Pemkab Kapuas Gelar Acara Adat Balian dan Mamapas Lewu – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15 IK-AN-1A

Kalteng

Pemkab Kapuas Gelar Acara Adat Balian dan Mamapas Lewu

Published

on

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Acara ritual adat Balian dan Mamapas Lewu merupakan agenda rutin yang digelar setiap tahun oleh Pemerintah Kabupaten Kapuas. Namun karena adanya pandemi Covid-19, pada tahun lalu kegiatan tersebut pun terpaksa tidak dilaksanakan.

Pada tahun ini, Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kapuas akhirnya kembali menggelar acara ritual adat Balian dan Mamapas Lewu, yang pelaksanaannya dilakukan selama tiga hari, dimulai tanggal 19 sampai dengan 21 September 2021, di Balai Basarah Agama Hindu Kaharingan, Jalan Melati, Kota Kuala Kapuas.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy yang hadir dan membuka kegiatan tersebut mengatakan kegiatan ini sebagai rasa syukur babak awal, karena hampir dua tahun tidak dilaksanakan, mengingat situasi kondisi pandemi Covid-19 yang masih terjadi hingga saat ini.

“Dengan adanya kegiatan ritual adat Balian dan Memapas Lewu ini, kita berharap pandemi virus corona atau Covid-19 dapat segera cepat berlalu, sehingga masyarakat bisa kembali beraktivitas dengan normal, mengingat saat ini penyebarannya sudah mulai landaim,”ucap Septedy, Minggu (19/9/2021) usai membuka kegiatan.

Sekda Kapuas itu juga mengingatkan, walaupun kegiatan keagamaan seperti ini dan kegiatan lainnya dapat berlangsung, namun tetap penerapan disiplin protokol kesehatan harus terus dilakukan diberbagai aktivitas.

Sementara itu, dijelaskan Sulatin selaku Wakil Ketua Majelis Agama Hindu Kaharingan Kabupaten Kapuas, bahwa rangkaian kegiatan ini dimulai dari Balian Makanan Lewu atau membayar Lewu, dan dilanjutkan dengan Memapas Lewu yang menggunakan beberapa orang pemuka agama atau disebut Basir.

“Ritual kegiatan tersebut merupakan kegiatan ritual adat yang menjadi turun-menurun untuk dilaksanakan. Tujuan utamanya yaitu Sehut Lewu yakni jaminan kesehatan, keamanan kita dari gangguan luar, terutama sesama manusia, alam dan lingkungan dari hal-hal buruk yang sangat tidak mungkin manusia bisa menghadapinya,” tuturnya.

Kegiatan selanjutnya yakni Memapas Lewu yang bermakna menghapuskan atau menghilangkan segala sesuatu yang buruk atau yang jahat, serta menolak bala segala hal-hal yang terjadi. (ujang/ery-SB).

Kalteng

Pemkab Kapuas Laksanakan Seleksi P3K

Published

on

Kepala BKPSDM Kabupaten Kapuas Komari SE. (Foto/Suhaili) 

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pemerintah Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah (Kalteng) pada bulan Desember Tahun 2022 ini melaksanakan seleksi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (P3K).

Kepala Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kapuas Komari SE kepada media Kamis (1/12/2022) mengatakan seleksi P3K saat ini masih dalam proses penilaian.

“Untuk tenaga guru jumlah pendaftar sebanyak 598. Lulus pra sanggah 576. Lulus setelah pasca sanggah 587 orang dengan quota 88,” katanya.

Kemudian jelasnya untuk tenaga kesehatan jumlah pendaftar 638. Tak lulus pra sanggah 238 lulus setelah pra sanggah 373. Adapun quota 87.

Ia melanjutkan pelaksanaan seleksi P3K tanggal 6-20 Desember 2022 sambil menunggu informasi lebih lanjut dari BKN regional VIII terkait pelaksanaan seleksi P3K Kabupaten Kapuas.

“Harapannya dengan adanya seleksi P3K dapat mengisi kekurangan tenaga guru dan nakes pada dinas terkait. Sedangkan bagi yang belum berhasil tahun ini tahun depan dapat mengikuti seleksi kembali.

Lebih dari itu seleksi P3K dapat meningkatkan kinerja secara profesional sesuai tupoksinya, “katanya. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Ultah ke 55 Plt Sekwan Kapuas Ucapkan Terima Kasih Kepada Ketua dan Anggota DPRD

Published

on

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Ada hal menarik usai pelaksanaan rapat paripurna di Kantor DPRD Kapuas, Selasa (29/11/2022).

Ketua DPRD Kapuas Ardiansah didampingi Wakil Ketua I Yohanes Wakil Ketua II Efan Rahman Saputra serta sejumlah anggota dewan mengucapkan selamat ulang tahun ke 55 untuk Plt Sekwan DPRD Kapuas Hj Marlina.

Pada kesempatan itu Ketua DPRD Kapuas Ardiansah secara simbolis memberikan tumpeng kepada Plt Sekwan sebaliknya kepada unsur pimpinan dewan.

“Semoga Plt Sekwan DPRD Kapuas Ibu Hj Marlina selalu diberikan kesehatan panjang umur bahagia serta dapat menjalankan tugas dan pelayanan yang baik, “ucap Ketua DPRD Kapuas Ardiansah.

Plt Sekwan DPRD Kapuas Hj Marlina menyampaikan terima kasih kepada ketua dan anggota dewan yang telah memberi perhatian selama ini. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Raperda APBD Kabupaten Kapuas Tahun 2023 Disetujui

Published

on

Ketua DPRD Kapuas Ardiansah. (foto/Suhaili).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Raperda APBD Kabupaten Kapuas Tahun Anggaran (TA) 2023 disetujui. Persetujuan tersebut tertuang dalam rapat paripurna ke X masa persidangan pertama, Selasa (29/11/2022).

Rapat paripurna di Kantor DPRD dpimpin Ketua DPRD Kapuas Ardiansah Wakil Ketua I Yohanes Wakil Ketua II Efan Rahman Saputra serta anggota DPRD.

Dari eksekutif Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor
mewakili Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat Forkopimda Sekda Kapuas Septedy serta OPD.

Ketua DPRD Kapuas Ardiansah kepada awak media usai kegiatan Selasa (29/11/2022) mengatakan untuk raperda APBD TA 2023 Kabupaten pada hari ini resmi disetujui dengan penandatanganan.

“Ya sudah disetujui untuk selanjutnya sesuai mekanisme dan ketentuan disampaikan kepada gubernur untuk evaluasi, ” kata legislator Partai Golkar itu.

Sebelumnya telah dilakukan pembahasan bersama antara TAPD dan dewan terkait APBD Kabupaten Kapuas Tahun 2023 tersebut.

Adapun rancangan skema APBD Kabupaten Kapuas Tahun 2023 yakni
Pendapatan Rp. 2.252.316.387.888.00
Belanja Rp. 2.226.619.285.544.00 Surplus (defisit) Rp. 25.697.102.344.00
(ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Mentan Tinjau Kawasan Food Estate di Kabupaten Kapuas

Published

on

Mentan RI Syahrul Yasin Limpo saat mengunjungi Kawasan Food Estate di kecamatan Dadahup Kabupaten Kapuas. (foto/ist).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah meninjau kawasan Food Estate di Desa Bentuk Jaya A5 Kecamatan Dadahup Kabupaten Kapuas, Sabtu (36/11/2022).

Kunker Mentan didampingi Wakil Gubernur Kalteng H Edy Pratowo dan Dandrem 102/Pjg Brigjen TNI Yudianto Putrajaya beserta rombongan dalam rangka percepatan tanam lahan ekstensifikasi Food Estate.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan lahan yang berada di Dadahup ini memiliki keasaman atau tingkat (PH)
yang sangat rendah sehingga menyebabkan produktivitas padi yang tidak terlalu tinggi.

“Oleh karena itulah perlu kita benahi. Kita tak bisa melihat hasilnya dalam satu dua tahun ini. Namun masa depanlah yang harus kita persiapkan untuk ketahanan pangan Indonesia, ” jelasnya Mentan.

Namun demikian imbuhnya bahwa
lahan yang digunakan ini tidak termasuk dalam lahan rawa gambut yang dilindungi.

“Lahan di sini debit airnya naik turun tergantung cuaca dan itu sangat dinamis sekali. Kita baru belajar satu dua tahun dan hasilnya cukup bagus.

Karenanya kita harapkan lahan ini tidak hanya ditanam padi dan jagung saja tetapi juga kelapa dan buah-buahan lainnya, “ujarnya.

Dalam kegiatan dilaksanakan penanaman padi Varietas Inpari 32 yang mana benihnya berasal dari penangkar lokal Kalteng sehingga sudah adaptif agroklimat rawa disamping peninjauan infrastruktur di area kawasan Food Estate.

Sedangkan Wagub Kalteng H Edy Pratowo mengatakan kedaulatan pangan harus dimulai dari swasembada pangan yang secara bertahap diikuti dengan peningkatan nilai tambah usaha pertanian secara luas untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

“Harapan kita bersama kawasan Food Estate ini menjadi lumbung ketahanan pangan nasional, ” katanya. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Gerbong Pemerintah Bergerak Bupati Kapuas Lantik 10 Kepala OPD

Published

on

Pengambilan sumpah janji pejabat tinggi pratama oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat di Aula Kantor Bupati Kapuas Kamis (24/11/2022). (Foto/Ist).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Gerbong Pemerintah Kabupaten Kapuas bergerak. Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat melantik sebanyak 10 pejabat tinggi pratama eselon II B Kepala OPD lingkup Pemkab Kapuas di Aula Kantor Bupati Jalan Pemuda Kuala Kapuas, Kamis (24/11/2022).

Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT mengatakan pelantikan terhadap sejumlah pejabat tinggi pratama sudah sesuai proses seleksi dan ketentuan perundangan aturan yang berlaku.

“Untuk itu laksanakan tugas dengan baik sesuai ketentuan berlaku. Saya minta para pejabat untuk segera melakukan pembenahan di OPD masing-masing. Tunjukkan kinerja yang baik kedepankan pelayanan masyarakat, “pinta orang nomor satu di Kapuas itu. k

Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Drs Septedy MSi mengatakan pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan pimpinan tinggi dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas ini di lakukan untuk pemenuhan kebutuhan organisasi dan pengembangan karir.

“Ini berdasarkan penilaian kinerja dan kompetensi jabatan pimpinan tinggi pejabat pratama Kabupaten Kapuas. Sedangkanuntuk kekosongan pejabat tinggi di OPD sesuai mekanisme akan dilakukan seleksi ketat, “jelas Sekda.

Adapun 10 pejabat pimpinan tinggi pratama yang dilantik adalah :

1. Ahmad M Saribi jabatan baru Asisten III Setda Kapuas.

2. Idie Gaman jabatan baru Kepala BPPRD Kapuas.

3. Catur Ferianto jabatan baru Kepala Bappeda Kapuas.

4. H Suparman Jabatan baru Staf Ahli Kemasyarakatan Setda Kapuas.

5. Aswan jabatan baru Kepala Kepala Dinas Pendidikan Kapuas.

6. Budi Kurniawan jabatan baru Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kapuas.

7. Yanmarto jabatan baru Kepala Dinas Sosial Kapuas.

8. Suwarno Muriyat jabatan baru Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kapuas.

9. Komari jabatan Kepala BKPSDM Kapuas.

10. Kusmiati jabatan baru Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kapuas. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Camat Minta Lurah di Kecamatan Selat Sosialisasikan Perbup Nomor 61/2022

Published

on

Camat Selat Yaya setiabudi. (foto/ist).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Camat Selat Yaya Setiabudi meminta lurah di wilayah Kecamatan Selat agar mensosialisasikan Perbup Nomor 61 Tahun 2022.

“Supaya disoalisasi Perbub tersebut sehingga masyarakat tahu terkait pendirian sarang burung walet,” kata Yaya, Rabu (23/11/2022).

Menurutnya terkait keberadaan sarang burung walet di wilayah Kecamatan Selat saat ini terus melakukan inventarisasi lapangan berapa jumlah termasuk produksi.

Hanya saja imbuh camat terkait pendirian sarang burung walet yang baru akan diberikan toleransi mengacu Perbup 61/2022 itu.

“Terkait radius jarak dari sungai apakah dekat sarana pendidikan fasilitas publik juga harus mendapat persetujuan warga, “ujarnya.

Camat menambahkan karena itulah
dengan adanya Perbup tersebut diharapkan keberadaan saramg burung walet dapat mendongkrak PAD. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

DPRD Kapuas Gelar Paripurna PAW Anggota

Published

on

Paripurna PAW anggota DPRD Kapuas berlangsung di Kantor DPRD Kapuas Kamis (24/11/2022). (foto/ist).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – DPRD Kapuas menggelar rapat paripurna Pengganti Antar Waktu (PAW) pada Kamis (24/11/2022).

Rapat paripurna dihadiri Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat Forkopimda OPD waket I DPRD Kapuas Yohanes
serta anggota. Rapat tersebut dipimpin Ketua DPRD Kapuas Ardiansah.

Plt Sekwan DPRD Kapuas Hj Marlina menyampaikan PAW tersebut berdasar SK Gubernur Kalteng Nomor 188.44/333/2022 tentang peresmian PAW anggota DPRD Kabupaten Kapuas sisa masa jabatan 2019-2024.

Atas nama H Fahmi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Ketua DPRD Kapuas Ardiansah mengatakan kepada H Fahmi sebagai anggota dewan yang baru dilantik dapat bekerja sama dengan baik. “Harapannya dapat membawa aspirasi masyarakat dari dapil V, ” kata legislator Partai Golkar itu.

Sementara itu H Fahmi usai dilantik menyampaikan kalau dirinya sebagai wakil rakyat siap melaksanakan tugas dengan baik mengemban amanah rakyat. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Warga Jalan Tendean Kapuas Ditemukan Tewas Gantung Diri

Published

on

 Jasad Muhammad Rizky warga Jalan Kapten P Tendean Kuala Kapuas yang ditemukan tewas di dalam kamarnya karena gantung diri (foto/ist).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Seorang warga Jalan Kapten Pierre Tendean Gang 10 Kuala Kapuas MR (18) ditemukan tewas gantung diri di dalam kamarnya sekitar pukul 17.15 Wib Rabu (23/11/2022).

Kapolres Kapuas AKBP Qori Wicaksono SIK melalui Kasat Reskrim Iptu Iyudi Hartanto STK SIK dikonfirmasi Kamis (24/11/2022)
membenarkan penemuan seorang warga gantung diri itu.

Adapun kronologis kata Kasat Reskrim berawak saksi Habibah ibunya melihat kamar korban tertutup.

Merasa penasaran dirinya lalu mengintip kamar korban dan betapa terkejut melihat MR dalam tergantung di atas kasur.

Ia pun kemudian memanggil suaminya Kamaludin ayah korban mendobrak pintu dan memotong tali yang menggantung korban hingga melaporkan kejadian tersebut.

Kasat Reskrim melanjutkan dari olah TKP ditemukan kursi plastik warna coklat diatas kasur jarak dari ikatan tali paling atas sampai ke kasur 2. 80 M.

Panjang tali dari kayu sampai dengan leher korban 1.20 M. Pada saat dilakukan pengukuran tubuh korban didapat tinggi korban 1. 70 M.

“Tak ada tanda bekas kekerasan di tubuhnya. jasad korban dibawa ke RSUD Kapuas untuk divisum,”katanya. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Warga Anjir Mambulau Barat Hilang Tenggelam Ditemukan Meninggal Dunia

Published

on

Evakuasi korban tenggelam warga Desa Anjir Mambulau Barat. (foto/ist)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Seorang warga Desa Anjir Mambulau Barat Kecamatan Kapuas Timur Kabupaten Kapuas bernama Lismansyah (84) warga RT 04 Kapuas Timur dilaporkan hilang, Senin (21/11/2022).

Kepala BPBD Kapuas Panahatan Sinaga melalui rilis Pusdalops BPBD Selasa (22/11/2022) mengatakan berawal adanya laporan masyarakat terkait informasi tersebut.

Dari informasi tersebut lanjut Sinaga korban sekitar pukul 16.30 Wib sedang mandi di pinggiran sungai diduga tenggelam. Selanjutnya sekitar pukul 17. 00 Wib ternyata sudah tak ada ditempat hanya pakaian korban yang tertinggal.

“Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD dengan menggunakan speed boat terus melakukan pencarian bersama tim gabungan Sat Polairud Polsek Kapuas Timur BPBD Relawan dan masyarakat baik di hutan dan di sungai sekitar lokasi korban hilang, “katanya.

Hingga sekitar pukul 5.25 Wib Selasa (22/11/2022) pagi korban akhirnya ditemukan meninggal dunia dan selanjutnya diserahkan kepada pihak keluarga. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Populer