Kegiatan Pelatihan Bimbingan Anak di LPKA Martapura – SuaraBorneo.com
Connect with us

Kalsel

Kegiatan Pelatihan Bimbingan Anak di LPKA Martapura

Published

on

MARTAPURA, suaraborneo.com – Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Martapura kedatangan tamu dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Prov.Kalimantan Selatan dan Perkumpulan Sosial HAKKA untuk memberikan pelatihan, pembekalan dan motivasi terhadap anak-anak binaan di LPKA Kelas I Martapura agar mereka mendapatkan ilmu serta praktek dalam melakukan kegiatan usaha, Rabu (17/11)

Kegiatan ini di sambut baik oleh Ketua HIPMI Provinsi Kalimantan Selatan dan Ketua Perkumpulan Sosial HAKKA dengan harapan anak-anak di dalam LPKA Martapura bisa menjadi sukses seperti mereka.

Adapaun kegiatan pada hari ini beruapa:
•Pelatihan pembuatan minuman ice blend dan kopi oleh Bapak Eno (Pengusaha)
•Pembekalan cara proses foto produk untuk promosi oleh Bapak Ananda Perdana Anwar (Fotografer)
•Motivasi dan berbagi pengalaman dari Onwer Sambal Acan Raja Banjar oleh Bapak Aulia (owner).

Pada kesempatan ini, Kepala LPKA Kelas I Martapura Rudi Sarjono mengatakan bahwa kita menerima kegiatan pembinaan dan Ketrampilan bagi Andikpas yg dimotori oleh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia, Prov Kalsel serta Perkumpulan Sosial HAKKA, terhadap Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas) Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Martapura.

“Dengan adanya bimbingan ketrampilan yang dilakukan oleh HIPMI DAN HAKKA berharap bisa membantu kita petugas LPKA Martapura dalam pembinaan serta ketrampilan yg berdaya guna kedepan nya,” tuturnya. (hrs-sb)

Bagikan ke

Banjarmasin

Di Masjid Sabilal Muhtadin, Gubernur Kalsel dan Acil Odah Serahkan Bantuan Sapi Seberat 816 Kilogram

Published

on

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin didampingi istri Hj Raudatul Jannah atau Acil Odah menyerahkan bantuan hewan kurban pada Idul Adha 1445 Hijriah tahun ini. (Foto/Adpim)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin didampingi istri Hj Raudatul Jannah atau Acil Odah menyerahkan bantuan hewan kurban pada Idul Adha 1445 Hijriah tahun ini, Senin (17/06/2024) di kawasan Masjid Raya Sabilal Muhtadin.

Penyerahan sapi jumbo jenis Brahman berbobot 816 kilogram itu, turut disaksikan Ketua DPRD Kalsel H Supian HK, KH Fikri Haikal Zainuddin, dan Ketua Badan Pengelola (Banlo) Sabilal Muhtadin KH Darul Quthni bersama Sekretaris Banlo Syamsul Rani.

Usai penyerahan itu, Paman Birin berharap daging kurban yang nantinya dibagikan kepada masyarakat, bisa bermanfaat dan berkah.

Kemudian, apa yang dilakukan di Hari Raya Idul Adha ini mendapatkan ridho Allah SWT dan syafaat oleh nabi Muhammad SAW kelak.

Sementara itu, KH Darul Quthni menyebutkan, pada penyelanggaraan ibadah kurban tahun ini, hewan kurban yang diamanahkan untuk disembelih dan dibagikan kepada pihaknya sekitar 29 ekor, yang berasal dari instansi dan perorangan.

Pemotongan hewan kurban dilaksanakan, Selasa (18/06/2024) di Rumah Potong Hewan Basirih Kota Banjarmasin.

“Jadi tahun ini berbeda dengan sebelumnya, pemotongan tidak lagi dilakukan di area masjid, demi menjaga kebersihan lingkungan. Pemotongan di RTH Basirih, agar lebih higienis,” ujarnya.

Terkait jumlah kupon yang akan dibagikan, pantai ujarnya sudah menyediakan 2.000 kupon lebih dan masyarakat bisa mengambil daging kurban nantinya mulai pukul 14.30 Wita sampai selesai. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarbaru

Gubernur Kalsel Sambut Peserta Bhayangkara Adventure Offroad 4×4, Berikan Hadiah Rp 40 Juta

Published

on

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin menyambut kehadiran peserta Bhayangkara Adventure Offroad 4×4 dalam rangka Bakti Sosial Pilkada Damai Tahun 2024. (Foto/Adpim)

BANJARBARU, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin menyambut kehadiran peserta Bhayangkara Adventure Offroad 4×4 dalam rangka Bakti Sosial Pilkada Damai Tahun 2024 dan HUT ke-78 di Markas Komando Kepolisian Daerah (Mako Polda) Kalimantan Selatan di kawasan Perkantoran Pemprov Kalsel Banjarbaru pada Minggu (16/6/2024) pagi.

Kehadiran Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto menggunakan motor offroad saat melintasi garis finish disambut oleh Gubernur Paman Birin bersama Ketua DPRD Kalsel, Supian HK.

Penyambutan itu tampak meriah dengan barisan jajaran Polda Kalsel bertepuk tangan.

Tiba di acara, pembagian hadiah para pemenang untuk peserta Bhayangkara Adventure Offroad 4×4 dilakukan undian berhadiah oleh Kapolda Kalsel, Gubernur Kalsel dan Ketua DPRD Kalsel, serta jajaran lainnya.

Kegiatan yang mengambil tema : Menuju Indonesia Emas Tranformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan” itu dIlaksanakan selama 2 hari, 15-16 Juni 2024.

Untuk Bhayangkara Adventure Offroad 4×4 itu puluhan motor offroad melintasi rute dan lokasi di kawasan perkebunan karet (Bridgestone), sehingga peserta menjelajahi alam liar dengan kondisi medan yang sarat tantangan. Mulanya itu rombongan start di Mapolres Tala dan finish di Kecamatan Bati-bati.

Kegiatan itu didukung penuh oleh himpunan motor offroad yang terdiri dari Indonesia Offroad Federation (IOF) Pengda Kalimantan Selatan dan Banua Bhayangkara JIP Community (BBJC).

Saat pembacaan undian hadiah dari Gubernur Paman Birin yang menghadiahi uang tunai senilai Rp40 juta rupiah terpilih atas nama Ibenk Oto dari tim Polresta Banjarmasin.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Paman Birin menyampaikan walau perjalanan offroad terbilang pendek hanya 2 hari saja, tetapi peserta telah menempuh jalur medan yang cukup berat di lintasan hutan Kalsel. Dirinya pun terkesima melihat sederet motor offroad penuh lumpur, serta pakaian para driver yang becek maka artinya mereka telah mampu melewati medan terjal tersebut.

“Luar biasa Bapak Kapolda Kalsel. Tidak hanya mobilnya yang kotor, tetapi bajunya juga kotor. Saya selalu mengingat bahwa apabila baju telah kotor maka dianggap sebagai tanda bekerja,” ucap Paman Birin.

Paman Birin merefleksikan HUT ke-78 Polri yang kian dewasa dalam menapaki lembaganya sebagai institusi kepolisian untuk negara tercinta. Setiap perjalanan yang mengawal bangsa ini, dirinya berharap agar aparat kepolisian dapat menjalankan tugas yang baik, serta menyertai kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Saya melihat persiapan perlu matang terkait logistik dan peralatan lain, dengan motor yang tangguh ini maka sangat hebat para offroader kita dapat melintasi kawasan hutan. Etape (langkah) yang dilaluinya, tentu luar biasa dalam kondisi sehat dan bugar,” tuturnya.

Paman Birin juga mengapresiasi atas langkah Polda Kalimantan Selatan yang telah melakukan bakti sosial dalam kegiatan ini. Dia menilai, barangkali acara itu bermanfaat sekali dirasakan oleh masyarakat di Banua.

Sementara itu, Ketua IOF Pengda Kalsel, Haryadi menjelaskan tujuan kegiatan ini selain merayakan HUT Bhayangkara Polri ke-78 adalah menyatukan para Offroader Banua dengan jajaran tim aparat Polda Kalsel dengan cara bakti sosial tersebut. Kemudian selama perlintasan di hutan, dirinya mengaku sulit mencari kawasan medan yang berat karena infrastruktur telah diperbaiki oleh Paman Birin.

“Karena teman-teman di gunung merasa jalan dibagusin semua oleh Bapak Gubernur, Paman Birin. Namun hal itu sangat baik, mungkin paman nanti memberikan solusinya ke kami,” sampai Haryadi

Singkatnya, Haryadi sangat berterima kasih atas keterlibatan pihaknya dari IOF Pengda Kalimantan Selatan diikutsertakan dalam giat ini oleh Polda Kalsel.

Adapun pemenang undian, sosok raider offroad asal Banjarmasin yakni Ibenk Oto. Ia merupakan tim Polresta Banjarmasin dibawah komando Kombes Pol Sabana Atmojo Martosumito. Dirinya berhasil karena nomor punggungnya disebutkan oleh Paman Birin adalah 205.

“Alhamdulillah, terima kasih Paman Birin atas pemberian hadiah undian berupa uang tunai Rp40 juta buat kami. Hadiahnya digunakan buat memperbaiki motor yang rusak,” ujarnya.

Lantas, Ibenk merasa bantuan Gubernur Kalimantan Selatan ini sangat bermanfaat bagi timnya untuk melakukan perbaikan motor offroad tersebut. Ia bercerita, trek awalnya motor rekannya yang rusak kemudian disusul timnya dari kelompok Komunitas Club Skin Kalsel dan Team Polresta Banjarmasin yang mengalami kendala tersebut.

“Akhirnya, kita evakuasi dengan Bapak Sabana Atmojo, Om Yuda dan rekan lain. Kemudian saat jalur terjun ke air, para raider offroad mengalami trouble (masalah). Sampai patah kipas radiatornya itu,” terangnya.

Dari Kiram, tim Ibenk Oto akhirnya menarik motor offroad itu bersama rekan lain ke Mako Polda Kalsel. Sekitar 5 kilometer, pihaknya tempuh agar sampai ke garis finish tersebut.

“Yang lepas tadi seperti alat bearingnya dan radiator tadi. Dengan dapatnya hadiah dari Paman Birin ini, kita gunakan buat memperbaiki. Saya ucapkan lagi terimakasih,” ungkap Ibenk, penuh semangat.

Diakhir, Ibenk juga mengucapkan selamat HUT Bhayangkara Polri ke-78 tahun agar kiranya lembaga kepolisian di Kalsel semakin solid dan mencapai prestasi dalam menjaga keamanan daerahnya. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Akhirnya SMPN 2 Alalak Raih Prestasi Juara 3 Turnamen SPENGHA Futsal Cup 2024

Published

on

Tim SMPN 2 Alalak dalam kejuaraan SPENGHA Futsal Cup 2024. (Foto/Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Akhirnya SMP Negeri 2 Alalak meraih prestasi setelah menjadi juara 3 dalam turnamen SPENGHA Futsal Cup 2024 yang digelar SMP Negeri 3 Banjarmasin, Sabtu (15/6/2024).

Tim SMPN 2 Alalak yang berjumlah 12 pemain dimotori Kapten Bayu Ferdian Siagian dan sebagai pelatih Fajar Rakhmad didampingi asisten Rama Aldi Hidayatullah.

“Alhamdulillah Tim kami meraih prestasi walaupun menjadi juara 3 yang tidak mudah dicapai karena masuk ke semi final harus mendapatkan kemenangan dari beberapa pertandingan,” ungkap Fajar sang pelatih.

Tahapan pertandingan yang dihadapi SMPN 2 Alalak, perdana SMPN 2 Alalak vs SMPN 26 Banjarmasin dengan skor 0-0 dilanjutkan dengan finalti dimenangkan SMPN 2 Alalak.

Pertandingan kedua SMPN 2 Alalak vs SMPN 4 Sungai Tabuk dengan skor 3-2 dimenangkan SMPN 2 Alalak.

Selanjutkan SMPN 2 Alalak vs SMP 1 Kertak Hanyar dengan skor memuaskan 5-2 kembali SMPN 2 Alalak meraih kemanangan.

Masuk 8 besar SMPN 2 Alalak vs SMP 34 Banjarmasin akhir skor draw 3-3 dilanjutkan adu finalti, akhirnya dimenangkan SMPN 2 Alalak masuk ke semifinal dengan skor 6-5.

Kekalahan saat babak semifinal SMPN 2 Alalak berhadapan dengan SMPN 15 Banjarmasin kalah dengan skor 5-0.

Perebutan Juara 3 SMPN 2 Alalak vs MTs 2 Banjarmasin dengan skor 2-1, SMPN 2 Alalak meraih kemenangan menjadi juara 3.

“Diakhir Ujian Akhir Sekolah (UAS) 2024, Tim SMPN 2 Alalak meraih juara 3 dalam perlombaan SPENGHA Futsal Cup 2024 yang digelar SMPN 3 Banjarmasin, mental mereka semakin kuat saat menghadapi lawan setelah beberapa kali mengikuti perlombaan, latihan akan terus dilanjutkan,” pungkas Fajar. [ad/sb]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Gubernur Kalsel Serahkan Sertifikat Proper 2022-2023, Jaminan Untuk Menjaga Lingkungan

Published

on

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan, Hanifah Dwi Nirwana menyerahkan sertifikat Proper Periode 2022-2023 di Hotel Gsign. (Foto/Adpim)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan, Hanifah Dwi Nirwana menyerahkan sertifikat Proper Periode 2022-2023 di Hotel Gsign, Kota Banjarmasin pada Jum’at (14/6/2024) pagi.

Public Disclosure Program for Environmental Compliance (PROPER) atau program penilaian peringkat kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan dengan jumlah perusahaan di Kalsel sebagai peserta adalah sebanyak 81 perusahaan.

Dengan kategori Emas (1), Hijau (13), Biru (56), Merah (8) dan 3 perusahaan ditangguhkan dalam proses pembinaan oleh KLHK melalui kegiatan Penegakkan Hukum.

Sedangkan untuk Proper Daerah periode penilaian adalah Januari-Desember 2022 diikuti sebanyak 18 perusahaan.

Yaitu 2 perusahaan peringkat hijau adalah PT Bina Indo Raya dan PT. Mandiri Citra Bersama, mereka menonjolkan konservasi air, perlindungan keanekaragaman hayati serta konservasi bekantan. Kemudian terkait rehabilitasi DAS Barito dan pemberdayaan masyarakat peduli api.

Sementara, 16 perusahaan peringkat biru dari sektor pertambangan, sawit, pakan ternak, pengolahan udang, jasa perhotelan dan rumah sakit.

Diantaranya RSUD Ulin Banjarmasin yang menerima sertifikat biru dan RSUD Ansyari Saleh juga menerima kategori yang sama biru.

Kepala DLH Provinsi Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana menjelaskan bahwa adanya sertifikat proper ini menjadi sebuah jaminan perusahaan untuk menjaga lingkungan.

Gubernur Paman Birin pun menyerahkan sertifikat dalam lima kategori yaitu biru, hijau dan emas.

“Pada hari ini kita melakukan penyerahan sertifikat propernas dan properda dari Bapak Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor. Dan proper telah dilaksanakan hampir 25 tahun untuk mendorong aktivitas bisnis atau industri, tak hanya memenuhi ketaatan tetapi menjadi Beyond Compliance,” ucap Hanifah.

Sehingga, menurut Hanifah harus lebih mendorong efisiensi energi dan inovasi lainnya. Terlebihnya lagi, perusahaan lingkungan yang menjalankan tanggungjawabnya untuk mempertahankan kategori biru, hijau dan emas tersebut.

Hanifah mengatakan, konsisten dan akselerasi sangat diperlukan dalam pengembangan perubahan. Karena, baginya ada upaya perbaikan-perbaikan ke depan.

“Apalagi namanya perusahaan industri yang kita disebut pertambangan misalnya, pasti mengalami dampak lingkungan. Sehingga, DLH Provinsi Kalsel mencoba meng-guidance mereka untuk memenuhi kepatuhan syarat yang berlaku,” jelasnya.

DLH Provinsi Kalsel terus memberikan penilaian dan pembinaan terhadap perusahaan industri, Hanifah pun ingin semua meningkatkan kapasitasnya menjadi lebih baik lagi.

Hanifah mengaku, banyak sudah perusahaan yang awalnya mendapatkan kategori merah kini meningkatkan menjadi kategori hijau. Pada periode ini, pihaknya telah menyerahkan 127 sertifikat proper.

“Awalnya 99 menjadi 127 sertifikat proper. Artinya bertambah terus, patut kita syukuri. Sehingga, kita harapkan agar meningkat terus upaya perusahaan menjaga lingkungan ini,” ungkap Hanifah.

Kedepan, Hanifah terus mendorong sejumlah perusahaan di Kalsel agar menyiapkan lembaganya untuk masuk ke tahap lebih tinggi lagi. Lantas, DLH Provinsi Kalsel berupaya menguatkan perusahaan daerah agar mencapai menjadi propernas atau kategori emas.

“Sekarang, Kementrian LHK RI juga akan membidik perusahaan ikut propernas. Dan kami dari DLH Provinsi Kalsel terus mencari pelaku-pelaku usaha dari perusahaan baru, seperti Adaro dengan kategori emasnya. Sebagaimana yang disampaikan karena ada program unggulannya itu,” pungkasnya.

Program unggulannya itu bernama Taman Wisata Menanti Laburan yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa Maju Jaya. Secara program itu memiliki sistem pengolahan air bersih atau mini Water Treatment Plant, bantuan program Corporate Social Responsibillity PT Adaro Indonesia.

Gilang Nurdiansyah dari PT Astra Agro Lestari-1 Bidang Perkebunan Kelapa Sawit asal Tabalong mengucapkan rasa syukur bahwa pihaknya diberi kesempatan kembali meraih kategori biru. Pihaknya telah meraih sebanyak 8 kali dengan kategori yang sama.

“Diharapkan, apa yang sudah kita capai bisa dipertahankan dan ditingkatkan lagi. Tentunya standar perusahaan sesuai syaratnya, PT Astra Agro Lestari-1 terus mempertahankan dan meningkatkan upaya untuk menjaga pengelolaan lingkungan,” terang Gilang.

Langkah itu, Gilang menyebut pihaknya di bidang perkebunan kelapa sawitnya terus menata usahanya dalam aspek lingkungan. Karena, upaya PT Astra Agro Lestari-1 untuk mereduksi atau mengurangi Carbon Energy dapat ditingkatkannya secara perlahan.

Terkait inovasi seperti perusahaan lainnya, Gilang hanya menyebut pihaknya memiliki program pengurangan emisi karbon dioksida (CO2).

“Semoga, kita konsisten hingga mencapai ke depannya nanti sampai kategori hijau,” tutupnya. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

BMKG : Perubahan Iklim Dampak La Nina di Wilayah Kalsel

Published

on

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Kepala Stasiun Klimatologi Kelas I, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kalimantan Selatan (Kalsel), Goeroeh Tjiptanto menjelaskan terkait prakiraan perubahan iklim atas dampak La Nina di wilayah Kalsel pada pertengahan bulan Juni hingga beberapa bulan kedepannya.

“Jadi La Nina itu terjadinya di samudera Pasifik, artinya yang kita pahami dulu itu bukan badai, artinya tidak terjadi di Indonesia tapi akibatnya bisa saja karena petanya global terus isu La Nina itu sampai sekarang belum terjadi, jadi di Pasifik sana itu suhu muka lautnya masih dikategori netral atau normal seperti biasanya,” ujar Goeroeh, Kamis (13/06/2024).

Ia menyebutkan jika institusi BMKG seluruh dunia itu memprediksi ada potensi La Nina, sekarang pun netral ada potensi La Nina pada bulan Juli, Agustus, September, jadi jenis La Nina itu ada lemah, sedang, dan kuat, saat ini potensi jenisnya lemah.

Permasalahannya adalah Juli, Agustus, dan September, menurutnya itu termasuk di Kalsel biasanya musim kemarau, akan tetapi yang terjadi saat ini musim kemaraunya ini akan hujan terus, tetap musim kemarau dipengaruhi oleh La Nina artinya kemungkinan besar kemaraunya ini masih turun hujan tapi kategorinya masih musim kemarau, cuman mungkin bahasa umumnya kemarau basah.

“Tidak semua daerah di Kalsel kemarau basah, daerah-daerah Kalsel kita membagi itu dari di pegunungan Meratus, seperti Batola, Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Tapin, Hulu Sungai Selatan itu cenderung kemaraunya itu kemarau basah, tapi untuk Tanah Laut, Tanah Bumbu, Kotabaru itu cenderung ke kemarau normal,” lanjut Goeroeh.

Selain kemarau basah, kemarau tahun ini sifatnya mundur, biasanya terjadi kemarau bulan Mei sudah mulai di beberapa daerah di Kalsel tapi tahun 2024 ini pertengahan Juni ini itu baru kemarau,

“Itupun daerah-daerah yang kaya Batola, Banjarmasin, sebagian di Banjar, sebagian Tapin, sekarang dalam masa peralihan,” ujarnya. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Kementan : Penyuluh dan Petani Kalsel Sukseskan Program UPSUS Antisipasi Darurat Pangan

Published

on

Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi pada saat melakukan kunjungan kerja ke Desa Kayu Rabah, Kec. Pandawan, Kab. Hulu Sungai Tengah (HST). (Foto: Dok. Kementan)

HST, SuaraBorneo.com – Kementerian Pertanian (Kementan) terus menggencarkan Program Upaya Khusus (UPSUS) Antisipasi Darurat Pangan.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan bahwa pengembangan lahan rawa merupakan komitmennya untuk mempercepat kebutuhan masa tanam dalam waktu dekat ini.

“Pengembangan lahan rawa ini dikelola melalui optimasi lahan yang diharapkan dapat meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) dan produktivitas”, ujar Mentan Amran.

“Tolong bantu percepat tanam percepat produksi sehingga kita tidak perlu impor. Kami akan bentuk brigade, ada combine harvester, excavator, traktor dan lain-lain. Saya mau pemuda-pemuda yang mengelola, nanti bagi hasil sehingga pemuda untung, petani pun untung’’, tegas Mentan kembali.

Menindaklanjuti hal tersebut, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi pada saat melakukan kunjungan kerja ke Desa Kayu Rabah, Kec. Pandawan, Kab. Hulu Sungai Tengah (HST), Kamis (30/05/24) lalu berkesempatan menemui para petani, penyuluh pertanian, Babinsa dan Kepala Desa setempat.

Kabadan meminta agar dapat dibantu untuk dibuat saluran sodetan untuk mengatur ketinggian air di lahan rawa tersebut.

“Saat ini permasalahan yang ada yaitu lahan selalu banjir, sehingga sudah bertahun-tahun sekitar 4 hingga 5 tahun tidak ditanami dan dibiarkan oleh petani”, ujarnya.

Kabadan menyampaikan jika BPPSDMP akan membantu untuk berkoordinasi kepada Kementerian PUPR dan bantuan dari Dinas pertanian terkait, karena itu bukan kewenangan Kementan terkait irigasi besar.

Sementara Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian, Bustanul Arifin Caya mengajak penyuluh untuk membantu memonitor pelaksanaan kegiatan UPSUS Darurat Pangan di Provinsi Kalimantan Selatan.

“Penyuluh harus bisa mendorong kegiatan UPSUS ini, karena penyuluh adalah ujung tombak dalam pelaksanaan kegiatan pertanian”, pungkas Bustanul.

Sebagai informasi bahwa Desa Kayu Rabah, Kec. Pandawan, Kab. HST memiliki luas lahan rawa potensial 3.000 Ha, dengan variates yg biasa ditanam Mekongga dengan provitas rata-rata 4 ton/Ha. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Jakarta

Dua Kali Beruntun, Gubernur Kalsel Terima TPID Award dari Presiden Jokowi

Published

on

Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor menerima penghargaan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Award Tahun 2024. (Foto/Adpim)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor atau Paman menerima penghargaan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Award Tahun 2024 yang diserahkan Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada Jumat (14/6).

TPID Award 2024 yang diterima Paman Birin ini adalah kali kedua secara beruntun yang sebelumnya menerima TPID Award Tahun 2023.

Penyerahan TPID Award 2024 ini diserahkan Presiden Jokowi pada Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2024.

Keberhasilan Paman Birin menerima TPID Award 2024 ini atas raihan Provinsi Kalimantan Selatan dalam kategori sebagai “TPID Provinsi Berkinerja Terbaik 2024” di wilayah Kalimantan dan mampu menyisihkan Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah yang menjadi nominasi penerima penghargaan ini.

Begitu diumumkan menjadi provinsi terbaik regional Kalimantan, Gubernur Paman Birin yang mengenakan kemeja sasirangan dan peci hitam diapit kepala daerah penerima TPID Award 2024 pun menerima piala dari Presiden Jokowi.

Penghargaan yang sama diterima Provinsi Jawa Tengah untuk kawasan Jawa-Bali, Provinsi Sulawesi Tenggara untuk kawasan Sulawesi, Provinsi Kepulauan Riau untuk kawasan Sumatera, dan Provinsi Nusa Tenggara Barat untuk kawasan Nusa Tenggara dan Papua.

Pada penyerahan penghargaan ini, Presiden Jokowi didampingi Ketua TPID Pusat sekaligus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

Keberhasilan menerima TPID Award dua kali berturut-turut pada 2023 dan 2024, Gubernur Paman Birin menyampaikan rasa syukur dan bahagia atas kepercayaan pemerintah pusat terkait kinerja pengendalian inflasi yang selama dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kalsel.

“Kita bersyukur dan berterimakasih atas kepercayaan dan penghargaan ini. Ini membuktikan kinerja kita untuk upaya pengendalian inflasi di Banua,” ujar Paman Birin yang didampingi Hj. Raudatul Jannah, Ketua TP PKK Kalsel yang sekaligus Plt. Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Kalsel.

Tampak mendampingi Paman Birin juga Ketua DPRD Kalsel H. Supian HK dan Kepala Biro Administrasi Pimpinan, Berkatullah.

Keberhasilan meraih TPID Award 2024 ini, kata Paman Birin, saat itu, adalah bukti sinergitas dan kerjasama yang baik antara Pemprov Kalsel bersama seluruh stakeholders dalam upaya pengendalian inflasi di Banua.

Penghargaan ini, ungkap Paman Birin sebagai motivasi Pemprov Kalsel serta kabupaten/kota untuk terus fokus terhadap upaya pengendalian inflasi.

“Kita semua di Banua bergerak bersama-sama dalam upaya mengendalikan inflasi bersama TPID Kalsel. Semua stakeholder terlibat, baik pihak Pemprov, Pemkab/Pemkot, BUMD, BUMN, ASN hingga TP PKK Kalsel dan TP PKK Kabupaten/Kota,” ungkap Paman Birin.

Pemerintah pusat memberikan TPID Award 2024 atas dasar keberhasilan Paman Birin selaku Gubernur Kalsel diantaranya dalam upayanya melakukan sinergi pengembangan padi apung dan pemanfaatan Belanja Tak Terduga (BTT) untuk operasi pasar dalam rangka pengendalian inflsi beras.

Sementara itu, pada pelaksanaan Rakornas TPID Tahun 2024 ini mengusung tema Pengamanan Produksi dan Peningkatan Efisiensi Rantai Pasok untuk Mendukung Stablitas Harga.

Penganugerahan TPID Award 2024 diberikan kepada daerah yang berhasil mengendalikan inflasi.

Dalam sambutan dan arahannya, Jokowi menyebutkan inflasi saat ini dalam kondisi sangat baik atau segar. Jika melihat 10 tahun lalu ujarnya, inflasi masih berada di angka 9,6% dan sekarang ada di 2,84 persen.

Disebutkan Jokowi, setiap ia ke daerah, hal pokok yang selalu ditanyakan adalah berapa inflasinya dan bagaimana pertumbuhan ekonomi setempat. Tujuan supaya semuanya peduli terhadap hal yang sangat penting yakni soal inflasi ini.

“Begitu inflasi naik misalnya 9,6 persen , pertumbuhan ekonomi kita di angka 5 persen, ini berat. Yang merasakan adalah rakyat,” ujar Jokowi.

Namun diingatkan, sudah mendengar warning dari Sekjen PBB bahwa dunia menuju pada ‘neraka iklim’. Suhu akan mencapai rekor tertinggi 5 tahun ke depan.

“Hati-hati dan satu tahun terakhir ini kita merasakan betul adanya gelombang panas,” ucapnya lagi.

Peringatan lainnya yang disampaikan yakni terkait warning dari WHO bahwa pada 2050 dunia akan mengalami kelaparan berat.

“Ini yang harus direncanakan, diantisipasi sejak mulai sekarang,” pesan Jokowi. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Stunting di Kalsel Menjadi Sorotan Fraksi PKS

Published

on

Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) menyoroti masalah “stunting”. (Foto/Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) menyoroti masalah “stunting” atau ketergangguan tumbuh kembang bayi di provinsnya yang kini berpenduduk lebih empat juta jiwa tersebar pada 13 kabupaten/kota.

“Kita harapkan Kalsel dapat menurunkan angka prevalensi stunting,” ujar Fraksi PKS dalam pemandangan umum terhadap Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD (LPPA) pemerintah provinsi (Pemprov) setempat Tahun Anggaran 2023 di Banjarmasin, Senin.

Pemandangan umum Fraksi PKS yang diketuai H Ardiansyah dan Sekretarisnya Firman Yusi pada rapat paripurna DPRD Kalsel yang dipimpin Ketuanya H Supian HK didampingi Wakilnya Hj Karmila dan hadir Sekdaprov setempat Roy Rizali Anwar.

Dalam pemandangan umum yang dibacakan Fahruro itu, Fraksi PKS mengapresiasi atas capaian usaha penanganan stunting di Kalsel Tahun 2023 yang angka prevalensi mengalami penurunan dibandingkan dengan 2022.

Sebagaimana hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) yang Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI keluarkan, Kalsel masuk tiga besar tingkat penurunan stunting tertinggi Tahun 2022 bersama Sumatera Selatan (Sumsel) dan Kalimantan Utara (Kaltara).

Pada 2022 penurunan stunting Kalsel (-5,4 persen),. Sumsel (-6,2 persen) dan Kaltara (-5,4 persen. Pada awal 2021 prevalensi stunting di Kalsel 30,0 persen kemudian 2022 turun menjadi 24,6 persen.

“Kita apresiasi dengan masuknya tiga besar percepatan penurunan stunting. Semoga terus menurun,” lanjut wakil rakyat Kalsel dari PKS.

Sementara target Kalsel dalam penanganan stunting hingga 2024 menjadi 14 persen sehingga masalah malnutrisi pada ibu hamil dan kurangnya asupan nutrisi selama masa pertumbuhan anak harus segera penyelesaian

“Hal tersebut tentu dengan menggencarkan sosialisasi pencegahan stunting dan menyuplai makanan tambahan bagi anak-anak Banua tercinta, demikian wakil rakyat dari PKS. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalsel

Gubernur Kalsel Terima Penghargaan Kapolri, Dukung Pengembangan Tertib Lalulintas di Banua

Published

on

Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor menerima penghargaan dan apresiasi dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo. (Foto/Adpim)

YOGYAKARTA, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin menerima penghargaan dan apresiasi dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo terkait Pengembangan Implementasi Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik.

Penyerahan penghargaan yang diterima Gubernur Paman Birin melalui Sekretaris Daerah Roy Rizali Anwar di The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center pada, Rabu (12/6).

Penghargaan Anugerah Pengembangan ETLE yang diserahkan dalam rangkaian Rapat Kerja Teknis Fungsi Lantas (Rakernis) Tahun 2024 itu turut dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Menteri Perhubungan, Kakorlantas Polri, serta jajaran Ditlantas Polda se-Indonesia.

Selain Pemprov Kalsel yang diterima Gubernur Paman Birin, ada Pemda/daerah penerima penghargaan lainnya adalah Pemprov DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Sumatera Barat, Riau, Pemkot Medan, Pemkab Karawang, dan Kota Waringin Timur.

Rakernis 2024 ini mengusung tema: “Polantas Presisi Hadir Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan dalam Rangka Terwujudnya Indonesia Emas.”

Apresiasi yang diberikan Kapolri Listyo Sigit Prabowo ini tak lepas dari dukungan penuh Gubernur Paman Birin atas pengembangan dan pengadaan Pemprov berupa perangkat ETLE statis 3 buah, kemudian untuk Kota Banjarmasin 1 perangkat, Kabupaten Tapin 1 perangkat ETLE, Kabupaten Banjar 1 perangkat serta Kabupaten HSS sebanyak 1 perangkat ETLE statis.

“Alhamdulillah. Kita sampaikan rasa syukur atas apresiasi Bapak Kapolri kepada Gubernur Paman Birin,” kata Roy.

Apresiasi ini, terang Roy akan memotivasi Pemprov Kalsel untuk terus mendukung pengembangan kelancaran lalulintas di seluruh kabupaten/kota se-Kalsel.

“Sebagaimana komitmen Bapak Gubernur Paman Birin, kita terus mendorong ketertiban berlalulintas, aman, lancar serta tertib di Banua,” terang Roy.

Disamping itu, sebagai langkah kongkret terwujudnya ETLE, pada tahun 2023 atas arahan Paman Birin, Ketua DPRD Provinsi Kalsel Supian HK bersama pimpinan 13 DPRD Kabupaten/Kota, mengundang BPKAD dan Dishub Pemkab/Kota serta Ditlantas Polda dan Satlantas Polres utk melaksanakan pengembangan ETLE di daerah masing-masing daerah mendukung tertib berlalu lintas di Kalsel. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer