Gubernur Optimistis Ekonomi Kaltara Segera Pulih – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15

Kaltara

Gubernur Optimistis Ekonomi Kaltara Segera Pulih

Published

on

KALTARA, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Utara, Drs. H. Zainal A. Paliwang, SH, M.Hum menerima audiensi bersama Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Tedy Arief Budiman, di ruang kerjanya, Senin (13/9/2021). Gubernur optimistis, perekonomian provinsi termuda ini segera pulih.

Gubernur menginginkan adanya keselarasan antara pemerintah dan KPw BI Kaltara dalam membangkitkan perekonomian di provinsi termuda ini.

“Kita bersama BI Kaltara akan berupaya membangkitkan kembali perekonomian di Kaltara. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, masyarakat butuh kehadiran kita di tengah mereka,” ujar Gubernur.

Gubernur juga menyampaikan peran BI dalam sistem perekonomian Indonesia, serta penerapan strategi bauran kebijakan (policy mix) BI yang mencakup kebijakan moneter, makroprudential, dan sistem pembayaran.

Keseluruhan upaya ini disinergikan dalam kerangka percepatan pemulihan ekonomi nasional menghadapi dampak pandemi Covid-19. Selain itu, disampaikan juga berbagai langkah yang dilakukan KPw BI dalam mewujudkan visinya sebagai Bank Sentral terdepan untuk Indonesia Maju khususnya dalam sumbangsihnya menciptakan sumber-sumber pertumbuhan ekonomi baru.

“Pemulihan ekonomi di Kaltara masih berlanjut. Prospek pemulihan ekonomi juga terjadi di Kaltara tercermin dari pertumbuhan ekonomi Provinsi Kalimantan Utara pada triwulan II 2021 yang tumbuh sebesar 5,81% (yoy) atau 2,17% (qtq),” jelasnya.

Gubernur meminta agar BI segera membuat langkah kongkrit seperti pembinaan terhadap usaha kecil menengah (UKM). Selain itu, gubernur berharap program yang dilakukan oleh BI saat ini dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat Kaltara.

“Kontribusi BI bagi masyarakat sangat diperlukan. Kita sebagai pemerintah tentu saja mengapresiasi dan mendukung yang telah dilakukan KPw BI Kaltara selama ini,” jelasnya.

Selama ini, kata Gubernur, kehadiran BI Kaltara cukup membantu pemerintah melalui program yang telah dicanangkan. Gubernur berharap program itu dapat berjalan secara berkesinambungan dan selalu bersinergi dengan pemerintah.

“Misal pemberian beasiswa BI yang belum lama ini digelar. Ini sangat memberi dampak nyata bagi masyarakat khususnya dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM). (mndd)

Kaltara

Gubernur Silaturahmi dengan Masyarakat Perbatasan

Published

on

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Drs. H. Zainal A. Paliwang, S.H., M.Hum melakukan pertemuan silaturahmi dengan para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan masyarakat transmigrasi di wilayah perbatasan. (Foto/Ist) 

NUNUKAN, SuaraBorneo.com – Selain mengunjungi sejumlah kegiatan pembangunan, seperti Bedah Rumah, masih di Sei Menggaris, Nunukan pada Sabtu (4/2), Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Drs. H. Zainal A. Paliwang, S.H., M.Hum melakukan pertemuan silaturahmi dengan para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan masyarakat transmigrasi di wilayah perbatasan tersebut.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Zainal Paliwang menyampaikan rasa bahagianya dapat bertemu dan bersilaturahmi dengan masyarakat transmigrasi yang telah bermukim sejak 20 tahun lalu itu.
“Saya sangat berbahagia dapat bertemu dengan saudara-saudara sekalian, terlebih para warga masyarakat di sini (Desa Srinanti dan Tabur Lestari,red), merupakan warga masyarakat transmigrasi yang telah bermukim sejak 20 tahun yang lalu,” katanya.

Ia mengungkapkan bahwa tingkat perekonomian warga transmigrasi di wilayah perbatasan itu sudah mulai berkembang.
“Kita patut bersyukur karena wilayah transmigrasi di sini tingkat perekonomiannya sudah mulai berkembang. Saya yakin dengan doa serta senantiasa berusaha perekonomian di daerah ini dapat terus berkembang, sehingga masyarakat yang ada dapat semakin sejahtera,” kata Zainal saat acara silaturahmi dengan para tokoh dan masyarakat transmigrasi di Sei Menggaris, Sabtu (4/2/2023) siang.

Dalam momentum silaturahmi tersebut, atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara, Gubernur menyerahkan souvenir kepada para guru ngaji/madrasah dan para pendeta.
Diharapkan melalui pemberian souvenir ini dapat turut meningkatkan motivasi para guru dan pendeta dalam membina para generasi muda dan terus dapat memberikan pelayanan keagamaan yang terbaik bagi masyarakat.
Selain itu, Gubernur Zainal juga menyerahkan bantuan berupa alat olahraga kepada karang taruna Desa Srinanti dan Desa Tabur.

“Semoga melalui penyerahan alat olahraga ini, kita dapat memberikan wadah yang positif kepada para generasi muda melalui kegiatan berolahraga. Saya berpesan kepada para pengurus karang taruna, untuk dapat memanfaatkan peralatan olahraga ini dengan baik. bila perlu, buatlah kegiatan-kegiatan perlombaan olahraga yang kelak tidak hanya dapat meningkatkan semangat dan pola hidup sehat, tetapi dapat pula menjadi sarana sosialisasi dan keakraban para warga desa,” pungkasnya. (md/dkisp)

Continue Reading

Kaltara

Ke Perbatasan, Gubernur Tinjau Program Bedah Rumah dan Penyediaan Air Bersih Warga

Published

on

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Drs. H. Zainal A. Paliwang, S.H., M.Hum melakukan serangkaian kunjungan kerja. (Foto/Ist) 

NUNUKAN, SuaraBorneo.com – Didampingi sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Drs. H. Zainal A. Paliwang, S.H., M.Hum melakukan serangkaian kunjungan kerja ke salah satu wilayah perbatasan di provinsi ini.

Hari pertama kunjungan, Sabtu (4/2/2023) Gubernur tiba di Sei Menggaris, Kabupaten Nunukan. Agenda pertama mengunjungi kegiatan Bedah Rumah di daerah Transmigrasi, SP 2 Desa Srinanti oleh PT DTR/Medco Energy.

Program bedah rumah berkelanjutan ini, merupakan bentuk komitmen dan kepedulian PT Duta Tambang Rekaya (DTR) untuk masyarakat di sekitar perusahaan.

Diketahui, tahun 2023 ini, sebanyak 5 (lima) rumah warga kurang mampu di wilayah transmigrasi SP1 menerima bantuan peningkatan rumah tidak layak huni melalui program Corporate Social Responsibility atau CSR.

Total bantuannya sendiri senilai Rp 100 juta. Dimana masing-masing rumah mendapatkan bantuan sebesar Rp 20 juta. Untuk pengerjaannya dilakukan dengan cara swadaya atau gotong-royong.

Masih di SP 2 Desa Srinanti, Gubernur juga mengunjungi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), binaan PT DTR. Kondisi saat ini, kontribusi air bersih yang melayani masyarakat di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia tersebut terkendala masalah listrik.

Dikatakan, tegangan listrik yang tidak stabil, membuat distribusi air bersih tidak bisa dilakukan secara maksimal.
Sesuai laporan Camat Sei Menggaris, H Syahdan yang turut mendampingi kunjungan tersebut, SPAM PDAM dibangun sebagai sentral pemenuhan air kebutuhan sehari-hari masyarakat di Sei Menggaris dan sekitarnya.

Terkait dengan hal tersebut, dengan respon cepat Gubernur segera memerintahkan dinas terkaitnya, dalam hal ini Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), untuk segera menindaklanjuti permasalah tersebut.
“Segera akan kita tindaklanjuti, ini agar permasalahan listrik di SPAM PDAM di wilayah transmigrasi ini bisa teratasi cepat,” tutup Zainal Arifin Paliwang. (md/dkisp)

Continue Reading

Kaltara

Jaga Kebhinekaan, Gubernur Amanatkan Persatuan pada IKAT Kaltara

Published

on

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Drs. H. Zainal A. Paliwang, S.H., M.Hum menghadiri Perayaan Natal Ikatan Keluarga Toraja (IKAT) Kaltara. (Foto/Ist) 

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Drs. H. Zainal A. Paliwang, S.H., M.Hum menghadiri Perayaan Natal Ikatan Keluarga Toraja (IKAT) Kaltara dan Pelantikan Pengurus IKAT Kaltara.

Bertempat di Hotel Tarakan Plaza, Kamis (02/02/2023), Gubernur menyaksikan Ketua IKAT Nusantara Irjen. Pol. (Purn.) Drs. Frederik Kalalembang melantik pengurus IKAT Kaltara periode 2022-2027 yang dinahkodai oleh Ruman Tumbo.

Dalam sambutannya, Gubernur kembali mengingatkan kepada masyarakat khususnya umat nasrani yang merayakan natal untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan di Kaltara.
“Sebagaimana pesan natal tahun 2022, bahwa keanekaragaman yang ada dalam kehidupan kita adalah sebuah anugerah yang harus kita syukuri, dirawat dan kita jaga bersama,” ujarnya.

Menurut orang nomor satu di Kaltara tersebut, kebhinekaan di Kaltara merupakan anugerah Tuhan yang harusnya mendorong masyarakat Kaltara untuk saling bergandengan tangan dalam pembangunan serta mewujudkan tata kehidupan yang lebih bermartabat.

“Mari kita kembangkan budaya hidup damai di Kalimantan Utara,” tegasnya.
Tidak lupa Gubernur juga mengucapkan selamat kepada Ketua dan Pengurus IKAT Kaltara periode 2022-2027 yang baru saja dilantik. Pria kelahiran Makassar tersebut berpesan agar IKAT Kaltara dapat bekerjasama dengan seluruh elemen masyarakat dan pemerintah daerah dari tingkat provinsi hingga ke kabupaten/kota.

“Rintangan pasti ada, akan selalu ada, tetapi jika masih ada semangat kekompakan, gotong royong, dan persatuan yang kuat maka segala upaya kita pasti berhasil, mari bersama kita ciptakan kedamaian, persatuan, kerukunan, serta cinta kasih dalam berkarya,” pesannya.

“Dengan meperkokoh tali persaudaraan kita mewujudkan Provinsi Kalimantan Utara yang Berubah, Maju, dan Sejahtera, dengan semangat semboyan toraja Misa Kada Dipatuo Panta Kada di Pomate (Satu Kata Kita Hidup, tapi jika masing – masing berbeda kita akan mati, red.),” pungkasnya.

Turut hadir pada acara tersebut Walikota Tarakan dr. Khairul, M.Kes, Forkopimda Kaltara, Forkopimda Tarakan, serta Ketua-Ketua Paguyuban di Kaltara maupun Kota Tarakan. (md/dkisp)

Continue Reading

Kaltara

PI 10 Persen, Peluang untuk Tingkatkan PAD Kaltara

Published

on

Mewakili Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs H Zainal A Paliwang, S.H., M. Hum., Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan, Dr Bustan, SE.,M.Si. (Foto/Ist) 

TANJUNG SELOR, SuaraBorneo.com – Mewakili Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs H Zainal A Paliwang, S.H., M. Hum., Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan, Dr Bustan, SE.,M.Si menjadi keynote speaker dalam acara Talkshow Virtual Spesial Tribun Kaltara “Potensi Migas dan Masa Depan Kaltara melalui Participating Interest (PI) 10 Persen” bertempat di Kantor Bappeda-Litbang Provinsi Kaltara, Selasa (31/1/2023).

Talkshow dihadiri oleh Ketua TGUPP Kaltara, Dr. Bastian Lubis S.E., M.M., CFM., Kepala SKK Migas Kalimantan-Sulawesi (Kalsul), Azhari Idris, Direktur Utama PT Migas Kaltara Jaya, Poniti, S.H., Anggota DPRD Provinsi Kaltara, Norhayati Andris dan Ekonom dari UB Tarakan, Dr Margiyono, SE., M.Si. Asisten II Bustan menyampaikan materi Gubernur Kaltara terkait Potensi Migas dan Masa Depan Kaltara melalui PI 10 Persen.

Ia menjelaskan sebagai provinsi termuda di pulau Kalimantan, Provinsi Kaltara terus berbenah untuk memperbaiki keadaan ekonominya ke arah yang positif. Berbagai upaya juga dilakukan untuk meningkatkan kemandirian fiskal daerah agar pembangunan yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Saat ini, kata Bustan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kaltara masih sangat bergantung pada transfer dari Pemerintah Pusat. Dimana, sepanjang tahun 2016-2021 kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap total belanja daerah baru menyumbang antara 19,7 hingga 28,6 persen.

“Ini artinya, kemandirian fiskal kita yang ditunjukkan oleh kontribusi PAD terhadap APBD masih harus terus kita tingkatkan,” jelas Bustan.

Pada kesempatan itu juga, Bustan menyampaikan peluang besar Kaltara untuk meningkatan PAD. Diketahui, Kaltara menyimpan sangat banyak potensi sumber daya yang dapat digali dan diolah untuk pembangunan.

Diantaranya pembangunan Kawasan Industri Hijau Indonesia (KIHI)/KIPI Tanah Kuning, dan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kayan dan Mentarang.
Bahkan, bukan hanya kedua potensi tersebut yang dimiliki oleh Kaltara. Kaltara juga memiliki potensi minyak dan gas bumi (Migas).

“Dengan cukup besarnya potensi migas tersebut, dan terbitnya Peraturan Menteri (Permen) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 37 Tahun 2016 tentang Ketentuan Penawaran PI 10 Persen pada Wilayah Kerja (WK) Migas, menjadi peluang bagi Kaltara untuk meningkatkan PAD melalui PI 10 persen,” jelasnya.

Bustan mengungkapkan, Participating Interest atau PI 10 persen merupakan besaran maksimal sepuluh persen pada kontrak kerja sama yang wajib ditawarkan oleh kontraktor kepada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Hal ini tentunya sangat baik bagi daerah yang memiliki wilayah kerja Migas karena kepemilikan saham akan dimiliki BUMD pengelola paling sedikit 99 persen dan sisa kepemilikan saham akan terafiliasi seluruhnya dengan pemerintah daerah, yang artinya seluruhnya murni untuk daerah.

Selain itu, lanjut Bustan, persetujuan pengalihan PI 10 persen turut membawa tanggung jawab besar bagi jajaran pemerintah daerah.

“Segenap jajaran Pemprov Kaltara memiliki komitmen yang kuat untuk dapat melaksanakan tanggungjawab ini, mengingat keberadaan PI 10 persen ini berdampak besar terhadap peningkatan APBD Kaltara yang muaranya akan mengakselerasi pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Sebagai informasi, Kaltara sendiri memiliki beberapa Wilayah Kerja (WK) Migas. Antara lain WK Nunukan, WK Tarakan Offshore, WK Bengara I, WK Seimenggaris, dan WK tarakan. Dimana beberapa WK Migas yang ada, baru 2 (dua) WK Migas yang telah dilakukan penunjukan pengelolaan.

Yakni WK Nunukan berdasarkan surat Gubernur Kaltara No. 500/1566/B.EKO/GUB pada tanggal 27 Desember 2019 m, dan WK Tarakan berdasarkan surat Gubernur Kaltara No. 500/0861/B.EKO/GUB pada tanggal 17 Maret 2022. Dalam hal ini, PT Migas Kaltara Jaya (MKJ) sebagai BUMD penerima panwaran dan pengelolan PI 10 persen. Nantinya, PT MKJ akan membentuk Perusahaan Perseroan Daerah (PPD) untuk mengelola masing-masing WK Migas tersebut. (mdd)

Continue Reading

Kaltara

Wali Kota H Khairul Menghadiri Pelantikan PDGI Di Kaltara

Published

on

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Wali kota Tarakan dr.H.Khairul,M.Kes., menghadiri Pelantikan Pengurus Wilayah dan Pengurus Cabang Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kalimantan Utara, Minggu (29/01/2023).

Bertempat di Hotel Royal Tarakan, Pelantikan Pengurus Wilayah PDGI Kalimantan Utara masa bakti 2022-2025 ini merupakan pelantikan pengurus wilayah yang ke dua sejak terbentuknya PDGI Wilayah Kalimantan Utara.

Di kesempatan tersebut juga dilakukan pelantikan empat Pengurus Cabang PDGI se-Kalimantan Utara yaitu Pengurus Cabang Tarakan, Nunukan, Malinau, dan Bulungan masa bakti 2022-2025.

Melalui kepengurusan baru ini diharapkan PDGI khusunya PDGI Cabang Tarakan dapat terus berkontribusi dan menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Tarakan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan khususnya kesehatan gigi dan mulut.

Adapun kegiatan pelantikan ini turut dirangkaikan dengan rapat kerja dan seminar ilmiah. (mdd).

Continue Reading

Kaltara

Gubernur Zainal Paliwang Hadiri Musyawarah Ke-II DAD Kaltara

Published

on

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs H Zainal A. Paliwang, S.H., M.Hum membuka secara langsung Musyawarah ke-II Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kaltara Tahun 2023. (Foto/Ist) 

TANJUNG SELOR, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs H Zainal A. Paliwang, S.H., M.Hum membuka secara langsung Musyawarah ke-II Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kaltara Tahun 2023 di Desa Gunung Seriang, Kecamatan Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Jumat (27/01/2023).

Selain membuka musyawarah yang dihadiri lebih dari 300 utusan dari lima kabupaten/kota se-Kaltara, Gubernur Zainal juga mengikuti rangkaian acara yang lainnya. Diantaranya yakni melakukan peresmian gedung sekretariat DAD, penancapan tiang pertama pembangunan Rumah Adat Lamin Dayak Kaltara, serta pelantikan Pengurus Daerah Badan Komando Laskar Masyarakat Adat Dayak Nasional (Bakormad).

Hadir dalam kegiatan tersebut Presiden Masyarakat Adat Dayak, Dr Drs Marthin Billa, MM., Ketua Umum DAD, Drs Jhony Laing Impang, M.Si., Wakil Bupati (Wabup) Bulungan, Ingkong Ala, S.E., M.Si., mantan Bupati dan Wakil Bupati pertama Kabupaten Tana Tidung (KTT), unsur Forkopimda Kaltara, tokoh Adat, tokoh Masyarakat dan tokoh Agama se-Kaltara.

Mengawali sammbutannya, Gubernur Zainal mengapresiasi atas terpilihnya Ibu Kota Provinsi Kaltara sebagai tuan rumah pelantikan pertama pengurus Bakormad Kaltara. Ia begitu tersanjung karena dapat hadir dalam seluruh rangkaian kegiatan.

Ia juga mengucapkan selamat atas peresmian gedung sekretariat DAD Kaltara dan bagi pengurus Bakormad.
“Saya atas nama pribadi dan Pemprov Kaltara begitu mengapresiasi dan menyambut baik terlaksananya kegiatan ini. Saya berharap melalui musyawarah kedua ini, dapat membentuk kepengurusan yang dapat memberikan ide positif dalam organisasi dan pembangunan di Kaltara yang kita cintai ini,” katanya.

Ia juga berpesan, agar dalam musyawarah ini dapat bersikusi serta menyuarakan ide dan pendapat dengan cara yg baik sehingga tersusun program kerja yang mufakat dan dapat dilaksanan. Dan, hasilnya dapat bermanfaat bagi seluruh kalangan khususnya masyarakat Dayak yg ada di Kaltara.

Pada kesempatan ini, ia mengingatkan agar seluruh masyarakat adat Dayak mau menjaga dan melestarikan budayanya. Agar jati diri atau identitas sebagai warga Dayak tidak hilang.
Selain itu, sebagai salah satu suku asli Pulau Kalimantan, tentunya ia menginginkan warisan budaya terus dilestarikan.

“Yang saya ketahui, setiap ukiran suku Dayak mempunyai warna dan arti tersendiri,” imbuhnya.
Dari sudut pandang pemerintah, ia menerangkan dalam arti luas pentingnya menjaga warisan adat/budata, tidak hanya tentang kekayaan dan identitas bangsa tetapi sebuah investasi besar untuk membangun masa depan dan peradaban bangsa demi terwujudnya tujuan nasional.

Sempat berdiskusi bersama Presiden MAD Nasional dan Sekjen DAD, ia juga mendorong untuk menginventarisir kebudayaan/kekhasan suku Dayak. Seperti corak baju, penutup kepala, untuk di patenkan di Direktorat Jenderal Kekayaan Inteletual (DJKI) Kemenkumham.

Selanjutnya, mengenai pembangunan Lamin Adat Dayak yang diketahui berukuran 35×60 meter. Ia juga sejalan dengan pemikiran tersebut.
Sebelumnya, telah disampaikan laporan panitia selain pembangunan Lamin, direncanakan akan membangun museum Dayak. Namun, karena keterbatasan lahan, maka melalui surat resmi mengajukan permohonan penambahan lahan kepada pemerintah.
“Ini saya beri apresiasi dan beri penghormatan yang sangat tinggi.

Saya sejalan dengan beliau. Saya juga pernah menyampaikan bahwa saya punya keinginan, punya cita-cita membuat museum guji di Kaltara. Karena banyak guci di Kaltara. Saya berkeinginan menyumbangkan guji ke museum nanti. Saya yakin masyarakat Dayak di Kaltara berlomba-lomba menyumbangkan gucinya agar bersama-sama kita masukan ke museum,” ungkapnya.

“Nanti saya lihat lokasi dulu. Insya Allah saya akan berikan tambahan (lahan,red) ke lokasi ini,” tambahnya.

Diakhir sambutannya, sekali lagi Gubernur Zainal mengharapkan agar semangat musyawarah ini tidak saat ini saja, akan tetapi terus berkelanjutan.

“Mari bersinergi bersama dengan pemerintah, sehingga kita dapat membangun Kaltara rumah kita menuju Kaltara yang Berubah,” pungkasnya. (mdd)

Continue Reading

Kaltara

TP-PKK Kaltara Gelar Simulasi Tanggap dan Tangguh Bencana, Rachmawati: Ingin Masyarakat Tanggap Bencana

Published

on

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kalimantan Utara (Kaltara), Hj Rachmawati Zainal, S.H. (Foto/Ist) 

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kalimantan Utara (Kaltara), Hj Rachmawati Zainal, S.H., membuka secara langsung kegiatan Simulasi dan Sosialisasi Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana yang digelar oleh TP-PKK Kaltara bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Tarakan digelar di Aula Gedung Wanita, Selasa (24/1/2023).

Berfokus pada bahaya kebakaran yang menyebabkan banyaknya masyarakat harus kehilangan tempat tinggal dengan prosentase korsleting listrik sebesar 43 persen dan kompor sebesar 27 persen.
“Musibah kebakaran dapat dicegah dengan berbagai identifikasi dan mitigasi dengan menggunakan barang sesuai standar, seperti tabung SNI serta tidak menggunakan listrik melebihi kapasitas,” ujar Rachma dalam sambutannya.

Istri orang nomor satu di Kaltara tersebut ingin masyarakat memiliki fasilitas untuk mencegah potensi bencana seperti hydrant serta Alat Pemadam Api Ringan (APAR) agar dapat menagani secara cepat potensi musibah kebakaran.

“Melalui kegiatan ini akan di simulasikan kepada bapak dan ibu. Saya harap kita bisa bersinergi mendukung pemerintah Kaltara dengan memaksimalkan semua potensi untuk mencegah bencana kebakaran,” ujar Rachmawati.
Kepada awak media seusai membuka acara, Rachmawati menjelaskan memilih kota Tarakan karena angka kepadatan penduduknya yang cukup tinggi dan memiliki catatan musibah kebakaran, longsor, banjir bahkan gempa bumi.

“Sudah diperlihatkan tabelnya, bahwa setiap tahun ada bencana kebakaran dan longsor serta banjir. Kami berikan simulasi agar para ibu rumah tangga dan masyarakat bisa mengetahui apa yang dilakukan pertama ketika terjadi kebakaran, longsor ataupun gempa bumi,” ujar Rachmawati saat diwawancarai awak media.

Rachmawati menginginkan agar para ibu rumah tangga khususnya agar tidak panik menghadapi situasi bencana. Sosialisasi dilakukan berjenjang dari TP-PKK Kaltara kepada para kader PKK kota dan kecamatan serta para Ketua Rukun Tetangga agar nantinya dapat disosialisasikan kembali ke lingkungan yang lebih kecil.

“Kami mengundang bapak/ibu RT nanti mereka yang langsung ke masyarakat dan mungkin kami bisa adakan dalam sekala besar nantinya,” tutupnya.
Pada kesempatan tersebut Rachmawati juga berbagi hadiah kepada kader pkk dan masyarakat yang hadir dengan kuis untuk lebih mengakrabkan suasana. (mdd)

Continue Reading

Kaltara

DKP Kaltara Inginkan Penyaluran BBM Supsidi Tepat Sasaran

Published

on

Rukhi Syayahdin, S.ST.PI beserta staf dampingi ketua FKNPP bersama babin kamtibmas serta RT setempat. (Foto/Ist) 

TARAKAN, SuaraBoerneo.com – DinasKelautan dan Perikanan ( DKP ) Provinsi Kaltara melakukan pendataan kepada kapal kapal nelayan di juata laut yang kesulitan mendapatkan BBM, Sabtu (21/1/2023).

Rukhi Syayahdin, S.ST.PI beserta staf dampingi ketua FKNPP bersama babin kamtibmas serta RT setempat turut memantau secara langsung pendataan kapal kapal nelayan.

Dikatakan Rukhi jangan sampai ada nelayan yang tidak tepat, yang memanfaatkan peluang peluang, yang bukan nelayan pun dianggap nelayan. ditambah lagi sekarang ini dengan adanya kenaikan harga BBM ini yg perlu kita perhatikan ujarnya.

Belum lagi kuatirnya dgn adanya inflasi yg akan melanda berdampak kepada BBM.
kita ini pemerintah sudah fokus untuk pembagian deviden yang semaksimal mungkin utk kebutuhan nelayan.
Oleh karena itu kita jemput bola dengan cara meminimalisir melakukan pendataan dokumen kekapal nelayan. makanya kita pantau para pelaku-pelaku serta spekulan yang tidak punya perahu tapi dia ikut ambil rekomendasi BBM, itu yg saya tidak setuju untuk apa, katanya
Saat dilakukan pendataan bersama Ketua Forum komunikasi Nelayan Pekerja dan pengusaha ( FKNPP) Armin Aripuddin didampingi Sekretaris M. Rizal bersama pengurus lainnya langsung melakukan komunikasi dengan Nelayan.

Guna membantu pemerintah dalam hal ini langsung melakukan pendataan dan himbauan kepada para nelayan.
Menurut armin dari pendataan tersebut ada 21 perahu nelayan yang terdata.
dengan demikian jadi betul-betul sasaran yg punya perahu nelayan dengan dokumen yg jelas ungkapnya.
Disisi lain rukhi juga mengatakan kapal kapal yg tidak jelas peruntukannya nggak mungkin kita ladeni, saya akan tetap bagaimana tahun ini standarnya.
yang tidak punya perahu, tapi dia punya dokumen dokumen perizinan, apa yang akan dijadikan landasannya. selama ini tidak bisa itu yang digunakan, yang kita berikan kemasyarakat yang telah didata dalam pengambilan BBM.

Mereka punya surat rekomendasi itu yang dikeluarkan mengambil dari tempat tempat yang tersedia, seperti di Mitra lestari, di pangkalan laut ( SPBU ) dan pangkalan tempat kapal-kapal nelayan yang sudah terdata, sebenarnya yang dianjurkan adalah mereka Langsung ke tengkayu 2 ungkap Armin. (mdd)

Continue Reading

Kaltara

Buka Workshop Literasi, Gubernur Minta Jemput Bola Tekan Buta Aksara hingga Posisi Kaltara Untuk Ibukota Negara

Published

on

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs. H. Zainal A. Paliwang, S.H., M.Hum., membuka workshop menulis dan lomba penulisan essay. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs. H. Zainal A. Paliwang, S.H., M.Hum., membuka workshop menulis dan lomba penulisan essay dengan tema “Membangun Peradaban dengan Literasi” bertempat di Aula, Lantai 4 Sekolah Menengah Atas Negeri (SMA) Negeri 1 Kota Tarakan, Senin (16/1/23).

“Saya apresiasi dan mendukung terselenggaranya kegiatan ini. Ini merupakan salah satu cara membangun budaya literasi bagi masyarakat sehingga dapat meningkatkan pemahaman sikap dalam kehidupan kita sehari-hari,” ujar Gubernur Zainal.

Berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) dengan salah satu agendanya adalah Revolusi Mental serta pembangunan kebudayaan yang bertujuan membangun manusia IIndonesia yang memiliki cara berfikir yang terbuka, kritis, kreatif dan berkarakter.

“Dalam upaya membangun kualitas itu, generasi dijadikan sebagai pondasi yang kokoh sekaligus dimensi dalam indeks pembangunan. Kita patut bersyukur Provinsi Kaltara budaya literasi nya ada di atas nasional yaitu 57,71 lebih tinggi dari indeks nasional,” tambahnya.

Walaupun memiliki indeks literasi yang cukup tinggi Kaltara menurut Gubernur Zainal, Kaltara harus tetap menekan buta aksara hingga titik terendah.
“Ini saya dapat waktu saya ke Punan Batu, saya menginap di sana dan bertemu anak-anak Punan Batu saya dapati 90 persen tidak bisa membaca Ini tugas kita semua agar jangan sampai ada yang tidak mengenal huruf,” ajak Gubernur.

Pada kesempatan tersebut gubernur menugaskan Kepala Dinas Pendidikan Kaltara, Teguh Hendry Susanto hang yang juga hadir agar membuat program jemput bola kepada masyarakat yang masih sulit mengakses pendidikan.
“Diprogramkan kita yang mendatangi mereka. Kita berikan insentif tambahan (kepada tenaga pengajar). Kita buat seminar menulis sedangkan masih banyak anak kita yang tidak mengenal huruf,” imbuhnya.

Gubernur meminta OPD terkait selain pendidikan seperti sosial serta pemuda olahraga bisa melaksanakan kegiatan bagi membangun sumberdaya manusia.
“Kalau tidak punya anggaran, nanti saya berikan. Minimal hari-hari libur kita datangi mereka. Pemprov juga terus berupaya mengatasi persoalan literasi salah satunya melalui perpustakaan digital dan perpustakaan keliling bagi daerah yang belum tersentuh internet,” ungkap Gubernur.

Kembali disetiap kesempatan orang nomor satu Kaltara tersebut mengingatkan posisi strategis Kaltara sebagai Pintu Gerbang Ibukota Negara Nusantara dari mancanegara.

“Apalagi Kaltara bukan hanya penyangga tetapi sebagai pintu gerbang menuju ibukota negara. Mari terus tingkatkan budaya literasi sesuai visi-misi Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara meningkatkan sumberdaya manusia melalui pendidikan wajib belajar 16 tahun yang berwawasan kebangsaan demi mewujudkan Kaltara yang Berubah, Maju dan Sejahtera,” ungkapnya
Terakhir Gubernur berharap para peserta bisa mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya serta mengerahkan kemampuan semaksimal mungkin untuk membuat opini dalam bentuk karya tulis.

“Mari tingkatkan budaya literasi mulai dari kita sendiri, ketika sudah terbiasa barulah kita mengajak keluarga, teman dekat serta orang yang ada di sekitar kita,” tutup Gubernur Zainal mengakhiri sambutannya.
Workshop literasi ini digagas oleh Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI), Kaltara (md/DKISP).

Continue Reading

Umum

Populer