TNI AL-Lanal Banjarmasin Dan Kadin Banjar Bersinergi Gelar Vaksinasi Covid-19 – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-12

Kalsel

TNI AL-Lanal Banjarmasin Dan Kadin Banjar Bersinergi Gelar Vaksinasi Covid-19

Published

on

MARTAPURA, suaraborneo.com – Seperti kita ketahui bersama, penyebaran wabah Covid-19 sudah menjadi fenomena yang menimbulkan kekhawatiran bagi banyak orang di tanah air, khususnya di wilayah Kalimantan Selatan, walaupun jumlah pasien yang terinfeksi sudah mulai ada penurunan, namun tidak menutup kemungkinan virus tersebut masih ada dilingkungan masyarakat.

Melihat kondisi saat ini, perlu dilaksanakan kesadaran kita semua dalam menerapkan protokol kesehatan yang ketat, guna menangkal dan menghentikan laju penularan Virus Corona yang menjadi musuh bersama.

Untuk menanggapi hal tersebut, kali ini Pangkalan TNI AL (Lanal) Banjarmasin bersinergi dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kab. Banjar menyelenggarakan Operasi Serbuan Vaksinasi (Servak) Covid-19 kepada masyarakat maritim (Pesisir) dan masyarakat Kota serta para pelajar bertempat di kantor DPRD Kabupaten Banjar, Kamis (14/10/2021).

Servak dosis pertama dan ke-2 ini menggunakan Vaksin jenis Astra Zeneca untuk usia 18 tahun dan Vaksin jenis Sinovac diperuntukkan bagi yang berusia 13 tahun.

Sebanyak 39 tenaga kesehatan gabungan sekaligus sebagai Tim Vaksinator terlibat dalam kegiatan Servak ini yaitu dari Balai Pengobatan (BP) Lanal Banjarmasin, Dinkes Kota Banjarmasin dan Dinkes Kab. Banjar.

Saat meninjau, Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr. Hanla mengatakan, kegiatan Operasi Serbuan Vaksinasi Maritim secara massal ini selaras dengan perintah langsung dari Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S. E., M. M, yaitu TNI AL beserta jajarannya agar berperan aktif dalam mendukung dan mensukseskan program pemerintah dalam rangka percepatan dan penanganan penyebaran Wabah Covid-19 secara totalitas dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang dimiliki.

Sinergitas dan aksi kerja nyata ini untuk menciptakan Herd Immunity (Kekebalan Kelompok) dilapisan masyarakat, supaya tetap terlindungi dari serangan Virus, sehingga masyarakat bisa beraktivitas kembali dengan normal menuju tatanan kehidupan yang baru dan sehat., tambah Danlanal

Sementara itu, Bupati Kab. Banjar H. Saidi Mansyur dan Ketua Kadin Kab. Banjar H. Mahmud Rofiqi menyampaikan ucapan terima kasih dan Apresiasi yang setinggi – tingginya kepada Lanal Banjarmasin atas Sinergitas yang baik ini, semoga Serbuan Vaksinasi Maritim ini bermanfaat bagi masyarakat Kab. Banjar dan sekitarnya supaya secepatnya bisa memutus mata rantai penyebaran Wabah Covid-19 dan mengembalikan putaran ekonomi bisa segera pulih seperti sedia kala.

Kerja sama ini tidak berhenti sampai disini saja, kedepan akan tetap kita laksanakan secara berkelanjutan., Ungkap Bupati dan Ketua Kadin.

Diketahui, Servak kali ini menyiapkan 1.000 dosis untuk peserta Vaksinasi, sejauh ini Lanal Banjarmasin sudah berhasil menyelenggarakan Servak yang ke- 47 dan mencapai 16.580 orang (1.658 Vial), dengan hasil yang sighnifikan ini menunjukkan bentuk keseriusannya dalam memutus mata rantai Pandemi Covid-19.

Turut hadir antara lain Perwira Staf Lanal Banjarmasin, Ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab XIII DJA II Ny. Farrah Herbiyantoko dan pengurus serta para tamu dan undangan lainnya. (ad-sb)

Banjarmasin

Bank Kalsel Laksanakan Program Tahunan Ramadhan Berbagi Zakat

Published

on

Penyerahan zakat secara langsung kepada mustahik. (Foto: Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Bank Kalael melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) telah melaksanakan program tahunan yakni Ramadhan Berbagi.

Dalam program tersebut melibatkan Komisaris, Direksi, dan Pegawai Bank Kalsel untuk diserahkan langsung kepada mustahik (orang yang berhak menerima zakat) yang ada disekitar tempat tinggal Pegawai Bank Kalsel.

Dalam program tersebut dana yang telah disalurkan kepada mustahik (orang yang berhak menerima zakat) sebesar Rp 1 (satu) Milyar Rupiah.

“Semoga dengan adanya program tahunan Ramadhan Berbagi yang diinisiasi oleh Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Bank Kalsel dapat meringankan beban hidup saudara kita yang kurang mampu di Bulan Ramadhan 1443 H tersebut,” ungkap UPZ Bank Kalsel.

“Bagi para dermawan (donatur) serta sahabat Gen-K yang ingin menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu saudara kita yang membutuhkan, kamu bisa ikut berpartisipasi dalam program-program kegiatan yang diinisiasi oleh UPZ Bank Kalsel dengan menyalurkan zakat,Kalsel infak, dan sedekah melalui UPZ Bank Kalsel,” ajaknya menambahkan. [adv/ad]

Continue Reading

Daerah

Bantuan Dana Kepada Korban Kebakaran Di Desa Kambat Selatan Kabupaten HST

Published

on

Penyerahan bantuan dilakukan secara langsung kepada para korban kebakaran di Kecamatan Pandawan pada Rabu (11/05/2022). (Foto: Ist) 

BARABAI, SuaraBorneo.com – Bank Kalsel melalui dana UPZ (UnitPengumpul Zakat) menyerahkan bantuan kepada para korhan kebakaran di Desa Kambat Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Penyerahan bantuan dilakukan secara langsung di Kecamatan Pandawan pada Rabu (11/05/2022), yang dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial PPKB PPPA Kabupaten Hulu Sungai Tengah Drs. Wahyudi Rahmad yang juga disaksikan Camat Pandawan As’ad, ST, M.Si dan Kepala Desa Kambat Selatan.

Bantuan dana UPZ, total sebesar Rp24juta, disalurkan kepada 6 Kepala Keluarga beserta 22 jiwa yang menjadi korban kebakaran. Musibah yang terjadi sekitar pukul 16.00 WITA tersebut, mengakibatkan para korban harus kehilangan tempat tinggal.

Direktur Utama Bank Kalsel, Hanawijaya menyampaikan bantuan yang diberikan Bank Kalsel saat ini merupakan bagian dari program UPz Bank Kalsel, dimana penanganan bencana menjadi salah satu program sosial.

“Bank Kalsel turut bersimpati kepada para korban kebakaran yang terjadi di Desa Kambat Selatan Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Semoga para korban bisa Kembali membangun perlahan rumahnya dan bisa segera beraktivitas seperti sedia kala,” ungkap Hanawijaya.

Diharapkan bantuan yang diberikan Bank Kalsel dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Bank Kalsel juga turut mengimbau agar warga senantiasa selalu kewaspadaan terhadap segala macam potensi bencana. [adv/ad]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Pemkab HSS Peringati HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI

Published

on

Pemerintah Kabupaten (Pemkab ) Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan upacara memperingati Hari Ulang Tahun ke 73 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan Tahun 2022. (Foto: Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab ) Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan upacara memperingati Hari Ulang Tahun ke 73 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan Tahun 2022 bertempat di halaman depan Kantor Bupati HSS, Selasa (17/5/2022).

Peringatan HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI ini mengambil tema “Bergerak Baimbayan Gasan Membangun Banua Kita”.

Bertindak selaku inspektur upacara Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP dan turut hadir Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, S.AP MA, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) HSS, Sekda HSS Drs. H. M Noor, M.AP, Kepala OPD, Instansi Vertikal BUMN/BUMD serta para pejuang veteran dan janda veteran. Adapun peserta upacara terdiri dari ASN, TNI/Polri, Satpol PP, PGRI, Pengurus DHC 45 HSS, NKPI dan pelajar.

Dalam amanatnya Bupati HSS yang membacakan sambutan Gubernur Kalimantan Selatan menyampaikan bahwa peringatan HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan yang ke-73 ini banyak mengandung pelajaran yang dapat di ambil hikmahnya. Peringatan ini kata bupati menjadi momentum dalam menggali dan menghayati nilai-nilai perjuangan Brigjen Hasan Basry dalam membela dan mempertahankan negara kesatuan Republik Indonesia di zaman itu.

Di sampaikan pula bahwa peristiwa besar pembacaan proklamasi pada tanggal 17 Mei tahun 1949 di Kandangan, yang dibacakan dan ditandatangani langsung oleh Brigjen Hasan Basry atas nama rakyat Kalimantan Selatan, menyatakan bahwa Kalimantan Selatan adalah bagian yang tak terpisahkan dari wilayah Republik Indonesia.

Bupati juga berharap sejarah Proklamasi 17 Mei tahun 1949 di Kalimantan Selatan, menjadi satu catatan yang sangat bermakna, cermin bagi semua bahwa gerilya rakyat Kalimantan Selatan dibawah komando Brigjen Hasan Basry meninggalkan jejak sejarah yang sangat berharga untuk di renungkan dan di teladani.

“mari kita gali, dan kita kembangkan nilai-nilai sejarah itu untuk kehidupan kita saat ini, kita teladani semangat, kegigihan dan ketulusan sang proklamator proklamasi 17 Mei 1949, bapak Brigjen Hasan Basry dalam memelihara keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia” ajak Bupati HSS.

Selain membacakan sambutan Gubernur Kalsel, Bupati HSS juga berpesan agar semua kita bisa mewarisi dan meneladani serta melanjutkan nilai dan semangat perjuangan para pahlawan yang setia terhadap NKRI, dan juga sebagai umat beragama diharapkan juga agar bisa mendoakan para arwah pahlawan agar mereka mendapatkan tempat yang layak di sisi Allah SWT.

“Sebagai generasi penerus tentu semangat dan kesetiaan para pahlawan akan terus kita tanamkan dan pupuk, semoga kita diberikan kekuatan dan pertolongan untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan melalui pelaksanaan kegiatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ucap Bupati Achmad Fikry.

Bupati juga menyatakan sejak para tokoh pahlawan HSS ditetapkan sebagai pahlawan Nasional pihaknya sudah menginstruksikan setiap sekolah dan kantor-kantor agar memajang foto Brigjen H. Hasan Basery, Pangeran Antasari serta KH. Idham Khalid di tempatnya masing-masing.

“Dengan memajang foto-foto, kita ingin menimbulkan semangat dan kebanggaan bahwa kita memiliki tokoh asli HSS yang bergelar Pahlawan Nasional serta untuk terus mengingatkan kita agar terus melanjutkan perjuangan-perjuangan beliau” tutur Bupati HSS.

Diakhir Upacara juga diserahkan bantuan tali asih kepada para veteran dan janda veteran yang turut berhadir mengikuti Upacara peringatan HUT ke-73 proklamasi pemerintahan Gubernur tentara ALRI Divisi IV pertahanan Kalimantan tahun 2022. [adv-hss]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Bupati HSS Lantik 49 Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas

Published

on

Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H Achmad Fikry, M. AP melantik dan mengambil sumpah jabatan untuk pejabat administrator dan pejabat pengawas. (Foto: Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Untuk mengisi kekosongan dan juga penyegaran, Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H Achmad Fikry, M. AP melantik dan mengambil sumpah jabatan untuk pejabat administrator dan pejabat pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten HSS bertempat di Pendopo Bupati HSS, Selasa (17/05/2022).

Pelantikan disaksikan Wakil Bupati (Wabup) HSS Syamsuri Arsyad, S. AP, MA serta Sekretaris Daerah (Sekda) Kab. HSS Drs. H. Muhammad Noor, M.AP dan jajaranya.

Pelantikan pejabat administrator dan pejabat pengawas ini berdasarkan Keputusan Bupati HSS Nomor 821.23/305/BKPSDM dan 821.24/306/BKPSDM.

Untuk pejabat administrator yang dilantik sebanyak 25 orang dan pejabat pengawas yang dilantik sebanyak 24 orang. Diantara pejabat administrator dan pejabat pengawas yang dilantik, di antaranya Syamsuri SSTP,M.Si sebagai Camat Kandangan, Fathul Mushalli, S.STP sebagai Camat Sungai Raya, Ahmad Yani, S.Sos,M. IP sebagai Camat Daha Barat, Ahmad Busairi, SSTP sebagai Kepala Seksi Pemerintahan dan Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Loksado, Herdison Juani, A. Md sebagai Kepala Sub Bagian Perencanaan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kab. HSS dan Alpian Mahfuz, S. Sos sebagai Kepala Sub Bagian Umum Rumah Tangga dan Perlengkapan Bagian Umum dan Keuangan Sekretariat DPRD Kab. HSS.

Bupati HSS mengatakan pelantikan dilakukan untuk menyesuaikan kebutuhan organisasi yang sifatnya dinamis, mengisi sebagian besar kekosongan jabatan dalam struktur organisasi pemerintahan, yakni pejabat administrator dan pejabat pengawas.

“Hari ini pelantikan pejabat administrator dan juga pengawas. Pertama penyegaran dan yang kedua mengisi formasi yang kosong. Seperti yang saya sampaikan tidak sembarang menempatkan orang dengan penuh pertimbangan karena kita tidak ingin coba-coba,” ucap Bupati ditemui saat wawancara

Bupati berpesan kepada para pejabat yang dilantik untuk dapat bekerja dengan baik, dan menjalankan amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya.

“Kami akan evaluasi terus mereka sampai waktunya nanti kita lihat lagi, tentu ada di tahap pembinaan. Mudah-mudahan dengan semakin lengkap sebuah organisasi semakin maksimal kita bekerja,” tuturnya

Selain itu Bupati juga menghimbau kepada para pejabat agar menjadi teladan masyarakat menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid 19 yang masih terjadi. [adv-hss]

Continue Reading

Banjarbaru

Lanal Banjarmasin Peringati HUT Ke-73 Proklamasi Pemerintah Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan

Published

on

Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Brigjen TNI (Purn) H. Hassan Basry dipimpin langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan Dr. (HC) H. Sahbirin Noor dan sebagai ketua rombongan Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr.Hanla. [Foto: Ist]

BANJARBARU, SuaraBorneo.com – Bertempat di Taman Makam Pahlawan Brigjen TNI (Purn) H. Hassan Basry Jln. Ahmad Yani KM.19 Liang Anggang Kota Banjarbaru telah dilaksanakan acara ziarah rombongan dan tabur bunga dalam rangka memperingati HUT ke-73 tahun 2022 Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI DIVISI IV Pertahanan Kalimantan atau Proklamasi Kesetiaan Provinsi Kalimantan Selatan.

Ziarah rombongan tersebut dipimpin langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan Dr. (HC) H. Sahbirin Noor dan sebagai ketua rombongan Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr.Hanla, Selasa (17/5/2022).

Peserta ziarah rombongan terdiri dari Prajurit dan PNS Lanal Banjarmasin, unsur Forkopimda Kalsel, ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab XIII DJA II Ny. Farrah Herbiyantoko beserta pengurus, para pejuang (Veteran) dan yang tergabung dalam KOSTI (Komunitas Sepeda Tua Indonesia) Se-Kalimantan Selatan.

Acara diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan, pembacaan naskah sejarah, mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga, pembacaan do’a, penghormatan terakhir kepada para arwah pahlawan dan tabur bunga.

Sementara itu, diwaktu yang sama juga Prajurit Lanal Banjarmasin menghadiri upacara memperingati HUT Ke-73 Tahun 2022 Proklamasi Pemerintah Gubernur Tentara ALRI DIVISI IV Pertahanan Kalimantan bertempat dihalaman Balai Kota Banjarmasin yang dipimpin oleh Wali Kota Banjarmasin H. Ibnu Sina dan diikuti unsur Forkopimda Kota Banjarmasin, ASN dan LVRI (Legiun Veteran Republik Indonesia).

Dikesempatannya, Danlanal mengatakan dalam rangka peringatan HUT Ke-73 tahun 2022 Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI DIVISI IV Pertahanan Kalimantan pada tanggal 17 Mei 2022 ini kita telah melaksanakan acara ziarah rombongan tabur bunga dan pembacaan naskah sejarah Proklamasi kemerdekaan.

Karena dengan adanya Proklamasi tersebut untuk menyatakan kepada masyarakat dan Pemerintah Republik Indonesia bahwa gerilya Tentara ALRI DIVISI IV yang berada di Kalimantan benar-benar ada dan mempunyai kekuatan serta kemampuan untuk menyusun suatu pemerintahan hingga menjadi bagian dari NKRI.

Kepada masyarakat khususnya di Kalimantan Selatan bahwa proklamasi tersebut merupakan peristiwa penting dalam sejarah nasional Indonesia dan sebuah wujud jiwa patriot Nasionalisme dari sosok Brigjen TNI (Purn) H. Hassan Basry yang patut dijadikan contoh suri tauladannya bagi generasi muda sebagai Pahlawan Nasional yang rela mengorbankan jiwa dan raganya demi keutuhan bangsa dan negara yang kita cintai ini., tutur Danlanal.

Acara diakhiri dengan penyerahan paket Sembako dan tali asih kepada para veteran dan penjaga/pengelola taman makam pahlawan. Selama pelaksanaan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, termasuk pasukan upacara dan peserta ziarah rombongan serta tabur bunga dibatasi guna mencegah penyebaran wabah Covid-19 dan memutus mata rantai penyebarannya.

Selanjutnya Danlanal Banjarmasin beserta rombongan melanjutkan rangkaian kegiatan menuju Kab. Kandangan meninjau museum rakyat HSS (Hulu Sungai Selatan) sekaligus memberikan tali asih kepada pengelolanya, tinjau cagar budaya rumah perjuangan ALRI DIVISI IV Pertahanan Kalimantan, melaksanakan ziarah rombongan dan tabur bunga di makam pahlawan pusara bakti banua sekaligus memberikan tali asih kepada penjaga dan pengelolanya. [ad/rls]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Wabup Syamsuri Arsyad Pimpin Rapat Kerja DHC dan DHR 45 Pertama Kalinya

Published

on

Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, S.AP, MA, dalam kesempatannya membuka rapat kerja Dewan Harian Cabang Badan Penerus Pembudayaan Kejuangan (DHC 45) dan Dewan Harian Ranting (DHR 45) se-Kab. HSS. (Foto: Ist)

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Rapat kerja idealnya untuk membicarakan program yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran berjalan dan terlaksana dalam rangka pembinaan berorganisasi, karena bagaimanapun organisasi yang kita lakoni seidealnya itu berjalan sebagaimana mestinya.

Demikian sepotong sambutan Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, S.AP, MA, dalam kesempatannya membuka rapat kerja Dewan Harian Cabang Badan Penerus Pembudayaan Kejuangan (DHC 45) dan Dewan Harian Ranting (DHR 45) se-Kab. HSS. Bertempat di Cottage Tanuhi Gunung Kantawan, Desa Hulu Banyu, Kecamatan Loksado. Pada Senin (16/05/2022).

Kegiatan rapat ini dimulai dengan pemaparan program kerja yang akan dilaksanakan DHC 45 Kab. HSS oleh Syakhril Anwar selaku Sekertaris DHC 45 Kab. HSS. Lalu dilanjutkan dengan pemaparan program kerja per-Kecamatan oleh pengurus atau perwakilan DHC 45 Kecamatan terkait program yang akan dilaksanakan di Kecamatannya masing – masing.

Ditemui seusai rapat, dalam wawancaranya Wabup Syamsuri Arsyad, S.AP, MA yang juga selaku Ketua Umum DHC 45 Kab. HSS menjelaskan kegiatan ini adalah yang pertama dilaksanakannya rapat kerja oleh DHC 45 Kab. HSS. Rapat kerja ini sendiri mempunyai untuk menyamakan persepsi untuk program – program di tahun 2022.

Wabup mengharapkan dengan dilaksanakannya rapat kerja ini masing – masing DHR akan membuat program sesuai dengan kondisi di Kecamatannya.

“Program itu menyentuh tentang bagaimana pewarisan nilai – nilai Kejuangan 45. Kita menyediakan dana yang kita alokasikan dari dana hibah yang diberikan oleh Pemerintah Daerah,” jelas Wabup HSS.

Lebih lanjut Beliau menjelaskan bahwa rapat hari ini telah menyepakati beberapa program yang akan dilaksanakan di tingkat Kabupaten. Sementara untuk di tingkat Kecamatan usulannya akan dipelajari dan didiskusikan lebih lanjut.

Dalam kesempatan ini Beliau juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP sebagai pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kab. HSS yang telah memberikan dana hibah kepada DHC 45 Kab. HSS yang ditaksir sebesar 350 juta rupiah.

“Insyaallah dana – dana ini akan kami gunakan sebaik – baiknya untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab kami sebagai organisasi yang diberikan kewenangan untuk pewarisan Nilai Kejuangan 45,” tutupnnya, [adv-hss]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Pemkab HSS Gelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022

Published

on

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Pemjab HSS) gelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 ini mengusung tema "Pimpin Pemulihan, Bergerak Untuk Merdeka Belajar". (Foto: Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 ini mengusung tema “Pimpin Pemulihan, Bergerak Untuk Merdeka Belajar” yang digelar di halaman Kantor Sekretariat Daerah Kab. HSS, Jum’at (13/05).

Bertindak selaku Pembina Upacara, Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry M.AP dalam amanatnya membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim yang diantaranya mengatakan bahwa kurikulum merdeka yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran.

“Anak – anak tidak perlu lagi khawatir dengan tes kelulusan karena asesmen nasional yang sekarang kita gunakan tidak bertujuan untuk “menghukum” guru atau murid tetapi sebagai bahan refleksi,” ucap Bupati HSS.

Kemudian, Bupati HSS juga menjelaskan kurikulum merdeka yang diterapkan juga agar guru terus terdorong untuk belajar serta supaya kepala sekolah termotivasi untuk meningkatkan kualitas sekolahnya menjadi lebih inklusif dan bebas dari ancaman tiga dosa besar pendidikan.

Dikesempatan ini, Bupati HSS juga berpesan agar anak-anak sekolah tidak hanya diberi mata pelajaran tetapi juga harus di kawal perilaku anak sesuai dengan norma-norma yang telah di atur.

“Sekolah tidak hanya memberikan mata pelajaran, menuntaskan kurikulum tetapi juga mengawal anak-anak agar menjadi anak yang berakhlak dan bermoral karena mereka adalah penerus di masa yang akan datang, dan apa bila ada perilaku anak yang mencurigakan agar segera di ambil langkah oleh sekolah,” pesannya.

Bupati HSS juga berharap di momentum Hardiknas ini program vaksinasi anak sekolah 6 – 11 tahun kembali di gerakkan agar imunitas individual peserta didik bisa terjaga dengan baik.

“Dengan pemberian vaksin imunitas individual anak-anak kita akan terjaga dengan baik sehingga mereka menjadi generasi yang sehat dan dapat belajar dengan maksimal,” tutur Bupati HSS.

Upacara peringatan Hardiknas juga turut di hadiri Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, S.AP MA dan jajaran Forkopimda serta Kepala OPD di lingkungan Pemkab HSS. [adv-hss]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Disdikbud HSS Gelar Lokakarya 7 Calon Guru Penggerak Angkatan Ke-3

Published

on

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Hulu Sungai Selatan menggelar Lokakarya 7 Festival Panen Hasil Belajar Calon Guru Penggerak Angkatan Ke 3. (Foto: Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Hulu Sungai Selatan menggelar Lokakarya 7 Festival Panen Hasil Belajar Calon Guru Penggerak Angkatan Ke 3 Kabupaten Hulu Sungai Selatan bertempat di Aula Sehati Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. HSS, Jum’at (13/05/2022)

Program Pendidikan Guru Penggerak adalah program kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatihan Daring, Lokakarya, Konferensi dan Pendampingan

Untuk Kab. HSS Pendidikan Guru Penggerak di Kab. HSS akan dimulai pada tanggal 07 Agustus 2021 dan akan berakhir pada bulan Juni 2022.

Dalam laporan Ketua Pelaksana Kegiatan Umar dani, M. Pd menyampaikan di Kab. HSS pendaftaran calon guru penggerak angkatan 3 dapat dilaksanakan pada bulan Januari 2021 s. d 15 Maret 2021.

“Untuk menjadi guru penggerak, gurus harus lulus seleksi yakni tahap 1 mengisi curriculum vitae dan menjawab esai, tahap 2 simulasi dan wawancara serta mengikuti pendidikan guru penggerak selama 9 bulan,” ungkapnya

Lebih lanjut beliau menyampaikan setelah melalui tahapan seleksi 1 dan 2, sebanyak 8 orang guru dinyatakan lolos sebagai calon guru penggerak.

“8 calon guru penggerak tersebut terdiri dari jenjang TK sebanyak 1 orang, SD sebanyak 1 orang, SMP sebanyak 3 orang dan SMA sebanyak 3 orang,” tuturnya

Sementara itu, dalam sambutan Bupati Hulu Sungai Selatan yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kab. HSS Drs. Kamidi, M.IP berharap semua calon penggerak dapat menjadi pioner, inspirator, motivator dan kreator di lingkungan kerjanya masing-masing.

“Menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman, menyenangkan, kreatif, mandiri sesuai dengan profil belajar pancasila yaitu pelajar yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, mandiri, inovatif, kreatif dan bergotong royong di Kabupaten kita tercinta ini,” harapnya

Dalam kegiatan ini juga turut berhadir tim dari STIPA Bandung, perwakilan pengawas TK,SD, SMP dan SMA, Kepala Sekolah dari calon guru penggerak, Ketua PBSI Kab. HSS yang diwakili oleh Sekretaris, para guru penggerak dan pengajar praktik, perwakilan Dewan Pendidikan dan Himpaudi, para guru perwakilan MGMP, serta calon guru penggerak dan pengajar praktik. [adv-hss]

Continue Reading

Banjarmasin

Kodim 1007/Bjm Peduli Lingkungan Bersih dan Sehat

Published

on

Kodim 1007/Banjarmasin bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup lakukan jumat bersih di sepanjang Sungai Martapura. (Foto: Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com –  Untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat banyak cara yang dapat dilakukan, salah satunya yang dilakukan oleh Kodim 1007/Banjarmasin bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup lakukan jumat bersih di sepanjang Sungai Martapura jumat,(13/5/22).

Dalam jumat bersih ini, Kodim 1007/Banjarmasin melalui Koramil jajaranya melaksanakan bersih – bersih di enam titik lokasi yang berbeda yaitu Kelurahan Sungai Lulut, Kelurahan Benua Anyar, Kelurahan Pasar Lama, Kelurah Kelayan Luar Kelurahan Kelayan Barat, dan Kelurahan Mantuil.

Dandim 1007/Banjarmasin Letkol Inf Ilham Yunus, S.Sos., M.Si. melalui Pasiter Kapten Inf Kurmanto mengatakan lingkungan yang sehat dan bersih adalah keinginan semua orang.

“Untuk menjaga dan menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat sangatlah mudah dan gampang, seperti contoh kita dapat melakukan kebersihan lingkungan dimulai dari lingkungan kita sendiri yaitu dirumah, tidak membuang sampah sekecil apapun dengan sembarang tempat, gunakan penampungan sampah atau menguburnya bukan malah dibuang ke aliran sungai,” ucapnya.

Kegiatan jumat bersih ini melibatkan masyarakat setempat, Duta Lingkungan, unsur TNI dan POLRI, Satgas kebersihan, serta komunitas peduli lingkungan. [ad/ism]

Continue Reading

Umum

Populer