mei 2022, Festival Ekonomi Syariah Juni 2022, dan showcase di Galeri Bandara UMKM di Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru dengan total transaksi hampir mencapai Rp 1 Miliar Rupiah.

v. Capacity Building UMKM Unggulan Kalimantan Selatan
Berbagai diskusi telah dilakukan sebagai bentuk pendampingan untuk meningkatkan kapasitas UMKM Kalimantan Selatan. Secara garis besar pendampingan meliputi digital literacy, financial literacy, dan certification assistance.

Beberapa dukungan yang diberikan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan dalam penyelenggaraan kegiatan GBBI “Warna Warni Kalimantan Selatan” adalah:
i. Pameran UMKM yang akan menampilkan beragam produk UMKM Unggulan Kalimantan Selatan di bidang fesyen & aksesoris, home decoration, dan makanan & minuman yang telah terkurasi.

ii. Investor Gathering yang akan dibungkus dalam kegiatan bincang santai di tanggal 22 Juli 2022. Kegiatan yang dinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan didukung oleh KPw BI Provinsi Kalimantan Selatan ini akan mengundang Pejabat di tingkat Kementerian, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan Bank Indonesia serta pelaku usaha / potensial investor di Kalimantan Selatan untuk membahas mengenai potensi investasi di Kalimantan Selatan, khususnya dalam kaitannya dengan upaya pengembangan UMKM

iii. Fashion Show bekerjasama dengan fashion designer Wignyo Rahadhi dan local designer Kalimantan Selatan Didi Diandra yang menampilkan berbagai wastra khas Kalimantan Selatan.

iv. Atraksi dan Hiburan, meliputi :
– Artis Nasional a.l. Fathur (Ex-Java Jive) 22 Juli 2022, Repvblik (Artis Nasional) 23 Juli 2022, dan Aria Dinata (Ex-Vokalis Samson) 24 Juli 2022.
– Happening Arts menampilkan pertunjukan kesenian tradisional yang dibalut dengan atraksi kekinian dengan memanfaatkan tata panggung, tata suara, tata cahaya dan LED untuk memberi kesan tersendiri bagi penonton. Melibatkan beragam etnis yang ada di Kalimantan Selatan, pertunjukan ini akan bertema indahnya ‘Warna-warni Kalimantan Selatan’ termasuk potensi kelautan dan perikanan di Kalsel.
– Karnaval Perahu Hias yang akan menyusuri sungai Martapura dan menjadi latar belakang lokasi opening ceremony.
– Pojok Kopi yang menyajikan berbagai specialty coffee khas Kalimantan Selatan, serta Berbagai atraksi dan hiburan lainnya.

Adapun beberapa kegiatan paska penyelenggaraan kegiatan GBBI “Warna Warni Kalimantan Selatan” antara lain;

i. Pendampingan peningkatan kualitas produk UMKM Unggulan Kalimantan Selatan dan mendorong terciptanya industri fashion berbasis UMKM di Kalimantan Selatan, bekerjasama dengan berbagai pihak i.e. Fashion designer dan top brand nasional

ii. Terus mendorong pendampingan business matching UMKM Kalimantan Selatan dengan pasar retail modern dan optimalisasi pemanfaatan e-commerce.

iii. Promosi UMKM Kalimantan Selatan go ekspor melalui penyelenggaraan PAMOR BORNEO (Program Akselerasi UMKM Berorientasi Ekspor BORNEO), yang direncanakan untuk diselenggarakan di Jepang pada Bulan Agustus 2022. [ad/rls]

Continue Reading

Ekonomi

Indonesia Retail Summit 2022,  Mendag Zulhas: Ritel Tumbuh, Ekonomi Pulih

Published

on

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan memberikan sambutan dalam acara Konferensi Pers Indonesia Retail Summit 2022 yang berlangsung di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (14/7/2022). (Foto: Kemendag)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menegaskan sektor ritel memiliki kontribusi penting dalam mendorong pemulihan konsumsi rumah tangga. Kontribusi para peritel, termasuk yang berada di pusat perbelanjaan, dapat mendorong peningkatan konsumsi rumah tangga.

Oleh karena itu, pemerintah akan terus mendorong bisnis ritel tetap tumbuh, khususnya dalam masa pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

Hal ini disampaikan Mendag Zulhas dalam acara peluncuran Indonesia Retail Summit 2022 yang digelar secara hibrida di Kantor Kemendag, Jakarta, pada hari ini, Kamis (14/7/2022).

Turut hadir dalam acara ini Deputi Bidang Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Henky Manurung, Ketua Umum Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah, serta Ketua Indonesia Retail Summit Anne Patricia Sutanto.

“Salah satu faktor pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah konsumsi rumah tangga yang kontribusinya mencapai 53,65 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan tumbuh 4,34 persen pada kuartal I 2022,“ terang Mendag Zulhas.

Mendag Zulhas mengungkapkan, acara Indonesia Retail Summit 2022 meliputi kegiatan Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) 2022 dan Hari Retail Modern Indonesia (HARMONI) 2022. Acara ini merupakan kesempatan emas bagi anggota Hippindo yang bergerak di sektor ritel, kuliner dan hiburan untuk dapat menggali potensi pasar secara global.

“Saya berharap acara ini dapat turut meningkatkan konsumsi domestik serta menciptakan peluang lebih besar untuk perkembangan dan kemajuan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), para pelaku ekonomi kreatif, pusat perbelanjaan dan pelaku bisnis ritel di seluruh Indonesia. Di samping itu, dengan acara ini juga diharapkan dapat menarik wisatawan mancanegara sekaligus memperkenalkan kebudayaan Indonesia,” jelas Mendag Zulhas.

Mendag Zulhas menambahkan, acara ini merupakan salah satu sarana mempromosikan produkproduk dalam negeri, baik makanan, minuman, kerajinan maupun fesyen, baik untuk konsumen dalam negeri maupun pasar luar negeri. Tujuan akhirnya agar produk dalam negeri dapat bersaing di pasar global.

“Indonesia Retail Summit 2022 juga dapat mendorong ekonomi kerakyatan dengan menggerakkan UKM sebagai suplayer di ritel luring maupun di platform lokapasar dan mendukung program Bangga Buatan Indonesia dengan belanja produk Indonesia,” ujar Mendag Zulhas.

Sementara itu, Budiharjdo menyampaikan, acara Indonesia Retail Summit akan digelar pada 15—16 Agustus 2022. Kegiatan dilaksanakan bertepatan dengan hari jadi Sarinah, pusat perbelanjaan pertama di Indonesia dan juga Asia Tenggara.

“Acara ini merupakan upaya nyata membantu pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19,” imbuhnya. [adv/ad]

Continue Reading

Banjarmasin

KPw BI Kalsel Gelar Festival Ekonomi Syariah, Sinergi Pulihkan Ekonomi Inklusif di Banua

Published

on

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan, Imam Subarkah. (Foto: Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan, Imam Subarkah menghadiri kegiatan “Road to Fesyar KTI 2022” yang pada tahun ini bertemakan “Penguatan Ekosistem Halal Daerah dalam Mengakselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”. Kegiatan “Road to Fesyar KTI 2022” pada pagi hari ini dilaksanakan secara hybrid baik online maupun offline dengan jumlah peserta terbatas dan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19, Sabtu (3/7/2022).

Imam Subarkah menyampaikan panjang lebar mengenai berbagai kendala dan tantangan yang luar biasa bagi perekonomian Indonesia dan dunia hadir dalam bentuk geopolitik, ancaman krisis pangan dunia, dan stagflasi. Pandemi Covid 19 telah memaksa ekonomi di banyak negara termasuk Indonesia tertahan serta mengganggu rantai pasok global. Hal ini mendorong kebutuhan transformasi ekonomi banyak negara meningkat untuk mengoptimalkan potensi ekonomi yang dimiliki.

“Transformasi ekonomi dimaksud dapat memperkuat struktur perekonomian nasional untuk tumbuh tinggi dan berkelanjutan melalui penguatan sektor unggulan dan menumbuhkan sumber pertumbuhan ekonomi baru salah satunya melalui pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Menindaklanjuti hal tersebut, berbagai paket kebijakan telah dikeluarkan pemerintah sehingga diharapkan ekonomi tumbuh lebih baik dibandingkan tahun 2021,” ungkapnya.

Prinsip dasar ekonomi syariah menitikberatkan pada optimalisasi pemanfaatan sumber daya yang berujung pada aktivitas ekonomi riil secara produktif dan seimbang. Ekonomi syariah mengedepankan kemitraan yang berkeadilan, mencegah spekulasi non-produktif yang dapat memicu ketidakstabilan, serta memandang kelestarian alam sebagai amanah yang harus dijaga.

Karena itu, pengembangan ekonomi dan keuangan syariah menjadi bagian penting dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.
Untuk mencapai tujuan dimaksud, perlu berbagai upaya salah satunya dalam mendorong sumber pertumbuhan ekonomi baru di Kalimantan Selatan melalui pengembangan ekonomi dan keuangan syariah (eksyar). Implementasi dan penajaman pada Eksyar dapat dilakukan dengan mengembangkan ekosistem Halal Value Chain terutama sektor pertanian, makanan halal, fesyen muslim, dan pariwisata ramah muslim. Halal Value Chain tentunya memiliki potensi besar terhadap PDB Indonesia. Pada tahun 2021, Halal Value Chain Indonesia memiliki kontribusi sebesar 25% terhadap perekonomian nasional melanjutkan tren peningkatan sejak 2016.

Saat meninjau pameran pelaku UMKM. (Foto: Ist)

Selain itu, berdasarkan data State of the Global Islamic Economy Report 2021-2022, industri halal Indonesia berada di posisi empat di bawah Malaysia, Saudi Arabia dan Uni Emirat Arab (UEA). Adapun, pada sektor terkait industri manufaktur, Indonesia mencatatkan posisi 10 besar, antara lain makanan halal peringkat 4, fesyen peringkat 3, dan farmasi serta kosmetik di posisi 6.

“Tentunya dalam mendukung Halal Value Chain dibutuhkan akses permodalan baik melalui perbankan syariah maupun alternatif lainnya seperti wakaf produktif. Adapun kinerja perbankan syariah di Kalimatan Selatan hingga Mei 2022 menunjukkan bahwa pertumbuhan aset perbankan syariah di Kalimantan Selatan tercatat sebesar 16,17% (yoy) dengan nominal sebesar Rp6,8 triliun. Selain itu terdapat beberapa alternatif permodalan syariah, salah satunya wakaf produktif yang memiliki potensi tinggi dalam memberikan akses permodalan luas bagi pelaku usaha. Berdasarkan data terkini, hingga saat ini terdapat aset wakaf di Kalsel sebesar Rp79,6 triliun berbentuk tanah. Hal ini dapat dikembangkan lebih lanjut dengan memanfaatkan tanah wakaf serta mendorong wakaf tunai untuk permodalan dan aset usaha produktif,” tambahnya menjelaskan.

Selain aspek permodalan, pengembangan ekosistem Halal Value Chain harus memperhatikan sertifikasi halal produk UMKM agar terjamin kualitas halalnya. Sertifikat halal akan memberikan value added dalam ekosistem industri halal guna memberikan jaminan kepastian kehalalan produk dan meningkatkan daya saing di tingkat global. Untuk itu, KPw BI Provinsi Kalimantan Selatan mendukung pengembangan ekosistem Halal Value Chain melalui Bakul Banua, sebagai sarana informasi, kurasi UMKM unggulan, pendampingan halal, pengembangan produk dan manajemen usaha. Proses pendampingan yang dilakukan meliputi pengembangan bisnis halal secara end-to-end dari sisi produksi, sampai dengan penjualan, serta menyediakan opsi kemitraan UMKM menggunakan prinsip bagi hasil.

Saat ini masih berbentuk aplikasi instagram dan akan terus dikembangkan dengan berbasis website. Pada akun IG, saat ini UMKM sudah dapat melakukan pendaftaran untuk bergabung dengan Bakul Banua dan UMKM yang telah terdaftar akan mendapatkan fasilitasi pendampingan (kurasi) halal, pengembangan produk, kemasan dan manajemen promosi melalui akun market place Bakul Banua di Shopee dan Tokopedia.

Selain itu, terdapat juga program percepatan inklusi keuangan untuk mendukung kemandirian pondok pesantren (ponpes) antara lain berbentuk edukasi keuangan bagi santri; pemberdayaan kemandirian pesantren dengan program Pesantren Go Digital; kemudian implementasi dan pemanfaatan Kartu Santri untuk keperluan edukasi serta transaksi dalam lingkungan pesantren juga identitas para santri; pendampingan pelatihan digital marketing; program One Pesantren One Product (OPOP) dan Himpunan Ekonomi Bisnis Pesantren (Hebitren).

Fesyar adalah event syariah terbesar di Indonesia yang terdiri dari Sharia Economic Forum dan Sharia Fair dan diawali dengan kegiatan “Road to Fesyar KTI 2022”.

Dalam menyemarakkan kegiatan dimaksud, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menyelenggarakan berbagai sharia economic forum secara virtual dan kegiatan edukasi ekonomi dan keuangan Syariah.

Selain itu, kami juga mengadakan sharia fair melalui pameran UMKM Syariah dan Talkshow yang akan dilaksanakan pada tanggal 2-3 Juli 2022 di Duta Mall, Banjarmasin.

Adapun pada Road to FESyar KTI 2022 dilakukan serangkaian lomba yaitu:
a. Lomba wirausaha muda syariah
b. Lomba pondok pesantren unggulan
c. Lomba kesenian tari daerah islami
d. Lomba dakwah ekonomi syariah
e. Lomba lembaga ZISWAF unggulan
f. Lomba desain busana muslimah dengan wastra local

Imam Subarkah sebelum mengakhiri dengan menyampaikan kondisi terkini terkait inflasi di Kalimantan Selatan. Sesuai Rilis BPS pada 1 Juli, secara nasional inflasi bulan Juni tercatat 0,61% dan secara YoY sebesar 4,35% serta YTD sebesar 3,19%. Sementara inflasi di Kalimantan Selatan pada bulan Juni 2022 tercatat 0,78% – lebih tinggi dari bulan Mei yang sebesar 0,65%. Secara YoY inflasi Kalimantan Selatan 5,95% dan YTD sebesar 4,15%.

“Komoditas penyumbang inflasi Kalimantan Selatan adalah : angkutan udara, rokok kretek filter, telur ayam ras, bawang merah dan cabai rawit. Beberapa faktor yang menjadi penyebab tingginya inflasi adalah faktor biaya produksi kenaikan harga energi dan harga bahan baku dampak dari gangguan rantai pasok global serta faktor gagal panen di beberapa daerah sentra produksi komoditi karena kemarau basah,” jelasnya.

Menyikapi hal ini tentunya perlu ada peningkatan langkah dari kita semua termasuk TPID untuk menjaga agar pasokan komoditas yang dibutuhkan masyarakat bisa tersedia. Peningkatan produksi maupun memastikan aliran pasokan dari daerah lain perlu segera dilakukan agar daya beli masyarakat dapat terjaga.

“Akhir kata, kami mengucapkan terima kasih atas dukungan Gubernur dan Bapak/Ibu hadirin dari berbagai instansi dan lembaga terkait yang telah ikut menyukseskan penyelenggaraan kegiatan ini. Selanjutnya kami mohon perkenan Bapak Gubernur untuk menyampaikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Road to Fesyar KTI 2022” dengan thema “Penguatan Ekosistem Halal Daerah dalam Mengakselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”, pungkasnya. [ad-sb]

Continue Reading

Banjarmasin

Bank Kalsel Raih Penghargaan Di Ajang Infobank Award 2022

Published

on

Penghargaan secara langsung diterima oleh Direktur Utama Bank Kalsel, Hanawijaya. (Foto: Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Bank Kalsel sebagai entisitas bisnis daerah yang berkomitmen memberikan layanan yang terbaik kepada nasabah, Kembali meraih apresiasi membanggakan. Bank dengan tagline “Setia Melayani, Melaju Bersama” ini dianugerahi penghargaan pada ajang “19th INFOBANK BANKING SERVICE EXCELLENT AWARD 2022” atas pelayanan terbaik yang diberikan kepada nasabah di tahun 2021/2022, pada event yang digelar oleh Majalah Infobank dan Marketing Research Indonesia (MRI) di Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Kamis (30/6).

Gelar 19th Infobank Banking Service Excellent Award 2022 sebagai bentuk apresiasi kepada perbankan yang berhasil memberikan pelayanan terbaik kepada para nasabahnya. Adapun Penghargaan yang diterima oleh Bank Kalsel antara lain : 1st Best Convient Branch Experience Regional Development Bank, 2st Best Customer Service (CS), 2st Best Satpam dan 2st Best Mobile Banking.

Penghargaan secara langsung diterima oleh Direktur Utama Bank Kalsel, Hanawijaya yang mana menyampaikan rasa syukur dan bangga serta mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Infobank atas apresiasi yang diberikan, serta kepada seluruh Insan Bank Kalsel yang telah konsisten memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah.

“Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras bersama seluruh Insan Bank Kalsel sebagai bentuk komitmen untuk selalu memberikan layanan terbaik sekaligus pengingat agar kami dapat terus menjaga serta memperkuat kualitas layanan kepada nasabah, tentunya raihan ini tidak terlepas juga atas peran serta dan dukungan dari seluruh pemegang saham maupun nasabah setia kami,” jelas Hanawijaya. [adv/ad]

Continue Reading

Banjarmasin

Bank Kalsel Raih Apresiasi Dari KPK RI

Published

on

Penyerahan apresiasi, Dian Widiarti selaku Spesialis Pendaftaran dan Pemeriksaan LHKPN Muda kepada Direktur Utama Bank Kalsel, Hanawijaya di damping Direktur Kepatuhan Bank Kalsel, KGK Prasetya. (Foto: Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Bank Kalsel mendapatkan Apresiasi Capaian Laporan 100% atas Laporan Harga Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada Rapat Implementasi BUMD Tahun 2022 yang digelar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia (RI) di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Dian Widiarti selaku Spesialis Pendaftaran dan Pemeriksaan LHKPN Muda kepada Hanawijaya, Direktur Utama Bank Kalsel yang di damping oleh IGK Prasetya selaku Direktur Kepatuhan Bank Kalsel, Rabu (29/6).

Penyerahan apresiasi turut disaksikan oleh seluruh perwakilan Perusahaan BUMD dilingkup Wilayah Kalimanan Selatan. Mengawali sambutannya, Dian Widiarti selaku Spesialis Pendaftaran dan Pemeriksaan LHKPN Muda mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya serta apresiasi kepada para peserta yang telah berhadir pada hari ini.

Kemudian Dian Widiarti mengungkapkan Ketika seseorang memilih karir sebagai pejabat negara, mereka harus menyadari dan memahami arti dari keterbukaan.

“Kami berharap kewajiban pelaporan LHKPN bukan hanya taat aturan dan kewajiban menyampaikan hartanya, tetapi lebih kepada komitmen dan rasa tanggung jawab moral dalam pencegahan perilaku koruptif untuk mewujudkan Negara yang Bersih dan Bebas dari Korupsi,” ungkap Dian.

Pada kesempatan yang sama, Hanawijaya selaku Direktur Utama Bank Kalsel menyampaikan ucapan terima kasih atas apresiasi yang diberikan KPK RI terhadap pelaporan LHKPN yang dilakukan Bank Kalsel. Hal ini tidak terlepas dari dukungan KPK RI yang telah mensosialisasikan kewajiban penyampaian pelaporan LHKPN kepada lingkup pejabat Bank Kalsel.

“Saya mewakili segenap jajaran manajemen Bank Kalsel mengucapkan terima kasih kepada KPK RI yang telah memberikan apresiasi capaian laporan 100% LHKPN. Pencapaian ini merupakan bentuk komitmen Bank Kalsel dalam menerapkan tata kelola perusahaan yang baik di setiap tingkatan organisasi dan pada setiap aktivitas perusahaan termasuk di antaranya penerapan program pengendalian gratifikasi,” pungkas Hanawijaya. [adv/ad]

Continue Reading

Daerah

Pembayaran Gaji ASN Tanbu, Bank Kalsel Tawarkan Sistem One Step Payroll 

Published

on

Direktur Bank Kalsel, Hanawijaya dihadapan Pejabat lingkup Pemkab Tanah Bumbu (Tanbu). (Foto: Ist) 

TANAH BUMBU, SuaraBorneo.com – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) selama ini melakukan transaksi pembayaran gaji ASN tidak harus tanggal 1 di awal bulan, mengingat ada benturan dengan hari libur yang mengakibatkan penundaan pembayaran gaji hingga terjadi pembayaran di atas tanggal 1.

Kendati demikian Bank Kalsel menawarkan kepada seluruh ASN ataupun pimpinan SKPD di lingkup Pemkab Tanbu berupa sistem one step payroll atau sistem robotik.

Sistem tersebut memiliki arti transaksi pembayaran secara otomatis bisa diterima tepat pada tanggal 1 meski saat itu sedang hari libur.

“Melalui sistem ini akan mempermudah ASN menerima gaji meski tanggal 1 itu bertepatan hari libur Minggu atau tanggal merah lainnya,” kata Direktur Bank Kalsel, Hanawijaya dihadapan Pejabat lingkup Pemkab Tanbu, Senin 20 Juni 2022 kemarin di ruang rapat Bupati.

Tak hanya itu, Hanawijaya juga memaparkan tentang kemudahan layanan Bank Kalsel dalam hal peminjaman dana bagi ASN.

“Pinjaman ini berbasis digital, Nasabah cukup satu kali datang tanpa harus bolak balik. Dengan artian cukup sekali urus atau cukup sekali tanda tangan,” terangnya.

Dia menambahkan, sistem Ready Cash Bank Kalsel tak kalah penting dalam memberi kemudahan bagi ASN.

“Misalnya kehabisan dana saat bepergian keluar daerah, dengan sistem Ready Cash nasabah bisa diberi kasbon, maka setelah awal gajihan dengan sendirinya akan terpotong,” ujarnya.

Terkait sistem tersebut, Sekda Tanbu H. Ambo Sakka mengatakan, pihaknya menanggapi positif, dimana hal demikian turut memberi kemudahan bagi ASN.

Menurutnya kelebihan sistem itu sepertinya akan mempermudah kerja bendahara dalam hal pengelolaan pembayaran.

Untuk menindaklanjuti sistem ini, saya minta para pimpinan SKPD agar merapatkan secara internal di kantornya masing-masing,” tutup Sekda. (adv/ad)

Continue Reading

Banjarmasin

BI Launching Implementasi SIAP QRIS Duta Mall Dan Kick Off Perluasan Implementasi SIAP QRIS Di Kalsel

Published

on

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Bank Indonesia (BI) “Launching Implementasi SIAP QRIS Duta Mall Dan Kick Off Perluasan Implementasi SIAP QRIS di Kalimantan Selatan”. Tujuan untuk mendorong implementasi penggunaan QRIS pada transaksi ritel yang berada di Pusat Perbelanjaan Modern atau di Pasar Modern dan juga pasar-pasar tradisional yang dikemas dalam kegiatan Sehat Inovatif Aman Pakai atau SIAP QRIS yang merupakan program kolaborasi antara Bank Indonesia dengan Kementerian Perdagangan untuk mendukung perluasan dan peningkatan transaksi non tunai melalui pemanfaatan QRIS.

Penyelenggaraan kegiatan pada hari ini,  Minggu (4/6/2022), merupakan bentuk nyata dari sinergi program SIAP QRIS yang terjalin antara Bank Indonesia dengan PJP dalam hal ini salah satunya adalah Bank Mandiri dalam mendorong perluasan akseptasi pembayaran digital masyarakat melalui pemanfaatan pembayaran digital menggunakan QRIS di Duta Mall. Implementasi SIAP QRIS di Duta Mall tidak hanya menyasar pada merchant saja, namun juga kami mendorong penggunaan QRIS pada pembayaran parkir serta sarana dan prasarana umum lainnya semisal infak/donasi di Masjid.

Selain pada pusat perbelanjaan modern atau pasar modern, program SIAP QRIS ini juga menyasar implementasi di Pasar-Pasar Tradisional. Pada area Kalimantan Selatan, di tahun 2022 ditargetkan sebanyak 7 pasar tradisional yang akan mengimplementasikan SIAP QRIS. Sampai dengan bulan Mei 2022, telah dilaksanakan SIAP QRIS di 1 pasar yaitu Pasar Permata CBS Martapura. Jumlah capaian ini akan terus didorong dengan kolaborasi bersama Dinas Perdagangan ataupun PD Pasar serta PJP terkait.

Sampai dengan Mei 2022 jumlah merchant QRIS di Kalimantan Selatan mencapai sekitar 203 ribu merchant/pedagang. Dengan sebaran merchant tertinggi ada di Kota Banjarmasin yaitu sebesar 86.810 merchant (42,6%) disusul dengan Kota Banjarbaru sebanyak 23.753 merchant (11,66%). Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat, seiring dengan implementasi SIAP QRIS yang akan terus di dorong.

 

Perluasan implementasi merchant QRIS ini juga diharapkan dapat mendorong pencapaian target 15 juta pengguna merchant baru secara nasional. Sampai dengan posisi April 2022, jumlah pengguna QRIS di wilayah Kalimantan Selatan sudah mencapai 151.466 pengguna. Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebesar 35,25% dari posisi awal tahun 2022. Diharapkan dengan berbagai program yang diterapkan, target 300.000 pengguna di akhir tahun 2022 dapat dicapai.

Menunjuk data transaksi yang menggunakan QRIS, sampai dengan posisi Maret 2022 terdapat 495.536 transaksi dengan nilai nominal mencapai 29,2 Milyar Rupiah. Transaksi terbesar didominasi oleh transaksi pada usaha mikro yaitu sebesar 45,2% dari keseluruhan transaksi. Hal ini semakin menunjukkan adanya optimisme untuk terus mendorong perluasan Implementasi QRIS pada pasar-pasar tradisional dan transaksi ritel lainnya.

Implementasi QRIS ini juga tidak hanya terbatas pada penggunaannya pada sektor ritel saja, seperti untuk UMKM, pedagang di pasar tradisional dan pasar modern, namun juga dapat dimanfaatkan untuk mendukung program digitalisasi Transaksi Pemerintah Daerah pada sisi pendapatan dari pembayaran pajak dan juga retribusi. Perluasan penggunaan QRIS ini juga nantinya dapat berpengaruh terhadap nilai Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (IETPD).

IETPD ini juga akan menjadi salah satu indikator yang digunakan dalam penilaian championship TP2DD yang mulai dilakukan pada tahun 2022 atas kinerja yang dilakukan pada tahun 2021.

Tantangan terbesar dalam perluasan implementasi ini, adalah masih belum meratanya pemahaman terkait dengan QRIS bagi masyarakat dan juga masih belum luasnya akseptansi QRIS di wilayah Kalimantan Selatan. Oleh karena itu, mohon bantuan dari PJP yang ada di Kalimantan Selatan untuk terus mendorong edukasi QRIS di masyarakat atau komunitas komunitas.
Kami mengharapkan dukungan, sinergi dan kolaborasi seluruh stakeholder khususnya Dinas Perdagangan dan juga PJP dalam percepatan digitalisasi termasuk implementasi SIAP QRIS di wilayah Kalimantan Selatan.

Dilaksanakan kick off bersama oleh Kepala Dinas Perdagangan di wilayah Kalimantan Selatan sebagai bentuk komitmen pelaksanaan implementasi SIAP QRIS di wilayahnya masing-masing.

Pada kesempatan yang baik ini juga, pada saatnya nanti kami mohon kesediaan dari Bapak Juda Agung, untuk dapat memberikan sambutan sekaligus melakukan prosesi launching SIAP QRIS di Duta Mall serta turut menyaksikan kick off perluasan implementasi SIAP QRIS di Kalimantan Selatan.

Kegiatan dihadiri Kepala Departemen Regional Bank Indonesia, Dwi Pranoto, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan, Drs. H. Birhasani, M.Si.
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kalimantan Selatan, Drs. Gusti Yanuar Noor Rifai, M.Si. Walikota Banjarmasin dalam hal ini diwakili oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangungan, Ir. Doyo Pudjadi, Pemimpin Wilayah Bank Mandiri Regional IX Kalimantan, Jan Winston Tambunan, Direktur Utama Duta Mall yang diwakili oleh Direktur Utama PT Tata Optima Property, Sarjono, Kepala Dinas Perdagangan Kota dan Kabupaten se Kalimantan Selatan atau yang mewakili, Kepala SKPD terkait, Pimpinan Wilayah maupun Head Area Bank di wilayah Kalimantan Selatan; Pimpinan Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) wilayah Kalimantan Selatan atau yang mewakili;
Pimpinan Kantor Pusat Bank Indonesia.

Sebagai kata penutup ijinkan kami menyampaikan pantun.

Rumah Banjar batawing papan
Lawangnya bapalang kayu jati
Meskipun tantangan berada di depan
Semua akan mudah kalau optimis dan bersinergi

Burung halang burung kaliyangan
Tinggi tarabang ka angkasa biru
Mari kita bergandeng tangan
Untuk wujudkan Banua dan Indonesia maju

Sekian dan terima kasih.
Wassalamu’alaikum wr. wb.

[ad/rls-bi]

Continue Reading

Banjarmasin

Pocari Sweat Sport (Run) Tourism 2022 Digelar Di Banjarmasin Kota Seribu Sungai

Published

on

Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina saat melakukan start dimulainya Pocari Sweat Sport (Run) Tourism 2022. (Foto: Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – POCARI SWEAT SPORT (RUN) TOURISM adalah event olahraga hasil kerjasama PT Amerta Indah Otsuka dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang diselenggarakan di kota-kota tujuan wisata prioritas di Indonesia tahun 2022. Tujuan dari event ini salah satunya adalah untuk menggerakkan kembali perekonomian di destinasi-destinasi wisata Indonesia, sekaligus mendorong para pecinta olahraga untuk menikmati keindahan wisata dalam negeri.

Banjarmasin menjadi salah satu kota tujuan dari event POCARI SWEAT SPORT (RUN) TOURISM tahun ini karena para pelari akan melewati beberapa tempat ikonik yang ada di Banjarmasin disebut utk sebagai kota Seribu Sungai, salah satunya adalah Patung Bekantan sebagai lokasi garis Start dan Finish pada Minggu (5/6/2022). Dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang sangat ketat para pelari akan menempuh jarak lari 5K (Lima Kilometer) dan diikuti lebih dari seratus lima puluh pelari yang berasal dari beberapa kota Indonesia. Banjarmasin menjadi kota ketiga yang dipilih untuk event POCARI SWEAT SPORT (RUN) TOURISM 2022 dan nantinya akan disusul oleh kota-kota selanjutnya.

Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyatakan, “Kami menyambut baik penyelenggaraan POCARI SWEAT SPORT (RUN) TOURISM 2022 yang menggabungkan olahraga dengan pariwisata. Event ini memberikan pengalaman yang berkualitas dan berkelanjutan karena selain berolahraga para peserta juga dapat menikmati keindahan destinasi dan produk ekonomi kreatif di Banjarmasin. Keberhasilan penyelenggaraan acara ini menjadi sinyal kebangkitan ekonomi serta pariwisata dan ekonomi kreatif di Banjarmasin setelah dua tahun terdampak akibat pandemi.”

Sudarmadi Widodo – HCD & Corporate Affairs Director PT Amerta Indah Otsuka bersama team dilokasi patung Bekantan di kota Banjarmasin. (Foto: Ist)

“Jumlah peserta yang terbatas telah dipilih dengan sistem undian dari ratusan peserta yang sebelumnya sudah mendaftar. Kegiatan POCARI SWEAT SPORT (RUN) TOURISM 2022 ini pun tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat ketika memasuki area event,” ungkap Sudarmadi Widodo – HCD & Corporate Affairs Director PT Amerta Indah Otsuka

Dengan suksesnya POCARI SWEAT SPORT (RUN) TOURISM bekerjasama dengan KEMENPAREKRAF pada tahun 2021 yang berhasil digelar di tujuh destinasi wisata Indonesia dan banyaknya antusias para pelari yang mendaftar sehingga acara ini terus dilanjutkan ditahun 2022 dengan destinasi yang berbeda dan tentunya akan menaikkan kembali sektor pariwisata di Indonesia.

Soraya Larasati mengatakan, ”Berlari sambil menikmati keindahan kota dan pemandangan serta keanekaragaman yang ada di Banjarmasin ini sangat menarik ditambah dengan makanan khas serta kegembiraan para warga yang menyambut acara ini menambah semangat saya untuk berlari.

“Antusiasme dari para pelari terhadap event ini sangat besar dan kami harap para pelari bisa mendapatkan pengalaman baru, tidak hanya berlari tetapi juga menikmati keindahan kota, kebudayaan serta makanan khas yang ada di Banjarmasin.”, tutup Sudarmadi Widodo. [ad/rls]

Untuk informasi lebih lanjut mengenai POCARI SWEAT SPORT (RUN) TOURISM 2022 silakan mengunjungi Instagram @pocarisportid atau silakan menghubungi:

IDA MALIKA
Corporate Communications
PT Amerta Indah Otsuka
+62 8129 0623 035
Idayatih@aio.co.id

Continue Reading

Umum

Populer