Connect with us
FILE-MASAK-LOGO-SB-5

Kalteng

301 Mahasiswa KKN ke-46 UMPR Siap Terjun Langsung Ke Masyarakat

Published

on

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo.com – Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) menerjunkan 301 mahasiswa, untuk mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke-46. Pembukaan dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Dr. Sonedi, M.Pd.

Dalam acara Pembukaan KKN ke-46 UMPR Tahun 2021. Pembukaan ini berlangsung secara virtual, Rabu (6/9/2021).

Kegiatan yang dilangsung via Platform Zoom Meeting ini turut dihadiri Wakil Rektor 1, Dr. Hj. Laksminarti, S.H., M.H., dan Wakil Rektor 3, Dr. Norcahyono, S.Pd.I, M.H.I., beserta para Personil LP2M.
Pada KKN ke-46 tahun 2021 ini, UMPR menyebar peserta KKN di beberapa kabupaten/kota di Kalimantan Tengah. Ketua Panitia KKN ke-45, Endang Sri Suyati, M.Pd. menjelaskan, KKN pada periode ini dilaksanakan di 3 Kabupaten/Kota dan mulai disosialisasikan sejak September 2021 ini dan akan berakhir pada Desember 2021.

“Kegiatan KKN ke-46 ini secara resmi sudah dibuka oleh Rektor UMPR dan setelah pembukaan ini setiap Dosen Pembimbing Lapangan akan melakukan pengantaran mahasiswa KKN ke masing-masing lokasi,”ujar Endang Sri Suyati, M.Pd. selepas acara Pembukaan pada Rabu (6/9).

Lebih lanjut Endang Sri Suyati, M.Pd. menyebutkan bahwa 301 mahasiswa peserta KKN dibagi menjadi 28 kelompok.

“Pada KKN kali ini akan ada 28 Kelompok yang disebar ke Kota Palangkaraya sejumlah 13 kelompok, Kabupaten Pulang Pisau sejumlah 7 kelompok, Kabupaten Kasongan 6 kelompok, dan terdapat 2 kelompok yang disesuaikan dengan domisili dari mahasiwa”sahut Kabid Pengabdian Masyarakat ini.
Seperti diketahui, Kegiatan KKN dibawahi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M).

Kepala LP2M, Dr. Nurul Hikmah Kartini, S.Si., M.Pd. mengemukakan bahwa pada KKN kali ini akan dipusatkan pada pengembangan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) dan Universitas.

“Pada KKN ke-46 ini kami bagi menjadi kegiatan fisik dan non-fisik. Pada kegiatan non fisik para peserta KKN dapat terjun langsung ke masyarakat untuk memberikan pelatihan, penyuluhan, hingga pemberian sembako yang tentunya kami harapkan dapat meringankan beban masyarakat khususnya yang terdampak Pandemi Covid-19,”sambung Dr. Nurul Hikmah Kartini, S.Si., M.Pd. pada Rabu (6/9).

Sementara Rektor UMPR, Dr. Sonedi M.Pd dalam sambutan pembukaan KKN ke-46, menyampaikan motivasi kepada peserta agar menjaga nama baik almamater, tetap semangat menunjukan kreativitas ditengah keterbatasan, serta dapat memberikan sumbangsih kepada Masyarakat Kalimantan Tengah.

“Sekian semester menimba ilmu di kampus, inilah saatnya mengimplementasikan dan mengamalkan apa yang dipelajari selama di kampus. Kehidupan kampus mungkin tidak begitu kompleks dengan yang kita hadapi sehari-hari, sehingga adaptasi dengan lingkungan dan hal baru harus kita lakukan. Mari kita belajar dari kehidupan sebenarnya karena pendidikan yang sebenarnya adalah dimasyarakat”, tegas Dr. Sonedi, M.Pd, Rabu (6/9).

Dengan tersebarnya peserta KKN di berbagai penjuru Kalimantan Tengah, adalah kesempatan berharga untuk mengenalkan kampus yang memiliki tagline Unggul dan Berkarakter ini ke masyarakat luas.

Selain itu, bagi peserta juga dapat berkontribusi terhadap masalah Covid-19 yang menjadi momok di negeri ini, seperti mensosialisasikan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak), hingga mengajak masyarakat untuk mengembangkan potensi di lingkungannya.

Lebih lanjut, Dr. Sonedi, M.Pd menjelaskan bahwa pada KKN kali ini para peserta KKN diharapkan dapat melakukan pengabdian terhadap Institusi dan Lembaga karena para Peserta KKN yang pembagian kelompoknya berada di Kota Palangka Raya akan dipusatkan kegiatan Fisiknya di Area Kampus 2 UMPR.

Dalam pembukaan KKN-46 ini, Rektor UMPR didampingi Wakil Rektor 1 dan 3 secara simbolik melakukan Pemasangan Atribut KKN-45 kepada 2 Perwakilan Mahasiswa. Seusai pembukaan, para Peserta kemudian diberikan materi diantaranya Materi Kebijakan KKN di masa Pandemi (Dr. Hj.

Laksminarti, S.H., M.H.), Materi Kerja Lapangan Fisik (Norseta Ajie Saputra, M.T.), Materi Kegiatan Kerja Lapangan Non Fisik dalam Penanganan Covid-19 (Ika Safitri Windiarti, S.T., M.Eng., Ph.D.), Materi PLH (Kamalia, S.Hut., M.Si), Materi Pedoman KKN (Endang Sri Suyati, M.Pd. dan Dr. Nurul Hikmah Kartini, S.Si., M.Pd.). (ujang/ery-SB)

 309 kali dilihat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Umum

Populer