Connect with us
FILE-MASAK-LOGO-SB-5

Kaltara

Gubernur Pastikan Tenaga Kerja Lokal Terserap di KIPI

Published

on

KALTARA, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs H. Zainal A. Paliwang SH, M.Hum memastikan tenaga kerja lokal bakal terserap di Kawasan Industri Pelabuhan Internasional (KIPI) Tanah Kuning – Mangkupadi. Hal ini disampaikannya pada saat melakukan studi banding di Kawasan Industri di Desa Fatufia, Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Jumat (10/9/2021).

“Dengan terserapnya tenaga kerja lokal, akan memberikan dampak besar provinsi termuda ini,” jelas Gubernur di hadapan investor yang akan mengelola KIPI Tanah Kuning-Mangkupadi. Hadir dalam mendampingi agenda tersebut Bupati dan Wakil Bupati Bulungan dan Camat Tanjung Palas Timur.

Kedatangan Gubernur juga disambut oleh PT. Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP). Dimana mereka melihat secara langsung sejumlah perusahaan raksasa asal Tiongkok beroperasi.

“Kita melihat bagaimana Kabupaten Morowali saat ini menjadi salah satu daerah yang cukup berkembang dengan pesatnya pembangunan,” kata Gubernur.

Gubernur optimis progres KIPI Tanah Kuning-Mangkupadi tahun ini progres berjalan tanpa ada kendala. Luasan KIPI sebesar 10.100 hektare juga tercatat progresnya. Pada pelaksanaannya nanti, kawasan tersebut juga akan dibangun Politeknik. Hal ini untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) sebagai upaya sarana transformasi ilmu pengetahuan.

“Dengan begitu, pemerataan sumberdaya manusia di kawasan industri juga dapat terwujud,” kata Gubernur.

Diungkapkan Gubernur, para pengembang ingin sekali meningkatkan potensi yang ada di Kabupaten Bulungan. Di mana pada saat ini KIPI Tanah Kuning-Mangkupadi telah menjalani evaluasi di pemerintah pusat.

“Artinya, pemerintah pusat masih mendukung KIPI dengan melakukan evaluasi. Karena itu, kita harus memenuhi advis yang diberikan pemerintah pusat. Kita siap membangun dan menciptakan potensi sebesar mungkin di Kaltara,” terangnya.

KIPI ini nantinya juga akan menjadi kawasan terintegrasi terbesar di dunia. Untuk listriknya, kata Gubernur, pengelola kawasan yang ditunjuk oleh pemerintah pusat akan membangun pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) lebih dulu untuk mempercepat operasinya. Di mana ketika PLTA telah selesai dibangun, pengelola secara bertahap akan mengurangi daya listrik di PLTU dan beralih ke PLTA.

“Jika PLTU kita bangun lebih dulu, kita dapat segera beroperasi. Yang terpenting dari kawasan industri itu adalah energi listriknya,” beber Gubernur. (mndd)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kaltara

Semangat “Begimpor” Gubernur Ditengah Guyuran Hujan, Semarakkan HUT Ke-9 Kaltara

Published

on

KALTARA, SuaraBorneo.com – Rangkaian memperingati HUT Kalimantan Utara yang ke-9, Pemprov Kaltara menggelar Kaltara Begimpor (berlari,red) 5 Kilometer dan 9 Kilometer, Sabtu (23/10).

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal A. Paliwang bersama sejumlah Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) turut memeriahkan kegiatan berlari tersebut dengan menempuh jarak 5 Kilometer.

Tampak gubernur bersemangat berlari menerobos rintik hujan di dampingi Sekertaris Daerah Kaltara Suriansyah, Kepala Bappeda-Litbang, Kadisdukcapil Sanusi, Kadis PMD Amir Bakry serta Staff Ahli Gubernur Edy Suharto dan Udau Robinson.

Dengan penuh semangat Gubernur beserta Forkompimda Kaltara bernyanyi dan bersorak menuju garis akhir.

Lari dimulai dan diakhiri di Lapangan Agatish, Jalan Kolonel Soetadji. Seluruh peserta yang berpartisipasi pada kegiatan Kaltara Begimpor ini telah mengikuti protokol Kesehatan dan diwajibkan untuk menunjukan surat kesehatan bebas covid-19.

Gubernur mengatakan kepada Jurnalis DKISP Kaltara, kegiatan begimpor atau berlari dalam bahasa Bulungan ini sebagai bentuk nyata, bahwa masyarakat Kaltara untuk terus bersama-sama menjaga kesehatan, karna olahraga adalah kegiatan yang bermanfaat, sederhana dan baik untuk kesehatan diri sendiri.

“Kita harapkan dengan kegiatan Kaltara Begimpor ini, kita sama-sama menjaga kesehatan. Kita olahraga bukan untuk orang lain, kita berolahraga untuk diri sendiri, untuk kesehatan kita sendiri jadi olahraga tetap akan kita giatkan,” harap gubernur.

Gubernur juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada semua pihak yang berpartisipasi mensuksekan acara Kaltara Begimpor

“Terima kasih semuanya berjalan dengan baik, semuanya selamat sampai finish, tidak ada yang cidera untuk itu sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas seluruh pelaksanaan ini berjalan dengan baik,” ucap Gubernur

Sementara itu Sekprov Kaltara, Suriansyah mengatakan kehadiran pimpinan daerah pada kegiatan ini sebagai bentuk nyata dukungan Gubernur Zainal, untuk membudayakan olahraga di masyarakat dengan memberikan contoh langsung kepada masyarakat walau ditengah guruyan hujan.

“Ini upaya bapak gubernur kita untuk membudayakan olahraga di masyarakat. Hari ini kita diajak berlari ada yang 5 dan 9 Kilometer, seluruh masyarakat berpartisipasi dan mendukung karna kegiatan dalam rangka ulang tahun ini bukan hanya berlari, tapi juga ada keramaian rakyat,” ungkap Sekprov.

Untuk itu diharapkan masyarakat tetap menjaga kondusivitas dan protokol kesehatan tetap terjaga untuk mensuksekan kegiatan dalam rangka ulang tahun provinsi termuda Indonesia ini, agar tetap bisa melawan bahaya pandemi yang masih berlangsung, dengan tetap menyugguhkan hiburan bagi masyarakat.

Suriansyah menambahkan bahwa kegiatan puncak HUT ke-9 Kalimantan Utara ini akan berlangsung pada hari Senin, 25 Oktober, 2021 yang merupakan hari lahirnya Provinsi Kalimantan Utara.

“Kita akan laksanakan syukuran bersama, oleh karena itu kami harapkan dukungan dari semua pihak mari kita ciptakan kondusivitas di Kaltara agar pembangunan bisa berjalan dengan baik. (mndd)

Continue Reading

Kaltara

Festival Sungai Kayan Akan Kembali Digelar Akhir November 2021

Published

on

KALTARA, SuaraBorneo.com – Sempat tertunda, final perlombaan balap ketinting dan perahu dayung kembali dilaksanakan pada hari ini.

Diketahui jumlah peserta yang mengikuti lomba hari ini terdiri dari enam grup perahu dayung dan enam peserta balap ketinting.

Perlombaan yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Festival Sungai Kayan ini dalam rangka memperingati HUT ke-61 Kabupaten Bulungan dan Kota Tanjung Selor ke-231, disaksikan langsung oleh Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal A. Paliwang dan Wakil Gubernur Yansen TP.

“Adalah kebahagian bagi kami sebagai masyarakat Kabupaten Bulungan karena hari ini Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur berkenan hadir langsung dalam rangkaian acara Festival Sungai Kayan untuk menyaksikan final perlombaan balap ketinting dan perahu dayung yang mulanya kita jadwalkan berlangsung selama dua hari, namun karena cuaca kemarin (hujan,red) kita putuskan untuk menundanya dan dilanjutkan hari ini,” katanya.

Sorakan masyarakat mewarnai perlombaan yang sedang berlangsung. Tak kalah antusiasnya dengan masyarakat, Gubernur Zainal dan Wagub Yansen TP turut berdiri di pinggir jembatan bergabung bersama masyarakat menyaksikan peserta yang akan mencapai garis finish.

Usai melaksanakan balapan, kegiatan perlombaan balap ketinting dan perahu dayung ditutup secara resmi oleh Gubernur Zainal. Pada cara penutupan tersebut juga dilangsungkan pengumuman pemenang lomba sekaligus penyerahan hadiah kepada para pemenang.

Pada sambutannya, Gubernur Zainal menyampaikan rasa syukurkarena dapat bergabung bersama masyarakat menyaksikan olah raga tradisional yang dirindukan masyarakat Kabupaten Bulungan ini. Karena sesuai yang dikatakan Bupati Syarwani, bahwa kemarin hujan deras mengguyur Ibu Kota Kaltara.

“Insyaallah, bulan November nanti kita akan laksanakan lagi Festival Sungai Kayan, tetapi tidak hanya menampilkan perlombaan tradisional, kita juga akan menampilkan budaya Kaltara khususnya Bulungan,” ucap Gubernur Zainal saat memberikan sambutannya.

Dikatakan kegiatan serupa akan dilakasanakan pada 29 November hingga 03 Desember 2021. Gubernur berpesan kepada peserta yang belum berhasil pada perlombaan hari ini agar bisa mengikuti pelombaan di akhir bulan November tersebut.

“Saya ucapkan terima kasih kepada peserta atas partisipasinya dan kepada yang juara saya ucapkan selamat, tetap mempertahankan juaranya. Untuk yang belum sempat mendapat juara jangan kecewa karena di akhir November nanti kita akan buka lagi Festival Sungai Kayan ini. Latihan yang baik, olah gerak ketintingnya harus bener, mesinnya di tingkatkan sehingga yang awalnya 15 PK (Paar den Kracht, red) bisa menjadi 25 PK,” pesannya.

Tidak lupa, Gubernur Zainal juga mengapresiasi kerja keras panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan ini sehingga tidak ada cidera pada peserta serta mengingatkan keselamatan adalah hal utama yang perlu diperhatikan.

Diinformasikan pemenang untuk balapan dayung kali ini diraih Anek Benua asal Kelurahan Tanjung Palas Hulu, disusul juara kedua Klawor dari Kelurahan Tanjung Palas Tengah, juara ketiga Naga Skui berasal dari Desa Salim Batu, dan juara harapan satu Perdana asal Buluh Perindu. Sementara untuk lomba ketinting juara pertama mesin 5-6,5 PK atas nama Danu dan mesin 13-17 PK diraih oleh ketinting Merpati. (mndd)

Continue Reading

Kaltara

Gubernur Harap IKAPTK Kaltara Terus Aktif Dalam Kegiatan Kemasyarakatan

Published

on

KALTARA, SuaraBorneo.com – Menyambut hari jadi Kalimantan Utara (Kaltara), Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Ikatan Kekeluargaan Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Kaltara mengadakan Gerakan Aksi Donor Darah Bakti Karya Purna Praja yang juga diikuti oleh Gubernur Kalimantan Utara Drs.H.Zainal Arifin Paliwang, SH, M.Hum.

Acara yang dibuka oleh Gubernur Zainal dan didampingi Datu Iqro Ramadhan selaku Ketua DPP-IKAPTK Kaltara menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan Agenda Bakti Karya Purna Praja untuk bersinergi serta berperan aktif dalam mendukung pembangunan Kaltara yang berubah, maju, dan sejahtera.

“Selain agenda kegiatan donor darah, dirangkaikan pula dengan silaturahmi bersama keluarga besar IKAPTK yang bertujuan untuk meningkatkan solidaritas seluruh alumni, membangun rasa sosial kemasyarakatan, meningkatkan jaringan kerja sama, sinegritas program mobilitasi dengan pemerintah daerah, dan memperkuat identitas pengabdian purna praja di wilayah Kaltara,” ujarnya dalam sambutan di Cafe Tanjung Rumbia, Kamis (21/10).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPP IKAPTK menyampaikan di hadapan Gubernur Zainal selaku Ketua Dewan Pembina DPP – IKAPTK Kaltara bahwa Ketua dan Pengurus DPP-IKAPTK yang sudah terbentuk yang masih belum melangsungkan pelantikan, hal ini disebabkan adanya penundaan akibat pandemi COVID-19.

“Selain itu, menjadi cita-cita kita semua, semoga dengan dukungan dari pemerintah ke depannya Kaltara bisa mendirikan sekolah IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) regional untuk Kaltara. Kita di sini prioritaskan perbatasan, di Kalimantan itu IPDN hanya ada di Pontianak,” ujarnya.

Mendengar hal ini, Gubernur Zainal memberi dukungan agar para alumni IPDN dapat saling menjaga kekompakan. Ia berharap agar IKAPTK dapat melakukan banyak kegiatan sosial lainnya yang melibatkan masyarakat secara luas.

“Saya berharap kekompakan dan kerja sama seluruh alumni. Walau DPP-nya belum dilantik, tetap saja ini adalah organisasi. Semoga ke depan kegiatannya tidak hanya donor darah, tapi juga menciptakan kegiatan kemasyarakatan seperti membersihkan pasar serta selokan, sehingga IKAPTK juga dapat dirasakan manfaat akan peran dan partisipasinya oleh masyarakat luas dan dikenal sebagai pamong praja, abdi negara dan abdi masyarakat. (mndd)

Continue Reading

Kaltara

Gubernur Teken MoU Pembangunan Infrastruktur Pendukung KIPI

Published

on

KALTARA, SuaraBorneo.com – Pasca kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Kalimantan Utara (Kaltara), Gubernur Kaltara Zainal A. Paliwang lanjutkan agenda terobosan untuk mempercepat pembangunan di Bumi Benuanta.

Gubernur Zainal menandatangani nota kesepakatan atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT China State Construction Overseas Development Shanghai untuk percepatan pembangunan pelabuhan, rumah sakit dan bandara udara di Kaltara.

“Nanti kita akan memilih lokasi yang bisa terkoneksi dengan KIPI (Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional, red) nantinya. Jadi, antara ibukota provinsi dan KIPI terintegrasi,” ujar Gubernur usai penandatanganan MoU di Hotel Tarakan Plaza, Rabu (20/10).

Mantan Wakapolda Kaltara ini berencana di tahun 2022 akan mempercepat proses pembangunan proyek yang dibahas dalam MoU tersebut. Karena dalam waktu dekat Presiden yang akrab disapa Jokowi ini akan kembali ke Kaltara untuk meninjau lokasi pembangunan KIPI.

“Beliau (Presiden Jokowi, red) sudah menyampaikan, pak Gubernur bulan depan saya kembali ke Kaltara,” ungkapnya.

Selain itu, Gubernur berharap masyarakat Kaltara selalu dalam keadaan sehat dan terbebas dari pandemi Covid-19. Dan Gubernur mengajak masyarakat Kaltara untuk bersama-sama membangun dan mempercepat infrastruktur di Kaltara.

“Terakhir, semua saya harapkan dukungan dari masyarakat Kaltara untuk memajukan Kaltara. (mndd)

Continue Reading

Kaltara

Presiden Joko Widodo Targetkan 70 Persen Penduduk Tervaksinasi di Akhir Tahun

Published

on

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Presiden Joko Widodo menekankan bahwa pada akhir tahun 2021 pemerintah menargetkan sebanyak 70 persen masyarakat telah divaksin. Menurutnya, salah satu upaya untuk mencapai target tersebut yaitu dengan melaksanakan vaksinasi secara pintu ke pintu.

“Jadi petugas vaksin, vaksinator datang dari rumah ke rumah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk memudahkan masyarakat mendapatkan vaksin yang secepat-cepatnya,” ujar Presiden saat meninjau vaksinasi secara pintu ke pintu di Kelurahan Karang Rejo, Kota Tarakan, pada Selasa sore (19/10/2021).

Pelaksanaan vaksinasi hari ini yang dikoordinasikan oleh Badan Intelijen Negara (BIN) menargetkan peserta vaksinasi sebanyak 70 ribu peserta. Presiden menuturkan 70 ribu peserta tersebut terdiri dari 30 ribu masyarakat dan 40 ribu pelajar baik SMP, SMA, SMK, maupun para santri.

“Ini dilakukan di Provinsi Kaltara, Kalteng, Jambi, Sumsel, Babel, Lampung, Jabar, Jateng, NTB, Sulteng, dan Gorontalo,” tambahnya.

Presiden berharap pelaksanaan vaksinasi tersebut dapat memberikan perlindungan secara maksimal kepada masyarakat agar terproteksi dari penyebaran Covid-19.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir para duta besar yang ikut meninjau pelaksanaan vaksinasi. Para duta besar tampak ikut berkeliling bersama Presiden dengan mengenakan songkok manik khas Kalimantan Utara.

Selain itu, turut hadir mendampingi Presiden yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala BIN Budi Gunawan, dan Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang. (mndd)

Continue Reading

Kaltara

Kunjungan Presiden Jokowi dan Para Dubes jadi Kado HUT Kaltara

Published

on

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Kehadiran Presiden RI Joko Widodo untuk kelima kalinya di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) kali ini sangat istimewa.

Presiden yang akan berkunjung ke Kaltara pagi ini hingga sore nanti, Selasa (19/10/2021), turut didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya. Bahkan beserta para duta besar (dubes) dari sejumlah negara Eropa dan Asia maupun perwakilan Bank Dunia.

Kunjungan kerja Presiden beserta para dubes dan Menteri LHK tersebut disambut hangat dengan penuh sukacita oleh Gubernur Zainal A. Paliwang beserta jajarannya di lingkungan pemerintah provinsi (pemprov). Khususnya masyarakat Kaltara.

Sebab, sepekan ke depan, provinsi bungsu di tanah air ini akan merayakan hari jadinya ke-9 tahun. Tepatnya 25 Oktober 2021.

“Kami sangat terhormat menjadi tujuan kunjungan kerja menteri dan duta besar serta perwakilan bank dunia di bulan ini. Kehadiran duta besar, menteri dan Presiden Republik Indonesia kali ini, adalah hadiah dalam rangkaian HUT Kalimantan Utara ke-9 yang akan diperingati tanggal 25 Oktober nanti,” kata gubernur dalam sambutannya pada acara ramah tamah di Kota Tarakan, Senin (18/10/2021) malam tadi.

Gubernur menuturkan, melalui visinya, yaitu mewujudkan Kaltara yang Berubah, Maju dan Sejahtera, provinsi yang dihuni satu kota dan empat kabupaten ini sangat memperhatikan peningkatan kualitas perlindungan dan pengelolaan lingkungan.

“Seperti kegiatan yang akan kita lakukan besok, kami sangat menghargai dan mendukung kebijakan Kementerian LHK RI, Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) RI yang akan menggrebatu langsung di mangrove yang ada di Desa Bebatu, Kabupaten Tana Tidung,” ujarnya.

Pemprov, lanjut Gubernur, dengan menyajikan kekayaan alam, Kaltara memiliki banyak potensi.

Kaltara, masih kata Gubernur, saat ini tengah menjaga dan membuka peluang investasi dalam aspek energi baru terbarukan.

“Dengan potensi energi Sungai Kayan yang sangat besar, saat ini kami bersiap untuk mendukung program “Green Industrial Park“, wilayah industri yang output produknya adalah green product dan energi yang digunakan adalah green energy,” paparnya.

Dengan peluang investasi itu, ia memastikan Kaltara akan mampu membawa masyarakatnya lebih dekat.

“Kalimantan Utara adalah rumah kami. Yang berarti setiap lapisan masyarakat Kalimantan Utara, dan siapapun yang mengunjungi Kalimantan Utara adalah keluarga,” cetusnya.

Untuk itu, atas nama seluruh rakyat Kaltara, gubernur berharap Menteri LHK, para duta besar, dan kepala perwakilan Bank Dunia beserta seluruh rombongan dapat merasa aman dan nyaman saat di Kaltara.

“Sekali lagi, saya mengucapkan selamat datang di Kaltara, negara indah yang memiliki keanekaragaman etik dan budaya, serta kekayaan alam yang berkah. Semoga dengan kehadiran kalian semua, dapat mempercepat pencapaian visi dan misi Kaltara yaitu Berubah, Maju, Sejahtera,” demikian gubernur menyampaikan.

Adapun para duta besar yang turut hadir dalam rangkaian kunjungan kerja Presiden Jokowi dan Menteri LHK di Kaltara itu adalah Belanda, Jerman, Inggris, Italia, Finlandia, Prancis, Swedia, Cheko, Korea Selatan, dan Jepang. (mndd)

Continue Reading

Kaltara

Dinilai Matang, Gubernur Siap Sambut Kunjungan Presiden

Published

on

KALTARA, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Utara, Drs H Zainal A Paliwang SH, M.Hum menilai kesiapan daerah dalam menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo sudag cukup matang. Dengan kata lain, pemerintah siap menyambut kedatangan orang nomor 1 di Indonesia itu pada Selasa (19/10/2021).

Di Kaltara, kepala negara akan mengunjungi Kabupaten Tana Tidung dan Kota Tarakan. Karena itu, pada Senin (18/10/2021) siang gubernur melakukan tinjauan langsung ke sejumlah titik yang akan menjadi fokus kunjungan kerja Presiden.

Untuk memastikan semua hal yang berkaitan dengan kunjungan kerja Presiden ke Kaltara berjalan lancar, Gubernur meninjau sejumlah lokasi vaksinasi yang nantinya dikunjungi Presiden Jokowi, di Kelurahan Karang Rejo.

“Bapak dan ibu, saya minta kebersihan lingkungannya dijaga dengan baik, khususnya rumah-rumah yang hedak dikunjungi Bapak Presiden,” pesan Gubernur kepada warga di Kelurahan Karang Rejo.

Setelah menyambangi rumah warga di Kelurahan Karang Rejo yang menjadi lokasi vaksinasi sistem door to door. Gubernur Zainal kembali meninjau persiapan vaksinasi di SMP Negeri 1 Tarakan, yang mana vaksinasi tersebut akan difokuskan bagi para pelajar di Tarakan.

“Yang belum vaksin jangan takut divaksin, karena vaksin itu aman dan menyehatkan, agar kita dapat terhindar dari Covid-19 dan dapat kembali belajar seperti dulu,” pesan Gubernur kepada pelajar yang hadir.

“Di Kota Tarakan, kita meninjau lokasi vaksinasi yang akan dilihat Bapak Presiden. Persiapannya sudah cukup matang, kita juga dibantu oleh protokol istana,”ujar Gubernur.

Tidak hanya itu, Gubernur juga meninjau langsung kesiapan lokasi penanaman bibit mangrove di Desa Bebatu, Kabupaten Tana Tidung. Di lokasi tersebut, sesekali Gubernur terlihat ikut bergotong royong bersama warga agar seluruh kesiapan di lokasi acara tidak mengalami kendala.

Seperti diketahui, di Tana Tidung, Presiden Jokowi akan melakukan penanaman bibit pohon bakau di lokasi pertambakan di Desa Bebatu, Tana Tidung. Yang mana, setibanya di Tarakan Presiden langsung melanjutkan perjalanan menggunakan tiga unit helikopter Super Puma.

Saat penanaman bibit pohon bakau, Presiden Jokowi akan didampingi Mentri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya dan Gubernur Kaltara, Drs. H. Zainal Arifin Paliwang SH. M.Hum dan beberapa perwakilan Kedutaan Besar (Kedube) dari negara Uni Eropa.

Usai penanaman bibit pohon bakau, Presiden beserta rombongan dan Gubernur Kaltara kembali ke Tarakan, guna meninjau langsung kegiatan vaksinasi di dua lokasi di Tarakan, yakni di Kelurahan Karang Rejo dan SMP Negeri 1 Tarakan. (mndd)

Continue Reading

Kaltara

Ke Kaltara, Presiden Bakal Lakukan Penanaman Bibit Mangrove di Tana Tidung

Published

on

KALTARA, SuaraBorneo.com – Presiden Joko Widodo dijadwalkan kembali melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Di provinsi termuda ini, orang nomor satu di Indonesia itu bakal melakukan penanaman mangrove di Kabupaten Tana Tidung (KTT), Selasa (1910/2021). Penanaman mangrove akan dilakukan langsung oleh Presiden berasama Duta Besar Negara sahabat.

“Bapak Presiden Joko Widodo beserta rombongan akan bertolak ke KTT menggunakan tiga unit helikopter Super Puma. Rencananya, akan didamping Menteri LHK, Gubernur Kaltara, perwakilan Kedutaan Besar (Kedubes) Uni Eropa dan World Bank akan menanam bibit mangrove di desa tersebut,” terang Gubernur Kalimantan Utara, Drs H Zainal A. Paliwang SH, M.Hum saat mengikuti rapat persiapan kedatangan Presiden bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, Ahad (17/10/2021).

Tidak hanya itu, Presiden juga akan melakukan serangkaian kegiatan di Kota Tarakan. Diantaranya menghadiri acara vaksinasi door to door di Kota Tarakan. Serta menyalurkan Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW).

“Sementara masih kita rapatkan bersama Kepala Sekretariat Presiden. Mudah-mudahan sesuai dengan rencana, sehingga Bapak Presiden bisa kembali menyapa masyarakat Kaltara secara langsung,” kata Gubernur.

Dalam kunker Presiden ini, Kaltara juga mendapatkan bantuan vaksinasi sebanyak 5.500 dosis. Vaksin tersebut, nantinya disalurakan langsung ke maayarakat umum melalui program vaksinasi door to door.

“Kegiatan vaksinasi tersebut, akan ditinjau langsung oleh Presiden Jokowi dan Gubernur Kaltara setibanya di Tarakan usai melakukan penanaman bibit mangrove,” jelasnya.

Gubernur juga menyampaikan kondisi terkini di Kaltara. Kasus penyebaran Covid-19 di provinsi yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia ini sudah melandai. Meski mengalami penurunan, Gubernur meminta masyarakat Kaltara tetap menaati protokol kesehatan (prokes).

“Alhamdulillah, saat ini Kaltara sudah berada di level dua dari penyebaran Covid-19,” kata Gubernur.

Gubernur mengingatkan, masyarakat Kaltara harus tetap waspada dan tidak boleh lengah. Tujuannya, agar semua masyarakat Kaltara dapat terhindar dari Covid-19.

“Saya juga mengajak masyrakat untuk menyukseskan program vaksinasi di Kaltara ini, mari kita juga berdoa bersama-sama agar penyebaran Covid-19 dapat berakhir,” ajak Gubernur.

Dengan terus melandainya penyebaran Covid-19, Gubernur berharap, penerapan PPKM di Provinsi Kaltara bisa turun level satu. Sehinga kedepannya, kegiatan-kegiatan masyarakat dapat kembali berjalan normal seperti sedia kala.

“Mari kita terus mentaati prokes melalui gerakan mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjahui kerumunan dan mengurangi mobilisasi (5M),” harap Gubernur.

Dalam kesempatan ini, Gubernur turut mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat dan seluruh instansi, yang telah berupaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di provinsi termuda ini.

“Saya juga ucapkan terima kasih kepada semua pihak, karena telah bekerja keras menekan penyebaran Covid-19 di Kaltara,” tuntasnya. (mndd)

Continue Reading

Kaltara

Gubernur Zainal Ajak Masyarakat Nunukan Meneladani Rasulullah SAW

Published

on

KALTARA, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Utara Zainal A. Paliwang dalam acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H, yang diselenggarkan oleh Yayasan Pendidikan Siti Fathimah Raudhatul Athfal Fathimah, Nunukan, Sabtu (16/10).

Gubernur langsung menyapa masyarakat dengan memberi sambutan memperingati hari bahagia atas kelahiran Baginda Nabi.

”Tidak hentinya kita memanjatkan puji dan syukur kehadirat ALLAH SWT Tuhan Yang Maha Kuasa, kita masih diberikan kekuatan, kesehatan serta iman sehingga menghantarkan langkah kita ke tempat ini, dalam rangka memperingati maulid Nabi Besar Muhammad SAW.

Shalawat dan salam kita hantarkan kepada Nabi Muhammad, karena telah menghantarkan kita dari alam gelap gulita menuju terang benderang,” ungkap gubernur dalam sambutannya.

Gubernur mengingatkan bahwa maulid adalah sebuah pristiwa besar dan bentuk ekspresi kegembiraan dan rasa syukur umat Islam atas kehadiran Rasulullah di dunia sebagai rahmat bagi seluruh alam.

“Selain ekspresi rasa syukur, substansi dari peringatan maulid nabi adalah meneguhkan komitmen loyalitas dan dapat memetik beberapa hikmah yaitu meneguhkan kembali keimanan kita kepada Rasulullah SAW, meneladani perilaku dan perbuatan mulianya, sesuai dengan firman ALLAH SWT bahwa mengutus Nabi Muhammad SAW sebagai nabi dan rasul sekaligus menjadi uswah hasanah (suri teladan yang baik,red) bagi umatnya,” jelasnya

Gubernur pada momen tersebut mengajak seluruh masyarakat yang hadir untuk meniru dan menghayati akhlak dan budi pekerti Rasulullah SAW.

“Semoga kita menjadi pribadi yang semakin baik, semoga ALLAH SWT selalu memberikan rahmat dan hidayahnya kepada masyarakat yang berada di Kalimantan Utara ini.

Tidak lupa saya mengingatkan untuk selalu disiplin menjaga protokol kesehatan dan saya juga menyampaikan bahwa kita bersyukur bahwa sejak tanggal 11 lalu seluruh wilayah Kaltara menjadi zona kuning atau level 2, terus kita jaga kedisiplinan protokol kesehatan ini agar nanti di akhir bulan kita bisa turun pada level 1,” ujarnya.

Sebelum menutup sambutannya Gubernur Zainal juga turut menyampaikan perihal kedatangan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ke Benuanta dan meminta maaf kepada masyarakat karena tidak bisa berlama-lama di Nunukan.

“Saya akan bergeser ke Tarakan, meninjau lokasi yang akan bapak presiden kunjungi pada tanggal 19 nanti, setelah itu Alhamdulillah Bapak Presiden akan datang lagi bulan depan.

Ini bukti keseriusan pemerintah pusat terhadap potensi Kalimantan Utara, untuk memajukan Indonesia tidak hanya sumber daya alamnya namun juga kelak sumber daya manusianya,” tutup Jenderal Purnawirawan Polri tersebut. (mndd)

Continue Reading

Populer