Connect with us
FILE-MASAK-LOGO-SB-5

Nasional

Semangat Menimba Ilmu, Gubernur Motivasi Mahasiswa Kaltara dengan Peluang Beasiswa

Published

on

BANDUNG, SuaraBorneo.com – Disela-sela kunjungan kerja (kunker) Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal A. Paliwang di Kota Bandung, Jawa Barat, orang nomor satu di Kaltara ini menyempatkan hadir dalam acara Ramah Tamah Mahasiswa Kabupaten Bulungan Provinsi Kaltara di Jawa Barat bersama Gubernur Kaltara dan PT Pesona Khatulistiwa Nusantara (ENM Group), Rabu (24/11).

Pada acara tersebut Gubernur Zainal berkesempatan bertatapan langsung dengan para mahasiswa asal Kabupaten Bulungan yang mengenyam pendidikan perkuliahan di Jawa Barat, khususnya yang berada di Bandung.

“Tapi saya sudah niat untuk ketemu anak-anak ku yang kuliah di Bandung ini,” ungkapnya.

Gubernur Zainal pun mengucapkan terima kasih kepada PT Energi Nusa Mandiri (PT ENM) yang sudah memfasilitasi acara ramah tamah ini yang pada kesempatan tersebut dihadiri langsung oleh direktur PT ENM, Tri Suprajeni.

Untuk diketahui, PT ENM berperan dalam terwujudnya program beasiswa yang diterima mahasiswa yang hadir dalam acara ramah tamah tersebut. Maka dari itu Gubernur Zainal berpesan kepada seluruh mahasiswa yang hadir untuk jangan menyia-nyiakan kesempatan ini. Tunjukan jika memang mereka dapat diberi amanah dan tanggung jawab terhadap beasiswa yang diberikan.

Laman: 1 2 3

Jakarta

Ketum AMPI : Rapimnas 2021 Ajang Konsolidasi Politik Anak Muda

Published

on

JAKARTA, suaraborneo.com – AMPI atau Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia menyelenggarakan rapat pimpinan nasional II di Jakarta. Rapimnas II ini bertema besar Pemuda Bersatu, Indonesia Tumbuh.

“Rapimnas II AMPI 2021 ini adalah ajang konsolidasi organisasi dan sekaligus forum silahturahmi karena hampir 2 tahun lamanya kami belum sempat membuat acara offline yang formal dikarenakan pembatasan akibat merebaknya pandemi Covid19 sejak awal 2020,” jelas Dito Ariotedjo Ketua Umum DPP AMPI yang juga menjabat Ketua Lembaga Kreatif dan Inovasi DPP Partai Golkar.

Pembukaan Rapimnas II AMPI, Jumat, 26 November 2021 pukul 13.30 dibuka oleh Firman Soebagyo Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar. 34 Ketua dan Sekretaris DPD I AMPI telah menyatakan kesediaan mereka hadir 2 hari penuh pada acara Rapimnas II AMPI 2021.

Continue Reading

Internasional

Bicara di Venezuela, Teguh Santosa: ASEAN adalah Keajaiban

Published

on

CARACAS, suaraborneo.com – Organisasi negara-negara Asia Tenggara, ASEAN, merupakan salah satu organisasi kawasan yang paling stabil dan dinamis, dan diyakini dapat menjadi model bagi kawasan lain di dunia.

Walau berbagai persoalan masih kerap terjadi di antara negara-negara anggota, namun secara umum mekanisme yang diadopsi ASEAN dapat menciptakan kawasan yang stabil dan damai.

Demikian antara lain penilaian yang disampaikan Ketua Umum Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Teguh Santosa ketika berbicara di Konferensi ASEAN-Venezuela di PDVSA La Estancia, La Floresta, Caracas, Kamis pagi (25/11).

Wakil Menteri Luar Negeri Venezuela, Capaya Rodriguez Gonzales, dan Duta Besar Indonesia untuk Venezuela Imam Edy Mulyono memberikan sambutan di awal konferensi.

Duta Besar Vietnam Le Viet Duyen dan Chargé d’Affaires Malaysia Mohammed Raizul Nizam bin Zulkiffli juga hadir dalam kegiatan tersebut.

Sebelum menghadiri Konferensi ASEAN-Venezuela, Teguh Santosa lebih dahulu berpartisipasi sebagai pemantau pemilu lokal di Venezuela yang berlangsung hari Minggu kemarin (21/11). Teguh juga ikut memantau pilpres Venezuela tahun 2018 lalu.

Selain Teguh Santosa, sejumlah pembicara lain dalam konferensi yang diselenggarakan secara hybrid itu adalah Joanne Lin dari Pusat Studi ASEAN di Institut Studi Asia Tenggara, Singapura, dan Bunn Nagara seorang analis politik independen dari Malaysia. Joanne Lin dan Bun Nagara hadir secara virtual melalui rekaman video. Sementara pembicara lainnya berasal dari berbagai lembaga  Venezuela.

Continue Reading

Nasional

Anies, Anak Guru yang Mengubah Guru

Published

on

Oleh: Sismono La Ode

Lima tahun silam, sepucuk surat menggemparkan sejagat raya guru di penjuru negeri. Pesan yang ia tulis jelas bahwa sepanjang bertugas di Kemdikbud dan berkeliling ke penjuru Indonesia, ia selalu menemukan Mutiara berkilau di sudut-sudut tersulit Republik. Dinding kelas bisa reyot, tapi semangat guru, siswa dan orangtua tegak kokoh.

Sepucuk surat itu ditulis seorang diri di atas meja kerjanya, tepat setelah dicukupkan tugasnya sebagai Mendikbud. Lalu Lalang orang di ruang itu, tidak membuyarkan fokusnya mengirim pesan bagi guru-guru, pahlawan penuh jasa.

Tak ada raut penyesalan, tekadnya hanya satu dan ditulis diakhir surat itu, berupa ajakan kepada seluruh insan pendidikan untuk meneruskan ikhtiar mencerdaskan kehidupan bangsa ini.

Banyak yang mengira bahwa hari itu adalah akhir segala bagi Anies Baswedan. Namun tidak untuk kami yang paham sosok yang dilahirkan dari pasangan guru ini.

Memang tidak semua orang tahu, kalau pria kelahiran Kuningan, 7 Mei 1969 adalah anak dari pasangan guru. Ayahnya bernama Awad Rasyid Baswedan, yang semasa hidupnya mengajar di kampus Universitas Islam Indonesia (UII) dan Ibunya adalah Aliyah Al Ganis mengajar di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), kampus pencetak guru, hingga akhirnya menjadi profesor/guru besar.

Sebelum memilih menjadi guru, Rasyid pernah ditawari menjadi pegawai bulog dengan gaji yang lebih tinggi, namun rejeki itu justru dia berikan pada sobatnya. Rasyid memilih mengajar di UII. Aliyah sendiri sejak awal memang sudah mantap memilih profesi pendidik. Sebelum mengajar di UNY, ia lebih dulu mengajar di IKIP Bandung (kini Universitas Pendidikan Indonesia, UPI). Panggilan hati menjadi pendidik sudah begitu kuat dalam diri mereka. Mereka yakin profesi guru adalah jalan mereka untuk mengabdikan diri pada bangsa.

Tak heran, selepas mengajar baik Rasyid ataupun Aliyah, tetap membuka pintu rumahnya bagi murid-muridnya. Dari rumah yang sederhana itulah murid-muridnya justru menemukan hakikat guru dalam diri kedua orangtua Anies. Kebijaksanaan, kesabaran, keramahan, kelembutan, kedisiplinan, kenyamanan, motivasi, dan keteladanan dalam diri mereka telah menginspirasi dan menggerakan murid-muridnya untuk bangkit dan menjadi orang berguna bagi agama, diri sendiri, keluarga, orang lain, bangsa dan negeri. Catatan-catatan inspirasi dari murid-murid kedua orangtua Anies dirangkum dalam Buku “Anak Guru: Potret Anies Baswedan Memetik Pelajaran Hidup dari Kedua Orangtuanya yang Pendidik” (2021).

Continue Reading

Jakarta

Soal Pernyataan Ahok, Ujang Komarudin : Hal-hal Konsumsi Internal, Tak Bagus Diumbar ke Luar

Published

on

Caption : Basuki TJahaja Purnama alias Ahok (Foto : ahok.org)

JAKARTA, suaraborneo.com – Siaran YouTube Komisaris Utama (Komut) PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam kanal “Panggil Saya BTP” mendapat reaksi dari berbagai kalangan.

Seperti yang ditegaskan pakar komunikasi politik Emrus Sihombing kepada media siber JMSI, Rabu, (24/11/2021). Ditegaskannya, sebaiknya para elite pemangku kebijakan seharusnya mengemukakan pandangan yang positif ke ruang publik. Jangan sampai mengumbar pernyataan yang justru membuat kesalahpahaman di publik tentang kerja-kerja pemerintah.

Continue Reading

Nasional

Narasi Mobil Listrik Ala Ahok

Published

on

Foto : Yelas Kaparino

Oleh : Yelas Kaparino, (Wartawan senior tinggal di Jakarta)

Pernyaatan Basuki Tjahaja Purnama di kanal Youtube “Panggil Saya BTP” berjudul “Pejabat Tidak Boleh Takut untuk Mengeksekusi” yang dirilis hari Jumat lalu (19/11) bisa melahirkan kesalahpahaman di tengah masyarakat mengenai road map mobil listrik (electric Vehicle atau eV) yang sedang dikerjakan dan dikembangkan pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Di dalam video itu, Ahok demikian ia biasa disebut, juga memberi kesan bahwa sedang terjadi perbedaan pandangan yang sangat serius dan tak teratasi di kalangan pemerintah mengenai cetak biru ekosistem industri mobil listrik di tanah air.

Karena tidak dapat diselesaikan di forum korporasi, maka Ahok sebagai Komisaris Utama PT Pertamina tampaknya merasa perlu membeberkan persoalan ini ke ruang publik.
Menurut Ahok, rencana yang pernah dipaparkan Pertamina Power Indonesia (PPI) agar Indonesian Batery Corporation (IBC) mengakuisisi perusahaan mobil StreetScooter milik Deutsche Post DHL Group, Jerman, tidak didasarkan pada valuasi yang jelas.

IBC adalah holding yang didirikan pemerintah Indonesia untuk membangun industri baterai mobil listrik di tanah air.

Saat ini, bersama dengan konsorsium Korea Selatan, yang terdiri dari LG, Hyundai, dan Posco, IBC sedang memproduksi baterai mobil listrik untuk mobil listrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat.

Continue Reading

Internasional

Dubes Imam: Hubungan Ekonomi dengan Venezuela Perlu Ditingkatkan Lagi

Published

on

CARACAS, suaraborneo.com – Republik Indonesia dan Republik Bolivarian Venezuela perlu melengkapi hubungan baik kedua negara dengan peningkatan di bidang ekonomi.

Untuk itu Kedutaan Besar RI di Caracas membuka pintu bagi pelaku usaha Indonesia yang ingin menemukan partner bisnis di Venezuela.

Demikian antara lain disampaikan Duta Besar RI untuk Venezuela Mayjen (Purn) Dr. Imam Edy Mulyono ketika berbicara dalam jamuan makan malam di Wisma Duta Caracas, Kamis (18/11).

Jamuan makan malam yang dihadiri seluruh diplomat RI di Venezuela dan anggota masyarakat Indonesia di Caracas itu digelar untuk menyambut enam pemantau independen pemilihan umum lokal Venezuela yang sedang berlangsung.

Continue Reading

Internasional

Ketum JMSI Diundang Sebagai Pemantau Internasional Pemilu di Venezuela

Published

on

CARACAS, suaraborneo.com – Pada tanggal 21 November mendatang Republik Bolivarian Venezuela akan kembali menggelar pemilihan umum. Ini adalah Pemilu ke-29 yang dilaksanakan dalam 22 tahun terakhir sejak reformasi politik besar-besaran yang dilakukan Hugo Chavez pada 1999.

Di dalam Pemilu 21N ini rakyat Venezuela akan memilih 23 gubernur negara bagian, 2.471 anggota lembaga legislatif di ke-23 negara bagian, 335 walikota, dan 253 legislator yang mewakili ke-23 negara bagian yang jumlah untuk setiap negara bagian ditentukan dari jumlah populasi negara bagian.

Dua pemilu terakhir yang digelar Venezuela adalah pemilihan presiden di bulan Mei 2018 dan pemilihan anggota Majelis Nasional pada Desember 2020.

Dalam Pilpres 2018, Nicolas Maduro berhasil mempertahankan kekuasannya sebagai presiden setelah mengalahkan dua kandidat utama lainnya, yakni Henri Falcon dari Partai Avanzada Progresista dan Javier Bertucci dari Partai El Cambio.

Dua kandidat lain dalam Pilpres 2018 adalah Reinaldo Quijada dan Luis Alejandro Ratti. Keduanya tidak memperoleh suara yang signifikan.

Pilpres 2018 diikuti 9,2 juta pemilih dari 20,5 juta pemilik suara yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Sementara dalam Pemilu Majelis Nasional, koalisi Gran Polo Patriotico Simon Bolivar yang juga dikenal dengan nama Great Patriotic Pole (GPP) berhasil menguasai 253 kursi dari 277 kursi Majelis Nasional.

Koalisi besar ini terdiri dari Partido Socialista Unido de Venezuela (PSUV) yang dipimpin Maduro yang memperoleh 219 kursi, dan delapan partai pendukung lain.

Continue Reading

Jakarta

Fitur Baru ‘Peatland Commodities Business Hub’ Pantau Gambut Tingkatkan Potensi Komoditas di Lahan Gambut

Published

on

JAKARTA, suaraborneo.com – Indonesia memiliki luas lahan gambut mencapai 13.43 juta hektar (data BBSDLP tahun 2019), yakni keempat terluas di dunia dan merupakan lahan gambut tropis terluas di dunia. Lahan gambut adalah rumah dari keanekaragaman hayati Indonesia yang menyimpan 57 gigaton karbon, atau sekitar 10,36% karbon dunia. Saat kebakaran hutan dan lahan terjadi di tahun 2015, 53% dari total lahan yang terbakar adalah gambut.

Kebakaran yang terjadi di 32 provinsi di Indonesia pada tahun itu melepaskan emisi gas rumah kaca sebesar 1.636 juta ton CO2 atau lebih dari total emisi harian gas rumah kaca Amerika Serikat dan menimbulkan kerugian negara hingga 220 triliun rupiah.

Akibat dari kebakaran ini, Pemerintah Indonesia menyempurnakan Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun 2014 mengenai Perlindungan dan Pengelolaan Ekosistem Gambut dengan Peraturan Pemerintah No. 57 Tahun 2016. Isinya mengatur upaya terpadu yang sistematik untuk memelihara dan mencegah kerusakan ekosistem gambut mencakup perencanaan, pemanfaatan, kontrol, pemeliharaan, pengawasan, dan penegakan hukum di lahan gambut. Untuk mengawal komitmen pemerintah, masyarakat membentuk Pantau Gambut, sebuah koalisi yang melibatkan publik dalam semua misi dan inisiatif terkait gambut. Situs Pantau Gambut sebagai platform utama, digunakan untuk memuat informasi-informasi mengenai perkembangan komitmen Pemerintah Indonesia dalam merealisasikan pemulihan ekosistem gambut, Selasa (16/11/2021).

Platform virtual ini juga digunakan untuk mengedukasi dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pemeliharaan ekosistem gambut dalam rangka perlindungan lingkungan, pengurangan emisi, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Continue Reading

Nasional

Guru Honor SMA/SMK/SKH Negeri Banten Berhonor 4,5 Juta, Jubir WH : Fakta

Published

on

BANTEN, suaraborneo.com – Juru Bicara Gubernur Banten Ujang Giri membenarkan soal besaran honorarium 4,5 juta para guru honorer SMA/SMK/SKH Negeri di Provinsi Banten.

“Ia betul itu fakta, kisaran honorarium yang diterima bisa mencapai 3 sampai 4,5 jutaan perbulan nya,” ujar Pria yang akrab disapa Ugi, kepada Wartawan, Sabtu (13/11/2021).

Ugi mengatakan bahwa itu bentuk komitmen Gubernur Banten Wahidin Halim dalam meningkatkan kesejahteraan tenaga pendidikan dan kependidikan di Provinsi Banten sesuai dengan kewenangan Pemprov Banten yaitu menaungi SMA/SMK/SKH.

“Pak Gubernur sesuai dengan kewenangannya SMA/SMK/SKH dibawah naungan Pemerintah Provinsi tentunya memiliki tanggungjawab dalam peningkatan kesejahteraan pegawai Pemprov dalam hal ini salah satunya guru honorer SMA/SMK/SKH,” ujar Ugi.

Continue Reading

Umum

Populer

BANDUNG, SuaraBorneo.com – Disela-sela kunjungan kerja (kunker) Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal A. Paliwang di Kota Bandung, Jawa Barat, orang nomor satu di Kaltara ini menyempatkan hadir dalam acara Ramah Tamah Mahasiswa Kabupaten Bulungan Provinsi Kaltara di Jawa Barat bersama Gubernur Kaltara dan PT Pesona Khatulistiwa Nusantara (ENM Group), Rabu (24/11).

Pada acara tersebut Gubernur Zainal berkesempatan bertatapan langsung dengan para mahasiswa asal Kabupaten Bulungan yang mengenyam pendidikan perkuliahan di Jawa Barat, khususnya yang berada di Bandung.

“Tapi saya sudah niat untuk ketemu anak-anak ku yang kuliah di Bandung ini,” ungkapnya.

Gubernur Zainal pun mengucapkan terima kasih kepada PT Energi Nusa Mandiri (PT ENM) yang sudah memfasilitasi acara ramah tamah ini yang pada kesempatan tersebut dihadiri langsung oleh direktur PT ENM, Tri Suprajeni.

Untuk diketahui, PT ENM berperan dalam terwujudnya program beasiswa yang diterima mahasiswa yang hadir dalam acara ramah tamah tersebut. Maka dari itu Gubernur Zainal berpesan kepada seluruh mahasiswa yang hadir untuk jangan menyia-nyiakan kesempatan ini. Tunjukan jika memang mereka dapat diberi amanah dan tanggung jawab terhadap beasiswa yang diberikan.

Laman: Page 1 Page 2 Page 3