DPRD Kabupaten HSS Gelar Rapat Paripurna, Tanggapan Fraksi DRPD Ranperda Perubahan APBD TA 2021 – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15 IK-AN-1A

Hulu Sungai Selatan

DPRD Kabupaten HSS Gelar Rapat Paripurna, Tanggapan Fraksi DRPD Ranperda Perubahan APBD TA 2021

Published

on

KANDANGAN, suaraborneo.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (DPRD Kab. HSS) menggelar Rapat Paripurna dalam rangka Tanggapan/Jawaban Eksekutif Terhadap Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD atas Ranperda Tentang Perubahan APBD TA 2021, Ranperda Pembentukan PPD Tirta Amandit dan Ranperda Dana Cadangan Pilkada Tahun 2023 serta Tanggapan/Jawaban Fraksi Terhadap Pendapat Bupati Atas Ranperda Inisiatif DPRD Tentang Perlindungan Perempuan dan Anak dari Tindak Kekerasan. Senin(06/09/2021)

Dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai II DPRD Kab. HSS, rapat kali ini dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD Kab. HSS Rodi Maulidi.

Sekretaris Daerah Kab. HSS Drs. H. Muhammad Noor mewakili Bupati membacakan jawaban Eksekutif terhadap Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD pada Rapat Paripurna Lanjutan Tingkat I DPRD Kab. HSS terhadap Ranperda tentang :
1.) Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah TA. 2021
2.) Pembentukan Daerah Perseroan Daerah Tirta Amandit
3.) Dana Cadangan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Daerah Kab. HSS mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada fraksi-fraksi DPRD yang telah menyampaikan pertanyaan, tanggapan, saran dan dukungan dalam pemandangan umum atas rancangan peraturan daerah yang disampaikan Eksekutif. Pemkab HSS juga berharap agar diberikan masukan dan saran dari fraksi-fraksi pada tahapan selanjutnya.

“Kami mengharapkan pembahasan yang lebih mendalam lagi pada tahap berikutnya. Semoga pembahasan rancangan Peraturan Daerah ini dapat berjalan dengan lancar,” tuturnya

Selain itu, juga dilakukan Jawaban/Tanggapan DPRD Komisi I atas Pendapat Bupati pada Rapat Paripurna Pembicaraan Tingkat I terhadap Ranperda Inisiatif DPRD tentang Perlindungan Perempuan dan Anak dari Tindak Kekerasan.

Ketua Komisi I H. Yopie Alfiani, SE, M.SA mewakili fraksi-fraksi mengucapkan terimakasih kepada Bupati HSS yang telah menyampaikan pendapat serta memberikan apresiasi dan dukungan atas disampaikannya Ranperda inisiatif tersebut.

“Peran DPRD dan Eksekutif dalam Pembentukan Ranperda tentang Perlindungan Perempuan dan Anak dari tindak kekerasan ini merupakan wujud tindakan nyata dari kita untuk mencegah dan menanggulangi kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kab. HSS. Dan kami berharap dukungan dan apresiasi dari pihak Eksekutif atas Ranperda ini dapat kita lanjutkan dalam tahap-tahap pembahasan selanjutnya,” ucapnya

Nampak berhadir pada Rapat Paripurna ini Asisten, Staf, Para Ahli, Kepala SKPD, para Camat serta Anggota DPRD Kab. HSS. (ari-hss)

Hulu Sungai Selatan

RSUD Brigjend Hasan Basry Ditetapkan Jadi RS Pendidikan Satelit oleh Kementerian Kesehatan

Published

on

Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Achmad Fikry, M. AP melanjutkan giatnya menghadiri Press Conference telah ditetapkannya RSUD Brigjend H. Hasan Basry sebagai Rumah Sakit Pendidikan. (Foto/Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Setelah melalui proses yang cukup panjang sejak 2017 lalu, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Brigjend Hasan Basry Kandangan ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan menjadi Rumah Sakit (RS) Pendidikan Satelit untuk RS Ulin Banjarmasin dan Fakultas Kedokteran.

Pagi ini, usai menghadiri Grand Opening Baba Ali. Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Achmad Fikry, M. AP melanjutkan giatnya menghadiri Press Conference telah ditetapkannya RSUD Brigjend H. Hasan Basry sebagai Rumah Sakit Pendidikan untuk Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Bertempat di Aula RSUD H. Hasan Basry Kandangan, Senin (08/08/2022).

Dikatakan Bupati HSS, pihaknya terus berupaya melakukan peningkatan pelayanan kepada masyarakat, dan berbagai layanan unggulan terus dikembangkan, termasuk meningkatkan fasilitas kesehatan. “Alhamdulillah, RSUD Brigjend Hasan Basry ditetapkan menjadi RS Pendidikan Satelit oleh Kementerian Kesehatan,” tutur Bupati.

“Peningkatan fasilitas dan pelayanan untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat, sebagai RS rujukan daerah lain,” ujar Bupati Fikry.

Lebih lanjut Bupati meengatakan seiring dengan waktu,, selain sudah RS tipe B dan yang berbasis syariah, juga sudah mendapat persetujuan dari Kemenkes RI menetapkan RSUD Brigjend Hasan Basry menjadi RS Pendidikan tipe B. “Tidak mudah mendapatkan RS Pendidikan ini, karena melalui proses yang panjang,” lanjut Bupati.

Sementara itu, Direktur RSUD Brigjend Hasan Basry, dr Rasyidah, mengatakan, RSUD Brigjend Hasan Basry ditetapkan menjadi RS Pendidikan melalui Surat Keputusan (SK) RI nomor hk.01.07/menkes/1310/2022.

Menurutnya, RS Pendidikan ini bertujuan untuk menjamin terselenggaranya pelayanan, pendidikan, dan penelitian yang bermutu. “RS Pendidikan juga untuk menjamin pelayanan kesehatan dengan mengutamakan keselamatan pasien, memberikan perlindungan dan kepastian hukum,” ujar dr Rasyidah.

Ia mengatakan, dalam pengembangan RS Pendidikan ini, telah disiapkan dosen pembimbing klinis di RSUD Brigjend Hasan Basry Kandangan sebanyak 33 orang, dengan kompetensi dosen luar biasa 25 orang dengan SK Dekan Fakultas Hukum Unlam, tentang pengangkatan dan penetapan dosen luar biasa yang mengikuti pelatihan pembimbingan.

Selain itu, penilaian di pendidikan klinik oleh Fakultas Unlam 10 orang dosen, yang telah memiliki Nomor Induk Dosen Khusus (NIDK) 1 orang, sedang dalam proses 32 orang, dan pelatihan pekerti oleh Lembaga Peningkatan dan Pengembangan Pembelajaran (LP3) Unlam sebanyak 26 orang.

Melalui penetapan RSUD Brigjend Hasan Basry Kandangan menjadi RS Pendidikan, masyarakat jangan takut karena ada stigma bahwa saat praktik pasien akan menjadi pasien percobaan dan itu tidak benar.

“Semua peserta didik dari manapun institusinya, mereka harus orientasi dulu dan tidak boleh masuk sebelum dididik, sesuai dengan akreditasi RS Brigjend Hasan Basry Kandangan , dan mereka harus tahu apa RS Pendidikan itu.” tandasnya. [adv/HSS]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Peringatan 10 Muharam, Ponpes PIP dan Majelis Kopi Kandangan Muliakan Anak Yatim

Published

on

Pondok Pesantren Pendidikan Islam Parigi (Ponpes PIP) melaksanakan tradisi memuliakan anak yatim. (Foto/Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Pondok Pesantren Pendidikan Islam Parigi (Ponpes PIP) melaksanakan tradisi memuliakan anak yatim bertepatan tanggal 10 Muharam 1444 Hijiriah di Desa Habirau Tengah, Kecamatan Daha Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Senin (8/8).

Totalnya ada sebanyak 160 anak menghadiri hari Asyura, hari memuliakan anak yatim di Masjid Ponpes PIP.

Salah satu cara memuliakan anak yatim yakni dengan berbagi rezeki berupa uang santunan sebesar Rp 300 ribu untuk tiap anak.

Pimpinan Harian Ponpes PIP Ustadz Agus Latif Romadloni menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan secara turun temurun dan digelar setiap tahun.

“Tradisi memuliakan anak yatim selalu kita jaga dengan baik,” kata Ustadz Agus Latif.

Kegiatan kali ini, Ponpes PIP Daha Selatan bekerja sama dengan komunitas Majelis Kopi Kandangan.

Diungkapkannya, banyak makna dalam hari baik bagi umat muslim tersebut selain untuk memuliakan anak yatim.

Salah satunya yakni melaksanakan ibadah puasa Asyura seperti diriwayatkan dari Abu Qatadah ra : sungguh Rasulullah SAW bersabda pernah ditanya tentang keutamaan puasa hari Asyura, lalu beliau menjawab : ‘Puasa Asyura melebur dosa setahun yang telah lewat’. (HR Muslim). [ari]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Polres HSS Gelar MoU bersama Pelaku Usaha, Media Masa, LSM dan DPRD HSS

Published

on

Kabag Ren Polres HSS Kompol Ruslan Gunarjo beserta jajarannya, anggota DPRD HSS, Dosen STAI Darul Ulum Kandangan, pelaku usaha, LSM, dan media massa. (Foto) Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Polres Hulu Sungai Selatan (HSS) Menggelar penandatanganan nota kesepakatan atau MoU bersama anggota DPRD, akademisi, pelaku usaha, LSM, dan media massa.

Dalam penandatanganan nota kesepahaman, turut hadir Kabag Ren Polres HSS Kompol Ruslan Gunarjo beserta jajarannya, anggota DPRD HSS, Dosen STAI Darul Ulum Kandangan, pelaku usaha, LSM, dan media massa, bertempat di Aula Mapolres setempat, Senin (08/08/2022)

Kegiatan Penyusunan standar pelayanan di lingkungan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) melalui MoU ini juga diikuti Satuan Reserse Narkoba (Satnarkoba), Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres HSS.

Dalam kegiatan Wakapolres HSS, Kompol Rissan, mengatakan penyusunan standar tersebut sebagai upaya Polres HSS untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada publik.

Kegiatan penandatangan MoU bersama salah satu pelaku usaha kecil. (Foto/Ist)

“Tentu Kita bersyukur Polres HSS mendapatkan penilaian pelayanan A plus dari Kemenpan RB, penghargaan ini atas partisipasi dan dukungan seluruh masyarakat,” katanya.

Sementara, Kompol Rissan mengucapkan terima kasih atas partisipasi melalui masukan dan saran kepada Polres HSS sehingga menjadi lebih baik lagi.

“Kami harapkan semua tetap mendukung dalam melaksanakan pelayanan agar polres HSS dapat mempertahankan pelayanan prima dan mencapai Polri yang presisi,” tuturnya.

Sedangakan, Kasatlantas Polres HSS, Iptu Oki Hermawan menjelaskan bahwa standar pelayanan publik mengacu pada penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji kepada masyarakat dalam rangka mewujudkan pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjang, dan terukur.

“Kita telah memiliki pelayanan satu atap yang diresmikan pada tahun 2021. Ada layanan SPKT, Satuan Penyelenggara Administrasi SIM, SKCK, Sidik Jari, hingga Surat Keterangan Bebas Narkoba,” ucap Iptu Oki Hermawan

Selanjutnya dalam standar pelayanan ada service delivery meliputi persyaratan, sistem mekanisme dan prosedur, waktu, biaya, produk pelayanan,
Service delivery persyaratan, sistemz mekanisme dan prosedur, waktu pelayanan, biaya, produk pelayanan, penanganan pengaduan, saran dan masukan.

Kemudian manufacturing delivery yakni dasar hukum, sarana dan prasarana, pengawasan internal, kompetensi dan jumlah pelaksana, jaminan pelayanan, keamanan dan keselamatan, serta evaluasi kinerja pelaksana. [ari]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Pemkab HSS Bersama Dua Pengadilan Agama Teken Nota Kesepakatan Untuk Pemberian Layanan Hukum

Published

on

Penandatanganan Nota Kesepakatan (MoU) antara PA Kandangan dan PA Nagara dengan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). (Foto/Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Dalam rangka untuk memberikan kemudahan terkait pemberian layanan hukum kepada masyarakat di wilayah hukum Pengadilan Agama (PA) Kandangan dan Pengadilan Agama (PA) Negara, pagi ini digelar Penandatanganan Nota Kesepakatan (MoU) antara PA Kandangan dan PA Nagara dengan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) bertempat di Aula Ramu Setda, Jum’at (5/8/2022).

Nota Kesepakatan ini ditandatangani langsung oleh Ketua PA Kandangan Hikmah, S. Ag, M. Sy dan Ketua PA Negara Nofia Mutiasari, S.Ag., M.H dengan Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP yang disaksikan oleh Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, S.AP MA serta Sekda HSS Drs. H. M. Noor, M.AP.

Ruang lingkup nota kesepakatan ini diantaranya meliputi pelayanan publik terpadu, penyuluhan hukum, sidang isbat nikah terpadu, pencegahan perkawinan usia anak, serta pelayanan lainnya yang termasuk dalam nota kesepakatan ini. Diharapkan melalui kesepakatan ini dapat menjadikan sinergitas antara pemerintah kabupaten HSS dengan PA Kandangan dan PA Negara semakin lebih baik lagi terjalin.

Bupati HSS H. Achmad Fikry menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada PA Kandangan dan PA Negara yang telah berinisiasi merumuskan MoU ini dalam hal pemberian layanan hukum kepada masyarakat.

“ini suatu hal yang patut kita support karena semangat srikandi pengadilan agama yang dua ini sangat menggebu-gebu di tengah masyarakat, mereka sangat mengerti apa yang dirasakan masyarakat berkaitan dengan hak-hak warganya” ucap Bupati.

Bupati juga menyatakan MoUini akan dilanjutkan dalam tatanan operasional. Ia meminta semua OPD terkait untuk merumuskan bersama hal-hal teknis di lapangan mengingat PA Kandangan dan PA Negara tidak memiliki jangkauan sampai ke kecamatan dan desa.

“gunakan tangan-tangan kita sampai lini terdepan untuk menindaklanjuti kesepakatan ini, mudah-mudahan dengan kesepakatan ini menjadi dasar bagi kita untuk lebih menggiatkan kegiatan-kegiatan di lapangan terhadap substansi yang disepakati” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut bupati menekankan betapa pentingnya merubah kebiasaan di tengah masyarakat yang ingin cepat-cepat mengawinkan anaknya. Dengan MoU ini diharapkan menjadi salah satu cara untuk melakukan pencegahan perkawinan anak usia dini. [adv/HSS]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Pemkab HSS Gelar Launching Aplikasi Si Cantik Aksi Perubahan Bidang Perencanaan Bappelitbangda

Published

on

Kepala Bapplitbangda Kabupaten HSS, M Arlian Syarial. (Foto/Ist)

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui bidang perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapplitbangda) menggelar launching aplikasi Si Cantik dan sosialisasi optimalisasi usulan musrenbang dalam rencana pembangunan tahunan daerah melalui integritas sinkronisasi dan kolaborasi digital, bertepatan dengan 7 Muharam 1444 H atau Jumat (5/8/22).

Kepala Bapplitbangda Kabupaten HSS M Arlian Syarial, mengatakan dalam perencanaan secara kewilayahan dilakukan bertingkat dari tingkat Nasional hingga yang terkecil di tingkat desa.

Dijelaskan Arlian, dalam membuat perencanaan dari satu wilayah dan wilayah lain, arahnya untuk mencapai hal yang sama, tapi dengan kewenangan yang berbeda,” Paparnya,

Sementara Launching aplikasi Si Cantik dan sosialisasi optimalisasi usulan musrenbang dalam rencana pembangunan tahunan daerah melalui integritas sinkronisasi dan kolaborasi digital, dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten HSS Drs H Muhammad Noor, MAP.

Oleh karena itu, untuk menindaklanjutinya maka dengan adanya aplikasi Si Cantik, dapat menyelaraskan apa yang menjadi aspirasi masyarakat dalam pembangunan di Kabupaten HSS.

“Dengan konsep aplikasi Si Cantik, usulan masyarakat akan diplot melalui sistem inovasi sehingga terlihat yang akan disesuaikan sesuai dengan aturan,” ujar Arlian.

Sementara itu, Sekda Muhammad Noor, mengatakan mengapresiasi launching aplikasi Si Cantik yang pertama dilakukan oleh inovator proyek perubahan, untuk optimalisasi usulan musrenbang dalam rencana pembangunan tahunan daerah melalui integritas sinkronisasi dan kolaborasi digital.

Menurut sekda, inovasi Si Cantik ini menjadi terobosan dalam memberikan kemudahan pengajuan usulan, yang akan dibahas dalam musrenbang.

“Melalui aplikasi Si Cantik diharapkan dapat mengakomodir dan optimalisasi usulan yang disampaikan dalam musrenbang yang dibahas dari tingkat desa hingga kabupaten, sampai menjadi dokumen Rencana Kegiatan Pemerintah Daerah (RKPD) yang akan ditetapkan,” ujar Sekda. [adv/HSS]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Petugas Gabungan Berhasil Amankan Ratusan Miras Di Alfalah Gang Anugrah

Published

on

Petugas gabungan terdiri TNI, Polri, Satpol PP Hulu Sungai Selatan (HSS), sita ratusan botol minuman keras (Miras). (Foto/Ist)

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Petugas gabungan yang terdiri TNI, Polri ,Satpol PP HSS , sita ratusan botol minuman keras atau miras dirumah salah di satu warga di Jalan Al-Falah Kandangan, Jum’at Sore (05/08/2022)

Dalam Operasi Penggerebekan bermula dari giat cipta kondisi yang dilakukan Satpol PP HSS, TNI, Polri , Ketika berpatroli keliling wilayah, mereka mendapati dua warga yang sedang mabuk miras oplosan di sebuah warung.

Setelah dilakukan pengembangan temuan, titik operasi terpusat ke sebuah rumah di Gang Anugerah Jalan Al-Falah RT 5 RW 02 Kelurahan Kandangan Kota.

Dijelaskan Kapolsek kandangan Kota Iptu Puwardi ,Sekitar pukul 16.00 Wita, petugas gabungan mulai melakukan operasi penggerebekan, al Hasil berbuah manis, karena ditemukan ratusan botol miras berbagai jenis, mulai dari anggur merah Malaga, alkohol Cap Gajah hingga miras oplosan yang disimpan dalam botol,” papar Kapolsek Kandangan Iptu Purwadi.

“Sementara untuk pelaku yang diamankan dari penggerebekan itu berjumlah satu orang dan akan diproses hukum sebagaimana mestinya,” Jelasnya,

Sementara Rusmadi selaku Kabid ketertiban umum Satpol PP dan Damkar HSS, mengatakan Keberhasilan ini merupakan kerja sama antara pemerintah daerah dan TNI/Polri.

“Diharapkan masyarakat HSS lebih taat hukum, karena tidak seorang pun yang kebal dengan hukum,” pungkasnya. [ari]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Pembangunan Masjid Darul Qorar Di Desa Madang Hampir Dua Tahun Belum Selesai

Published

on

Saat pekerjaan pembangunan Masjid Darul Qarir. (Foto/Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Miris pembangunan Langgar Darul Qorar di Desa Madang Kecamatan Padang Batung, sejak tahun 2021 sampai sekarang belum selesai.

Pasalnya pembangunan Langgar Darul Qorar yang dibangun sejak awal tahun 2021 hanya dengan bermodal Dana Kas Musholla sebesar Rp 7 juta untuk membangun langgar tersebut.

Kendati demikian menurut Pak Hamberi selaku penitia Musholla Darul Qorar , mengatakan, berharap ada bantuan dari pemerintah Daerah atau Donator diluar.

“Karena mana sampai saat ini, pembangunan musholla ini berjalan cuma memakai dana sumbangan dari warga sekitar langgar Darul Qorar setempat,” ungkapnya, Jum’at (5/8/22).

Dijelaskan pula oleh Hamberi, sejak awal pembangunan musholla/langgar Darul Qorar hanya membeli semen cuma 30 Sak, Alhamdulillah pihaknya sering menerima bantuan berupa semen, pasir, bata oleh donator, hingga sampai saat ini pembangunan langgar sampai saat ini hampir 30% tahap pekerjaannya.

“Namun karena kurangnya uluran tangan dari para dermawan, pembangunan masjid yang merupakan keinginan besar dari masyarakat lereng Pegunungan Meratus itu berjalan lamban,” bebernya menambahkan.

Awalnya, di sana hanya berdiri Langgar Darul Qorar yang telah direnovasi tahun 2001. Langgar tersebut diperkirakan berusia lebih dari 50 tahun.

Kemudian, RT 02 yang diisi lebih dari 100 kepala keluarga itu ingin langgar itu digantikan masjid karena sudah tidak muat lagi untuk beribadah.

“Masyarakat yang mayoritas beragama Islam sangat berkeinginan untuk memiliki sebuah masjid di Desa Madang RT 02,” kata Hamberi.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya jarak menuju masjid yang sudah ada di sana cukup jauh sekitar 2 kilometer dari desa setempat.

Selain untuk Shalat, Langgar Darul Qorar menjadi wadah majelis zikir dan taklim. Kemudian ada juga pembelajaran tentang rukun kematian.

Hamberi menjelaskan, bantuan hingga sekarang yang diterima yakni dari kas jemaah Rp7 juta, penggalangan dana setiap Kamis di RT 02 Desa Madang yang tak seberapa jumlahnya, bantuan dinas sosial setempat Rp10 juta dan bantuan dari pengusaha.

Bahkan, warga di sana membuka warung setiap hari Jumat yang seluruh keuntungannya diserahkan untuk pembangunan Masjid Jami Darul Qorar.

Oleh karenanya, pihaknya berharap agar para dermawan baik dari pengusaha hingga pemerintah daerah bisa turut berpartisipasi menyisihkan rezekinya untuk amal jariah pembangunan masjid.

“Kami memohon ada bantuan sehingga masjid bisa cepat berdiri. Apalagi kalau ada kegiatan majelis tidak muat di dalam langgar, sampai kadang-kadang di jalan,” ujar Hamberi.

Panitia pembangunan masjid membuka donasi kepada semua pihak melalui rekening Bank BRI dengan nomor 4513-01-020443-53-8 atas nama Langgar Darul Qorar Desa Madang Kecamatan Padang Batung. [ari]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Bupati HSS dan Pimpinan DPRD Tandatangani MoU KUA PPAS

Published

on

Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Achmad Fikry, M.AP bersama Ketua DPRD Kab. HSS H. Akhmad Fahmi, SE, Wakil Ketua I DPRD H. Kartoyo dan Wakil Ketua II DPRD H. M. Kusasi, SE, S.AP, MM menandatangani Nota Kesepakatan (MoU). (Foto/Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Achmad Fikry, M.AP bersama Ketua DPRD Kab. HSS H. Akhmad Fahmi, SE, Wakil Ketua I DPRD H. Kartoyo dan Wakil Ketua II DPRD H. M. Kusasi, SE, S.AP, MM menandatangani Nota Kesepakatan (MoU) tentang perubahan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Perubahan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2022 di Ruang Sidang DPRD Kab. HSS, Rabu (03/08).

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD H. Akhmad Fahmi dihadiri Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, S.AP, MA, Sekda Kab. HSS Drs. H. Muhammad Noor, M.AP, Tim Anggaran Pemkab HSS dan Tim Badan Anggaran DPRD.

Usai penandatanganan MoU, Bupati HSS H. Achmad Fikry menyampaikan bahwa Perubahan KUA dan PPAS Tahun 2022 ini telah disetujui dan disepakati bersama dengan DPRD.

“Banyak diskusi yang berkembang, aspirasi dewan juga sudah diakomodir dan nanti akan dibahas di APBD perubahan yang akan saya sampaikan nanti,” ucapnya.

Dijelaskan Bupati, kesepakatan pihak legislatif dan eksekutif adalah menyediakan anggaran lagi untuk rencana pembangunan jembatan di Negara, dana yang disediakan untuk pembebasan lahan.

“Sekarang kita akan mulai lagi, titik disepakati dulu dimana. Kita akan segera menunjuk pihak ketiga untuk menilai, karena penentuan harga tanah bukan Pemda, tapi pihak ketiga,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua DPRD H. Akhmad Fahmi berharap agar pembangunan-pembangunan dan kegiatan-kegiatan selama 6 bulan ini akan dapat dilaksanakan. [adv/hss]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Desa Gambah Luar Wakili HSS Pada Penilaian Desa/Kelurahan Ber-PHBS Tingkat Provinsi Kalsel

Published

on

Desa Gambah Luar yang terpilih untuk mewakili Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) pada lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tahun 2022 tingkat Provinsi Kalimantan Selatan. (Foto/Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran, sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat.

Desa Gambah Luar yang terpilih untuk mewakili Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) pada lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tahun 2022 tingkat Provinsi Kalimantan Selatan hari ini mengikuti penilaian yang dilaksanakan secara virtual oleh Tim Penilai tingkat Provinsi. Bertempat di Aula Kecamatan Kandangan. Pada Rabu (03/08/2022) / Arba, (5 Muharram 1444 H).

Turut hadir secara langsung mendampingi Ketua TP. PKK Desa Gambah Luar pada penilaian ini Ketua TP-PKK Kab. HSS Hj. Isnaniah Achmad Fikry didampingi Wakil Ketua TP-PKK Kab. HSS Srie Astuti Syamsuri Arsyad, SKM beserta jajaran dan Dinas Kesehatan Kab. HSS. Hadir pula Camat Kandangan Syamsuri S.STP, M.Si bersama Ketua TP-PKK Kecamatan Kandangan, Kepala Puskesmas Gambah dr. Yessie Inggriany, dan Kepala Desa Gambah Luar H. Fahruraji.

Pada kesempatan ini, Ketua TP. PKK Desa Gambah Luar Hj. Hatimah Rasyidah, S.Ag, MM dalam paparannya menjelaskan, latar belakang terlaksananya PHBS di Desa Gambah Luar ini diantaranya karena adanya transisi demografi dan epidemiologi penyakit, semakin kompleks penyakit tersebut akibat perilaku dan perubahan gaya hidup. Maka dari itu diperlukan berbagai upaya untuk mengubah perilaku yang tidak sehat menjadi sehat, salah satunya melalui program PHBS ini.

“Disampaikannya pula, pelaksanaan PHBS di Dasawisma desa Gambah Luar ini dilaksanakan oleh kader PHBS dan kader PKK lainnya yang telah terintegrasi dengan kegiatan – kegiatan lain seperti posyandu balita, lansia, posbindu, posyandu remaja, serta PIK Keluarga yang sangat erat hubungannya dalam pelaksanaan PHBS, “Pungkasnya,

Pada penilaian ini Hj. Hatimah Rasyidah, S.Ag, MM Ketua TP. PKK Desa Gambah Luar dalam kesempatannya juga menjelaskan berbagai inovasi Dasawisma Ber-PHBS desa Gambah Luar seperti TUPPASS (Tuturuk Pancuk dan Pecel Sehat Sabarataan), Marodir (Matikan Rokok Diluar Rumah), dan GEMA SEGOY (Gerakan Masyarakat Senam Bersama dan Gotong Royong).

“Selain itu, juga disampaikan beberapa inovasi PKK yang terintegrasi dengan kegiatan Dasawisma Ber-PHBS di desa Gambah Luar, diantaranya adalah Gasling, Para Hawa, Gapahit, serta Kating,” tambahnya. [adv/hss]

Continue Reading

Umum

Populer