Gubernur Tegur Keras Perusahaan yang Tidak Taat Terhadap Pengelolaan Lingkungan di Kaltara – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15

Kaltara

Gubernur Tegur Keras Perusahaan yang Tidak Taat Terhadap Pengelolaan Lingkungan di Kaltara

Published

on

KALTARA, SuaraBorneo.com – Gubernur Provinsi Kalimantan Utara Zainal A. Paliwang mendadak melakukan inspeksi (16/9) ke salah satu perusahaan yang disinyalir tidak melaporkan aktivitas pengelolaan lingkungan pertambangan yang telah berjalan hampir 4 tahun di benuanta.

Didampingi oleh Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalimantan Utara, Hamsi, gubernur langsung turun menyusuri jalan becek perusahaan tambang untuk melihat langsung aktivitas pertambangan di areal tersebut.

“Harusnya ada izin IPALnya biat jelas di mana limbah itu ditampung, jadi jelas ya besok tidak ada kegiatan (aktivitas pertambangan,red) sebelum izin pengelolaan lingkungan dilengkapi. Kantor saja alamat tidak jelas di mana alamatnya di mana kantornya, seharusnya melapor,” Tegas Gubernur pada salah seorang petinggi perusahaan tersebut.

Gubernur menyayangkan abainya perusahaan pada keselamatan masyarakat serta lingkungan, salah satunya Izin Pengelolaan Air Limbah (IPAL) yang menurut orang nomor satu Kaltara ini penting.

“Inikan sebuah pelanggaran seharusnya diselesaikan dulu Ipalnya supaya bisa beroperasional, makannya saya perintahkan besok untuk tidak ada kegiatan dulu dan saya akan cek semua aktivitas pertambangan yang ada di Kaltara.

Plt Kepala DLH Kaltara, Hamsi mengungkapkan bahwa sejak berproduksi mulai tahun 2018, perusahaan tersebut belum pernah melaporkan aktivitas pengelolaan lingkungan yang mereka lakukan hingga langsung di tegur oleh gubernur.

“Ada beberapa izin-izin yang mereka masih belum urus, tapi dia sudah berproduksi. Kita melihat dokumen perizinan, ketika mengajukan usaha eksplorasi menjadi produksi itu lebih dulu keluar ketimbang perizinan untuk lingkungan, ipal juga seharusnya mereka selesaikan dulu baru berproduksi, kemudian laporan untuk limbahnya juga tidak ada dari tahub 2018 sampai sekarang,” ungkap Hamsi.

Hamsi menerangkan seluruh izin aktivitas pertambangan masih merupakan kewenangan kabupaten/kota pada saat itu. Dirinya juga menjelaskan seluruh aktivitas pertambangan bisa kembali berjalan asal taat aturan karena hal ini berkaitan dengan dampak pada masyarakat dan lingkungan.

“Itu dapat dilihat dari laporan upaya pengelolaan lingkungan mereka, kalau tidak ada laporan bagaimana kita tau, ini kami koordainasikan pada penegakan hukum lingkungan pusat yang berada di Kaltara” ungkapnya.

Terakhir dirinya menambahkan hak gubernur sebagai perpanjangan tangan pusat di daerah untuk menegur hingga menghentikan aktivitas yang dapat merugikan masyarakat di wilayah kekuasaannya.

“Jadi kalau pak gubernur minta hentikan semetara sampai semua izin dipenuhi, lalu lapor ke pak gubernur dan kita dari dlh akan kita kaji kelayakannya ini bisa diteruskan atau tidak. (mndd)

Bagikan ke

Kaltara

Gubernur Buka Bersama dengan TKBM, Supir Angkot dan Komunitas Ojek di Tarakan

Published

on

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) DR (H.C). H. Zainal A. Paliwang, M.Hum., laksanakan kegiatan buka puasa bersama dan silaturahmi di Kota Tarakan. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Tepat memasuki hari ke-6 (enam) ramadan 1445 H, Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) DR (H.C). H. Zainal A. Paliwang, M.Hum., laksanakan kegiatan buka puasa bersama dan silaturahmi di Kota Tarakan pada Ahad (17/3) sore.

Buka puasa dan silaturahmi ini dilaksanakan bersama dengan Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM), supir-supir angkot, serta komunitas ojek yang ada di Tarakan. Yang juga di hadiri oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Tarakan Dr. Bustan, SE., M.Si., beserta istri.

Selain buka bersama, tujuan acara ini adalah untuk mengikat tali silaturahmi antara Gubernur dengan masyarakat, agar dapat bersama-sama mewujudkan Kaltara yang maju dan terdepan. Hal ini juga disinggung oleh penceramah Ustadz H. Abdul Samad, LC., bahwa hubungan silaturahmi antar sesama manusia jangan sampai terputus.

Setelah ceramah, beliau mengajak seluruh hadirin untuk bershalawat sembari menunggu waktu berbuka yang sudah disediakan.

Di penghujung acara, setelah buka bersama dan sholat maghrib, Gubernur membagikan sembako berupa beras kepada hadirin yang hadir, yang mana harapannya bahwa beras tersebut dapat bermanfaat bagi para penerimanya. (mddkisp)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Gubernur Kaltara Dan Pj Wali Kota Tarakan Hadir Acara Buka Puasa Bersama Sopir Dan Ojek Online

Published

on

Pj Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., menghadiri acara buka puasa bersama sopir dan ojek se-Kota Tarakan. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Pejabat (Pj) Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., menghadiri acara buka puasa bersama sopir dan ojek se-Kota Tarakan pada hari Minggu (17/3/2024).

Gubernur Kaltara, Zainal A. Paliwang, dan Ketua TP PKK Kota Tarakan turut hadir dalam acara yang berlokasi di Dapur Bu Tin, Jalan Yos Sudarso, Tarakan.

Acara buka bersama ini menjadi ajang untuk mempererat tali silaturahmi antara pemimpin daerah, tokoh masyarakat, dan para pekerja di kota Tarakan. Lebih dari sekadar ritual berbuka puasa, kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah terhadap masyarakat, terutama para pekerja yang berkontribusi dalam pembangunan daerah.

Dalam acara buka puasa ini, para sopir, dan ojek yang hadir, dengan jumlah peserta mencapai lebih dari 300 orang turut mendapat sembako. Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam mendukung dan meringankan beban ekonomi bagi para pekerja informal yang rentan terdampak oleh situasi sosial dan ekonomi saat ini. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Jakarta

Kabar Gembira, Usulan CASN Kaltara Disetujui Menpan-RB

Published

on

Usulan tersebut meliputi 1.403 formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan 65 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Sebanyak 1.468 usulan formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dari Pemprov Kaltara mendapat persetujuan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Dimana rincian usulan tersebut meliputi 1.403 formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan 65 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Asisten bidang Administrasi Umum Setprov Kaltara, Pollymaart Sijabat, SKM., M.A.P. yang hadir dalam Rapat Koordinasi Persiapan Pengadaan ASN Tahun 2024 mengungkapkan usulan formasi PPPK dan CPNS tersebut sudah mendapat lampu hijau langsung dari Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas.

“Dalam mengusulkan formasi CPNS 2024 dan PPPK oleh Pemprov Kaltara tidak ada kendala teknis, hal ini karena semua pertimbangan tergantung langsung dari kebijakan kepala daerah yakni Gubernur,” kata Pollymaart.

Ia menyebutkan usulan formasi PPPK dan CPNS tersebut merupakan bentuk komitmen Gubernur dalam memperjuangkan Tenaga Non ASN yang telah lama mengabdi dalam perkembangan pembangunan dan kemajuan di Pemprov Kaltara.

Lanjutnya, karena ini menyangkut kebijakan pembiayaan, pertimbangan dan perhatian Gubernur akhirnya disetujui dan tinggal meneruskan ke pemerintah pusat dengan data pendukung, lalu mendapat respon positif yaitu disetujui usulan formasi tersebut.

“Semua komitmen Pak Gubernur dalam menyikapi permasalahan honorer, Pak Gubernur pasti mengusahakan yang terbaik untuk masyarakatnya, khususnya anak – anak Kaltara yang telah membantu pertumbuhan dan kinerja Pemprov Kaltara,” pungkasnya.

Pelaksana Tugas (Plt). Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kaltara, Andi Amriampa menjelaskan usulan tersebut disetujui. “1.468 disetujui semua, sesuai usulan yang disampaikan oleh Bapak Gubernur ke Menpan RB,” katanya melalui pesan Whatsapp, Kamis (14/3) malam.
(mddkisp)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Acara Rakor IKN Dihadiri Seluruh Kabupaten Kota Dan Provinsi

Published

on

Kolaborasi Pemerintah Daerah dan Ibu Kota Nusantara untuk Mewujudkan Kota Dunia Untuk Semua. (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Otoritas Ibu Kota Nusantara (IKN) Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan menggelar Rapat Koordinasi Nasional dengan tema “Kolaborasi Pemerintah Daerah dan Ibu Kota Nusantara untuk Mewujudkan Kota Dunia Untuk Semua.”

Pj. Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., beserta seluruh kepala daerah dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan lembaga tinggi negara hadir dalam rakor tersebut.

Rapat yang berlangsung pada Kamis, 14 Maret 2024, di Hotel Kempinski, Jakarta, bertujuan untuk mensosialisasikan pembangunan IKN yang terus dilakukan dan sebagai langkah awal persiapan perayaan HUT RI ke-79.

IKN di desain sebagai Ibu Kota Negara yang tidak hanya memindahkan pusat pemerintahan, tetapi juga bertujuan memberikan dampak positif dalam peningkatan ekonomi dan pelestarian lingkungan. Konsep kota hutan menjadi identitas IKN kedepannya, yang akan mendorong kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan sektor swasta dalam investasi berkelanjutan.

Selain sebagai pusat administrasi negara, IKN juga bertujuan untuk mengubah pola pikir masyarakat dalam melestarikan lingkungan. Melalui pembangunan tanpa merusak hutan, IKN menjadi contoh dalam upaya pelestarian alam. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK Dihadiri Pj Wali Kota Tarakan Dr Bustan

Published

on

Meisa Ruslina, S.E., resmi dilantik sebagai Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK dan Penjabat Ketua Dekranasda Kota Tarakan. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Meisa Ruslina, S.E., resmi dilantik sebagai Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK dan Penjabat Ketua Dekranasda Kota Tarakan untuk tahun 2024.

Pelantikan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua TP-PKK dan Dekranasda Provinsi Kaltara, Hj. Rachmawati Zainal, S.H., di Gedung Serbaguna Pemerintah Kota Tarakan pada Rabu, 13 Maret 2024.

Pj. Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., hadir dan mendorong sinergi antara Tim Penggerak PKK dan Dekranasda Tarakan dengan Provinsi Kaltara. Ia menekankan pentingnya PKK sebagai mitra strategis dalam pemberdayaan keluarga serta Dekranasda sebagai mitra pengembangan sektor kerajinan dan produk khas daerah.

Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota mengapresiasi semangat tinggi dan kerjasama yang telah ditunjukkan oleh Tim PKK dan Dekranasda Kota Tarakan. Dengan sinergi yang kuat, diharapkan mereka dapat mempertahankan kinerja positif, mendukung visi, dan misi Pemkot Tarakan selama masa transisi ini.(mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Pj Wali Kota Tarakan Bersama Tokoh Agama Bersholawat Dalam Rangka Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Published

on

Pj Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si. menggelar acara bersholawat dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445H/2024M. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Pj Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si. menggelar acara bersholawat dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445H/2024M di Rumah Jabatan Wali Kota Tarakan, pada Sabtu (9/3/2024).

Acara tersebut dihadiri oleh Forkopimda Kota Tarakan, Kepala OPD Kota Tarakan, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, dan tokoh agama.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Tarakan menekankan pentingnya kerja sama dan kolaborasi dalam menjalankan tugas yang berat. Ia mengakui bahwa tidak mungkin untuk bekerja sendiri dan membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk Sekda, Asisten Kepala OPD, dan Forkopimda Kota Tarakan, agar dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan baik dalam menjalankan roda pemerintahan Kota Tarakan.

Salah satu fokus pembinaan yang ditekankan dalam acara tersebut adalah bidang keagamaan dan spiritual. Pj. Wali Kota berharap kolaborasi ini dapat memberikan dukungan yang lebih baik kepada para pemain hadrah di Kota Tarakan, sehingga dapat memajukan kota dalam segala aspek.

Dengan adanya acara bersholawat ini, diharapkan dapat memperkuat iman serta mempererat silaturahmi antara tokoh pemuda dan pemudi di Kota Tarakan. Sebagai daerah perdagangan dan jasa, Kota Tarakan juga memberikan peluang yang luas bagi investor yang ingin berinvestasi di kota tersebut. Pemerintah Kota Tarakan siap memberikan dukungan kepada investor baik dalam hal perizinan maupun pengembangan usaha agar Kota Tarakan terus berkembang dan menjadi destinasi investasi yang menarik. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Hasil Sidak Pj Wali Kota Tarakan: Pasokan Sembako Aman Jelang Bulan Ramadhan dan Idul Fitri

Published

on

Pj Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., beserta jajaran melakukan inspeksi mendalam (sidak). (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Pj Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., beserta jajaran melakukan inspeksi mendalam (sidak) ke sejumlah lokasi strategis, seperti STB Kusuma Bangsa, Gudang Bulog, PLN, dan CV. Bina Jaya Sidak ini bertujuan untuk memastikan keamanan pasokan pangan menjelang Bulan Ramadhan dan Idul Fitri.

Berdasarkan hasil sidak, dua bulan ke depan, pasokan beras di Tarakan aman terjaga dengan persediaan sebanyak 450 ton yang akan diikuti dengan kedatangan 2150 ton secara bertahap. Pj. Wali Kota mengungkapkan bahwa perkiraan 2 minggu ke depan harga beras akan mengalami penurunan.

Bulog berencana mendatangkan minyak goreng sebanyak 40.000 liter dan gula sebanyak 49 ton untuk memastikan ketersediaan bahan pokok esensial selama bulan suci Ramadhan dan perayaan Idul Fitri. Untuk mengantisipasi kenaikan harga daging ayam dan sapi, Bulog juga menyediakan daging kerbau sebagai opsi substitusi.

Pj Wali Kota Bustan menekankan bahwa langkah-langkah pencegahan penimbunan akan diambil dengan berkoordinasi bersama Forkopimda. Selain itu, dalam upaya menjaga kelancaran pasokan listrik selama bulan Ramadhan, Pj. Wali Kota memastikan PLN (Perusahaan Listrik Negara) siap untuk menjamin keandalan suplai listrik di seluruh kota. Ini merupakan langkah proaktif guna mencegah gangguan pasokan listrik yang dapat mempengaruhi aktivitas masyarakat selama bulan suci. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Semarakkan Peringatan Bulan K3 Nasional, Pemprov Gelar Fun Run 5K

Published

on

Hari Peringatan Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2024, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara). (Foto/Ist)

TANJUNG SELOR, SuaraBorneo.com – Dalam rangka Hari Peringatan Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2024, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) sukses menggelar Acara Fun Run 5K, bertempat di Tebu Kayan, Ahad (3/3) pagi.

“Fun Run 5K merupakan simbol dari penerapan hidup sehat yang harus dapat selalu ditanamkan dalam kehidupan sehari – hari, termasuk dalam menjaga kesehatan dan keselamatan kerja,” tutur Sekertaris Provinsi (Sekprov), Dr. H. Suriansyah,M.A.P, saat membaca sambutan Gubernur Kaltara.

Dalam kesempatan tersebut Sekprov Suriansyah mengapresiasi JOB Pertamina – Medco E&P Simenggaris yang telah memberikan support dalam rangka Bulan K3 2 tahun berturut – turut, juga merupakan bentuk kolaborasi yang baik antara Pemprov Kaltara dengan Perusahaan yang ada di provinsi Kalimantan Utara.

Lebih lanjut Sekprov berharap even Fun Run 5K Bulan K3 Nasional dapat berjalan dengan baik, lancar dan sukses, serta dapat mengedukasi masyarakat tentang arti penting berolahraga.

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk berkolaborasi dalam pembangunan di Kalimantan Utara agar segera potensi yang kita miliki dapat dimanfaatkan dengan sebaik – baiknya untuk kemajuan Kalimantan Utara yang Berubah, Maju dan Sejahtera,” pungkasnya.

Turut hadir Kepala Dinas Nakertrans Kaltara, H. Haerumuddin, SH, M.AP., PJs. GM Pertamina-Medco E&P Simenggaris, Ibu Neni Herawati dan sebanyak 1.000 peserta dari berbagai komunitas di kabupaten/kota lainnya termasuk yang ada di Kabupaten Berau Kalimantan Timur (Kaltim) ikut berpartisipasi.(mddkisp)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Pj Wali Kota Tarakan Dr Bustan Pimpin Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024

Published

on

Pj. Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., memimpin Rapat Pleno untuk merekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara Pemilu tahun 2024 tingkat kota. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Pada Minggu (3/3/2024), Pj. Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., memimpin Rapat Pleno untuk merekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara Pemilu tahun 2024 tingkat kota. Acara tersebut dilaksanakan dengan khidmat di Ballroom Hotel Tarakan Plaza.

Dr. Bustan mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Tarakan atas partisipasi mereka dalam meningkatkan tingkat partisipasi pemilih. Dengan demikian, tidak ada pemilih yang golput di Kota Tarakan, sebuah pencapaian yang membanggakan.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Bustan juga mengapresiasi kerja keras seluruh petugas KPU, Bawaslu, KPPS, dan PPS yang telah menjaga kelancaran jalannya Pemilu 2024 tanpa adanya gangguan. Rapat pleno hari ini diharapkan dapat berlangsung dengan lancar dan penuh tanggung jawab.

Dalam pesan penutupnya, Dr. Bustan mengajak seluruh warga Tarakan untuk menerima hasil pemilihan dengan lapang dada, sambil tetap menjaga kedamaian dan ketertiban di kota maupun di wilayah Kalimantan Utara. Ia juga mengucapkan selamat kepada para perwakilan yang telah terpilih dengan harapan mereka dapat menjalankan amanahnya dengan baik untuk kemajuan Kota Tarakan dan provinsi, serta kemajuan bangsa Indonesia secara keseluruhan.

Pada akhirnya, Dr. Bustan juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam suksesnya Pemilu ini. Keberhasilan Pemilu merupakan keberhasilan bersama, dan ini menunjukkan kerjasama dari semua stakeholder yang terlibat dalam pesta demokrasi terbesar di Indonesia. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer