Tahun Baru, Kapolres Sergai Himbau Warga Tidak Gelar Pesta Kembang Api – SuaraBorneo.com
Connect with us
IDUL-FITRI-1445-3-X7

Sumatera Utara

Tahun Baru, Kapolres Sergai Himbau Warga Tidak Gelar Pesta Kembang Api

Published

on

SERGAI, suaraborneo.com – Menjelang malam penggantian tahun baru 2022, Kapolres Serdang Bedagai AKBP Ali Machfud menghimbau masyarakat Serdang Bedagai agar tidak melakukan konvoi atau arak-arakan dengan jumlah kenderaan skala besar dan tidak menyalakan mercon dan menggelar pesta kembang api.

“Tidak ada konvoi skala besar, nyalakan mercon dan pesta kembang api pada malam penggantian tahun,” katanya, Selasa 28 Desember 2021.

Menurut Kapolres, himbauan tersebut agar Kabupaten Serdang Bedagai tetap kondusif jelang tahun baru. Terkait larangan membunyikan petasan, selain membahayakan yang dapat menyebabkan kebakaran dan korban jiwa, suara ledakan dapat memicu terjadinya kegaduhan.

“Ini alasan kenapa membunyikan petasan atau mercon dan pesta kembang api di larang,” ucap Ali Machfud

Dia minta masyarakat yang merayakan malam penggantian tahun agar tetap mematuhi protokol kesehatan ketat, menjaga jarak dan tetap menggunakan masker setiap melakukan aktivitas diluar rumah.

“Ini untuk mengantisipasi lonjakan Covid-19 jelang malam penggantian tahun,” paparnya.

AKBP Ali Machfud, menambahkan, untuk pengamanan nataru, Polres Serdang Bedagai dirikan 4 pos pam selama operasi Lilin Toba 2021, dengan jumlah personil sebanyak 268 orang terdiri dari TNI, Polri, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Satpol PP, BPBD, Pramuka dan Senkom.

“Selama operasi Lilin Toba 2021, ada 4 pos pam di wilayah hukum Polres Serdang Bedagai,”pungkasnya.

Bagikan ke

Daerah

Pendekatan Sosiologis Peduli Pelajar Guna Pastikan Keamanan Kondusif, Polsek Kotarih Edukasi Pelajar

Published

on

Kepolisian Sektor Kotarih Polres Sergai (Sumut) melaksanakan 'Jumat peduli'. (Foto/Ist)

KOTARIH SERGAI, SuaraBorneo.com – Kepolisian Sektor Kotarih Polres Sergai (Sumut) melaksanakan ‘Jumat peduli’ memberikan imbauan dan edukasi kepada pelajar yang ‘nongkrong’ di jalan utama Kotarih, Jumat (03/05).

Kapolsek Kotarih Iptu Mula Purba, SHi, MH didampingi Wakapolsek Ipda Brimen, SH, MH di Polsek Kotarih, membenarkan kegiatan tersebut sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat guna pastikan kamtibmas kondusif khususnya generasi muda pelajar.

“Kita memberikan imbauan dan edukasi agar anak-anak kita pelajar langsung pulang ke rumah masing-masing dan tidak nongkrong menggunakan pakaian seragam sekolah,” ujarnya.

Kapolsek menjelaskan awalnya Personel melihat adanya kerumunan anak-anak muda yang tidak biasa dengan berseragam sekolah dan yang sudah berpakaian bebas dipinggir jalan kemudian diberikan imbauan dan edukasi untuk antisipasi kenakalan remaja pada jam bubaran anak sekolah.

“Kita memberikan imbauan dan edukasi guna menekan potensi tawuran pelajar dan geng motor, juga mentaati peraturan berlalu lintas saat berkendara di jalan.” tegasnya.

Polsek Kotarih melakukan upaya pembinaan kepada anak-anak sekolah dengan harapan menciptakan generasi muda yang disiplin, berprestasi dan peduli kepada diri, lingkungan serta alam semesta.

Reno selaku warga mengapresasi respon Polsek Kotarih yang peduli situasi dilingkungannya agar anak-anak sekolah bisa langsung pulang ke rumah sehingga orangtua tidak was-was khawatir.

“Kita bersyukur kepedulian Polsek Kotarih agar anak-anak kita tidak ikut tawuran dan geng motor yang sedang ramai di daerah lain.” ujarnya. (NR)

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Riski Ramadhan Ambil Formulir Pendaftaran Bacalon Wakil Walikota Tebing Tinggi ke PPP dan Nasdem

Published

on

dr. M. Riski Ramadhan Hasibuan, SH, SE, MKM mengambil formulir pendaftaran bakal calon (Bacalon) Wakil Walikota Tebing Tinggi. (Foto/Ist)

TEBING TINGGI, SuaraBorneo.com – dr. M. Riski Ramadhan Hasibuan, SH, SE, MKM mengambil formulir pendaftaran bakal calon (Bacalon) Wakil Walikota Tebing Tinggi ke DPC PPP dan Partai Nasdem Kota Tebing Tinggi, Kamis (2/5) sore.

Pengambilan formulir ini diwakili oleh anggotanya, Yusnar Al-Banjari, S.Pd.I didampingi Tim Riski Center, Riki Irawan, Roni Yahya, dan Syaiful Anwar.

Diketahui, dr. Riski Ramadhan Hasibuan merupakan seorang politisi muda, pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Sergai dan sekarang sebagai anggota DPRD Sergai Periode 2019-2024.

Riski Ramadhan juga seorang pengusaha muda dan pimpinan perusahaan di bidang kesehatan, pendidikan, penyiaran, dan media online.

Beliau juga saat ini aktif di organisasi diantaranya Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Sergai dan PD Al-Washliyah Sergai.

Kedatangan Tim Riski Center dipimpin Yusnar Al-Banjari untuk mengambil formulir pendaftaran sebagai Bakal Calon Wakil Wali Kota Tebing Tinggi diterima langsung Ketua DPC PPP Kota Tebing Tinggi Abdul Firman, S.Pd, M.Si di Kantor DPC DPP Kota Tebing Tinggi Jalan H. Ahmad Bilal No.7 Kecamatan Padang Hilir.

Ketua DPC PPP Kota Tebing Tinggi Abdul Firman kepada wartawan mengatakan dalam enam hari pembukaan pendaftaran calon kepala daerah, mereka telah menerima berkas dari enam bakal calon. Firman mengatakan bahwa meskipun PPP hanya mendapatkan satu kursi dalam pemilihan legislatif kemarin.

“Alhamdulillah, di hari ke enam pembukaan pendaftaran, kita sudah menerima berkas dari enam calon kepala daerah dengan berbagai latar belakang profesi yang berbeda. Informasinya ini akan terus bertambah sesuai dengan yang sudah mengkonfirmasi kita melalui telepon,” ujar Abdul Firman.

Firman berharap calon yang mereka rekomendasikan dapat membantu mempercepat pembangunan dan mengatasi kelemahan-kelemahan di Kota Tebing Tinggi. Meskipun hanya mendapatkan satu kursi dalam pemilihan sebelumnya, Firman mengungkapkan bahwa atensi terhadap Partai PPP cukup tinggi pada Pilkada 2024.

Terkait sosok dr. Riski Ramadhan Hasibuan, Abdul Firman menyebut sosok beliau memiliki potensi untuk menjadi kepala daerah di Kota Tebing Tinggi meskipun berasal dari Kabupaten Serdang Bedagai.

“Pandangan saya tentang sosok dr. Riski Ramadhan Hasibuan secara pribadi saya sangat mengenal beliau karena memiliki sumber daya yang cukup untuk menjadi kepala daerah khususnya di Kota Tebing Tinggi,”katanya.

Firman menambahkan, meskipun beliau berkarir politik di Kabupaten Serdang Bedagai, tapi kami melihat, mendengar bahwa atensi beliau di Tebing Tinggi, punya niat dan hajat untuk mengabdikan dirinya di kota Tebing Tinggi.

“Karena beliau punya modal yang cukup, apalagi dia ada di dalam partai politik yang cukup besar di Kota Tebing Tinggi ini,” tutupnya.

Pengambilan berkas pendaftaran di Kantor DPC PPP Kota Tebing Tinggi ini dihadiri oleh, Ketua Tim Penjaringan Bahrum Syah, Sekretaris Aulia Hendri, Anggota DPRD PPP terpilih H. Sulaiman Nasution dan jajaran pengurus lainnya.

Selanjutnya Tim Riski Center datang ke Kantor Sekretariat Partai Nasdem Kota Tebing Tinggi di Jalan D.I Panjaitan No.45 dengan tujuan yang sama sebelumnya, untuk mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal Calon Wakil Wali Kota Tebing Tinggi dan diterima Ketua Tim Penjaringan Asnawi Mangkualam, S.HI.

Asnawi Mangkualam, S.HI, kepada wartawan menyampaikan bahwa pihaknya telah membuka penjaringan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota mulai tanggal 1 hingga 7 Mei 2024. Penjaringan ini dilakukan atas perintah dari DPP Partai Nasdem dengan tujuan untuk memanggil putra dan putri terbaik yang siap membangun Kota Tebing Tinggi.

“Hingga hari kedua penjaringan, sudah ada delapan perwakilan yang datang ke kami untuk mengambil formulir pendaftaran. Dari mereka, enam orang siap maju sebagai bakal Calon Walikota, dan dua orang siap maju sebagai bakal calon Wakil Walikota,”ungkap Asnawi Mangkualam.

Asnawi juga menambahkan beberapa nama yang mendaftar akan dilaporkan kepada DPW Nasdem Provinsi Sumatera Utara sebelum tanggal 7 Mei 2024 untuk selanjutnya dikirim ke DPP Nasdem.

Terkait sosok dr. Riski Ramadhan Hasibuan yang akan maju sebagai bakal calon Wali Kota Tebing Tinggi Priode 2024-2029, Asnawi mengatakan bahwa mereka melihat dr. Riski sudah cukup berpengalaman, memiliki kapasitas, integritas, dan komitmen yang dibutuhkan.

“Kami dari Partai Nasdem hanya akan mendukung dan mendoakan yang terbaik baginya. Semoga niat dan hajatnya dikabulkan oleh Allah SWT,” pungkas Asnawi.

Terpisah, Politisi muda, dr. M. Riski Ramadhan Hasibuan saat dikonfirmasi wartawan, menyampaikan terima kasih kepada seluruh pengurus DPC PPP dan Partai Nasdem Kota Tebing Tinggi yang hari ini telah menerima kedatangan Tim Riski Center dalam rangka pengambilan formulir pendaftaran sebagai bakal calon Wakil Walikota Tebing Tinggi pada Pilkada 2024.

“Alhamdulillah, saya tahun ini mencoba untuk mengikuti kontestasi Pilkada serentak tahun 2024 khususnya dalam berkontribusi untuk pembangunan Kota Tebing Tinggi.

“Hari ini Kamis (2/5/2024) saya mengambil formulir untuk bakal calon Wakil Wali Kota Tebing Tinggi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Nasdem. Tentunya mudah mudahan ini bisa menjadi pintu masuk, yang insya Allah diridhoi oleh Allah SWT untuk bisa bersama sama memajukan Kota Tebing Tinggi khususnya bersama PPP dan Nasdem,”paparnya. (NR)

Bagikan ke
Continue Reading

Politics

Pasangan DAMBAAN Daftar ke Partai Hanura Sergai

Published

on

Darma Wijaya dan Adlin Umar Yusri Tambunan mendaftar ke Kantor DPC Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kabupaten Sergai. (Foto/Ist)

SERGAI, SuaraBorneo.com – Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Sergai periode 2024-2029 kembali kompak, Darma Wijaya dan Adlin Umar Yusri Tambunan mendaftar ke Kantor DPC Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kabupaten Sergai, Selasa (30/4/2024) sore, di Sei Rampah.

Usai menerima pasangan yang disebut DAMBAAN tersebut, Ketua DPC Hanura Sergai, Defriaty Tamba, S. Pd didampingi Sekretaris DPC, Muhammad Idris, AAJI, mengatakan pada hari ini Darma Wijaya dan Adlin Tambunan mengembalikan formulir pendaftaran sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sergai 2024 di Partai Hanura.

“Berkas keduanya telah kita terima dengan baik karena sudah dari dulu kita berkoalisi, kita berharap pasangan ini tetaplah berada di Serdang Bedagai untuk melanjutkan semua yang telah mereka kerjakan terdahulu tapi kalaupun ada yang meminang Darma Wijaya kitapun rela asalkan ada yang tinggal disini, kemanapun beliau pergi kita dukung,” ujarnya.

Defriaty Tamba juga mengatakan sampai saat ini baru ada 2 sosok yang mendaftar ke Partai Hanura yaitu Darma Wijaya dan Adlin Tambunan.

Terkait kader Partai Hanura yang akan maju di Pilkada Sergai Tahun 2024, Defriaty Tamba menyebutkan untuk kader Partai Hanura rencana ada tapi belum lagi, karena batas akhir penerimaan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sergai pada tanggal 17 Mei 2024, pungkasnya.

Sementara itu, Darma Wijaya didampingi Adlin Tambunan mengatakan kami datang ke Kantor DPC Partai Hanura Kabupaten Sergai adalah ingin mengembalikan berkas pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Sergai Tahun 2024-2029.

“Disini kami mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan Pengurus dari partai Hanura yang selama ini sudah berkoalisi kepada kami baik di legislatif maupun eksekutif, yang selama ini mendukung program kami,” jelasnya.

“berkas kami mohon di terima dan didukung sampai ke puncak DPP. Kami yakin dan percaya bahwa partai Hanura ini komitmen seperti tahun sebelumnya,” tutupnya. (NR)

Bagikan ke
Continue Reading

Sergai

Sambangi Gerai di Rest Area, Ketua Dekranasda Ajak Masyarakat Dukung Peningkatan UMKM Sergai

Published

on

Ketua TP PKK Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya didampingi Penjabat (Pj) Sekda Rusmiani Purba, SP, M.Si, Asisten Pemerintahan dan Kesra Nina Deliana, S.Sos, M.Si, Kadis Kominfo Ingan Malem Tarigan, SE dan Kadis Perindag Roy CP Pane, AP, M.Si menyambangi Gerai UMKM. (Foto/Ist)

TELUK MENGKUDU, SuaraBorneo.com – Usai menghadiri kegiatan Musabaqah Tilawatil quran (MTQ) ke-XX di Alun-alun Serdang Bedagai (Sergai), Ketua TP PKK Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya didampingi Penjabat (Pj) Sekda Rusmiani Purba, SP, M.Si, Asisten Pemerintahan dan Kesra Nina Deliana, S.Sos, M.Si, Kadis Kominfo Ingan Malem Tarigan, SE dan Kadis Perindag Roy CP Pane, AP, M.Si menyambangi Gerai UMKM yang ada di Komplek Rest Area KM 65 Tol Medan-Tebing Tinggi, Rabu (24/4/2024).

Saat meninjau lokasi, Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sergai mengutarakan jika rest area ini merupakan fasilitas penting selain berfungsi sebagai tempat istirahat juga bisa menjadi wadah bagi pelaku usaha yang tergolong dalam UMKM untuk menggerakkan roda perekonomian masyarakat setempat.

“Tentu saja kehadiran kios/lapak UMKM di rest area ini bisa menjadi wadah bagi para pelaku usaha serta mendorong peningkatan ekonomi bagi masyarakat lokal,” kata Ketua Dekranasda Sergai.

Tak hanya dodol Pasar Bengkel saja yang akan dipasarkan di sini, namun produk kerajian lainnya yang berasal dari UMKM binaan Disperindag Sergai akan di promosikan di lapak ini.

“Stand ini sebagai upaya yang dilakukan oleh Pemkab Sergai untuk membangkitkan kembali gairah UMKM khususnya produksi makanan dodol dari Pasar Bengkel. Ayo kita bangkitkan dan kita dukung UMKM Sergai untuk mewujudkan Kabupaten Sergai yang Maju Terus,” ajak Ketua Dekranasda Sergai Hj Rosmaida. (Media Center Sergai/HR).

Bagikan ke
Continue Reading

Politics

Ucu Kohar Ambil Formulir Pendaftaran Calon Kepala Daerah di Partai Demokrat Sergai

Published

on

H. Ucu Kohar, SH, MH mengambil formulir pendaftaran calon kepala daerah di Kantor DPC Partai Demokrat Sergai. (Foto/Ist)

SERGAI, SuaraBorneo.com – H. Ucu Kohar, SH, MH mengambil formulir pendaftaran calon kepala daerah di Kantor DPC Partai Demokrat Sergai, Sei Rampah, Selasa (23/4).

Ucu Kohar disambut oleh Sekretaris Tim Penjaringan Calon Kepala Daerah DPC Demokrat Sergai, Indan Prabudi didampingi anggota Tim Penjaringan Maris Santoso.

Diketahui, Ucu Kohar merupakan putra kelahiran Desa Pematang Guntung Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai pada 02 April 1976.

Ucu Kohar sebagai Direktur PT. Suluh Pembangunan Sejahtera, Direktur Operasional BUMD PT. Prasarana Sumatera Utara dan Advokat.

Ucu Kohar juga menjabat sebagai Ketua Ikatan Masyarakat Banjar (IMBAI) Provinsi Sumatera Utara, Ketua DPD Asosiasi Himpunan Pengembang Pemukiman dan Perumahan Rakyat (HIMPERRA) Provinsi Sumatera Utara.

Kemudian, Sekretaris DPD Gabungan Pengusaha Kontraktor Nasional (GAPEKNAS) Provinsi Sumatera Utara dan Ketua Forum Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Forum PKP) Provinsi Sumatera Utara.

Selain itu, Ucu Kohar pada Pemilu 2024 kemarin juga ikut mencalonkan diri sebagai Calon Legislatif DPR RI Dapil Sumut 1 dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Ucu Kohar saat diwawancarai wartawan menyebutkan tujuan kedatangan saya ke DPC Demokrat Sergai adalah saya memang berniat dari rumah bersama tim pemenangan didampingi oleh Sekretaris Tim, hari ini khusus datang ke Partai Demokrat untuk mengambil formulir pendaftaran sebagai calon Bupati Serdang Bedagai masa bakti 2024-2029.

“Saya sengaja tidak memberikan pemberitahuan awal kepada pihak Demokrat, seyogianya kami menunjukkan wujud keseriusan untuk datang dan mengambil formulir semoga hari ini menjadi hari keberkahan dan saya bismillah untuk maju menjadi Bupati di Serdang Bedagai ini,” ujarnya.

Disebutkannya, setelah dari partai Demokrat kami juga kemungkinan akan mendatangi semua partai politik diantaranya PPP, PKB, Golkar, PAN dan Nasdem, kecuali PDIP.

“Rencananya kepada semua Partai Politik saya mendaftar kecuali PDIP karena Ketua DPC nya sekaligus Bupati Sergai,”ucapnya.

Ketika disinggung seberapa optimis Ucu Kohar melawan incumbent dalam Pilkada 2024 di Sergai, dirinya menegaskan tetap optimis untuk melawan incumbent (petahana) karena demokrasi harus kita bangun di Kabupaten Serdang Bedagai.

“Maka dengan itu, sehingga putra-putri terbaik yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai ini punya kesempatan yang sama untuk menyampaikan visi dan misinya dalam membangun kampung halaman,” tutupnya.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Tim Penjaringan Calon Kepala Daerah DPC Demokrat Sergai, Indan Prabudi menyebut diawali Ketua DPC Partai Demokrat Yunasril disusul Darma Wijaya dan Adlin Tambunan resmi mendaftar ke Demokrat kemarin, pada hari ini ada satu sosok lagi datang mengambil formulir yakni Ucu Kohar. (NR)

Bagikan ke
Continue Reading

Politics

Zoefri Arie Harahap Siap Bertarung di Pilkada Sergai 2024

Published

on

Tokoh muda asal Kabupaten Serdang Bedagai, Zoefri Arie Harahap siap bertarung di Pilkada Serdang Bedagai Tahun 2024. (Foto/Ist)

SERGAI, SuaraBorneo.com – Salah seorang Tokoh muda asal Kabupaten Serdang Bedagai, Zoefri Arie Harahap siap bertarung di Pilkada Serdang Bedagai Tahun 2024.

Kesiapan ini telah dibuktikan Zoefri Arie Harahap dengan mengambil berkas formulir pendaftaran sebagai calon Wakil Bupati Sergai periode 2024-2029, di Kantor DPC PDIP dan Demokrat Sergai pada Selasa (23/4/2024) sore.

Menurut pria yang akrab dipanggil bang arie kepada wartawan menyampaikan sebagai masyarakat Serdang Bedagai hari ini saya mengambil formulir pendaftaran di Partai PDIP dan Partai Demokrat, maka ini merupakan langkah awal apalagi ini masih tahap penjaringan ditingkat partai masih ada lagi tahapan-tahapan berikutnya.

“Jadi saya pikir pengambilan formulir adalah sebagai semangat anak muda yang ingin mengikuti kontestasi Pilkada Serdang Bedagai Tahun 2024,” ujarnya.

Zoefri juga berharap bisa mendapat rekomendasi dari partai yang nantinya ada pasangan yang maju sebagai Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai 2024 ini.

“Tujuan saya menjadi calon Wakil Bupati Serdang Bedagai, karena saya pikir memang harus ada keterwakilan anak muda di Kabupaten Serdang Bedagai agar kita dapat mengisi pembangunan yang ada di Tanah Bertuah Negeri Beradat,” ucapnya lagi.

Lebih lanjut dikatakannya, jadi kalau sudah ada kolaborasi antara anak muda mudah-mudahan Kabupaten Serdang Bedagai ini bukan hanya maju terus bahkan makin bersinar dan mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

“Selain di Partai PDIP dan Demokrat, tidak menutup kemungkinan partai lain yang membuka pendaftaran dan ikut penjaringan calon Kepala Daerah di Kabupaten Serdang Bedagai ini,” bilangnya.

Terkait pasangan incumbent yang yang juga siap bertarung di Pilkada Sergai, Zofri menyebutkan, ikutnya dirinya dalam kontestasi politik pada Pilkada 2024 ini bukan mencari persaingan melainkan agar bersama-sama berkontribusi membangun Kabupaten Serdang Bedagai.

“Saya pikir soal kesiapan kembalikan ke partai pengusung berpasangan dengan siapa. Tapi apapun itu tujuan kita bukan untuk bersaing tapi bersama-sama untuk memajukan Kabupaten Serdang Bedagai ini,” tutupnya. (NR)

Bagikan ke
Continue Reading

Deli Serdang

Kiki Handoko Sembiring Daftar ke Golkar Sebagai Calon Bupati Deli Serdang

Published

on

Dr. Kiki Handoko Sembiring, SH, MKn resmi mendaftarkan diri sebagai calon Bupati Deli Serdang. (Foto/Ist)

DELI SERDANG, SuaraBorneo.com – Dr. Kiki Handoko Sembiring, SH, MKn resmi mendaftarkan diri sebagai calon Bupati Deli Serdang dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024, di Kantor Partai Golkar Deli Serdang, Selasa (23/4).

Sosok Kiki Handoko Sembiring diketahui merupakan Anggota DPRD Sumut 2019-2021, Anggota DPRD Sumut terpilih periode 2024-2029, Ketua umum Alumni Magister Kenotariatan (MKn) USU dan Wakil Ketua BPD HIPMI Sumut.

Kiki Handoko Sembiring Juga Wakil Sekretaris DPD Gerindra Provinsi Sumut.

Dr. Kiki Handoko Sembiring kepada wartawan menyebutkan dirinya pada hari ini melakukan pengembalian formulir calon Bupati Deli Serdang di Kantor DPC Golkar Deli Serdang.

“Kita menyatakan siap bertarung dalam Pilkada Deli Serdang,” ujarnya.

Selain Golkar, Kiki Handoko menyebutkan kemungkinan dirinya juga akan mendaftarkan ke partai politik lainnya.

“Untuk itu, kita ikuti proses dan ketentuan partai politik dalam melakukan penjaringan calon kepala daerah ini,” tutupnya. (NR)

Bagikan ke
Continue Reading

Sergai

Kantor Pertanahan Sergai Ikuti Puncak Gerakan Sinergi Reforma Agraria Nasional Secara Virtual

Published

on

Kantor Pertanahan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) mengikuti kegiatan Puncak Gerakan Sinergi Reforma Agraria Nasional. (Foto/Ist)

TELUK MENGKUDU, SuaraBorneo.com – Kantor Pertanahan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) mengikuti kegiatan Puncak Gerakan Sinergi Reforma Agraria Nasional di seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia secara virtual, Senin 22 April 2024, di aula Kantor Desa Pasar Baru Kecamatan Teluk Mengkudu.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Kepala Kantor Pertanahan Sergai Roni L. Parningotan Sitanggang, S.Sos., M.A.P, Kepala Desa Pasar Baru Suriadi, yang mewakili Camat, dan jajaran Kantor Pertanahan Sergai serta warga desa setempat.

Pada kesempatan itu juga peserta zoom meeting ikut membaca deklarasi “Kami Berkomitmen Untuk Bersinergi Mewujudkan cita-cita Reforma Agraria Dalam Upaya Mengurangi ketimpangan kepemilikan Tanah Serta Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”.

Kemudian dilanjutkan dengan pemasangan puzzle sebagai simbol sinergi dan kolaborasi oleh Kepala Kantor Pertanahan Sergai, Kepala Desa Pasar Baru dan perwakilan kecamatan.

Roni Sitanggang mengatakan bahwa Kantor Pertanahan Sergai siap mendukung dan mensukseskan kegiatan percepatan pelaksanaan Reforma Agraria untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat yang dilakukan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Dijelaskan Roni bahwa sesuai Perpres Nomor 62 Tahun 2023 Tentang Percepatan Pelaksanaan Reforma Agraria mengamanatkan penyelenggaraan Penataan Aset (asset reform) dan Penataan Akses (access reform) yang berfokus pada pengaturan dan pengelolaan agraria dengan tujuan meningkatkan sebesar-besar kemakmuran rakyat.

Menurutnya, bentuk kerjasama penataan aset dan penataan akses di Kabupaten Sergai disepakati dengan dikeluarkannnya Nota Kesepatan pada tanggal 22 September 2024 antara Kantor Pertanahan Kabupaten Sergai dan Pemkab Sergai yang memuat (empat) poin kesepakatan antara lain tentang penataana aset di desa, penetapan aksi penanganan akses di desa dan bahwa Pemkab Sergai menyusun rencana kegiatan yang menunjang pelaksanaan kegiatan reformasi agraria di tahun selanjutnya.

Untuk itu, Roni Sitanggang mohon dukungan dari Pemkab Sergai beserta masyarakat Kabupaten Sergai dalam upaya percepatan pelaksanaan Reforma Agraria di wilayah ini.

Usai menyaksikan secara virtual puncak Gerakan Sinergi Reforma Agraria tersebut, Kepala Kantor Pertanahan bersama perwakilan Kecamatan dan desa juga meninjau peternakan kambing etawa di Desa Pasar Baru . (Yusnar)

Bagikan ke
Continue Reading

Sergai

Perubahan Warna Kubah Mesjid Agung Sergai, DPD PLHH Sumut Buat Pengaduan

Published

on

Perubahan warna Kubah Masjid Agung Kabupaten Serdang Bedagai yang awal mulanya berwarna Putih Susu bersih, kini menjadi kehitam-hitaman seperti berlumut. (Foto/Ist)

SERGAI, SuaraBorneo.com – Feber Andro sirait, SH. MH selaku Ketua Dewan Pimpinan Daerah Pembela Lingkungan Hidup Dan Hutan (DPD. PLHH) Provinsi Sumatera Utara, yang beralamat kantor di Jalan Menteng VII Gang Sepakat No. 2 Kota Medan, kembali membuat Pengaduan kepada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Serdang Bedagai, Senin (22/04/2024).

Pengaduan tersebut, atas terjadinya perubahan warna Kubah Masjid Agung Kabupaten Serdang Bedagai yang awal mulanya berwarna Putih Susu bersih, kini menjadi kehitam-hitaman seperti berlumut, yang diduga diakibatkan oleh Emisi Kegiatan Usaha dari disekitar Mesjid Agung tersebut.

Pengaduan tersebut tertuang dalam bentuk Surat sebagaimana Surat Pengaduan Ke : II (Dua) ketua DPD. PLHH Sumut Nomor : 014/DPD. PLHH/SU/IV/2024 tanggal 22 April 2024 yang telah disampaikan pada tanggal 22 April 2024 melalui Bagian Umum Dinas Linkungan Hidup kepada kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Serdang Bedagai dan juga melalui Bagian Umum Polres Sergai guna disampaikan kepada Bapak Kapolres Serdang Bedagai.

Adapun menurut Feber Andro Sirait, SH. MH ditemukannya kembali perubahan warna kubah Mesjid Agung Serdang Bedagai ketika Feber Andro Sirait melintas di Jalan Negara Dusun I Desa Firdaus Kec. Sei. Rampah Kab. Serdang Bedagai (18/04/2024) dan melihat keatas kubah Mesjid Agung Serdang Bedagai sepertinya ada kelainan atas warna Kubah Mesjid tersebut, kubah Mesjid terlihat sangat jorok karena adanya seperti lumut berwarna hitam yang menempel pada bagian kubah, untuk itu Feber Andro Sirait, membuat Surat Pengaduan kembali agar dilakukan penyelidikan dan penyidikan dengan menguji kandungan Parameter benda yang menempel pada bagian kubah Mesjid ke Laboratorium untuk di uji apa sebenarnya parameter benda yang membuat perubahan bentuk warna Kubah Mesjid dan dari mana sumbernya dan siapa yang bertanggung jawab atas hitamnya Kubah Mesjid Agung Serdang Bedagai tersebut kepada Aparat Penegak Hukum di Kabupaten Serdang Bedagai.

Feber Andro Sirait juga menjelaskan bahwa ianya selaku Ketua DPD. PLHH Sumut pada tanggal 07 Nopember 2022 telah pernah membuat Pengaduan secara Tertulis atas berubahnya warna kubah Masjid Agung Kabupaten Serdang Bedagai kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Serdang Bedagai, sebagaimana Surat Ketua DPD. PLHH Sumut Nomor 05/DPD.PLHH/SU/XI/2022, tanggal 07 Nopember 2022, Pengaduan pada tahun 2022 tersebut hampir sama kejadiannya, berawal ketika Team PLHH Sumut melintas di Mesjid Agung Kabupaten Serdang Bedagai dan melihat ada kelainan pada kubah Mesjid yang awalnya Putih menjadi agak berwarna kehitam-hitaman, dan tidak lama setelah adanya Pengaduan pada bulan Nopember 2022 tersebut tanpa terlebih dahulu Dinas Lingkungan Hidup Serdang Bedagai melakukan Penyelidikan dan Penyidikan, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai melakukan pembersihan Kubah Mesjid Agung dengan cara mencuci Kubah Mesjid Agung tersebut, dan saat ini baru ± 1 tahun 6 bulan paska pencucian kubah Mejid tersebut dan saat ini kembali kubah menghitam, sudah harus menjadi pertanyaan apa penyebab kembali hitamya Kubah Mesjid Agung Serdang Bedagai saat ini ???

“Mesjid Agung Serdang Bedagai diresmikan baru pada tanggal 7 Januari 2021, pada saat Hari Jadi Kabupaten Serdang Bedagai yang ke 17 Tahun, dengan mengunakan Alokasi Anggaran APBD Tahun 2019 dengan Total nilai pagu sebesar Rp. 51 Miliar, dan saat merupakan Ikon Kabupaten Serdang Bedagai, untuk itu perlu sama –sama lebih kita perhatikan, dan apa yang menjadi Penyebabnya berulang hitamnya kubah Mesjid Agung Serdang Bedagai ???, kata : “ Feber Andro Sirait, H. MH.”.

Untuk itu Feber Andro Sirait berharap kepada APH agar segera mengambil Simpel kandungan benda yang menempel di Kubah Mesjid Agung Serdang Bedagai untuk dilakukan Uji Laboratorium agar diketahui apa yang menjadi Parameter guna ditemukan dari mana sumber hitamnya Kubah dan siapa yang bertanggung jawab atas berubahnya warna cat Kubah Mesjid Agung kabupaten Serdang Bedagai tersebut. (NR)

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer