Connect with us
FILE-MASAK-LOGO-SB-5

Kalteng

Perluasan Tata Ruang Permudah Akses Ekonomi Masyarakat

Published

on

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Perluasan tata ruang bertujuan memberikan ruang seluas-luasnya bagi rakyat Indonesia dalam rangka menciptakan lapangan kerja serta memberikan kemudahan bagi UMKM.

Hal ini disampaikan, Sekda Kapuas, Drs Septedy M.Si ketika membacakan sambutan Menteri ATR/BPN Sofyan Jalil pada upacara peringatan Hari Agraria ke-61 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria (UUPA) ke-61 di Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah dihadiri Kepala Kantor BPN Febri Effendi, S.SIT, MM dan jajaran Jum’at (24/9/2021).

Adapun tema HUT Agraria tahun 2021 “Percepatan Pemulihan Ekonomi melalui Pelayanan Tata Ruang dan Pertanahan yang Profesional”.

Dikatakan, terkait ini salah satu tujuan adanya Undang-Undang Cipta Kerja yaitu memperbaiki persoalan perizinan kegiatan berusaha.

Terkait ini juga, memberikan ruang yang lebih luas dan peran penting bagi tata ruang sebagai ujung tombak dalam pemberian izin berusaha.

Lebih lanjut dikatakan,
dukungan terkait kemudahan perizinan ada 3 (tiga) persyaratan dasar yang dibutuhkan dalam rangka kegiatan berusaha yaitu Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR), Persetujuan Lingkungan dan Detail Tata Ruang (RDTR).

“Oleh karena itulah, bersama-sama Pemerintah Daerah tentunya harus kita dorong dan percepat penerbitannya,”ujarnya.

Ditambahkan, Menteri ATR/BPN Presiden Republik Indonesia telah menyerahkan sertifikat Redistribusi Tanah Objek Reforma Agraria dan hasil penyelesaian konflik pertanahan sebanyak 124.120 sertifikat di 26 provinsi dan 127 kabupaten/kota. (ujang/ery-SB).

 79 kali dilihat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer