google-site-verification=2H-sCxyC_PivVEQYOA-YOWReGFaUAEieNeSeN4I1XnQ Media Gathering Bank Kalsel Kenalkan Era Transformasi Digital dan Peran Media Dengan Pemprov – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-8

Ekonomi

Media Gathering Bank Kalsel Kenalkan Era Transformasi Digital dan Peran Media Dengan Pemprov

Published

on

BANDUNG, suaraborneo.com – Setelah dua tahun menghadapi suasana pendemi Covid-19, baru di bulan Desember 2021 Bank Kalsel menggelar media gathering dengan memboyong 33 orang awak media dari berbagai media elektronik, cetak, radio dan online terutama khusus bagian media fatners /press room dimulai tanggal 16 – 19 Desember 2021 ke Kota Bandung provinsi Jawa Barat.

Dalam kegiatan media gathering Bank Kalsel di acara sharing session sebagai nara sumber dihadiri Kepala Divisi Teknologi Sistem Informasi Bank Kalsel, Noor Imansyah, Head of Bussiness Group, Fachrudin, Plt. Kepala Biro Administrasi Pimpinan, Pemprov Kalsel, R Suria Fadliansyah, S.Pd, M.Pd dan Pgs.Kepala Divisi Corporate Secretary, Suriadi.

Laman: 1 2 3

Banjarmasin

Pelaku UMKM Banua Antusias Ikuti Pelatihan Digital Marketing Bank Kalsel

Published

on

BANJARMASIN, suaraborneo.com – Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau yang disingkat dengan UMKM merupakan pelaku usaha paling memberikan kontribusi besar lebih dari 50% bagi perekonomian nasional. Terlebih di masa pandemi, di kala banyak perusahaan memutuskan untuk menghentikan produksi, ekosistem UMKM masih mampu bertahan bahkan terus tumbuh.

Latar belakang inilah yang membuat Bank Kalsel menaruh perhatian lebih kepada pelaku UMKM di Kalimantan Selatan, sehingga Bank Kalsel menggelar Pembinaan dan Pelatihan Pengemasan serta Digitalisasi Marketing Produk UMKM, Rabu (15/12).

Secara khusus, Bank Kalsel menggelar kegiatan pembinaan dan pelatihan ini sebagai upaya memperkuat stabilitas pelaku UMKM di Banjarmasin. Kegiatan yang digelar di salah satu rumah makan di Kelurahan Sungai Jingah ini mengundang 2 narasumber yakni Fajeri Hidayat selaku pelaku usaha UMKM yang berhasil mengembangkan digital marketing dan Ramadhania Meiliantinoor selaku Kepala Seksi Industri Hasil Pertanian, Kimia, Tekstil dan Aneka Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Banjarmasin. Acara ini dibuka oleh Pgs. Kepala Divisi Corporate Secretary Bank Kalsel, Suriadi yang mewakili Direksi didampingi oleh Plt. Kepala Divisi Kredit Bank Kalsel, Teguh Indra Bayu.

Suriadi menyampaikan bahwa acara ini merupakan salah satu bentuk partisipasi Bank Kalsel dalam rangka mendukung dan mengembangkan UMKM di Kalimantan Selatan khususnya di Kota Banjarmasin.

“Bank Kalsel senantiasa mendukung dan berharap pelaku UMKM di Kalimantan Selatan khususnya di Banjarmasin semakin maju dan berkembang. Kegiatan ini akan kita laksanakan secara berkesinambungan sehingga nanti dapat terbentuk UMKM yang unggul,” ucap Suriadi.

Diikuti puluhan peserta yang sebagian besar merupakan pelaku UMKM di segmen mikro dan usaha rumah tangga, kegiatan ini diisi dengan paparan dalam hal pengemasan produk dan digital marketing dalam menghadapi era 4.0 yang serba digital dan di masa pemulihan ekonomi saat ini.

Ramadhania Meiliantinoor menyampaikan betapa pentingnya pengemasan yang apik, higienis dan menarik untuk sebuah produk UMKM kepada para peserta.

“Pengemasan produk yang baik dan menarik sangat diperlukan sebagai bagian dari pemasaran sebuah produk UMKM yang efektif. Pengemasan yang apik disamping dapat menarik minat calon pembeli secara langsung, juga menarik keingintahuan calon pembeli secara online yang mengedepankan visual terlebih dahulu,” jelas Ramadhania.

Lebih lanjut, Fajeri menyampaikan paparan bagaimana para pelaku UMKM Banua harus dapat beradaptasi dengan cara pemasaran menggunakan internet dan media digital lainnya.

Fajeri Hidayat sendiri merupakan pengusaha UMKM asli Banjarmasin memiliki berbagai pengalaman dan meraih sejumlah prestasi dalam berjualan secara online di berbagai platform.

“Pelaku UMKM di Kalimantan Selatan mau tidak mau harus melek dengan dunia digital untuk memperluas pangsa pasar. Dengan pemanfaatan internet secara optimal dan aktif memperkenalkan produk di aplikasi jual beli atau populer disebut e-commerce, saya yakin produk UMKM Banua dapat dikenal secara nasional bahkan luar negeri. Kuncinya yakni ada pada kekhasan yang dimiliki produk – produk asli Kalimantan Selatan dan cara pengemasan yang apik. Kami yakin dengan sinergi antara Bank Kalsel dan dinas terkait semakin memperkuat UMKM Banua,” yakin Fajeri. [adv/ad]

Continue Reading

Banjarmasin

Secara Simbolis, BI Serahkan Bantuan Program Sosial

Published

on

BANJARMASIN, suaraborneo.com – Sebagai salah satu wujud kontribusi nyata Bank Indonesia (BI) dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat dan peningkatan SDM (Sumber Daya Manusia) Unggul adalah melalui Program Sosial Bank Indonesia: Dedikasi Untuk Negeri.

Melalui program ini, Bank Indonesia turut mengawal sektor dan komoditas unggulan masing-masing daerah di seluruh Indonesia melalui UMKM setempat sehingga diharapkan dapat mampu berkembang dan dimanfaatkan secara produktif dan dapat meningkatkan kapasitas ekonomi masyarakat, serta pada akhirnya dapat tercapai suatu kondisi fundamental perekonomian negara yang kuat.

Continue Reading

Banjarmasin

Pertemuan Tahunan BI 2021 “Bangkit Dan Optimis : Sinergi Dan Inovasi Untuk Pemulihan Ekonomi”

Published

on

BANJARMASIN, suaraborneo.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) telah menyelenggarakan Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2021 pada Rabu, 24 November 2021. PTBI diselenggarakan untuk menyampaikan pandangan Bank Indonesia mengenai kondisi perekonomian terkini, tantangan dan prospek ke depan. Tema yang diangkat dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2021 adalah “Bangkit dan Optimis: Sinergi dan Inovasi untuk Pemulihan Ekonomi”. Tema ini menyiratkan pentingnya kerja sama dan koordinasi antar semua pihak untuk mendukung kelanjutan perbaikan ekonomi di tahun 2022 pasca perlambatan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan dalam arahannya yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Ir. Roy Rizali Anwar, S.T., M.T. menyampaikan bahwa perekonomian domestik yang mulai membaik harus dimanfaatkan sebagai momentum bersama untuk kembali menggalang kekuatan dan strategi yang semakin efektif guna mendorong pemulihan ekonomi. Selanjutnya, perekonomian global yang secara bertahap juga mulai membaik sebagai pemicu semangat optimisme pemulihan ekonomi di Kalimantan Selatan.

Secara kumulatif, pertumbuhan ekonomi Kalimantan Selatan 2021 mulai
menunjukkan pemulihan dari tahun sebelumnya yang mengalami kontraksi sebagai dampak dari Covid-19. Dari sisi suplai, pemulihan ekonomi ini diperkirakan didorong oleh perbaikan diseluruh lapangan usaha (LU) utama, antara lain pertambangan; dan perdagangan, hotel, dan restoran (PHR). Dari sisi permintaan, peningkatan ekonomi terutama dipengaruhi oleh perbaikan kinerja konsumsi rumah tangga sejalan dengan peningkatan daya beli masyarakat seiring dengan aktivitas ekonomi dan mobilitas masyarakat yang berangsur pulih, serta peningkatan investasi dan ekspor. Dari sisi perkembangan harga, inflasi Kalimantan Selatan pada tahun 2021

diprakirakan lebih tinggi dibandingkan dengan 2020, namun tetap berada dalam rentang sasaran inflasi nasional (3 ± 1%).
Hal ini sejalan dengan peningkatan aktivitas ekonomi dan perbaikan daya beli masyarakat yang dapat meningkatkan permintaan domestik.

Continue Reading

Banjarmasin

UPZ Bank Kalsel Berikan Santunan Dan Bingkisan Kepada Peserta Sunatan Massal

Published

on

BANJARMASIN, suaraborneo.com – Bank Kalsel melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ)-nya berpartisipasi dalam kegiatan sunatan massal yang diselenggarakan oleh Angkatan Muda Masjid Jamik Pemurus Dalam Banjarmasin.

Peserta sunatan massal ini berjumlah lebih dari 50 anak yang merupakan penghafal Al – Qur’an, yatim maupun piatu dan anak yang berasal dari keluarga tidak mampu di sekitar masjid, Senin (22/11/2021).

Kegiatan dilaksanakan di Teras Masjid Jamik Kelurahan Pemurus Dalam, Kota Banjarmasin yang dihadiri oleh Ketua Masjid Jamik H. Shafwani, Kepala Puskesmas Pemurus Dalam, Suryani Syahril yang sekaligus mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin dan Perwakilan UPZ Bank Kalsel Fajri Muhtadi, serta para pengurus Angkatan Muda Masjid Jamik.

Continue Reading

Banjarmasin

Aset Rp 10 – 25 Triliun, Bank Kalsel Raih Indonesia Finance Award

Published

on

BANJARMASIN, suaraborneo.com – Majalah Economic Review memberikan penghargaan kepada Bank Kalsel melalui ajang Indonesia Finance Award – IV – 2021 (IFA-IV-2021). Pada ajang tersebut Bank Kalsel berhasil memperoleh predikat Excellent pada kategori Bank Pembangunan Daerah (BPD) dengan aset Rp10 triliun – Rp25 triliun, Jum’at (19/11).

Ajang tersebut diselenggarakan oleh Majalah Economic Review bekerjasama dengan Indonesia Asia Institute, Ideku Group dan Indonesia Leaders dengan didukung dewan juri yang independen
dan profesional dari Perbanas Institute & IPMI International Business secara daring. Penghargaan ini diperoleh Bank Kalsel atas kinerja keuangan perusahaan dari laporan keuangan tahunan per Desember 2020 yang telah diaudit dan dipublikasikan melalui laporan tahunan 2020 di websiteperusahaan maupun data publik lainnya.

Continue Reading

Business

Desain Baru Dan Fitur Canggih, Honda Luncurkan All New Honda BR-V Hadir Di Indonesia

Published

on

CIKARANG, SuaraBorneo.com – PT Honda Prospect Motor memperkenalkan All New Honda BR-V generasi kedua dalam acara peluncuran virtual yang diadakan pada 21 September 2021 lalu. Generasi kedua Honda BR-V ini hadir dengan tampilan baru yang benar-benar berbeda dari model sebelumnya, dan berbagai teknologi canggih yang bukan hanya belum ada di generasi terdahulunya, tetapi juga menjadi yang pertama di antara semua model di kelasnya.

Untuk mengembangkan generasi kedua dari Honda BR-V, Honda melakukan studi panjang dan mendalam untuk menangkap kebutuhan serta kebiasaan berkendara dari konsumen mobil SUV berkapasitas 7 penumpang. Sebelum diproduksi secara massal, Honda mengembangkan model konsep yang disebut sebagai New 7 Seater eXcitement (N7X) untuk menangkap masukan konsumen mengenai konsep yang menjadi cikal bakal generasi kedua dari Honda BR-V. Setelah dipamerkan di berbagai daerah di Indonesia, N7X Concept mendapatkan sambutan yang sangat positif dari konsumen yang kemudian menjadi dasar pengembangan All New Honda BR-V.

Seperti konsep pengembangan awalnya, All New Honda BR-V dirancang untuk memadukan desain dan ketangguhan dari sebuah SUV, kenyamanan kabin dan fungsionalitas dari sebuah MPV, serta performa berkendara menyenangkan dan efisiensi bahan bakar yang menjadi ciri khas mobil Honda. Sementara berbagai fitur dan teknologi yang pertama kali hadir pada All New Honda BR-V, di antaranya Honda SENSINGTM, Honda LaneWatchTM, Remote Engine Start, Walk-Away Auto Lock, dan Smart Entry System yang telah dikembangkan untuk menciptakan sebuah definisi baru dalam pengalaman berkendara untuk sebuah LSUV 7-seater di kelasnya.

Perpaduan Ketangguhan SUV dengan Kenyamanan MPV Tampilan eksterior All New Honda BR-V menghadirkan bentuk bodi yang dinamis, dengan garis
bodi tegas yang menyatu dari depan hingga ke bagian belakang bodi. Dari sisi depan, All New Honda BR-V memiliki tampilan yang agresif dan sporty layaknya sebuah SUV kelas atas.

All New Honda BR-V menampilkan desain baru LED Headlamp yang dilengkapi LED Daytime Running Light yang menyatu dengan grille depan. Pada sisi belakang, All New Honda BR-V juga mengusung desain baru pada Rear Combi Lamp yang dilengkapi dengan LED Light Bars dirancang menyatu dengan garis bodi. Sementara kesan tangguh dari sebuah SUV semakin kuat dengan desain velg 17” baru yang lebih agresif.

All New Honda BR-V menawarkan area kokpit yang dirancang dengan baik untuk memberikan ruang yang nyaman dan lapang bagi pengemudi dan penumpang, dilengkapi dengan 1st Row Console Armrest dan 2nd Row Seat Armrest agar penumpang di setiap baris dapat semakin menikmati pengalaman berkendara. All New Honda BR-V juga menambah jumlah Power Outlet untuk kemudahan penyambungan dan pengisian daya yang terletak di area konsol depan, di kursi baris kedua dan ketiga yang dapat dihubungkan ke berbagai perangkat dengan daya hingga 12 V. Kenyamanan mengendarai All New Honda BR-V juga didukung layar 4.2” ThinFilm Transistor (TFT) Display pada dashboard untuk menampilkan berbagai informasi akurat saat berkendara seperti fungsi Honda SENSINGTM, rata-rata konsumsi bahan bakar, jarak tempuh perjalanan dan sisa bahan bakar, yang dipadukan dengan sistem audio video baru dengan layar sentuh 7” yang telah dilengkapi berbagai fungsi antara lain Smartphone Connection dan Hands-Free Telephone.

Penggunaan lapisan berbahan kulit pada All New Honda BR-V juga telah ditambahkan di dalam kabin, termasuk pada sandaran tangan dan sisi pintu serta panel dashboard. Ruang penyimpanan All New Honda BR-V yang luas kini semakin fleksibel untuk meningkatkan kegunaannya, diantaranya sandaran tangan baru, penyimpanan benda-benda kecil, tempat cangkir di area konsol, pelindung matahari dengan kaca rias dan lampu, kompartemen penyimpanan dengan banyak kantong di belakang kursi penumpang depan, 8 tempat botol air dan kursi baris ketiga yang dapat dilipat hingga 50/50.

Continue Reading

Banjarmasin

Dukung Peningkatan Kinerja, DPRD Kalsel Gelar Raker Bersama Bank Kalsel

Published

on

BANJARMASIN, suaraborneo.com – DPRD Provinsi Kalsel selaku pembina Bank Kalsel serius dalam memberikan  perhatian  serta  dukungan  terhadap  peningkatan  kinerja.  Kenyataan  itu  terlihat  dari acara  rapat  kerja  yang  diadakan  oleh  DPRD  Provinisi  Kalsel  yang  mengundang  dewan  komisaris beserta  jajaran  direksi  Bank  Kalsel  ke  “rumah  banjar”  untuk  membahas  upaya  pengembangan Bank Kalsel ke depan (9/9).

Dengan  membawa  misi  yang  sama  yakni  pemenuhan  ketentuan  modal  inti  minimum  (MIM), Jajaran manajemen Bank Kalsel disambut oleh Komisi II yang membidangi ekonomi dan keuangan dengan  membawa  laporan  kinerja  terkini.  Dimana  sebelumnya  tepatnya  pada  Bulan  Juli  2021, Bank  Kalsel  terakhir  diundang  oleh  Komisi  II  DPRD  Provinsi  Kalsel  untuk pemaparan  kinerja  dan penyampaian kondisi modal inti.

Pada  kunjungan  ini,  Bank  Kalsel  kembali  memaparkan  kinerja  terkini  dan  langkah  –  langkah strategis sepanjang tahun 2021 ini. Pertama, Optimalisasi Pendapatan sebagai upaya mempertahankan rentabilitas dengan menjaga dan meningkatkan performa asset-aset bank yang potensial mendukung pendapatan bisnis.

“Alhamdulillah,  kerja  keras  seluruh  insan  Bank  Kalsel  membuahkan  hasil  yang  menggembirakan. Posisi aset per 31 Juli 2021 adalah sebesar Rp15,19 triliun, yakni tumbuh sebesar 5,55% dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp14,80 triliun (yoy). Hal ini ditunjang dengan meningkatnya  Dana  Pihak  Ketiga  (DPK),  dimana  per  31  Juli  2021  mampu  mencatatkan  angka sebesar  Rp12,40  triliun  atau  tumbuh  0,58%  dibandingkan  dengan  tahun  sebelumnya  sebesar Rp12,33 triliun (yoy),” jelas Prasetya

Strategi  kedua,  Optimalisasi  Biaya  dengan mengatur  pengeluaran berdasarkan  skala prioritas dalam mendukung kinerja bank di masa pandemi.

Continue Reading

Banjarmasin

Raih Penghargaan Infobank Awards 2021, Bank Kalsel Kembali Ukir Prestasi

Published

on

BANJARMASIN, suaraborneo.com – Bank Kalsel yang merupakan bank kebanggaan Kalimantan Selatan kembali memperoleh penghargaan bergengsi di dunia perbankan dalam ajang 26th Infobank Awards 2021.

Bank Kalsel dianugerahi predikat sebagai bank berkinerja “Sangat Bagus” dalam kategori Modal Inti Rp1 Triliun Sampai Dengan Di Bawah Rp5 Triliun (Buku 2) – Aset Rp10 Triliun Sampai Dengan Di Bawah Rp25 Triliun.

Suriadi selaku Kepala Divisi Corporate Secretary bertindak mewakili direksi Bank Kalsel menerima penghargaan tersebut secara simbolis melalui Live Video Conference dan Live Streaming Youtube Channel InfobankTV (7/9).

Acara penghargaan sekaligus web seminar yang mengambil tema
“Leading Unprecedented Time” tersebut diikuti oleh para Direktur Utama Bank terkemuka di Indonesia mulai dari BUMN, BPD, swasta nasional, swasta asing, multifinance maupun maskapai asuransi dan lain – lain.

Continue Reading

Bengkayang

UMKM Pesisir Bengkayang Raup Omset Rp 10 Juta/Bulan dari Usaha Dodol Pisang

Published

on

BENGKAYANG, suaraborneo.com – Kelompok Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dusun Soga, Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat secara kreatif mengelola buah pisang menjadi dodol sebagai alternatif penghasilan selama pandemi Covid-19.

Salah satu pengagas UMKM Dusun Sogan Aprianingrum mengatakan, usaha dodol yang ia namai dodol Jadoel ini bermula dengan adanya potensi kebun pisang dari petani setempat dengan harga relatif murah.

“Kami mencetus dodol pisang ini sebagai produk unggulan yaitu disini banyak petani pisang. Sehingga yang kami olah disini adalah hasil dari pisang-pisang yang sudah masak karena kalau pisang yang kebanyakan dipanden dijual dengan harga yang murah kalau sudah matang. Jadi disini kami membuat ide untuk mengolah pisang-pisang yang tadinya sudah masak menjadi dodol,” jelas Aprianingrum Senin (6/9/2021).

Continue Reading

Umum

Populer

BANDUNG, suaraborneo.com – Setelah dua tahun menghadapi suasana pendemi Covid-19, baru di bulan Desember 2021 Bank Kalsel menggelar media gathering dengan memboyong 33 orang awak media dari berbagai media elektronik, cetak, radio dan online terutama khusus bagian media fatners /press room dimulai tanggal 16 – 19 Desember 2021 ke Kota Bandung provinsi Jawa Barat.

Dalam kegiatan media gathering Bank Kalsel di acara sharing session sebagai nara sumber dihadiri Kepala Divisi Teknologi Sistem Informasi Bank Kalsel, Noor Imansyah, Head of Bussiness Group, Fachrudin, Plt. Kepala Biro Administrasi Pimpinan, Pemprov Kalsel, R Suria Fadliansyah, S.Pd, M.Pd dan Pgs.Kepala Divisi Corporate Secretary, Suriadi.

Laman: Page 1 Page 2 Page 3