Perubahan Perda Migas Disetujui, Gubernur Apresiasi Kinerja Pansus DPRD – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15

Kaltara

Perubahan Perda Migas Disetujui, Gubernur Apresiasi Kinerja Pansus DPRD

Published

on

KALTARA, SuaraBorneo.com – Enam Fraksi di DPRD Kalimantan Utara (Kaltara) yakni Hanura, Demokrat, PDIP, Golkar, Gerindra dan Amanat Pembangunan Nasional Bintang Kebangsaan menyetujui perubahan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) pada Perda Nomor 2 Tahun 2018, terkait PT Migas Kaltara Jaya (MKJ).

Sebelum menyetujui perubahan Perda tersebut, terlebih dulu para Fraksi di DPRD Kaltara menyampaikan pendapat akhirnya terkait Perda Nomor 2 Tahun 2018 dihadapan Gubernur Kaltara, Drs. H. Zainal Arifin Paliwang SH, M.Hum dan Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara, Dr. Yansen TP, M.Si, Selasa (14/9/2021).

Untuk diketahui, Perda MKJ ini telah diusulkan untuk perubahan pada pertengahan Juli 2021 lalu. Setelah melalui tahapan panjang dan dikaji lebih lanjut oleh Tim Pansus yang dibentuk oleh Komisi IV DPRD Kaltara dan semua Fraksi menyetujui untuk dilakukan perubahan.

Terkait hal tersebut, Gubernur sangat mengapresiasi apa yang dikerjakan Tim Pansus dan para Fraksi di DPRD Kaltara, yang melakukan pengkajian untuk dilakukannya perubahan pada Perda Nomor 2 Tahun 2018.

“Hal ini sudah lama kita tunggu-tunggu, bahkan pengusulan ini juga sudah lama kita ajukan ke DPRD. Dengan harapan, semoga tahun depan Pememerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara sudah bisa meraub hasil, dari wilayah kerja minyak dan gas (migas) yang ada di Kaltara,” kata Gubernur.

Gubernur mengungkapkan ke depan, Pemprov Kaltara akan melakukan perekapan terkait yang dikerjakan oleh PT MKJ mulai sejak awal beroperasi hingga tahun-tahun kedepannya. Hasil dari pekerjaan migas tersebut kemudian akan diambil sebanyak 10 persen.

Lanjut Gubernur, Hasil migas yang dikelola oleh PT MKJ tersebut nantinya dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD). Maka dari itu, Pemprov dan DPRD Kaltara akan bekerja keras merancang raperda ini, agar hasilnya dapat dinikmati masyarakat Kaltara.

“Kenapa untuk masyarakat Kaltara?, karena 10 persen dari hasil yang diperoleh dari MKJ adalah bagian untuk Pemprov Kaltara, yang mana PAD itu akan diperuntukan membantu masyarakat,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, bagi hasil 10 persen dari MKJ ini juga diperuntukan pembangunan infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat Kaltara. Oleh karenanya, Gubernur sangat bersyukur rancangan perubahan perda ini sudah disetujui oleh semua fraksi.

“Kedepan, apa yang sudah disetujui dan diputuskan bersama di DPRD tadi akan segera saya tindaklanjuti, semoga hasilnya bisa dinikmati masyarakat Kaltara. (mndd)

Bagikan ke

Kaltara

Wali Kota Tarakan Mengajak Semua Peserta Apel Untuk Bersyukur

Published

on

Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes., bertindak selaku Pembina Apel Pagi

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes., bertindak selaku Pembina Apel Pagi, Senin (19/2/2024) di lingkungan kantor Wali Kota.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota mengajak semua peserta apel untuk banyak bersyukur dan selalu semangat dalam menghadapi tantangan.

“Jangan banyak mengeluh, serta jangan menunda nunda pekerjaan dan menghindari masalah,” pesan Wali Kota.

Selain itu, Wali Kota juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Tarakan yang telah berkontribusi dalam menjalankan roda pemerintahan.

“Saya tidak bisa bekerja sendiri, kerjasama dari seluruh ASN sangat berarti dalam mencapai target dan tujuan,” tambahnya.

Diakhir arahannya, Wali Kota menyampaikan pentingnya Panca Prasetya Korpri sebagai nilai dasar implementasi pelayanan publik. Peserta apel diharapkan dapat mengikuti dan menerapkan nilai-nilai tersebut dalam menjalankan tugas sehari-hari. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Musyawarah Pembangunan Musrembang Bertempat Kelurahan Karang Rejo

Published

on

Wali Kota Tarakan, Khairul, M.Kes. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Wali Kota Tarakan, Khairul, M.Kes., mengawali pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di tingkat Kelurahan, yang digelar di Ruang Rapat Kelurahan Karang Rejo pada Senin (19/2/2024).

Acara ini menjadi forum bagi unsur perangkat daerah dan penyelenggara pemerintahan di Kota Tarakan, termasuk instansi vertikal, TNI/Polri, perwakilan masyarakat, dan mitra kerja Pemerintah Kota Tarakan.

Musrenbang kali ini memfokuskan perbincangan pada Rencana Kerja Pemerintah Kota Tarakan untuk tahun 2024, dengan tema utama “Mencapai Kota Tarakan yang Maju dan Sejahtera”, sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah 2024-2029 yang telah diatur sebelumnya.

Proses ini juga melibatkan jalur partisipatif dari masyarakat dengan melaksanakan Musrenbang berjenjang, dimulai dari tingkat RT, Kelurahan, Kecamatan, hingga usulan dari berbagai stakeholder di Tarakan.

Dalam sambutannya, Wali Kota Tarakan menggarisbawahi pentingnya menyusun rencana pembangunan yang matang sebagai upaya mewujudkan Tarakan sebagai smart city. Dia menyoroti berbagai target pembangunan yang telah tercapai dan yang masih akan dilaksanakan untuk memenuhi indikator pembangunan yang telah ditetapkan.

Wali Kota berharap melalui kolaborasi dan komitmen bersama, Tarakan dapat terus bertransformasi menjadi kota yang maju dan sejahtera. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Wali Kota Tarakan Menyerahkan Mobil Dan Komputer Kepada Brimob Polda Kaltara

Published

on

Wali Kota Tarakan, Khairul, M.Kes., secara langsung menyerahkan Hibah Mobil Operasional kepada Brimob Polda Kaltara dan Unit Komputer kepada Politeknik Kaltara. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Wali Kota Tarakan, Khairul, M.Kes., secara langsung menyerahkan Hibah Mobil Operasional kepada Brimob Polda Kaltara dan Unit Komputer kepada Politeknik Kaltara. Acara penyerahan dilakukan secara langsung pada Kamis (15/2/2024).

Bertempat di kantor Wali Kota, turut hadir dalam acara tersebut Wakil Wali Kota Tarakan, Sekretaris Daerah, Komandan Satuan Brimob Polda Kaltara, Direktur Politeknik Kaltara, serta para asisten dan kepala bagian dari Setda Pemkot Tarakan.

Dalam sambutannya, Wali Kota menyampaikan bahwa pemberian hibah ini dilakukan dengan memperhatikan beberapa aspek, termasuk penyesuaian dengan kemampuan keuangan daerah, standar hibah yang berlaku, dan prinsip pemerataan. Ia berharap bahwa hibah tersebut dapat signifikan dalam mendukung operasional Brimob Polda Kaltara dan kebutuhan komputasi Politeknik Kaltara.

Mobil operasional yang diserahkan diharapkan dapat meningkatkan mobilitas Brimob Polda Kaltara dalam menjalankan tugasnya, sementara unit komputer diharapkan mendukung kemajuan teknologi dan pembelajaran di Politeknik Kaltara. Wali Kota berpesan agar hibah ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan bersama dan meningkatkan kualitas pelayanan. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Gubernur Kaltara Salurkan Hak Suaranya di TPS 34 Lokasinya SD 012 Tanjung Selor

Published

on

Gubernur Kalimantan Utara, Dr (HC). H. Zainal A. Paliwang, SH., M.Hum, mengekspresikan komitmennya terhadap proses demokrasi dengan menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 34. (Foto/Ist)

TANJUNG SELOR, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Utara, Dr (HC). H. Zainal A. Paliwang, SH., M.Hum, mengekspresikan komitmennya terhadap proses demokrasi dengan menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 34 yang berlokasi di Sekolah Dasar (SD) 012, Tanjung Selor.

Zainal mengenakan pakaian batik yang mencerminkan kearifan lokal, didampingi oleh istri tercinta, Hj. Rachmawati Zainal, SH, dan ananya Tiba di TPS sekitar pukul 07:30 WITA, mereka menyampaikan formulir C6 kepada panitia dengan penuh keterbukaan dan antusiasme.

Setelah proses administratif, Zainal dan keluarga menunggu giliran untuk mendapatkan surat suara. Dengan efisiensi dan tanggung jawab, mereka memasuki bilik suara dan mencoblos sesuai dengan pilihan hati nurani. Dalam waktu singkat, Kurang dari 8 menit, Zainal selesai melaksanakan hak pilihnya.

Usai mencoblos, Zainal Paliwang menyampaikan bahwa Pemilu di Kalimantan Utara akan berlangsung aman dan damai. “Jadikanlah Kaltara sebagai contoh pemilu berdemokrasi,”Ungkap Zainal.
Pada TPS 34, yang terdiri dari 202 Daftar Pemilih Tetap (DPT), termasuk Zainal Paliwang, Terlihat antusiasme warga yang datang sejak pagi untuk menyukseskan Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Zainal menekankan pentingnya menjaga integritas dan keamanan selama pemilu. Semua pihak diharapkan dapat menjaga Integritas dan bersinergi demi terwujudnya pemilu yang transparan, adil, dan berlangsung tanpa hambatan.

Selain itu, Gubernur Zainal A. Paliwang juga menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan Pemilu di TPS 012, yang berjalan lancar dan tertib. Ia menyoroti kerjasama antara panitia pemilihan dan warga yang memastikan proses berlangsung dengan baik, Ujarnya.

Pemerintah Kalimantan Utara berkomitmen untuk terus memperkuat dasar demokrasi di wilayahnya, menciptakan iklim politik yang kondusif, dan memberikan kesempatan setiap warga untuk bersuara dalam menentukan arah pembangunan daerah. (mddkisp)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Pemilu Serentak 2024 Wali Kota Tarakan Pantau Pelaksanaan di TPS

Published

on

Wali Kota Tarakan, dr.H Khairul, M. Kes., melakukan pemantauan langsung terhadap penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2024 dan pencblosan. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Hari ini, Rabu (14/2/2024), Wali Kota Tarakan, dr.H Khairul, M. Kes., melakukan pemantauan langsung terhadap penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2024 di Kota Tarakan.

Setelah memberikan suaranya di TPS 16, Kelurahan Sebengkok, Wali Kota beserta tim monitoring yang terdiri dari Wakil Wali Kota Tarakan, Ketua DPRD Kota Tarakan, Forkopimda Kota Tarakan, Sekda, Asisten Setda Kota Tarakan, dan OPD terkait lainnya, mengunjungi 5 lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Mengomentari jalannya pemilu, dr. H.Khairul,M.Kes menyatakan, “Pemilu kali ini berjalan baik dan lancar. Saya melihat partisipasi pemilih meningkat, bahkan di beberapa kelurahan sudah di atas 50 persen, menunjukkan peningkatan legitimasi bagi yang terpilih.” Ia juga menyoroti kontribusi generasi milenial dalam pemilu kali ini, menyadari pentingnya suara mereka dalam menentukan masa depan kota, provinsi, dan bangsa Indonesia.

dr. H.Khairul,M.Kes juga menekankan pentingnya penghitungan suara yang aman dan kondusif, di mana semua saksi dari Bawaslu dan saksi calon hadir dengan benar. “Kita sudah memiliki pengalaman yang cukup dalam hal ini, sehingga saya berharap proses ini berjalan tanpa hambatan,” tambahnya.

Dengan pemantauan ini, Wali Kota Tarakan berharap agar pelaksanaan pemilu di Kota Tarakan berjalan dengan lancar dan menghasilkan pemimpin yang terpilih secara demokratis. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Rapat Koordinasi Persiapan Pemilu 2024 Wali Kota Tarakan Sangat Mendukung

Published

on

Rapat Koordinasi Forkopimda Provinsi Kaltara Dan Forkopimda Kabupaten /Kota se-Kaltara Menjelang Pemilu 2024. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Pada hari Senin, 12 Februari 2024, dari pukul 10.00 Wita hingga 12.30 Wita, telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Forkopimda Provinsi Kaltara Dan Forkopimda Kabupaten /Kota se-Kaltara Menjelang Pemilu Serentak Tahun 2024 di Kayan Convention Hall Hotel Tarakan Plaza.

Acara tersebut di hadiri langsung oleh Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr. (H.C.). H. Zainal A. Paliwang, S.H., M.Hum, Sekprov Kaltara H. Suriansyah, Kepala OPD Provinsi Kaltara, Bupati Bulungan di wakili Wakilnya Ingkong Ala. SE, Bupati Malinau di Wakilkan oleh Jakaria, SE, Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, SE, Bupati Kab. Tana Tidung di wakili Kepala Kesbangpol KTT Agus Bahtiar, Walikota Tarakan dr. H. Khairul. M. Kes serta berbagai tokoh masyarakat dan Pejabat berkepentingan Bawaslu, KPU, Polri dan perwakilan instansi terkait.

Rapat dimulai dengan pembukaan, diikuti dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya sebagai wujud penghormatan kepada negara. Serta sambutan-sambutan dari Gubernur Kaltara H. Zainal A Paliwang yaitu untuk memberikan arahan terkait persiapan Pemilu 2024.

Diskusi yang dilakukan pada rapat tersebut Gubernur Kaltara menghimbau ASN untuk mematuhi peraturan dan bersikap netral artinya ASN tidak boleh memihak para peserta baik itu caleg baik kota, provinsi dan pusat.
Lanjut Gubernur sampaikan  mengenai jadwal penyaluran kotak suara dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), mengecek Penggunaan Surat Daftar Pemilihan Tetap dan penggunakan KTP, rencana pelaksanaan patroli gabungan pada masa tenang, serta strategi monitoring TPS.

Sementara Walikota Tarakan dr.H.Khairul, M.Kes saat menghadiri sangat mendukung pelaksanaan Pemilu 2024, dengan harapan semua tahapan pemilu dapat berjalan dengan lancar, aman dan demokratis.
Rapat koordinasi ini menjadi momentum penting dalam mempersiapkan seluruh aspek terkait Pemilu 2024.

Dengan keterlibatan aktif berbagai pihak, diharapkan pelaksanaan kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar dan memberikan hasil yang baik bagi masyarakat baik Kabupaten dan Kota se-Kaltara. Ujar Walikota Tarakan dr. H. Khairul. M. Kes.

Dan untuk diketahu Jumlah Pengawas TPS Se- Kabupaten / Kota Se- Kaltara
Kabupaten Bulungan : Jumalah Kecamatan :10, Jumalah Desa / Keluarahan :81, Jumlah TPS: 484, PTPS Umum :482, PTPS Khusus :2, Jumlah PTPS Khusus dan PTPS Umum Laki-laki :266+2, Perempuan: 216+0, Total : 484.

Kabupaten Malinau : Jumalah Kecamatan :15, Jumalah Desa / Keluarahan :109, Jumlah TPS :282, PTPS Umum :282 , PTPS Khusus :0, Jumlah PTPS Khusus dan PTPS Umum Laki-laki :148 Perempuan :134, Total :282.

Kabupaten Nunukan : Jumalah Kecamatan :21, Jumalah Desa / Keluarahan :240, Jumlah TPS :763, PTPS Umum :755, PTPS Khusus :8, Jumlah PTPS Khusus dan PTPS Umum Laki-laki :436+5, Perempuan :298+3, Total :742.

Kabupaten Tana Tidung : Jumalah Kecamatan :5, Jumalah Desa / Keluarahan :32, Jumlah TPS :84, PTPS Umum :80, PTPS Khusus :4, Jumlah PTPS Khusus dan PTPS Umum Laki-laki :46+3, Perempuan :34+1, Total :84.

Kota Tarakan : Jumalah Kecamatan :4, Jumalah Desa / Keluarahan :20, Jumlah TPS :682, PTPS Umum :677, PTPS Khusus :5, Jumlah PTPS Khusus dan PTPS Umum Laki-laki :304+3, Perempuan :373+2, Total :682.

Total Keseluruhannya : Jumalah Kecamatan :55, Jumalah Desa / Keluarahan :482, Jumlah TPS :2295, PTPS Umum :2276, PTPS Khusus :19, Jumlah PTPS Khusus dan PTPS Umum Laki-laki :1200+13, Perempuan :1055+6, Total :2274.
Kekuarangan 19 PTPS terdapat di Kabupaten Nunukan atau 4 Kecamatan di antaranya : Tulun Onsoi, Lumbis Ogong, Lumbis Pansiangan dan Lumbis Ulu, dan akan diisi dengan penugasan dari PKD, (sumber KPU Kaltara. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Acara LKPD Digelar Ruangan Rapat Wali Kota

Published

on

Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes., secara aktif mengikuti Entry Meeting. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes., secara aktif mengikuti Entry Meeting Pemeriksaan Interim Atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Tarakan untuk Tahun Anggaran 2023.

Acara berlangsung di ruang rapat Wali Kota pada Senin, 12 Februari 2024. Dalam sambutannya, Wali Kota menyatakan harapannya agar Pemerintah Kota Tarakan dapat mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam laporan keuangan di tahun kelima kepemimpinannya.

Selain itu, Wali Kota menyoroti fokus pemeriksaan terhadap tindak lanjut dari laporan tahun sebelumnya. Ia meminta agar setiap temuan yang muncul tidak dihindari, melainkan segera ditindaklanjuti untuk menghindari potensi masalah di masa pemerintahan selanjutnya.

Pemeriksaan LKPD ini dijadwalkan berlangsung mulai 12 Februari hingga 15 Maret 2024. Wali Kota menekankan pentingnya dukungan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memastikan proses audit berjalan lancar dan transparan.(mdhs)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Pers Berperan Penting Dalam Pembangunan Kaltara

Published

on

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik Dan Persandian (Kabid IKP DKISP) Pemprov Kaltara, Jufri. (Foto/Ist)

TANJUNG SELOR, SuaraBorneo.com – Hari Pers Nasional diperingati setiap tanggal 9 Februari. Momen ini merupakan peringatan yang dipersembahkan bagi insan pers yang ada di seluruh Indonesia.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik Dan Persandian (Kabid IKP DKISP) Pemprov Kaltara, Jufri mengucapkan selamat Hari Pers Nasional kepala seluruh insan media, utamanya di Wilayah Kalimantan Utara.

Selama ini pihaknya sudan menjalin kerja sama dan kolaborasi yang baik. Utamanya dalam hal pemberitaan tentang seluruh program kegiatan baik berupa agenda gubernur dan wakil gubernur. Hingga program prioritas Pemprov Kaltara hingga kegiatan di setiap OPD.

“Kerja sama sudah terjalin dengan sangat baik. Media di Kaltara terus memberikan informasi yang positif dan berimbang. Membantu kami dalam sosialisasi setiap kegiatan ke masyarakat,” ungkapnya, Jumat, 9 FebruariFebruari 2024.

Jufri berharap ke dépannya, kerja sama yang baik ini terus berjalan. Pers adalah mitra pemerintah. Insan pers turut berperan dalam pertumbuhan pembangunan dan ekonomi di Bumi Benuanta.

“Kami terbuka untuk segala informasi ke rekan-rekan media. Karena bagaimana pun tanpa rekan-rekan pers kegiatan kami tak mungkin bisa tersampaikan ke masyarakat,” tambahnya. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Musrenbang Kelurahan Juata Laut dan Karang Balik Dibuka oleh Wakil Wali Kota Tarakan

Published

on

Wakil Wali Kota Tarakan, Effendhi Djuprianto, memimpin pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kelurahan (Musrenbang). (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Wakil Wali Kota Tarakan, Effendhi Djuprianto, memimpin pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kelurahan (Musrenbang) di Kelurahan Juata Laut dan Kelurahan Karang Balik pada Rabu, 7 Februari 2024.

Diungkapkan Wawali, musrenbang ini bertujuan utama untuk menggali dan menetapkan prioritas kebutuhan masyarakat serta merumuskan usulan program dan kegiatan yang akan menjadi fokus Pemerintah Kota Tarakan tahun 2025.

Dalam musrenbang ini, partisipasi aktif masyarakat diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam merumuskan kebijakan pembangunan yang lebih relevan dengan kebutuhan dan potensi setempat.

Tema pembangunan untuk tahun 2025, yaitu “Percepatan Pemerataan Pembangunan dan Perekonomian Melalui Pembangunan Infrastruktur dan Pemenuhan Sarana dan Prasarana Dasar, Penguatan Tata Kelola Pemerintah Yang Adaptif, Pengembangan UMKM, dan Pemantapan Ketahanan Alam dan Lingkungan,” mencerminkan komitmen Pemkot Tarakan untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif. (mdd).

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer