Connect with us
FILE-MASAK-LOGO-SB-5

Kaltara

Lima Desa Jadi Usulan Wisata Baru

Published

on

KALTARA, SuaraBorneo.com – Sebanyak 5 desa di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) diusulkan menjadi desa wisata di provinsi termuda ini. Usulan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Kalimantan Utara, Drs H Zainal A Paliwang, SH, M.Hum kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui virtual meeting, Senin (6/9/2021).

“Kelima desa itu meliputi, Desa Sumantipal (Kabupaten Nunukan), Desa Ardimulyo dan Desa Metun Sajau (Kabupaten Bulungan), Desa Pulau Sapi (Kabupaten Malinau) dan Kampung Wisata UMKM Karang Rejo (Kota Tarakan),”kata Gubernur.

Gubernur mengungkapkan, salah satu trend wisata saat pandemi adalah destinasi yang memberikan suasana yang sehat. Tempatnya, kata Gubernur adalah di desa sehingga pemerintah terus berupaya mengusulkan 5 desa untuk menjadi desa wisata.

“Tahun ini 5 dulu, tahun depan akan kita usulkan 10 desa wisata agar pengembangannya dibantu oleh pemerintah pusat,” jelas Gubernur.

Melalui program desa wisata ini, pemerintah mampu mengidentifikasi kebutuhan yang ada di desa wisata. Tentu saja ketika sudah teridentifikasi, Kemenparekraf juga akan mendorong akses infrastruktur serta kebutuhan lainnya.

“Saya juga mengusulkan agar akses menuju lokasi desa wisata ini dapat menggerakkan pemerintah pusat melakukan pengembangan secara massal di Kaltara,” katanya.

Gubernur juga menggambarkan kondisi geografis di provinsi bungsu ini. Potensinya cukup luar biasa, namun akses jalannya masih begitu sulit apalagi jika ditempuh melalui jalur darat. Bahkan ada wilayah yang harus ditempuh melalui jalur udara.

“Inilah kondisi geografis Kaltara, jika pemerintah pusat membantu pembangunan infrastrukturnya tentu akan memberikan dampak positif bagi kita,” jelasnya.

Gubernur berharap agar usulannya segera ditindaklanjuti, khususnya infrastruktur menuju lokasi pariwisata di Kalimantan Utara. Gubernur juga menunggu kehadiran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI ke Kaltara.

“Begitu banyak desa di Kaltara yang memiliki potensi wisata, secara bertahap kita usulkan. Kita juga berharap kehadiran Menparekraf RI, H Sandiaga Salahudin Uno ke Kaltara,” tuntas Gubernur. (mndd)

 65 kali dilihat

Umum

Populer