Connect with us
FILE-MASAK-LOGO-SB-5

Bengkayang

Siap Amankan Pilkades, Polres Bengkayang Gelar FGD

Published

on

BENGKAYANG, suaraborneo.com – Dalam rangka kesiapan pengamanan dan antisipasi gangguan kamtibmas jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), Polres Bengkayang Polda Kalbar bersama Pemerintah daerah mulai melakukan serangkaian kegiatan untuk mensukseskan Pilkades di Kabupaten Bengkayang, salah satunya dengan menggelar Forum Grup Discussion (FGD).

FGD yang digelar di Hotel Reppo Bengkayang ini, dengan mengikutsertakan para Camat, Kapolsek, Babinsa serta para tokoh masyarakat, agama dan tokoh adat yang ada di Kabupaten Bengkayang, Selasa (23/11/2021).

Kapolres Bengkayang AKBP Arif Agung Winarto, S.I.K, dalam sambutannya mengatakan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan elemen masyarakat lainnya memiliki peran penting dalam mendukung kamtibmas terutama menjelang Pilkades Serentak di Kabupaten Bengkayang.

“Untuk itu saya mengajak tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan elemen masyarakat lainnya untuk sama-sama mengajak agar tidak mudah terprovokasi terhadap isu-isu atau berita bohong atau hoax yang dapat menimbulkan kegaduhan, kecemasan bahkan keributan atau benturan ditengah-tengah masyarakat”, ucap AKBP Arif Agung Winarto.

Laman: 1 2 3

Bengkayang

Demokrat Bengkayang Salurkan 500 Dosis Vaksin di Kecamatan Teriak

Published

on

BENGKAYANG, suaraborneo.com – Dewan Pimpinan Cabang ( DPC) Partai Demokrat Menyalurkan Vaksinasi Sebanyak 500 dosis di kecamatan Teriak, Kabupaten Bengkayang, Senin pagi (22/11).

Vaksinasi ini merupakan tahap II di berikan Kepada pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Teriak bekerjasama dengan Polres Bengkayang dan Puskesmas Teriak berlangsung pukul 09:30 WIB.

Menurut Yosua Sugara,SE,.MM Ketua DPC Partai Demokrat Kab.Bengkayang Vaksinasi Pelajar tersebut dalam upaya membantu tugas pemerintah menuntaskan capaian target 70 persent Warga Negara Republik Indonesia tervaksinasi dan Herd immunity.

“Selain Vaksin ,Demokrat Bengkayang juga menyalurkan bantuan masker, Alat Pelindung Diri (APD), Hand Sanitizer diseluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Bengkayang. Menyiapkan Fasilitas tempat belajar Daring bagi siswa kurang mampu dikantor DPC Demokrat, hari ini (22/11) vaksinasi tahap II bagi siswa dan orang dewasa,” sebut Yosua Sugara,SE,.MM saat membuka kegiatan di ruang Aula SMP N 4 Teriak, Desa Sebente, Senin 22/11/2021.

Continue Reading

Bengkayang

Setoran Pajak Kendaraan Bermotor di Bengkayang Meningkat

Published

on

BENGKAYANG, suaraborneo.com – Pendapatan Pajak Daerah kendaraan bermotor di kabupaten Bengkayang mengalami meningkatkan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal itu yang disampaikan oleh Koordinator Wilayah Bengkayang Unit Pelaksana Teknis Pendapatan Pajak Daerah ( UPT PPD) Wilayah Singkawang, Kalbar, Feronica Imiel di kantornya, Senin (22/11).

Feronica Imiel menyampaikan, sejauh ini ada peningkatan dan antusiasme dari masyarakat dalam membayar pajak. UPT PPD sendiri, kata Imiel, untuk memudahkan masyarakat dalam membayar pajak dengan membuka layanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap ( Samsat) keliling, program tersebut berlaku selama bulan November ini. Dengan adanya layanan Samsat keliling, ia berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan momentum tersebut, dan tidak ada penunggakan akan pajak bermotornya.

“Selama ini kesadaran masyarakat kita akan kewajibannya membayar pajak cukup tinggi, dan tergolong meningkat dibandingkan tahun lalu,” ucapnya.

Lanjut Imiel, meskipun disaat pandemi Covid-19 pelayanan masyarakat tetap berjalan dengan baik sebagaimana mestinya. Hanya saja, untuk warga yang datang untuk tetap dengan protokol kesehatan yang ketat, begitu juga dengan petugas.

Continue Reading

Bengkayang

Kualitas Kepemimpinan Perempuan Adat Terus Diperkuat di Bengkayang dan Sambas

Published

on

BENGKAYANG, suaraborneo.com – Prempuan Adat Asal Kabupaten Sambas dan Bengkayang mengikuti Pelatihan sistem monitoring gender berbasis Lingkungan Hidup dan Hak Asasi Manusia berlangsung 19-20 Nopember 2021

Pelatihan Sistem Monitoring Gender Berbasis LH (Lingkungan Hidup) Dan HAM Ini menindaklanjuti Sejumlah kegiatan Yang sudah Pernah ada di lakukan selama Tahun 2021.

Sedikit nya Sebanyak 27 orang Prempuan Adat terlibat kembali mendapat pembekalan kali ini di ruang pertemuan penginapan Tuah Raya , kecamatan bengkayang kabupaten Bengkayang.

Sejumlah Materi di sampaikan oleh Narasumber Kepala pelaksana kegiatan dari Aliansi Masyarakat Adat Nasuntara Bengkayang.

Sebelum Mengupas dan Mendapat Transper ilmu Materi , Prempuan Adat di ajak menyaksikan bersama dokumenter Singkat Kisah Prempuan Aktivis hebat

Continue Reading

Bengkayang

Sation : Terima Kasih Pak Dirus Rumah Kami diBedah

Published

on

BENGKAYANG, suaraborneo.com – Kodim 1202 Singkawang Menyerahkan Hasil rumah Hasil Bedah kepada salah satu Warga Kurang mampu di desa Rantau kecamatan, Monterado, kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Senin 15 Nopember 2021.

Sudah beberapa rumah tidak layak huni milik masyarakat Kurang Mampu di perbaiki seorang Prajurit Babinsa 06 Samalantan Berpangkat Serda Dirus.

Meski Melewati Berbagai Tantangan di jalani karena Harus menghimpun dana dari para donatur yang terlibat membantu baik material maupun Tenaga dan Doa.

Pasiter Kodim 1202 Singkawang, Kapten Sarmin, pun mengapresiasi kinerja prajuritnya dalam upaya bantu rakyat.

Continue Reading

Bengkayang

Dalam Sehari, Polres Bengkayang Ungkap 3 Kasus Narkoba

Published

on

BENGKAYANG, suaraborneo.com – Kepolisian Resor Bengkayang melalui Sat Narkoba Polres Bengkayang dan Polsek Jagoi Babang berhasil melakukan pengungkapan 3 (tiga) Kasus Narkoba. Pengungkapan 3 kasus narkoba ini dilakukan dalam waktu satu hari.

Kasat Narkoba Polres Bengkayang IPTU Maju K. Siregar, SH. MH mengatakan bahwa pengungkapan kasus narkoba dilakukan pada tanggal 14-15 November 2021 yang dilakukan di tiga tempat berbeda yakni di Kecamatan Jagoi Babang dua tempat dan Kecamatan Teriak satu tempat.

“Dari pengungkapan itu kita temukan pelaku berperan sebagai pengguna dan pengedar. Semuanya didapatkan barang bukti Narkotika maupun peralatan penyalahgunaan maupun uang. Sehingga kita berkeyakinan bahwa para perlaku ini salah satunya dari Jagoi Babang tersangka an. DN (25) yang merupakan residivis”, kata IPTU Maju.

Pelaku lainnya yang dilakukan penangkapan di Jagoi Babang tanggal 15 November sekitar pukul 00.30 ditemukan beberapa klip yang diduga Narkotika ada pada pelaku berinisial FE als FD.

Continue Reading

Bengkayang

Kasus Izasah Palsu, Oknum Anggota DPRD Bengkayang DR di Tuntut Satu Tahun Bui

Published

on

BENGKAYANG, suaraborneo.com – Ijazah paket B oknum anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkayang dari Partai Perindo terbukti palsu.

Ijazah tersebut dinyatakan palsu setelah Pengadilan Negeri Bengkayang memutuskan perkara nomor 75/Pid.B/PN.Bek pukul 15:30 Wib.

Hukum yang terbukti dilanggar tersangka Pasal 264 ayat 2 KUHP.

Continue Reading

Bengkayang

Hukum Adat Senjata Masyarakat Sebalos Pertahankan Hak dari Ketidak Adilan Perusahaan

Published

on

BENGKAYANG, suaraborneo.com – Puluhan Masyarakat Adat di dusun sebalos ,Desa sango Kecamatan Sangau Ledo Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Kembali Berkumpul untuk Terus memperjuangkan Hak dari Perilaku Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit (13/11) Sabtu malam.

Tujuan dari pertemuan masyarakat Sebalos ini untuk Rencana persiapan menghukum Perusahaan Perkebunan PT ceria Prima yang beroperasi di wilayah mereka

Masyarakat Sebalos Menilai Selama ini Perusahaan Perkebunan PT. ceria Prima sudah terlalu melecehkan Adat masyarakat.

Pasalnya Dalam penyelesaian beberapa Permasalahan terutama persoalan Lahan kebun yang di gunakan menjadi Lahan sawit.

Continue Reading

Bengkayang

BPBD Bengkayang Sigap Bencana Banjir

Published

on

BENGKAYANG, suaraborneo.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkayang, menyatakan bencana banjir sempat terjadi di dua titik di Kabupaten Bengkayang.

Banjir tersebut terjadi rabu malam. Namun, bencana banjir tersebut saat ini dipastikan sudah surut dan kondisi kembali terkendali normal.

Kepala BPBD Kabupaten Bengkayang, Bowo Laksono mengatakan banjir yang sempat melanda dua wilayah tersebut, yaitu di ruas jalan arah ke Kota Singkawang dan di Kecamatan Siding, Desa Hli Buei. Rata-rata disebabkan oleh pendangkalan sungai. Yang memicu hingga air dari sungai meluap.

Continue Reading

Bengkayang

Perempuan Berperan Penting Dalam Kelola SDA di Masa Pandemi

Published

on

BENGKAYANG, suaraborneo.com – Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) yang didukung oleh program Citradaya Nita 2021 mengandeng Komunitas Jurnalis Perempuan Khatulistiwa (JPK) gelar diskusi online dengan mengusung tema “Peran Perempuan dalam Pengelolaan SDA, serta Mitigasi di saat Pandemi”, Sabtu kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Lembaga Gemawan (Lembaga Pengembangan Masyarakat Swadaya dan Mandiri) Laili Khairnur, Komnas Perempuan Andy Yentriyani, serta ada puluhan Jurnalis Perempuan Khatulistiwa, aktivis, NGO di Kalbar yang ikut virtual diskusi.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Lembaga Gemawan, Laili Khairnur menjelaskan, bahwa perihal menyangkut perempuan maupun sumber daya alam, merupakan salah satu fokus kerja Gemawan. Dimana, kata dia, Gemawan hadir untuk memperkuat masyarakat lokal dan mendorong perubahan kebijakan dalam mencapai keadilan social dan keberlanjutan lingkungan.

“Termasuk mengenai isu keadilan gender sudah kita masukkan dalam visi kita. Sehingga dalam aktivtias apapun paritipsasi perempuan dan laik-laki itu kita usahakan setara,” kata Laili disela-sela diskusi.

Terkait kedua hal tersebut (perempuan dan SDA), Laili menjelaskan bahwa saat ini role model pengelolaan sumber daya alam yang banyak dipergunakan adalah dengan eksploitatif yang berorientasi pada ekonomi. Dimana dalam penerapannya, partisipasi tersebut hanya melibatkan segelintir orang, yang notabene menggunakan perspektif pria.

Maka dari itu, dia menekankan kedepannya diperlukannya penguatan dimensi kesetaraan gender dalam hal pengelolaan SDA. Hal itu diperlukan untuk memastikan peluang atau kesempatan dalam memperoleh atau menggunakan sumber daya, baik pria maupun wanita sama.

“Terutama untuk keikutsertaan atau partisipasi kelompok perempuan dalam pengelolaan SDA harus dikedepankan. Mulai dari tahap perencanaan, Implementasi dan Monev. Hal seperti ini perlu dilakukan untuk memastikan bahwa kelompok wanita terlibat dalam proses pengambilan keputusan,” tegasnya.

“Selain itu, apabila hal ini (penguatan kesetaraan gender) diterapkan, bisa memastikan manfaat skema pengelolaan SDA yang dapat dinikmati secara optimal oleh semua orang. Khususnya kelompok perempuan dan kelompok marginal lainnya,” sambungnya.

Disamping itu, dia juga mengasumsikan, setiap kaum hawa tentunya meyakini bahwa kerja dan upaya kedaulatan pangan sebenarnnya membantu dalam persoalan pandemi. Terlebih bagi perempuan yang hari-hari menghabiskan waktu untuk bertani, tentunya selama pandemi ini merasa aman. Karena menurutnya, mereka (perempuan bertani) bisa mengambil konsumsi dari situ.

Continue Reading

Umum

Populer

BENGKAYANG, suaraborneo.com – Dalam rangka kesiapan pengamanan dan antisipasi gangguan kamtibmas jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), Polres Bengkayang Polda Kalbar bersama Pemerintah daerah mulai melakukan serangkaian kegiatan untuk mensukseskan Pilkades di Kabupaten Bengkayang, salah satunya dengan menggelar Forum Grup Discussion (FGD).

FGD yang digelar di Hotel Reppo Bengkayang ini, dengan mengikutsertakan para Camat, Kapolsek, Babinsa serta para tokoh masyarakat, agama dan tokoh adat yang ada di Kabupaten Bengkayang, Selasa (23/11/2021).

Kapolres Bengkayang AKBP Arif Agung Winarto, S.I.K, dalam sambutannya mengatakan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan elemen masyarakat lainnya memiliki peran penting dalam mendukung kamtibmas terutama menjelang Pilkades Serentak di Kabupaten Bengkayang.

“Untuk itu saya mengajak tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan elemen masyarakat lainnya untuk sama-sama mengajak agar tidak mudah terprovokasi terhadap isu-isu atau berita bohong atau hoax yang dapat menimbulkan kegaduhan, kecemasan bahkan keributan atau benturan ditengah-tengah masyarakat”, ucap AKBP Arif Agung Winarto.

Laman: Page 1 Page 2 Page 3