google-site-verification=2H-sCxyC_PivVEQYOA-YOWReGFaUAEieNeSeN4I1XnQ Kisruh Dibalik Kenaikan Tarif Bandara Soekarno-Hatta Masih Diselidiki – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-8

Jakarta

Kisruh Dibalik Kenaikan Tarif Bandara Soekarno-Hatta Masih Diselidiki

Published

on

Adil Karim (Ketua umum ALFI)

JAKARTA, suaraborneo.com – Sampai kini belum jelas akar masalah mengapa terjadi berbagai kenaikan tarif di lingkungan Soekarno Hatta yang berada di bawah naungan PT (Persero) Angkasa Pura (AP) 2. Untuk memperjelas soal ini Kantor Menko Maritim dan Investasi, Kementerian Perhubungan dan Kantor Meneg BUMN masing-masing akan mengirim tim untuk memperjelas apa persoalan yang sebenarnya terjadi.

Pengurus Assosiasi Logistik dan Forwaders Indonesia (ALFI ) cabang Jakarta, medio Juni telah berkirim surat ke Kementerian Perhubungan menolak kenaikan tarif yang dikenakan kepada mereka oleh para pengelola gudang di terminal Soekarno-Hatta. Tapi sampai saat ini mereka mengaku surat tersebut belum mendapat tanggapan dari Kementerian Perhubungan.

Sedang para pengelola gudang mengaku sebenarnya sampai saat ini mereka belum pernah melakukan kenaikan tarif, melainkan hanya menambahkan surcharge rata-rata sekitar 4OOan rupiah per kilo. Hal itu mereka lakukan sebagai dampak ada pengenaan biaya baru dari AP2 yang dinamakan renewal fee tiap per m2.
Para pihak pengelola gudang menerangkan, kenaikan biaya dari AP2 mencakup dua kompenen, yaitu pertama revenue share, dan kedua perhitungan MOB (minimun omzet broto) menjadi rata-rata 6OOan rupiah tiap meter persegi. Akibat kenaikan ini, dalam perhitungan para pengelola gudang mengakibatkan pembayaran yang harus ditanggung penyewa gudang atau operator ke AP2 dari komponen ini saja melonjak menjadi naik 300%. Itulah sebabnya untuk mempertahankan dari defisit operasional, dan tidak tekor terus menerus, para pengelola gudang di kawasan Soeharto – Hatta mengaku mengenakan penyesuaian tarif itu kepada para pengusaha Cargo dan forwaders. Jika langkah itu tidak mereka lakukan, mereka mengaku kemungkinan bakal gulung tikar.

Ghamal Peris (direktur operasiona AP2)

Tetapi para operator juga menghadapi dilema. Apabila tarif terus dinaikan maka volume cargo udara dipastikan bakal terjun bebas turun karena beralih ke moda transpotasi darat yang lebih murah.

Ketua Umum ALFI, Adil Karim, mengungkapkan, assosiasinya memang menerima pemberithuan adanya kenaikan tarif logistik dan pos internasional rata-rata 25%.

Laman: 1 2 3 4

Jakarta

Relawan Muda Airlangga Bertemu Geisz Chalifah Saling Dukung di Pilpres 2024

Published

on

Koordinator RMA Relawan Muda Airlangga Hartarto, Firman Mulyadi bersama Geisz Chalifah seorang aktivis, budayawan, komisaris di PT Pembangunan Jaya Ancol. (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Tahun 2022 akan menjadi tahun komunikasi politik menjelang persiapan Pilpres 2024. Komunikasi politik sangat diperlukan untuk membuka ruang gagasan dan ruang koalisi para Capres dan Cawapres.

Hari Jumat, 28 Januari 2022, di Restoran Ombak Laut Ancol dua pentolan pendukung garis keras para tokoh yang diunggulkan pada pilpres 2024 mendatang berkumpul berdiskusi.

Geisz Chalifah seorang aktivis, budayawan yang kini menjabat komisaris di PT Pembangunan Jaya Ancol dan dikenal sebagai pendukung garis keras Anies Baswedan bertemu dengan Firman Mulyadi Koordinator RMA Relawan Muda Airlangga Hartarto.

Continue Reading

Jakarta

PP JMSI Silaturahim dengan Ketua Umum HIPMI, Ini Hasil Percakapannya

Published

on

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Mardani H Maming bersama Sekretaris Jenderal (Sekjen) Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Mahmud Marhaba. (Foto/JMSI)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Mahmud Marhaba, melakukan silaturahim ke Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Mardani H Maming, Selasa (26/01/2022) di kantor HIPMI Pusat di gedung Tresure SCBD District 8 Jakarta.

Sekjen JMSI didampingi Bendahara Umum, Zaki Mubaroq dan Tim Kerja External JMSI, Nico Alpian.

Dalam percakapannya dengan Ketum HIPMI Mahmud menjelaskan terkait dengan keberadaan organisasi perusahan pers JMSI yang sejak tanggal 6 Januari 2022 telah ditetapkan sebagai konstituen dewan pers yang dibuktikan dengan SK Dewan Pers tertanggal 10 Januari 2022 yang ditandantangani langsung oleh Ketua Dewan Pers, Muhammad NUH.

Continue Reading

Jakarta

Rangkaian HPN 2022, KLH dan PWI Pusat Gelar Workhsop Rehabilitasi Mangrove

Published

on

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar. (Foto/Ist)

JAKARTA, suaraborneo.com – Ekosistem mangrove memiliki fungsi sangat penting karena berperan sebagai sabuk hijau bagi area pesisir dan sebagai ekosistem dengan simpanan karbon terbesar. Tak hanya itu, melalui skema perdagangan karbon, Indonesia sebenarnya bisa mendapatkan pendapatan hingga 350 trilun rupiah dari transaksi jual beli sertifikat emisi karbon ini.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengatakan hutan mangrove memiliki sejumlah fungsi penting.

Salah satunya mampu mencegah abrasi laut. “Dari sisi fisik, mangrove berakar banyak dan batangnya kukuh mampu mencegah bahaya tsunami, ombak, dan abrasi laut,” kata Siti Nurbaya dalam sambutannya sekaligus membuka Workshop Percepatan Rehabilitasi Mangrove di Kempinski Hotel Indonesia, Jakarta, Kamis (20/1).

Dia juga menjelaskan mangrove memiliki fungsi ekologi yaitu menjadi filter polusi air dan udara karena sifatnya yang bisa tumbuh pada kondisi tanah berlumpur dan mampu menyerap polusi dari udara.

“Mangrove sebagai habitat tempat hidup dan berkembang biaknya berbagai jenis ikan dan biota laut lainnya,” ujar politikus Partai NasDem itu. Dia mengatakan mangrove memiliki fungsi ekonomi karena menghasilkan buah atau biji yang bisa dijadikan makanan atau minuman. Kulit batang dan daun mangrove juga bisa menjadi bahan baku pewarna batik.

Continue Reading

Jakarta

Akhirnya, JMSI Ditetapkan Sebagai Konstituen Dewan Pers

Published

on

Foto : Suasana Pelantikan Pengurus Pusat JMSI oleh Ketua MPR RI di hall Dewan Pers di Jakarta

JAKARTA, suaraborneo.com – Organisasi perusahaan media massa berbasis internet, Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI), telah ditetapkan sebagai konstituen Dewan Pers. Penetapan itu dilakukan dalam Rapat Pleno Dewan Pers pada Kamis sore (6/1/2022).

Rapat Pleno penetapan JMSI sebagai konstituen Dewan Pers dilakukan secara virtual dan dipimpin langsung oleh Ketua Dewan Pers M. Nuh.

JMSI didirikan di arena Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kini organisasi yang dipimpin duet Teguh Santosa dan Mahmud Marhaba itu telah memiliki Pengurus Daerah di 31 provinsi.

Continue Reading

Jakarta

Melalui Orsap Demokrat, AMPD DKI Jakarta Siap Dukung Visi Misi dan Program yang Dipaparkan Mujiyono

Published

on

JAKARTA, suaraborneo.com – Ketua DPD Angkatan Muda Penggerak Demokrat (AMPD) DKI Jakarta, Muhammad Alvin Fahrezy, SH, melakukan diskusi santai bersama Mujiyono, SE, Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta, Selasa (4/1/2022) sore.

Mujiyono yang juga Calon Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi DKI Jakarta, menyampaikan pembahasan soal sinergi dan kolaborasi antar kader Partai Demokrat, sekaligus memberikan motivasi untuk para anak-anak milenial Pimpinan Orsap Partai Demokrat DKI Jakarta.

Continue Reading

Jakarta

Menkes Pastikan Kesiapan RS dan Suplai Oksigen Hadapi Lonjakan Kasus Omicron

Published

on

Menkes Budi G Sadikin memberikan keterangan pers usai Ratas mengenai Evaluasi PPKM, Senin (03/02/2022), di Kantor Presiden, Jakarta. (Foto: Humas Setkab/Jay)

JAKARTA, suaraborneo.com – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menegaskan bahwa pihaknya terus memastikan kesiapan rumah sakit (RS) dalam menghadapi kemungkinan lonjakan kasus varian Omicron. Dari sekitar 400 ribu tempat tidur yang ada di RS sebanyak 30 persen atau 120 ribu telah dialokasikan untuk penanganan pasien COVID-19.

Hal ini disampaikan Menkes dalam keterangan pers usai Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Evaluasi PPKM yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Senin (03/01/2022) siang, di Kantor Presiden, Jakarta.

“Sekarang yang terisi sekitar 2.400-2.500-an. Jadi masih ada room lebih dari 110 ribu yang sebelumnya memang kita sudah dialokasikan untuk COVID-19,” terang Menkes.

Selain tempat tidur perawatan, pemerintah juga memastikan pemenuhan kebutuhan oksigen jika terjadi lonjakan. Menkes menyampaikan, setelah puncak kasus COVID-19 pada bulan Juli 2021 lalu pihaknya sudah mendatangkan 16 ribu oxygen concentrator atau setara dengan 800 ton per hari yang didistribusikan ke seluruh RS di Indonesia terutama yang akses oksigennya sulit.

“Kita juga sudah menerima dan sekarang sedang memasang, 70 persen sudah selesai, 31 oksigen generator. Ini oksigen yang besar yang bisa menyuplai satu rumah sakit dan juga bisa buat mengisi tabung, itu juga kita sudah siapkan,” ujarnya.

Continue Reading

Jakarta

Tahun Baru 2022, Pertamina: Stok BBM Nasional Aman

Published

on

JAKARTA, suaraborneo.com – Jelang pergantian tahun baru 2022, Pertamina memastikan stok BBM secara nasional dalam kondisi aman. Pertamina memastikan seluruh jenis BBM baik gasoline maupun gasoil serta avtur dalam kondisi aman.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menegaskan ketahanan stok BBM nasional jenis gasoline (Pertamax Turbo, Pertamax, Pertalite dan Premium) berada di atas 20 hari. Sementara ketahanan stok jenis gasoil (Solar, Biosolar, Dexlite dan Pertamina Dex) berada di atas 18 hari. Adapun ketahanan stok Avtur mencapai 36 hari.

“Pertamina telah melakukan pengamanan stok di seluruh rantai distribusi BBM mulai dari kilang hingga TBBM dan SPBU yang siaga 24 jam,” ujar Fajriyah.

Continue Reading

Jakarta

Tepis Hoax, Pertamina Himbau Masyarakat Tidak Panik, BBM dan LPG Aman

Published

on

JAKARTA, suaraborneo.com – PT Pertamina (Persero) menghimbau masyarakat tetap tenang, menggunakan BBM dan LPG sesuai kebutuhan serta tidak melakukan pembelian secara berlebihan, karena pasokan energi tersedia aman dan mencukupi.

Terkait pesan yang menyebar luas di masyarakat tentang himbauan isi penuh tanki bensin mulai 29 Desember 2021 s/d 7 Januari 2022, kami tegaskan bahwa informasi tersebut adalah hoax, tidak benar dan menyesatkan. Kami berharap masyarakat tidak melakukan panic buying, karena kami yakin seluruh pekerja Pertamina tetap mengedepankan kepentingan umum dan dapat bersama-sama menjaga kondusivitas dan kelancaran operasional,”ujar Fajriyah Usman, Vice President Corporate Communication Pertamina di Jakarta (23/12).

Menurut Fajriyah, saat ini Pertamina memiliki Satgas Natal dan Tahun Baru dan dilengkapi dengan PICC (Pertamina Integrated Command Center) yang melakukan monitoring 24 jam dan menjalankan kegiatan pengamanan ketersediaan dan distribusi BBM dan LPG, termasuk berkordinasi dengan Pemda dan pihak aparat. Ini juga dijalankan untuk mitigasi pengamanan distribusi terkait dengan aksi serikat pekerja Pertamina.

Continue Reading

Jakarta

DPC Grogol Petamburan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Lakukan Fogging untuk cegah penyebaran DBD

Published

on

JAKARTA, suaraborneo.com –Partai Solidaritas Indonesia ( PSI ) DPC Grogol Petamburan, kembali melakukan fogging atau pengasapan untuk mencegah penyebaran wabah Demam Berdarah Dengue (DBD), Minggu (19/12/2021). Kegiatan di Jl DR. Makaliwe 1, Kelurahan Grogol, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

“Ketua DPC Grogol Petamburan Bro Daniel juga mengatakan, Fogging ini Gratis dari Partai PSI bertujuan membantu masyarakat dalam permasalahan serangan DBD, mengingat saat ini sejumlah kawasan di DKI Jakarta kerap kali diguyur hujan.

Continue Reading

Umum

Populer

Adil Karim (Ketua umum ALFI)

JAKARTA, suaraborneo.com – Sampai kini belum jelas akar masalah mengapa terjadi berbagai kenaikan tarif di lingkungan Soekarno Hatta yang berada di bawah naungan PT (Persero) Angkasa Pura (AP) 2. Untuk memperjelas soal ini Kantor Menko Maritim dan Investasi, Kementerian Perhubungan dan Kantor Meneg BUMN masing-masing akan mengirim tim untuk memperjelas apa persoalan yang sebenarnya terjadi.

Pengurus Assosiasi Logistik dan Forwaders Indonesia (ALFI ) cabang Jakarta, medio Juni telah berkirim surat ke Kementerian Perhubungan menolak kenaikan tarif yang dikenakan kepada mereka oleh para pengelola gudang di terminal Soekarno-Hatta. Tapi sampai saat ini mereka mengaku surat tersebut belum mendapat tanggapan dari Kementerian Perhubungan.

Sedang para pengelola gudang mengaku sebenarnya sampai saat ini mereka belum pernah melakukan kenaikan tarif, melainkan hanya menambahkan surcharge rata-rata sekitar 4OOan rupiah per kilo. Hal itu mereka lakukan sebagai dampak ada pengenaan biaya baru dari AP2 yang dinamakan renewal fee tiap per m2.
Para pihak pengelola gudang menerangkan, kenaikan biaya dari AP2 mencakup dua kompenen, yaitu pertama revenue share, dan kedua perhitungan MOB (minimun omzet broto) menjadi rata-rata 6OOan rupiah tiap meter persegi. Akibat kenaikan ini, dalam perhitungan para pengelola gudang mengakibatkan pembayaran yang harus ditanggung penyewa gudang atau operator ke AP2 dari komponen ini saja melonjak menjadi naik 300%. Itulah sebabnya untuk mempertahankan dari defisit operasional, dan tidak tekor terus menerus, para pengelola gudang di kawasan Soeharto – Hatta mengaku mengenakan penyesuaian tarif itu kepada para pengusaha Cargo dan forwaders. Jika langkah itu tidak mereka lakukan, mereka mengaku kemungkinan bakal gulung tikar.

Ghamal Peris (direktur operasiona AP2)

Tetapi para operator juga menghadapi dilema. Apabila tarif terus dinaikan maka volume cargo udara dipastikan bakal terjun bebas turun karena beralih ke moda transpotasi darat yang lebih murah.

Ketua Umum ALFI, Adil Karim, mengungkapkan, assosiasinya memang menerima pemberithuan adanya kenaikan tarif logistik dan pos internasional rata-rata 25%.

Laman: Page 1 Page 2 Page 3 Page 4