Konsisten Program Asuh Lansia, Bupati HSS Kunjungi Nenek Halimah – SuaraBorneo.com
Connect with us
IDUL-FITRI-1445-3-X7

Hulu Sungai Selatan

Konsisten Program Asuh Lansia, Bupati HSS Kunjungi Nenek Halimah

Published

on

KANDANGAN, suaraborneo.com – Program asuh lansia telah diluncurkan pada 2019 lalu. Semua pejabat di Pemkab HSS, dihimbau mengasuh lansia untuk diberikan perhatian berupa kunjungan ke rumahnya, dengan tujuan menghibur dan mendengarkan ‘curhat’ mereka.

Konsisten dengan program tersebut, Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Achmad Fikry, M.AP meluangkan waktunya untuk mengunjungi Lansia Asuhnya, Rabu (05/12/2021)

Beliau adalah Nenek Halimah yang tinggal di Desa Paring Agung, Kecamatan Sungai Raya.

Sambil bercengkrama Bupati HSS juga memberikan bingkisan dan sembako untuk memberikan rasa kebahagiaan kepada Nenek Halimah bersama satu anaknya tersebut.

Dulu Lansia asuhnya di Desa Bakarung, Kecamatan Angkinang bernama nenek Rumsah, namun karena telah meninggal dunia beberapa bulan yang lalu, dan kini punya lansia asuh baru di Desa Paring Agung, Kecamatan Sungai Raya,” ungkapnya.

Bupati HSS Achmad Fikry mengaku sangat bersyukur punya lansia asuh yang baru dan juga telah mendapatkan berbagai bantuan sosial dari pemerintah.

Menurut bupati, kebutuhan para lansia asuh bukan hanya sekedar sandang, pangan dan papan, tetapi beliau juga membutuhkan tempat untuk mencurahkan isi hati maupun pikiran mereka. Tak lupa Bupati HSS juga mengajak anak Nenek Halimah untuk bervaksin dan menjaga Kesehatan. (ari-hss)

Bagikan ke

Hulu Sungai Selatan

Pertandingan Persahabatan Sepak Bola, Pemkab HSS vs Ponpes Salwa Pasuruan “Semangat Persaudaraan Di Lapangan Hijau”

Published

on

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Pondok Pesantren Darullughah Wadda'wah (DALWA) Pasuruan, Jawa Timur. (Foto/Ist)

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Suasana kebersamaan dan semangat persaudaraan memenuhi Lapangan 2 Desember, Kandangan, saat Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah (DALWA) Pasuruan, Jawa Timur, bertemu dalam pertandingan persahabatan sepak bola, Selasa (16/06) sore

Pertandingan yang diselenggarakan dalam rangka mempererat hubungan antar wilayah ini, tidak hanya melibatkan para pemain biasa, tetapi juga tokoh-tokoh penting dari kedua belah pihak.

Penjabat (Pj) Bupati HSS Drs. H. Hermansyah, MM, dan kepala Organisasi Perangkat Daerah (PD) Kab. HSS bermain bersama-sama dengan semangat yang membara.

Sementara itu, Ponpes Darullughah Wadda’wah diwakili oleh Habib Segaf bin Hasan Baharun, M. HI, beserta santri yang tak kalah antusiasnya.

“Dalam pertandingan yang dipenuhi dengan momen-momen menarik dan semangat tinggi, Tim Pondok Pesantren DALWA Pasuruan berhasil meraih kemenangan. Namun, lebih dari sekadar hasil akhir, pertandingan ini menjadi simbol kerjasama, persahabatan, dan sportivitas,” ungkap Pj Bupati.

Pemkab HSS berterima kasih kepada Pondok Pesantren DALWA Pasuruan atas kunjungan dan partisipasinya dalam acara ini. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Safari Ramadan di HSS, Acil Odah Ingin Wujudkan Keluarga Sehat, Tangguh dan Sejahtera

Published

on

Ketua PKK Kalimantan Selatan Hj Raudatul Jannah atau Acil Odah pada rangkaian bakti sosial dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 Tahun 2024 dan Safari Ramadan 1445 H. (Foto/Adpim)

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Ketua TP PKK Kalimantan Selatan Hj Raudatul Jannah menekan beberapa hal penting dalam mewujudkan keluarga yang sehat, tangguh dan sejahtera.

Hal itu disampaikan Ketua PKK Kalimantan Selatan Hj Raudatul Jannah atau Acil Odah pada rangkaian bakti sosial dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 Tahun 2024 dan Safari Ramadan 1445 H di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kandangan, Selasa (2/4) pagi.

Pesan pertama Acil Odah kepada TP PKK Hulu Sungai Selatan untuk memperkuat pengendalian kelahiran melalui program Keluarga Berencana.

“Pengendalian kelahiran perlu dilakukan untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Terlebih Ibu Kota Negara telah pindah ke Kaltim, kita perlu menyiapkan SDM agar kita tidak menjadi penonton,” sebutnya.

Pesan selanjutnya adalah memperhatikan asupan gizi untuk anak untuk cegah stunting.

“Bapak dan ibu dalam keluarga kiranya memperhatikan asupan makanan yang bergizi bagi anak-anak untuk mencegah stunting,” katanya.

Acil Odah juga mengimbau kader PKK dan masyarakat untuk mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada musim hujan.

Menurutnya, meski kasus DBD di Hulu Sungai Selatan telah melandai namun masyarakat diminta untuk tidak lengah karena bisa saja kembali melonjak.

Pada kesempatan tersebut Acil Odah juga memuji pelaksanaan rangkaian bakti sosial dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 52 Tahun 2024 dan Safari Ramadan 1445 H di Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang meriah.

“Dari beberapa kabupaten yang saya kunjungi, Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang paling meriah,” sebutnya.

Pada kesempatan tersebut, Acil Odah juga menyerahkan bantuan sembako, bansos jaminan hidup lansia Rp. 900 ribu, sarana prasarana Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD).

Selain itu, penyerahan bantuan yang diberikan berupa paket untuk tumbuh kembang anak dalam rangka mewujudkan Provinsi Layak Anak (Provila) dan program kabupaten kota layak anak (KLA), ditambah paket untuk peserta sunatan gratis berupa sarung, peci dan makanan ringan dan susu.

Sementara itu, Penjabat Ketua TP PKK Hulu Sungai Selatan Hj Rusnawati mengucapkan terima kasih kepada Ketua TP PKK Kalsel Hj Raudatul Jannah yang telah berkenan hadir.

Menurutnya, kehadiran Acil Odah menjadi penyemangat TP PKK Hulu Sungai Selatan untuk terus bergerak mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Tim Kampanye Daerah Prabowo Gibran HSS Gelar Bukber Diawali Dengan Tausyiah

Published

on

Silaturahmi antara pengurus dan perwakilan partai politik pengusung Prabowo Gibran HSS. (Foto/Azifa)

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Bertempat di Depot Razeki jalan Alfalah Kandangan, seluruh pengurus Tim Kampanye Daerah Prabowo Gibran kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mengadakan buka puasa bersama (Bukber), Rabu (27/3/2024).

Setelah selesai acara, pada kesempatan ketua Tim Kampanye Daerah Prabowo Gibran kabupaten Hulu Sungai Selatan H.M Kusasi (Haji Sasi Golkar) mengatakan, “Pertemuan ini dalam rangka silaturahmi antara pengurus dan perwakilan partai politik pengusung Prabowo Gibran, dan membubarkan kepengurusan Tim kampanye daerah Prabowo Gibran kabupaten Hulu Sungai Selatan, tapi silaturahmi tetap berlanjut,” ungkapnya,

Dalam giat silaturahmi dan buka puasa dawali tausyiah oleh ustadz Barizy dari Sungai Kalang, doa bersama, dan dilanjutkan buka puasa bersama,

Hadir dalam acara tersebut, ketua Tim Kampanye Daerah Prabowo Gibran kabupaten hulu sungai Selatan, H.M Kusasi, dan seluruh pengurus dan perwakilan partai politik pengusung Prabowo Gibran, narasumber dari tim kampanye daerah Prabowo Gibran. (azifa)

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

UPZ Bank Kalsel Beri Bantuan Insentif Kepada Dai Penggerak Daerah Terpencil di HSS

Published

on

Penyerahan bantuan secara simbolis diserahkan Pj. Bupati Hulu Sungai Selatan, Drs. H. Hermansyah, MM kepada perwakilan da'i dari MUI Kab. Hulu Sungai Selatan. (Foto/Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Pada tahun ini, MUI Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mengirimkan da’i untuk memberikan bimbingan ilmu agama Islam kepada muallaf yang berada di daerah terpencil khususnya di wilayah Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Rabu (21/2/2024).

Adapun jumlah da’i yang dikirim oleh Majelis Ulama Indonesia Kab. Hulu Sungai Selatan pada tahun 2024 ini sebanyak 31 orang yang.masing-masing ditempatkan di masjid dan musholla mencakup seluruh wilayah terpencil di Kec. Loksado, Kab. Hulu Sungai Selatan.

Berdasarkan hal tersbut UPZ Bank Kalsel memberikan bantuan insentif kepada da’i penggerak daerah terpencil yang khususnya di Kec. Loksado, Kab. Hulu Sungai Selatan melalui MUI Kab. Hulu Sungai Selatan.

Adapun dalam penyerahan bantuan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Pj. Bupati Hulu Sungai Selatan, Drs. H. Hermansyah, MM kepada perwakilan da’i dari MUI Kab. Hulu Sungai Selatan.

“Semoga bantuan tersebut bermanfaat kepada da’i yang bertugas di daerah terpencil khususnya di Kec. Loksado, Kab. Hulu Sungai Selatan,” pesannya.

“Bagi Donatur dan Sahabat Bank Kalsel yang ingin menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu saudara kita yang membutuhkan, kamu bisa ikut berpartisipasi dalam program-program kegiatan yang diinisiasi oleh UPZ Bank Kalsel dengan menyalurkan zakat, infak, dan sedekah melalui UPZ Bank Kalsel,” ajak UPZ Bank Kalsel. [adv/

Bagikan ke
Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Peringatan Haul Habib Mimi Dihadiri Puluhan Jamaah Berbagai Tempat di HSS

Published

on

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Bertempat di Kubah Al Habib Muhammad nor bin Salimin Albaghaits (Habib Mimi) mengadakan peringatan haul ke 7 tahun pada Selasa malam (5/12/2023) kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Habib Anis Albaghaits selaku mewakili keluarga mengatakan, peringatan haul kakanda kami ini Alhabib Muhammad nor bin Salimin Albaghaits.

“Kami peringati sangat sederhana dan kami ucapkan terima kasih kepada para Habaib, guru-guru hadir acara haul kakanda kami ini, dan tidak lupa juga para relawan yang membantu kegiatan ini, dengan lancar, semoga tahun-tahun berikutnya kita bisa melaksanakan lagi,” ungkap Habib Anis Albaghaits (akrab di panggil Ami Anies)

Dalam Tausyiahnya (habib Abdilah Alathos) beliau mengajak untuk membawa kebaikan dan sering menghadiri majelis haul dan majelis ilmu.

Dalam peringatan haul ini, dihadiri para habaib, guru-guru, tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh jamaah yang hadir. (Azifa)

Bagikan ke
Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Tim Kampanye Probowo-Gibran Kalsel Gelar Silaturahmi Dan Rapat Konsolidasi Bersama Tim HSS

Published

on

Tim Kampanye Daerah Prabowo Gibran Kalimantan Selatan mengadakan rapat konsolidasi Bersama Tim kampanye Daerah Prabowo Gibran kabupaten Hulu Sungai Selatan. (Foto/Ist)

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Tim Kampanye Daerah Prabowo Gibran Kalimantan Selatan mengadakan rapat konsolidasi Bersama Tim kampanye Daerah Prabowo Gibran kabupaten Hulu Sungai Selatan, Minggu (3/12/2023) bertempat di Gedung Serbaguna Lingkungan Stadion 2 Desember Kabupaten Hulu Sungai Selatan, provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam sambutannya Ketua Tim Kampanye Daerah Prabowo Gibran kabupaten hulu sungai Selatan H M Kusasi mengatakan, kami mengucapkan selamat datang di kabupaten Hulu Sungai Selatan ketua Tim Kampanye Daerah Prabowo Gibran provinsi Kalimantan Selatan beserta jajarannya, dalam kesempatan ini kami minta kepada ketua TKD Prabowo Gibran provinsi Kalimantan Selatan memberi sambutan dan arahan buat kami di TKD Prabowo Gibran kabupaten hulu sungai Selatan pungkas ketua Tim kampanye daerah kabupaten Hulu Sungai Selatan yang juga ketua partai Golkar kabupaten Hulu Sungai Selatan/wakil ketua 2 DPRD kabupaten Hulu Sungai Selatan.

“Kami jajaran TKD Prabowo Gibran provinsi Kalimantan Selatan, sangat berterimakasih kepada TKD Prabowo Gibran kabupaten Hulu Sungai Selatan, menyambut kedatangan kami ini sangat luar biasa, sambutan ini, kami ingin Prabowo Subianto kembali menang di Pilpres 2024 nanti karena sudah dua kali menang di Kalimantan Selatan,” pungkas ketua Tim Kampanye Daerah Prabowo Gibran provinsi Kalimantan Selatan.

Turut berhadir jajaran TKD Prabowo Gibran provinsi Kalimantan Selatan, ketua partai politik pengusung Prabowo Gibran di kabupaten hulu sungai Selatan, para Caleg partai politik pengusung Prabowo Gibran, dan seluruh pengurus TKD Prabowo Gibran kabupaten Hulu Sungai Selatan. (azifa)

Bagikan ke
Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Pemkab HSS Memaknai Hari Jadi ke-73 dengan Sholat Hajat dan Tausiah

Published

on

Sholat hajat dan tausiah dihadiri oleh Pejabat (PJ) Bupati HSS, Drs. H. Hermansyah. (Foto/Ist)

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Perayaan Hari Jadi Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang ke-73 diwarnai dengan makna mendalam melalui kegiatan Sholat Hajat dan Tausiah yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Pemkab HSS). Acara ini dilaksanakan pada Jumat, (01/12) di Pendopo Bupati Kabupaten HSS.

Sholat hajat dan tausiah dihadiri oleh Pejabat (PJ) Bupati HSS, Drs. H. Hermansyah, bersama PJ Ketua PKK Kabupaten HSS, Hj. Rusnawati Hermansyah, M.M, dan Forkopimda lainnya yang diwakili. Turut hadir dalam acara ini Ketua MUI HSS Tgh. Jamhari Muhdin, para Alim Ulama, Sekretaris Daerah Kab. HSS Drd. H. Muhammad Noor, para Asisten, Staff Ahli, Kepala Bagian, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta Camat.

Dalam sambutannya, PJ Bupati HSS mengungkapkan rasa syukur atas prestasi dan karya yang telah diraih oleh Kabupaten HSS dalam perayaan Hari Jadi yang ke-73.

“Atas nama Pemkab HSS, kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan arahan yang diberikan oleh para ulama di Kabupaten HSS,” ujar PJ Bupati HSS.

Lebih lanjut, PJ Bupati HSS berdoa agar Kabupaten HSS yang sangat dicintai bisa menjadi daerah yang baik, sejahtera, dan terhindar dari bencana.

“Kami memohon doa agar kepemimpinan di Kabupaten HSS berjalan lancar dan aman dengan dukungan dari semua pihak, terutama ulama,” tambahnya.

TGH Jamhari Muhdin memberikan apresiasi kepada PJ Bupati HSS sebagai pemimpin yang berkualitas, senantiasa menyebarkan kebahagiaan, bersedekah, dan bersholawat dalam setiap kesempatan.

Dalam tausiahnya, TGH Jamhari Muhdin mengajak untuk mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah, mengenang jasa para pendiri dan ulama, serta berdoa untuk keselamatan mereka di dunia dan akhirat.

“Tiga golongan yang dapat mendapatkan ampunan Allah pada hari kiamat, yaitu orang yang berwudhu pada waktu yang tidak disukai (waktu dingin), orang yang senang pergi ke masjid untuk sholat berjamaah, dan orang yang memberi makan kepada yang lapar,” pesannya. (azifa)

Bagikan ke
Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Pj Bupati HSS Hadiri Pertandingan Semi Final Turnamen Sepakbola Paman Birin Cup 2023

Published

on

Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Hermansyah, MM menghadiri pertandingan Semi Final Sepak Bola The Legend. (Foto/Ist)

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Suasana kebersamaan dan semangat sportivitas menyelimuti lapangan Stadion 2 Desember Kandangan saat Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Hermansyah, MM menghadiri pertandingan Semi Final Sepak Bola The Legend, Selasa (14/11).

Acara ini digelar dalam rangka kejuaran sepakbola memperebutkan piala Gubernur Kalimantan Selatan, yang dikemas dalam Paman Birin Cup 2023 dengan para peserta adalah para kesebelasan perwakilan kecamatan se-Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) khusus yang berusia 40 tahun ke atas.

Pertandingan yang berlangsung ini memukau penonton dengan permainan yang atraktif dan penuh tensi. Kecamatan Telaga Langsat berhasil melaju ke final setelah mengalahkan Kecamatan Angkinang dalam adu penalti yang berkesudahan dengan skor 5-4.

Keberhasilan turnamen ini menjadi bukti bahwa olahraga sepakbola dapat menjadi sarana efektif untuk mempererat tali persaudaraan di tengah masyarakat. [azifa/ril]

Bagikan ke
Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Pj Bupati Hadiri Syukuran dan Ramah Tamah Peringati Harjad Kerukunan BPK HSS Ke-19

Published

on

Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Hermansyah, MM

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Hermansyah, MM didampingi Dewan Pelindung Kerukunan Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP menghadiri acara “Syukuran sekaligus Ramah Tamah Peringatan Hari Jadi BPK HSS yang ke-19”, Senin malam (13/11/23) bertempat di bertempat di Lapangan Basket Lambung Mangkurat Kandangan.

Selain sebagai ajang silaturahmi, cara tersebut dilaksanakan juga sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas berkah ramat kesehatan, kelancaran serta keselamatan selama ini dalam menjalankan tugas sebagai relawan Barisan Pemadam Kebakaran HSS.

Dalam sambutannya Pj Bupati HSS atas nama Pemerintah Kab HSS menyampaikan penghargaan dan terima kasih serta ucapan selamat hari jadi yang ke – 19 tahun kepada kerukunan BPK HSS, yang selama ini telah mendedikasikan kiprahnya dalam menjaga keselamatan masyarakat terutama di Kab HSS.

Ia menjelaskan bahwa Pemerintah Daerah akan terus mendukung untuk kesinambungan dan kemajuan BPK, karena disinilah relawan-relawan yang tanpa pamrih, tanpa pilih kasih, tanpa henti membantu masyarakat, ungkap Pj Bupati HSS.

Turut berhadir pada acara tersebut Ketua Kerukunan BPK Kab HSS yang juga Kepala Dispera KPLH Kab HSS Ronaldy Prana Putra, S.STP, M. Si, Pembina dan Dewan Kehormatan BPK HSS, perwakilan Ketua MUI Kab HSS, para Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kab HSS, camat, Pimpinan Perbankan, beserta seluruh anggota BPK HSS.

Acara tersebut dirangkai dengan pemotongan tumpeng Hari Jadi Kerukunan BPK HSS ke-19 oleh Dewan Pelindung Kerukunan Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) HSS dengan didampingi Pj Bupati HSS serta Ketua Kerukunan BPK Kab HSS. Serta pada momen tersebut Pj Bupati HSS juga memberikan kue Hari Jadi Kerukunan BPK HSS ke-19 kepada Ketua Kerukunan BPK Kab HSS.

Semoga dapat terus bersama-sama saling bersinergi dalam meningkatkan dan menjaga keamanan serta keselamatan masyarakat terutama di banua Kab HSS. (adifa/ril)

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer