Connect with us
FILE-MASAK-LOGO-SB-5

Jakarta

Teguh Santosa : Kohesivitas Sosial Di Afghanistan Bermasalah Sejak Lama

Published

on

JAKARTA, suaraborneo.com – Sebulan telah berlalu sejak Taliban memasuki Kabul dan menguasai Afghanistan. Walau keberhasilan Taliban menggusur pemerintahan Ashraf Ghani masih dipandang sebagai misteri, namun tanda-tanda ke arah itu sudah tercium setidaknya sejak tahun 2018 lalu.

Kericuhan dalam pemilihan anggota parlemen di tahun 2018 berdampak pada pilpres 2019. Walau kembali memenangkan pemilihan presiden, namun perolehan suara Ashraf sangat sedikit.

Demikian dikatakan pengamat internasional dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Teguh Santosa, ketika berbicara dalam “Diplomatic Forum” yang digelar Voice of Indonesia RRI, di Hotel Red Top, Jakarta Pusat, Kamis pagi (16/9).

Diskusi yang bertema “New Geopolitical Map After Taliban’s Return to Power” itu juga dihadiri Wakil Dubes Pakistan Muhammad Faisal Fayyaz dan Ahli Muda Sub Koordinator Asia Selatan dan Tengah Direktorat Perundingan Bilateral Kementerian Perdagangan Wisnu Widyantoro.

Teguh mengatakan, kohesivitas sosial di Afghanistan bermasalah sejak lama. Fragmentasi elit dalam beberapa tahun terakhir juga semakin menjadi.

“Banyak pihak terkejut melihat peristiwa 15 Agustus (Taliban menguasai Kabul). Tapi dari observasi saya, (keruntuhan pemerintahan Ghani) sudah dimulai sejak pemilu 2018 dan pilpres 2019,” ujar Teguh Santosa yang juga Ketua Umum Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI).

Teguh menambahkan, gagasan negara-bangsa Afghanistan semakin sulit diwujudkan karena negara itu dikelilingi sejumlah negara yang memiliki kepentingan tersendiri terhadap Afghanistan.

Terkait dengan betapa rapuhnya pemerintahan periode kedua Ashraf Ghani dapat dilihat dari kenyataan bahwa hanya sekitar 1,6 juta dari 9,7 juta pemilih yang menggunakan hak suara dalam pilpres 2019. Pilpres itu diikuti oleh 18 calon presiden.

Pemerintahan Ghani yang rapuh bertemu dengan faktor eksternal berupa keputusan Presiden AS Joe Biden menarik semua pasukan dari Afghanistan. Hal ini merupakan pelaksanaan dari janji yang disampaikannya dalam kampanye pilpres.

Selain itu, pengaruh Republik Rakyat China di kawasan juga semakin besar. Diawali dengan String of Pearl di era 2004-2005 dimana China merangkul negara-negara di kawasan Asia Selatan, kecuali India, untuk mengamankan jalur distribusi migas dari Timur Tegah.

“Pengaruh ini semakin besar setelah Xi Jinping berkuasa dan mengumumkan One Belt One Road (OBOR) yang saat ini menjadi Belt and Road Initiatives (BRI),” ujarnya.

Namun begitu, Teguh menambahkan, China juga masih berhati-hati karena Taliban berpotensi menjadi persoalan bagi China di masa depan.

China berjanji memberikan dukungan kepada Taliban apabila Taliban tidak menggunakan Afghanistan sebagai sarang teroris, tidak mengembangkan fundamentalisme, dan yang juga penting tidak mendukung gerakan separatis.

Mengenai yang terakhir ini, China tentu tidak ingin kemenangan Taliban justru bisa memperbesar gerakan separtis di Provinsi Xinjiang yang berada persis di perbatasan kedua negara.

Pakistan Paling Terdampak

Sementara Wakil Dubes Pakistan M. Faisal Fayyas mengatakan, negaranya adalah negara yang paling terdampak oleh instabilitas di Afghanistan. Berbagai konflik yang terjadi di Afghanistan selama kurang lebih empat dekade terakhir, sejak invasi Uni Soviet hingga perebutan kekuasaan oleh Taliban baru-baru ini, menjadi tantangan yang tidak mudah bagi negaranya.

“Jadi kami sangat memperhatikan apa yang terjadi di Afghanistan,” ujarnya.

Ia menuturkan, Pakistan dan Afghanistan berbagi perbatasan sepanjang sekitar 2.600 kilometer. Selain berdampak secara ekonomi dan keamanan, konflik yang terjadi di Afghanistan juga melahirkan gelombang pengungsi yang tidak kecil.

Selama empat dekade terakhir, Faisal menyebut Pakistan sudah menerima lebih dari 3 juta pengungsi Afghanistan yang ditempatkan di berbagai kamp di perbatasan. Namun walau berada di kamp pengungsi, para pengungsi dari Afghanistan itu memiliki kebebasan untuk berpergian, mendapatkan pendidikan, dan berbisnis.

“Orang-orang Afghanistan sudah menjadi bagian dari masyarakat Pakistan. Tapi sumber daya Pakistan terbatas, kami negara berkembang, bukan negara maju yang bisa menerima begitu banyak pengungsi,” jelas dia.

Di Pakistan sendiri, mayoritas etnis Pashtun merupakan pengungsi. Para pengungsi juga memiliki anak dan cucu sehingga populasi mereka bertambah banyak. Pemerintah kemudian membuat sistem tersendiri untuk para pengungsi, mereka memiliki tanda pengenal khusus.

Untuk itu, Islamabad mendorong komunitas internasional menjalin hubungan dengan pemerintahan baru Taliban, demi menghentikan arus pengungsi. Pakistan juga berharap para pengungsi dapat kembali ke Afghanistan.

Faisal Fayyaz menambahkan, pemerintah Pakistan terus mendorong Taliban agar merealisasikan komitmen mereka membentuk pemerintahan Afghanistan yang inklusif dan menghormati hak asasi manusia.

“Itu prioritas kami untuk berbicara dengan Taliban, agar mereka juga berbicara dengan pihak-pihak lainnya. Perdana Menteri kami (Imran Khan) mengatakan, kami tidak boleh menjauhi mereka. Kitai harus mendorong mereka merealisasikan janji mereka, dan memberikan insentif,” jelasnya. (ad-sb)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jakarta

DPC Grogol Petamburan PSI Bantu Korban Kebakaran

Published

on

JAKARTA, suaraborneo.com – DPC Grogol Petamburan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sambangi keluarga korban kebakaran yang terjadi di Jl DR Makliwf GG 3, Kelurahan Grogol, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Sabtu (22/10/2021).

Kunjungan yang dilakukan bersama sejumlah pengurus partai, menyerahkan bantuan kepada keluarga korban kebakaran yang terjadi beberapa waktu lalu.

Ketua DPC Partai PSI Grogol Petamburan Bro Daniel, mengungkapkan bahwa kedatangan mereka sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab Partai PSI kepada masyarakat.

“Tentunya kedatangan kami hari ini merupakan wujud kepedulian kepada masyarakat, serta bagian dari intruksi Ketua DPD Partai PSI Jakarta Barat bahwa keberadaan partai PSI harus mampu memberi manfaat ditengah-tengah masyarakat,” Ungkapnya

“Selain itu, kedatangan kami disini juga merupakan tanggung jawab kami dari Partai PSI, untuk selalu hadir bagi masyarakat dalam situasi dan kondisi apapun. Bukan hanya dalam situasi sukaria serta momen pemilu dan pilkada saja, namun juga hadir dalam kondisi berduka,” Ujar Bro Daniel

“Tentunya ini wujud rasa empati Partai PSI kepada masyarakat yang sedang tertimpa musibah, dan kita doakan agar keluarga korban kebakaran diberi ketabahan.

Dalam kunjungan tersebut DPC Partai PSI Grogol Petamburan menyerahkan bantuan berupa 15 Indomie, 2 dus sarden, makanan ringan, kepada pihak keluarga yang menjadi korban kebakaran.

Ketua RW 08 Bpk Soleh, mengucapkan Terimakasih untuk Partai PSI Jakarta Barat, Bantuannya untuk korban kebakaran di warga kami, semoga PSI semakin jaya, sukses selalu. (azs)

Continue Reading

Jakarta

DPC Grogol Petamburan Kembali Melakukan Fogging

Published

on

JAKARTA, suaraborneo.com – DPC Partai Solidaritas Indonesia ( PSI ) kembali melakukan fogging atau pengasapan untuk mencegah penyebaran wabah demam berdarah dengue (DBD), Sabtu (23/10/2021). Kegiatan di Kantor Kelurahan Tanjung Duren Selatan, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Kegiatan fogging melibatkan para pengurus DPC Grogol Petamburan, Mereka bersama-sama turun membantu mengatasi penyebaran penyakit DBD sekaligus menyapa masyarakat.

“Fogging ini kami lakukan karena banyak warga yang minta dengan merebaknya kasus DBD,” ujar Ketua DPC Partai PSI Grogol Petamburan Bro Daniel

Pengasapan dilakukan di kantor Kelurahan dan lingkungan sekitar. Fogging juga menyasar beberapa tempat yang diduga menjadi sarang nyamuk penyebab DBD.

Menurut Bro Daniel, kegiatan bakti sosial fogging seperti ini sudah kerap dilakukan. DPC Partai PSI Grogol Petamburan juga mengajak masyarakat untuk melakukan pola hidup sehat dan 3 M agar terhindar dari DBD, yakni menutup menguras dan mengubur barang-barang yang tidak diperlukan.

“Lurah Tanjung Duren Selatan HALIMI, S.IP. mengucapkan terima kasih untuk Partai Solidaritas Indonesia ( PSI ), dalam mencegah DBD di Kantor Kelurahan Tanjung Duren Selatan, Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kita semua.

Semoga di kantor Kelurahan Tanjung Duren Selatan nyamuk segera hilang, menjadi tenang untuk kita semua, Terima kasih Partai Solidaritas Indonesia sukses selalu,” ucapnya. (Azs)

Continue Reading

Jakarta

lDPC PPBNI Satria Banten Jakbar Gelar Tasyakuran Dan Memperingati Maulid Nabi

Published

on

JAKARTA, suaraborneo.com – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Organisasi Masyarakat (Ormas) Patriot Pemersatu Banten Nasional Indonesia (PPBNI) atau yang lebih dikenal dengan sebutan Satria Banten menggelar tasyakuran atas terbentuknya DPC PPBNI Jakarta Barat pada 14 Juni lalu di Jakarta.

Tasyakuran sekaligus memperingati maulid nabi Muhammad SAW di gelar di Sekretariat DPC PPBNI Jak-Bar, jln Pasar Angke No.128 Kelurahan Jembatan Lima, Tambora Jakarta Barat, Kamis (21/10) malam.

Acara yang dihadiri oleh Ketua Umum (Ketum) PPBNI Tb. Oyim Munandar, SE, MBA yang didampingi Ketua DPD PPBNI DKI Jakarta, Jeremy Kalalo,SH, dan perwakilan DPC dari Lima wilayah DKI Jakarta serta para DPAC dan Ranting Se-Jakarta Barat.

Sebelum acara dimulai, Panitia melakukan tahlil jami untuk mendoakan para pejuang serta keluarga dari anggota PPBNI yang telah meninggal dunia, sedangkan untuk pembacaan doa dipimpin oleh Al Mukarom ustad M.Syukron.

Ucapan terimakasih disampaikan oleh Ketua DPC Jakarta Barat, Olon Sahara dalam sambutannya yang diwakili oleh wakil Ketua II, Samuti S.Ag atas kehadiran Ketum PPBNI dan Ketua DPD DKI Jakarta.

“Selanjutnya kami berharap support dan arahannya dari Ketum DPP PPBNI, serta dukungan dari DPAC PPBNI se-Jakarta Barat,” Ujar Samuti dalam sambutannya.

Dalam sambutannya Samuti juga melaporkan tentang beberapa DPAC PPBNI yang telah di SK kan bersama dengan Rantingnya diantaranya adalah DPAC Cengkareng, DPAC Tamansari, DPC Grogol Petamburan, DPAC Kalideres, DPAC Kembangan, sedangkan untuk DPAC Palmerah dan DPAC Kebon Jeruk masih dalam proses, untuk DPAC Tambora sendiri baru beberapa rantingnya yang telah di SK kan. (Tim).

Continue Reading

Jakarta

Teguh Santosa : Informasi, Demokrasi, dan Kompetensi Tema Dibahas Dalam Rakernas I JMSI Di Semarang

Published

on

JAKARTA, suaraborneo.com — Diseminasi informasi semestinya berkontribusi pada penguatan pondasi demokrasi, dan selanjutnya mendorong peningkatan kompetensi warga negara di segala bidang yang dibutuhkan dalam pembangunan negara di tengah persaingan global yang semakin tajam.

Demikian antara lain pesan yang disampaikan Ketua Dewan Pembina Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI), Gita Wirjawan, ketika menerima Pengurus Pusat JMSI, di kantornya di kawasan SCBD, Selasa siang (19/10).

Gita Wirjawan yang memandu talkshow “EndGame” di kanal Youtube miliknya, lebih lanjut menjelaskan bahwa arti penting informasi tidak hanya diukur dari akselerasi diseminasi yang memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Namun juga dari kekuatan pesan yang terkandung di dalamnya dan bagaimana pesan itu diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dan didayagunakan dalam merumuskan solusi atas persoalan yang dihadapi negara dan bangsa sehari-hari.

Selain Ketua Umum JMSI, Teguh Santosa, Pengurus Pusat JMSI lain yang hadir dalam pertemuan itu adalah Sekjen Mahmud Marhaba, Bendahara Umum Dede Zaki Mubarok, Ketua Bidang Hukum dan Advokasi Novermal Yuska, dan Ketua Bidang Kerjasama Antar Lembaga Jayanto Arus Adi. Juga ikut hadir dalam pertemuan tersebut Anggota Dewan Pakar JMSI, Syahrial Nasution.

Merespon pesan yang disampaikan Gita Wirjawan, Teguh Santosa mengatakan, tiga kata kunci tadi, yakni informasi, demokrasi, dan kompetensi, akan menjadi tema yang akan dibahas dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I JMSI yang akan digelar di Semarang, Jawa Tengah, tanggal 10 sampai 12 November mendatang.

Teguh berterima kasih atas kesediaan Gita Wirjawan menghadiri Rakernas I JMSI tersebut.

Rakernas I JMSI akan dihadiri seluruh Pengurus Pusat JMSI serta Ketua, Sekretaris, dan Bendahara Pengurus Daerah JMSI.

Terkait dengan pelaksanaan Rakernas I JMSI, Teguh melaporkan bahwa dirinya bersama Jayanto Arus Adi yang juga Ketua Panitia Rakernas, baru kembali dari kunjungan ke Semarang untuk bertemu dengan Walikota Semarang, Hendrar Prihadi.

Walikota Hendrar Prihadi, sebut Teguh, menyampaikan terima kasih atas terpilihnya Semarang sebagai lokasi Rakernas I JMSI, dan percaya bahwa pergelaran ini sangat membantu recovery Semarang dari masa pandemi.

Persiapan teknis pelaksanaan Rakernas I sudah matang, dan bila tidak ada aral melintang akan dibuka oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Adapun Jayanto Arus Adi mengatakan, dalam Rakernas I JMSI nanti peserta akan dibagi dalam tiga komisi yang masing-masing membahas persoalan-persoalan penting keorganisasian, program kerja, dan kemitraan dengan berbagai lembaga.

Di hari terakhir Rakernas, sebut Jayanto, akan digelar pelantikan Pengurus Daerah JMSI Jawa Tengah. Direncanakan pelantikan dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Verifikasi Faktual JMSI

Pelaksanaan Rakernas I JMSI adalah hal kedua yang disampaikan Teguh Santosa dalam pertemuan itu. Sebelumnya, dia melaporkan proses verifikasi yang dilakukan Dewan Pers terhadap JMSI, baik di pusat maupun di daerah.

Dari 30 Pengurus Daerah JMSI, sebanyak 23 di antaranya telah diverifikasi secara administrasi. Sementara sebanyak 12 Pengurus Daerah JMSI telah diverifikasi secara faktual oleh Dewan Pers.

“Ini sudah melebihi syarat yang diminta Dewan Pers, yakni 10 Pengurus Daerah terverifikasi faktual. Kita semua berharap agar dalam waktu dekat, semoga sebelum Rakernas I JMSI, Dewan Pers sudah memutuskan status JMSI sebagai konstituen,” ujar Sekjen Mahmud Marhaba.

Pengurus Daerah JMSI yang telah diverifikasi secara faktual oleh Dewan Pers adalah Pengda JMSI Sultra, Pengda JMSI NTB, Pengda JMSI Sumut, Pengda JMSI Kalsel Pengda JMSI Sumbar, Pengda JMSI Kaltim, Pengda JMSI Aceh, Pengda JMSI Bengkulu, Pengda JMSI Babel, JMSI Kepri, Pengda JMSI Sumsel, dan Pengda JMSI Jatim.

Verifikasi Pengda JMSI Jatim pada bulan Maret lalu terbilang istimewa karena dilakukan langsung oleh Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh yang didampingi Anggota Dewan Pers Agus Sudibyo, dan dihadiri oleh Ketua Umum JMSI Teguh Santosa. (ad-sb)

Continue Reading

Jakarta

Selewengkan Solar Subsidi, Pertamina Tindak Tegas 91 SPBU

Published

on

JAKARTA, suaraborneo.com – Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) telah melakukan penindakan kepada 91 lembaga penyalur atau SPBU diseluruh Indonesia karena melakukan penyaluran Solar Subsidi tidak sesuai regulasi yang ditetapkan.

Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), Irto Ginting menjelaskan penindakan ini adalah bukti komitmen Pertamina untuk menjaga amanah Pemerintah dalam menyalurkan Solar Subsidi secara tepat sasaran.

“Alasan penindakannya beragam, antara lain adalah penyaluran Solar Subsidi tidak sesuai regulasi Perpres 191/2014, pengisian Solar Subsidi dengan jeriken tanpa surat rekomendasi, pengisian ke kendaraan modifikasi, penyelewengan pencatatan/administrasi, dan melayani
pengisian atau transaksi diatas 200 liter. Sanksi diberikan untuk memastikan penyaluran BBM subsidi berjalan dengan baik,” jelas Irto.

SPBU yang ditindak adalah sebagai berikut:

1. Regional Sumatera Bagian Utara : 8 SPBU
2. Regeional Sumatera Bagian Selatan : 12 SPBU
3. Regional Jawa Bagian Barat : 14 SPBU
4. Regional Jawa Bagian Tengah : 26 SPBU
5. Regional Jawa Timur, Bali & Nusa Tenggara : 6
6. Regional Kalimantan : 12
7. Regional Sulawesi : 6
8. Regional Papua Maluku : 7

“91 SPBU yang ditindak ini merupakan SPBU yang sudah terbukti melakukan pelanggaran sampai dengan Oktober 2021. Saat ini tindakan yang kami ambil adalah penghentian pasokan atau penutupan sementara SPBU serta penagihan selisih harga jual Solar Subsidi sesuai harga keekonomiannya. Pertamina akan terus memonitor dan berkoordinasi dengan aparat serta seluruh stakeholder dalam melakukan pemantauan di lapangan. Kami tidak raguragu memberikan sanksi tegas kepada SPBU yang nakal,” tambah Irto.

Untuk memastikan penyaluran, Pertamina juga melakukan pemantauan secara real time Informasi terkait stok dan proses melalui sistem digitalisasi di Pertamina Integrated Command
Centre (PICC). Masyarakat yang memiliki informasi dan melihat adanya indikasi penyelewengan penyaluran Solar Subsidi juga dapat langsung melaporkannya ke aparat yang berwenang serta ke Pertamina Call Center (PCC) 135.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan dari masyarakat, media, dan seluruh stakeholder. Ini adalah bentuk sinergi yang baik, dan bersama-sama kita dapat mewujudkan penyaluran Solar Subsidi yang tepat sasaran,” terang Irto. (ad-sb)

Continue Reading

Jakarta

DPD Partai PSI Jakbar Beri Bantuan Korban Kebakaran.Di Kebon Jeruk

Published

on

JAKARTA, suaraborneo.com – DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jakarta Barat (Jakbar), kebakaran yang melalap 7 rumah di Gang Jaya, RT 001/008, Kelurahan Duri Kepa, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (10/10/2021).

Bantuan langsung diberikan DPD Partai PSI Jakarta Barat kepada Bpk Sukirman, 15 kantong beras, obat-obatan, obat nyamuk.

Korban kebakaran sebanyak 7 kepala keluarga (KK), 25 Orang Dewasa, 5 Lansia, 18 Anak-anak, 8 Balita.

“Bakti sosial yang kita lakukan ini sebagai bentuk kepedulian kita kepada masyarakat yang membutuhkan, dan kita selalu aktif memberikan bantuan-bantuan kepada masyarakat terlebih lagi, masyarakat yang terkena musibah,” ujar Bro jovin

“Alhamdulillah hari ini Partai PSI Jakarta Barat sudah memberi bantuan untuk korban kebakaran, semoga bermanfaat untuk warga kami batuan nya, Terimakasih Partai PSI Jakarta Barat,” ucap Sukirman.

“Dengan bantuan seadanya ini, semoga dapat membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang terkena musibah kebakaran, jangan melihat banyak atau sedikitnya, akan tetapi keikhlasan kami dalam membantu,” pungkas Bro Jovin. (azs)

Continue Reading

Jakarta

Seminar Nasional “Peran Kemenkumham dalam Mengakselerasi Indonesia Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional”

Published

on

JAKARTA, suaraborneo.com – Kementerian Hukum dan HAM pada pers release, menyelenggarakan Seminar Nasional “Peran Kementerian Hukum dan HAM dalam Mengakselerasi Indonesia Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional” dalam rangka Hari Dharma Karya Dhika Tahun 2021, Selasa (12/10/21).

Seminar Nasional ini dilaksanakan secara hybrid, luring di.Graha Pengayoman Kementerian Hukum dan HAM serta daring melalui zoom dan youtube mengundang seluruh elemen masyarakat agar dapat berperan aktif ikut serta membangun Indonesia yang lebih baik.

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly menyampaikan bahwa Seminar Nasional ini adalah.momentum dalam mensinergikan dan mengkoordinasikan peran pemerintah sebagai katalisator dan dinamisator baik kepada masyarakat maupun dunia usaha.

Hasil dari seminar ini nantinya akan
dimanfaatkan sebagai rumusan kajian dan rekomendasi kebijakan di bidang Hukum dan HAM. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia sebagai salah satu pilar pemerintahan turut berperan
mendorong pemulihan kesehatan dan peningkatan ekonomi nasional melalui revolusi digital serta mengakselerasi kebijakan dalam mendorong kemudahan berusaha (ease of doing bussiness)
melalui peran Ditjen PP dan BPHN dalam pembenahan regulasi serta peran AHU dalam.penyederhanaan proses perizinan.

Ditjen KI juga berperan mendukung UMKM dengan menyediakan layanan digital untuk pendaftaran merek sedangkan Ditjen Imigrasi berinovasi
menciptakan visa elektronik bagi kemudahan investor. Guna mempertajam mainstreaming Bisnis dan HAM di Indonesia, Ditjen HAM juga telah membangun aplikasi penilaian risiko bisnis untuk.memfasilitasi perusahaan di semua lini bisnis.

Pada giat ini, hadir Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin sebagai Keynote Speaker. Beliau menyampaikan bahwa kondisi pandemi ini memerlukan ketepatan dalam setiap kebijakan dan peraturan perundang￾undangan yang dikeluarkan guna menjaga keseimbangan antara kesehatan dan ekonomi nasional.
“Aturan kedaruratan” dibutuhkan guna mencegah keterlambatan bertindak yang berpotensi.menyebabkan kerugian negara yang lebih besar.

Beliau menegaskan bahwa konsep rukhsah (kemudahan pada kondisi tertentu) yang serupa dengan pintu darurat di masa krisis dapat kita aplikasikan dalam tata peraturan perundang undangan. Setiap.keputusan/kebijakan harus berdasar pada azas pemerintahan yang baik utamanya azas kemanfaatan dan kepentingan umum.

Berbagai narasumber baik dari pembuat kebijakan, akademisi, praktisi kesehatan serta pelaku ekonomi berkumpul dalam seminar ini, untuk bersama-sama mendiskusikan mengenai proses dan
strategi pemerintah dalam mempercepat Indonesia sehat dan pemulihan ekonomi nasional. (hrs-sb)

Continue Reading

Jakarta

Cegah DBD, Partai Solidaritas Indonesia Jakbar Gelar Fogging Permukiman Warga

Published

on

JAKARTA, suaraborneo.com – Guna mencegah penyakit Demam Berdara Dengue (DBD), Partai Solidaritas Indonesia ( PSI ) melakukan fogging di permukiman warga di Jl.Tanjung Duren Dalam IV, RW 003, Kelurahan Duren Selatan, Kecamatan Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Minggu (10/10/2021).

Dengan menggunakan satu mesin fogging, Hendi petugas fogging Partai Solidaritas Indonesia menyisir beberapa lokasi yang berpotensi menjadi sarang nyamuk untuk dilakukan pengasapan.

“Ketua RW 003 Budianto, memberikan apresiasi atas upaya Partai Solidaritas Indonesia dalam mencegah DBD di wilayahnya, Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi warga kami.

Nyamuknya luar biasa sekarang pak. Alhamdulillah hari ini Partai Solidaritas Indonesia sudah melakukan fogging, semoga nyamuknya segera hilang dan masyarakat menjadi tenang. Terima kasih Partai Solidaritas Indonesia,” Ucapnya

Ketua DPC Partai PSI Grogol Petamburan Bro Daniel mengatakan, kegiatan Fogging telah mereka lakukan di RW 003, Kelurahan Duren Selatan, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta barat, Sesuai intrusi Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia.

Hadir dalam acara tersebut, Sis tamara (Wakil Sekretaris DPD PSI),
Bro Rio (direktorat sosial DPP PSI),
Sis sisca (Sekretaris DPC Gropet),
Bro Faisal (Bendahara DPC Kebun Jeruk), Bro Agus  (Ketua DPC Tamansari).

“Giat ini merupakan bentuk kepedulian kita dari Partai PSI Jakarta Barat, Guna mencegah penyakit Demam Berdarah Dengue ( DBD ),” ungkap Bro Daniel kepada Media ini, Minggu (10/10/2021).(Azs)

Continue Reading

Jakarta

Sambut HPN, PWI Pusat Gelar Sayembara Baca Puisi Multimedia

Published

on

JAKARTA, suaraborneo.com – Tahun 2022 mendatang insan pers akan menggelar hari puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Berbagai kegiatan telah dirancang dan dimatangkan, untuk membangun peradaban baru dunia pers Indonesia.

Salah satu dari kegiatan tersebut adalah Lomba Baca Puisi Multi Media yang akan digelar sejak Oktober 2021 ini dan berpuncak pada 7 Februari 2022.

Ketua Umum PWI, Atal S Depari menjelaskan, dipilihnya Lomba Baca Puisi Multi Media ini merupakan terobosan baru kegiatan HPN. Lewat ekspresi seni, terutama seni baca puisi, PWI ingin mengajak seluruh rakyat Indonesia bangkit dari keterpurukan covid 19 yang sudah satu tahun lebih mempandemi di Indonesia.

“Puisi adalah bahasa peradaban dan wartawan adalah saksi peradaban, maka PWI mengajak rakyat Indonesia untuk bangkit dan bersemi melawan pandemi melalui ekspresi puisi,” ungkap Atal yang didamping Ketua Bidang Budaya PWI Pusat, Ramon Damora.

Ramon Damora menambahkan, sayembara puisi dengan konsep multi media dipilih karena selaras dengan semangat era digital. Sayembara, kata dia, terbuka secara luas untuk masyarakat Indonesia.

“Boleh perorangan, boleh juga berkelompok tapi maksimal 1 kelompok itu tiga orang,” jelas Ramon.

Sayembara ini tidak menggunakan biaya pendaftaran dan biaya apapun.

“Gratis,” timpalnya.

Caranya cukup mudah, peserta membacakan/memproduksi puisi dengan konsep multimedia: menggunakan medium pendukung artistik-estetik seperti musik, tari, seni rupa, video latar belakang, dll, yang direkam dalam video berdurasi maksimal 5 menit.

“Puisi harus sesuai dengan tema Bersemi di Tengah Pandemi yang secara subtansi mengajak Indonesia Bangkit di tengah badai Covid-19, ini boleh puisi sendiri ataupun puisi karya orang lain,” sambungnya.

File video puisi multimedia dikirim menggunakan format MP4, dengan resolusi rekaman minimal 15 Mb, Full HD, ke alamat email: puisimultimediahpn2021@gmail.com

Batas waktu pengiriman video hasil karya hingga 30 November 2021 pukul 23.59 WIB.

“Lima finalis lomba akan kita berangkatkan ke Kendari untuk mengikuti Final secara langsung di Kendari pada awal Februari 2022,” sebut Ramon.

Juara 1 dalam sayembara ini akan mendapatkan uang tunai Rp10 juta, juara 2 mendapatkan Rp7 juta dan Juara 3 sebesar Rp5 juta, Juara harapan 1 dan 2 masing-masing Rp1,5 juta.

Untuk ketentuan lebih rinci tentang lomba ini, silahkan menghubungi Novianto di nomor WA: 0813 6364 9304. (ad-sb)

Continue Reading

Populer