Pagi dan Sore Macet, Warga Kecewa Pemprov Kalsel Belum Resmikan Jembatan Sei Alalak – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-12

Barito Kuala

Pagi dan Sore Macet, Warga Kecewa Pemprov Kalsel Belum Resmikan Jembatan Sei Alalak

Published

on

HANDIL BAKTI, suaraborneo.com – Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Kalsel terutama Gubernur Kalsel, HM Sahbirin Noor diharapkan untuk mengambil sikap, segera membuka Jembatan ‘Lengkung’ Sei Alalak, guna mengurai kemacetan warga Handil Bakti dan Kayutangi.

Selaku orang nomor satu di Provinsi Kalimantan Selatan ((Kalsel) Dalam kondisi seperti ini, Paman Birin (sapaan akrab gubernur) harus berada di depan dalam merespons permintaan masyarakatnya.

“Selama dua tahun lebih kami sudah bersabar dalam kemacetan jelang pagi dan sore hari, setelah selesai pembuatan jembatan Lengkung Sei Alalak ditetap 15 September 2021 kemaren kami merasa senang, berharap jembatan baru tersebut dibuka (diresmikan),” ungkap Ady warga Handil Bakti kepada suaraborneo.com, Kamis (23/9/2021).

Foto : Suasana Kemacetan di pagi hari, warga Handil Bakti aktivitas menuju ke Kota Bnajarmasin

Ady menambahkan, dengar kabar menunggu peresmian dari Presiden RI Jokowi, sedangkan jembatan sudah selesai, itu sama saja dengan membiarkan masyarakat dalam kesusahan, karena selalu terjebak kemacetan.

“Sampai sekarang belum diresmikan, Iya kalau Jokowi bisa datang ke Kalsel dalam satu bulan ini untuk meresmikan jembatan, kalau sampai 1 tahun, apa yang terjadi. Sekali lagi kepada Pemprov Kalsel, harus bijak dalam menyikapi ini, dan harus berani membuka Jembatan Alalak, demi warganya,” tambahnya merasa kesal.

Jembatan ‘Lengkung’ Sungai Alalak atau Jembatan Kayutangi Ujung sudah rampung pembangunannya secara teknis dan sudah uji coba.

Meski sudah rampung, jembatan megah itu, nyatanya belum bisa digunakan masyarakat, karena belum diresmikan penggunaannya.

Padahal, masyarakat sudah 2 tahun lebih bergelut dengan kemacetan dan berharap jembatan segera dibuka. (ad-sb)

Barito Kuala

YDSP Batola Berkolaborasi Dengan UPZ Bank Kalsel Bantu Pengobatan Aliqa Az Zahra Penderita Jantung Bocor

Published

on

Direktur UPZ Bank Kalsel, Bapak H. M Fajri Muhtadi bersama Bupati Barito Kuala Ibu Hj. Noormiliyani AS diserahkan bantuan kepada orang tua dari Aliqa Az-Zahra dan Nenek dari Supian Ansyari. (Foto: Ist) 

BARITO KUALA, SuaraBorneo.com – Penderita jantung bocor yaitu Aliqa Az Zahra (2 tahun) dari Kecamatan Mandastana dan Supian Ansyari (10 bulan) dari Kecamatan Alalak.

Mengingat besarnya biaya pengobatan dan perawatan operasi jantung selama di Jakarta. Yayasan Dompet Sedekah Peduli (YDSP) Batola menggandeng (berkolaborasi) dengan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Bank Kalsel agar bantuan bisa lebih besar dan terasa manfaatnya oleh para penerima bantuan.

Dalam sambutannya, Ibu Bupati menyebut, “Dengan keterbatasan dana dari Yayasan Dompet Sedekah Peduli Batola pihaknya menggandeng (berkolaborasi) Bank Kalsel agar pengobatan para penerima bantuan bisa lebiha maksimal,” katanya.

Adapun penyerahan bantuan di lakukan secara simbolis oleh Direktur UPZ Bank Kalsel, Bapak H. M Fajri Muhtadi yang juga mewakili jajaran Manajemen Bank Kalsel kepada Bupati Barito Kuala Ibu Hj. Noormiliyani AS dan langsung diserahkan kepada orang tua dari Aliqa Az-Zahra dan Nenek dari Supian Ansyari.

Turut serta dalam penyerahan tersebut yang didampingi oleh Camat Mandastana, Akhmad Husaini; Kepala Desa Puntik Luar, Syarifullah; Camat Alalak, M. Sya’rawi; Kepala Desa Sewangi, Syarifah serta Kepala Cabang Bank Kalsel Marabahan, A. Fauzi Noor di Rumah Dinas Bupati Barito Kuala.

Semoga dengan bantuan tersebut dapat meringankan beban orang tua selama perawatan anaknya dirumah sakitdan mendapat keberkahan khususnya di bulan suci Ramadhan saat ini.

“Bagi para dermawan (donatur) dan sahabat Gen-K yang ingin menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu saudara kita yang membutuhkan, kamu bisa ikut berpartisipasi dalam program-program kegiatan yang diinisiasi oleh UPZ Bank Kalsel dengan menyalurkan zakat, infak dan sedekah melalui UPZ Bank Kalsel,” ajak UPZ Bank Kalsel. [adv/ad]

Rekening Infak dan Sedekah :
Bank Kalsel Syariah :
6500844928 (Zakat)
6500846214 (Infak dan Sedekah)
A.n Unit Pengumpul Zakat Bank Kalsel

Konsultasi dan Konfirmasi transfer via WA Center UPZ Bank Kalsel
0811505153

#UPZBankKalsel #bankkalsel #bankkalselsyariah

Continue Reading

Barito Kuala

Revolusi Hijau, Danrem 101/Ant Ajak Insan Pers Kalsel Tanam Mangrove Rambai

Published

on

BARITO KUALA, suaraborneo.com – Komandan Korem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah menggelar Silaturahmi Danrem 101/Antasari dengan Insan Pers di Wilayah Kalsel, melalui kegiatan Revolusi Hijau Penanaman Pohon Mangrove Rambai dengan tema “Jaga Mangrove Untuk Bumi Kita” bertempat di Taman Wisata Alam Pulau Bakut, Kecamatan Anjir Muara, Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (25/11/2021).

Penanaman Pohon Mangrove ini didukung oleh BKSDA Kalimantan Selatan, dengan tujuan untuk mencegah terjadinya erosi dan sebagai pelestarian ekosistem alam, serta sebagai ajang untuk mengenalkan potensi wisata alam yang dimiliki oleh Kalimantan Selatan kepada Insan Pers dan masyarakat.

Sekjen PWI Kalimantan Selatan Yusni Hardi menyatakan “Kita ketahui mangrove ini sangat tepat untuk dikembangkan, karena menjaga sistem perairan, ini sangat membantu, semoga bisa berlanjut, tidak hanya TNI, namun juga bisa dilaksanakan oleh masyarakat secara umum”, ucapnya.

“Penanaman pohon ini sangat berfungsi untuk mencegah bencana alam. Kami nilai Danrem 101/Antasari mengajak kami menanam pohon mangrove di Pulau Bakut ini adalah sangat luar biasa dalam menjaga ekosistem”, pungkasnya.

Sementara itu Danrem 101/Antasari mengatakan “kami melaksanakan kegiatan silaturahmi Danrem 101/Antasari bersama dengan Insan Pers dikemas dengan kegiatan penanaman Pohon Mangrove. Kita juga ajak rekan media untuk berkunjung ke Pulau Bakut, sehingga lebih mengenal bagian wilayah Kalimantan Selatan. Melalui kegiatan ini kita bisa memberikan kontribusi positif kepada Kalimantan Selatan. Semoga pihak-pihak lain juga bisa melakukan hal yang sama untuk mengantisipasi erosi dan bencana alam di wilayah Kalimantan Selatan”, ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan “kita juga berharap kepada insan pers untuk bisa menginformasikan kepada masyarakat bahwa, kita harus pelihara bersama kondisi yang sudah baik dengan mematuhi aturan yang telah ditentukan dalam rangka antisipasi perkembangan Covid-19 di Kalimantan Selatan”, tambahnya.

“Satu hal lagi kita butuh kerja sama dan kerja keras kita semua, baik itu Pemerintah Daerah, Polri, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan rekan-rekan media. Mari kita imbau masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi agar segera melaksanakan vaksin, karena di wilayah Kalsel baru mencapai kisaran 46 % dari target sekitar 70 %. Mari kita edukasi masyarakat, bahwa dengan melaksanakan vaksinasi akan menimbulkan kekebalan kelompok (herd immunity),” pungkasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh, Danrem 101/Antasari, Para Kasi Korem 101/Antasari, Dandim 1005/Barito Kuala, Kepala BKSDA Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Kepala SWK lll, Sekjen PWI Kalimantan Selatan, Ketua IJTI Kalimantan Selatan dan Insan Pers Kalimantan Selatan. [ad-sb]

Continue Reading

Barito Kuala

Rumah Warga Di Komplek Grand Purnama 2 Rusak Berat Diterjang Angin Puting Beliung

Published

on

HANDIL BAKTI, suaraborneo.com – Angin puting beliung disertai hujan deras memorak-porandakan beberapa rumah di Jalan Trans Kalimantan Komplek Grand Purnama 2 Blok J Jalur 40 Handil Bakti Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan, Jum’at (8/10/2021) sore.

Kencangnya terpaan angin hingga mengangkat lepas atap rumah warga di antara pemilik rumah, Franky Simanjutak dan Muhammad Fauzi.

“Totalnya ada sekitar 6 rumah yang rusak. Kondisinya ada yang ringan 2 buah ada juga yang berat sekitar 4 buah rumah,” kata seorang saksi mata warga setempat.

Foto : Rumah rusak akibat terjangan angin puting beliung dan pihak PLN melakukan pemutusan, perbaikan aliran listrik

Warga yang rumahnya rusak saat ini belum ada ditempat, dikarenakan masih belum pulang kerja saat kejadian musibah rumah mereka diterpa angin putting beliung.

“Sangat mengerikan saat datangnya angin putting beliung menerjang rumah, seng-seng atap rumah pada berterbangan naik tinggi keatas,” beber warga setempat saat menyaksikan terjadinya musibah ini.

Continue Reading

Barito Kuala

Warga Kecewa, Jalan Utama Perum Grand Purnama 2 Rusak Berat Kurang Perhatian dari Developer

Published

on

HANDIL BAKTI, suaraborneo.com – Delapan bulan pasca banjir wilayah Kalimantan Selatan, terutama daerah Handil Bakti kabupaten Barito Kuala khususnya Perumahan (Perum) Grand Purnama 2, rumah warga di perumahan mengalami banjir selama 10 hari lebih.
Perumahan Grand Purnama 2 setelah mengalami banjir mengakibatkan jalan rusak, terutama jalan utama masuk ke komplek tahap 4 jalur F dan H.

Salah satu warga (namanya tidak mau disebutkan) menyampaikan, memang dari awal kami bertempat tinggal di komplek ini selama satu tahun lebih jalan utama sulit dilalui, dari inisiatif warga sendiri mengadakan sumbangan sukarela melakukan perbaikan dan akhirnya dari pihak developer membantu, keluhan warga kepada wartawan kami, Kamis (16/9/2021).

“Tapi setelah banjir melanda selama delapan bulan ini jalan menjadi rusak kembali dan sulit untuk dilewati tidak ada perhatian atau perbaikan dari pihak developer, malah perumahan baru diperhatikan mereka jalan utama dan masuk blok bagus, beraspal, kami yang lama malah di anak tirikan dibiarkan jalan rusak berat begitu saja,” ungkap salah satu warga merasa kecewa.

Perumahan bersubsidi untuk wilayah Kalimantan Selatan memang membanjir tapi sangat disayangkan fasilitas dan kenyaman para warga konsumen kurang, fasilitas utama (Fasum) tidak dipersiapkan/dibangun dan terutama jalan masuk ke perumahan sulit untuk dilewati (rusak).

“Kami berharap kepada pihak developer (perumahan) supaya diperhatikan jalan diperbaiki demi kenyaman bersama, kami tunggu selama satu bulan ini apabila tidak ada perkembangannya, kami bersama wartawan akan konfirmasi kepada pihak developer, klo perlu ke Pemerintahan Kabupaten Barito Kuala, pihak instansi yang terkait,” pungkas salah satu warga. (ad-sb)

Continue Reading

Umum

Populer