Teguh Santosa : Kohesivitas Sosial Di Afghanistan Bermasalah Sejak Lama – SuaraBorneo.com
Connect with us
PERKOKOH-BANUA-MAJU-page-0001

Jakarta

Teguh Santosa : Kohesivitas Sosial Di Afghanistan Bermasalah Sejak Lama

Published

on

JAKARTA, suaraborneo.com – Sebulan telah berlalu sejak Taliban memasuki Kabul dan menguasai Afghanistan. Walau keberhasilan Taliban menggusur pemerintahan Ashraf Ghani masih dipandang sebagai misteri, namun tanda-tanda ke arah itu sudah tercium setidaknya sejak tahun 2018 lalu.

Kericuhan dalam pemilihan anggota parlemen di tahun 2018 berdampak pada pilpres 2019. Walau kembali memenangkan pemilihan presiden, namun perolehan suara Ashraf sangat sedikit.

Demikian dikatakan pengamat internasional dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Teguh Santosa, ketika berbicara dalam “Diplomatic Forum” yang digelar Voice of Indonesia RRI, di Hotel Red Top, Jakarta Pusat, Kamis pagi (16/9).

Diskusi yang bertema “New Geopolitical Map After Taliban’s Return to Power” itu juga dihadiri Wakil Dubes Pakistan Muhammad Faisal Fayyaz dan Ahli Muda Sub Koordinator Asia Selatan dan Tengah Direktorat Perundingan Bilateral Kementerian Perdagangan Wisnu Widyantoro.

Teguh mengatakan, kohesivitas sosial di Afghanistan bermasalah sejak lama. Fragmentasi elit dalam beberapa tahun terakhir juga semakin menjadi.

“Banyak pihak terkejut melihat peristiwa 15 Agustus (Taliban menguasai Kabul). Tapi dari observasi saya, (keruntuhan pemerintahan Ghani) sudah dimulai sejak pemilu 2018 dan pilpres 2019,” ujar Teguh Santosa yang juga Ketua Umum Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI).

Teguh menambahkan, gagasan negara-bangsa Afghanistan semakin sulit diwujudkan karena negara itu dikelilingi sejumlah negara yang memiliki kepentingan tersendiri terhadap Afghanistan.

Terkait dengan betapa rapuhnya pemerintahan periode kedua Ashraf Ghani dapat dilihat dari kenyataan bahwa hanya sekitar 1,6 juta dari 9,7 juta pemilih yang menggunakan hak suara dalam pilpres 2019. Pilpres itu diikuti oleh 18 calon presiden.

Pemerintahan Ghani yang rapuh bertemu dengan faktor eksternal berupa keputusan Presiden AS Joe Biden menarik semua pasukan dari Afghanistan. Hal ini merupakan pelaksanaan dari janji yang disampaikannya dalam kampanye pilpres.

Selain itu, pengaruh Republik Rakyat China di kawasan juga semakin besar. Diawali dengan String of Pearl di era 2004-2005 dimana China merangkul negara-negara di kawasan Asia Selatan, kecuali India, untuk mengamankan jalur distribusi migas dari Timur Tegah.

“Pengaruh ini semakin besar setelah Xi Jinping berkuasa dan mengumumkan One Belt One Road (OBOR) yang saat ini menjadi Belt and Road Initiatives (BRI),” ujarnya.

Namun begitu, Teguh menambahkan, China juga masih berhati-hati karena Taliban berpotensi menjadi persoalan bagi China di masa depan.

China berjanji memberikan dukungan kepada Taliban apabila Taliban tidak menggunakan Afghanistan sebagai sarang teroris, tidak mengembangkan fundamentalisme, dan yang juga penting tidak mendukung gerakan separatis.

Mengenai yang terakhir ini, China tentu tidak ingin kemenangan Taliban justru bisa memperbesar gerakan separtis di Provinsi Xinjiang yang berada persis di perbatasan kedua negara.

Pakistan Paling Terdampak

Sementara Wakil Dubes Pakistan M. Faisal Fayyas mengatakan, negaranya adalah negara yang paling terdampak oleh instabilitas di Afghanistan. Berbagai konflik yang terjadi di Afghanistan selama kurang lebih empat dekade terakhir, sejak invasi Uni Soviet hingga perebutan kekuasaan oleh Taliban baru-baru ini, menjadi tantangan yang tidak mudah bagi negaranya.

“Jadi kami sangat memperhatikan apa yang terjadi di Afghanistan,” ujarnya.

Ia menuturkan, Pakistan dan Afghanistan berbagi perbatasan sepanjang sekitar 2.600 kilometer. Selain berdampak secara ekonomi dan keamanan, konflik yang terjadi di Afghanistan juga melahirkan gelombang pengungsi yang tidak kecil.

Selama empat dekade terakhir, Faisal menyebut Pakistan sudah menerima lebih dari 3 juta pengungsi Afghanistan yang ditempatkan di berbagai kamp di perbatasan. Namun walau berada di kamp pengungsi, para pengungsi dari Afghanistan itu memiliki kebebasan untuk berpergian, mendapatkan pendidikan, dan berbisnis.

“Orang-orang Afghanistan sudah menjadi bagian dari masyarakat Pakistan. Tapi sumber daya Pakistan terbatas, kami negara berkembang, bukan negara maju yang bisa menerima begitu banyak pengungsi,” jelas dia.

Di Pakistan sendiri, mayoritas etnis Pashtun merupakan pengungsi. Para pengungsi juga memiliki anak dan cucu sehingga populasi mereka bertambah banyak. Pemerintah kemudian membuat sistem tersendiri untuk para pengungsi, mereka memiliki tanda pengenal khusus.

Untuk itu, Islamabad mendorong komunitas internasional menjalin hubungan dengan pemerintahan baru Taliban, demi menghentikan arus pengungsi. Pakistan juga berharap para pengungsi dapat kembali ke Afghanistan.

Faisal Fayyaz menambahkan, pemerintah Pakistan terus mendorong Taliban agar merealisasikan komitmen mereka membentuk pemerintahan Afghanistan yang inklusif dan menghormati hak asasi manusia.

“Itu prioritas kami untuk berbicara dengan Taliban, agar mereka juga berbicara dengan pihak-pihak lainnya. Perdana Menteri kami (Imran Khan) mengatakan, kami tidak boleh menjauhi mereka. Kitai harus mendorong mereka merealisasikan janji mereka, dan memberikan insentif,” jelasnya. (ad-sb)

Bagikan ke

Jakarta

Kabar Gembira, Usulan CASN Kaltara Disetujui Menpan-RB

Published

on

Usulan tersebut meliputi 1.403 formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan 65 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Sebanyak 1.468 usulan formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dari Pemprov Kaltara mendapat persetujuan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Dimana rincian usulan tersebut meliputi 1.403 formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan 65 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Asisten bidang Administrasi Umum Setprov Kaltara, Pollymaart Sijabat, SKM., M.A.P. yang hadir dalam Rapat Koordinasi Persiapan Pengadaan ASN Tahun 2024 mengungkapkan usulan formasi PPPK dan CPNS tersebut sudah mendapat lampu hijau langsung dari Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas.

“Dalam mengusulkan formasi CPNS 2024 dan PPPK oleh Pemprov Kaltara tidak ada kendala teknis, hal ini karena semua pertimbangan tergantung langsung dari kebijakan kepala daerah yakni Gubernur,” kata Pollymaart.

Ia menyebutkan usulan formasi PPPK dan CPNS tersebut merupakan bentuk komitmen Gubernur dalam memperjuangkan Tenaga Non ASN yang telah lama mengabdi dalam perkembangan pembangunan dan kemajuan di Pemprov Kaltara.

Lanjutnya, karena ini menyangkut kebijakan pembiayaan, pertimbangan dan perhatian Gubernur akhirnya disetujui dan tinggal meneruskan ke pemerintah pusat dengan data pendukung, lalu mendapat respon positif yaitu disetujui usulan formasi tersebut.

“Semua komitmen Pak Gubernur dalam menyikapi permasalahan honorer, Pak Gubernur pasti mengusahakan yang terbaik untuk masyarakatnya, khususnya anak – anak Kaltara yang telah membantu pertumbuhan dan kinerja Pemprov Kaltara,” pungkasnya.

Pelaksana Tugas (Plt). Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kaltara, Andi Amriampa menjelaskan usulan tersebut disetujui. “1.468 disetujui semua, sesuai usulan yang disampaikan oleh Bapak Gubernur ke Menpan RB,” katanya melalui pesan Whatsapp, Kamis (14/3) malam.
(mddkisp)

Bagikan ke
Continue Reading

Entertainment

Artis Pendatang Baru dari Kota Semarang ‘Titto DNR’ Telah Meramaikan Dunia Musik Tanah Air

Published

on

Artis pendatang baru dari Kota Semarang Jawa Tengah telah hadir meramaikan dunia musik Tanah air, adalah Titto DNR. (Foto/Ist)

JAKARTA, Suaraborneo.com – Artis pendatang baru dari Kota Semarang Jawa Tengah telah hadir meramaikan dunia musik Tanah air, adalah Titto DNR, melalui karya karya barunya sudah bisa dinikmati dalam channel YouTube Titto DNR.

Tampil dengan warna yang berbeda, semua lagunya mengisahkan perjalanan cinta sejati yg dialaminya dalam kehidupannya Titto DNR.

Memulai bakat dunia seni bernyanyi dimulai sejak masih muda, ketika masih duduk di Bangku SMP kelas 3 dengan tampil dari panggung ke panggung bersama Viccolus Band dan Band Pemda Semarang sebagai Vokalis, tapi berhenti manggung sejak tahun 1990 karena dilarang sama keluarga khususnya Sang istri tercinta yg juga sangat dikenal sebagai artis film layar lebar Malvin Syahna.

Titto Dnr bercerita banyak panjang lebar tentang kariernya yang sempat berhenti sejak berumah tangga, semata mata karena demi mempertahankan keutuhan dan harmonisasi dalam keluarga agar tidak terjadi kesalah pahaman yg sangat fatal.

“Maklum dunia musik penuh dengan berita berita miring,” katanya penuh canda, lebih lanjut sang Penyanyi ini menuturkan bagaimana mengemas sebuah lagu untuk bisa dinikmati masyarakat secara luas,tentu dengan pengalaman yg telah dimiliki selama ini,menjadikan guru yg terbaik dalam berkarier.

“Sekarang kegiatan saya cukup berkarya dan berkarya,agar pikiran saya tetap fokus dan tidak neko neko,” ujar Titto yg semua usahanya dibidang Perhotelan kini 100% ia serahkan sang istri untuk mengelolanya.

“Ceritanya saya ingin kembali mengukir bakat yang lama terpendam di dunia musik dengan berkarya,lewat karya saya yg berjudul “Hidup Seorang Diri” semoga bisa dinikmati masyarakat secara luas,” ungkap Titto.

“Alhamdulilah sudah 11 ribu subscribe, harapan saya semoga terus banyak yang menonton,” tambah Titto Penuh semangat.

Hingga kini Tak kurang sudah sekitar 35 judul dan sudah 16 Lagu yang sudah dibuat video klip dan 3 lagu sedang proses pembuatan klip semua akan dinyanyikan sendiri, semua lagunya yang diciptakan mengisahkan perjalanan hidupnya dan cintanya kepada keluarga khususnya buat istri tercinta.

“Saat ini ada 3 buah lagu yang sedang di buat Video klip nya dengan judul : Kau yang Pertama,Sesiliana, dan Telah kau dustakan yang sedang dibuat oleh Onepro Production pimpinan Mas Sunarone yang sudah tidak asing lagi di dunia hiburan,khususnya lagu anak-anak sudah banyak artis papan atas yang berhasil dipopulerkan oleh Mas Sunarone,” imbuh Titto DNR.

Lebih Jauh Titto DNR menambahkan kembali ke dunia seni, karena ingin mengembangkan agar tetap kreatif dan tentunya juga mendapat dukungan termasuk istri tercinta Malvin Syahna.

Saya memang mempunyai darah seni dari ibu saya beliau seorang penyanyi Keroncong dari Jogja pada masanya, dan bapak saya dari Pacitan namun saya lahir di Semarang dan hingga saat ini menetap di semarang menutup pembicaraannya dunia musik saat ini, juga mendapat dukungan termasuk istri tercinta Malvin Syahna.

“Saya memang mempunyai darah seni dari ibu saya beliau seorang penyanyi Keroncong dari Jogja pada masanya, dan bapak saya dari pacitan namun saya lahir disemarang dan saat ini menetap di semarang hingga saat ini,” pungkasnya menutup pembicaraan. (Azis)

Bagikan ke
Continue Reading

Jakarta

Perkumpulan Armada Sewa (PAS) Indonesia Deklarasikan Pemilu 2024 Aman dan Damai

Published

on

Perkumpulan Armada Sewa (PAS) Indonesia. (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Komunitas Driver Online baik roda dua maupun roda empat yang tergabung dalam Perkumpulan Armada Sewa (PAS) Indonesia mendeklarasikan Pemilu damai. Dalam pernyataan sikapnya, PAS Indonesia juga menyatakan menolak segala bentuk upaya provokasi yang dapat memecah belah persaudaraan serta tindakan yang mencederai pesta demokrasi.

Deklarasi Pemilu Aman dan Damai ini dibacakan oleh ketua umum PAS Indonesia Wiwit Sudarsono di RM Teras Doevoet Duret Sawit Jakarta Timur, Senin (12/2/2024) . Deklarasi ini berisi lima poin sebagai bentuk dukungan driver online untuk bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

”Poin-poinnya adalah mengajak semua komponen untuk melaksanakan pemilu damai, menolak provokasi, dan menangkal hoaks,” kata ketua PAS Indonesia Wiwit Sudarsono kepada wartawan, sebelum deklarasi dilakukan.

Secara lengkap isi deklarasi ini adalah mengajak segenap lapisan masyarakat menyukseskan Pilpres dan Pileg 2024 yang aman dan damai. Menolak segala bentuk upaya provokasi yang dapat memecah belah persaudaraan serta tindakan yang mencederai pesta demokrasi. Di samping itu, bersama-sama menangkal berita hoaks dan ujaran kebencian yang dapat mengganggu jalannya Pemilu 2024.

Adapun poin keempat, Bersama-sama berkomitmen menjaga situasi kamtibmas yang kondusif dan tertib berlalulintas. Poin terakhir adalah mendukung pemulihan perekonomian nasional melalui sektor transportasi online.

“Situasi Kamtibmas yang kondusif tersebut sebagai bagian dari jaminan kelancaran transportasi yang manfaatnya akan dirasakan oleh teman-teman driver online dan dapat membantu memulihkan maupun meningkatan perekonomian Nasional,” ungkap Wiwit.

Wiwit berharap kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih nantinya dapat memberikan perhatian lebih kepada para mitra aplikasi transportasi berbasis daring tersebut khususnya mengenai payung hukum bagi mereka sehingga ada kepastian hukum terhadap kesejahteraan driver online.

“Harapan kami pemerintah yang akan datang lebih memperhatikan nasib kami dari segi regulasi karena selama ini perlindungan hukum untuk pelaku usaha transportasi berbasis aplikasi sangat minim sekali, setidaknya kami mengharapkan percepatan pembahasan RUU transportasi daring,” pungkas Wiwit. (Azis)

Bagikan ke
Continue Reading

Entertainment

KOONGWORLD’ Menggelar Acara Mendengarkan Musik Gratis

Published

on

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Platform perdagangan langsung musik global ‘KOONGWORLD’ akan mengadakan acara mendengarkan musik gratis untuk layanan musik seperti K-POP, OST K-Drama, dan K-BGM.

Platform berbagi musik asal Korea Selatan, Koong World, berfokus pada penggunaan tokenisai, alias NFT (token non-fungible), untuk perlindungan hak cipta dari musik di dalamnya.

Dengan tokenisasi ini, para musisi tidak perlu khawatir lagi untuk memasang karya mereka di platform karena pelanggaran hak cipta akan benar-benar dijauhi dari platform ini.

KoongWorld pun telah menjadi andalan para musisi di negeri K-Pop tersebut sejak tahun 2021, dengan membagikan 80 persen royalti secara bersih ke musisi yang menggunakan platform.

Selama acara gratis ini, “KOONGWORLD” mengumumkan bahwa mereka akan membayar layaann streaming yang akan memberikan hak untuk menikmati musik gratis kepada semua pengguna di seluruh dunia.

KOONGWORLD adalah platform musik baru yang menampilkan ‘cara langsung’ di mana pengguna mengunggah musik mereka dan menggunakan penjualan langsung.

Mendengarkan K-POP gratis pada acara tersebut tersedia untuk siapa saja di halaman resmi ‘KOONGWORLD’ (https://koong.world).(Azis)

Bagikan ke
Continue Reading

Jakarta

Berbagi Kasih Lewat Angpao Ci Akim Tradisi Turun Menurun dari Para Leluhurnya

Published

on

Keluarga Akim Oei atau biasa akrab disapa Ci Akim. (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Berbagi angpao tiap Imlek,merupakqn bagian dari tali kasih yg sudah menjadi bagian dari para leluhur dan turun-menurun dilakukan oleh keluarga Akim Oei atau biasa akrab disapa Ci Akim. Bukan hanya dicontohkan ibu-bapaknya, tapi juga sudah dilakukan oleh kakek-neneknya. Tradisi berbagi tersebut sudah mendarah-daging dalam kehidupannya, bahkan hingga ia sudah bercucu.

Niat untuk berbagi rezeki tiap Perayaan Imlek, menjadi salah satu motivasi baginya dalam menjalankan bisnis. Semakin sukses bisnis, tentu semakin banyak pula angpao yang bisa dibagikan, serta semakin banyak pihak yang menerima angpao.

Seperti yang dilakukan pada hari Sabtu , 10 Februari 2024 Ci Akim merayakan Imlek di rumahnya yang asri dikawasan Bekasi, Jawa Barat. Keluarga, kerabat, sahabat, teman, dan para undangan lainnya memenuhi rumah megah Ci Akim.

Dengan penuh suka cita, Ci Akim membagikan angpao ke tiap tamu yang hadir. Penerima angpao tentu saja menyambutnya dengan senyum sumringah. “Semua ini merupakan bagian dari rasa syukur saya, tiap Imlek. Saya percaya, tradisi berbagi rezeki yang diturunkan ibu-bapak saya, berperan besar bagi kelancaran bisnis yang saya jalankan,” ungkap Ci Akim dengan rendah hati

Imlek menjadi momen suka cita, keberkahan dan berbagi kebahagiaan. Tak hanya berbagi angpao, beragam menu sajian makanan dan minuman pun tersedia untuk dinikmati pengunjung yang hadir di acara open house imlek yang digelar Ci Akim. Bahkan Ci Akim pun larut dalam kegembiraan dengan ikut bernyanyi di panggung hiburan yang khusus disediakan guna menyemarakan suasana imlek yang penuh keberkahan. Tak hanya Ci Akim yang menebar kebahagiaan, beberapa artis dan penyanyi seperti Vonny Sumlang,Tessa Kaunang dan yang lain turut hadir ikut bernyanyi dan menari hingga turut menyemarakan kemeriahan suasana Imlek di kediaman Ci Akim.

Siapa sesungguhnya Ci Akim? Ia adalah sosok perempuan pekerja keras, yang tanpa sengaja masuk ke bisnis besi tua. Ia memulai bisnis tersebut benar-benar dari posisi tanpa tahu sama sekali tentang usaha besi tua. Pada awalnya, Ci Akim adalah pelaku usaha kuliner, spesialis nasi liwet khas Solo, Jawa Tengah.

Pada tahun 2007, seorang pelanggan kulinernya minta Ci Akim menawarkan produk aluminium ke suatu perusahaan. Sesuatu yang sangat jauh berbeda dengan bidang kuliner yang ditekuninya. Ci Akim menyambut kesempatan tersebut sebagai peluang. Orang yang ditemui Ci Akim di perusahaan tersebut, menolak tawarannya.

Akim Oei / Ci Akim
Ci Akim berkali-kali merevisi proposal penawaran, tapi yang bersangkutan selalu menolak, dengan alasan proposal itu tidak fisibel. Tertutup kah peluang? Tidak. Ternyata, kegigihan Ci Akim, justru mendatangkan peluang baru. Pihak yang “selalu menolak” itu, kemudian berbalik menawarkan peluang baru kepada Ci Akim.

Singkat cerita, Ci Akim diminta untuk menawar besi tua milik seseorang di Kecamatan Dawuan, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Tak tanggung-tanggung, rupanya peluang itu mengantarkan Ci Akim ke satu situasi di luar dugaannya. Ia harus menghadapi orang Jepang yang ada di Dawuan, yang ternyata memiliki banyak besi tua.

Dalam bisnis perbesian, besi tua kerap disebut Scrab. Kegigihan Ci Akim kembali diuji dan kali ini ia berhasil. Momen tersebut menjadi titik terang bagi perjalanan bisnis Ci Akim. “Itu pertama kali saya main besi, dan bisa ngangkat 3000 ton. Bos saya kaget dengan hasil kerja saya, saya pun tidak menyangka, berkat keberhasilan tersebut, saya dikasih mobil,” ungkap Ci Akim, bangga.

Bos yang dimaksud Ci Akim adalah pihak yang “selalu menolak” proposalnya sebelumnya. Akhirnya, Ci Akim  mendirikan perusahaan sendiri, yang fokus sebagai supplier Scrab. Dalam hal ini, ia menjadi CEO PT. Asri Jaya Mandiri (AJM), yang berkantor di kawasan Narogong, Bekasi Selatan.

Dalam konteks berbagi rezeki tiap Perayaan Imlek, rasa syukur atas keberhasilan bisnis itulah yang melandasi Ci Akim ikhlas membagi-bagikan angpao. Ia yakin, di balik tiap kesulitan, pasti ada peluang yang menjanjikan. (Azis)

Bagikan ke
Continue Reading

Business

Indosat Ooredoo Hutchison Catatkan Momentum Pertumbuhan Di Seluruh Lini Bisnis, Pendapatan dan EBITDA Tumbuh Dua Digit di Tahun 2023

Published

on

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison. (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Indosat Ooredoo Hutchison (IDX: ISAT) (“Indosat”, “IOH”, atau “Perusahaan”) melaporkan kinerja cemerlang dalam periode dua belas bulan yang berakhir pada 31 Desember 2023, termasuk pertumbuhan yang pesat dalam total pendapatan, EBITDA, margin EBITDA, trafik data, dan jumlah BTS (Base Transceiver Station) 4G. Total pendapatan dan EBITDA tumbuh konsisten di setiap kuartal tahun 2023, Rabu (7/1/2024).

Indosat membukukan total pendapatan sebesar Rp51,2 triliun di sepanjang 2023, meningkat 10% dibandingkan tahun sebelumnya (Year-on-Year/YoY). Pertumbuhan total pendapatan tersebut didorong oleh peningkatan kualitas pelanggan konsumen dan korporasi serta kinerja positif dari semua lini bisnis Perusahaan. Pendapatan Selular tumbuh 8,7% YoY disebabkan oleh peningkatan pendapatan Data dan Interkoneksi. Sementara itu pendapatan Multimedia, Data Communication, and Internet (MIDI) naik 13,0% YoY ditopang oleh peningkatan pendapatan layanan IT dan Internet Tetap. Selanjutnya, pendapatan Telekomunikasi Tetap juga melesat 28,4% YoY dikontribusi oleh peningkatan pendapatan Telepon Internasional dan Jaringan tetap.

Peningkatan pendapatan ini juga diikuti oleh optimalisasi biaya yang berdampak pada pertumbuhan positif pada EBITDA sebesar 23,0% YoY menjadi Rp23,9 triliun. Indosat juga berhasil mencatat EBITDA margin yang dinormalisasi tumbuh solid sebesar 46,8%, meningkat 4,5 poin persentase YoY. Dengan capaian tersebut, Laba Normalisasi Periode Berjalan yang Dapat Diatribusikan Kepada Pemilik Entitas Induk mencapai Rp3,5 triliun dan tetap positif selama 3 tahun berturut-turut.

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan, “Pencapaian Indosat Ooredoo Hutchison pada tahun 2023 tak lepas dari kontribusi seluruh pihak mulai dari mitra bisnis, pelanggan, pemegang saham, dan tentunya seluruh karyawan kami. Kinerja keuangan dan operasional yang kuat ini menegaskan komitmen Indosat untuk terus mendorong kemajuan ekosistem industri telekomunikasi di Indonesia. Peka terhadap dinamika pasar, inovasi layanan yang berpusat pada teknologi, serta integritas pada keunggulan operasional tidak hanya menjadi kunci dalam menavigasi pertumbuhan bisnis namun turut memperbesar penciptaan nilai bagi para pemangku kepentingan kami.”

Sepanjang tahun 2023, Indosat juga terus mendekatkan hubungannya dengan hampir seratus juta pelanggannya di kedua merek konsumennya, IM3 dan Tri, yang menghasilkan peningkatan Mobile Average Revenue Per User (ARPU) sebesar 5,3% menjadi Rp35,6 ribu. Bertambahnya basis pelanggan yang berkualitas semakin diperkokoh dengan peningkatan skor Customer Satisfaction (CSAT) IM3 yang naik 4 poin YoY menjadi 84.1, sedangkan CSAT Tri turut naik 3 poin YoY menjadi 84.0. Hasil ini menunjukkan keberhasilan strategi Go-to-Market Indosat dan mencerminkan pengalaman mengesankan atau marvelous experience yang diberikan Perusahaan kepada pelanggan.

Sementara itu, hadirnya layanan Indosat juga semakin memudahkan masyarakat terhadap kebutuhan akses layanan digital serta memberikan pengalaman yang mengesankan di Region Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua (Kalisumapa). Sepanjang dua belas bulan tahun 2023 (FY2023), jumlah pelanggan Indosat di region Kalisumapa mencapai 11,6 juta pelanggan, di mana sekitar 77 persen diantaranya aktif menggunakan layanan internet dengan total trafik data sebesar 1.889 Petabyte (PB). Selain itu, sepanjang 2023 jumlah BTS 4G di region Kalisumapa meningkat 47% dibandingkan periode yang sama tahun 2022 menjadi sekitar 27 ribu sites.

*Mengakselerasi Perjalanan Transformatif dari Telco menjadi TechCo*

Strategi transformasi Indosat dari Telco ke TechCo mencapai tonggak penting pada tahun 2023. Untuk meningkatkan kualitas layanan dan memperluas konektivitas di wilayah perdesaan, Indosat meningkatkan jumlah BTS 4G sebesar 30,7% YoY, menjadi 179.000 sites di seluruh Indonesia. Indosat juga menyelesaikan proses integrasi jaringan di lebih dari 46.000 sites hanya dalam waktu satu tahun dengan menggunakan teknologi Multi-Operator Core Network (MOCN). Dengan penerapan teknologi ini, seluruh pelanggan Indosat, baik IM3 maupun Tri, dapat merasakan jangkauan jaringan yang lebih luas, kualitas layanan di dalam ruangan yang lebih baik, serta pengalaman internet yang lebih cepat hingga dua kali lipat. Kecepatan unduh dan latensi yang lebih baik meningkatkan pengalaman digital pelanggan untuk layanan utama seperti video streaming dan gaming. Peningkatan kualitas layanan ini berkontribusi terhadap pertumbuhan trafik data yang kuat sebesar 14,8% YoY menjadi 14.417 Petabyte (PB).

Belanja modal Indosat tercatat sebesar Rp12,7 triliun yang sebagian besar digunakan untuk pengembangan bisnis selular serta perluasan jangkauan jaringan hingga ke daerah perdesaan dan terpencil. Tidak hanya itu, Perusahaan terus melakukan berbagai kerja sama strategis dengan berbagai mitra berskala global, mulai dari peluncuran pusat pameran inovasi, Indosat Marvelous Xperience (MX) Center, hingga kerja sama strategis dalam pengelolaan pusat data berteknologi tinggi.

Dalam perjalanan menuju perusahaan teknologi, Indosat juga terus mengembangkan layanan internet fixed broadband, termasuk melalui akuisisi sejumlah pelanggan aset milik MNC Play dalam rangka mempertegas langkahnya di bisnis Home Broadband (HBB). Perusahaan mencatat kenaikan jumlah pelanggan HBB menjadi 336,9 ribu di akhir 2023. Sedangkan pengguna aktif bulanan (Monthly Active Users/MAU) aplikasi milik Indosat, myIM3 dan bima+ turut meningkat pesat sebanyak 8,6 juta YoY menjadi 37,7 juta pengguna, mencerminkan potensi bisnis digital yang menjanjikan.

Lebih lanjut, Vikram menegaskan peran strategis Indosat dalam menginisiasi pertumbuhan infrastruktur pusat data berbasis Artificial Intelligence (AI) di Indonesia. Bersama mitra strategisnya, Indosat memiliki tekad untuk memajukan Indonesia dalam pengembangan AI Cloud tingkat dunia.

“Dengan adopsi teknologi terbaru didukung kolaborasi bersama berbagai pihak yang didasari semangat gotong royong, kami akan melanjutkan perjalanan tanpa akhir kami dalam mewujudkan tujuan besar Indosat untuk menghubungkan dan memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia dengan mengakselerasi transformasi digital bangsa,” tutup Vikram. [ad/ril]

Bagikan ke
Continue Reading

Jakarta

Bacaleg Dapil 3 DKI Jakarta Dr Togar Situmorang Gelar Jum’at Berkah, Bagi Makanan Gratis Kepada Masyarakat Kp Sungai Begog

Published

on

Bacaleg dapil 3 Dki Jakarta dari Partai Demokrat ,Dr. Togar Situmorang, SH, MH, MAP, C.MED, CLA. (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Bacaleg Dapil 3 DKI Jakarta dari Partai Demokrat ,Dr. Togar Situmorang, SH, MH, MAP, C.MED, CLA. Kembali berbagi, dengan melakukan kegiatan Jumat berkah, di Kp. Suangi Begog, Kelurahan Semper Timur, Kecamatan Cilincing , Jum’at (02/02/2024).

Dalam kegiatan Jumat Berkah ini,  Dr. Togar Situmorang, SH, MH, MAP, C.MED, CLA.Membagikan nasi kotak pada warga di wilayah Kp. Sungai Begog Pembagian nasi kotak ini disambut antusias warga sekitar.

“Semoga dengan paket makan siang ini, bisa sedikit mengurangi beban warga,” ucap Dr. Togar Situmorang, SH, MH, MAP, C.MED, CLA.

Lebih lanjut, Artis Clara Gopa menyampaikan, ini adalah salah satu bentuk kepedulian bapak Dr. Togar Situmorang, SH, MH, MAP, C.MED, CLA.kepada masyarakat, dengan cara membagikan Nasi Box kepada Warga Kp. Sungai Begog

“Kami ingin keberadaan kami bisa berguna dan bermanfaat untuk warga, dan semoga apa yang menjadi Hajat Pak Dr. Togar Situmorang, SH, MH, MAP, C.MED, CLA. dapat dikobul, ammin yra,” pungkasnya. (Azis)

Bagikan ke
Continue Reading

Jakarta

Togar Situmorang, Berharap Artis Raffi Ahmad Segera Melaporkan Harta Kekayaannya pada PPATK

Published

on

Advokat dan Bacaleg DPR RI Dapil 3 DKI Jakarta dari Partai Demokrat Dr. Togar Situmorang. (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Advokat dan Bacaleg DPR RI Dapil 3 DKI Jakarta dari Partai Demokrat Dr. Togar Situmorang sangat menyayangkan prilaku yang telah dilakukan oleh Hanifa Sutrisna yang mendesak KPK dan pihak berwajib baik itu Kejagung RI serta Bareskrim Polri untuk memeriksa aliran transaksi uang Artis Nasional Raffi Ahmad.

“Apalagi dikatakan ada dugaan tindak pidana pencucian uang dan penerimaan gratifikasi oleh pejabat-pejabat negara yang menitipkan kekayaan atau dana pada oknum pemilik RANS ini,” ungkap Dr. Togar Situmorang.

Advokat dan Bacaleg DPR RI dari Partai Demokrat Menjelaskan Unsur Unsur tindak pidana pencucian uang dalam ketentuan yang termuat di Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (UU TPPU) secara umum terdiri atas upaya menyembunyikan dan menyamarkan harta kekayaan atau aset hasil tindak pidana.

Advokat dan Bacaleg DPR RI Partai Demokrat ini menyarankan agar Raffi Ahmad untuk segera menyampaikan laporan transaksi keuangan yang dimilki kepada PPATK.

“Raffi Akhmad tidak perlu khawatir atas pelaporan yang disampaikan kepada PPATK karena dalam Pasal 29 UU TPPU mengatur ketentuan bahwa Pihak Pelapor tidak dapat dituntut secara perdata maupun pidana karena akan sangat membantu menjaga dari risiko reputasi dan risiko hukum bagi Raffi Akhmad,” tutup Dr. Togar Situmorang, SH,MH,MAP, CMED,CLA,CRA. (Azs)

Bagikan ke
Continue Reading

Jakarta

Team Tri Prasetyo Utomo, SH, SKM, M.SI Caleg DPRD Partai PKN Dapil 10 No Urut 1 Siap Memenangkan

Published

on

Team Tri Prasetyo Utomo, SH, SKM, M.SI Caleg DPRD penyampaian visi misi politiknya dihadapan warga. (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Team Tri Prasetyo Utomo, SH, SKM, M.SI Caleg DPRD penyampaian visi misi politiknya dihadapan warga jika Tuhan Yang Maha Kuasa merestuinya menjadi anggota DPRD DKI Jakarta, dia siap kembali pada rakyat dan Gajih anggota DPRD untuk membantu masyarakat. Artinya, seorang wakil rakyat itu bukan menjadi penguasa. Namun pelayan rakyat dan harus mengabdi untuk kepentingan masyarakat luas.

Team Tri Prasetyo Utomo, SH, SKM, M.SI mempertegas maju bertarung menjadi caleg di Dapil 10 Jakarta Barat bukan latar belakang sifat ambisius. Namun dia terpanggil ingin menjadi wakil rakyat di Jakarta, karena ingin memperjuangkan rakyat.

“Padahal APBD DKI Jakarta itu paling tertinggi di Indonesia, namun hak, khususnya rakyat miskin masih banyak yang belum terpenuhi dari Pemprov DKI Jakarta,” ucap Taem Tri Prasetyo Utomo, SH, SKM, M.SI

Karena itulah, Team Tri Prasetyo Utomo, SH, SKM, M.SI menyampaikan program program Tri Prasetyo Utomo, SH, SKM, M.SI kepada warga jika dirinya dipercaya menjadi anggota DPRD Dki

1. Fasilitasi *Aksi Tanggap Darurat:* kami sediakan Mobil Operasional Layanan Masyarakat untuk mengatasi dan melayanani masyarakat agar lebih cepat & efektif dalam menangani situasi Tanggap Darurat.

2. Fasilitasi *AKSI MODAL BERGULIR UMKM* Pengembangan UMKM melalui dana bergulir, dapat mendukung program-program seperti ;

– Pelatihan kewirausahaan
– Pendampingan usaha
– Pengembangan produk
– Peningkatan kualitas produksi, dan
– Peningkatan akses pasar untuk meningkatkan daya saing dan pertumbuhan usahanya.

*- Bimbingan produk knowledge dan Personal Branding*

*- Bimbingan untuk Digital Marketer Online*

3. *Fasilitasi Program Pendampingan Akses Kesehatan dan Pendidikan* agar masyarakat lebih mudah mendapatkan penanganan dengan adanya pendampingan serta ruang pengaduan terkait kesejahteraan dengan kartu *STRIP*

4. *Fasilitasi Bantuan Hukum untuk masyarakat Jakarta Barat* dengan adanya pendampingan dan pengaduan kami sediakan fasilitas tersebut agar masyarakat mendapatkan ketetapan hukum dan hak yang pasti dengan adanya Sinergi Advokat & Law Office yang Legalitas yang kami miliki, masyarakat Jakarta Barat mendapatkan Hak Hukum yang Pasti.

5. *Fasilitasi Subsidi Bergulir Murah Sembako ( Minyak Goreng, Beras dll )* sarana dan prasarana dengan adanya Sinergi dengan Petani, Agen, Koperasi Kesejahteraan Jakarta Barat Dapil 10 lebih fokus dan spesifik dalam menangani pengadaan Sembako Murah.

6. *Fasilitasi Yatim Piatu & Dhuafa Bergulir setiap Kecamatan Jakarta Barat* program sosial ini kami adakan agar selalu tercipta keberkahan dan tercipta orang orang baik di Jakarta Barat Dapil 10 tanpa melihat status sosial, agama, maupun budaya.

7. *Bonus Track GABRUK* PROGRAM TERUJI & TERBUKTI ; Kami memiliki TEAM AHLI Profesional dalam Observasi, Riset dan Cepat Tanggap di Bidangnya !! Mungkin Belum ada di CALEG lain yang berani memutuskan untuk pengabdian kepada Masyarakat Jakarta Barat Dapil 10 dengan bukti yaitu *GABRUK ( GAJI BUAT RAKYAT UNTUK KESEJAHTERAAN )*

Kemudian, Team Tri Prasetyo Utomo, SH, SKM, M.SI mengatakan dia siap melakukan kontrak politik diatas materai kepada warga apabila rakyat memilihnya menjadi wakil rakyat. Artinya, kalau dia terpilih namun mengingkari janji politiknya, maka rakyat berhak melakukan gugatan politik. Dengan cara membawa berkas perjanjian kontrak politik tersebut ke DPP Partai PKN

“Sehingga saya bisa mendapatkan sanksi keras dari partai saya atau bisa sampai pemecatan saya menjadi wakil rakyat,” tegasnya Tri Prasetyo Utomo, SH, SKM, M.SI

“Team Tri Prasetyo Utomo, SH, SKM, M.SI Meninta warga agar siap mendukung dirinya di Pemilu 2024. Serta berharap, kalau dia terpilih menjadi wakil rakyat supaya tetap berkomitmen dengan janji politiknya untuk membela kepentingan orang miskin,” tutupnya. (Azis)

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer