Connect with us
FILE-MASAK-LOGO-SB-5

Kalteng

Dinkes Kapuas : Penyintas Covid-19 Bisa Disuntik Vaksin Setelah 1 Bulan Dinyatakan Sembuh

Published

on

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah (Kalteng) menyatakan penyintas atau seseorang yang pernah mengalami positif Covid-19 kini bisa disuntikkan vaksin setelah 1 bulan dinyatakan sembuh dan hasil swab negatif.

“Ketentuan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan nomor HK.02.01/I/2524/2021 tentang Vaksinasi Covid-19 bagi Penyintas,”kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Apendi melalui Kepala Bidang P2PM dr Tunon Irawati Panjaitan kepada wartawan Rabu (29/9/2021).

Dijelaskan bahwa dalam peraturan baru yakni Surat Edaran tentang vaksinasi Covid-19 bagi penyintas disebutkan bahwa penyintas boleh divaksinasi setelah 1 bulan dan 3 bulan dinyatakan sembuh hanya saja tergantung derajat keparahan penyakit.

Seperti surat tanggal 29 September 2021 Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan ditanda tangani dr Maxi Rein Rondonuwu mengatakan vaksinasi Covid-19 dalam aspek ilmiah dan medis bersifat dinamis dan terus mengalami perkembangan.

Dengan demikian telah ditentukan penyintas dengan derajat keparahan penyakit ringan sampai sedang vaksinasi diberikan dengan jarak waktu minimal 1 bulan setelah dinyatakan sembuh.

Sementara itu untuk penyintas dengan derajat keparahan penyakit yang berat vaksinasi diberikan dengan jarak waktu minimal 3 bulan setelah dinyatakan sembuh.

“Jenis vaksin yang diberikan kepada penyintas disesuaikan dengan logistik vaksin yang tersedia,”demikian Plt Dirjen. (ujang/ery-SB).

 77 kali dilihat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Umum

Populer