Connect with us
FILE-MASAK-LOGO-SB-5

Kaltara

Gubernur Buka Sosialisasi Pengawasan Sistem Pengawasan Keuangan Desa

Published

on

KALTARA, SuaraBorneo.com – Upaya Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) terhadap pengoptimalan peran pengawasan keuangan desa yang efektif dan efisien, melalui Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Kaltara menggelar Sosialisasi Pengawasan Implementasi Sistem Pengawasan Keuangan Desa dan Kebijakan Pengawasan Pemerintah Daerah bagi Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) se Kaltara Tahun 2021, di Swissbell Hotel, Rabu (17/11).

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari sejak tanggal 17-18 November 2021 ini dibuka oleh Gubernur Kaltara, Zainal A. Paliwang dan dihadiri narasumber dari Deputi BPKP, Inspektur III Kementerian Dalam Negeri RI, dan Inspektur Daerah Provinsi Kaltara.

Dalam sambutannya, Gubernur Zainal menyambut baik dan mendukung sepenuhnya pelaksanaan kegiatan sosialisasi pengawasan APIP se-Kaltara. Karena menurutnya kegiatan ini merupakan hal yang sangat penting sebagai salah satu upaya untuk memperkuat sistem tata kelola pemerintahan daerah yang baik.

“Ini dalam rangka mencegah hal-hal yang berpotensi menjadi penyimpangan dan mengarah pada tindak pidana korupsi,” jelas orang nomor satu di Kaltara ini.

Laman: 1 2 3

Kaltara

PWI Kaltara Dinahkodai Nicki Saputra Noviantika Periode 2021 – 2026

Published

on

KALTARA, suaraborneo.com – Persatuan Wrtawan Indonesia (PWI) Kalimantan Utara (Kaltara) kini memiliki nakhoda baru. Dia adalah Nicky Saputra Novianto.

Nicki juga menjabat sebagai Pemimpin Redaksi (Pimred) Benuanta.com itu terpilih melalui Konferensi Provinsi (Konferprov) PWI Kaltara di Hotel Duta, Tarakan,sabtu(28/11/2021).

Continue Reading

Kaltara

Pemprov Tingkatkan Antisipasi Terhadap Bencana dan Konflik Sosial

Published

on

KALTARA, SuaraBorneo.com – Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) menggelar dua kegiatan yakni pertemuan penyusunan laporan logistik kebencanaan dan sarasehan kearifan lokal daerah tingkat provinsi pada 24-26 November 2021.

Mewakili gubernur, kegiatan dibuka langsung oleh Asisten Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Dt. Iqro Ramadhan. Dalam sambutannya, gubernur melalui Asisten I berpesan untuk serius mengikuti pertemuan penyusunan logistik dan sarasehan ini.

Sebagaimana diketahui, guna mendukung tugas pokok dan fungsi kementerian sosial pada bidang pengungsian, sesuai yang diamanatkan dalam UU No 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, dan UU No 11 tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial, maka kegiatan penyusunan laporan logistik ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman petugas dalam pengelolaan barang-barang logistik bantuan sosial.

“Kegiatan ini penting dilaksanakan, karena ada beberapa hal yang menjadi perhatian kita. Yaitu masih lemahnya pengawasan internal dan penerapan SOP (Standart Operasi Prosedur,red) tentang keluar masuk barang,” kata Dt. Iqro Ramadahan menyampaikan sambutan gubernur pada acara yang digelar di ruang pertemuan Crown II,

Continue Reading

Kaltara

Gubernur Kaltara Raih Penghargaan Indonesia Awards 2021

Published

on

JAKARTA, suaraborneo.com – Belum genap setahun memimpin Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), kali ini Gubernur Kaltara Zainal A. Paliwang menerima penghargaan dalam ajang Indonesia Awards 2021 kategori digital transformation sebagai ‘population administration system for Inland and border area’, yang diselenggarakan stasiun televisi iNews.l, Kamis (25/11/2021.

Hadir di antara kepala daerah dan menteri Indonesia, Gubernur Zainal tampil nyentrik dengan batik dan singal khas Kaltara.

Gubernur Zainal mengucapkan terima kasih kepada iNews Tv dan segala pihak yang terlibat terselenggaranya Indonesia Awards 2021, penghargaan yang diraih tentunya ini hasil jerih payah bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara, khususnya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kaltara.

“Ini semua tidak terlepas dari kegiatan-kegiatan Dinas Dukcapil Kaltara yang bekerja keras di masa pandemi. Tidak mengenal lelah, tidak mengenal tempat dan tidak mengenal pamrih jadi terima kasih kepada anggota saya seluruh Dinas Dukcapil Kaltara yang sudah bekerja keras membuat suatu inovasi-inovasi untuk mendapatkan penghargaan ini,” ujar orang nomor satu di Bumi Benuanta ini.

Continue Reading

Kaltara

Pro Rakyat & Lingkungan, Gubernur Undang Investor Jelajahi Potensi Kaltara

Published

on

KALTARA, Suaraborneo.com – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Zainal A. Paliwang dalam Summit Investment Forum 2021 Kaltara membuka peluang kepada para penanam modal dalam dan luar negeri untuk datang dan menanamkan modalnya di Kaltara, Selasa (23/11).

“Saya mewakili masyarakat Kalimantan Utara dengan senang hati mengundang hadirin sekalian untuk mengeksplorasi potensi yang ada pada provinsi termuda Indonesia ini.

Dengan luas hutan 6,9 juta hektar, panjang garis pantai 4.000 kilometer, Kaltara memiliki potensi ekonomi yang siap dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat,” ajak Gubernur Zainal.

Ekonomi Kalimantan Utara terus bergerak positif berdasarkan data Badan Pusat Statistik, (BPS) bertumbuh mencapai 5,42 persen pada triwulan ke-III tahun 2021.

Continue Reading

Kaltara

Tutup Muswil Persis, Gubernur Puji Sinergitas Panitia dengan Pemerintah Daerah

Published

on

KALTARA, SuaraBorneo.com – Lanjutkan aksinya selama berada di Kabupaten Nunukan, kini Gubernur Zainal A. Paliwang beserta rombongan menghadiri acara Penutupan Musyawarah Wilayah (Muswil) Persatuan Islam (Persis) Kalimantan Utara (Kaltara).

Tidak hanya Gubernur Zainal, kegiatan muswil yang juga dihadiri oleh Bupati Nunukan, Asmin Laura Hafid ini kemudian dilanjutkan dengan peletakan batu pertama asrama putra Persis Sebatik Barat.

Kedatangan dua pemimpin ini disambut hangat oleh masyarakat dengan iringan alat musik menyerupai gong, tarian khas suku Bugis yang menjadi suku mayoritas masyarakat di daerah setempat, serta barisan siswa-siswi yang mengenakan pakaian sekolah biru putih.

Continue Reading

Kaltara

Gubernur Serahkan Penghargaan Untuk Siswa/i Kaltara Berprestasi pada 7 Lomba Nasional

Published

on

KALTARA, SuaraBorneo.com – Melihat peningkatan prestasi siswa-siswi pada ajang perlombaan tingkat nasional, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar sebuah acara penghargaan.

Acara ini turut dihadiri oleh Gubernur Zainal A. Paliwang, Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Teguh Henri Susanto, serta beberapa jajaran lainnya.

Dalam laporan panitia, Teguh menyampaikan beberapa hal terkait acara Pemberian Penghargaan Lomba-lomba Jenjang SMA/MA Tingkat Provinsi Kaltara dan Tingkat Nasional Tahun 2021 yang dihadiri oleh 28 siswa-siswi penerima penghargaan dari Kabupaten Nunukan serta 16 siswa-siswi perwakilan empat kabupaten/kota di Kaltara lainnya.

“Pembinaan minat, bakat, dan prestasi siswa merupakan salah satu program unggulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Puspresnas (Pusat Prestasi Nasional, red) dan Dinas Pendidikan Kaltara sebagai pelaksana di tingkat daerah,” ujar Teguh dalam kegiatan yang berlangsung di SMA Negeri 1 Nunukan, Sabtu (20/11/2021).

Continue Reading

Kaltara

Dialog Metro TV, Gubernur Paparkan Strategi Pembangunan Wilayah Kaltara Yang Kompleks

Published

on

KALTARA, SuaraBorneo.com – Sejak dilantik Februari 2021 lalu, Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Zainal A. Paliwang dan Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara, Yansen TP terus berupaya mengejar ketertinggalan pembangunan di Bumi Benuanta dibandingkan dengan provinsi lainnya di Indonesia.

Upaya yang dilakukan guna mengejar ketertinggalan tersebut, Gubernur Zainal menjelaskan, sejumlah pembangunan terus dikebut Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara, dengan memprioritaskan pembangunan daerah meliputi program unggulan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang paling tinggi realisasinya, hingga tercapainya sasaran pembangunan daerah sesuai rencana tahunan.

“Pembangunan strategis daerah yang dilakukan ini sudah berdasarkan pada urgensi daya ungkit kesejahteraan masyarakat Kaltara,” jelas Gubernur Zainal, Kamis (18/11) saat menghadiri acara dialog dalam rangka HUT ke 21 Metro TV secara virtual di Hotel Tarakan Plaza.

Adapun program pembangunan yang diprioritaskan Pemprov Kaltara dalam dialog yang mengangkat tema ‘Akselerasi Pembangunan Daerah Di Tengah Pandemi Covid 19’, dibeberkan Gubernur Zainal, saat ini terdapat 10 prioritas pembangunan yang dikebut proses pengerjaaannya, di seluruh daerah di Kaltara sesuai dengan rancangan akhir Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, serta visi dan misi Pemerintah Provinsi Kaltara.

Continue Reading

Kaltara

Buka Bimtek Pengelolaan Keuangan Daerah, Gubernur Harap Segera di Implementasikan

Published

on

KALTARA, SuaraBorneo.com – Upaya meningkatkan mutu tata kelola keuangan daerah di lingkungan Pemerintahan, maka dari itu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara), melalui Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kaltara menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Keuangan Daerah Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 77 Tahun 2020, di Hotel Lotus Panaya, Kamis (18/11).

Seperti laporan panitia yang disampaikan Kepala BKAD Provinsi Kaltara, Denny Harianto menjelaskan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi para pengelola keuangan daerah disetiap organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Kaltara. Juga mampu melaksanakan pengelolaan keuangan daerah berdasarkan Permendagri Nomor 77 Tahun 2020 tentang pedoman teknis pengelolaan keuangan daerah

“Serta mampu melaksanakan tugasnya secara efektif, efisien, transparansi, akuntabel, tertib, adil, patuh dan taat pada peraturan perundang-undangan yang berlaku,” jelasnya.

Turut hadir Gubernur Kaltara, Zainal A. Paliwang yang menyampaikan arahannya, sekaligus membuka kegiatan bimtek secara resmi. Dihadiri pula narasumber dari Kementerian Dalam Negeri RI.

Continue Reading

Kaltara

Gubernur Harapkan PWI Kaltara Jadi Panutan Profesionalitas Media

Published

on

KALTARA, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Zainal Arifin Paliwang menghadiri silaturahmi bersama pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kaltara di Ruang Command Center, Kantor Gabungan Dinas Lt.5, Selasa (16/11).

Kegiatan silaturahmi yang digelar secara daring dan luring ini juga membahas persiapan Konferensi Daerah (Konferda) pertama PWI Kaltara yang rencananya akan digelar 27 November mendatang.

“Selamat melaksanakan muswil (konferensi) semoga bisa menjadikan lebih maju khususnya program-program PWI Kaltara,” kata Gubernur dalam sambutannya.

Continue Reading

Umum

Populer

KALTARA, SuaraBorneo.com – Upaya Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) terhadap pengoptimalan peran pengawasan keuangan desa yang efektif dan efisien, melalui Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Kaltara menggelar Sosialisasi Pengawasan Implementasi Sistem Pengawasan Keuangan Desa dan Kebijakan Pengawasan Pemerintah Daerah bagi Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) se Kaltara Tahun 2021, di Swissbell Hotel, Rabu (17/11).

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari sejak tanggal 17-18 November 2021 ini dibuka oleh Gubernur Kaltara, Zainal A. Paliwang dan dihadiri narasumber dari Deputi BPKP, Inspektur III Kementerian Dalam Negeri RI, dan Inspektur Daerah Provinsi Kaltara.

Dalam sambutannya, Gubernur Zainal menyambut baik dan mendukung sepenuhnya pelaksanaan kegiatan sosialisasi pengawasan APIP se-Kaltara. Karena menurutnya kegiatan ini merupakan hal yang sangat penting sebagai salah satu upaya untuk memperkuat sistem tata kelola pemerintahan daerah yang baik.

“Ini dalam rangka mencegah hal-hal yang berpotensi menjadi penyimpangan dan mengarah pada tindak pidana korupsi,” jelas orang nomor satu di Kaltara ini.

Laman: Page 1 Page 2 Page 3