Dari Sawit Hingga Daging Sapi, Kaltara Siapkan Ekspor Komoditas Unggulan Pertanian – SuaraBorneo.com
Connect with us

Kaltara

Dari Sawit Hingga Daging Sapi, Kaltara Siapkan Ekspor Komoditas Unggulan Pertanian

Published

on

KALTARA, SuaraBorneo.com – Peringatan hari perkebunan nasional ke-64 berlangsung secara khikmat. Di hadiri Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Zainal A Paliwang yang dalam hal ini diwakili oleh Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Provinsi Kaltara, Udau Robinson serta Bupati Bulungan, Syarwani secara daring dari Desa Antutan sementara acara berlangsung dan berpusat di Prapat, Sumatra Utara.

Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin membuka langsung acara tersebut serta Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo turut memberikan arahan agar seluruh daerah di Indonesia terus mengembangkan sektor pertanian dan komoditas ekspor khususnya pertanian yang memiliki tren positif menopang pendapatan negara di tengah masa pandemi yang mengguncang ekonomi global.

“Sebab, perkebunan dan pertanian kita punya keunggulan. Hal ini terbukti selama pandemi covid-19 hanya sektor pertanian yang mampu bertahan dan tumbuh positif,” ungkap Mentan.

Dalam kesempatan tersebut Syahrul meminta daerah untuk mengembangkan komoditas perkebunan unggulannya agar di ekspor.

“Seluruh daerah tidak boleh tidak ekspor,” tegasnya.

Menanggapi arahan tersebut, Syarwani mengungkapkan ini merupakan momentum yang luar biasa bagi Provinsi Kaltara khususnya Kabupaten Bulungan melalui program Kementerian Pertanian telah berkomitmen membudidayakan komoditas kakao dan lada.

“Selama tiga tahun ke depan (2022-2024), masing-masing seluas 1000 hektar. Ini merupakan kesempatan bagi masyarakat untuk mengembangkan sektor perkebunan lada dan bidang coklat atau kakao ini,” jelasnya.

Terkait ekspor komoditas dirinya mengakui banyak komoditas yang bisa diunggulkan, namun untuk menjalankan hal tersebut harus ada ketersediaan, keberlanjutan serta kualitas produksi pada satu komoditas.

“Hal-hal itu harus kita perhatikan sesuai dengan standar ekspor untuk bisa menembus pasar internasional. Untuk sementara kita targetkan swasembada di tingkat lokal dengan tetap merencanakan dalam rangka peningkatan dan pengembangan komoditas unggulan untuk diekspor, melihat letak strategis Kaltara sebagai beranda Indonesia ke dunia internasional dengan jaminan kita persiapkan dulu pra syarat yang untuk kita bisa menuju ekspor tersebut,” ujar Syarwani.

Hilirisasi produk juga menjadi fokus, tidak hanya memproduksi barang mentah namun juga mengolahnya menjadi barang jadi atau setengah jadi untuk meningkatkan nilai jual produk ketika menembus pasar domestik dan internasional.

“Sisi hilirisasi ini tidak hanya tanggungjawab dinas pertanian baik provinsi maupun kabupaten, perlu di integrasikan seluruh opd-opd agar bisa menjawab persoalan para petani maupun pekebun kita hari ini. Contoh yang ada di Sajau kita tidak hanya sibuk memproduksi gabah ditempat yang sama kita melakukan pengeringan bahkan pengemasan, kebijakan yang saya buat untuk mendukung petani Kaltara khususnya Bulungan kita wajibkan ASN Bulungan membeli 10 kilogram beras lokal,” jelasnya.

Sementara itu Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Provinsi Kaltara, Udau Robinson mengungkapkan dukungan Presiden dan Wakil Presiden RI sangat baik dalam pengembangan sektor pertanian khususnya di Kaltara yang berpotensi besar.

“Oleh sebab itu dari OPD teknis kita harapkan dapat menindaklanjuti untuk menyentuh potensi yang kita miliki. Kita petakan sehingga mana yang bisa dikembangkan menjadi komoditi ekspor ke depan, itu yang kita prioritaskan karena jelas, sebagai bukti Pak Wakil Presiden dan Mentan dalam sambutannya menunjukan kita tidak tergantung pada barang impor sehingga sudah dua tahun kita berhasil menghentikan impor beras,” ungkapnya

Ketika beras mampu memenuhi kebutuhan nasional menurut Udau tidak menutup kemungkinan pada produk Indonesia lainnya terutama rempah-rempah. (mdd)

Bagikan ke

Kaltara

Pelantikan KKNTT Dilaksanakan Gedung Serbaguna Pemkot Tarakan

Published

on

Pj. Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., melantik Pengurus Kerukunan Keluarga Nusa Tenggara Timur (KKNTT) Kota Tarakan. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Pj. Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., melantik Pengurus Kerukunan Keluarga Nusa Tenggara Timur (KKNTT) Kota Tarakan untuk periode 2024/2029 pada Minggu, 7 Juli 2024.

Acara pelantikan ini dilaksanakan di Gedung Serbaguna Pemkot Tarakan setelah melewati serangkaian proses dan pemilihan anggota pengurus pada 21 April 2024.

Pj. Wali Kota dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada pengurus yang baru saja dilantik. “Semoga kepengurusan KKNTT Kota Tarakan yang baru ini dapat menjadi paguyuban yang mewadahi silaturahmi, saling tolong menolong, dan semakin memberikan manfaat bagi masyarakat,” ucapnya.

Selain itu, ia juga mengajak warga NTT yang tinggal di Tarakan dan belum terdata sebagai penduduk Tarakan untuk segera mengurus administrasi kependudukan. “Hal ini agar Pemerintah Kota Tarakan dapat memaksimalkan program bagi masyarakat termasuk warga NTT yang membutuhkan,” tambahnya.

Pada kesempatan ini, Pj. Wali Kota juga mengajak seluruh masyarakat untuk menyukseskan Pilkada serentak yang akan datang dengan berpartisipasi aktif memberikan suara serta menjaga kondusifitas Kota Tarakan selama proses Pilkada berlangsung. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Pj Wali Kota Tinjau Kebersihan Sepanjang Jalan Mulawarman

Published

on

Pj. Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., beserta jajaran melakukan peninjauan sepanjang Jalan Mulawarman. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Pj. Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., beserta jajaran melakukan peninjauan sepanjang Jalan Mulawarman terkait dengan ketertiban dan kebersihan Kota Tarakan, Jumat (5/7/2024).

Dalam peninjauan ini, Pj. Wali Kota memberikan teguran kepada sejumlah toko, kantor, dan rumah yang kedapatan membuang sampah tidak pada jam yang telah ditentukan, sehingga sampah tidak terangkut.

Lebih lanjut, Pj. Wali Kota menginstruksikan kepada Satpol PP untuk menindak tegas warga yang membuang sampah sembarangan atau tidak pada jam buang sampah yang telah ditentukan, dengan ancaman sanksi tindak pidana ringan.

“Dengan tindakan tegas ini, diharapkan masyarakat lebih disiplin dalam menjaga kebersihan dan keindahan kota Tarakan,” ujar Pj. Wali Kota.

Pj. Wali Kota juga berencana melakukan penataan taman yang berada di Jalan Mulawarman, tepatnya di seberang jalan depan Kantor Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Utara. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Pelantikan ULD Periode 2024-2029 Bertempat Di Hotel Paradis Tarakan

Published

on

Pj. Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., menghadiri Pelantikan Pengurus Universal Line Dance (ULD) Kota Tarakan Periode 2024-2029. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Pj. Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., menghadiri Pelantikan Pengurus Universal Line Dance (ULD) Kota Tarakan Periode 2024-2029 di Hotel Paradise Tarakan, Rabu (3/7/2024).

Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota mengatakan Universal Line Dance bukan hanya sekadar sebuah kegiatan seni tari, tetapi juga sebuah wadah untuk mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan di antara masyarakat.

Ia menegaskan komitmen Pemerintah Kota Tarakan untuk terus mendukung organisasi atau kelompok yang memiliki visi untuk mengembangkan seni dan budaya di Kota Tarakan.

“Seni dan budaya adalah cerminan dari identitas sebuah kota, dan saya percaya bahwa dengan terus mengembangkan kegiatan seperti ini, kita tidak hanya akan memperkaya pengalaman seni masyarakat, tetapi juga menunjukkan kepada dunia bahwa Kota Tarakan adalah tempat di mana keberagaman seni dan budaya hidup berdampingan dengan harmonis,” tambahnya.

Pelantikan merupakan momentum penting bagi para pengurus yang terpilih serta sebagai wujud kebersamaan dan komitmen dalam mengembangkan seni dan budaya di Kota Tarakan.

Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Utara, Ketua KORMI Provinsi Kaltara, Dewan Penasihat KORMI Kaltara, Ketua KORMI Kota Tarakan, Kepala Disbudparpora dan Pariwisata Kota Tarakan, serta Ketua ULD Kota Kaltara. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Pj Wali Kota Tarakan Menghadiri Rapat Paripurna Di Gedung DPRD

Published

on

Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tarakan Tahun Anggaran 2023 resmi disetujui. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tarakan Tahun Anggaran 2023 resmi disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tarakan.

Keputusan ini diambil dalam Rapat Paripurna XXVIII DPRD Kota Tarakan Masa Persidangan III Tahun Sidang 2023/2024 yang dilaksanakan ruang rapat paripurna DPRD pada Selasa (2/7/2024).

Dalam rapat tersebut, pandangan akhir dari ketujuh fraksi DPRD Kota Tarakan menerima dan menyetujui Raperda tersebut untuk disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda). Namun, terdapat beberapa masukan perbaikan yang diharapkan dapat diimplementasikan pada masa mendatang.

Pj. Wali Kota Tarakan Dr. Bustan, S.E., M.Si., yang hadir dalam rapat paripurna tersebut, menyampaikan terima kasih kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Tarakan atas masukan, saran, serta rekomendasi yang diberikan selama pembahasan Raperda ini.

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Wali Kota juga meminta kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah untuk memperhatikan dan menindaklanjuti seluruh masukan dari Pimpinan dan Anggota DPRD. Hal ini bertujuan untuk perbaikan dan penyempurnaan pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan, serta pelayanan kepada masyarakat. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Acara FGD Diadakan Gedung Serba Guna Pemkot Tarakan

Published

on

Pj. Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.S.i., membuka Focus Group Discussion (FGD). (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Pj. Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.S.i., membuka Focus Group Discussion (FGD) mengenai perencanaan penanganan anak putus sekolah dalam Program Swalayan PNF Mantap, Selasa (2/7/2024).

adalah inovasi baru dari Kepala Dinas Pendidikan yang mempermudah pendataan dan pemetaan anak putus sekolah melalui digitalisasi dalam bentuk aplikasi Siaplah.

Dalam sambutannya di Gedung Serbaguna, Pj. Wali Kota menekankan pentingnya pemetaan yang akurat sebagai dasar untuk merumuskan kebijakan yang tepat dan efektif dalam menangani masalah anak putus sekolah.

“Melalui FGD ini, kita bisa bersama-sama menghasilkan solusi terbaik. Saya mengajak semua pihak yang hadir untuk memberikan masukan yang membangun demi tercapainya tujuan agar tidak ada lagi anak yang putus sekolah,” ujar Pj. Wali Kota.(mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Gubernur Lepas Kontingen Kaltara Menuju Utsawa Dharma Gita Nasional XV Tahun 2024

Published

on

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) DR. (H.C). H. Zainal A. Paliwang, M.Hum. melepas kontingen asal Kaltara. (Foto/Ist)

TANJUNG SELOR, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) DR. (H.C). H. Zainal A. Paliwang, M.Hum. melepas kontingen asal Kaltara untuk mengikuti Utsawa Dharma Gita Nasional (UDG) Nasional XV, Senin (1/7).

Tahun ini merupakan keikutsertaan pertama kali Provinsi Kaltara dalam mengikuti UDG Nasional, yaitu festival atau lomba nyanyian suci agama Hindu yang digelar di Surakarta pada tanggal 8-12 Juli 2024 mendatang.

Ketua Perisda Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kaltara yang sekaligus menjadi ketua kontingen, drg. Ida Bagus Sidharahardja, MPH. menyebutkan sejumlah 9 orang peserta akan mengikuti UDG tingkat nasional tersebut.

“Ada 9 orang peserta akan mengikuti 5 cabang lomba, yaitu membaca sloka pasangan remaja putri, membaca sloka pasangan dewasa putri, membaca sloka pasangan dewasa putra, membca palawakya pasangan dewasa putri, dan dharmawacana tingkat remaja putri,” terang Ida Bagus di Kantor Gubernur Kaltara.

Pada pelepasan tersebut, Gubernur memberikan semangat kepada kontingen Kaltara agar selalu semangat dan menjaga kesehatan serta tampil maksimal dengan membawa nama baik Kaltara.
“Walaupun sedikit (peserta), tapi bisa tampil maksimal dan bersaing dengan daerah lain,” ucap Gubernur Zainal Paliwang.

Selain 9 orang peserta, terdapat 12 orang yang terdiri dari 3 orang pelatih dan 9 orang peninjau yang akan dikirimkan untuk mengikuti kegiatan tersebut dengan harapan Kaltara mampu mendapat hasil yang terbaik.(mddkisp)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Pj Wali Kota Tarakan Menghadiri Upacara Hari Bhayangkara ke-78

Published

on

Pj. Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M. Si. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Pj. Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M. Si., didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Tarakan, Meisa Ruslina, S.E., mengikuti Upacara Hari Bhayangkara Ke-78 yang dilaksanakan di Halaman Rumah Jabatan Wali Kota Tarakan, Senin (01/7/2024).

Bertindak selaku Pembina Upacara adalah Kapolres Tarakan, AKBP Ronaldo Maradona T. P.P Siregar, S.H., S.I.K. Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Tarakan, Forkopimda Kota Tarakan, Instansi Vertikal, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Agama Kota Tarakan.

Peringatan Hari Bhayangkara tahun ini mengusung tema “Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas”. Tema ini mencerminkan komitmen Polri dalam mendukung pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif, sejalan dengan upaya pemerintah dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Dalam sambutannya, Kapolres Tarakan membacakan sambutan dari Kapolda Kaltara, Irjen. Pol. Daniel Adityajaya, S.H., S.I.K., M.Si., yang menegaskan bahwa Polri berkomitmen untuk terus meningkatkan profesionalisme dan presisi dalam menjalankan tugasnya guna menciptakan kondisi yang kondusif bagi aktivitas ekonomi.

“Tetap bersatu, bergandengan tangan, dan saling mendukung dalam menghadapi berbagai tantangan ke depan. Polri bukanlah hanya milik personel Polda Kaltara semata, namun Polri adalah milik kita semua, baik pemerintah maupun masyarakat,” Kapolda Kaltara.

Acara kemudian dilanjutkan dengan syukuran Hari Bhayangkara ke-78 dilaksanakan di Polres Tarakan yang turut dihadiri Pj. Wali Kota beserta unsur Forkopimda. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Narkoba Masih Jadi Atensi Serius Pemerintah

Published

on

Gubernur Dr. (H.C). Zainal Arifin Paliwang, M.Hum saat menghadiri Peringatan Hari Anti Narkoba Nasional. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Memerangi narkoba tidak hanya memberantas para pelaku, namun penyebarannya harus dicegah apabila permintaan dari pengguna. Perlunya edukasi secara terus menerus mengenai dampak penyalahgunaan narkotika.

Hal ini disampaikan Gubernur Dr. (H.C). Zainal Arifin Paliwang, M.Hum saat menghadiri Peringatan Hari Anti Narkoba Nasional di hotel Royal Crown, Rabu (26/06/24).

Ia menegaskan, bahwa pemerintah serius untuk memerangi penyalahgunaan narkoba ini. Mulai dari pelajar hingga dari pekerja profesional karena surat keterangan bebas narkoba menjadi salah satu syarat mengajukan lamaran pekerjaan.

Ia tidak memungkiri, bahwa narkotika adalah salah satu tantangan global saat ini. Sehingga ada langkah-langkah yang dan kolaborasi yang dilakukan baik di tingkat pemerintah hingga masuk kelaipas masyarakat seperti keluarga.

“Tentu ini tidak bisa dilakukan BNNP dan aparat TNI/POLRI saja. Tetapi harus ada kolaborasi dan sinergitas yang tepat dari seluruh unsur terkait dan seluruh lapisan masyarakat,” katanya.

Ia mengatakan apapun informasi terkait penyalahgunaan narkotika, masyarakat harus segera menyampaikan kepada pihak yang berwenang agar segera dineri tindakan, bagi pengguna akan direhabilitasi, bagi pengedar akan ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Makanya kalau dapat informasi tentang penyalahgunaan narkotika jangan diam. Itu tugasnya BNNP ngapain saya urusin. Tidak boleh begitu. Semua kita harus bergerak melawan narkoba,” pungkasnya. (mddkisp)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Gubernur Buka Pelantikan DPW-ADI Kaltara 2024-2029, Dorong Inovasi Pendidikan

Published

on

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Dr. (H.C.) H. Zainal A. Paliwang, M.Hum., menghadiri acara pelantikan, rapat kerja dan seminar nasional Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) Provinsi Kaltara. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Dr. (H.C.) H. Zainal A. Paliwang, M.Hum., menghadiri acara pelantikan, rapat kerja dan seminar nasional Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) Provinsi Kaltara di Ruang Auditorium, RSUD dr. H. Jusuf SK, Lantai 6, Senin (24/6).

Acara dihadiri oleh berbagai pejabat tinggi daerah, termasuk unsur Forkopimda, staf ahli, asisten, dan kepala OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara, serta perwakilan dari berbagai instansi dan lembaga.

Dalam sambutannya, Gubernur Zainal mengucapkan selamat kepada ketua dan seluruh jajaran pengurus DPW-ADI Kaltara periode 2024-2029 yang baru dilantik.
“Semoga saudara-saudara yang dilantik sebagai pengurus pada hari ini dapat menjaga kepercayaan yang diamanahkan di pundak saudara-saudara sekalian,” ujar Gubernur.

Ia juga menekankan peran penting ADI dalam memajukan dunia pendidikan dan akademik di Provinsi Kaltara.
“ADI memiliki peran penting dalam memajukan dunia pendidikan dan akademik serta memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan masyarakat dan daerah di Kalimantan Utara,” tambahnya.

ADI Kaltara, yang telah aktif sejak tahun 2016, diakui telah banyak menginisiasi pelatihan dan workshop untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme para dosen di wilayah tersebut.

“Organisasi ini telah banyak menginisiasi serta mengorganisir pelatihan dan workshop untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme para dosen di Kalimantan Utara,” kata Gubernur Zainal.

Gubernur juga mengapresiasi keberadaan ADI dalam mendukung pendidikan yang merata dan berkualitas, serta mendorong pengembangan kurikulum yang relevan dengan karakteristik dan kebutuhan masyarakat lokal.

“Melalui kolaborasi dengan pemerintah daerah dan lembaga pendidikan, ADI dapat membantu dalam pengembangan kurikulum yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan masyarakat Kalimantan Utara,” jelasnya.

Selain itu, Gubernur Zainal mengajak seluruh peserta seminar nasional untuk memanfaatkan ruang diskusi dengan baik, berbagi pengalaman, dan menghasilkan gagasan inovatif yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

“Saya mengajak kepada seluruh peserta seminar nasional untuk dapat memanfaatkan ruang ini dengan baik, berdiskusi secara konstruktif, berbagi pengalaman, dan menghasilkan gagasan-gagasan inovatif,” tuntasnya. (mddkisp)

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer