Kapolres Harap DPC PBB Sergai Ajak Masyarakat Untuk Divaksin – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15

Daerah

Kapolres Harap DPC PBB Sergai Ajak Masyarakat Untuk Divaksin

Published

on

SERGAI, Suaraborneo.com – Kapolres Serdang Bedagai, AKBP Dr Ali Machfud SIK,MIK menerima Audiensi DPC PBB (Pemuda Batak Bersatu) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Rabu (15/21/2021) di ruang kerjanya.

Turut hadir, Kasat Intelkam Polres Serdang Bedagai, AKP Siswoyo, Ketua DPC PBB  Serdang Bedagai, Welky R. Simanjuntak, Sekretaris PBB Serdang Bedagai, Jan Andi Situmorang dan Anggota.

Dalam pertemuan itu, Ketua DPC PBB Serdang Bedagai mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolres Sergai yang telah menerima Audiensi.

“Kami PBB sudah 2 tahun berdiri di Kabupaten Serdang Bedagai dan siap mendukung program pemerintah dan kami taat hukum termasuk mendukung Polri dalam menjaga Kamtibmas.
Kami juga aktif melakukan bakti sosial dengan memberikan bantuan sosial kepada masyarakat yang tertimpa musibah,” ungkapnya.

Welky berharap bapak Kapolres bisa mensuport kami organisasi PBB Serdang Bedagai. Selain itu, PBB Serdang Bedagai juga siap berpartisipasi dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru 2022.

“Kami juga mohon arahan dan bimbingan bapak Kapolres Serdang Bedagai dalam melaksanakan tugas,” ujar Welky Simanjuntak.

Sementara itu, Kapolres Sergai AKBP Dr Ali Machfud mengucapkan selamat datang kepada pengurus PBB  Kabupaten Serdang Bedagai di Polres Serdang Bedagai.

“Saat ini Polri fokus dalam penanganan Covid-19, termasuk percepatan Vaksinasi yang terus kita kejar 70 Persen sampai Akhir Tahun 2021.

Rekan rekan PBB juga bisa mensosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk Vaksin, karena vaksinasi banyak manfaatnya untuk masyarakat,” harap Kapolres.

Dengan anggota PBB sebanyak 4000 orang, sambung Kapolres, bisa mengajak 1 orang anggota PBB membawa 1 orang maka setiap hari bisa 4000 masyarakat  tervaksin.

“Terima kasih rekan dari PBB selama ini membantu Polri, dalam pengamanan Nataru saya berharap rekan dari PBB bisa juga turut andil dalam mengamankan Gereja Gereja,” pungkas Kapolres.

Bagikan ke

Daerah

BI Kalsel Genjot Ekspor dan Percepat Penurunan Stunting di HSU

Published

on

Kepala Perwakilan BI Provinsi Kalsel Wahyu Pratomo meresmikan Program Desa Devisa dan Penyerahan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI). (Foto/Ist) 

AMUNTAI, SuaraBorneo.com – Produk kerajinan purun asal Hulu Sungai Utara terus didorong agar menembus pasar ekspor. Pesan itu mengemuka dari kegiatan Peresmian Program Desa Devisa dan Penyerahan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) di Pendopo Desa Banyu Hirang, Amuntai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Jumat (22/9).

Desa Devisa merupakan program pembinaan kepada UMKM lokal agar produk yang dihasilkan bernilai tambah dan sanggup menembus pasar global. Program ini merupakan hasil sinergi antara Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), Pemerintah Provinsi Kalsel, dan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan BI Provinsi Kalsel Wahyu Pratomo bercerita bahwa kerajinan purun berbahan baku eceng gondok yang dikembangkan Kelompok Usaha Bersama (KUB) Kembang Ilung asal Hulu Sungai Utara sangat berpotensi menembus pasar global.

“Dalam konteks itu, ada tiga prasyarat utama bagi perajin supaya menembus pasar ekspor. Pertama, jangan takut bermimpi. Kedua, konsisten meningkatkan keahlian. Dan terakhir, senantiasa belajar untuk meningkatkan kualitas produk” tutur Wahyu.

Selain lewat program pembinaan UMKM, lanjut Wahyu, dukungan BI Kalsel diwujudkan melalui PSBI. Pada kesempatan ini, BI Kalsel juga menyerahkan bantuan sarana dan prasarana kriya eceng gondok bagi KUB Kembang Ilung yang merupakan UMKM binaan BI Kalsel.

Senada dengan itu, Kepala Divisi Jasa Konsultasi LPEI Sofyan Irianto Naibaho menilai para perajin yang tergabung dalam KUB Kembang Ilung sudah menghasilkan produk yang bagus dan siap ekspor. Pihaknya, lanjut Sofyan, juga siap mencarikan calon pembeli dari luar negeri.

“Kami bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri rutin menyelenggarakan business matching dengan buyer luar negeri dan terus menggali produk UMKM yang bisa diekspor, termasuk di Hulu Sungai Utara,” kata Sofyan.

Masih dalam konteks pengembangan ekonomi daerah, dalam kesempatan ini BI Kalsel juga menyerahkan PSBI dukungan penanganan stunting untuk Hulu Sungai Utara. PSBI diberikan dalam bentuk intervensi spesifik berupa paket susu bagi 50 balita stunting yang tersebar di empat desa, yaitu Desa Patarikan, Desa Palanjungan Sari, Desa Karias Dalam, dan Desa Paminggir.

Selain itu, ada pula bantuan intervensi sensitif berupa alat kesehatan untuk tiga unit pelayanan kesehatan di Hulu Sungai Utara, yakni Poskesdes Karias Dalam, Poskesdes Palanjungan Sari, dan Poskesdes Patarikan.
Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan (TP-PKK) Kalsel yang diwakili Ketua Bidang IV Supri Nuryani mengapresiasi langkah BI Kalsel untuk mempercepat penurunan stunting di Hulu Sungai Utara.

“Dengan dukungan dari semua pihak, terutama BI Kalsel, kami optimis target penurunan angka prevalensi stunting menjadi maksimal 14% pada 2024 akan tercapai,” sebut Supri.

Selanjutnya, Penjabat Bupati Hulu Sungai Utara yang diwakili oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Akhmad Rijani, bersyukur banyak pihak yang mendukung pembangunan ekonomi Hulu Sungai Utara.

“Program desa devisa maupun dukungan percepatan stunting hari ini adalah bentuk gotong royong semua pihak demi memajukan Hulu Sungai Utara,” tutup Akhmad.

Mengakhiri rangkaian kegiatan, dilakukan peresmian griya eceng gondok yang ditandai dengan pemotongan pita. Griya eceng gondok merupakan bentuk PSBI yang diberikan BI Kalsel kepada KUB Kembang Ilung untuk meningkatkan produktivitas para perajin purun.

Kegiatan Peresmian Program Desa Devisa dan Penyerahan PSBI di Desa Banyu Hirang dihadiri oleh TP-PKK Kalsel dan Hulu Sungai Utara, Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Hulu Sungai Utara, Polres Amuntai Selatan, Camat dan Kepala Desa sekitar, dan para perajin purun KUB Kembang Ilung. [ad/ril]

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Mak Ganjar Kampanyekan Stop KDRT lewat Penyuluhan Hukum di HSS

Published

on

Ibu rumah tangga di Loksado, Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel). (Foto/Ist)

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Sukarelawan Mak Ganjar terus mengampanyekan stop kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) kepada masyarakat di beberapa daerah Indonesia.

Kali ini, loyalis Ganjar Pranowo tersebut menggelar Sosialisasi dan Penyuluhan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan KDRT kepada puluhan ibu rumah tangga di Loksado, Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (20/9).

Koordinator Wilayah (Korwil) Mak Ganjar Kalsel Rusmalisa mengatakan pihaknya memberikan edukasi kepada masyarakat tentang undang-undang penghapusan KDRT itu.

“Dengan adanya penyuluhan tentang KDRT ini, ibu-ibu di Pegunungan Loksado tidak mengalami kekerasan dalam rumah tangga,” ucapnya.

Rusmalisa mengatakan pihaknya sebelumnya turun ke desa tersebut untuk berkoordinasi terkait hal apa yang bisa dilakukan relawan Ganjar ini.

Menurut dia, warga Loksado menginginkan penyuluhan tentang KDRT. Jadi, para perempuan dapat mengetahui apa saja yang perlu dilakukan ketika mengalami KDRT dalam rumah tangganya.

“Setelah kami berkoordinasi beberapa kali dengan masyarakat wanita di sini, ternyata ada terjadi kasus KDRT. Maka, kami adakan sosialisasi dan penyuluhan hukum tentang kasus KDRT,” ungkapnya di sela-sela pelatihan.

Program yang dihadirkan loyalis Ganjar Pranowo ini sangat membantu warga desa yang belum mengerti hukum KDRT.

“Untuk pengisi acara hari ini, kami hadirkan narasumber dari advokat atau praktisi hukum,” ujarnya.

Puluhan warga yang antusias mengikuti jalannya penyuluhan itu juga diberi masukan dan cara bagaimana melakukan pengaduan serta konsultasi agar masalah itu bisa terselesaikan.

“Harapan kami, setelah mengadakan sosialisasi tentang penghapusan KDRT ini, semoga perempuan-perempuan Indonesia, khususnya di Desa Loksado, Kalsel, tidak ada lagi kasus KDRT,” tuturnya.

Rusmalisa menuturkan pihaknya terinspirasi dari bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo dalam setiap program yang dijalankan.

“Dalam menggelar penyuluhan ini, kami sangat terinspirasi dari sosok Pak Ganjar Pranowo. Dengan adanya penyuluhan ini, KDRT di Kalsel tidak ada lagi,” katanya.

Pihaknya bersama para peserta penyuluhan turut mendoakan dan mengharapkan Ganjar Pranowo menang dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Kami juga menyosialisasikan dan memperkenalkan sosok Bapak Ganjar kepada masyarakat Kalsel,” ujarnya.

Sementara itu, Rini sebagai peserta pelatihan mengaku banyak mendapat wawasan hukum tentang KDRT.

“Sangat baik menurut saya. Terutama kami di pedesaan, kami belum tahu tentang hukum dan penyelesaiannya. Jadi, banyak wawasan setelah mengikuti penyuluhan hukum ini,” ungkapnya.

Setelah mengikuti penyuluhan itu, dia mengetahui ke mana harus mengadu ketika mengalami KDRT.

“Kami diberi masukan dan cara bagaimana melakukan pengaduan serta konsultasi agar masalah KDRT bisa terselesaikan,” ujarnya.

Dia juga berharap Ganjar Pranowo berkomitmen menjalankan Undang-Undang tentang Penghapusan KDRT ini.

“Kepada Pak Ganjar seandainya menang nanti, kami sebagai ibu rumah tangga agar diperjuangkan masalah KDRT,” tuturnya. [ad/ril]

#PenyuluhanUndang-UndangPenghapusanKDRT
#KampanyekanStopKDRT
#MakGanjar
#GanjarPranowo

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Pemkab HSS Bersama Bank Kalsel Luncurkan Program “Bunga Numasera”

Published

on

penandatanganan Perjanjian Kerjasama Program Bunga Numasera oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian, Siti Erma dengan Kepala Cabang Kandangan, M. Louthfi Rahmany yang disaksikan Direktur Utama Bank Kalsel, Fachrudin. (Foto/Ist)

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Dalam mewujudkan peningkatan ekonomi di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), khususnya pengembangan pada Usaha Mikro. Bank Kalsel lakukan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten HSS meluncurkan Program Bunga Numasera pada tanggal 18 September 2023 di Pendopo, Hulu Sungai Selatan.

Kegiatan ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Program Bunga Numasera oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian, Siti Erma dengan Kepala Cabang Kandangan, M. Louthfi Rahmany yang disaksikan Direktur Utama Bank Kalsel, Fachrudin dengan Bupati HSS, H. Achmad Fikry.

Bupati Hulu Sungai Selatan, H. Achmad Fikry mengucapan terima kasih atas dukungan Bank Kalsel terhadap Pemkab HSS dalam meningkatkan perekonomian daerah melalui para pelaku usaha kecil dan menengah.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Bank Kalsel atas dukungan untuk para pelaku UMKM di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dalam mengembangkan usahanya. Dan kabar gembira untuk Masyarakat yang berdomisili di daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan pada hari ini telah diluncurkan Program Bunga Numasera atau pinjaman tanpa bunga. Berharap dengan adanya program ini benar-benar bisa dimanfaatkan sehingga, pertumbuhan ekonomi masyarakat akan meningkat,” ungkap Fikry.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Bank Kalsel, Fachrudin mengatakan pada hari ini telah dilaksanakan penandatanganan Kerjasama Program Bunga Numasera dengan Pemkab melalui dalam rangka penguatan modal usaha mikro dan usaha kecil di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

“Alhamdulillah dengan adanya Program Bunga Numasera ini, diharapkan para pelaku usaha di Kabupaten Hulu Sungai Selatan agar memanfaatkan program ini dan segera datang langsung ke kantor Bank Kalsel terdekat untuk permohonan pinjamannnya,” ucap Fachrudin. [adv/ad]

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Berbagi untuk Sesama, Jumat Berkah bersama Polsek Aluh Aluh Di Desa Podok

Published

on

Jumat berkah Kapolsek Aluh Aluh IPDA Muslim membagikan sembako untuk warga Desa Podok. (Foto/Ist)

ALUH-ALUH, Suarabroneo.com – Kegiatan Polres banjarbaru untuk semua Polsek dalam kegiatan Jumat Berkah telah dilaksanakan di semua wilayah masing masing, dan tak lepas dari semua kegiatan, pada hari Jumat (15/09/2023) pada pukul 09.00 Wita Polsek Aluh Aluh melaksanakan Jumat Berkah.

Kali ini dalam kegiatan jumat berkah Polsek Aluh Aluh membagikan sembako di desa podok Kecamatan Aluh Aluh Kabupaten Banjar, dalam pembagian sembako Kapolsek Aluh Aluh IPDA Muslim di dampingi anggota Polsek Aluh Aluh, Babinkamtibmas Desa Podok dan Pambakal (Kepala Desa) Podok Agus Budi Santoso, serta aparatur Desa Podok Ikut mendampingi saat acara jumat berkah.

Dalam kesempatan Kepala Desa Podok Agus Budi Santoso menyampaikan ucapan terima kasih kepada kapolsek yang telah membantu warganya yang kekurangan.

“Dengan adanya bantuan ini mudah mudahan bisa meringankan beban warga kami yang kekurangan dan juga terima kasih untuk Kapolsek aluh Aluh semoga kedepan bisa lebih di galakan acara jumat berkah, sehingga masyarakat lebih terbantu dengan adanya kegiatan ini,” tuturnya.

Selain berbagi jumat berkah Kapolsek Aluh Aluh juga selalu menyempatkan duduk bersama untuk mendengarkan keluh kesah dari warga.

Kapolsek Aluh Aluh juga menyampaikan pesan,”kami dari Polsek Aluh Aluh melakukan kegiatan program kegiatan bapak Kapolres Banjarbaru berupa kegiatan bantuan sosial berupa sembako untuk di bagikan kepada warga yang kurang mampu dan warga yang menderita sakit sakitan, mudah mudahan bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat di wilayah Aluh Aluh.

“Juga saya berharap kepada seluruh elemen masyarakat baik itu aparat desa atau masyarakat agar sama sama menjaga kondusivitas keamanan menjelang pemilu yang akan di laksanakan pada tahun 2024,” tutupnya. (Erick)

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Siswi SD Diduga Tak Bisa Berenang, Tewas Tenggelam Di Irigasi

Published

on

Ilustrasi Siswi Sd tenggelam saat berenang di aliran irigasi Sungai Tabuk. (Foto//Ist)

SUNGAI TABUK, Suaraborneo.com – Di siang hari pada pukul 12.00 Wita warga Jalan Irigasi Desa Sungai Tabuk Kota Kecamatan Sungai Tabuk di gegerkan dengan adanya informasi seorang anak berjenis kelamin perempuan tenggelam di Irigasi.

Dijelaskan pada Jumat Siang (08/09/2023), korban FN (11) sedang bersama dengan kawannya sedang mengerjakan tugas, setelah mengerjakan tugas korban mengajak temannya AZ (11) mandi di sungai, lalu mereka menuju ke sungai yang tak jauh dari tempat mereka mengerjakan tugas.

Diduga tidak bisa berenang kedua anak tersebut di duga tenggelam, sebelum tenggelam kedua anak tersebut sempat meminta tolong, di saat genting lewat Saksi Laspar melihat anak melambai meminta tolong dari dalam air.

Saksi menceburkan diri untuk menolong korban dan temannya, Saksi berhasil menolong AZ, segera membawa AZ kepinggir dan meminta bantuan ke warga lain untuk ikut mencari, lalu lanjut saksi dan warga mencari korban yang di ketahui masih duduk di bangku kelas 5 Sekolah dasar ini tidak berhasil di temukan, warga segera melaporkan melapor kejadian ke Polsek Sungai Tabuk.

Menerima laporan orang tenggelam anggota Polsek Sungai Tabuk di pimpin langsung Kapolsek Sungai Tabuk IPTU Sumari S.H dan anggota relawan melakukan pencarian, sekitar pukul 12.30 korban di temukan, warga segera memberikan pertolongan pertama namun tidak berhasil, kemudian korban di bawa ke Puskesmas Sungai tabuk dengan menggunakan mobil ambulance dari Puskesmas.

Saat kami hubungi Kapolsek Sungai Tabuk IPTU Sumari memberikan penjelasan,saat pemeriksaan di tubuh korban tidak ada tanda kekerasan.

“Dari pihak keluarga korban sudah ikhlas menerima bahwa anaknya meninggal karena tenggelam di sungai, selanjutnya korban di bawa oleh kedua orang tuanya ke rumah duka,” pungkasnya. (Erick)

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Asah Kemampuan Milenial, Srikandi Ganjar Gelar Public Speaking di Kalsel

Published

on

Sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Srikandi Ganjar. (Foto/Ist)

TANAH LAUT, SuaraBorneo.com – Sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Srikandi Ganjar kembali melakukan kegiatan positif kepada masyarakat luas. Salah satunya di Kalimantan Selatan.

Kali ini, Srikandi Ganjar menggelar pelatihan Public Speaking untuk para milenial khususnya perempuan yang berada di Desa Panggung Baru, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi, Kalimantan Selatan.

Koordinator Wilayah Srikandi Ganjar Kalsel, Kholifah mengatakan pihaknya melaksanakan pelatihan ini bertujuan untuk mengasah kemampuan berbicara di depan umum atau public speking kepada para milenial di Desa Panggung Baru.

“Ini menjadi salah satu modal berharga bagi kaum milenial, baik dalam dunia pekerjaan maupun kehidupan sosial sehari-hari,” kata dia dalam siaran persnya, Senin (4/9/2023).

Dia menambahkan pelatihan ini bermaksud mengajak generasi milenial untuk terus mengembangkan potensi diri.

Menurut Kholifah, kegiatan tersebut mendapatkan sambutan yang baik dari masyarakat sekitar khususnya para milenial.

Hal itu dilihat dari semangat para peserta yang mengikuti pelatihan tersebut.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi para milenial yang ada di Kalsel kemudian mereka bisa percaya diri untuk menjadi seorang MC. Tidak hanya jadi MC, kegiatan ini juga bisa menjadi narasumber tapi mungkin konten kreator,” imbuhnya.

Di sela kegiatan tersebut, Kholifah tidak lupa memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Capres) 2024 kepada para peserta yang hadir.

Dia mengatakan rupanya para peserta sudah mengenal Gubernur Jawa Tengah itu melalui media sosial dan televisi. “Para milenial di sini, khususnya perempuan siap Ganjar,” ungkap dia.

Sementara itu, manfaat dari pelatihan public speaking itu dirasakan para peserta seperti salah seorang perempuan muda asal Kalsel bernama Putri.

“Kegiatannya seru banget. Dengan kegiatan ini saya jadi punya banyak kenalan. Tadi belajar public speaking kemudian hambatannya dan solusinya. Sangat sangat bermanfaat,” ungkap Putri. [ad/ril]

#RelawanGanjar
#SrikandiGanjar
#GanjarPranowo
#PelatihanPublicSpeaking

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Penetapan Akhir 11 Formatur, Sahlipani Terpilih Jadi Ketua PWPM Kalsel 2022-2026 

Published

on

Sahlipani sebagai Ketua Umum Terpilih Pimpinan Pemuda Muhammadiyah Kalimantan Selatan Periode 2022-2026. (Foto/Ist)

AMUNTAI, SuaraBorneo.com – Bertempat di Ruang Rapat H.Jafri Umar Masjid Al Amin, Alabio Kab. Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, dilakukan pemilihan formatur Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Kalimantan Selatan.

Sejatinya kegiatan ini seharusnya dilakukan bersamaan dengan Musyawarah Wilayah yang telah dilakukan pada bulan Juli kemarin, namun dikarenakan dinamika organisasi yang terjadi sehingga pemilihan formatur baru bisa terlaksana sekarang.

Sebanyak 100 orang peserta penuh yang terdiri dari seluruh Pimpinan Daerah beserta Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah berkumpul pada kegiatan yang sedari pukul 08.00 WITA sudah dimulai.

Acara juga berlangsung khidmat dengan kehadiran ayahanda ketua beserta jajaran Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Selatan.

dr.Meldy Muzada Elfa, Sp.PD, ketua PWPM Kalsel periode 2018-2022 menyampaikan dalam sambutannya, pemuda Muhammmadiyah ke depan harapannya terus memberikan kebermanfaatan dalam berbagai aspek serta menjadi teladan bagi pemuda khususnya di Kalimantan Selatan.

Senada dengan hal tersebut, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah berpesan agar Pemuda selalu berkoordinasi dan bersinergi dengan semua unsur di lingkungan Muhammadiyah.

Hasil dari kegiatan ini terpilih 11 Formatur Pemuda Muhammadiyah Kalimantan Selatan dengan nama yang terpilih yaitu Sahlipani, Erie Norahman, Rezky Febrianor, Iqbal Razifuddin, Arif Hakim Saadi, Roni Ramdhani Sanjaya, Rahmat Nopriyadi Muluk, Nurdian, M. Fuad Rahman, Rizal Syafriani, Mim Fahdli Rabbi.

Selanjutnya rapat formatur terpilih sepakat untuk saudara Sahlipani sebagai Ketua Umum Terpilih Pimpinan Pemuda Muhammadiyah Kalimantan Selatan Periode 2022-2026.

Acara ditutup dengan foto bersama semua formatur dan penyerahan bendera Pemuda Muhammadiyah kepada ketua terpilih sebagai simbolis penyerahan jabatan.

Kedepannya formatur akan sesegeranya menyusun kepengurusan dan mempersiapkan pelantikan. Semoga Pemuda Muhammadiyah Kalimantan Selatan semakin maju dan bermanfaat. [ad/ril]

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Gubernur Kalsel Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-62; Semangat Peningkatan SDM dan Wawasan Kebangsaan

Published

on

Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor hadiri peringatan Hari Pramuka ke-62 Tahun 2023 Tingkat Kwartir Daerah (Kwarda) Kalsel. (Foto /M. Furqan Ali)

PELAIHARI, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Pramuka Kalsel didapuk menjadi pembina upacara peringatan Hari Pramuka ke-62 Tahun 2023 Tingkat Kwartir Daerah (Kwarda) Kalsel di Halaman Kantor Bupati Tanah Laut, pada Sabtu (2/9) pagi.

Puncak peringatan Hari Pramuka ini dimulai dengan tarian Kuda Gepang khas Kalsel dilanjutkan oleh sambutan atraksi pencak silat yang kemudian diikuti oleh sebuah kreasi parade tarian nusantara.

Tampak hadir Ketua Kwartir Daerah Kalsel, Hj. Raudatul Jannah, Ketua Kwarcab Tanah Laut, Drs. H. Dahnial Kifli, pimpinan Forkopimda Kalsel serta sejumlah Kepala SKPD lingkup Provinsi Kalsel.

Pada kesempatan tersebut, Paman Birin selaku pembina upacara membacakan amanat dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol. (Purn) Drs. Budi Waseso.

Disebutkan Paman Birin, peringatan Hari Pramuka yang mengusung tema “Dengan Peringatan Hari Pramuka ke-62, Mari Kita Wujudkan SDM yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan”,memberikan dorongan yang sangat diperlukan bagi gerakan Pramuka. Dengan fokus pada peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang lebih profesional.

“Selain sumber daya manusia, wawasan kebangsaan juga menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan kita tidak luntur, tetap menanamkan nasionalisme, cinta tanah air dan semangat bela negara.” ungkap Paman Birin.

Paman Birin juga menjelaskan bahwa pada tahun ini akan diselenggarakan sejumlah kegiatan pramuka di tingkat nasional.

“Tahun ini juga akan dilaksankan kegiatan-kegiatan seperti Raimuna tingkat Nasional, Perkemahan Bakti Satuan Karya (Pertisaka), Bhakti Husada tingkat Nasional, Musyawarah Pramuka Penegak dan Pandega Putra-Putri Nasional (Muspanitra) serta Musyawarah Nasional (Munas) Gerakan Pramuka di Banda Aceh, Provinsi Aceh.”terang Paman Birin seraya menghimbau untuk bersama-sama mendukung acara tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Paman Birin juga melakukan penyematan Lencana Melati yang salah satunya diberikan kepada Ketua Kwartir Daerah Pramuka Kalsel, Hj. Raudatul Jannah.

Selain itu, Paman Birin juga memberikan tanda penghargaan Lencana Pancawarsa kepada 90 anggota dewasa Gerakan Pramuka.

Acara kemudian ditutup oleh pemotongan nasi tumpeng oleh Paman Birin dilanjutkan dengan acara foto bersama. [adv/ad]

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Breaking News! Berenang Bersama Teman Di Danau Siswa Mts Gambut Tenggelam

Published

on

Pencarian Korban tenggelam oleh warga dan relawan. (Foto/Ist)

LIANG ANGGANG, Suaraborneo.com – Danau wisata bermain Kota Citra Graha KM.17 Kayu Bawang Kecamatan Gambut Kota Banjar baru di kejutkan dengan adanya seseorang tenggelam, korban berjenis kelamin laki laki kejadian pada siang hari ini Sabtu (26/08/2023).

Informasi di dapat dari kawan korban di saat berenang tiba tiba korban tidak ada muncul ke permukaan, sehingga kawan berusaha mencari bantuan.

Tak berselang lama Warga, Anggota Polsek Liang Anggang dan beberapa anggota relawan sudah berada di tempat, pencarian di lakukan, korban di temukan di dasar danau.

Untuk evakuasi korban di lakukan oleh Basarnas karena harus dilakukan penyelaman yang di ketahui dari warga kurang lebih sekitar 15 meter kedalaman danau tersebut.

Tak berapa lama korban di temukan dalam keadaan meninggal dan di evakuasi ke Rumah Sakit Idaman Banjarbaru,

Informasi menurut keterangan korban tinggal di Pal 21 Landasan Ulin dan masih duduk di bangku Madrasah Tsanawiyah Negeri Gambut.

Sampai berita ini di terbitkan akibat korban tenggelam belum di ketahui, dan menunggu informasi selanjutnya dari pihak berwajib. (Erick)

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer