Kapuas Wakili Kalteng Lomba Inovasi TTG Tingkat Nasional 2021 – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15 IK-AN-1A

Kalteng

Kapuas Wakili Kalteng Lomba Inovasi TTG Tingkat Nasional 2021

Published

on

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Kabupaten Kapuas Kalimantam Tengah sukses menjadi pemenang dan berhasil meraih juara pertama dalam Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah dan selanjutnya berhak mewakili Provinsi Kalimantan Tengah untuk diikutsertakan pada Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional XXII Tahun 2021 yang rencananya akan diselenggarakan di Provinsi Jawa Barat pada sekitar bulan Oktober 2021 mendatang.

Pengumuman ini ditetapkan berdasarkan Keputusan Gubernur Kalimantan Tengah Nomor: 188.44/263/2021 tentang Pemenang Inovasi Teknologi Tepat Guna dan Teknologi Tepat Guna Unggulan Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2021, dimana Kabupaten Kapuas sukses menyisihkan para inovator TTG perwakilan Kabupaten/Kota se Provinsi Kalimantan Tengah yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalteng.

Adapun peserta yang akan mewakili Provinsi Kalteng dan Kabupaten Kapuas di kancah nasional dalam lomba TTG tersebut yaitu Bapak dr. H. M. Rosihan Anwar yang berhasil meraih juara pertama dengan membawa inovasi yang disebut dengan Pemanfaatan Kayu Galam sebagai Bahan Pengganti Besi pada Konstruksi Tulang Ikan (Fish Bone).

Oleh karena itu, Bupati Kapuas Ir. Ben Brahim S Bahat, MM. MT usai memberikan secara langsung Piagam Penghargaan kepada dr. H. M. Rosihan Anwar yang disaksikan oleh Kepala Dinas PMD Yanmarto, SH, M.Hum, Kepala Diskominfo Dr. H. Junaidi dan Kabid Pemberdayaan Desa & Kelurahan Syaiful Fadjri, S.STP, MPA, menyampaikan penghargaan dan apresiasi atas penelitian yang dilakukan oleh dr. H. M. Rosihan Anwar, karena menurutnya penelitian tersebut merupakan sesuatu yang langka dan luar biasa. Ia pun berharap agar temuan itu dapat bermanfaat bagi Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalteng, Indonesia maupun dunia.

“Hal ini merupakan sesuatu yang luar biasa dan bermanfaat bagi dunia konstruksi dengan menghemat besi. Beliau melihat potensi yang ada di Kalimantan Tengah bahwa kayu galam melimpah. Sekali lagi saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang luar biasa, saya yakin dan percaya pada saat mengikuti lomba di kancah nasional Beliau membawa nama harum Kalimantan Tengah, secara khusus Kabupaten Kapuas,” ungkapnya ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (1/9/2021) kemarin.

Ditempat yang sama, dr. H. M. Rosihan Anwar menyampaikan apresiasinya dimana ia telah diberikan sertifikat sebagai juara satu lomba TTG Kabupaten Kapuas, ini tidak lain bahwa dirinya melihat kayu galam merupakan potensi yang luar biasa bagi Kapuas yang mana belum dimanfaatkan secara maksimal.

Rosihan Anwar berharap, masyarakat Kabupaten Kapuas dapat memanfaatkan penemuan ini sebagai salah satu komponen bangunan dan juga menjadi salah satu jalan keluar bagi pemerintah untuk bisa membantu masyarakat dalam hal sandang, pangan maupun papan tetapi belum maksimal.

“Mudah-mudahan dari segi kebutuhan papan pemerintah Kabupaten Kapuas terpenuhi dan menjadi sesuatu terobosan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Saya pun memohon doa restu dari masyarakat Kabupaten Kapuas agar bisa menjuarai tingkat nasional dalam lomba TTG tahun ini,”terangnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kapuas menyampaikan rasa bangganya bahwa Kabupaten Kapuas bisa mewakili Kalteng di lomba TTG Tingkat Nasional yang proses seleksi nya saat ini sedang berlangsung oleh Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Yanmarto berharap pula bahwa peserta yaitu Bapak dr. Rosihan Anwar mendapatkan hasil yang terbaik pada lomba TTG Tingkat Nasional dan temuan yang telah diciptakan dapat bermanfaat bagi masyarakat serta mengharapkan adanya lebih banyak lagi terciptanya inovasi atau temuan berikutnya yang muncul dan berkembang di tengah masyarakat Kabupaten Kapuas di tahun mendatang. (ujang/ery-SB)

Kalteng

Ultah ke 55 Plt Sekwan Kapuas Ucapkan Terima Kasih Kepada Ketua dan Anggota DPRD

Published

on

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Ada hal menarik usai pelaksanaan rapat paripurna di Kantor DPRD Kapuas, Selasa (29/11/2022).

Ketua DPRD Kapuas Ardiansah didampingi Wakil Ketua I Yohanes Wakil Ketua II Efan Rahman Saputra serta sejumlah anggota dewan mengucapkan selamat ulang tahun ke 55 untuk Plt Sekwan DPRD Kapuas Hj Marlina.

Pada kesempatan itu Ketua DPRD Kapuas Ardiansah secara simbolis memberikan tumpeng kepada Plt Sekwan sebaliknya kepada unsur pimpinan dewan.

“Semoga Plt Sekwan DPRD Kapuas Ibu Hj Marlina selalu diberikan kesehatan panjang umur bahagia serta dapat menjalankan tugas dan pelayanan yang baik, “ucap Ketua DPRD Kapuas Ardiansah.

Plt Sekwan DPRD Kapuas Hj Marlina menyampaikan terima kasih kepada ketua dan anggota dewan yang telah memberi perhatian selama ini. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Raperda APBD Kabupaten Kapuas Tahun 2023 Disetujui

Published

on

Ketua DPRD Kapuas Ardiansah. (foto/Suhaili).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Raperda APBD Kabupaten Kapuas Tahun Anggaran (TA) 2023 disetujui. Persetujuan tersebut tertuang dalam rapat paripurna ke X masa persidangan pertama, Selasa (29/11/2022).

Rapat paripurna di Kantor DPRD dpimpin Ketua DPRD Kapuas Ardiansah Wakil Ketua I Yohanes Wakil Ketua II Efan Rahman Saputra serta anggota DPRD.

Dari eksekutif Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor
mewakili Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat Forkopimda Sekda Kapuas Septedy serta OPD.

Ketua DPRD Kapuas Ardiansah kepada awak media usai kegiatan Selasa (29/11/2022) mengatakan untuk raperda APBD TA 2023 Kabupaten pada hari ini resmi disetujui dengan penandatanganan.

“Ya sudah disetujui untuk selanjutnya sesuai mekanisme dan ketentuan disampaikan kepada gubernur untuk evaluasi, ” kata legislator Partai Golkar itu.

Sebelumnya telah dilakukan pembahasan bersama antara TAPD dan dewan terkait APBD Kabupaten Kapuas Tahun 2023 tersebut.

Adapun rancangan skema APBD Kabupaten Kapuas Tahun 2023 yakni
Pendapatan Rp. 2.252.316.387.888.00
Belanja Rp. 2.226.619.285.544.00 Surplus (defisit) Rp. 25.697.102.344.00
(ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Mentan Tinjau Kawasan Food Estate di Kabupaten Kapuas

Published

on

Mentan RI Syahrul Yasin Limpo saat mengunjungi Kawasan Food Estate di kecamatan Dadahup Kabupaten Kapuas. (foto/ist).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah meninjau kawasan Food Estate di Desa Bentuk Jaya A5 Kecamatan Dadahup Kabupaten Kapuas, Sabtu (36/11/2022).

Kunker Mentan didampingi Wakil Gubernur Kalteng H Edy Pratowo dan Dandrem 102/Pjg Brigjen TNI Yudianto Putrajaya beserta rombongan dalam rangka percepatan tanam lahan ekstensifikasi Food Estate.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan lahan yang berada di Dadahup ini memiliki keasaman atau tingkat (PH)
yang sangat rendah sehingga menyebabkan produktivitas padi yang tidak terlalu tinggi.

“Oleh karena itulah perlu kita benahi. Kita tak bisa melihat hasilnya dalam satu dua tahun ini. Namun masa depanlah yang harus kita persiapkan untuk ketahanan pangan Indonesia, ” jelasnya Mentan.

Namun demikian imbuhnya bahwa
lahan yang digunakan ini tidak termasuk dalam lahan rawa gambut yang dilindungi.

“Lahan di sini debit airnya naik turun tergantung cuaca dan itu sangat dinamis sekali. Kita baru belajar satu dua tahun dan hasilnya cukup bagus.

Karenanya kita harapkan lahan ini tidak hanya ditanam padi dan jagung saja tetapi juga kelapa dan buah-buahan lainnya, “ujarnya.

Dalam kegiatan dilaksanakan penanaman padi Varietas Inpari 32 yang mana benihnya berasal dari penangkar lokal Kalteng sehingga sudah adaptif agroklimat rawa disamping peninjauan infrastruktur di area kawasan Food Estate.

Sedangkan Wagub Kalteng H Edy Pratowo mengatakan kedaulatan pangan harus dimulai dari swasembada pangan yang secara bertahap diikuti dengan peningkatan nilai tambah usaha pertanian secara luas untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

“Harapan kita bersama kawasan Food Estate ini menjadi lumbung ketahanan pangan nasional, ” katanya. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Gerbong Pemerintah Bergerak Bupati Kapuas Lantik 10 Kepala OPD

Published

on

Pengambilan sumpah janji pejabat tinggi pratama oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat di Aula Kantor Bupati Kapuas Kamis (24/11/2022). (Foto/Ist).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Gerbong Pemerintah Kabupaten Kapuas bergerak. Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat melantik sebanyak 10 pejabat tinggi pratama eselon II B Kepala OPD lingkup Pemkab Kapuas di Aula Kantor Bupati Jalan Pemuda Kuala Kapuas, Kamis (24/11/2022).

Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT mengatakan pelantikan terhadap sejumlah pejabat tinggi pratama sudah sesuai proses seleksi dan ketentuan perundangan aturan yang berlaku.

“Untuk itu laksanakan tugas dengan baik sesuai ketentuan berlaku. Saya minta para pejabat untuk segera melakukan pembenahan di OPD masing-masing. Tunjukkan kinerja yang baik kedepankan pelayanan masyarakat, “pinta orang nomor satu di Kapuas itu. k

Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Drs Septedy MSi mengatakan pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan pimpinan tinggi dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas ini di lakukan untuk pemenuhan kebutuhan organisasi dan pengembangan karir.

“Ini berdasarkan penilaian kinerja dan kompetensi jabatan pimpinan tinggi pejabat pratama Kabupaten Kapuas. Sedangkanuntuk kekosongan pejabat tinggi di OPD sesuai mekanisme akan dilakukan seleksi ketat, “jelas Sekda.

Adapun 10 pejabat pimpinan tinggi pratama yang dilantik adalah :

1. Ahmad M Saribi jabatan baru Asisten III Setda Kapuas.

2. Idie Gaman jabatan baru Kepala BPPRD Kapuas.

3. Catur Ferianto jabatan baru Kepala Bappeda Kapuas.

4. H Suparman Jabatan baru Staf Ahli Kemasyarakatan Setda Kapuas.

5. Aswan jabatan baru Kepala Kepala Dinas Pendidikan Kapuas.

6. Budi Kurniawan jabatan baru Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kapuas.

7. Yanmarto jabatan baru Kepala Dinas Sosial Kapuas.

8. Suwarno Muriyat jabatan baru Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kapuas.

9. Komari jabatan Kepala BKPSDM Kapuas.

10. Kusmiati jabatan baru Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kapuas. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Camat Minta Lurah di Kecamatan Selat Sosialisasikan Perbup Nomor 61/2022

Published

on

Camat Selat Yaya setiabudi. (foto/ist).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Camat Selat Yaya Setiabudi meminta lurah di wilayah Kecamatan Selat agar mensosialisasikan Perbup Nomor 61 Tahun 2022.

“Supaya disoalisasi Perbub tersebut sehingga masyarakat tahu terkait pendirian sarang burung walet,” kata Yaya, Rabu (23/11/2022).

Menurutnya terkait keberadaan sarang burung walet di wilayah Kecamatan Selat saat ini terus melakukan inventarisasi lapangan berapa jumlah termasuk produksi.

Hanya saja imbuh camat terkait pendirian sarang burung walet yang baru akan diberikan toleransi mengacu Perbup 61/2022 itu.

“Terkait radius jarak dari sungai apakah dekat sarana pendidikan fasilitas publik juga harus mendapat persetujuan warga, “ujarnya.

Camat menambahkan karena itulah
dengan adanya Perbup tersebut diharapkan keberadaan saramg burung walet dapat mendongkrak PAD. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

DPRD Kapuas Gelar Paripurna PAW Anggota

Published

on

Paripurna PAW anggota DPRD Kapuas berlangsung di Kantor DPRD Kapuas Kamis (24/11/2022). (foto/ist).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – DPRD Kapuas menggelar rapat paripurna Pengganti Antar Waktu (PAW) pada Kamis (24/11/2022).

Rapat paripurna dihadiri Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat Forkopimda OPD waket I DPRD Kapuas Yohanes
serta anggota. Rapat tersebut dipimpin Ketua DPRD Kapuas Ardiansah.

Plt Sekwan DPRD Kapuas Hj Marlina menyampaikan PAW tersebut berdasar SK Gubernur Kalteng Nomor 188.44/333/2022 tentang peresmian PAW anggota DPRD Kabupaten Kapuas sisa masa jabatan 2019-2024.

Atas nama H Fahmi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Ketua DPRD Kapuas Ardiansah mengatakan kepada H Fahmi sebagai anggota dewan yang baru dilantik dapat bekerja sama dengan baik. “Harapannya dapat membawa aspirasi masyarakat dari dapil V, ” kata legislator Partai Golkar itu.

Sementara itu H Fahmi usai dilantik menyampaikan kalau dirinya sebagai wakil rakyat siap melaksanakan tugas dengan baik mengemban amanah rakyat. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Warga Jalan Tendean Kapuas Ditemukan Tewas Gantung Diri

Published

on

 Jasad Muhammad Rizky warga Jalan Kapten P Tendean Kuala Kapuas yang ditemukan tewas di dalam kamarnya karena gantung diri (foto/ist).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Seorang warga Jalan Kapten Pierre Tendean Gang 10 Kuala Kapuas MR (18) ditemukan tewas gantung diri di dalam kamarnya sekitar pukul 17.15 Wib Rabu (23/11/2022).

Kapolres Kapuas AKBP Qori Wicaksono SIK melalui Kasat Reskrim Iptu Iyudi Hartanto STK SIK dikonfirmasi Kamis (24/11/2022)
membenarkan penemuan seorang warga gantung diri itu.

Adapun kronologis kata Kasat Reskrim berawak saksi Habibah ibunya melihat kamar korban tertutup.

Merasa penasaran dirinya lalu mengintip kamar korban dan betapa terkejut melihat MR dalam tergantung di atas kasur.

Ia pun kemudian memanggil suaminya Kamaludin ayah korban mendobrak pintu dan memotong tali yang menggantung korban hingga melaporkan kejadian tersebut.

Kasat Reskrim melanjutkan dari olah TKP ditemukan kursi plastik warna coklat diatas kasur jarak dari ikatan tali paling atas sampai ke kasur 2. 80 M.

Panjang tali dari kayu sampai dengan leher korban 1.20 M. Pada saat dilakukan pengukuran tubuh korban didapat tinggi korban 1. 70 M.

“Tak ada tanda bekas kekerasan di tubuhnya. jasad korban dibawa ke RSUD Kapuas untuk divisum,”katanya. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Warga Anjir Mambulau Barat Hilang Tenggelam Ditemukan Meninggal Dunia

Published

on

Evakuasi korban tenggelam warga Desa Anjir Mambulau Barat. (foto/ist)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Seorang warga Desa Anjir Mambulau Barat Kecamatan Kapuas Timur Kabupaten Kapuas bernama Lismansyah (84) warga RT 04 Kapuas Timur dilaporkan hilang, Senin (21/11/2022).

Kepala BPBD Kapuas Panahatan Sinaga melalui rilis Pusdalops BPBD Selasa (22/11/2022) mengatakan berawal adanya laporan masyarakat terkait informasi tersebut.

Dari informasi tersebut lanjut Sinaga korban sekitar pukul 16.30 Wib sedang mandi di pinggiran sungai diduga tenggelam. Selanjutnya sekitar pukul 17. 00 Wib ternyata sudah tak ada ditempat hanya pakaian korban yang tertinggal.

“Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD dengan menggunakan speed boat terus melakukan pencarian bersama tim gabungan Sat Polairud Polsek Kapuas Timur BPBD Relawan dan masyarakat baik di hutan dan di sungai sekitar lokasi korban hilang, “katanya.

Hingga sekitar pukul 5.25 Wib Selasa (22/11/2022) pagi korban akhirnya ditemukan meninggal dunia dan selanjutnya diserahkan kepada pihak keluarga. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Kadis PUPRPKP Kapuas Ajukan Program Proyek Jalan Dan Jembatan

Published

on

Kepala Dinas PUPRPKP Kapuas Teras ST MT didampingi Kepala Bappeda M Saribi Ssi MT dan Camat Kapuas Tengah Muses. (Foto/Suhaili).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan Dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Kabupaten Kapuas Teras ST MT mengajukan program proyek perubahan (Proper) pada Diklatpim Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XXVII Tahun 2022.

Program proyek tersebut yakni pembangunan jalan Buhut Jaya – Merapit menyusul Pembangunan Jembatan Sei Kapuas di Kecamatan Kapuas Tengah.

“Desain strategi saya bagaimana percepatan pembangunan melalui proyek perubahan, ” kata Teras ketika menyampaikan penjelasan didampingi Kepala Bappeda M Saribi dan Camat Kapuas Tengah di Aula Kantor Dinas PUPRPKP Kapuas Senin (21/11/2022).

Dijelaskan strategi percepatan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di Kabupaten Kapuas yang melibatkan (partisipasi) perusahaan besar swasta (PBS) baik itu yang bergerak dari sektor perkebunan kelapa sawit tambang batu bara dan kehutanan.

Lebih lanjut dijelaskan terkait langkah upaya mewujudkan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan dimaksud dengan dukungan stake holder PBS-PBS yang beroperasi di wilayah itu sehingga dapat membantu Pemda.

“Pembangunan jalan Buhut – Marapit dan jembatan Sei Kapuas akan mempermudah dan mempersingkat akses aktivitas PBS. Sedangkan pembangunan jembatan dengan bentang 115 meter bentuk lengkung dengan jalan dianggarkan Rp48 milyar,” katanya.(ujang/ery-SB).

Continue Reading

Populer