Mahasiswa IAIN Galang Dana Banjir Katingan di Lima Titik – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15

Kalteng

Mahasiswa IAIN Galang Dana Banjir Katingan di Lima Titik

Published

on

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo.com – Dukungan dan wujud kepedulian serta mengurangi beban warga akibat tampak banjir Kabupaten Katingan terus bergerak cepat dilakukan berbagai pihak.

Seperti mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya bergerak yang melakukan penggalangan dana.

“Ada lima titik wilayah penggalangan dengan melibatkan puluhan mahasiswa mahasiswi,”utur Mohammad Raj Ulhaq Mahasiswa IAIN setempat kepada awak media Jumat (10/9/2021).

Disampaikannya adapun lokasi penggalangan dana di ibukota Provinsi Kalimantan Tengah Bumi Tambun Bungai adalah Jalan Diponegoro Imam Bonjol RTA MIlono Goerge Obos dan Ahmad Yani.

“Kami mendatangi dan menyodorkan kotak sumbangan pengendara roda dua dan mobil roda empat. Syukur Alhamdulilah dibantu,”terang Ulhag panggilan mahasiswa semester VII ini.

Dalam kegiatan ini bergerak dan memohon bantuan menggunakan pengeras suara baju almamater sebagai identitas dan masker serta santun maupun beretika.

Sementara Itu pengurus Ikatan Warga Banua (IWB) Kalteng, langsung menyerahkan 250 dus kepada warga yang terkena dampak banjir

Bantuan diantar langsung dibeli dan uangnya dari hasil penggalangan,”ujar Ketua IWB Kalteng H Mulyadi. (ujang/ery-SB).

Bagikan ke

Kalteng

Pj Bupati Buka Peresmian dan Pelatihan SDM SLRT Puskesos Tiga Kecamatan

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi bersama peserta pelatihan SDM Pokja Aselerasi SLRT Puskesos dilaksanakan Dinsos di Aula Rujab Bupati Senin (4/12/2023). (foto/Suhaili).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi membuka kegiatan peresmian dan pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) kelompok kerja (pokja) akselerasi Sistem Layanan Rujukan Terpadu — Pusat Kesejahteraan Sosial (SLRT Puskesos) untuk tiga kecamatan yang dilaksanakan Dinas Sosial Kabupaten Kapuas bertempat di Aula Rujab Bupati, Senin (4/12/2023).

Kegiatan dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Sri Rejeki OPD lingkup Pemkab Kapuas. Adapun peserta berasal dari tiga kecamatan yakni Selat Mantangai dan Pulau Petak.

Mereka terdiri dari perangkat daerah terkait kepala puskesmas, UPTD PPA koorwil pendidikan camat lurah kepala desa Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan SDM.

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi mengatakan peningkatan kesejahteraan dan perlindungan sosial bagi penduduk miskin dan rentan miskin adalah salah satu prioritas nasional pemerintah.

Dikatakan saat ini pemerintah daerah tentunya terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat termasuk dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

“Oleh karena itu dengan adanya SLRT Puskesos ini diharapkan dapat mengidentifikasi keluhan dan kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinsos Kapuas Yanmarto mengatakan untuk kegiatan ini narasumbernya dari Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Banjarmasin Jazak Akbar Hidayat.

“Terkait agenda pelatihan mulai dari paparan tentang tugas fungsi SDM pelaksana SLRT Puskesos, lalu paparan tentang tata kelola DTKS dan P3KE dan juga diisi diskusi dan tanya jawab,” ujarnya. (ujang/ery-SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Media Gathering KPU Kapuas Sampaikan Tahapan Persiapan Pemilu 2024

Published

on

KPU Kapuas ketika menggelar Coffee Morning Media Gathering bersama media di Hotel Fovere Jalan Pemuda Kapuas Minggu (3/12/2023). (foto/ist).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah menggelar Coffee Morning Media Gathering bertempat di Hotel Fovere Jalan Pemuda Kapuas, Minggu (3/12/2023).

Hadir dalam kegiatan itu Kesbangpol Kapuas unsur terkait wartawan media cetak elektronik online.

Ketua KPU Kapuas Fery Irawan mengatakan sesuai tahapan pemilu pihaknya sudah melaksanakan program sosialisasi terkait pelaksanaan pemilu.

“Sebagai penyelenggara pemilu KPU Kapuas siap dalam rangka pelaksanaan agenda pemilu nasional yang digelar pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang,” katanya.

Ia menjelaskan terkait tahapan pemilu sendiri saat ini sudah berjalan di antaranya yakni penetapan DCT kampanye

Oleh karena itu lanjutnya pihaknya selalu membuka diri bersinergi dengan media mensosialisasikan tahapan pemilu sehingga publik mengetahuinya.

“Peran media sangat penting sebagai mitra KPU menyampaikan informasi. Harapannya pemilu berjalan aman lancar dan untuk itu kita bersama menyukseskannya,” ujarnya.

Anggota KPU Kapuas Divisi Teknis Penyelenggara Deden Firmansyah didampingi Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi dan Hubungan Masyarakat Maya Sihombing mengatakan pentingnya media sebagai Mitra KPU.

“KPU Kapuas selalu membuka akses ruang penyampaian informasi kepada media terkait pemilu,” ujarnya. (ujang/ery-SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Dinas Ketahanan Pangan Program Desa B2SA Dapat Diimplementasikan 2024

Published

on

Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Kapuas Kusmiatie. (foto/isti).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah mengharapkan Program pengembangan Desa Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) di Kabupaten Kapuas.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kapuas Kusmiatie pada kegiatan Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Juknis Percepatan Implementasi Desa B2SA di Aula Kantor Bappelitbangda Kapuas, Jumat (1/12/2023).

Dikatakan sasaran kegiatan sosialiasi pada hari ini kepada kepala desa yang menggunakan dana desa (DD) agar Desa Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) bisa dilaksanakan di tahun 2024 dengan mengunakan dana desa bidang ketahanan pangan dan hewani.

Lebih lanjut dikatakan program tersebut bertujuan mendorong masyarakat untuk menerapkan pola konsumsi pangan B2SA guna meningkatkan kualitas konsumsi pangan masyarakat dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia yang aktif sehat dan produktif.

“Harapannya masyarakat Kabupaten Kapuas menjadi masyarakat yang aktif mandiri produktif dan sejahtera,” katanya.

Kegiatan diikuti sejumlah camat dan kades se Kabupaten Kapuas. (ujang/ery-SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

DP3APPKB Kapuas menggelar sosialisasi Pencegahan Perkawinan Usia Anak

Published

on

Sosialisasi Pencegahan Perkawinan Usia Anak digelar DP3APPKB Kabupaten Kapuas di Aula Kantor Bappelitbangda Kapuas Kamis (30/11/2023). (foto/Suhaili).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pemerintah Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) menggelar Sosialisasi Pencegahan Perkawinan Usai Anak, Kamis (30/11/2023).

Kegiatan bertempat di Aula Kantor Bappelitbangda Kapuas adalah kerja sama DP3APPKB Kapuas dengan DP3APPKB Provinsi Kalteng.

Kegiatan dihadiri OPD lingkup Pemkab Kapuas pihak Kemenag Pengadilan Agama diikuti para pelajar SMP SMA dan MAN.

Kadis DP3APPKB Kapuas dr Setya Utami mengatakan kegiatan sosialisasi sekaligus terkait stunting memberikan pemahaman karena perkawinan usia anak akan berdampak tidak baik.

“Dampaknya justru melanggar undang-undang dan tentu harus dicegah,” katanya.

Dikatakan berangkat dari niat baik yang kita sampaikan dalam sosialisasi ini berdasar
data di Indonesia perkawinan usia anak tinggi khususnya di Kabupaten Kapuas Kalteng.

Oleh karena itulah perkawinan usia anak harus dihindari karena dampaknya justru berpengaruh buruk terhadap kondisi anak.

Lebih lanjut dikatakan selain terjadi kasus KDRT juga melahirkan generasi stunting. Peran orang tua dalam hal ini menjadi penting memberikan pemahaman kepada anak-anak.

“Harapannya melalui sosialisasi ini nantinya dapat memberikan pesan-pesan yang baik terutama bagi anak-anak yang memiliki potensi dan masa depan untuk kemudian secara bersama-sama menyampaikannya,” tutupnya. (ujang/ery-SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Paripurna Dewan RAPBD Kapuas 2024 Disepakati

Published

on

Rapat paripurna DPRD Kapuas terkait kesepakatan RAPBD Kabupaten Kapuas tahun 2024 di Kantor DPRD Kapuas Kamis (30/11/2023). (foto/Suhaili).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Setelah melalui mekanisme pada tingkat pembahasan RAPBD Kabupaten Kapuas Tahun Anggaran (TA) 2024 disepakati dalam rapat paripurna DPRD Kapuas masa persidangan 13 di Kantor DPRD Kapuas, Kamis (30/11/2023).

Rapat paripurna itu dihadiri Forkopimda Sekda OPD lingkup Pemkab Kapuas anggota DPRD serta undangan lainnya.

Kesepakatan RAPBD Kabupaten Kapuas oleh pihak eksekutif dan DPRD melalui penandatanganan berita acara oleh Ketua DPRD Kapuas Ardiansah Waket I Yohanes Waket II Epan Rahman Saputra serta Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi.

Sebelumnya penyampaian pendapat akhir 7 fraksi DPRD Kapuas yang intinya menyatakan sepakat RAPBD tahun 2024.

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi menyampaikan terima kasih disepakati RAPBD Kabupaten Kapuas tahun 2024.

“Saya mengapresiasi atas kerja sama sinergi yang baik meski ada dinamika adalah hal wajar. Namun semuanya untuk kesejahteraan masyarakat dalam rangka menjalankan program pembangunan dan kemajuan Kapuas ke depannya,” katanya.

Sementara itu Ketua DPRD Kapuas Ardiansah mengatakan dengan disepakatinya RAPBD maka semuanya dalam rangka meningkatkan program pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. (ujang/ery-SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Deteksi Dini Penyalahgunaan Narkotika Pejabat Kapuas Tes Urine

Published

on

Pelaksanaan tes urine bagi ASN pejabat eselon II dan III lingkup Pemkab Kapuas oleh tim P4GN Kabupaten Kapuas di Aula Rujab Bupati Kapuas Rabu (29/11/2023). (foto/Suhaili).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Ratusan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas menjalani tes urine. Mereka adalah pejabat eselon II dan III, Rabu (29/11/2023).

Kegiatan dilaksanakan oleh tim terpadu Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) Kabupaten Kapuas Kapuas bertempat di Aula
Rujab Bupati Kapuas.

Kegiatan langsung dihadiri Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi dan Sekda Septedy.

Ketua Pelaksana Harian P4GN Kabupaten Kapuas Hj Marlina Kasfiatie yang juga Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Kapuas mengatakan pelaksanaan tes urine bagi seluruh pejabat eselon II dan III dalam rangka deteksi dini penyalahgunaan narkotika.

“Hari kita melaksanakan tes urine. Ada sebanyak 137 pejabat yang mengikuti tes urine dari OPD hingga pemerintah kecamatan,” katanya.

Dikatakan tes urine bagi para pejabat belum semuanya namun akan dilanjutkan kembali karena belum bisa hadir kesibukan di dinasnya.

“Untuk hasilnya satu hari sesudah pelaksanaan tes urine hari ini. Harapannya mudah-mudahan semuanya negatif karena tujuan tes urine bagi ASN para pejabat untuk memastikan bebas dari penyalahgunaan narkotika,” ujarnya. (ujang/ery-SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Peringatan HUT Korpri ke-52, Pj Bupati Kapuas Irup Upacara

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi saat menjadi inspektur upacara pada peringatan HUT KORPRI ke-52 Tahun 2023 berlangsung di halaman kantor Bupati Kapuas Rabu (29/11/2023). (foto/hmskmf).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pemerintahan Kabupaten Kapuas bersama Pengurus Korps Pegawai Republik Indoensia (KORPRI) menggelar upacara peringatan HUT KORPIR ke-52 tahun 2023 yang berlangsung di halaman kantor Bupati Kapuas, Rabu (29/11/2023).

Bertindak sebagai inspektur upacara Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi. Hadir Forkopimda Sekda OPD anggota KORPRI Kabupaten Kapuas serta seluruh peserta upacara.

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi mengatakan momentum ulang tahun ke-52 marilah kita jadikan sebagai upaya untuk meneguhkan KORPRI sebagai penguat NKRI dan pelindung ASN serta dirinya jga menyampaikan termia kasih kepada KORPRI dan seluruh ASN atas semua program yang bermanfaat ke masyarakat luas.

“Saya percaya bahwa KORPRI sebagai organisasi yang sudah berkali-kali menghadapi Pilpres dan Pilkada sudah sangat paham dan terlatih untuk tetap berada dalam posisi netral dan tegak lurus dengan Negara Pancasila dan UUD 1945,” ujarnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan melalui KORPRI mari kita senantiasa berperan dengan meningkatkan kinerja berkolaborasi dan bersinergi serta menumbuhkan energi positif dalam setiap pelaksanaan tugas kewajiban dan tanggung jawab yang diamanakan.

“Saya minta kepada seluruh pengurus KORPRI dimanapun berada untuk terus menjaga anggotanya agar tetap tegak lurus keapda negara Pancasialis dan UUD 1945.

Secara khusus saya juga meminta keluarga besar KORPRI untuk terus menerus membentengi anggotanya dari intoleransi
dan radikalisme,” tutupnya. (ujang/ery-SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

DPMD Kapuas Gelar Lokakarya Penyusunan Rencana Aksi Berkelanjutan Berbasis Hutan Desa

Published

on

Giat Lokakarya dan Rapat Kerja Penyusunan Rencana Aksi Berkelanjutan Pembangunan Kawasan Perdesaan Berbasis Hutan Desa di Aula Kantor DPMD Kapuas Selasa (28/11/2023). (foto/ist).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pemerintah Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menggelar Lokakarya dan Rapat Kerja Penyusunan Rencana Aksi Berkelanjutan Pembangunan Kawasan Perdesaan Berbasis Hutan Desa, Selasa (28/11/2023).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor Dinas PMD Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas itu dibuka secara resmi oleh Plt Asisten I Setda Kapuas Fahruranzi. Dihadiri sejumlah camatkepala desa serta stakeholder terkait.

Kepala Dinas PMD Kapuas Budi Kurniawan mengatakan dalam kegiatan ini pihaknya menyampaikan surat keputusan bupati Kapuas terkait dengan rencana aksi pembangunan berkelanjutan kawasan perdesaan berbasis hutan desa.

“Tujuan lokakarya dalam rangka pemanfaatan hutan desa. Jadi ada delapan poin penting strategi yang harus kita bangun,” katanya.

Dikatakan terkait hal itu di Kabupaten Kapuas ada lebih dari 16 desa yang sudah memiliki hutan desa dengan luas sekitar 26 ribu hektar.

Hanya saja hutan desa itu sampai saat ini belum maksimal untuk pengelolaannya termasuk pemanfaatannya.

Oleh karena itu lanjutnya diharapkan dengan adanya rencana aksi daerah sesuai SK bupati Kapuas itu ada sinergi dengan semua pihak.

Budi menambahkan terkait hal tersebut sangat dibutuhkan untuk bisa membangun memelihara dan menjaga kawasan hutan desa.

“Sehingga nantinya keberadaan hutan desa tidak hanya sebagai kawasan hutan saja tetapi juga bisa memberikan manfaat maksimal bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat disamping pelestarian lingkungan, ” pungkasnya. (ujang/ery-SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pj Bupati Kapuas Serahkan Penghargaan Sekolah Adiwiyata

Published

on

Kegiatan penyerahan penghargaan sekolah Adiwiyata dan penanaman pohon dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia. (foto/ist).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi didampingi istri Sri Rejeki yang juga Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas menyerahkan Penghargaan sekolah Adiwiyata Kabupaten Kapuas Tahun 2023 dan penanaman pohon dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia, Selasa (28/11/2023).

Kegiatan digelar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kapuas dihalaman Kantor Bupati Kapuas Jalan Pemuda Kuala Kapuas dihadiri Forkopimda Kakemenag H Hamidhan Sekda Kapuas Septedy Kadis DLH Karolinae Kepsek
Sd/SMP/MAN dan tamu undangan lainnya.

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi menyampaikan bahwa adiwiyata merupakan sebuah penghargaan yang diberikan pemerintah mulai dari pemerintah pusat provinsi hingga kabupaten/kota kepada kepala sekolah yang berkomitmen mewujudkan warga sekolah yang peduli dan bertanggung jawab dalam upaya perlidungan dan pengelolaan lingkungan hidup untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

“Oleh karena itu kita wajib menjaga lingkungan sekitar sekolah yaitu menjaga kebersihan fungsi sanitasi dan drainase di lingkungan sekolah penanaman pemeliharaan tanaman disekitar lingkungan sekolah,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan pada hari ini berkenaan dengan peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia pemerintah sudah berupaya mendukung pelestarian lingkungan dengan menanam dan memelihara pohon ditempat umum maupun disekitar lingkungan kita.

“Marilah kita terus merawat dan menjaga bumi kita ini agar bisa tetap dinikmati oleh generasi penerus anak cucu kita sesuai dengan peraturan daerah Kabupaten Kapuas Nomor :
5 Tahun 2011 tentang ketertiban umum kebersihan dan pertamanan,” ajak Pj Bupati.

Sementara itu dalam laporan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Karolinae meyampaikan dasar hukum kegiatan adiwiyata yaitu peraturan menteri lingkungan hidup dan kehutanan nomor 52 tahun 2019 tentang gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup dan surat keputusan Bupati Kapuas nomor 421 dinas lingkungan hidup Tahun 2023 tentang penetapan sekolah adiwiyata Kabupaten Kapuas tahun 2023.

“Dengan adanya program adiwiyata diharapkan siswa maupun warga sekolah serta masyarakat umum mampu menumbuhkan karakter bangsa yang berprilaku peduli dan ramah lingkungan untuk menjadi indonesia negara yang maju dan lestari,” tutupnya. (ujang/ery-SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer