Connect with us
FILE-MASAK-LOGO-SB-5

Kalteng

MTs Annur Pertahankan Predikat A

Published

on

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo.com – Pada tahun 2021 ini, MTs Annur yang beralamatkan di Jala S. Parman No. 31 telah menjadi salah satu Pilot Project Akreditasi secara virtual di Kota Palangka Raya.

Visitasi akreditasi MTs Annur dilaksanakan secara daring/online melalui zoom meeting akibat pandemi Covid-19 dan dilaksanakan selama dua hari, yaitu Jum’at dan Sabtu (24-25 September 2021) di ruang Laboratorium Komputer.

Adapun yang ditunjuk untuk menjadi Asesor kegiatan tersebut adalah Sukardi dan Tutik Haryani.

Dalam kegiatan penilaian, assesor menggunakan berbagai teknik penggalian data yakni pengamatan lapangan (observasi) melalui zoom meeting, telaah dokumen, wawancara dengan warga sekolah/madrasah dan pemangku kepentingan yang terdiri dari kepala, komite, kurikulum, wali siswa, siswa, guru dan pegawai.

Sebelumnya, MTs Annur melalui oprator Madrasah Juhari Yansah, telah dilakukan kegiatan upload atau unggah dokumen berupa bukti fisik melalui portal BAN SM dengan alamat website SisPenA SM bansm.kemdikbud.go.id.

Jumlah dokumen yang mencapai puluhan menjadi bagian dari aspek penilaian akreditasi yang meliputi empat komponen yaitu komponen Mutu Lulusan, komponen Proses Pembelajaran, Komponen Mutu Guru dan Komponen Managemen.

Kepala MTs Annur, H. Rus’ansyah mengatakan persiapan yang dilakukan oleh MTs Palangka Raya dalam menghadapi visitasi akreditasi secara virtual dilakukan secara matang bahkan sampai melakukan simulasi visitasi.

“Untuk menghadapi akreditasi daring ini secara matang kami mempersiapkan diri selama 1 setengah bulan sejak akhir Juli dengan melengkapi perangkat visitasi, mengunggah dokumen isian alias bukti fisik berupa instrumen akreditasi, instrumen pengumpulan data, dan informasi pendukung, sesuai kondisi riil madrasah.

Laptop dan jaringan internet stabil, aplikasi zoom meeting dan ruangan yang representative juga perlu dipersiapkan secara baik untuk menghindari hal tak dinginkan” ungkap Kepala Madrasah MTs Annur , H. Rus’ansyah, Jum’at (24/9/2021) lalu.

Dikatakan, pada hari pertama kegiatan Visitasi Akreditasi dibuka oleh Kepala Madrasah H. Rus’ansyah dan dilanjutkan dengan pemaparan dan presentasi profil MTs Annur . Penggalian data IASP dengan narasumber kepala madrasah dengan metode wawancara dan telaah dokumen, penggalian data IASP dengan narasumber kepala tata usaha, penggalian data IASP dengan narasumber guru BK, penggalian data IASP dengan narasumber orang tua siswa dan komite madrasah.

Kegiatan hari pertama berjalan dengan lancar. Pada hari kedua pelaksanaan visitasi akreditasi daring dilanjutkan dengan kegiatan penggalian data IASP (Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan) terkait dengan proses pembelajaran dengan metode observasi melalui zoom dengan narasumber guru IPA (Ibu Dewi Utari) dan guru Bahasa Arab (H. Ahmad Kasimi) , dilanjutkan dengan penggalian data IASP dengan narasumber guru.

Proses pembelajaran yang dilakukan antara lain, guru menyampaikan materi, siswa dan asesor menyimak. Siswa aktif bertanya ataupun berkomentar terhadap pembelajaran yang sedang berlangsung. Setelah kegiatan pembelajaran berakhir, asesor mengajukan pertanyaan kepada guru yang telah melakukan pembelajaran.

Ditambahkan visitasi akreditasi daring yang berlangsung selama dua hari ini diakhiri dengan acara penutupan oleh asesor diikuti oleh kepala madrasah, tata usaha, dan guru/pegawai MTs Annur, dan bertempat di ruang Labkom, pukul 16.00 WIB.

Sukardi, salah satu tim asesor mengucapkan terima kasih kepada madrasah yang telah menyiapkan dokumen dan lain-lain dalam rangka visitasi akreditasi daring dan berharap semoga jerih payah bapak ibu guru dan pegawai tercatat sebagai ibadah dan mendapat hasil yang maksimal.

“Alhamdulilah bagi seluruh keluarga besar MTs Annur tahapan tahapan dalam akreditasi sekolah telah dilalui sampai sekarang dalam tahapan penyelesaian penilaiaan dan persiapan validasi. Semoga seluruh kerja dan perjuangannya dalam menghadapi akreditasi ini senantiasa dinilai ibadah oleh Allah SWT,”ujarnya. (ujang/ery-SB)

 88 kali dilihat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Umum

Populer