google-site-verification=2H-sCxyC_PivVEQYOA-YOWReGFaUAEieNeSeN4I1XnQ Gerakan 25K Untuk Renovasi Masjid/Musholla se-Denpasar – Bali – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-LOGO-SB-5

Nasional

Gerakan 25K Untuk Renovasi Masjid/Musholla se-Denpasar – Bali

Published

on

DENPASAR, suaraborneo.com – Pandemi yang tak kunjung usai, mengakibatkan banyak sektor kehidupan lumpuh dan sulit bergerak. Tidak sedikit dampak yang ditimbulkan, dari mulai yang kecil, sedang hingga berdampak sangat serius untuk segera ditangani.

Salah satu dampak yang perlu diperhatikan khususnya bagi umat Muslim adalah kelangsungan renovasi Masjid/Mushalla yang sebelum pandemi telah dikerjakan.

Banyak saudara muslim yang sedang susah payah merenovasi tempat ibadah agar nyaman digunakan oleh jamaah. Sayangnya harapan tersebut harus tertunda dalam waktu yang belum bisa dipastikan, karena pandemi yang membuat para donatur mulai berguguran.

Melihat kondisi tersebut, membuat Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Denpasar tidak bisa tinggal diam. Pihaknya mencoba mengambil peran dengan membantu para takmir masjid yang sedang kesulitan merenovasi tempat ibadah yang layak dan nyaman untuk jamaah.

Melalui ketua DMI Kota Denpasar, H. Mardi Soemitro, pihaknya mengajak segenap jajaran pengurus DMI Kota Denpasar untuk bahu membahu menuntaskan permasalahan renovasi Masjid/Musholla yang mangkrak khususnya di kota Denpasar.

Laman: 1 2 3 4

Jakarta

Cerita Firli Bahuri Kutip Sepatu Bekas di Tong Sampah Sekolah

Published

on

JAKARTA, suaraborneo.com — Firli Bahuri muda hidup dalam kekurangan. Sampai-sampai ia pernah memungut sepatu bekas di tong sampah sekolah.

Dia mereparasi sendiri sol sepatu bekas itu, dan mengenakannya ke sekolah. Namun di sekolah keesokan harinya, seorang siswa mendatangi Firli Bahuri dan meminta kembali sepatu itu.

Firli Bahuri muda pun dengan ikhlas menyerahkan sepatu itu.

Ini salah satu kisah masa kecil yang disampaikan Firli Bahuri yang kini adalah Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ketika berbicara di “Indonesia 3rd  ICEP Annual Conference (IAC) 2021” yang diselenggarakan secara virtual, Sabtu (4/12).

Kegiatan tersebut diselenggarakan EFT Center Indonesia, sebuah organisasi yang bergerak di bidang pengembangan sumber daya manusia menggunakan metode emotional freedom techniques.

“Pernah saya melihat sepatu kickkers bekas di kotak sampah sekolah. Saya tanya ke penjaga sekolah, punya siapa. Jawabnya, jika di tempat sampah berarti sudah dibuang pemiliknya. Saya pungut, perbaiki dengan mengsol lagi tapaknya, lalu saya semir dan kenakan esok harinya,” cerita Firli Bahuri.

“Tiba-tiba, ada siswa mengaku sepatu itu miliknya, lalu dengan ikhlas saya serahkan dan saya kenakan kembali sepatu merek BM 2000 list warna biru  saya yang beberapa kali jebol namun masih layak pakai setelah saya perbaiki,” sambungnya.

Firli menambahkan, kisah hidupnya yang ini tidak tidak tertera di Wikipedia.

Continue Reading

Jakarta

DR. Rizal Ramli Dipercaya Sebagai Ketua Dewan Pakar Komite Khittah NU

Published

on

JAKARTA, suaraborneo.com — Pengurus Besar Komite Khittah Nahdlatul Ulama (NU) 1926 memberikan kepercayaan kepada ekonom senior DR. Rizal Ramli untuk memimpin Dewan Pakar KKNU.

Surat Pembentukan dan Pengesahan Dewan Pakar PB KKNU 1926 tersebut diterbitkan tanggal 9 September 2021 dan ditandatangani Ketua Umum KH. Agus Solachul Aam Wahib, Sekjen KH. Moh. Thamrin Ali, Rois Aam Syuriah KH. Suyuti Toha, dan Katib Aam KH. Abdullah Muhif.

Rizal Ramli menerima salinan keputusan tersebut hari Sabtu ini (4/12).

Di dalam lampiran SK bernomor 010/A.I.01/09/2021 itu disebutkan bahwa Rizal Ramli yang di kalangan NU juga dikenal dengan nama Gus Romli menempati posisi Ketua merangkap Anggota Dewan Pakar KKNU 1926.

Continue Reading

Jakarta

823 Karya Diterima Panitia, Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2021 Dinyatakan Resmi Ditutup

Published

on

Foto : Ketua Panitia Tetap Anugerah Jurnalistik Adinegoro, Rita Sri Hastuti

JAKARTA, suaraborneo.com – Pendaftaran kompetisi jurnalistik tertinggi dan paling bergengsi di Tanah Air, Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2021 dinyatakan resmi ditutup.

Sejak dibuka pada 11 September 2021, sebanyak 823 karya diterima panitia untuk selanjutnya dilakukan seleksi administrasi dan penjurian.

Ketua Panitia Tetap Anugerah Jurnalistik Adinegoro, Rita Sri Hastuti mengatakan, antusiasme wartawan untuk mengikutsertakan karya jurnalistiknya dalam ajang prestisius ini cukup tinggi.

Continue Reading

Jakarta

Sayembara Baca Puisi Multimedia PWI Ditutup, 27 Karya Tereliminasi

Published

on

JAKARTA, suaraborneo.com – Bentang masa pengiriman karya Sayembara Baca Puisi Multimedia PWI Pusat resmi ditutup, Kamis (2/12) kemarin.

Panitia terlihat sibuk memilah dan memilih video-video pembacaan puisi multimedia bertema ‘Bersemi Kala Pandemi’ yang dikirim para peserta dari Aceh hingga Papua.

Menurut Ketua Panitia, Ramon Damora, panitia diamanahkan menjadi gerbang awal penyeleksian setiap karya yang masuk. Sesuai syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Jangankan dua atau tiga syarat diabaikan, satu ketentuan saja tidak dipenuhi peserta maka panitia dengan terpaksa menggugurkan karyanya sebelum dikirim ke meja Dewan Juri.

Misalnya ada sejumlah peserta mengirimkan video berdurasi lebih 10 menit, padahal ketentuannya maksimal 5 menit. Ada yang tidak mencantumkan logo PWI, lupa menyertakan teks puisi, dan sebagainya.

Continue Reading

Nasional

Wartawan Senior Sumut Choking, Serahkan Buku ke Sekjen Bawaslu RI

Published

on

MEDAN, suaraborneo.com – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Bawaslu Republik Indonesia, Gunawan Suswantoro menerima penghargaan dan tanda persahabatan dalam bentuk buku dari wartawan senior Sumut, Choking Susilo Sakeh. Buku “Kamus Cakap Anak Medan” karya Choking itu juga menjadi simbol bahwa Sekjen Bawaslu RI, Gunawan Suswantoro adalah “Kawan Anak Medan”.

“Jadi kita sangat menghormati Pak Sekjen Bawaslu RI yang tentunya ini menjadi simbol bahwa beliau adalah Kawan Anak Medan. Ini bentuk penghargaan kita kepada beliau yang selama ini menahkodai Sekretariat Jenderal Bawaslu RI dengan berbagai prestasi,” kata Choking kepada wartawan, Jumat (3/12).

Penyerahan buku dilakukan oleh Choking di Gampoeng Kopi Jl Sei Batanghari, Medan. Choking ketika itu didampingi Wakil Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumut, Zakaria Rambe, dan Wakil Ketua Tandfiziah Pengurus Cabang Nadhlatul Ulama (PCNU) Kota Medan, Aulia Andri. Choking yang merupakan Ketua Panwaslu Sumut 2002-2004, mengatakan sejak lama ia sudah merekam sepakterjang Sekjen Bawaslu RI, Gunawan Suswantoro yang juga seorang penulis buku. Dikatakan Choking, buku karya Gunawan berjudul Pengawasan Pemilu Partisipatif diapresiasi oleh Perpustakaan Nasional RI sebagai buku terbaik tahun 2019 kategori pemilihan umum. Tak heran, penulisnya diganjar Anugerah Pustaka Terbaik 2019.

Continue Reading

Nasional

Novermal Yuska Ajak Warga Bijak Bermedsos: Korban Jatuh di Kelok Jariang Murni Kecelakaan, Bukan Percobaan Bunuh Diri

Published

on

Caption : Novermal Yuska, Ketua Bidang Hukum dan Advokasi JMSI Pusat

PADANG, suaraborneo.com – Heboh berita penyebab pria bernama Tengku Iskandar jatuh ke jurang Kelok Jariang, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, karena percobaan bunuh diri dibantah istri korban, Husnatul Azizah.

Sebelumnya diberitakan, Tengku Iskandar terjatuh ke jurang dan hilang di kawasan Kelok Jariang, Jalan Lintas Padang-Painan KM 27, Senin (29/11).

Keesokan harinya, Selasa (30/11), setelah melakukan pencarian panjang, Tim Pencarian dan Pertolongan Kota Padang akhirnya menemukan Tengku Iskandar yang merupakan warga Nagari Sago Salido, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, ini di dekat Air Terjun Sarasah Kapalo Banda Koto, sekitar 2,5 kilometer dari lokasi korban dinyatakan hilang.

Beredar informasi di media sosial bahwa Tengku Iskandar depresi sehingga melakukan percobaan bunuh diri dengan melompat ke jurang. Hal ini disanggah keras Husnatul Azizah, istri Tengku Iskandar.

“Berita tak bertanggung jawab itu sangat melukai hati keluarga kami,” katanya kepada wartawan, Rabu (1/12).

Husnatul Azizah menceritakan, sehari sebelum kejadian suaminya sering mengeluh tensi tinggi dan kepala pusing. Hari itu, Senin (29/11), dalam perjalanan melintasi kawasan Kelok Jariang, Tengku kembali merasa pusing dan menghentikan kendaraannya di pinggir jalan.

Continue Reading

Jakarta

Ketum AMPI : Rapimnas 2021 Ajang Konsolidasi Politik Anak Muda

Published

on

JAKARTA, suaraborneo.com – AMPI atau Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia menyelenggarakan rapat pimpinan nasional II di Jakarta. Rapimnas II ini bertema besar Pemuda Bersatu, Indonesia Tumbuh.

“Rapimnas II AMPI 2021 ini adalah ajang konsolidasi organisasi dan sekaligus forum silahturahmi karena hampir 2 tahun lamanya kami belum sempat membuat acara offline yang formal dikarenakan pembatasan akibat merebaknya pandemi Covid19 sejak awal 2020,” jelas Dito Ariotedjo Ketua Umum DPP AMPI yang juga menjabat Ketua Lembaga Kreatif dan Inovasi DPP Partai Golkar.

Pembukaan Rapimnas II AMPI, Jumat, 26 November 2021 pukul 13.30 dibuka oleh Firman Soebagyo Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar. 34 Ketua dan Sekretaris DPD I AMPI telah menyatakan kesediaan mereka hadir 2 hari penuh pada acara Rapimnas II AMPI 2021.

Continue Reading

Internasional

Bicara di Venezuela, Teguh Santosa: ASEAN adalah Keajaiban

Published

on

CARACAS, suaraborneo.com – Organisasi negara-negara Asia Tenggara, ASEAN, merupakan salah satu organisasi kawasan yang paling stabil dan dinamis, dan diyakini dapat menjadi model bagi kawasan lain di dunia.

Walau berbagai persoalan masih kerap terjadi di antara negara-negara anggota, namun secara umum mekanisme yang diadopsi ASEAN dapat menciptakan kawasan yang stabil dan damai.

Demikian antara lain penilaian yang disampaikan Ketua Umum Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Teguh Santosa ketika berbicara di Konferensi ASEAN-Venezuela di PDVSA La Estancia, La Floresta, Caracas, Kamis pagi (25/11).

Wakil Menteri Luar Negeri Venezuela, Capaya Rodriguez Gonzales, dan Duta Besar Indonesia untuk Venezuela Imam Edy Mulyono memberikan sambutan di awal konferensi.

Duta Besar Vietnam Le Viet Duyen dan Chargé d’Affaires Malaysia Mohammed Raizul Nizam bin Zulkiffli juga hadir dalam kegiatan tersebut.

Sebelum menghadiri Konferensi ASEAN-Venezuela, Teguh Santosa lebih dahulu berpartisipasi sebagai pemantau pemilu lokal di Venezuela yang berlangsung hari Minggu kemarin (21/11). Teguh juga ikut memantau pilpres Venezuela tahun 2018 lalu.

Selain Teguh Santosa, sejumlah pembicara lain dalam konferensi yang diselenggarakan secara hybrid itu adalah Joanne Lin dari Pusat Studi ASEAN di Institut Studi Asia Tenggara, Singapura, dan Bunn Nagara seorang analis politik independen dari Malaysia. Joanne Lin dan Bun Nagara hadir secara virtual melalui rekaman video. Sementara pembicara lainnya berasal dari berbagai lembaga  Venezuela.

Continue Reading

Nasional

Anies, Anak Guru yang Mengubah Guru

Published

on

Oleh: Sismono La Ode

Lima tahun silam, sepucuk surat menggemparkan sejagat raya guru di penjuru negeri. Pesan yang ia tulis jelas bahwa sepanjang bertugas di Kemdikbud dan berkeliling ke penjuru Indonesia, ia selalu menemukan Mutiara berkilau di sudut-sudut tersulit Republik. Dinding kelas bisa reyot, tapi semangat guru, siswa dan orangtua tegak kokoh.

Sepucuk surat itu ditulis seorang diri di atas meja kerjanya, tepat setelah dicukupkan tugasnya sebagai Mendikbud. Lalu Lalang orang di ruang itu, tidak membuyarkan fokusnya mengirim pesan bagi guru-guru, pahlawan penuh jasa.

Tak ada raut penyesalan, tekadnya hanya satu dan ditulis diakhir surat itu, berupa ajakan kepada seluruh insan pendidikan untuk meneruskan ikhtiar mencerdaskan kehidupan bangsa ini.

Banyak yang mengira bahwa hari itu adalah akhir segala bagi Anies Baswedan. Namun tidak untuk kami yang paham sosok yang dilahirkan dari pasangan guru ini.

Memang tidak semua orang tahu, kalau pria kelahiran Kuningan, 7 Mei 1969 adalah anak dari pasangan guru. Ayahnya bernama Awad Rasyid Baswedan, yang semasa hidupnya mengajar di kampus Universitas Islam Indonesia (UII) dan Ibunya adalah Aliyah Al Ganis mengajar di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), kampus pencetak guru, hingga akhirnya menjadi profesor/guru besar.

Sebelum memilih menjadi guru, Rasyid pernah ditawari menjadi pegawai bulog dengan gaji yang lebih tinggi, namun rejeki itu justru dia berikan pada sobatnya. Rasyid memilih mengajar di UII. Aliyah sendiri sejak awal memang sudah mantap memilih profesi pendidik. Sebelum mengajar di UNY, ia lebih dulu mengajar di IKIP Bandung (kini Universitas Pendidikan Indonesia, UPI). Panggilan hati menjadi pendidik sudah begitu kuat dalam diri mereka. Mereka yakin profesi guru adalah jalan mereka untuk mengabdikan diri pada bangsa.

Tak heran, selepas mengajar baik Rasyid ataupun Aliyah, tetap membuka pintu rumahnya bagi murid-muridnya. Dari rumah yang sederhana itulah murid-muridnya justru menemukan hakikat guru dalam diri kedua orangtua Anies. Kebijaksanaan, kesabaran, keramahan, kelembutan, kedisiplinan, kenyamanan, motivasi, dan keteladanan dalam diri mereka telah menginspirasi dan menggerakan murid-muridnya untuk bangkit dan menjadi orang berguna bagi agama, diri sendiri, keluarga, orang lain, bangsa dan negeri. Catatan-catatan inspirasi dari murid-murid kedua orangtua Anies dirangkum dalam Buku “Anak Guru: Potret Anies Baswedan Memetik Pelajaran Hidup dari Kedua Orangtuanya yang Pendidik” (2021).

Continue Reading

Umum

Populer

DENPASAR, suaraborneo.com – Pandemi yang tak kunjung usai, mengakibatkan banyak sektor kehidupan lumpuh dan sulit bergerak. Tidak sedikit dampak yang ditimbulkan, dari mulai yang kecil, sedang hingga berdampak sangat serius untuk segera ditangani.

Salah satu dampak yang perlu diperhatikan khususnya bagi umat Muslim adalah kelangsungan renovasi Masjid/Mushalla yang sebelum pandemi telah dikerjakan.

Banyak saudara muslim yang sedang susah payah merenovasi tempat ibadah agar nyaman digunakan oleh jamaah. Sayangnya harapan tersebut harus tertunda dalam waktu yang belum bisa dipastikan, karena pandemi yang membuat para donatur mulai berguguran.

Melihat kondisi tersebut, membuat Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Denpasar tidak bisa tinggal diam. Pihaknya mencoba mengambil peran dengan membantu para takmir masjid yang sedang kesulitan merenovasi tempat ibadah yang layak dan nyaman untuk jamaah.

Melalui ketua DMI Kota Denpasar, H. Mardi Soemitro, pihaknya mengajak segenap jajaran pengurus DMI Kota Denpasar untuk bahu membahu menuntaskan permasalahan renovasi Masjid/Musholla yang mangkrak khususnya di kota Denpasar.

Laman: Page 1 Page 2 Page 3 Page 4