Antisipasi Penanganan Banjir Anggota Dewan Dorong Pemda Benahi Drainase – SuaraBorneo.com
Connect with us
IDUL-FITRI-1445-3-X7

Kalteng

Antisipasi Penanganan Banjir Anggota Dewan Dorong Pemda Benahi Drainase

Published

on

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Anggota DPRD Kabupaten Kapuas, Ahmad Zahidi mendorong pemerintah daerah setempat melalui dinas terkait untuk mengambil langkah-langkah antisipasi penanganan banjir atau genangan akibat hujan dan luapan air yang terjadi belakangan ini di sejumlah wilayah di Kabupaten Kapuas.

Dikatakannya, terkait antisipasi mengurangi genangan air salah satunya dilakukan normalisasi anak-anak sungai dan saluran terbuka.

“Kita dorong harus dilakukan pembenahan sistem drainase, perlu pembersihan handil-handil atau anak-anak sungai agar aliran air pasca hujan tidak mengendap,”kata Zahidi, politisi PAN ini kepada media Selasa (8/12/2021).

Untuk itu ia juga meminta, Pemda melalui dinas teknis terkait, saat akan menerbitkan izin mendirikan bangunan harus merekomendasikan konstruksi bangunan rumah panggung

“Ke depan kita harus berpikir konstruksi rumah panggung sehingga apabila terjadi banjir rob seperti saat ini tidak terendam,”jelasnya.

Sebagaimana diketahui belakangan ini terjadi kondisi cuaca buruk dengan hujan deras disertai angin, ditambah lagi air pasang hingga banjir rob melanda beberapa wilayah di Kabupaten Kapuas, tak terkecuali juga di dalam kota di Kecamatan Selat, mengakibatkan genangan air rumah-rumah warga,
hingga ke jalan. (ujang/ery-SB).

Bagikan ke

Kalteng

Tiga Pansus DPRD Kapuas Gelar Rapat Pembahasan Lima Raperda Bersama OPD

Published

on

Rapat Pansus DPRD Kapuss terkait pembahasan lima raperda bersama OPD. (foto/ist)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Sebagai tindak lanjut tiga panitia khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas yang sudah dibentuk untuk menggodok lima buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) menggelar rapat pembahasan di Kantor DPRD, Kamis (25/4/2025).

Rapat dilaksanakan masing-masing Pansus, yakni Pansus I II dan Pansus III bersama perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing.

Diketahui Pansus I tentang Raperda tentang bangunan gedung. Pansus II untuk Raperda tentang pengakuan dan perlindungan masyarakat hukum adat dan Raperda tentang perubahan kedua atas Perda nomor 10 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah.

Kemudian Pansus III untuk Raperda tentang pencabutan Perda Kabupaten Kapuas nomor 10 tahun 2007 tentang lembaga kemasyarakatan Raperda tentang kabupaten layak anak atau KLA.

Anggota DPRD Kapuas H Darwandie mengatakan pihaknya dari Pansus II mengawali tugas dalam pembahasan dua rancangan peraturan daerah,” katanya.

Sementara itu pada Pansus I rapat dipimpin anggota DPRD Ahmad Zahidi dan Pansus II dipimpin legislator Lawin bersama OPD mitra kerja.
(Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pemkab Kapuas Matangkan Pemberangkatan JCH 2024

Published

on

Rapat koordinasi persiapan pelepasan JCH Kapuas. (foto/hmskmf)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pemerintah Kabupaten Kapuas menggelar Rapat Koordinasi dalam rangka persiapan pelepasan/pemberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Kapuas musim haji tahun 1445H/2024 M bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati Kapuas, Kamis (25/4/2024).

Dalam rapat ini dipimpin Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kapuas Mujiono bersama Kepala Kementerian Agama Kapuas H Hamidhan dan dihadiri juga Kepala Dinas Perhubungan Kapuas Teras perwakilan Polres Kapuas Satpol PP Dinas Kesehatan dan Dinas Kominfo Kapuas.

Disampaikan Mujiono dalam rapat tersebut untuk Jamaah Calon Haji Kabupaten Kapuas tahun 2024 yang berangkat melaksanakan ibadah haji berjumlah 317 JCH yang mana terbagi kedalam tiga kloter.

“Dalam hal ini kloter 3, 5 dan 6 dengan rincian 169 jamaah Kapuas tergabung kedalam kloter 3, 43 jamaah tergabung kedalam kloter 5 dan 105 jamaah tergabung kedalam kloter 6,” tutur Mujiono.

Sedangkan untuk tanggal keberangkatan untuk kloter 3 diberangkatkan ke Asrama Haji Banjarmasin pada tanggal 14 Mei 2024 kloter 5 pada tanggal 16 Mei 2024 dan kloter 6 tanggal 18 mei 2024.

“Prosesi pelepasan para JCH nantinya direncanakan akan dilakukan di Rujab Bupati Kapuas. Dengan adanya rapat ini diharapkan kesiapan pelepasan dan keberangkatan Jamaah Calon Haji tahun 2024 berjalan dengan lancar nantinya,” imbuh Kabag Kesra.

Sementara itu Kepala Kemenag Kapuas H Hamidhan bahwa tema haji pada tahun ini adalalah
“Haji Ramah Lansia”, dimana untuk Jamaah Calon Haji Kabupaten Kapuas terdapat 8 jamaah yang berusia diatas 77 tahun serta 7 jamaah yang berusia diatas 70 tahun.

“Untuk prosesi keberangkatan para jamaah nantinya agar tidak lebih dari 30 menit dan jamaah lansia diprioritaskan saat seremonial pelepasan nantinya. Untuk barang para JCH dikirim 1 hari sebelum keberangkatan,” ucap Hamidhan. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Dukungan Syarat Calon Bupati Kapuas Independen Minimal 25 Ribu Lebih KTP

Published

on

Ketua KPU Kapuas Deden Firmansyah. (foto/istimewa)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024 kini sudah berproses. Terkait itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kapuas membuka penjaringan pasangan calon bupati diusung partai politik atau melalui jalur independen (perseorangan).

Ketua KPU Kapuas Deden Firmansyah mengatakan untuk calon dari perseorangan sesuai ketentuan harus menyiapkan 25 ribu lebih fotokopi KTP sebagai bentuk dukungan dari masyarakat.

“Kabupaten kapuas jumlah dukungan harus tersebar di 9 wilayah kecamatan, ” katanya kepada media Kamis (25/4/2024).

Dikatakan untuk tahapan pencalonan, tanggal 5 Mei 2024 sampai 19 Agustus 2024, KPU menerima untuk persyaratan calon perseorangan.

Dikatakan pula untuk syarat dukungan KTP yang harus disiapkan minimal 25.338 pendukung artinya itu sudah 8,5 persen dari jumlah DPT.

Lebih lanjut dikatakan jumlah DPT Kabupaten Kapuas sebanyak 297.976 merupakan pemilih laki-laki dan pemilih perempuan.

“Meski begitu mekanismenya dukungan KTP syarat tersebut nantinya akan dilakukan verifikasi faktual oleh KPU,” ujarnya.

Dia menambahkan syarat dukungan tersebut sebagaimana termuat dalam Undang-Undang RI nomor 10/2016 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang nomor 1/2015 tentang penetapan Peraturan Pemerintah pengganti Undang-Undang 1/2024 tentang Pemilihan Gubernur Bupati dan Walikota. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Persiapan Pilkada KPU Kapuas Kembali Rekrut Ulang PPK

Published

on

KPU Kapuas melaksanakan rapat terkait rekrutmen PPK. (foto/ist)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Menghadapi Pilkada serentak 27 November 2024 mendatang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah kini kembali membuka pendaftaran untuk rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Hal ini disampaikan Ketua KPU Kapuas Deden Firmansyah kepada wartawan Kamis (25/4/2024).

Menurutnya pendaftaran PPK ini hanya berlangsung selama sepekan atau dalam 7 hari saja. “Pendaftaran calon anggota PPK sudah dibuka dari tanggal 23 April sampai dengan 29 April 2024,” katanya.

Dikatakan jumlah yang dibutuhkan total 85 PPK yakni 5 orang PPK untuk masing-masing wilayah kecamatan dari 17 kecamatan di Kabupaten Kapuas.

Dijelaskan pula para 85 PPK tersebut nantinya akan bertugas untuk membantu pelaksanaan Pilkada 2024 di 17 wilayah kecamatan di Kabupaten Kapuas.

Lebih lanjut dikatakan bahwa dalam pendaftaran penerimaan calon PPK ini sesuai mekanisme dan aturan berlaku.

Kemudian untuk tes tertulis dilakukan menggunakan CAT seperti perekrutan PPK sebelumnya. Oleh karena itu
bagi masyarakat silahkan mendaftarkan sesuai syarat dan ketentuan.

“Harapannya semua tahapan dan pelaksanaan Pilkada 2024 dapat berjalan aman dan lancar serta mendapatkan dukungan semua pihak dan seluruh lapisan masyarakat, ” ujarnya. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pj Bupati Kapuas Hadiri Dharma Santi Perayaan Nyepi

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi didampingi Pj Ketua PKK Agustina Erlin Hardi ketika menghadiri Perayaan Dharma Santi Nyepi. (foto/hmskmf)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi didampingi Pj Ketua TP PKK Kapuas Agustina Erlin Hardi dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Kapuas menghadiri perayaan Dharma Santi Nyepi Tahun Baru Saka 1946 Tahun 2024 yang digelar Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Kapuas Senin (22/4/2024) malam.

Kegiatan perayaan yang digelar di Wantilan Pura Jagatnatha Kecamatan Basarang ini berlangsung dengan penuh khidmat yang mana diisi dengan sejumlah tari-tarian pembacaan Wekda Wakya serta Dharmawacana.

Perayaan Dharma Santi merupakan ajang pertemuan atau silaturahmi untuk dapat saling memaafkan kesalahan masing-masing, serta tentunya mengupayakan untuk tidak membuat kesalahan lagi di kemudian hari.

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi saat memberikan sambutan, mengucapkan terima kasih kepada warga umat hindu yang ada diwilayah Kabupaten Kapuas. Khususnya di Kecamatan Basarang yang dalam hal ini sudah menjaga kedamaian dan ketentraman dilingkungannya.

“Yang utama adalah bagaimana kita menjaga sebuah keharmonisan kebahagiaan dan kedamaian. Karena semua kembali kepada hati kita dan ada tujuan yang ingin kita capai bersama yaitu tercipta dan terjaganya keharmonisan antar sesama,” ucap Penjabat Bupati Kapuas itu.

Melalui terselenggaranya kegiatan seperti ini pun dirinya mengharapkan agar dapat dijadikan sebagai wadah untuk meningkatkan keharmonisan, didalam keberagaman kehidupan yang ada diwilayah Kabupaten Kapuas.

“Mari kita tetap menjaga kerukunan diwilayah kita ini, sehingga selalu terjaganya kedamaian dan kebersamaan antar umat beragama,” imbuh Erlin.

Sementara itu Ketua PHDI Kalteng I Wayan Suata menyebutkan bahwa perayaan Dharma Santi ini dapat dimaknai sebagai langkah dalam menuju kebenaran untuk mencapai kedamaian. Dimana Dharma memiliki arti kebenaran dan Santi berarti kesucian.

“Yang mana beberapa bulan terakhir ini penuh dengan kesucian dan telah kita lalui bersama sejumlah rangkaian peringatan Hari Raya Nyepi dan Galungan. Karena itu saya berpesan kepada seluruh Umat Hindu agar kita menjaga kedamaian ini secara bersama-sama, ” tutur I wayan Suata.
(Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Mengamuk, Satpol PP Dan Damkar Amankan ODGJ

Published

on

ODGJ yang mengamuk saat diamankan Satpol PP dan Damkar Kapuas. (foto/hmskmf)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Berdasarkan laporan pihak Kelurahan Selat Hulu terkait adanya Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang mengamuk Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kapuas pun bergerak dengan cept untuk mengecakuasi dan mengamankan ODGJ tersebut, Kamis (24/04/2024).

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Syahripin mengatakan ODGj tersebut sudah pihaknya evaluasi dari rumahnya di Jalan Cilik Riwut Gang 5 dan saat ini sudah ditangani oleh pihak PSC 119 Dinas Kesehatan Kapuas.

“ODGJ tersebut saat ini dibawa langsung ke Rumah Sakit Jiwa Kelawa Atei di Palangkaraya,” pungkas Syahripin. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

RSUD Kapuas Serahkan Bantuan Untuk Warga Terdampak Kebakaran di Desa Pulau Mambaulau

Published

on

Direktur RSUD Kapuas dr. Agus Waluyo MM ketika menyerahkan bantuan untuk warga terdampak kebakaran di Desa Pulau Mambulau. (foto/hmskmf)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Jajaran RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas telah menyalurkan bantuan untuk warga terdampak musibah kebakaran rumah di RT 06 Desa Pulau Mambulau Kecamatan Bataguh, Senin (22/4/2024).

Bantuan tersebut diserahkan bersamaan dengan kunjungan Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi yang sekaligus secara simbolis menyerahkan bantuan dari SOPD lingkup Pemerintah Kabupaten Kapuas.

Direktur RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas dr Agus Waluyo MM turut serta secara simbolis menyerahkan sejumlah bantuan berupa sembako dan pakaian layak pakai kepada warga sebagai bentuk kepedulian.

“Kegiatan ini dilakukan sebagai wujud partisipasi dan perhatian kami untuk membantu korban terdampak kebakaran,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan bantuan yang diserahkan berupa sembako sebanyak 36 dus dan baju layak pakai sebanyak 5 dus.

“Mudah-mudahan dengan diberikannya bantuan tersebut sedikitnya dapat membantu dan meringankan beban masyarakat yang tertimpa musibah,” ujarnya.

Sebelumnya pada Hari Jum’at lalu 19 April 2024 Tim Manajemen RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas juga menyerahkan bantuan sukarela dari karyawan /karyawati yang diakomodasi ke Kantor Dinas Sosial Kabupaten Kapuas.

Berdasarkan data terakhir, musibah kebakaran Desa Pulau Mambulau Kecamatan Bataguh yang telah terjadi pada Kamis (11/4/2024) itu mengakibatkan 23 rumah warga hangus terbakar. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Kunjungi Kapuas Expo, Pj Bupati Komitmen Kembangkan UMKM

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi didampingi Pj Ketua TP PKK Kabupaten Agustina Erli Hardi ketika meninjau Kapuas Expo di Lapangan Bukit Ngalangkang Kapuas Senin (22/4/2024). (foto/hmskmf)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pejabat Bupati Kapuas Erlin Hardi didampingi Pj Ketua Tim Penggerak PKK Agustina Erlin Hardi serta kepala OPD lingkup Pemkab Kapuas melakukan kunjungi stand-stand pameran Kapuas Expo 2024 di Lapangan Bukit Ngalangkang Senin (22/4/2024) sore.

Satu persatu stand pameran Kapuas Expo disambangi Pj BupatI dan rombongan.

Ia menyapa ramah dan sesekali berdialog dengan petugas-petugas stand yang dikunjungi. Bahkan pada beberapa stand Pj Bupati terlihat membeli produk-produk UMKM lokal yang kemudian sebagian dibagikan kembali.

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi mengharapkan melalui kegiatan tersebut dapat memberikan dampak yang positif terutama terhadap para pelaku UMKM di Kapuas.

“Melalui kegiatan ini secara langsung, dimana mereka dapat memperkenalkan produk-produknya ke masyarkat.
Dampaknya dapat meningkatkan perekonomian,” katanya.

Dikatakannya ini akan kami gandeng terus untuk pengembangan UMKM yang ada di Kapuas.

Lebih lanjut dikatakan kepada OPD terus melakukan pembinaan kepada pelaku UMKM lokal. Sehingga kedepannya keberadaan mereka dapat berkembang dengan baik.

“Terkait ini sudah kita minta setiap OPD paling tidak menggandeng dua UMKM supaya bisa menjadi mitra,” ujar Pj Bupati. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pj Bupati Kapuas Tinjau Kapuas Expo

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi didampingi Pj Ketua TP PKK Kabupaten Agustina Erli Hardi ketika meninjau Kapuas Expo di Lapangan Bukit Ngalangkang Kapuas Senin (22/4/2024). (foto/ist)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pejabat Bupati Kapuas Erlin Hardi didampingi Pj Ketua Tim Penggerak PKK Agustina Erlin Hardi serta kepala OPD lingkup Pemkab Kapuas melakukan peninjauan stand-stand pameran Kapuas Expo 2024 di Lapangan Bukit Ngalangkang, Senin (22/4/2024) sore.

Satu persatu stand pameran Kapuas Expo disambangi Pj BupatI dan rombongan.

Ia menyapa ramah dan sesekali berdialog dengan petugas-petugas stand yang dikunjungi. Bahkan pada beberapa stand Pj Bupati terlihat membeli produk-produk UMKM lokal yang kemudian sebagian dibagikan kembali.

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi mengharapkan melalui kegiatan tersebut dapat memberikan dampak yang positif terutama terhadap para pelaku UMKM di Kapuas.

“Melalui kegiatan ini secara langsung, dimana mereka dapat memperkenalkan produk-produknya ke masyarkat.
Dampaknya dapat meningkatkan perekonomian,” katanya.

Dikatakannya ini akan kami gandeng terus untuk pengembangan UMKM yang ada di Kapuas.

Lebih lanjut dikatakan kepada OPD terus melakukan pembinaan kepada pelaku UMKM lokal. Sehingga kedepannya keberadaan mereka dapat berkembang dengan baik.

“Terkait ini sudah kita minta setiap OPD paling tidak menggandeng dua UMKM supaya bisa menjadi mitra,” ujar Pj Bupati. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer