Connect with us
FILE-MASAK-LOGO-SB-5

Hulu Sungai Selatan

Rapat Paripurna DPRD HSS, Bupati Sampaikan Nota Keuangan APBD Tahun 2022

Published

on

KANDANGAN, suaraborneo.com – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Achmad Fikry, M.AP menyampaikan Nota Keuangan dan Ranperda tentang APBD Tahun Anggaran (TA) 2022 dalam Rapat Paripurna yang digelar DPRD HSS, Senin (13/9).

Rapat paripurna itu dipimpin Ketua DPRD H. Akhmad Fahmi, SE didampingi oleh Wakil Ketua I Rodi Maulidi dan Wakil Ketua II H. Muhammad Kusasi. Rapat paripurna tersebut juga dihadiri oleh unsur Forkopimda Kab. HSS, Sekda HSS dan para pimpinan OPD lingkup Kab. HSS

Bupati HSS Achmad Fikry dalam pidato pengantarnya menyampaikan tema pembangunan RKPD Tahun 2022 sesuai dengan RPJMD Kab. HSS 2018-2023 adalah Pemantapan Kontribusi Sektor Pertanian dan Pariwisata Terhadap Perekonomian Regional dan Pemerataan Pendapatan Masyarakat. Namun adanya pandemi Covid-19 di Negara Indonesia secara keseluruhan mengharuskan pemerintah pusat termasuk pemerintah daerah melakukan berbagai kebijakan dalam rangka penanganan dampak pandemi Covid-19 dan yang menyertainya di bidang kesehatan, sosial dan ekonomi. Hal inilah kata Bupati, yang menjadi salah satu acuan dalam merancang penyesuaian atas kerangka strategi dan arah kebijakan dalam menentukan prioritas dan sasaran pembangunan Kab. HSS tahun 2022.

Berdasarkah hal tersebut, Bupati menyatakan tema pembangunan Kab. HSS Tahun 2022 disesuaikan menjadi “Memantapkan Pemulihan Ekonomi dan Sosial yang Berkontribusi Terhadap Pemerataan Pendapatan Masyarakat dengan Memperhatikan Lingkungan”. Adapun prioritas pembangunan dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah sebagai berikut yang pertama usaha mikro/kecil dan industri kecil. Kedua investasi hilirisasi industri, pariwisata, dan pertanian dan yang ketiga kesehatan, pendidikan dan keterampilan.

Sementara saat diwawancarai usai acara Bupati HSS Achmad Fikry berharap pembahasan Ranperda APBD 2022 tersebut segera di proses dan dijadikan prioritas bersama DPRD hingga pada waktunya ditetapkan menjadi APBD Tahun 2022. “insyaalah pendapatan APBD kita akan meningkat lebih 30 % namun kita juga harus mengikuti ketentuan pemerintah pusat untuk menyiapkan anggaran tidak terduga tahun 2021 antara 5 sampai 10 % untuk antisipasi bencana termasuk Covid-19” kata bupati.

Bupati juga mengatakan walaupun APBD Kab. HSS masih dalam suasana prihatin namun target-target untuk mensejahterakan masyarakat terus dipacu. “mudah-mudahan pembahasan ini berjalan dengan lancar hingga pada 1 Januari 2022 kita sudah mulai bekerja sesuai dengan arahan presiden, kita akan rancang pengadaan barang dan jasa agar 1 Januari 2022 sudah bisa berjalan karena cepat APBD berjalan maka roda ekonomi akan berputar,” ungkap Bupati. (ari-hss)

 93 kali dilihat

Umum

Populer