Connect with us
FILE-MASAK-LOGO-SB-5

Kalteng

Bupati: Kerja Sama Seluruh Pihak Dibutuhkan Dalam Upaya Turunkan Stunting

Published

on

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Bupati Kapuas Ben Brahim mengatakan, berdasarkan hasil analisis situasi terhadap prevalensi stunting, kesenjangan cakupan pelayanan dan jumlah kasus stunting di Kabupaten Kapuas, maka telah ditentukan lokasi fokus prioritas intervensi tahun 2021 sebanyak 77 Desa/Kelurahan yang tersebar di 17 Kecamatan

Untuk mendukung turunnya angka stunting di Kabupaten Kapuas, maka diperlukan dukungan dari stakeholder dan berbagai pihak yang terlibat dalam upaya mengatasi stunting ini, salah satunya adalah Kader Pembangunan Manusia (KPM).

Kader Pembangunan Manusia adalah Kader yang berfungsi untuk membantu desa dalam memfasilitasi pelaksanaan integrasi pencegahan dan penurunan stunting di Kabupaten Kapuas, khususnya di tingkat desa dan kelurahan.

“Untuk itu saya telah menginstruksikan kepada seluruh jajaran agar secara masif untuk menjadikan Desa/Kelurahan yang sudah didata, sebagai sasaran prioritas pencegahan dan penanganan stunting, mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan hingga Desa dan Kelurahan, yakni dengan melaksanakan delapan aksi konvergesi stunting,”tutur Ben Brahim S Bahat, belum lama ini.

Menurutnya, hal ini sejalan dengan komitmen Presiden RI Jiko Widodo yang baru-baru ini telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 72 tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting yang menetapkan strategi nasional untuk mencapai target tujuan pembangunan berkelanjutan pada tahun 2030 dimana ditetapkan juga target antara yang harus dicapai sebesar 14% pada tahun 2024.

Dirinya pun meminta kepada para Kader untuk selalu berkoordinasi dan bekerja sama dengan para pemangku kepentingan yang ada di Desa/Kelurahan terkait data stunting. “Pastikan data yang dimiliki sama persis dengan data yang dimiliki oleh para Kader Desa/Kelurahan yang lain, sehingga Kabupaten Kapuas kedepan menuju satu data terkait dengan data stunting,”harapnya.

Untuk mendukung hal tersebut, Bupati Kapuas itu kembali mengajak kepada seluruh sektor untuk bersama-sama bekerja keras, bekerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja tuntas dalam upaya untuk memerangi stunting di Kabupaten Kapuas. (ujang/ery-SB).

 125 kali dilihat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer