Gubernur Kepri Tawarkan Potensi Wisata Alif Stone Natuna – SuaraBorneo.com
Connect with us
PERKOKOH-BANUA-MAJU-page-0001

Nasional

Gubernur Kepri Tawarkan Potensi Wisata Alif Stone Natuna

Published

on

CAPTION FOTO: Gubernur Kepri, H. Ansar Ahmad saat menyampaikan paparannya mengenai potensi maritim Provinsi Kepri.

BATAM, suaraborneo.com – Gubernur Kepri, H. Ansar Ahmad menawarkan potensi wisata Alif Stone Geopark Natuna saat menjadi keynote speaker pada kegiatan ‘In House Training Jurnalistik Maritim Berwawasan Kebangsaan’ yang digelar secara zoom, Senin (20/9/2021).

Selain itu, Gubernur Kepri itu juga menawarkan potensi wisata 3B yaitu Batam, Bintan dan Bali. Juga, KEK Galang Batam, KEK Digital Park dan KEK Batam Aerotechnics.

“Di Natuna, kita potensi wisata Alif Stone Geopark Natuna, potensi bisnis maritim yang potensial,” ujar Ansar Ahmad di 50 orang wartawan Batam dan Tanjungpinang yang menjadi peserta pelatihan.

Selain itu, hadir juga Konsul dan Pejabat Utama Konsulat Amerika Serikat (AS) Medan, Gordon S. Church serta Rektor UPN ‘Veteran’ Yogyakarta, Dr M Irhas Effendi, M.SI, Kadis Kominfo Kota Batam, Azril Apriansyah, Kapolda Kepri yang diwakili Bidang Humas Polda Kepri, Humas Badan Pengusahaan (BP) Batam dan sejumlah tokoh lain di Kepri.

Gubernur Ansar juga menyinggung soal peran pers sebagai pilar keempat negara demokrasi. Tiga pilar lain adalah eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

“Ini menunjukkan betapa pentingnya keberadaan pers sebuah negara, meskipun secara formal pers berada di luar sistem politik ketatanegaraan. Kebebasan pers menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan demokrasi,” papar Ansar Ahmad.

Pelatihan wartawan perbatasan yang digelar oleh Lembaga Penguji Kompetensi Wartawan (LPKW) UPN ‘Veteran Yogyakarta bekerjasama dengan Kedutaan Besar (Kedubes) AS di Indonesia itu digelar dalam tiga zona. Yaitu, Zona-1 Batam-Tanjungpinang yang dimulai hari ini, sampai besok, Selasa (21/9/2021). Selanjutkan dilanjutkan dengan Zona-2 Karimun-Lingga, Rabu-Kamis (22-23/9/2021). Dan Zona-3 Anambas-Natuna (27-28/9/2021).

Sementara itu, sebelum membuka secara resmi pelatihan, Rektor UPN ‘Veteran’ Yogyakarta, Dr M Irhas Effendi, M.SI menyinggung tentang bahayanya dampak dan pengaruh dari berita bohong alias hoax. Khususnya, di wilayah perbatasan seperti Provinsi Kepri.

Untuk itu, wartawan harus menyediakan informasi yang tepat terkait dengan persoalan-persoalan yang berhubungan dengan keamanan wilayah maritim seperti kasus perdagangan orang, ilegal fishing, penyeludupan narkoba, kejahatan di laut (perompakan), penyeludupan barang-barang ilegal yang mengancam bangsa dan negara.

“Untuk bisa menyediakan informasi yang berkualitas di media massa, baik media mainstream, maupun new media awan memiliki peran yang strategis. Wartawan menjadi ujung tombak dari sebuah berita yang disiarkan oleh media massa agar masyarakat mendapatkan informasi yang akurat,” paparnya.

Kemudian, Ketua Komisi Hubungan Antar Lembaga dan Internasional Dewan Pers, Agus Sudibyo yang menjadi salah satu pembicara itu menyampaikan materi berjudul, ‘Pers dan Liputan Isu Perbatasan Negara’.

Menurut Peneliti media dan komunikasi, Head of New Media Research Center Akademi Televisi Indonesia (ATVI) itu, setidaknya ada 4 masalah yang dihadapi wartawan perbatasan. Yaitu, masalah keselamatan wartawan, keterbatasan akses,
mahalnya biaya liputan dan ketertutupan pemerintah.

“Makanya, untuk penugasan liputan investasi harusnya dilakukan oleh wartawan yang sudah berpengalaman,” tegas dokter alumni STF Driyarkara Jakarta itu lagi.

Sementara itu, pakar keamanan maritim Dr. Nicolaus Loy, MA memaparkan mengenai
sejumlah isu utama keamanan lain. Diantaranya, perimbangan kekuatan Angkatan Laut, kemungkinan serangan lewat laut, keamanan territorial waters, konflik perbatasan maritime terkait sumber daya.

“Bayangkan, jika ada kelompok radikal yang membajak kapal tanker di Selat Malaka, kemudian kapal itu, misalkan, diarahkan ke Singapura lalu diledakkan, apa yang akan terjadi?” ungkap Nicolaus Loy mencontohkan potensi ancaman dari laut. (ad-sb)

Bagikan ke

Banjarmasin

Asrama Hasanuddin HM di Surabaya, Komisi II MInta BKPAD Merenovasi

Published

on

Rombongan Komisi II DPRD Kalsel monitoring ke asrama mahasiswa Kalsel Hasanuddin HM di Surabaya, Jawa Timur (Jatim. (Foto/Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Ketua Komisi II DPRD Kalsel Imam Suprastowo berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) dapat membenahi beberapa fasilitas asrama Mahasiswa yang belum tercover seperti tempat tidur dan peralatan lainnya belum ada penggantian sejak tahun 2018

“Sarana prasarana asrama kita ini perlu pembaharuan,” Katanya usai monitoring ke asrama mahasiswa Kalsel Hasanuddin HM di Surabaya Jawa Timur (Jatim), Jum’at (08/3) lalu.

Ia menambahkan untuk selanjutnya secara komprehensif Pemerintah daerah melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) agar menertibkan penghuni asrama sebab ada informasi didapatkan ada penghuni-penghuni permanen bukan lagi berstatus mahasiswa.

“Kami hanya ingin berikan kesempatan kepada mahasiswa baru yang menempuh pendidikan disana, ” harapnya

Senada salah satu penghuni asrama Hasanuddin HM M. Firdaus Kamal mengapresiasi wacana rehabilitasi sarana di asrama ini sebab 5 tahun terakhir asrama kami bisa di perbaiki, semoga teman teman bisa saling menjaga fasilitas agar setiap penghuni asrama merasa nyaman dan betah. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Sensus Sampah Plastik BRUIN, Kalsel Termasuk 10 Jadi Pencemar Terbesar

Published

on

Badan Riset Urusan Sungai Nusantara (BRUIN) melaksanakan Sensus Sampah Plastik di 64 titik di 28 kabupaten/kota di 13 provinsi di Indonesia. (Foto/Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Badan Riset Urusan Sungai Nusantara (BRUIN) melaksanakan Sensus Sampah Plastik di 64 titik di 28 kabupaten/kota di 13 provinsi di Indonesia. Kegiatan brand audit tersebut berhasil mengumpulkan 25.733 sampah plastik, yang didominasi kemasan plastik (sachet) dan mengidentifikasi 10 produsen pencemar terbesar. Berada di posisi puncak polutan terbanyak adalah sampah plastik tanpa merek (unbranded), diikuti oleh sampah plastik berlabel dari produsen Wings Food, Unilever, Indofood, dan Mayora di 5 besar pencemar.

Selanjutnya ada PT Santos Jaya Abadi, Unicharm, P&G, Garuda Food, dan Ajinomoto. Atas temuan adanya 10 pencemar terbesar, BRUIN meminta pertanggungjawaban EPR (Extended Producer Responsibility) dari 10 produsen pencemar tersebut untuk mengelola sampah plastik sesuai dengan peraturan pengelolaan sampah, serta menekan jumlah penggunaan plastik, termasuk dengan desain yang lebih ramah lingkungan. Hal ini selaras untuk mendukung target pengurangan 30 persen sampah oleh produsen pada tahun 2029.

BRUIN juga meminta pemerintah memperluas layanan tata kelola sampah, dan mengimbau masyarakat untuk mengurangi penggunaan kemasan plastik sekali pakai. Koordinator Sensus Sampah Plastik BRUIN, M Kholid B, menyatakan bahwa waktu yang berdekatan antara publikasi hasil penelitian dengan gelaran Debat Calon Presiden-Calon Wakil Presiden Sesi ke-4 tanggal 14 Januari nanti diharapkan bisa lebih mengangkat isu pencemaran sampah plastik agar mendapat lebih banyak perhatian dari pemerintah dan produsen, serta memberi edukasi bagi masyarakat.

Sensus Sampah Plastik ini adalah audit sampah plastik di perairan yang pertama kali dilakukan di jumlah titik terbanyak di Indonesia, yakni di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bengkulu, Lampung, Kalimantan Selatan (Kalsel), Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Maluku Utara, Maluku, dan Papua Barat. Penelitian dilakukan dengan metode yang variatif dan lengkap, sehingga menjadi penelitian sampah yang paling komprehensif di Indonesia. Sensus Sampah Plastik dilakukan di periode Maret 2022 hingga November 2023, dengan melibatkan 270 relawan dari 38 komunitas/kampus.

“Adanya 10 pencemar plastik terbanyak di perairan Indonesia menunjukkan pemerintah ke depan harus berkomitmen untuk tegas mengawasi pengelolaan sampah plastik oleh produsen dan menekan penggunaan plastik. Oleh karena itu, hasil penelitian ini juga akan kami berikan kepada tim capres dan cawapres, dan diharapkan bisa menjadi bahan untuk diangkat dalam debat sesi ke-4 mendatang,” kata Kholid.

Senada dengan Kholid, Guru Besar Hukum Lingkungan sekaligus Wakil Direktur Bidang Riset, Pengabdian Masyarakat, Digitalisasi, dan Internasional Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga Surabaya Prof Dr Suparto Wijoyo, menyayangkan sikap abai dari produsen sebagai akar polusi plastik di Indonesia. Ia berharap, pemerintah mengambil langkah lebih tegas terhadap para produsen nakal.

“Solusinya adalah penguatan penegakan hukum dan pengawasan bagi industri pencemar sebagai cara memutus keran polusi plastik di Indonesia,” kata Prof Suparto menegaskan.

Pencemaran sampah plastik di perairan memang sudah sepatutnya jadi salah satu perhatian utama pemerintah. Tak hanya mengancam kelangsungan biota di ekosistem perairan, keberadaan limbah plastik, khususnya mikroplastik, dapat membahayakan kesehatan masyarakat.

“Mikroplastik yang masuk ke perairan tawar dapat masuk ke pencernaan biota yang hidup di dalamnya, misalnya ikan. Oleh karena itu, mikroplastik dapat ditransfer ke dalam tubuh manusia melalui makan,” jelas Founder Envigreen Society dan Peneliti Ecoton Mochammad Alaika Rahmatullah.

“Ukurannya yang sangat kecil (< 5mm) membuatnya terjebak di dalam saluran pencernaan manusia dan menjadi vektor transportasi racun,” sambungnya.

Metodologi yang dilakukan mencakup metode kuantitatif dan kualitatif yaitu secara kuantitatif, BRUIN mengumpulkan dengan aneka teknik pengumpulan sampah yang efektif, penghitungan jumlah total sampah plastik, pengelompokkan jumlah sampah plastik berdasarkan berbagai variabel termasuk tipe lapisan plastik, tipe material plastik dan tipe produk plastik, serta sejumlah pengukuran lainnya. Sementara secara kuantitatif, BRUIN menganalisa lokasi sampling, kondisi masyarakat, dan lainnya.

Salah satu yang terlibat dalam penelitian kolaboratif ini adalah Ekspedisi Sungai Nusantara (ESN). Personil ESN, Amiruddin Muttaqien, menceritakan apa yang dilihatnya saat meneliti sejumlah sungai di Pulau Jawa dan luar Jawa di tahun 2022, dengan mengendarai dua motor.

“Kami banyak melihat sampah yang tidak terkelola dan tercecer di lingkungan, di sungai, bahkan diperairan pantai, terutama di Indonesia Timur, yang menandakan pemerintah tidak hadir atau lalai dalam memberikan layanan tata kelola sampah bagi masyarakat di daerah tersebut,” kata Amiruddin.

Selain abainya produsen dan lalainya pemerintah, banyaknya sampah plastik di perairan juga menunjukkan masih rendahnya pengetahuan dan tingkat edukasi masyarakat mengenai bahaya sampah plastik dan pentingnya mengurangi penggunaan plastik. [ad/ril]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarbaru

Beberapa Lembaga Survey Nyatakan Pasangan Prabowo Gibran Unggul Dalam Hitung Cepat

Published

on

Survey hitung cepat dari media, sementara pasangan Prabowo-Gibran unggul. (Foto/Ist)

BANJARBARU, Suaraborneo.com – Pemilihan Umum serentak telah dilaksanakan di 38 Provinsi di seluruh Indonesia, bahkan warga Indonesia di Luar Negeri juga ikut merayakan Pemilu 2024 ini.

Dari hasil survey hitung cepat di beberapa media dan https://kawalpemilu.org menunjukan perolehan suara pasangan Prabowo Gibran mengungguli dua Capres lainnya.

Dari Hasil sementara perolehan suara yang di lansir dari https://kawalpemilu.org, Prabowo-Gibran unggul dengan perolehan 53,28 persen, di lanjut oleh pasangan Anis Baswedan – Muhaimin Iskandar dengan perolehan 29,21 persen, di urutan ke tiga pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan perolehan 17,51 persen.

Dari tiga Provinsi Paslon urut 01 unggul suara sementara, di Aceh suara sementara 86,94 persen, sedangkan Paslon 02 mendapat 11,32 persen, DKI Jakarta paslon 01, 44,21 persen, pasangan Paslon 02 mendapat 39,04 persen, Sumatra Barat Paslon 01 mendapat 60,11 persen, dan untuk Paslon 02 mendapat 34,61 persen.

Untuk 35 Provinsi paslon urut 02 unggul, di Kalimantan Selatan perolehan sementara suara saat ini, unggul pasangan 02 dengan hasil survey 54,00 persen sedang paslon urut 01 memperoleh hasil 38,98 persen sedang paslon nomor urut 03 mendapat 7,02 persen.

Hasil perolehan suara bisa berubah ubah sewaktu waktu, untuk mengetahui hasil suara bisa buka di situs resmi kawal pemilu, http://kawalpemilu.org/ atau dari media yang menayangkan penghitungan cepat. (Erick)

Bagikan ke
Continue Reading

Ekonomi

Jalin Silaturahmi Mempererat Kolaborasi, KPw BI Kalsel Gelar Capacity Building Jurnalis Ekonomi 2024

Published

on

Kepala KPw BI Kalsel Wahyu Pratomo, Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia Fadjar Majardi , Kepala Divisi Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah dan Manajemen Intern, Robi Ariadi dan Foto Bersama. (Foto/Ist)

DENPASAR, SuaraBorneo.com – Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Kalimantan Selatan (Kalsel) Wahyu Pratomo hadir sebagai pembukaan Capacity Building Jurnalis Ekonomi BI Kalsel 2024, diikuti oleh 28 media, baik dari elektronik, cetak maupun media online, bertempat di Aula Golden Tulip Hotel, Denpasar, Bali (6/2/2024).

“Ini kali kedua bisa bertemu dengan teman-teman jurnalis Kalsel, dunia yang berubah dengan arus digitalisasi, harus disikapi oleh semua pihak,” ungkapnya.

Wahyu Pratomo menyampaikan, ada satu nilai yang harus dipertahankan yaitu integritas dan stabilitas. “BI menempatkan komunikasi sebagai bagian dari bauran kebijakan, yang bertujuan meningkatkan efektivitas kebijakan bank sentral,” ujarnya.

Kemudian ia mengatakan, Undang-undang (UU) No.4/2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK) memberi amanat kepada BI untuk mencapai 3(tiga) tujuan mulia, yaitu ;
Pertama, mencapai stabilitas nilai rupiah. Kedua, memelihara Sistem Pembayaran dan Ketiga, turut menjaga Stabilitas Sistem Keuangan.

“Di tahun 2024-2025 ada tiga hal yang akan kita perkuat pertama, Transformasi, kedua Digitalisasi dan ketiga Leadership atau kepemimpinan,” katanya.

Moneter dan Keuangan lanjutnya merupakan proses transformasi yang dijalankan oleh Bank Indonesia.

“Untuk mencapai ketiga tujuan tersebut, BI senantiasa menerapkan prinsip transparansi, akuntabilitas dan independensi,” jelas Wahyu.
Salah satu komunikasi yang dilakukan BI adalah pengumuman hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG).

“BI tidak bisa bergerak sendiri. Disana ada peran serta media yang bertugas untuk memberikan informasi yang akurat dan berimbang kepada masyarakat luas,” bebernya.

Menurutnya, terkait dengan transformasi ekonomi di Kalsel, masih ektraksi pada sektor tambang dan perkebunan. Sehingga BI mendorong Ekonomi Hijau yang berkelanjutan.

Segenap stakeholder dan juga media di Kalsel bersama-sama direalisasikan di lapangan. Program kebijakan BI ada satu nilai kita yang dimasyarakat. inisiatif hijau sharing oleh para jurnalis

“Kebijakan program dan masukan dari media. Kita adakan lomba penulisan, hal-hal terkait dengan area perhatian bank Indonesia,” tambahnya.

Dengan adanya Forum silaturahmi Jurnalis bisa mempererat, kolaborasi dan kebersamaan dengan jurnalis ekonomi di Kalsel.

“Semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sinergi kebijakan Bank Indonesia bisa tersampaikan dengan baik,” pungkas Wahyu. [ad-sb]

Bagikan ke
Continue Reading

Business

Indosat Ooredoo Hutchison Layani Puncak Lonjakan Trafik Data 8,9% di Momen Tahun Baru 2024

Published

on

Desmond Cheung, Director & Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison. (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) terus berkomitmen memberikan pengalaman yang mengesankan atau marvelous experience dengan menjaga performa jaringannya di momen spesial perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Didukung oleh 172 ribu BTS 4G di seluruh Tanah Air, pada sepanjang periode liburan akhir tahun 2023 ini Indosat berhasil mencatatkan kenaikan trafik data harian tertinggi sebesar 8.9% dibandingkan rata-rata periode hari normal.

Desmond Cheung, Director & Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison menyampaikan, “Kepercayaan dari 100 juta pelanggan Indosat Ooredoo Hutchison merupakan bagian terpenting bagi kami. Sejalan dengan upaya menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang paling dipilih di Indonesia, kami berhasil memenuhi tingginya kebutuhan digital pelanggan selama masa liburan akhir tahun ini. Hal ini tak lepas dari dedikasi penuh seluruh tim Indosat dan mitra di lapangan dalam memastikan tersedianya layanan telekomunikasi yang optimal, sehingga pelanggan dapat melewatkan momen spesial bersama keluarga dan orang tercinta.”

Indosat mencatatkan peningkatan trafik data sebesar 8,4% pada 24 Desember 2023 dan 8.9% pada 31 Desember 2023 dibandingkan dengan rata-rata periode hari normal. Peningkatan trafik data yang signifikan di masa liburan akhir tahun terlihat di beberapa kota di Pulau Jawa seperti Bandung, Banjarnegara, Bogor, Karawang, Kediri, Madiun, Malang, Purwakarta, Purwokerto, Tangerang, Tasikmalaya, dan Tegal. Sementara, di luar Pulau Jawa, kota Balikpapan, Bandar Lampung, Bali, Bone, Gowa, Kotabumi, Medan, Metro, Pare-Pare, Pontianak, dan Samarinda, merupakan kota dengan lonjakan trafik data yang paling tinggi.

Pada malam pergantian tahun, platform digital seperti WhatsApp, Instagram, YouTube, Facebook, dan TikTok berkontribusi besar dalam melonjaknya konsumsi data pelanggan Indosat. Peningkatan permainan game online seperti Mobile Legends, Roblox, Call of Duty, Genshin Impact, dan PUBG turut memicu kenaikan trafik data. Hal serupa juga ditemui pada platform digital Indosat, myIM3 dan bima+, di mana terjadi peningkatan aktivitas pengguna sebesar hampir 1 juta pelanggan dibandingkan rata-rata periode hari normal. Hal tesebut dipicu oleh pembelian paket layanan dan juga akses ke layanan on-demand.

Dalam memenuhi lonjakan trafik data, Indosat telah meningkatkan konektivitas jaringannya secara proaktif dengan melakukan optimasi pada 434 lokasi prioritas dan peningkatan kapasitas di 527 titik. Indosat juga telah menggelar uji coba jaringan di jalur dan wilayah yang diprediksi akan mengalami peningkatan perjalanan selama liburan, seperti Trans Jawa, Trans Sumatera, Cikampek, Samarinda, dan Balikpapan.

Hasil optimalisasi dan peningkatan kapasitas jaringan ini secara terus menerus dimonitor oleh Command Center 24/7 yang berpusat di Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation (ISOC). Command Center fisik terpusat ini didukung oleh teknologi Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi agar dapat memantau ketersediaan dan kualitas jaringan, termasuk mengatasi tantangan dan keluhan yang muncul untuk menjaga kenyamanan pelanggan menggunakan layanan Indosat.

Aktivitas peningkatan kualitas jaringan dan operasional Command Center fisik terpusat telah dilakukan untuk memastikan pelanggan Indosat menikmati pengalaman digital yang mengesankan. Aplikasi dan dashboard khusus seperti Operational Dashboard, Performance Dashboard, NetDrone, dan Subscriber Movement Dashboard disiapkan untuk memantau status performa jaringan dan pengalaman digital pelanggan secara proaktif. Dengan dukungan teknologi ini, Indosat dapat mempercepat penanganan kendala jaringan yang terjadi di awal tahun 2024.

Pusat pelayanan pelanggan Indosat melalui brand IM3, Tri, dan Indosat HiFi juga turut disiagakan. Berbagai penawaran khusus dapat dinikmati pelanggan dengan mengakses www.im3.id/tahunbaru, www.bima.tri.co.id, dan www.hifi.ioh.co.id. Tak hanya itu, pelanggan juga dapat mengunjungi gerai IM3, 3Store, serta menghubungi layanan pelanggan melalui saluran resmi official WhatsApp untuk IM3 (08551000185) dan Tri (08999800123), aplikasi myIM3 dan bima+, Twitter (@IndosatCare dan @3CareIndonesia), serta email (cs@im3.id dan 3Care@three.co.id.) untuk mendapatkan dukungan penyelesaian atas kendala yang dialami pelanggan selama menikmati liburan bersama keluarga dan orang tercinta.

“Upaya Indosat dalam menjaga performa jaringan dan menghadirkan layanan telekomunikasi digital sepanjang momen special perayaan natal 2023 dan tahun baru 2024 membuktikan komitmen kami untuk terus menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” tutup Desmond. [ad/ril]

Bagikan ke
Continue Reading

Nasional

Mengenal Sosok Taufan Basri Pengusaha Proverty di Tangerang Selatan

Published

on

Taufan Basri dan Istri (foto: ist)

TANGERANG SELATAN, SuaraBorneo.com – Dari beberapa pengusaha proverty di tangsel salah satunya yang sering disapa Taufan Basri, adalah sosok pengusaha sukses yang berada di wilayah tangsel.

Kendati demikian beliau tak tanggung-tanggung menjadi sosok pengusaha tidak mudah, apalagi menjadi pengusaha proverty.

Butuh mental yang kuat juga kesabaran yang tinggi, karena tidak semua orang bisa dibidang proverty.

Taufan Basri mengatakan, halangan dan rintangan tidak memudarkan semangatnya, semua itu butuh proses yang matang, suka dan dukanya pasti ada tergantung bagaimana menyikapinya, Sabtu (23/12/2023).

“Ujung tombak dalam memasarkan prodak tergantung marketing yang kita olah, mau tidak mau kita harus bersaing sewajarnya,” ungkapnya

Saya berpesan kepada genarasi yang akan datang, untuk selalu berposes menjadi pengusaha-pengusaha yang handal di semua bidang. jangan pernah takut dengan kegagalan karna dengan kegagalan kita bisa tau kekurangannya dimana.

Jadikan kegagalan itu pengalaman yang baik untuk kedepan. selain semangat, pertimbangan yang jitu dan keberanian dalam bertindak itu merupakan kunci sukses dalam berbisnis.

Beliau sangat “bangga, menjadi pengusaha proverty banyak memberikan perubahan. contohnya kita liat perubahan Yang ada, rumah kumuh kita rubah menjadi tatanan perkotaan, ini sudah jelas memberikan suatu perubahan.

Diakhir kata beliau mengucapkan, sbentar lagi kita akan masuk pergantian tahun baru 2024.

“Semoga ditahun baru 2024 kita semua dapat meraih pencapaian yang luar biasa, tetap semangat dan jangan pernah penyerah,” tutupnya. (Azis)

Bagikan ke
Continue Reading

Nasional

Dr Rosye Zaena Siap Donasikan Seluruh Gajinya Untuk Masyarakat

Published

on

Dr. Rosye Rosaria Zaena, SE., M.Si., Ak., CA., CPRM., CAVP, Caleg DPR-RI daerah pemilihan Jawa Barat 1 kota Bandung dan kota Cimahi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). (Foto/Ist)

BANDUNG, SuaraBorneo.com – Adalah Dr. Rosye Rosaria Zaena, SE., M.Si., Ak., CA., CPRM., CAVP, Caleg DPR-RI daerah pemilihan Jawa Barat 1 kota Bandung dan kota Cimahi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang memiliki komitmen mendonasikan gajinya untuk kepentingan masyarakat melalui berbagai program sosial yang telah dicanangkan.

Wanita yang sehari-hari berprofesi sebagai dosen pada salahsatu perguruan tinggi swasta di kota Bandung ini memaparkan, sebagai bentuk ungkapan terima kasihnya kepada pemilih pada pemilu 2024 mendatang dirinya akan mengalokasikan gajinya untuk membantu pertumbuhan UMKM, membantu kesejahteraan majelis taklim, dzikir dan sholawat melalui program kemandirian ekonomi, menjadi fasilitator dan menyiapkan tenaga pendamping untuk akses kesehatan maupun pendidikan bagi masyarakat, mendorong penggunaan teknologi secara tepat guna dan profesional serta program-program sosial lainnya.

“Jauh sebelum saya mencalonkan diri menjadi anggota DPR-RI, saya bersama tim telah banyak merumuskan berbagai program sosial dan ini sebagai pengembangan dari yang kami lakukan selama ini. Sebagai pimpinan koperasi ANUWAS, tentu program pertumbuhan UMKM sebagai program kemandirian ekonomi bagi masyarakat bukanlah hal baru,” papar wanita yang akrab di sapa Dr. Rosye, Kamis (21/12/2023)

“Kami hanya perlu meng-create serta menambahkan program-program sosial lainnya dan sebagian program selama ini telah berjalan. Pelatihan digital untuk pelaku UMKM, pengadaan program Sekolah Paket, menjadi fasilitator pembentukan UMKM baru di berbagai daerah telah kami laksanakan dan semua itu berjalan secara mandiri,” terangnya menjelaskan.

Dr. Rosye merupakan satu dari sekian banyak wanita Indonesia yang memiliki wawasan dan pengalaman luas dalam bidang UMKM. Dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki membuat wanita satu ini kerap di undang di berbagai acara untuk memaparkan pandangannya mengenai UMKM. Aktif di Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PERGUNU) tentu membuat dirinya sangat akrab dengan ulama-ulama NU dan ini menjadikannya dapat dengan mudah membantu pertumbuhan UMKM yang ada di pesantren-pesantren serta berbagai majelis taklim, dzikir dan sholawat yang banyak di kelola oleh ulama-ulama NU. (Azis/Ril)

Bagikan ke
Continue Reading

Nasional

Tidak Jalankan Perintah Pengadilan, LSM LIRA dan PWMOI Akan Polisikan Dirjen Gakkum KLHK dan 9 Orang Jajaran di Kepri Dugaan Abuse Of Power

Published

on

Direktur LBH LSM LIRA sekaligus Presiden LSM LIRA, HM.Jusuf Rizal,SH foto bersama Menkopolhukam, Mahfud Md. (Foto/Ist) 

BATAM, SuaraBorneo.com – Tidak menjalankan perintah pengadilan Dirjen Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan 9 orang jajaran di Kantor Pos Gakkum, Batam, Kepri akan di polisikan (proses hukum) oleh LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) dan PWMOI (Perkumpulan Wartawan Media Online Indonesia) atas dasar Abuse Of Power yang merugikan pengusaha pelayaran puluhan milyar.

Demikian disampaikan Direktur LBH LSM LIRA sekaligus Presiden LSM LIRA, HM.Jusuf Rizal,SH kepada media di Batam, Kepulauan Riau (Kepri) terkait dugaan Abuse Of Power di Dirjen Gakkum KLHK dan di Kantor Pos Gakkum Batam, Kepri karena tidak menjalankan keputusan pengadilan yang merugikan puluhan milyar pengusaha pelayaran anggota Hiplindo (Himpunan Pengusaha Lira Indonesia).

Secara kronologis menurut pria penggiat anti korupsi, Jusuf Rizal kasus ini bermula ketika PT. Pelayaran Nasional Jaticatur Niaga Trans bekerjasama dengan pihak perusahaan dari Malaysia guna melakukan ekspor Fuel Oil dari Malaysia, transit melalui Pelabuhan Kepulauan Riau untuk kemudian di ekspor ke China sebagaimana ketentuan yang berlaku.

Fuel Oil tersebut bukan limbah berbahaya sebagaimana pernyataan PT. Sucofindo, tanggal 2 September 2022 yang telah melakukan tes terhadap Fuel Oil tersebut oleh Sub Departement Oil and Gas Labolatory PT. Sucofindo dan ditandatangani oleh Dian Mulyadi yang menyebutkan Fuel Oil tersebut bukan merupakan Limbah Barang, Berbahaya dan Baracun (B3) atau Blended Fuel Oil.

Kemudian hasil uji lab PT. Sucofindo ldiperkuat oleh PT. Sarana Inspect Indonesia (SII) — independen surveyer — tertanggal 22 Agustus 2023 Nomor Surat : 003/SII-SR/VIII/2023 yang menguji hasil Analisys Inotek (12 April 2022) serta PT. Sucofindo (2 September 2022) dan berdasarkan sampel yang diuji merupakan bahan yang sesuai (Fuel Oil) dan bukan merupakan Limbah Barang, Berbahaya dan Baracun (B3)

Perlu diketahui, tutur pria berdarah Madura-Batak Fuel Oil itu tidak turun di Pelabuhan Batam Indonesia (tidak memasukkan barang apapun ke Indonesia), tapi hanya transit kapal (Floting Dilaut/ship to ship) di Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (Pelabuhan Batu Ampar) untuk kemudian dipindahkan ke kapal lainnya (ship to ship) sesuai aturan yang berlaku guna dibawa ke tujuan China.

Perusahaan PT. Pelayaran Nasional Jaticatur Niaga Trans anggota Hiplindo (Himpunan Pengusaha Lira Indonesia) itu telah memenuhi seluruh persyaratan dalam kegiatan usaha angkut tersebut, mulai izin Bea dan Cukai, Depertement Perhubungan serta kemudian diperkuat dari hasil uji loboratorium bahwa Fuel Oil tersebut bukan Limbah B3.

Namun ditengah kegiatan pemindahan Fuel Oil di Kapal Floting (ship to ship) yang telah berjalan serta diketahui dan diawasi petugas Bea Cukai, Pelabuhan dan Departemen Perhubungan, tiba-tiba kapal MT. Tutuk didatangi sejumlah oknum dari Gakkum KLHK Batam, Propinsi Kepri, bernama Sunardi, Penyidik PNS KLHK didampingi 3-4 orang staff menggunakan Kapal Patroli KPLP. Kemudian mengambil sampel Fuel Oil dan melakukan penyegelan Kapal MT. Tutuk tanpa dasar, serta tanpa ada perintah, melakukan penyegelan (Pengadilan).

Tidak terima adanya penyegelan yang dianggap tidak sesuai prosedur, atas dasar bahwa Fuel Oil menurut Sunardi cs adalah limbah B3, maka PT. Pelayaran Nasional Jaticatur Niaga Trans melakukan pra pradilan terhadap Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Direktorat Penegakan Hukum Pidana. Pra Peradilan kemudian dimenangkan oleh PT. Pelayaran Nasional Jaticatur Niaga Trans dengan keputusan tanggal 27 April 2022 antara lain :

1. Menyatakan tidak sah tindakan penyitaan terhadap muatan kapal MT. TUTUK GT. 7463 berupa Fuel Oil sebanyak 5.500.538 Kgm (-+ 5.500 ton) yang dilakukan oleh Termohon (KLHK)

2. Memerintahkan Termohon (KLHK) untuk mengembalikan muatan Kapal MT. TUTUK GT.7463 berupa fuel oil sebanyak 5.500.538 Kgm (-+ 5.500 ton) kepada keadaan semula sebelum dilakukan penyitaan;

3. Memerintahkan Termohon (KLHK) untuk membuka kembali pita kuning penyitaan yang dipasang oleh Termohon (KLHK) pada tank valve manifold (ujung lobang atas tangki kapal) kapal MT. TUTUK GT. 7463;

4. Menyatakan tidak sah segala keputusan atau penetapan yang dilakukan oleh Termohon (KLHK) yang berkaitan dengan penyitaan terhadap muatan kapal MT. TUTUK GT.7463 berupa Fuel oil sebanyak 5.500.538 Kgm (-+ 5.500 ton);

Tetapi pasca Pra Peradilan yang dimenangkan oleh PT. Pelayaran Nasional Jaticatur Niaga Trans, Pihak Gakkum KLHK Batam bukannya melaksanakan Keputusan Pengadilan Batam, malah Pejabat Pengawas KLHK, Neneng Kurniasih kembali ke kapal MT. Tutuk dengan alasan mengambil sampel Fuel Oil (Padahal sebelumnya Sunardi cs telah mengambil sampel yang kemudian di pra peradilan). Kemudian dengan menggunakan UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Pasal 106 memasukkan Limbah B3 ke Wilayah Indonesia menjadikan Direktur Perusahaan PT. Pelayaran Nasional Jaticatur Niaga Trans, Wiko, menjadi tersangka.

Kemudian dengan arogan pada tanggal 20 November 2023, Kepala Subdirektorat Tindak Pidana Lingkungan Hidup selaku Penyidik PNS, Antonius Sardjanto memanggil Wiko (Anak Budianto) guna menghadap sejumlah penyidik PNS di Kantor Pos Gakkum Kepulauan Riau, Jl. Ir. Sutami No. 1 Sungai Harapan, Kecamatan Sekupang, Kota Batam, Propinsi Kepulauan Riau untuk diminta keterangan sebagai tersangka. Sejumlah penyidik PNS tersebut antara lain Neneng Kurniasih, Sunardi, Chepi Supiyana, Probo Mulyarto Nawa, Budi Kurnayadi, dan Haryadi.

“Para penyidik PSN tersebut menyatakan bahwa Fuel Oil adalah limbah B3, tanpa dasar dengan hanya melihat karena berwarna hitam. Padahal sudah ada keterangan hasil laboratorium dari PT.Sucofindo maupun laboratorium independen lain yang menyebutkan berdasarakan hasil laboratoriun, jika Fuel Oil tersebut bukan B3,” tegas Jusuf Rizal yang juga Ketua Tim Relawan Jokowi-Ma’ruf Amin The President Ceter itu.

Dari aspek inilah diduga adanya unsur Abuse Of Power (Penyalahgunaan Wewenang) dengan menggunakan UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dengan Pasal 106, memasukkan Limbah B3 ke Wilayah Indonesia menjadikan tersangka Pemilik Perusahaan.

LSM LIRA dan PWMOI dalam kasus ini menduga adanya Mens Rea (niat jahat atau ada unsur subjektif), persekongkolan jahat dan atau pemufakatan jahat di lingkungan Kantor Pos Gakkum, Batam, Kepulauan Riau. Dan diduga kasus ini tidak sampai ke Menteri, namun hanya sampai di Dirjen Gakkum KLHK.

Untuk itu LSM LIRA dan PEMOI telah melakukan investigasi dan menelusuri terhadap kasus yang menimpa anggota HIPLINDO (Himpunan Pengusaha Lira Indonesia) tersebut. Namun hingga berita ini diturunkan media belum memperoleh klarifikasi dari Gakkum Batam, Kepri dengan alasan libur jelang Nataru (Natal dan Tahun Baru)

Untuk itu LSM LIRA dan PWMOI akan mengadukan Dirjen Gakkum KLHK, bersama 9 orang aparat Kantor Pos Gakkum Kepulauan Riau, antara lain Neneng Kurniasih Pejabat Pengawas KLHK, Sunardi, Penyidik PNS KLHK, Antonius Sardjanto, Kasubdirektorat Tindak Pidana KLHK, Chapi Supriyana, PPNS KLHK, Rizki Puspita W.P, Gakkum KLHK, Nazili Abdul Aziz, Gakkum KLHK, Nap Sapoh, Gakkum KLHK serta dua orang saksi Brigadir Ade Putra Sihombing, Korwas PPNS Polda Kepulauan Riau dan Amira Rahmadani, Staff Balai Gakkum Wilayah Sumatera selaku saksi ke Penegak Hukum, karena tidak melaksanakan putusan pengadilan maupun dugaan Abuse of Power yang merugikan pengusaha puluhan milyar.

LSM LIRA dan PWMOI juga akan melakukan aksi demo ke berbagai instansi, baik Kementerian KLHK, DPR RI dan DPRD, Kekenkopolhukan, dll yang diduga terlibat dalam kasus ini sehingga Dirjen Gakkum tidak melaksanakan keputusan pengadilan yang berakibat kerugian bagi pengusaha pelayaran puluhan milyar.

Ketika ditanya wartawan apa tuntutan dari LSM LIRA dan PWMOI dalam kasus ini, menurut Jusuf Rizal Ketum FSPTSI (Federasi Serikat Pekerja Transport Seluruh Indonesia) adalah agar Gakkum KLHK segera menjalankan keputusan pengadilan agar kapal MT.Tutuk segera dapat beroperasi sebagaimana mestinya

“LBH LSM LIRA juga telah mengirimkan surat klarifikasi terhadap kasus ini, baik ke Menteri KLHK, DR.Ir. Siti Nurbaya,M.Sc serta Menkopolhukam, Mahfud Md karena diduga ada keterlibatan oknum-oknum didua instansi tersebut, sehingga tidak tuntas,” papar Jusuf Rizal kemudian. (Azis)

Bagikan ke
Continue Reading

Nasional

Pedagang Kaki Lima Pasar Pasir Gintung Lampung Berkomitmen Menjaga Stabilitas Ekonomi Menjelang Pemilu 2024

Published

on

LAMPUNG, SuaraBorneo.com – Sebagai bagian dari persiapan menyeluruh menghadapi pemilu 2024, pemerintah Indonesia secara tegas menetapkan prioritas untuk menjaga stabilitas perekonomian negara.

Dimana pada awal tahun 2023, Kementerian Keuangan bersama Badan Pusat Statistik merilis proyeksi pertumbuhan ekonomi yang realistis dan dapat dicapai.

Langkah ini bertujuan untuk memberikan kejelasan kepada pelaku ekonomi dan investor terkait arah ekonomi negara, sehingga mengurangi ketidakpastian yang dapat muncul menjelang pemilu 2024.

Selain itu, pemerintah juga mengimplementasikan kebijakan fiskal yang bijaksana, termasuk pengelolaan defisit anggaran yang hati-hati.

Dalam upaya untuk menjaga keseimbangan fiskal, pemerintah fokus pada pengeluaran yang produktif dan proyek-proyek infrastruktur strategis yang dapat merangsang pertumbuhan ekonomi jangka panjang.

Pendekatan ini bertujuan untuk menciptakan lapangan kerja baru dan merangsang sektor-sektor ekonomi kunci.

Di samping itu meningkatkan transparansi dalam pengelolaan keuangan negara juga untuk membangun kepercayaan masyarakat dan investor.

Laporan keuangan yang akurat dan terbuka diumumkan secara rutin, dan mekanisme pengawasan diperketat guna memastikan adanya akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan publik.

Sejalan dengan itu, pemerintah meningkatkan upaya dalam memperkuat sektor riil ekonomi, terutama sektor pertanian dan manufaktur. Ini dilakukan dengan memberikan insentif kepada pelaku usaha di sektor-sektor ini, seperti kemudahan akses kredit, bantuan teknis, dan perlindungan terhadap persaingan yang tidak sehat.

Dalam perkembangan terkini, Pedagang Kaki Lima Pasir Gintung Terkait pemilu, pemerintah telah mengambil langkah-langkah untuk menjaga integritas dan ketertiban dalam proses demokrasi memberikan keleluasaan kepada anggotanya untuk berperan aktif dalam memilih calon pemimpin sesuai pilihan masing-masing, sambil tetap menjaga situasi yang kondusif.

Mereka menegaskan kesiapan untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam menjaga Ketertiban dan Keamanan (Kamtibmas) selama pemilu 2024, dengan memastikan partisipasi yang damai dan tanpa tekanan dalam menentukan pilihan pemilih.

Pedagang Kaki Lima Pasar Pasir Gintung di Lampung percaya bahwa stabilitas Kamtibmas memiliki dampak langsung terhadap pertumbuhan ekonomi.

Dalam pernyataannya, Pedagang Kaki Lima Pasar Pasir Gintung menyatakan keyakinannya bahwa mendukung kebijakan pemerintah dalam menjaga keamanan selama periode pemilu adalah langkah strategis untuk melindungi investasi dan menciptakan lingkungan usaha yang stabil.

Dalam upaya meningkatkan perekonomian, pemerintah telah mengimplementasikan kebijakan strategis termasuk stimulus ekonomi dan reformasi struktural. Pedagang Kaki Lima Pasar Pasir Gintung berkomitmen menjaga ketersediaan dan harga stabil menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) dengan mendukung kebijakan tersebut.

Para anggota Pedagang Kaki Lima Pasar Pasir Gintung siap berperan aktif dalam memastikan kelancaran distribusi dan ketersediaan barang, serta menjaga harga tetap wajar, sehingga masyarakat dapat merayakan Nataru dengan sejahtera.

Keberlanjutan ekonomi yang stabil diharapkan dapat menciptakan iklim yang kondusif bagi pemilu 2024, Pemerintah yakin bahwa stabilitas perekonomian yang terjaga akan memberikan dasar yang kuat bagi partisipasi masyarakat dalam proses demokrasi tanpa terpengaruh oleh ketidakpastian ekonomi.

Dengan demikian, kebijakan-kebijakan ini membuktikan komitmen pemerintah untuk menghadapi tantanganv ekonomi menjelang pemilu, menjaga stabilitas, dan menciptakan fondasi kuat untuk pertumbuhan berkelanjutan. (Azis)

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer