Connect with us
FILE-MASAK-LOGO-SB-5

Hulu Sungai Selatan

Pantau Seleksi CPNS, Bupati Tegaskan Tidak Ada Bantuan Dalam Tes

Published

on

KANDANGAN, suaraborneo.com – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Achmad Fikry, M.AP, didampingi Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) pantau langsung lokasi pelaksanaan Seleksi Kompensasi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) HSS, yang dilaksanakan di Gedung 2 BKPSDM Kab. HSS.

Pemantauan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan panitia seleksi CPNS baik itu kesiapan sarana dan prasarananya maupun protokol kesehatan.

“Alhamdulillah di hari ke dua pelaksanaan tes CPNS ini berjalan lancar dan saya sudah memastikan dengan Kepala BKPDSM bahwa jaringan internetnya lancar dan juga para peserta tes memenuhi protokol kesehatan,” ucap Bupati HSS.

Dalam pemantauan ini Bupati HSS menegaskan, apabila ada isu bahwa tes CPNS bisa dibantu atau diatur itu sangat mustahil. Sebab, tes CPNS langsung di bawah pemerintah pusat.

“Jangan percaya jika ada yang bisa membantu dalam tes ini, tidak ada yang bisa membantu, semuanya tergantung kemampuan para peserta, dan hasil tesnya pun bisa langsung dilihat,” tegas Bupati HSS.

Lebit lanjut Bupati HSS mengapresiasi antusias dan semangat para peserta tes CPNS yang luar biasa kuatnya walaupun kondisi cuaca hari ini sedang gerimis.

“Antusias dan semangat para peserta sangat luar biasa, tadi saya lewat jam 6 pagi sudah banyak peserta yang datang, sangat bagus para peserta bisa memperhatikan jamnya dengan baik sehingga semuanya mampu berjalan lancar,” ungkap Bupati HSS. (ari-hss)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hulu Sungai Selatan

Bupati HSS Apresiasi Pelaksanaan Vaksinasi Kedua Difasilitasi BIN

Published

on

KANDANGAN, suaraborneo.com – Upaya vaksinasi Covid-19 terus dilakukan pemerintah agar Indonesia dapat mencapai kekebalan komunitas guna mengatasi pandemi Covid-19.

Diantaranya meningkatkan keikutsertaan masyarakat untuk divaksin. Maka dilaksanakan vaksinasi tahap kedua door to door oleh Badan Intelijen Negara (BIN).

Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Achmad Fikry M.AP didampingi Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad, S. AP, M. A meninjau langsung program vaksinasi tahap kedua Covid-19 untuk masyarakat secara door to door yang difasilitasi oleh BIN di Kantor Kelurahan Jambu Hilir, Kamis (21/10/2021).

Turut berhadir dalam kegiatan tersebut Camat Kandangan Lothvie Rahmanie, SSTP, M.Si dan Kepala Dinas Kesehatan HSS dr Siti Zainab.

Pada peninjauan ini, Bupati HSS menyemangati masyarakat yang akan divaksin.

Bupati Drs. H. Achmad Fikry, M. AP juga mengucapkan terimakasih kepada BIN Pusat dan BIN Daerah Hulu Sungai Selatan yang telah menggelar vaksinasi secara massal. Sehingga masyarakat yang belum mendapat vaksin bisa mendapatkan.

“Berdasarkan data sebanyak 179.527 sasaran saat ini sudah terealisasi sebanyak 57.478 sasaran atau sekitar 32.02% dari target sasaran di Kab. HSS”, ucap Bupati dalam arahannya

Bupati sangat mengapresiasi penyelenggaraan program vaksinasi secara pintu ke pintu yang dinilai dapat menjangkau masyarakat secara lebih luas.

“Ini wujud sinergisitas BIN dengan Pemerintah dalam upaya penanggulangan COVID-19. Hal ini tentu sangat membantu percepatan realisasi cakupan target sasaran di Kab. HSS,” tuturnya. (ari-hss)

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Sekda HSS Pimpin Rapat Usulan Beri TPP Khusus Dokter

Published

on

KANDANGAN, suaraborneo.com – Sekretaris Daerah Kab. HSS Drs. H. Muhammad Noor, M.AP memimpim rapat tentang usulan penambahan jenis pemberian Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP) khusus Dokter. Bertempat di Aula Rakat Mufakat Setda Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kamis (21/10/2021).

Turut berhadir pada rapat hari ini Direktur RSUD Brigjend H. Hasan Basry Kandangan dr. Hj. Rasyidah, M.Kes beserta jajaran, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kab. HSS Drs. Efran, M.AP, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Drs. H. Nanang, FMN, M.Si, Inspektur Daerah Kab. HSS Ir. Rusmajaya, MT, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia H. Zulkifli, S.Sos, M.AP dan perwakilan Bappelitbangda Kab. HSS.

Pada rapat ini dr. Hj. Rasyidah mengusulkan TPP khusus untuk Dokter di Lingkungan Pemerintahan Kab. HSS. Saat ini untuk pendidikan dokter terdiri dari beberapa jenjang, yaitu dokter umum, dokter spesialis dokter konsultan non sub spesialis dan dokter konsultan sub spesialis. Untuk pendidikan dokter konsultan non sub spesialis juga merupakan pendidikan formal tetapi belum terakomodir, sehingga dinilai perlu adanya peraturan yang telah diakomodir perihal tata cara tugas belajar dan ijin belajar dokter yang bersangkutan.

dr. Hj. Rasyidah menyampaikan keinginan pihaknya agar dibuatkan satu peraturan/kebijakan dari Kabupaten sehingga RSUD dapat membantu para dokter perihal izin belajar atau tugas belajar.

“Bagaimana caranya agar kita bisa membantu mereka dan tidak melewati jalur yang mungkin melanggar aturan PAN/RB.” ungkapnya.

Beliau juga menjelaskan pihaknya akan selektif, dalam kata lain tidak semua dokter yang sekolah akan mendapatkan rekomendasi. Karena hal ini berjalan sesuai dengan kebutuhan Rumah Sakit, minimal ada 4 besar dan 2 penunjang saja yang akan diberikan fasilitasi. (ari-hss)

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Jelang Harjad Ke-71 HSS, Dinas Ketahanan Pangan Gelar Pangan Murah

Published

on

KANDANGAN, suaraborneo.com – Guna mendongkrak daya beli masyarakat, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan mengadakan Gebyar Gelar Pangan Murah Toko Tani Indonesia (TTI) yang bertempat di Desa Taniran Kubah, Kecamatan Angkinang, Kamis (21/10/2021)

Gebyar Gelar Pangan Murah Toko Tani Indonesia ini digelar di 11 kecamatan. Yang berlangsung dari tanggal 21 Oktober s.d 25 November mendatang pada pukul 09.00 – 11.00 WITA.

Terdapat beragam produk pangan yang ditawarkan pada gebyar kali ini, diantaranya beras, minyak, telur, gula, kecap, bawang merah, bawang putih, sirup serta minyak goreng.

Masyarakat Desa Taniran Kubah tampak antusias menyambut adanya Gebyar Gelar Pangan Murah Toko Tani Indonesia ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ir. H. Akhmad Mawardi menyampaikan Gebyar Gelar Pangan Murah Toko Tani Indonesia ini diadakan dalam rangka menyambut Hari Jadi. (Harjad) ke-71 Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Beliau mengungkapkan jarak antara rumah dan pasar yang cukup jauh serta dampak COVID-19 yang banyak dirasakan oleh masyarakat membuat pendapatan masyarakat kian menurun, sementara kebutuhan di masa seperti ini justru terus meningkat, sehingga dengan adanya Gebyar Gelar Pangan Murah Toko Tani Indonesia ini dapat membantu perekonomian serta kebutuhan masyarakat.

“Masyarakat tidak tersentuh dengan pasar kadang ada yang berdomisili jauh dari pasar karena pastinya harga pangan seperti gula dan sayur-sayuran dinilai tinggi daripada harga yang semestinya. Untuk itu kami berharap dengan gelaran pangan murah ini bisa memenuhi kebutuhan masyarakat,” ucapnya

Sementara itu, Camat Angkinang Sabilarrasyad, S.Sos sangat berterimakasih kepada Dinas Ketahanan Pangan Kab. HSS dan menyambut baik dengan terlaksananya kegiatan Gebyar Gelar Pangan Murah Toko Tani Indonesia ini, apalagi bahan pangan yang dijual dalam gelaran ini dijual dengan harga yang relatif murah dibanding harga pasar.

“Kami sangat berterimakasih dengan adanya kegiatan Gebyar Gelar Pangan Murah ini yang sangat mendukung dan membantu masyarakat kami yang ada di Desa Taniran Kubah karena ditempat ini sangat jauh dari pasar jadi jangkauan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari cukup jauh,” tuturnya saat wawancara. (ari-hss)

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Bupati Dan Wabup HSS Hadiri Zoom Meeting Bersama Presiden Jokowi Vaksinasi Bergerak Serentak se Provinsi Kalsel

Published

on

KANDANGAN, suaraborneo.com – Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry M.AP bersama Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad S.AP M.A ikuti Zoom Meeting bersama Presiden RI.

Turut Hadir Dandim 1003 HSS Letnan Kolonel Inf Nurliwedie Nurdin Kanan, S.M, Kapolres HSS AKBP Sugeng Prianto, S.I.K M.H, dan juga Kepala Kejari HSS Agus Rujito S.H M.H.

Zoom Meeting bersama Presiden RI ini dilaksanakan dalam rangka peninjauan kegiatan Vaksinasi Bergerak yang dilaksanakan serentak se Provinsi Kalsel.

Pemkab. HSS sendiri turut melaksanakan kegiatan Vaksinasi Bergerak di Mesjid Al – Abrar Desa Gambah Luar Kandangan serta di 6 tempat lainnya yang mana ditargetkan total ada sebanyak 2.437 dosis Vaksin yang diberikan bagi masyarakat, Kamis (21/10).

Pelaksanaan vaksinasi bergerak di Mesjid Al – Abrar sendiri terlihat antusias masyarakat sangat tinggi dan ditargerkan ada 435 dosis vaksin yang diberikan bagi masyarakat.

Bupati HSS mengatakan untuk status Hulu Sungai Selatan sekarang berada di PPKM level 3, hal itu terjadi bukan karena jumlah pasien Covid-19 yang dirawat melainkan jumlah masyarakat yang sudah menerima vaksinasi covid- 19 belum mencapai 50 %.

“kalau kita ingin menjadikan HSS PPKM level 2 berarti minimal 50% masyarakat HSS harus di vaksin dan sampai saat ini masyarakat kita yang sudah menerima vaksin Cuma sekitar 32%”, ucap Bupati HSS.

Lebih lanjut dikatakan kedepan pihaknya akan bekerja sama dengan majelis-majelis zikir guna mendata anggota anggotanya yang masih belum divaksin.

“Kedepan kita akan lebih dekatkan lagi vaksinasi, sehingga status kita akan kembali turun dalam waktu dekat dan target 70 % vaksinasi diakhir tahun dapat tercapai”, kata Bupati HSS.

Bupati HSS menambahkan pihaknya terus mengupayakan dalam hal ketersediaan vaksin dan akan terus berkoordinasi meminta drop vaksin dari provinsi. (ari-hss)

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Pelatihan Dasa Wisma PKK Di Angkinang

Published

on

KANDANGAN, suaraborneo.com – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Kab. HSS) melaksanakan Pelatihan kelompok Dasa Wisma, Pusat Informasi Keluarga (PIK), dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Gerakan Hatinya PKK yang bertempat di Aula Kecamatan Angkinang, Selasa (12/10/2021).

Rusmiana Sabilarrasad selaku Ketua TP. PKK Kecamatan Angkinang mengucapkan rasa Syukur atas terlaksananya kegiatan pada hari ini.
Dikatakannya pula jumlah para peserta yang mengikuti Pelatihan Dasa Wisma terdiri dari 30 peserta kader PKK yang mewakili dari 11 Desa wilayah Kec. Angkinang , untuk PIK diwakili 15 kader PKK desa dari Pokja I dan kader desa wilayah Kec. Angkinang, serta Bimtek Gerakan Hatinya PKK diikuti sebanyak 20 orang peserta.

Selanjutnya Ketua TP PKK Kec. Angkinang juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua TP. PKK Kab. HSS beserta pengurus yang sudah melaksanakan kegiatan Pelatihan dan Bimtek bagi para kader PKK Kecamatan maupun Desa di wilayah Kec. Angkinang, yang tentunya sangat bermanfaat dan menambah wawasan bagi seluruh peserta.

Hadir sebagai narasumber, Sekretaris TP. PKK Kab. HSS Hj. Murziah, SE, beserta jajaran TP. PKK Kab.HSS yang memaparkan materi Pelatihan dan Bimtek dengan antusias. (ari-hss)

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Bupati HSS Buka Bimtek Sosialisasi Sekolah Penggerak, Guru Penggerak, dan Akun Pembelajaran

Published

on

KANDANGAN, suaraborneo.com – Bimbingan Teknis (Bimtek) Sosialisasi Sekolah Penggerak, Guru Penggerak dan Akun Pembelajaraan, pagi ini Selasa (12/10) secara resmi dibuka Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Achmad Fikry, M.AP didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Hj. Siti Erma, S.Sos, M.AP, di Aula SKB Kandangan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Hj. Siti Erma, S.Sos, M.AP melaporkan, pelaksanaan bimtek ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang sekolah penggerak, guru penggerak dan akun pembelajaran. Dengan tujuan menerapkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

Tujuan Guru Penggerak adalah untuk memberikan pembekalan kompetensi kepada para guru mulai dari jenjang TK, PAUD, hingga SMA guna menyiapkan pemimpin pembelajaraan masa depan. Kemudian Akun Pembelajaran merupakan akun elektronik yang dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan sebagai akun untuk mengakses layanan aplikasi pembelajaran berbasis elektronik.

Bimtek ini diikuti sebanyak 80 orang yang terdiri dari kepala sekolah, guru dan operator. Semua peserta merupakan orang terpilih dari kecamatan yang nantinya akan menjadi narasumber di kecamatan masing-masing. Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi pertama sebanyak 40 orang pada pagi hari dan sesi kedua sebanyak 40 orang pada siang hari.

Untuk narasumber, berjumlah 3 orang dari LPMP Provinsi Kalimantan Selatan yang dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 12 – 14 Oktober 2021 dengan tempat pelaksanaan di SKB dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP berharap, kemampuan sumber daya guru-guru dan kepala sekolah dapat terus ditingkatkan. Ada yang jadi guru penggerak, dan ada effort yang diberikan oleh pemerintah terhadap perkembangan budaya pembelajaran.

“Mudah-mudahan dengan telah dilatihnya sebagian besar guru kita, bisa menjadi pendorong bagi guru yang lain dalam meningkatkan kualitasnya. Dengan menggunakan teknologi dan akun pembelajaran, semoga dapat memberikan dampak positif ke depannya,” tuturnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, saat pandemi Covid-19, pembelajaran tatap muka (PTM) baru berjalan selama 4 minggu. Diharapkan dengan kegiatan bimtek ini, tenaga pengajar menjadi lebih kreatif dalam dunia pendidikan. (ari-hss)

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Ketua DPRD HSS Jadi Narasumber Sosialisasi Perda Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Miskin

Published

on

“KETUA DPRD NARASUMBER PERDA BANTUAN HUKUM UNTUK MASYARAKAT MISKIN”

KANDANGAN, suaraborneo.com – Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Angkinang, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan melalui Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menyelenggarakan acara Sosialisasi Produk Hukum Daerah mengenai Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Bantuan Hukum untuk Masyarakat Miskin, Senin (11/10/2021).

Acara ini dihadiri langsung oleh Ketua DPRD Kab HSS H Akhmad Fahmi, SE, Kepala Bagian Hukum Setda Kab HSS Fitri, SH, Plt. Camat Angkinang Sabilarrasyid, S. Sos, Perwakilan Kepala Desa Kec. Angkinang, Anggota BPD serta Perangkat Desa Se-Kecamatan Angkinang.

Dalam kesempatan ini, Ketua DPRD Kab HSS diberikan kesempatan untuk menjadi Narasumber. Ia memaparkan bahwa Tugas dan Fungsi DPRD ada 3 yaitu Penyusunan Perda, Penganggaran dan Pengawasan. “Penyusunan Raperda terdapat 3 dasar Landasan yaitu Landasan Filosofis, Landasan Sosiologis dan Landasan Yuridis”, Ungkapnya. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa penerima bantuan hukum adalah orang atau kelompok orang miskin dengan tujuan :

1. Menjamin dan Memenuhi Hak Penerima Bantuan Hukum Untuk Mendapatkan Akses Keadilan

2.Mewujudkan Hak Konstitusional Segala Warga Negara Sesuai Dengan Prinsip Persamaan Kedudukan Dalam Hukum

3.Menjamin Kepastian Penyelenggaraan Bantuan Hukum Dilaksanakan Secara Merata Diseluruh Wilayah NKRI

4.Mewujudkan Peradilan Yang Efektif, Efisien dan Dapat Dipertanggungjawabkan.

Selain itu, Kabag Hukum Setda Kab HSS mengungkapkan bahwa Permohonan Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Miskin harus dilengkapi dengan :

1. Fotokopi KTP yang masih berlaku dan dilegalisir oleh Lurah / Kepala Desa

2.Surat Keterangan Miskin yang diterbitkan oleh Pejabat Berwenang di tempat tinggal Penerima Bantuan Hukum

3.Dokumen yang berkenaan dengan Perkara

4.Surat Kuasa (Jika permohonan diajukan oleh keluarga/kuasanya).

(ari-hss)

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Pemkab HSS Gelar Rakor Bulan Oktober 2021 Di Malam Hari

Published

on

KANDANGAN, suaraborneo.com – Rapat Koordinasi kali ini dilaksanakan malam hari yang dipimpin langsung oleh Bupati Hulu Sungai Selatan di Pendopo Kabupaten, Rabu Malam (06/10/21) yang mana Sebelum Rakor dimulai, terlebih dahulu diserahkannya secara simbolis hasil penilaian kinerja OPD semester 1 tahun 2021 oleh Bupati HSS kepada perwakilan OPD yaitu Dinas Kesehatan, Dinas Satpol PP & Damkar dan Camat Simpur.

Pada rakor tersebut Bupati HSS didampingi Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, S.AP, MA dan Sekretaris Daerah Kab HSS Drs H Muhammad Noor MAP, sedangkan peserta rakor terdiri dari para Asisten, staf ahli, Kepala OPD, Kepala Bagian Setda Kab. HSS serta Camat Se Kab HSS dan seluruh Wartawan yang tergabung di Forwah HSS.

Kegiatan rakor bulanan ini membahas berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan kedepannya sekaligus mengevaluasi kegiatan yang sudah dilaksanakan baik itu urusan pemerintahan, pembangunan hingga kemasyarakatan.

Disesi pertama Rakor sejumlah media yang ada di HSS juga diberi kesempatan untuk bertanya, memberikan masukan dan saran kepada pemkab HSS. (ari-hss)

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Wabup minta Dinas PU Lakukan Penanganan Segera Jembatan Rusak Di Perbatasan Sungai Kupang-Lungau

Published

on

KANDANGAN, suaraborneo.com – Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad, S.AP MA didampingi Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Isnaniah, ST dan Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kusairi, S.Sos, M.IP bersama sejumlah pejabat terkait meninjau kerusakan jembatan Raraah di Desa Sungai Kupang Kecamatan Kandangan, Rabu (6/10) siang.

Ini merupakan respon cepat Wabup, setelah mendapat informasi kerusakan langsung meninjau turun ke lapangan. Sebelumnya dari informasi warga sekitar balok dinding jembatan roboh sehingga sangat membahayakan dan mengganggu aktivitas masyarakat sekitar untuk melintas.

“kondisi jembatan memang sangat parah, sangat layak untuk segera di perbaiki sedangkan ini akses penting bagi masyarakat, maka akan kita benahi segera minimal penanganan sementara dahulu” kata Wabup.

Wabup juga menyatakan kalau memang memungkinkan di tahun 2022 akan dilakukan perbaikan sambil mempelajari proses-proses yang diperlukan. “sepanjang ada dananya, apa yang menjadi harapan masyarakat akan segera kita penuhi” ungkap Wabup.

Pada kesempatan tersebut, selain meninjau jembatan, Wabup juga meninjau kondisi jalan dan jembatan di Biti Sungai Kupang yang merupakan akses jalan alternatif jika jembatan Raraah di bongkar nantinya. Dalam peninjauan di Biti ini, Wabup meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum untuk segera mempelajari untuk tindakan selanjutnya. (ari-hss)

Continue Reading

Populer