Connect with us
FILE-MASAK-LOGO-SB-5

Nasional

Serahkan Serifikat Gratis di Purbalingga, Kementerian ATR/BPN Targetkan 2025 Seluruh Tanah Terdata

Published

on

PURBALINGGA, suaraborneo.com – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menyelenggarakan Sosialisasi Program Strategis di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah pada akhir pekan kemarin (18/09/2021). Bertempat di Hotel Braling, Purbalingga, sosialisasi diselenggarakan dengan peserta terbatas dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Acara ini dihadiri oleh Anggota Komisi II DPR RI, Heru Sudjatmoko; Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Tengah, Dwi Purnama; Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antar Lembaga pada Biro Humas Kementerian ATR/BPN, Indra Gunawan; dan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Purbalingga, DamargalN ih Widihastha.

Dialog dengan masyarakat Purbalingga berlangsung hangat dan partisipasi dari masyarakat cukup antusias. Kegiatan ini dipandu Wartawan Senior, yang juga Ketua Bidang Kerjasama JMSI (Jaringan Media Siber Indonesia).

Anggota Komisi II DPR RI, Heru Sudjatmoko berkata bahwa Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap atau yang biasa disebut PTSL, merupakan salah satu program strategis Kementerian ATR/BPN yang luar biasa. “Banyak program lain yang juga sangat penting, namun PTSL ini memang spesifik tujuannya dalam mendaftarkan bidang tanah di seluruh Indonesia,” terangnya.

Menurut Heru Sudjatmoko, persoalan tanah memang persoalan banyak pihak. Bagi masyarakat yang mempunyai aset tanah, tentu secara langsung maupun tidak langsung akan bersinggungan dengan proses sertifikasi tanah.

“PTSL ini melibatkan semua pihak, semua orang yang punya tanah cepat atau lambat tanahnya akan bersertipikat, salah satunya melalui program PTSL,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan oleh Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Tengah, Dwi Purnama. Ia berkata bahwa peran PTSL memang mempercepat proses pendaftaran bidang tanah di seluruh Indonesia. Ia juga menegaskan peran pemerintah daerah pada Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2018 Tentang Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap di Seluruh Wilayah Republik Indonesia. Sesuai Inpres tersebut, pemerintah daerah dalam hal ini seperti gubernur dan bupati/wali kota wajib membantu dalam proses jalannya PTSL dalam hal menetapkan dan menganggarkan besaran biaya pra-PTSL.

“Kementerian ATR/BPN telah menyiapkan biaya pelaksanaanya, peran Pemda dapat membantu pada proses pra-PTSL,” terangnya.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Purbalingga, Damargalih Widihastha berkata bahwa saat ini pihaknya memiliki beberapa program strategis seperti PTSL, Redistribusi Tanah dan program-program yang melibatkan peran lintas sektor. Menurutnya, tiga program strategis nasional tersebut dalam rangka mengakselerasi percepatan sertifikat tanah di Kab. Purbalingga.

“Jumlah bidang tanah di Kabupaten Purbalingga kurang lebih 587.120 bidang. Yang telah bersertifikat baru 297.570 atau 51 persen, sedangkan sisanya 289.550 bidang, masih sisa 49 persen. Kabupaten Purbalingga terus mengakselerasi target di tahun 2024 seluruh bidang tanah telah terdaftar di Kementerian ATR/BPN, sehingga mampu untuk meminimalisir permasalahan sengketa konflik yang ada,” jelasnya.

Dalam laporannya, Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antar Lembaga Biro Humas Kementerian ATR/BPN, Indra Gunawan menjelaskan terkait program Kementerian yang menjadi prioritas pemerintah.

“Kementerian ATR/BPN sedang melaksanakan program Reforma Agraria. Program ini merupakan rumah besar dari reformasi aset dan reformasi akses terkait dengan pertanahan. Dalam rangka memberikan kepastian hukum hak atas tanah, saat ini pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN melaksanakan program legalisasi aset pendaftaran tanah sistematis lengkap di seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Purbalingga,” ujarnya.

Dalam acara ini, juga berlangsung penyerahan 10 sertipikat kepada masyarakat Kabupaten Purbalingga oleh Anggota Komisi II DPR RI, Heru Sudjatmoko didampingi oleh Kepala Kanwil BPN Provinsi Jawa Tengah, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Purbalingga, dan Kepala Bagian PHAL Biro Humas. Salah satu penerima sertipikat tersebut adalah Suwandito (52). Lelaki paruh baya asal Desa Kaligondang, Kabupaten Purbalingga ini menyertipikatkan aset tanah seluas 770 m² miliknya melalui program PTSL.

“Proses sertipikasi tanah melalui PTSL sangat cepat dan hanya memakan waktu dua bulan saja. Saya bersyukur dengan adanya program PTSL. Tanah itu saya pergunakan untuk lahan sawah dan sertipikat ini akan saya simpan untuk anak saya. Terima kasih kepada pemerintah semoga ke depan lebih gencar melaksanakan PTSL agar memudahkan masyarakat dalam mengurus sertipikat tanah,” tutupnya. (ad-sb)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jakarta

DPC Grogol Petamburan PSI Bantu Korban Kebakaran

Published

on

JAKARTA, suaraborneo.com – DPC Grogol Petamburan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sambangi keluarga korban kebakaran yang terjadi di Jl DR Makliwf GG 3, Kelurahan Grogol, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Sabtu (22/10/2021).

Kunjungan yang dilakukan bersama sejumlah pengurus partai, menyerahkan bantuan kepada keluarga korban kebakaran yang terjadi beberapa waktu lalu.

Ketua DPC Partai PSI Grogol Petamburan Bro Daniel, mengungkapkan bahwa kedatangan mereka sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab Partai PSI kepada masyarakat.

“Tentunya kedatangan kami hari ini merupakan wujud kepedulian kepada masyarakat, serta bagian dari intruksi Ketua DPD Partai PSI Jakarta Barat bahwa keberadaan partai PSI harus mampu memberi manfaat ditengah-tengah masyarakat,” Ungkapnya

“Selain itu, kedatangan kami disini juga merupakan tanggung jawab kami dari Partai PSI, untuk selalu hadir bagi masyarakat dalam situasi dan kondisi apapun. Bukan hanya dalam situasi sukaria serta momen pemilu dan pilkada saja, namun juga hadir dalam kondisi berduka,” Ujar Bro Daniel

“Tentunya ini wujud rasa empati Partai PSI kepada masyarakat yang sedang tertimpa musibah, dan kita doakan agar keluarga korban kebakaran diberi ketabahan.

Dalam kunjungan tersebut DPC Partai PSI Grogol Petamburan menyerahkan bantuan berupa 15 Indomie, 2 dus sarden, makanan ringan, kepada pihak keluarga yang menjadi korban kebakaran.

Ketua RW 08 Bpk Soleh, mengucapkan Terimakasih untuk Partai PSI Jakarta Barat, Bantuannya untuk korban kebakaran di warga kami, semoga PSI semakin jaya, sukses selalu. (azs)

Continue Reading

Jakarta

lDPC PPBNI Satria Banten Jakbar Gelar Tasyakuran Dan Memperingati Maulid Nabi

Published

on

JAKARTA, suaraborneo.com – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Organisasi Masyarakat (Ormas) Patriot Pemersatu Banten Nasional Indonesia (PPBNI) atau yang lebih dikenal dengan sebutan Satria Banten menggelar tasyakuran atas terbentuknya DPC PPBNI Jakarta Barat pada 14 Juni lalu di Jakarta.

Tasyakuran sekaligus memperingati maulid nabi Muhammad SAW di gelar di Sekretariat DPC PPBNI Jak-Bar, jln Pasar Angke No.128 Kelurahan Jembatan Lima, Tambora Jakarta Barat, Kamis (21/10) malam.

Acara yang dihadiri oleh Ketua Umum (Ketum) PPBNI Tb. Oyim Munandar, SE, MBA yang didampingi Ketua DPD PPBNI DKI Jakarta, Jeremy Kalalo,SH, dan perwakilan DPC dari Lima wilayah DKI Jakarta serta para DPAC dan Ranting Se-Jakarta Barat.

Sebelum acara dimulai, Panitia melakukan tahlil jami untuk mendoakan para pejuang serta keluarga dari anggota PPBNI yang telah meninggal dunia, sedangkan untuk pembacaan doa dipimpin oleh Al Mukarom ustad M.Syukron.

Ucapan terimakasih disampaikan oleh Ketua DPC Jakarta Barat, Olon Sahara dalam sambutannya yang diwakili oleh wakil Ketua II, Samuti S.Ag atas kehadiran Ketum PPBNI dan Ketua DPD DKI Jakarta.

“Selanjutnya kami berharap support dan arahannya dari Ketum DPP PPBNI, serta dukungan dari DPAC PPBNI se-Jakarta Barat,” Ujar Samuti dalam sambutannya.

Dalam sambutannya Samuti juga melaporkan tentang beberapa DPAC PPBNI yang telah di SK kan bersama dengan Rantingnya diantaranya adalah DPAC Cengkareng, DPAC Tamansari, DPC Grogol Petamburan, DPAC Kalideres, DPAC Kembangan, sedangkan untuk DPAC Palmerah dan DPAC Kebon Jeruk masih dalam proses, untuk DPAC Tambora sendiri baru beberapa rantingnya yang telah di SK kan. (Tim).

Continue Reading

Nasional

Implementasikan Kampus Merdeka, Stikosa AWS Gandeng JMSI Jatim

Published

on

SURABAYA, suaraborneo.com – Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi – Alamamater Wartawan Surabaya (Stikosa-AWS) menggandeng Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Jawa Timur untuk pengembangan kelembagaan dan implementasi ‘Merdeka Belajar-Kampus Merdeka’ (MBKM).

Hal itu ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) antara Stikosa AWS yang diwakili Ketuanya, Dr. Meithiana Indrasari Yunus dengan Ketua JMSI Jatim, Drs. Eko Pamuji M.I.Kom, Kamis (21/10/2021).

Mei, panggilan akrab Meithiana Indrasari Yunus menyatakan, MBKM merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja.

“Dengan kerja sama ini, kami berharap JMSI dapat membantu kampus dalam pengembangan konsep ‘Merdeka Belajar – Kampus Merdeka’, dengan meningkatkan kualitas pendidikan terutama menambah kemampuan para mahasiswa di bidang jurnalistik dengan media jaringan JMSI Jatim tentunya,” jelasnya.

Mengingat dengan konsep MBKM ini, lanjut Mei mahasiwa akan lebih banyak ke luar kampus dengan masuk ke dunia industri dalam hal ini media antara enam bulan hingga satu tahun.

“Harapannya, anak didik kami bisa masuk ke industri media dari member JMSI Jatim. Karena media-media yang tergabung dalam JMSI sudah terverifikasi Dewan Pers sehingga secara profesional legalitas tidak diragukan,” ujarnya.

Sementara Eko Pamuji menyambut baik, keinginan dari Stikosa AWS bekerjasama dengan JMSI Jatim. Mengingat anggota JMSI yang beranggotakan 25 media ini sangat berkompeten dijadikan tempat bagi mahasiswa dalam menimba ilmu jurnalistik.

“Seperti yang dikatakan Bu Mei, media-media anggota JMSI Jatim semua sudah terverifikasi baik secara administrasi dan faktual oleh Dewan Pers. Jadi mari kita bekerjasama. Mari jadikan media kita ini menjadi laboratorium Stikosa AWS baik sebagai institusi maupun mahasiswanya dalam meningkatkan kemampuan dasar jurnalistik,” ajak Eko.

Eko pun lantas memaparkan, bahwa kerja jurnalistik tidak cukup hanya pintar saja tapi juga intelektual, selain juga tidak kalah juga memilik fisik yang kuat. “Karena kerja jurnalistik akan banyak di lapangan dilakukan di lapangan,” tegasnya.

Dan Eko meyakinkan, dengan menjalin kerjasama dengan JMSI, harapan Stikosa AWS yang selama ini dikenal sebagai kampus yang mampu menghasilkan wartawan-wartawan yang memiliki kompetensi di bidang jurnalistik. “Maka kompetensinya akan semakin meningkat dengan jalinan kerjasama dengan JMSI Jatim,” tandasnya. (ad-sb)

Continue Reading

Nasional

Hendrar Ajak Anak Muda Kota Semarang Berinvestasi Nama

Published

on

SEMARANG, suaraborneo.com – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi meminta para anak muda untuk bisa berinvestasi sejak dini, namun bukan investasi pada sebuah bisnis, melainkan investasi nama. Menurutnya, investasi nama dapat dilakukan setiap orang dan akan sangat berdampak pada karir anak muda kedepan. Hal itu disampaikan oleh Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi itu pada kegiatan Ngobrol Santai di Masjid Jami Perumahan Bukit Semarang Baru, Jatisari, Kota Semarang, Rabu (20/10).

“Meskipun saya sudah dewasa, tapi mungkin saya tidak lebih pintar dari para pemuda karena masih belajar dan bergulat dengan keilmuan. Sedangkan saya hanya memiliki pengalaman empiris seperti bertemu warga tiap hari, ada problem dan harus dipecahkan. Menangnya Pak Hendi ini lahir duluan dan pernah jadi anak muda sehingga lebih banyak pengalamannya,” ujar Hendi.

Hendi juga bercerita bahwa dirinya tidak pernah bermimpi menjadi Wali kota seperti sekarang ini. Mimpinya cukup sederhana, yaitu sekolah, selesai, kerja, menikah, dan menyekolahkan anak.

“Tetapi ternyata dalam perjalanan saya menemukan betapa pentingnya investasi nama. Kalau kata orang investasi itu duitnya harus banyak, tapi ternyata tidak. Dilakukan tanpa biaya yang besar namun manfaatnya luar biasa dalam hidup saya,” imbuh Wali Kota Semarang tersebut.

Dirinya mencontohkan bahwa setiap orang pintar pasti menjadi magnet dalam pergaulan, baik itu secara akademis, maupun non akademis. Namun meski tak memiliki kemampuan, Hendi menegaskan bahwa orang tersebut tetap dapat menjadi magnet dalam pergaulan, dengan selalu berperilaku baik.

“Berbuat baiklah pada teman-teman, jangan mencari musuh. Seperti sekarang ini jika dibully pun saya memilih diam dan menjadikannya bahan introspesksi diri. Ibaratnya paidomu adalah semangatku, semangat untuk memperbaiki Kota Semarang,” ungkap Hendi.

Wali Kota Semarang itu juga menambahkan bahwa investasi nama erat kaitannya dengan networking atau jejaring. Jika sejak muda kita sudah membangun citra baik, kelak saat circle kita sukses pasti ingin membawa kita sukses pula.

“Ilmu ini harus saya tularkan kepada teman-teman. Ciptakan harmonisasi, keguyuban, dan kondusifitas. Jangan jadi orang susah melihat temannya senang, dan sebaliknya,” tegas Hendi.

Sementara itu, Sabrang Mowo Damar Panuluh, atau baisa dikenal sebagai Noe Letto yang juga hadir dalam kesempatan pun sepakat dengan pemikiran Hendi. Dirinya bahkan melengkapi bahwa investasi ilmu juga menjadi bagian dari investasi nama.

“Belajar dan mencari ilmu itu tidak harus kaku dan serius seperti di sekolah, melainkan bisa juga belajar dari banyak hal. Seperti pada malam hari ini, kita ngobrol santai tapi banyak ilmu yang kita peroleh,” ujarnya.

Sabrang juga berpesan bahwa sebagai anak muda beranilah mencoba banyak hal.

“Tidak masalah gagal. Orang sukses itu pasti lebih banyak gagalnya dari pada berhasilnya. Yang membuat dewasa dan tumbuh adalah kempuan dia bangkit dan mengambil hikmah dari kegagalannya. Jika orang berhasil tanpa pernah gagal maka dia tidak akan pernah menghargai kesuksesannya,” pungkasnya. (ad-sb)

Continue Reading

Banjarmasin

Akhirnya! Presiden Jokowi Resmikan Jembatan Sei Alalak

Published

on

BANJARMASIN, suaraborneo.com – Presiden Joko Widodo meresmikan Jembatan Sei Alalak dalam kunjungan kerjanya di Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, pada Kamis, 21 Oktober 2021. Jembatan tersebut telah dinanti oleh masyarakat Kalimantan Selatan karena fungsinya yang sangat strategis.

“Alhamdulillah Jembatan Sei Alalak telah rampung dan hari ini kita resmikan sehingga segera bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Saya mendengar bahwa masyarakat sudah tidak sabar lagi menunggu peresmian jembatan ini,” ujar Presiden di lokasi peresmian.

Jembatan Sei Alalak memiliki fungsi yang sangat penting sebagai sebagai jalur utama akses Kota Banjarmasin dengan berbagai wilayah di Kalimantan Selatan dan di Kalimantan Tengah. “Sekaligus juga mengatasi kemacetan setelah jalan lingkar selatan rusak hancur diterjang oleh banjir,” imbuhnya.

Jembatan Sei Alalak yang memiliki panjang 850 meter dan lebar 20 meter ini dibangun dengan dana Rp278 miliar. Jembatan dengan jenis _cable stayed_ tersebut juga dibangun dengan menggunakan teknologi tinggi.

“Dibangun dengan teknologi tinggi dan tahan gempa, diperkirakan mampu bertahan insyaallah sampai 100 tahun,” ungkap Presiden.

Kepala Negara berharap bahwa kehadiran jembatan tersebut akan memperkuat konektivitas antarwilayah di Kalimantan Selatan, memperlancar arus transportasi antardaerah, dan mengefisienkan biaya-biaya logistik. Selain itu, diharapkan juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah sekitarnya, serta menciptakan sentra-sentra ekonomi baru.

“Saya sedikit berpesan agar setelah diresmikan, jembatan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk membangkitkan dan memajukan kegiatan-kegiatan produktif di masyarakat sehingga dampaknya bisa betul-betul dirasakan oleh rakyat kita,” tandasnya.

Turut hadir dalam acara peresmian antara lain, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, dan Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina.

Continue Reading

Jakarta

Teguh Santosa : Informasi, Demokrasi, dan Kompetensi Tema Dibahas Dalam Rakernas I JMSI Di Semarang

Published

on

JAKARTA, suaraborneo.com — Diseminasi informasi semestinya berkontribusi pada penguatan pondasi demokrasi, dan selanjutnya mendorong peningkatan kompetensi warga negara di segala bidang yang dibutuhkan dalam pembangunan negara di tengah persaingan global yang semakin tajam.

Demikian antara lain pesan yang disampaikan Ketua Dewan Pembina Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI), Gita Wirjawan, ketika menerima Pengurus Pusat JMSI, di kantornya di kawasan SCBD, Selasa siang (19/10).

Gita Wirjawan yang memandu talkshow “EndGame” di kanal Youtube miliknya, lebih lanjut menjelaskan bahwa arti penting informasi tidak hanya diukur dari akselerasi diseminasi yang memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Namun juga dari kekuatan pesan yang terkandung di dalamnya dan bagaimana pesan itu diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dan didayagunakan dalam merumuskan solusi atas persoalan yang dihadapi negara dan bangsa sehari-hari.

Selain Ketua Umum JMSI, Teguh Santosa, Pengurus Pusat JMSI lain yang hadir dalam pertemuan itu adalah Sekjen Mahmud Marhaba, Bendahara Umum Dede Zaki Mubarok, Ketua Bidang Hukum dan Advokasi Novermal Yuska, dan Ketua Bidang Kerjasama Antar Lembaga Jayanto Arus Adi. Juga ikut hadir dalam pertemuan tersebut Anggota Dewan Pakar JMSI, Syahrial Nasution.

Merespon pesan yang disampaikan Gita Wirjawan, Teguh Santosa mengatakan, tiga kata kunci tadi, yakni informasi, demokrasi, dan kompetensi, akan menjadi tema yang akan dibahas dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I JMSI yang akan digelar di Semarang, Jawa Tengah, tanggal 10 sampai 12 November mendatang.

Teguh berterima kasih atas kesediaan Gita Wirjawan menghadiri Rakernas I JMSI tersebut.

Rakernas I JMSI akan dihadiri seluruh Pengurus Pusat JMSI serta Ketua, Sekretaris, dan Bendahara Pengurus Daerah JMSI.

Terkait dengan pelaksanaan Rakernas I JMSI, Teguh melaporkan bahwa dirinya bersama Jayanto Arus Adi yang juga Ketua Panitia Rakernas, baru kembali dari kunjungan ke Semarang untuk bertemu dengan Walikota Semarang, Hendrar Prihadi.

Walikota Hendrar Prihadi, sebut Teguh, menyampaikan terima kasih atas terpilihnya Semarang sebagai lokasi Rakernas I JMSI, dan percaya bahwa pergelaran ini sangat membantu recovery Semarang dari masa pandemi.

Persiapan teknis pelaksanaan Rakernas I sudah matang, dan bila tidak ada aral melintang akan dibuka oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Adapun Jayanto Arus Adi mengatakan, dalam Rakernas I JMSI nanti peserta akan dibagi dalam tiga komisi yang masing-masing membahas persoalan-persoalan penting keorganisasian, program kerja, dan kemitraan dengan berbagai lembaga.

Di hari terakhir Rakernas, sebut Jayanto, akan digelar pelantikan Pengurus Daerah JMSI Jawa Tengah. Direncanakan pelantikan dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Verifikasi Faktual JMSI

Pelaksanaan Rakernas I JMSI adalah hal kedua yang disampaikan Teguh Santosa dalam pertemuan itu. Sebelumnya, dia melaporkan proses verifikasi yang dilakukan Dewan Pers terhadap JMSI, baik di pusat maupun di daerah.

Dari 30 Pengurus Daerah JMSI, sebanyak 23 di antaranya telah diverifikasi secara administrasi. Sementara sebanyak 12 Pengurus Daerah JMSI telah diverifikasi secara faktual oleh Dewan Pers.

“Ini sudah melebihi syarat yang diminta Dewan Pers, yakni 10 Pengurus Daerah terverifikasi faktual. Kita semua berharap agar dalam waktu dekat, semoga sebelum Rakernas I JMSI, Dewan Pers sudah memutuskan status JMSI sebagai konstituen,” ujar Sekjen Mahmud Marhaba.

Pengurus Daerah JMSI yang telah diverifikasi secara faktual oleh Dewan Pers adalah Pengda JMSI Sultra, Pengda JMSI NTB, Pengda JMSI Sumut, Pengda JMSI Kalsel Pengda JMSI Sumbar, Pengda JMSI Kaltim, Pengda JMSI Aceh, Pengda JMSI Bengkulu, Pengda JMSI Babel, JMSI Kepri, Pengda JMSI Sumsel, dan Pengda JMSI Jatim.

Verifikasi Pengda JMSI Jatim pada bulan Maret lalu terbilang istimewa karena dilakukan langsung oleh Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh yang didampingi Anggota Dewan Pers Agus Sudibyo, dan dihadiri oleh Ketua Umum JMSI Teguh Santosa. (ad-sb)

Continue Reading

Jakarta

Selewengkan Solar Subsidi, Pertamina Tindak Tegas 91 SPBU

Published

on

JAKARTA, suaraborneo.com – Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) telah melakukan penindakan kepada 91 lembaga penyalur atau SPBU diseluruh Indonesia karena melakukan penyaluran Solar Subsidi tidak sesuai regulasi yang ditetapkan.

Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), Irto Ginting menjelaskan penindakan ini adalah bukti komitmen Pertamina untuk menjaga amanah Pemerintah dalam menyalurkan Solar Subsidi secara tepat sasaran.

“Alasan penindakannya beragam, antara lain adalah penyaluran Solar Subsidi tidak sesuai regulasi Perpres 191/2014, pengisian Solar Subsidi dengan jeriken tanpa surat rekomendasi, pengisian ke kendaraan modifikasi, penyelewengan pencatatan/administrasi, dan melayani
pengisian atau transaksi diatas 200 liter. Sanksi diberikan untuk memastikan penyaluran BBM subsidi berjalan dengan baik,” jelas Irto.

SPBU yang ditindak adalah sebagai berikut:

1. Regional Sumatera Bagian Utara : 8 SPBU
2. Regeional Sumatera Bagian Selatan : 12 SPBU
3. Regional Jawa Bagian Barat : 14 SPBU
4. Regional Jawa Bagian Tengah : 26 SPBU
5. Regional Jawa Timur, Bali & Nusa Tenggara : 6
6. Regional Kalimantan : 12
7. Regional Sulawesi : 6
8. Regional Papua Maluku : 7

“91 SPBU yang ditindak ini merupakan SPBU yang sudah terbukti melakukan pelanggaran sampai dengan Oktober 2021. Saat ini tindakan yang kami ambil adalah penghentian pasokan atau penutupan sementara SPBU serta penagihan selisih harga jual Solar Subsidi sesuai harga keekonomiannya. Pertamina akan terus memonitor dan berkoordinasi dengan aparat serta seluruh stakeholder dalam melakukan pemantauan di lapangan. Kami tidak raguragu memberikan sanksi tegas kepada SPBU yang nakal,” tambah Irto.

Untuk memastikan penyaluran, Pertamina juga melakukan pemantauan secara real time Informasi terkait stok dan proses melalui sistem digitalisasi di Pertamina Integrated Command
Centre (PICC). Masyarakat yang memiliki informasi dan melihat adanya indikasi penyelewengan penyaluran Solar Subsidi juga dapat langsung melaporkannya ke aparat yang berwenang serta ke Pertamina Call Center (PCC) 135.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan dari masyarakat, media, dan seluruh stakeholder. Ini adalah bentuk sinergi yang baik, dan bersama-sama kita dapat mewujudkan penyaluran Solar Subsidi yang tepat sasaran,” terang Irto. (ad-sb)

Continue Reading

Jakarta

DPD Partai PSI Jakbar Beri Bantuan Korban Kebakaran.Di Kebon Jeruk

Published

on

JAKARTA, suaraborneo.com – DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jakarta Barat (Jakbar), kebakaran yang melalap 7 rumah di Gang Jaya, RT 001/008, Kelurahan Duri Kepa, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (10/10/2021).

Bantuan langsung diberikan DPD Partai PSI Jakarta Barat kepada Bpk Sukirman, 15 kantong beras, obat-obatan, obat nyamuk.

Korban kebakaran sebanyak 7 kepala keluarga (KK), 25 Orang Dewasa, 5 Lansia, 18 Anak-anak, 8 Balita.

“Bakti sosial yang kita lakukan ini sebagai bentuk kepedulian kita kepada masyarakat yang membutuhkan, dan kita selalu aktif memberikan bantuan-bantuan kepada masyarakat terlebih lagi, masyarakat yang terkena musibah,” ujar Bro jovin

“Alhamdulillah hari ini Partai PSI Jakarta Barat sudah memberi bantuan untuk korban kebakaran, semoga bermanfaat untuk warga kami batuan nya, Terimakasih Partai PSI Jakarta Barat,” ucap Sukirman.

“Dengan bantuan seadanya ini, semoga dapat membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang terkena musibah kebakaran, jangan melihat banyak atau sedikitnya, akan tetapi keikhlasan kami dalam membantu,” pungkas Bro Jovin. (azs)

Continue Reading

Nasional

Semarang Tuan Rumah Rakernas I JMSI, Hendi Harapkan Media Digital Jadi Pencerah Masyarakat

Published

on

SEMARANG, suaraborneo.com – Walikota Semarang Hendrar Prihadi menyambut baik dan sangat mendukung penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) di Kota Semarang. Dia berharap, kehadiran JMSI yang menjadi wadah bagi wartawan dan media digital di Tanah Air, termasuk di Jawa Tengah, dapat menjadi pencerah bagi masyarakat di tengah disrupsi teknologi digital saat ini.

‘’Di awal-awal perubahan dari cetak ke digital, kami terus terang kelimpungan. Banyak diserang berita-berita digital yang tidak jelas. Saya berharap, kehadiran JMSI yang menjadi wadah bagi wartawan media digital dapat menjadi pencerah bagi masyarakat, termasuk dalam menjaga profesionalitas dan kredibilitas dalam pemberitaan,’’ ujar Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi, saat menerima audiensi pengurus dan panitia Rakernas I JMSI, di ruang kerjanya, Senin (18/10).

Hadir dalam audiensi, Ketua Umum JMSI Teguh Santosa, Ketua Bidang Kerjasama JMSI yang juga Ketua Panitia Rakernas Jayanto Arus Adi, serta Sekretaris Panitia Stefy Thenu.

Teguh Santosa melaporkan Rakernas I JMSI akan digelar di Semarang pada 10-12 November 2021, dihadiri sekitar 200 orang dari 30 pengurus daerah JMSI dan tamu undangan. Rakernas merupakan amanat Munas JMSI yang digelar di Riau dan Jakarta secara virtual pada 29 Juni 2020.

Pelaksanaan Rakernas I JMSI di Kota Semarang, kata Teguh yang juga CEO RMOL.ID itu, tidak hanya membuat sejumlah program penting organisasi, namun lebih dari itu juga akan menyusun peta-jalan kampanye penanggulangan Covid-19, termasuk di dalamnya kampanye sadar vaksin dan protokol kesehatan.

Di samping itu, peserta Rakernas akan mengunjungi beberapa tempat wisata yang terpuruk karena diterpa Covid-19 untuk melihat secara langsung kreatifitas pemerintah dan pelaku usaha wisata bertahan dan bangkit di era pandemi. Apa yang dilakukan pemerintah dan pelaku usaha wisata Kota Semarang dapat menjadi role model manakala disebarluaskan melalui media-media siber anggota JMSI yang berada di seluruh Indonesia.

Teguh menyatakan, komitmen JMSI menjadikan anggotanya kredibel dan profesional melalui kelembagaan yang tersertifikasi dan terverifikasi oleh Dewan Pers. Dari 30 provinsi yang memiliki pengurus daerah JMSI, 23 telah terverifikasi dan 12 diantaranya telah terverifikasi secara faktual oleh Dewan Pers. Selebihnya, tengah menjalani proses verifikasi.

‘’Ada lebih dari 700 media di Tanah Air, mulai sabang sampai merauke, yang berada di bawah naungan JMSI,’’ kata pria yang tengah merampungkan disertasi tentang Reunifikasi Korea di Program Doktor Universitas Padjajaran Bandung ini.

Rakernas I JMSI dijadwalkan akan dibuka secara resmi oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani, dan dihadiri Ketua Dewan Pers M Nuh dan sejumlah kepala daerah di Jateng. Rakernas juga akan resmi melantik pengurus daerah JMSI Provinsi Jateng dan beberapa pengurus cabang. (ad-sb)

Continue Reading

Populer