Perkuat Bumdes, Gelar Rakor di Kawasan Food Estate – SuaraBorneo.com
Connect with us

Kalteng

Perkuat Bumdes, Gelar Rakor di Kawasan Food Estate

Published

on

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Dalam rangka mendukung keberhasilan Program Food Estate di Kalimantan Tengah khususnya di Kabupaten Kapuas, upaya mengembangkan Kawasan Transmigrasi Lamunti-Dadahup terus dilakukan oleh Pemerintah Pusat bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten Kapuas.

Belum lama ini, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa-PDTT melibatkan dinas instansi terkait diantaranya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kapuas mengikuti rapat koordinasi di lapangan, terkait identifikasi potensi pengembangan produk unggulan serta kegiatan usaha dan status Bumdes/Bumdesma di kawasan Food Estate bertempat di Desa Rawa Subur, Kecamatan Kapuas Murung, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, kemarin.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi, Ir. Rr. Aisyah Gamawati, MM, yang didampingi Direktur Pelayanan Investasi-DDTT, Dr. Supriadi, M.Si, Direktur Pengembangan Kawasan Transmigrasi, Ir. Heriyanto, M.Si, Tenaga Ahli Kemendes PDTT dari Institut Pertanian Bogor, Sri Wahyuni beserta tim rombongan dari Kementerian Desa PDTT RI.

Turut hadir pula, Kepala DPMD Kabupaten Kapuas Yanmarto, SH, M.Hum, Kepala Dinas Transmigrasi Kabupaten Kapuas Deni Harsono, SH, Kepala Bidang Pemberdayaan Desa dan Kelurahan DPMD Kabupaten Kapuas, pejabat yang mewakili Dinas Pertanian Kapuas, Kepala Desa Rawa Subur beserta perangkat, para Direktur Bumdes/Bumdesma di kawasan Kapuas Murung-Dadahup beserta para kelompok tani dan masyarakat sekitar.

Pada kesempatan tersebut, Dirjen Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi menyampaikan bahwa di lokasi kawasan Food Estate pada tahun 2021 akan dibangun Demplot Pertanian Terintegrasi (Integrated Farming) mulai dari ternak sapi, kambing, itik, ayam petelur, budidaya ikan, sayur mayur, biogas pengolahan pupuk, ladang tanaman hijau untuk pakan ternak, termasuk pembangunan akses infrastruktur berupa jalan di lahan seluas 2,5 hektar.

“Program ini nantinya akan diserahkan pengelolaannya langsung kepada masyarakat melalui Bumdes/Bumdesma. Untuk itu saya meminta agar dilakukan penguatan terhadap kelembagaan Bumdes/Bumdesma yang ada beserta personilnya, guna dibimbing untuk nantinya dapat secara mandiri mengelola dan memanfaatkan fasilitas yang dibangun tersebut dengan maksimal,”ujar Ir. Rr. Aisyah Gamawati.

Selanjutnya ditegaskan Direktur Direktur Pelayanan Investasi-DDTT RI, Dr. Supriadi, bahwa kunci keberhasilan dari program demplot tersebut adalah kerjasama antar semua pihak terkait, sehingga diharapkan adanya pembagian peran dari semua sektor, salah satunya adalah dengan mendorong dan memperkuat peran Bumdes/Bumdesma.

Dirinya pun meminta perlunya pendaftaran Bumdes agar segera memiliki status berbadan hukum, sehingga lembaga desa tersebut nantinya berwenang untuk bermitra dan mendapat akses permodalan. Selanjutnya bagaimana mengintegrasikan peran dan pengelolaan Bumdes untuk pengolahan dan pemasaran hasil produk, sehingga nantinya bisa menjadi Center of Excellent, menjadi contoh bukan hanya untuk satu desa saja tapi bagi desa-desa yang lain bahkan contoh bagi Kabupaten lainnya atau bahkan tingkat nasional.

Pada kesempatan tersebut pula Kepala Dinas PMD Kabupaten Kapuas, Yanmarto menyampaikan bahwa Pemkab Kapuas melalui DPMD siap untuk mendukung program tersebut, yang mana DPMD sesuai tupoksinya siap untuk melaksanakan pembinaan dan pendampingan terhadap Bumdes/Bumdesma yang ada untuk dilibatkan dalam program tersebut.

“Kami juga telah melakukan upaya penguatan terhadap sistem administrasi dan pelaporan Bumdes melalui implementasi aplikasi pengelolaan Bumdes yang difasilitasi oleh BPKP Perwakilan Kalteng, yang secara bertahap akan diterapkan keseluruh Bumdes yang ada di Kabupaten Kapuas. DPMD dalam waktu dekat juga akan memfasilitasi pembentukan Bumdes Bersama (Bumdesma) di kawasan Food Estate lainnya yakni di Kecamatan terdekat yaitu Kapuas Murung,”terang Yanmarto.

Diakuinya juga bahwa aktivitas kinerja Bumdes belum sepenuhnya merata, namun ia tetap bangga bahwa ada salah satu Bumdes di Kabupaten Kapuas yang meraih prestasi 3 besar Bumdes terbaik se Kalimantan Tengah Tahun 2021, yakni Bumdes desa Lunuk Ramba. Ia optimis dan berharap kedepan bahwa Bumdes yang ada di kawasan Food Estate juga akan maju dan berkembang menjadi Bumdes/Bumdesma terbaik dan dapat menjadi contoh bagi Bumdes yang lain.

Kegiatan pun diakhiri dengan melihat dari dekat kesiapan lokasi yang berada di tanah Restan Desa dipandu oleh Kepala Desa Rawa Subur dan jajaran beserta Tenaga Pendamping Kawasan Transmigrasi setempat. (ujang/ery-SB).

Bagikan ke

Kalteng

DPRD Kapuas Laksanakan Kurban 2 Ekor Sapi dan 2 Kambing

Published

on

DPRD Kapuas pada pelaksanaan kurban Hari Raya Idul Adha 1445. (foto/hmsdprd)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – DPRD Kapuas melaksanakan kurban momen Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

Penyembelihan bertempat di halaman Kantor dewan Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas, Selasa (18/6/2024).

Ketua DPRD Kapuas Ardiansah melalui Sekretaris DPRD Perry Noah mengatakan menerima hewan kurban berupa 2 ekor sapi.

1 ekor sapi dari Pemkab Kapuas 1 ekor diserahkan pihak Bank Kalteng Cabang Kuala Kapuas.

Kemudian 2 ekor kambing 1 ekor diserahkan Ketua DPRD Kapuas Ardiansah 1 ekor dari Wakil Ketua II DPRD Kapuas Efan Rahman Saputra.

“Kita laksanakan penyembelihan pada hari ini, ” kata Sekwan DPRD Kapuas Perry Noah seperti disampaikan dalam rilis Selasa
(18/6/2024).

Lebih lanjut dikatakan pelaksanaan penyembelihan hewan kurban tidak lain tujuannya merupakan wujud nyata untuk saling berbagi kepada sesama dalam rangka meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah Swt Tuhan Yang Maha Esa.

“Untuk daging kurban didistribusikan kepada
mereka yang membutuhkan. Harapannya dengan berkurban juga mengandung nilai sosial yang besar serta mencerminkan nilai-nilai solidaritas dan keadilan sosial,” ujarnya. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Anggota DPRD Kapuas Apresiasi Pawai Gema Takbir Idul Adha

Published

on

Anggota DPRD Kapuas Darwandie. (foto/Suhaili)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Anggota DPRD Kapuas H Darwandie mengapresiasi pelaksanaaan Pawai Gema Takbir Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah oleh PHBI Kabupaten Kapuas berlangsung, Minggu (16/6/2024) malam.

Menurut legislator Partai PPP itu Pawai Gema Takbir Idul Adha merupakan momen dimana hal ini juga adalah bagian dari syiar.

“Oleh karena itu harapannya dengan kemeriahan pawai selain silaturahmi toleransi antar umat beragama juga memperkuat rasa kebersamaan kekompakan bersama kita juga masyarakat untuk kemajuan Kabupaten Kapuas seperti disampaikan Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi,” katanya.

Dilanjutkan kedepan pelaksanaan penyelenggaraan pawai terkait hari-hari besar keagamaan di Kapuas semakin ditingkatkan lagi.

“Lebih daripada itu tak hanya untuk kegiatan seremoni saja namun juga kedepannya dapat dijadikan destinasi wisata religi sehingga menambah semakin semarak baik untuk warga Kapuas juga warga dari luar daerah,” ujarnya. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pawai Gema Takbir Hari Raya Idul Adha Meriah, Tommy Saputra Sampaikan Terima Kasih Kepada Pemkab Kapuas

Published

on

Ketua panitia Pawai Gema Takbir Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah Tommy Saputra. (foto/Suhaili)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pelaksanaan Pawai Gema Takbir dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah di Kabupaten Kapuas berlangsung meriah, Minggu (16/6/2024) malam.

Ketua panitia pelaksana Tommy Saputra menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Kapuas dalam pelaksanaan pawai.

“Terima kasih kepada Pemkab Kapuas atas dukungan sehingga pelaksanaan pawai dapat terlaksana dengan baik dan berjalan lancar,” katanya kepada wartawan usai pelepasan oleh Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi.

Ia mengatakan untuk peserta pawai ada ratusan terdiri dari sejumlah OPD lingkup Pemkab Kapuas masjid langgar sekolah serta ormas juga dari sejumlah kecamatan.

Lebih lanjut dikatakan terkait kegiatan dalam rangka menyambut hari besar keagamaan di Kapuas kedepannya lebih ditingkatkan lagi karena merupakan syiar. “Sehingga diharapkan akan lebih meriah lagi,” ujarnya.

Sementara itu Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada PHBI melaksanakan kegiatan pawai ini.

“Melalui momen menyambut Idul Adha tentunya semakin memperkuat kebersamaan persatuan dan kesatuan serta silaturahmi kita antar sesama dalam kehidupan beragama di Kabupaten Kapuas, ” ucap Pj Bupati. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pj Bupati Resmi Lepas Pawai Gema Takbir Idul Adha

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi kibarkan bendera start sebagai tanda pelepasan Pawai Gema Takbir Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah. (foto/istimewa)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi secara resmi melepas Pawai Gema Takbir Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah bertempat di halaman Rujab Bupati Jalan Sudirman, Minggu (16/6/2024) malam.

Hadir dalam kegiatan itu Forkopimda Pj Ketua PKK Kabupaten Kapuas Agustina Erlin Hardi anggota DPRD Sekda Septedy Kepala OPD lingkup Pemkab Kapuas tokoh masyarakat tokoh agama lurah serta masyarakat.

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi mengatakan momen ini Pawai Gema Takbir untuk mempererat silaturahmi serta semangat kebersamaan.

“Karenanya mari kita jadikan sebagai semangat bagi kita untuk membangun Kabupaten Kapuas,” ucapnya.

Dikatakan bahwa kegiatan ini bukan hanya sekedar seremonial tetapi lebih daripada itu harus dimaknai sebagai upaya untuk berbuat yang lebih baik lagi ke depannya.

Pada kesempatan tersebut dirinya mengajak Hari Raya Idul Adha momentum memperkuat rasa kebersamaan persatuan dan kesatuan antar sesama.

“Saya harapkan kita bersama-sama sinergi untuk keberlanjutan kemajuan pembangunan di Kabupaten Kapuas,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan kagiatan kedepannya lebih ditingkatkan karena merupakan syiar keagamaan.

“Karenanya terus jalin keharmonisan kekompakan toleransi antar umat beragama serta lapisan masyarakat sehingga selalu harmoni berjalan dengan baik,” ujar Erlin Hardi. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pemprov Kalteng Laksanakan Pasar Murah dan Penyerahan Hewan Kurban di Kapuas

Published

on

Wagub Kalteng Edy Pratowo saat pelaksanaan pembukaan pasar murah di Kapuas. (foto/Suhaili)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov) melaksanakan kegiatan pasar murah sekaligus penyerahan hewan kurban di Kabupaten Kapuas menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah bertempat di Halaman Kantor Samsat Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas, Minggu (16/6/2024).

Kegiatan itu selain di Kecamatan Selat juga diantaranta Kecamatan Bataguh dan Kapuas Timur.

Kegiatan pasar murah serentak digelar Pemprov Kalteng se Kahupaten/Kota dibuka langsung Gubernur Kalteng Sugianro Sabran secara virtual dari Kabupaten Kotawaringin Barat.

Kegiatan pasar murah di Kapuas dihadiri Wagub Kalteng Edy Pratowo sejunlah OPD Pemprov Kalteng Ketua DPD KNPI Kalteng Alfian Mawardi Sekda Kapuas Septedy tokoh masyarakat masyarakat.

Wagub Kalteng Edy Pratowo mengatakan kegiatan tersebut dalam upaya menekan inflasi khususnya menjelang hari raya Idul Adha 1445 Hijriah.

Dikatakan hari ini kita melaksanakan kegiatan pasar murah sekaligus membagikan hewan kurban.

“Di Kapuas ini ada 176 hewan kurban yang diserahkan 3 jenis sapi limosin selebihnya adalah sapi lokal,” katanya.

Dijelaskan untuk paket sembako pada pasar murah di Kabupaten Kapuas total ada 2.500 paket sembako disediakan untuk 5 wilayah kecamatan masing-masing 5.000 paket per kecamatan terdiri beras 10 kilogram dan 1 liter minyak goreng kemasan.

Lebih lanjut dirinya mengatakan Terkait inflasi di Provinsi Kalteng saat ini telah mengalami penurunan yang cukup signifiikan.

“Alhamdulillah perkembangan inflasi di Provinsi Kalteng berada diposisi 12 terendah. Maka itu kita juga mendapatkan nominasi sebagai provinsi yang mampu untuk menjaga stabilasi harga pangan,” ujarnya.

Sementara itu pasar murah di Kapuas dari anggota DPR RI Dapil Kalteng Agustiar Sabran bersama Anggota DPRD Provinsi Kalteng terpilih Muhammad Alfian Mawardi menggratiskan 5.000 paket sembako. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Ekonomi

BRI Cabang Kuala Kapuas Gelar Panen Hadiah Simpedes

Published

on

BRI Cabang Kuala Kapuas saat mengadakan Panen Hadiah Simpedes bertempat di Perdana Foodcour Jalan Teratai Kuala Kapuas Sabtu malam (15/6/2024). (foto/Suhaili)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Bank BRI Cabang Kuala Kapuas menggelar Panen Hadiah Simpedes (PHS) Periode II Tahun 2023 (1 September 2023 s/d 28 Februari 2024).

Kegiatan bertempat di Perdana Foodcour Jalan Teratai Kuala Kapuas Sabtu (15/6/2024) malam. Hadir Sekda Kapuas Septedy mewakili Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi sejumlah Kepala OPD lingkup Pemkab Kapuas serta para nasabah.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy menyampaikan kepada BRI agar selalu memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah.

“Harapannya kepada pihak BRI untuk selalu bekerja sama dengan Pemerintah Daerah dengan baik demi kemajuan Kabupaten Kapuas,” harapnya.

Dia melanjutkan BRI tak hanya sekadar tempat menabung bagi masyarakat akan tetapi merupakan Bank UMKM terkait pengembangan usaha serta peningkatan ekonomi masyarakat.

Sementara itu Pimpinan Cabang Bank BRI Kapuas I Gusti Bagus Andika menyampaikan terima kasih atas kehadiran Sekda Kapuas Septedy serta para nasabah setia BRI Kuala Kapuas.

“Terima kasih dan apresiasi kepada para nasabah BRI dengan memberikan hadiah-hadiah melalui PHS ini,” katanya.

Oleh karenanya dengan digelarnya Panen Hadiah Simpedes diharapkan masyarakat semakin meningkatkan simpanannya di BRI untuk gemar menabung.

Adapun hadiah PHS itu diantaranya sepeda motor televisi serta hadiah utama grand prize mobil Suzuki Ertiga. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Jelang Idul Adha, Aliansi Pemuda Cinta Kapuas Bersama Alfian Mawardi Bagikan Sembako Kepada Warga

Published

on

Kegiatan bagi sembako kepada warga dari Aliansi Pemuda Cinta Kapuas Bersama Alfian Mawardi. (foto/Istimewa)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Aliansi Pemuda Cinta Kapuas (APCK) membagikan sembako kepada warga kurang mampu jelang hari raya Idul Adha 1445 Hijriah, Minggu (16/6/2024).

“Kami dari Aliansi Pemuda Cinta Kapuas membagikan sembako dari Muhammad Alfian Mawardi yang dibagikan kepada para tukang becak dan pedagang kecil sekitar wilayah Kapuas,” kata Koordinator kegiatan Tommy Febryannor.

Dikatakan ada sekitar 100 buah beras kemasan 5 kilogram yang dibagikan, di seputaran Jalan Pemuda Jalan Tambun Bungai Jalan Barito serta Jalan Mahakam.

Lebih lanjut dikatakan, “Ini sekaligus untuk menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Adha dari Alfian Mawardi yang mana beliau juga memohon restu masyarakat untuk maju sebagai calon Bupati Kapuas 2024-2029 di Pilkada,” ujarnya.

Diketahui Alfian Mawardi saat ini merupakan Ketua KNPI Provinsi Kalteng tokoh muda ini berhasil terpilih sebagai anggota DPRD Provinsi Kalteng 2024-2029
dapil V Kapuas – Pulang Pisau. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pj Bupati Kapuas : Serapan Anggaran Rendah Pengerjaan Fisik Tetap Dipercepat

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi. (foto/Suhaili)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi mengatakan serapan anggaran rendah pada tahun berjalan TA 2024 karena pengaruh sistem sehingga pengerjaan fisik menjadi terkendala.

“Kita akui. Meski demikian untuk pengerjaan fisik dengan proyeksi skala prioritas tetap menyesuaikan tahun berjalan,” kata Pj Bupati Kapuas terkait rendahnya serapan anggaran di konfirmasi wartawan di sela menghadiri Pemilihan Duta Baca Tingkat Pelajar diselenggarakan Disarpustaka Kapuas, Kamis (13/5/2024).

Pj Bupati mengatakan hal-hal terkait pengerjaan fisik menjadi perhatian Pemkab Kapuas dasar usulan musrenbang dari tingkat bawah sesuai perencanaan dan mekanisme.

Perencanaan efektifitas estimasi waktu semuanya sudah siap. Kalau dalam waktu dua bulan hingga empat bulan pengerjaan fisik sudah mulai hanya saja terkendala sistem itu tadi.

Oleh karena itu lanjut Pj Bupati Kapuas Pemkab terus berupaya melakukan percepatan program pembangunan seperti pengerjaan fisik.

“Harapannya kepada OPD mempercepat untuk itu pada tahun berjalan,” harap Erlin Hardi. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Komisi IV DPRD Kapuas Laksanakan Kunker ke Kabupaten Banjar Martapura

Published

on

Kunker Komisi IV DPRD Kapuas ke Kabupaten Banjar Martapura Kalsel. (foto/hmsdprd)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Komisi IV DPRD Kabupaten kapuas diketuai Syarkawi H Sibu beserta anggota melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) terkait pelaksaan Perda APBD TA 2024 ke DPRD Kabupaten Banjar Martapura Kalsel.

“Komisi IV diterima diterima Kepala Sub Bagian Anggaran Sekeretariat DPRD Kabupaten Banjar Mu Minah, ” kata Ketua Komisi IV DPRD Kapuas Syarkawi H Sibu seperti dalam rilis Jumat (14/5/2024).

Salah satu anggota DPRD Kapuas Abdurahman Amur mengatakan kunker terkait Perda APBD TA 2024 di Kabupaten Banjar masih dalam tahap pembahasan selanjutnya akan segera dilaksanakan program kegiatan APBD 2024.

“Harapan mereka semoga dapat terealisasi semua program kegiatan di Kabupaten Banjar tahun 2024 ini sehingga dengan begitu masyarakat mendapatkan dampak yang positif dari kinerja program Perda TA 2024,” katanya.

Dia melanjutkan proses pembangunan anggaran ini bisa memberikan hal-hal yang terbaik untuk masyarakat dan juga kita berharap baik kemajuan fisik dan realisai serapan anggaran bisa berjalan dengan baik dan lancar. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer