google-site-verification=2H-sCxyC_PivVEQYOA-YOWReGFaUAEieNeSeN4I1XnQ Kolaborasi Semua Pihak Tangkal Radikalisme Di Bengkayang – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-LOGO-SB-5

Bengkayang

Kolaborasi Semua Pihak Tangkal Radikalisme Di Bengkayang

Published

on

BENGKAYANG, suaraborneo.com – Forum Koordinasi Pimpinan Daerah FORKOPIMDA ,FKUB dan Para Tokoh Masyarakat Mengadakan diskusi Pencegahan Dini Tangkal Radikalisme dan Intoleran Dalam rangka Tercipta nya Kamtibmas di kabupaten Bengkayang (29/10)

Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis mengharapkan kolaborasi dari semua pihak dan stakeholder, dapat menangkal paham radikalisme di Kabupaten Bengkayang.

Pasalnya, radikalisme dan intoleran salah satu ancaman berbahaya yang dapat memecah belah persatuan dan kerukunan.

Laman: 1 2 3

Bengkayang

18 Anggota DPRD Bengkayang Tolak RAPERDA APBD 2022, Buntut Kontra Pinjaman Dana PEN

Published

on

BENGKAYANG, suaraborneo.com – DPRD kabupaten Bengkayang Menggelar Rapat Paripurna Pengambilan Keputusan Terhadap Raperda tentang APBD Kabupaten Bengkayang Tahun Anggaran 2022, Selasa malam (29/11) pukul 19.00 sampai selesai. Paripurna ini sempat berjalan alot dari jadwal yang telah ditentukan atau mundur hingga sekitar 3 jam.

Sidang yang pimpinan oleh Ketua DPRD Kabupaten Bengkayang, Fransiskus didampingi wakil-wakil ketua, Jonedhi dan Esidorus, serta dihadiri oleh Bupati Bengkayang.

Pengambilan keputusan terhadap Raperda tentang APBD tahun 2022 kali ini ditolak. Hal tersebut dikarenakan 18 anggota DPRD yang hadir menyatakan menolak Raperda APBD 2022. Sementara yang menerima usulan Raperda tentang APBD 2022 hanya 9 anggota DPRD dari dua fraksi, yakni Gerindra dan Golkar (partai pengusung).

Salah satu alasan Penolakan Raperda APBD oleh DPRD ini tak lepas dari adanya perubahan suku bunga dari Pinjaman PEN yang dianggap berubah dari penyampaian awal eksekutif ke Legislatif.

Setidaknya ada 12 pokok inti dari laporan yang menjadi bahan pertimbangan pengambilan keputusan terhadap Raperda APBD, yang sudah melalui tahap-tahap pembahasan bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) kabupaten Bengkayang serta saran dan masukan dari rapat internal dan fraksi-fraksi di Banggar DPRD kabupaten Bengkayang.

Laporan pembahasan Banggar tersebut dibacakan oleh Wakil Ketua DPRD Jonedhi dan kemudian dilanjutkan oleh Esidorus. Dalam bacaan keputusan secara bergantian menyatakan menolak Raperda APBD tahun anggaran 2022 dan meminta untuk membatalkan atau menolak dana pinjaman PEN.

Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Bengkayang Esidorus mengatakan, pimpinan rapat dan Banggar DPRD kabupaten telah memperhatikan dan memperhatikan semua hasil rapat-rapat bersama tim anggaran Pemerintah Kabupaten Bengkayang dan semua syarat serta masukan dari seluruh fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Bengkayang dalam rapat internal Bengkayang terhadap semua program kegiatan dan kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang, pada Raperda APBD tahun 2022, maka disampaikan hal-hal sebagai berikut :
Pertama, substansi pada Raperda APBD pada anggaran 2022 Jumlah pendapatan sebesar 1,062 triliun, jumlah belanja sebesar 1,327 triliun, jumlah defisit sebesar Rp 264,9 M, jumlah penerimaan pembiayaan daerah sebesar Rp. 267,9 M, jumlah pengeluaran pembiayaan daerah sebesar Rp .2,9 M, dan jumlah pembiayaan netto sebesar Rp.264,9 M.

Kedua, kebijakan pemerintah Kabupaten Bengkayang Pada pada Raperda APBD Kabupaten Bengkayang Tahun 2022 terdapat program dan dan kegiatan yang dibiayai dari dana yang bersumber dari pinjaman daerah melalui program PEN Kabupaten Bengkayang di PT Sarana Multi Infrastruktur atau PT SMI sebesar 250 miliar dengan bunga sebesar 6,19% satu kalipagu yang dibayar selama 8 tahun sebesar Rp.15,4 miliar rupiah serta tidak dilengkapi dengan dokumen perencanaan berupa kajian akademis.

Ketiga, Pada tanggal 28 Juni 2021 Bupati Bengkayang dengan surat nomor 600/1768/adm. BMB perihal pemberitahuan PEN kepada DPRD Kabupaten Bengkayang tanpa di lampiri usulan program kegiatan yang dibiayai melalui dana pinjaman. Keempat, tanggal 31 Agustus 2021, Kabupaten Bengkayang mengundang dengan surat nomor 172/549/FPB-A perihal undangan rapat meminta penjelasan dan pemaparan terkait dengan pinjaman daerah beserta dengan peruntukan pinjamannya pada rapat tersebut dijelaskan oleh pihak eksekutif terkait dengan suku bunga yang menguntungkan daerah Kabupaten Bengkayang dengan bunga 6,9% satu kali pagu yang dibayar selama 8 tahun sebesar Rp 15,4 miliar rupiah dengan simulasi pembayaran bunga sebesar Rp.2,5 miliar rupiah pertahun termasuk biaya pengelolaan oleh PT SMI.

Kelima, pada tanggal 14 September 2021 DPRD Kabupaten Bengkayang menginisiasi pertemuan secara zoom meeting bersama pihak Kemendagri, Kementerian Keuangan, PT. SMI, dan pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang untuk meminta penjelasan mengenai pinjaman daerah melalui PT. SMI, bahwa penjelasan terkait dengan program dan kegiatan yang diusulkan oleh pemerintah daerah Kabupaten Bengkayang yang dibiayai melalui pinjaman daerah yang dimaksud harus dibahas bersama antara eksekutif dan legislatif. Namun kenyataan hal tersebut ditentukan secara sepihak oleh eksekutif.

Keenam, kesepakatan antara eksekutif dan legislatif pada saat KUA dan PPAS serta Raperda APBD perubahan Tahun anggaran 2021, KUA dan PPAS APBD tahun 2022 nota pengantar Bupati terhadap APBD Tahun 2022 pandangan umum fraksi-fraksi jawaban Bupati Bengkayang terhadap pandangan umum fraksi-fraksi, bahwa suku bunga pinjaman adalah sebesar 6,9% satu kali pagu selama 8 tahun. Namun berubah pada saat rapat pembahasan Raperda APBD tahun 2020 pada tanggal 16 November 2021 menjadi 6, 19% dibayar per tahun selama masa pinjaman.

Ketujuh, pada 17 November 2021 DPRD Kabupaten Bengkayang mengundang eksekutif dengan nomor surat 172/778/fpp-a perihal rapat dengar pendapat serta penjelasan terkait dengan bunga pinjaman daerah PEN melalui PT SMI diterangkan oleh wakil Bupati Bengkayang baru mengetahui perubahan simulasi pembayaran bunga pada hari Rabu tanggal 17 November 2021. Delapan, Bahwa perencanaan dan pengawasan kegiatan yang biayanya melalui pinjaman daerah PEN tidak berdasarkan asas efektivitas dan efisiensi dan cenderung tidak prosedural. Sembilan, kajian akademik terkait dengan dampak Pemulihan sosial dan ekonomi masyarakat terdapat covid-19 dengan tujuan membantu pemerintah dalam menciptakan lapangan kerja serta penyerapan tenaga kerja tidak pernah disampaikan kepada lembaga DPRD Kabupaten Bengkayang.

Sepuluh, kebijakan Pemda Kabupaten Bengkayang pada program dan kegiatan yang dibiayai dari dana pinjaman daerah Kabupaten Bengkayang pada PT. SMI sebesar Rp.250 miliar rupiah terkait dengan pembayaran bunga pinjaman DPRD Kabupaten Bengkayang merasa dibohongi dimana pernyataan awal pada APBD perubahan anggaran tahun 2021 bunga sebesar 6,19% atau Rp.15,4 miliar dibayar sekali selama 8 tahun. Namun setelah dilakukan kesepakatan MoU antara Bupati Bengkayang bersama PT. SMI pada tanggal 14 Oktober 2021 bunga pinjaman 6,19% ternyata harus dibayar setiap tahun secara tetap selama jangka waktu 8 tahun sebesar Rp 68,9 miliar, sehingga selisih dengan suku bunga sebesar Rp 53,5 miliar.

Sebelas, Badan anggaran DPRD Kabupaten Bengkayang dengan memperhatikan kemampuan daerah Kabupaten Bengkayang yang tidak memadai untuk membayar bunga pinjaman Pemerintah Kabupaten Bengkayang di PT PSMI sebesar Rp.250 miliar rupiah dengan masa pembayaran selama 8 tahun di setiap batang tubuh Raperda tentang APBD Kabupaten Bengkayang tahun anggaran 2022 dan APBD tahun berikutnya. Terakhir, Banggar menilai kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang pada program dan kegiatan yang dibiayai dari dana PEN Pemerintah Kabupaten Bengkayang pada PT. SMI DPRD Kabupaten Bengkayang melihat dari aspek resiko rawan terjadi penyimpangan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan bidang pengawasan yang berpotensi terjadi permasalahan hukum.

“Setelah memperhatikan menimbang mencermati beberapa hal tersebut di atas, maka Banggar DPRD Kabupaten Bengkayang berkesimpulan bahwa pinjaman daerah PEN melalui PT. SMI agar dibatalkan,” tutup Esidorus.

Menanggapi laporan Badan Anggaran DPRD kabupaten Bengkayang, dan tidak disetujuinya Raperda APBD tahun 2022, Bupati Bengkayang Sebastianus kepada awak media berharap, permasalahan tersebut dapat diselesaikan dan pada akhirnya mendapatkan kesepakatan bersama.

Continue Reading

Bengkayang

Dinkes Bengkayang Tangani 188 Kasus HIV-AIDS 19 Orang Meninggal

Published

on

Kasi P2Pm Dinkes dan KB kan Bengkayang

BENGKAYANG, suaraborneo.com – Kasus Human Immunodeficiency Virus atau yang lebih di kenal (HIV-AIDS) di kabupaten Bengkayang mengalami peningkatan Setiap Tahun , Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkayang mencatat setidaknya ada 188 kasus, terdiri dari 97 laki-laki dan 91 perempuan, dan 19 meninggal dunia.

Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkayang, Nanang Karyawansyah membeberkan hal tersebut. Dari rentang waktu lima tahun 2016-2021 total ada 188 kasus di kabupaten Bengkayang.

“Dari jumlah tersebut, jumlah meninggal ada sekitar 19 orang. Dengan rincian 14 diantara yang meninggal laki-laki dan lima sisanya perempuan,” kata Nanang, Senin (29/11).

Nanang juga menyampaikan, ada tiga orang anak yang tercatat mengindap penyakit HIV. “kita juga mencatat adanya kasus HIV terhadap anak-anak. Itu ada sekitar tiga orang, dan saat ini sedang kita tangani juga,” timpalnya.

Continue Reading

Bengkayang

Ketua MABM Bengkayang Terpilih Siap Bangun Komunikasi dengan Semua Etnis

Published

on

BENGKAYANG, suaraborneo.com – Dewan Pimpinan Daerah Majelis Adat Budaya Melayu (DPD MABM) Kabupaten Bengkayang menggelar Musyawarah Daerah (Musda) Ke-II, sekaligis memilih kepengurusan yang baru masa Bhakti 2021-2026, yang dihelat di Aula Lantan III Wisma Jovan Bengkayang, pada 27-28 November 2021. Adapun Musda kali ini bertema “Berumah Dalam Musyawarah, Bertempat Dalam Mufakat”.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Panitia Musda II MABM tahun 2021, S. Indra menyatakan, tujuan dilaksanakannya Musda untuk memilih kepengurusan dewan MABM Bengkayang periode 2021-2026. Dalam acara pembukaan yang dilakukan Sabtu malam di hadiri oleh Wabup Bengkayang sekali membuka acara, wakil ketua DPRD, dan perwakilan dari pengurus etnis di Bengkayang. Acara juga kata Indra dihadiri pengurus daerah, pengurus cabang disetiap kecamatan di Bengkayang.

“Acara berlangsung dengan lancar, dan pemilihan ketua MABM secara musyarawah mufakat atau secara aklamasi,” ucapnya saat diwawancarai awak media.

Indra mengucapkan terima kasih kepada pemkab Bengkayang telah mendukung kegiatan sehingga berjalan dengan lancar. Melalui pembinaan dan pengembangan kebudayaan di Bengkayang, terkhusus budaya Melayu.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Bengkayang, Syamsul Rizal yang hadir sekaligus membuka acara dalam sambutannya menyatakan, kebudayaan adalah aset negara yang harus selalu dijaga sebagai alat pemersatu bangsa, dalam bingkai bhineka tunggal Ika. Ia berharap, melalui MABM kebudayaan Melayu dapat terus dilestarikan.

Continue Reading

Bengkayang

Siap Amankan Pilkades, Polres Bengkayang Gelar FGD

Published

on

BENGKAYANG, suaraborneo.com – Dalam rangka kesiapan pengamanan dan antisipasi gangguan kamtibmas jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), Polres Bengkayang Polda Kalbar bersama Pemerintah daerah mulai melakukan serangkaian kegiatan untuk mensukseskan Pilkades di Kabupaten Bengkayang, salah satunya dengan menggelar Forum Grup Discussion (FGD).

FGD yang digelar di Hotel Reppo Bengkayang ini, dengan mengikutsertakan para Camat, Kapolsek, Babinsa serta para tokoh masyarakat, agama dan tokoh adat yang ada di Kabupaten Bengkayang, Selasa (23/11/2021).

Kapolres Bengkayang AKBP Arif Agung Winarto, S.I.K, dalam sambutannya mengatakan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan elemen masyarakat lainnya memiliki peran penting dalam mendukung kamtibmas terutama menjelang Pilkades Serentak di Kabupaten Bengkayang.

“Untuk itu saya mengajak tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan elemen masyarakat lainnya untuk sama-sama mengajak agar tidak mudah terprovokasi terhadap isu-isu atau berita bohong atau hoax yang dapat menimbulkan kegaduhan, kecemasan bahkan keributan atau benturan ditengah-tengah masyarakat”, ucap AKBP Arif Agung Winarto.

Continue Reading

Bengkayang

Demokrat Bengkayang Salurkan 500 Dosis Vaksin di Kecamatan Teriak

Published

on

BENGKAYANG, suaraborneo.com – Dewan Pimpinan Cabang ( DPC) Partai Demokrat Menyalurkan Vaksinasi Sebanyak 500 dosis di kecamatan Teriak, Kabupaten Bengkayang, Senin pagi (22/11).

Vaksinasi ini merupakan tahap II di berikan Kepada pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Teriak bekerjasama dengan Polres Bengkayang dan Puskesmas Teriak berlangsung pukul 09:30 WIB.

Menurut Yosua Sugara,SE,.MM Ketua DPC Partai Demokrat Kab.Bengkayang Vaksinasi Pelajar tersebut dalam upaya membantu tugas pemerintah menuntaskan capaian target 70 persent Warga Negara Republik Indonesia tervaksinasi dan Herd immunity.

“Selain Vaksin ,Demokrat Bengkayang juga menyalurkan bantuan masker, Alat Pelindung Diri (APD), Hand Sanitizer diseluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Bengkayang. Menyiapkan Fasilitas tempat belajar Daring bagi siswa kurang mampu dikantor DPC Demokrat, hari ini (22/11) vaksinasi tahap II bagi siswa dan orang dewasa,” sebut Yosua Sugara,SE,.MM saat membuka kegiatan di ruang Aula SMP N 4 Teriak, Desa Sebente, Senin 22/11/2021.

Continue Reading

Bengkayang

Setoran Pajak Kendaraan Bermotor di Bengkayang Meningkat

Published

on

BENGKAYANG, suaraborneo.com – Pendapatan Pajak Daerah kendaraan bermotor di kabupaten Bengkayang mengalami meningkatkan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal itu yang disampaikan oleh Koordinator Wilayah Bengkayang Unit Pelaksana Teknis Pendapatan Pajak Daerah ( UPT PPD) Wilayah Singkawang, Kalbar, Feronica Imiel di kantornya, Senin (22/11).

Feronica Imiel menyampaikan, sejauh ini ada peningkatan dan antusiasme dari masyarakat dalam membayar pajak. UPT PPD sendiri, kata Imiel, untuk memudahkan masyarakat dalam membayar pajak dengan membuka layanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap ( Samsat) keliling, program tersebut berlaku selama bulan November ini. Dengan adanya layanan Samsat keliling, ia berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan momentum tersebut, dan tidak ada penunggakan akan pajak bermotornya.

“Selama ini kesadaran masyarakat kita akan kewajibannya membayar pajak cukup tinggi, dan tergolong meningkat dibandingkan tahun lalu,” ucapnya.

Lanjut Imiel, meskipun disaat pandemi Covid-19 pelayanan masyarakat tetap berjalan dengan baik sebagaimana mestinya. Hanya saja, untuk warga yang datang untuk tetap dengan protokol kesehatan yang ketat, begitu juga dengan petugas.

Continue Reading

Bengkayang

Kualitas Kepemimpinan Perempuan Adat Terus Diperkuat di Bengkayang dan Sambas

Published

on

BENGKAYANG, suaraborneo.com – Prempuan Adat Asal Kabupaten Sambas dan Bengkayang mengikuti Pelatihan sistem monitoring gender berbasis Lingkungan Hidup dan Hak Asasi Manusia berlangsung 19-20 Nopember 2021

Pelatihan Sistem Monitoring Gender Berbasis LH (Lingkungan Hidup) Dan HAM Ini menindaklanjuti Sejumlah kegiatan Yang sudah Pernah ada di lakukan selama Tahun 2021.

Sedikit nya Sebanyak 27 orang Prempuan Adat terlibat kembali mendapat pembekalan kali ini di ruang pertemuan penginapan Tuah Raya , kecamatan bengkayang kabupaten Bengkayang.

Sejumlah Materi di sampaikan oleh Narasumber Kepala pelaksana kegiatan dari Aliansi Masyarakat Adat Nasuntara Bengkayang.

Sebelum Mengupas dan Mendapat Transper ilmu Materi , Prempuan Adat di ajak menyaksikan bersama dokumenter Singkat Kisah Prempuan Aktivis hebat

Continue Reading

Bengkayang

Sation : Terima Kasih Pak Dirus Rumah Kami diBedah

Published

on

BENGKAYANG, suaraborneo.com – Kodim 1202 Singkawang Menyerahkan Hasil rumah Hasil Bedah kepada salah satu Warga Kurang mampu di desa Rantau kecamatan, Monterado, kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Senin 15 Nopember 2021.

Sudah beberapa rumah tidak layak huni milik masyarakat Kurang Mampu di perbaiki seorang Prajurit Babinsa 06 Samalantan Berpangkat Serda Dirus.

Meski Melewati Berbagai Tantangan di jalani karena Harus menghimpun dana dari para donatur yang terlibat membantu baik material maupun Tenaga dan Doa.

Pasiter Kodim 1202 Singkawang, Kapten Sarmin, pun mengapresiasi kinerja prajuritnya dalam upaya bantu rakyat.

Continue Reading

Bengkayang

Dalam Sehari, Polres Bengkayang Ungkap 3 Kasus Narkoba

Published

on

BENGKAYANG, suaraborneo.com – Kepolisian Resor Bengkayang melalui Sat Narkoba Polres Bengkayang dan Polsek Jagoi Babang berhasil melakukan pengungkapan 3 (tiga) Kasus Narkoba. Pengungkapan 3 kasus narkoba ini dilakukan dalam waktu satu hari.

Kasat Narkoba Polres Bengkayang IPTU Maju K. Siregar, SH. MH mengatakan bahwa pengungkapan kasus narkoba dilakukan pada tanggal 14-15 November 2021 yang dilakukan di tiga tempat berbeda yakni di Kecamatan Jagoi Babang dua tempat dan Kecamatan Teriak satu tempat.

“Dari pengungkapan itu kita temukan pelaku berperan sebagai pengguna dan pengedar. Semuanya didapatkan barang bukti Narkotika maupun peralatan penyalahgunaan maupun uang. Sehingga kita berkeyakinan bahwa para perlaku ini salah satunya dari Jagoi Babang tersangka an. DN (25) yang merupakan residivis”, kata IPTU Maju.

Pelaku lainnya yang dilakukan penangkapan di Jagoi Babang tanggal 15 November sekitar pukul 00.30 ditemukan beberapa klip yang diduga Narkotika ada pada pelaku berinisial FE als FD.

Continue Reading

Umum

Populer

BENGKAYANG, suaraborneo.com – Forum Koordinasi Pimpinan Daerah FORKOPIMDA ,FKUB dan Para Tokoh Masyarakat Mengadakan diskusi Pencegahan Dini Tangkal Radikalisme dan Intoleran Dalam rangka Tercipta nya Kamtibmas di kabupaten Bengkayang (29/10)

Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis mengharapkan kolaborasi dari semua pihak dan stakeholder, dapat menangkal paham radikalisme di Kabupaten Bengkayang.

Pasalnya, radikalisme dan intoleran salah satu ancaman berbahaya yang dapat memecah belah persatuan dan kerukunan.

Laman: Page 1 Page 2 Page 3