Connect with us
FILE-MASAK-LOGO-SB-5

Daerah

TNI AL-Lanal Banjarmasin Gelar Bhakti Sosial Masyarakat Maritim Di Desa Tabanio

Published

on

TANAH LAUT, suaraborneo.com – Dalam rangka fungsi pembinaan potensi Maritim, TNI AL melalui Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin menyelenggarakan pembukaan kegiatan Bhakti Sosial di Desa Tabanio Kec. Takisung Kab. Tanah Laut, diketahui Desa tersebut merupakan masyarakat Maritim (Pesisir) binaan Lanal Banjarmasin dan sesuai rencana akan diresmikan sebagai Kampung Bahari Nusantara (KBN).

Diharapkan melalui kegiatan Bhakti Sosial (Baksos) ini dapat membantu meringankan tugas pemerintah daerah serta memberikan manfaat yang sebesar besarnya untuk kemakmuran masyarakat, salah satu tujuannya adalah memberdayakan warga pesisir tersebut supaya hasil potensi bidang ekonomi Kelautannya bisa dimanfaatkan secara optimal dan bisa menambah kesejahteraan, terlebih disaat musim Pandemi Covid-19 yang belum berakhir serta dapat meningkatkan sumber daya manusia yang handal dan tangguh. Acara dibuka ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Komandan Lanal Banjarmasin, Rabu (29/9/2021).

Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr. Hanla dalam sambuttanya mengatakan bahwa kegiatan Bhakti Sosial TNI AL yang diselenggarakan ini merupakan progam yang dicanangkan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudho Margono,S.E., M.M sebagai wujud kepedulian serta ikut membantu progam Pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat.

“Operasi Bhakti TNI AL juga sebagai perwujudan keikutsertaannya dalam melestarikan dan memperkokoh kemanunggalan TNI dengan rakyat dan pembinaan ketahanan nasional untuk berperan aktif dalam menunjang pembangunan nasional serta bagian garda terdepan untuk pembinaan kepada masyarakat pesisir sebagai pertahanan Nasional yang kuat,” terang Danlanal.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Tanah Laut Drs. Dahnial Kifli menyampaikan apresiasi kepada TNI AL, dalam hal ini Lanal Banjarmasin yang telah menyelenggarakan program Operasi Karya Bhakti Sosial, dengan kegiatan ini, sehingga dapat membantu kekurangan sarana dan prasarana di Desa Tabanio ini.

“Desa Tabanio ini, merupakan Desa binaan Lanal Banjarmasin dan sesuai rencana akan dijadikan sebagai Kampung Bahari Nasional (KBN), Semoga sinergitas yang baik ini dapat bermanfaaf bagi warga Pesisir dalam mewadahi kebutuhan masyarakat dan mendapat nilai ibadah dari tuhan YME, kebersamaan ini tidak berhenti sampai disini saja, kedepan tetap akan kita agendakan kembali secara berkelanjutan,” tambah Sekda Tanah Laut.

Usai acara peresmian pembukaan Bhakti Sosial, rombongan melaksanakan peninjauan ke lokasi pembangunan diantaranya pembangunan tempat ibadah, renovasi tempat pendidikan (sekolahan), perbaikan sarana jalan, pembuatan MCK dan acara terakhir ditutup dengan peninjauan ke Pos TNI AL Tabanio.

Turut hadir dalam kegiatan antara lain Prajurit Lanal Banjarmasin, Ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab XIII DJA II Ny. Farrah Herbiyantoko beserta pengurus, Kadis Pendidikan Tanah Laut Drs. H. Zainal Abidin, Kadis Kesehatan Tanah Laut Hj. Nina Sandra, Camat Takisung Bpk Yudo Restanto, Kepala Puskesmas Takisung Sdri. Agustina Maria, Kapolsek Takisung Iptu Danang Eko, Danramil 1009-04/Takisung Kapten Inf. Muhammad Zaed, Kepala Bakesbangpol Tanah Laut H. Rudi Ismanto, Kepala Desa Tabanio Bpk. Madiansyah, Kepala Sekolah SMPN 2 Takisung, Kepala Sekolah SDN 2 Tabanio,
perwakilan Stake Holder, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta para tamu dan undangan lainnya. (ad-sb)

 194 kali dilihat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Umum

Populer