google-site-verification=2H-sCxyC_PivVEQYOA-YOWReGFaUAEieNeSeN4I1XnQ Berlaku Mulai 7 Januari, Inilah Ketentuan Terbaru Satgas Covid-19 Mengenai Perjalanan Luar Negeri – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-8

Nasional

Berlaku Mulai 7 Januari, Inilah Ketentuan Terbaru Satgas Covid-19 Mengenai Perjalanan Luar Negeri

Published

on

JAKARTA, suaraborneo.com – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri pada Masa Pandemi Corona Berlaku Mulai 7 Januari, Inilah Ketentuan Terbaru Satgas COVID-19 Mengenai Perjalanan Luar Negeri Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

“Surat Edaran ini berlaku efektif mulai tanggal 7 Januari 2022 sampai dengan waktu yang ditentukan kemudian. Dengan berlakunya Surat Edaran ini, maka Surat Edaran Nomor 26 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dicabut dan dinyatakan tidak berlaku,” ditegaskan dalam SE yang ditandatangani Ketua Satgas Suharyanto tanggal 4 Januari ini.

Disebutkan dalam SE, bahwa dalam rangka menindaklanjuti perkembangan situasi persebaran virus SARS-CoV-2 pada berbagai negara di dunia dan hasil evaluasi lintas sektoral maka diperlukan penyesuaian mekanisme pengendalian terhadap perjalanan luar negeri.

“Untuk mengantisipasi penyebaran virus SARS-CoV-2 baru maupun yang akan datang, maka pelaku perjalanan luar negeri harus mematuhi protokol kesehatan dengan sangat ketat serta memperhatikan regulasi atau kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” ujar Suharyanto.

Adapun maksud SE ini adalah untuk menerapkan protokol kesehatan terhadap pelaku perjalanan luar negeri pada masa pandemi COVID-19. Sedangkan tujuan SE ini adalah untuk melakukan pemantauan, pengendalian, dan evaluasi dalam rangka mencegah terjadi peningkatan penularan COVID-19 termasuk SARS-CoV-2 varian baru maupun yang akan datang

“Ruang lingkup Surat Edaran ini adalah protokol kesehatan terhadap pelaku perjalanan luar negeri,” ujar Ketua Satgas Penanganan COVID-19.

Dalam SE disebutkan sejumlah dasar hukum penerbitan peraturan ini, yang salah satunya adalah hasil keputusan Rapat Terbatas (Ratas) tanggal 3 Januari 2022.

Sebagaimana didefinisikan dalam SE, pelaku perjalanan internasional adalah seseorang yang melakukan perjalanan dari luar negeri pada empat belas hari terakhir.

Berikut ketentuan protokol kesehatan yang tertuang dalam SE:

1. Pelaku perjalanan luar negeri yang berstatus warga negara Indonesia (WNI) dari luar negeri diizinkan memasuki Indonesia dengan tetap mengikuti protokol kesehatan ketat sebagaimana ditetapkan pemerintah.

2. Menutup sementara masuknya warga negara asing (WNA), baik secara langsung maupun transit di negara asing, yang pernah tinggal dan/atau mengunjungi dalam kurun waktu empat belas hari dari negara/wilayah dengan kriteria sebagai berikut:

a. Telah mengonfirmasi adanya transmisi komunitas varian baru SARS-CoV-2 B.1.1.529: Afrika Selatan, Botswana, Norwegia, dan Perancis;

b. Negara/wilayah yang secara geografis berdekatan dengan negara transmisi komunitas kasus varian baru B.1.1.529 secara signifikan: Angola, Zambia, Zimbabwe, Malawi, Mozambique, Namibia, Eswatini, dan Lesotho; dan/atau

c. Negara/wilayah dengan jumlah kasus konfirmasi SARS-CoV-2 B.1.1.529 lebih dari 10 ribu kasus: Inggris dan Denmark.

3. Penutupan sementara masuknya WNA ke wilayah Indonesia, baik secara langsung maupun transit di negara asing dikecualikan bagi pelaku perjalanan yang memenuhi kriteria sebagai berikut:

a. Tidak memiliki riwayat perjalanan dan/atau tinggal dalam kurun waktu empat belas hari dari negara/wilayah sebagaimana dimaksud pada angka 2;

b. Sesuai ketentuan dalam Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumham) Nomor 34 Tahun 2021 tentang Pemberian Visa dan Izin Tinggal Keimigrasian dalam Masa Penanganan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional;

c. Sesuai skema perjanjian (bilateral), seperti travel corridor arrangement (TCA); dan/atau

d. Mendapatkan pertimbangan/izin khusus secara tertulis dari kementerian/lembaga (K/L).

4. Seluruh pelaku perjalanan luar negeri, baik yang berstatus WNI maupun WNA harus mengikuti ketentuan persyaratan sebagai berikut:

a. Mematuhi ketentuan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah;

b. Menunjukkan kartu atau sertifikat (fisik maupun digital) telah menerima vaksin COVID-19 dosis lengkap seminimalnya empat belas hari sebelum keberangkatan sebagai persyaratan memasuki Indonesia dengan ketentuan sebagai berikut:

i. WNI dan WNA wajib menunjukkan kartu atau sertifikat (fisik maupun digital) telah menerima vaksin COVID-19 dosis lengkap sebagai persyaratan memasuki Indonesia;

ii. Dalam hal WNI belum mendapat vaksin di luar negeri maka akan divaksinasi di tempat karantina setibanya di Indonesia setelah dilakukan pemeriksaan RT-PCR kedua dengan hasil negatif;

iii. Dalam hal WNA belum mendapat vaksin di luar negeri maka akan divaksinasi di tempat karantina setibanya di Indonesia setelah dilakukan pemeriksaan RT-PCR kedua dengan hasil negatif, dengan ketentuan sebagai berikut:

1) WNA berusia 12-17 tahun;

2) Pemegang izin tinggal diplomatik dan izin tinggal dinas; dan/atau

3) Pemegang kartu izin tinggal terbatas (KITAS) dan kartu izin tinggal tetap (KITAP).

iv. WNA yang sudah berada di Indonesia dan akan melakukan perjalanan, baik domestik maupun internasional, diwajibkan untuk melakukan vaksinasi melalui skema program atau gotong royong sesuai peraturan perundang-undangan;

v. Kewajiban menunjukkan kartu atau sertifikat vaksinasi COVID-19 (fisik maupun digital) sebagai persyaratan memasuki Indonesia dikecualikan kepada:

1) WNA pemegang visa diplomatik dan visa dinas yang terkait dengan kunjungan resmi/kenegaraan pejabat asing setingkat menteri ke atas dan WNA yang masuk ke Indonesia dengan skema TCA, sesuai prinsip resiprositas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat;

2) WNA yang belum melakukan vaksinasi dan bermaksud untuk melakukan perjalanan domestik dan melanjutkan dengan tujuan mengikuti penerbangan internasional keluar dari wilayah RI, diperbolehkan untuk tidak menunjukkan kartu/sertifikat vaksinasi COVID-19 selama tidak keluar dari area bandar udara (bandara) selama transit menunggu penerbangan internasional yang hendak diikuti, dengan persyaratan:

Laman: 1 2 3

Nasional

Asa Firli untuk Pegiat Media

Published

on

Sekretaris JMSI Aceh, Akhiruddin Mahjuddin. (Foto/Ist)

ACEH, suaraborneo.com – Salah satu karakter utama sistem demokrasi yaitu keterbukaan, dengan demikian seharusnya praktik korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan di negeri ini tidak lagi terjadi. Atau setidaknya berkurang signifikan.

Hal ini diutarakan Ketua KPK, Firli Bahuri saat menjadi pembicara kunci pada pengukuhan pengurus daerah Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Provinsi Jawa Barat, Jumat, 21 Januari 2022 di hotel Horison Bandung.

Ini bukan sekedar retorika tapi bentuk kegelisahan Firli. Karenanya di era Firli akselerasi Pemberantasan korupsi tidak saja tertumpu pada aspek penindakan tapi juga aspek pencegahan dan pendidikan.

Continue Reading

Nasional

SK JMSI Sebagai Konstituen Dewan Pers Diserahkan Hendry Bangun

Published

on

Wakil Ketua Dewan Pers, Hendry Ch. Bangun menyerahkan SK JMSI sebagai konstituen Dewan Pers kepada Ketua Umum JMSI, Teguh Santosa didampingi Sekjen JMSI, Mahmud Marhaba dan anggota Dewan Pembina, Mursyid Sonsang, Jumat (21/01/2022) di hotel Horison Bandung Jawab Barat. Foto/Ist)

JABAR, SuaraBorneo.com – Wakil Ketua Dewan Pers, Hendri CH Bangun menyerahkan Surat Keputusan (SK) penetapan Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) sebagai konstituen Dewan Pers, Jumat (21/01/2022) di hotel Horison Bandung Jawab Barat. Penetapan JMSI sebagai konstituen Dewan Pers melalui SK Dewan Pers No : 15/SK-DP/I/2022 tanggal 10 Januari 2022 yang ditandatangi oleh Ketua Dewan Pers Muhammad NUH.

Hendri CH Bangun dalam sambutannya mengatakan bahwa JMSI merupakan organisasi pendatang baru di Dewan Pers bersama organisasi perusahan pers media siber bersama 2 organisasi perusahan pers lainnya seperti AMSI dan SMSI. Dirinya mengatakan jika kehadiran JMSI akan banyak membantu tugas Dewan Pers untuk memverifikasi media siber.

Kehadiran JMSI membahagiakan Dewan Pers. Ini tentunya berkaitan dengan media yang bernaung di orgasasinya masing-masing.

“Kami sangat bangga atas kehadiran JMSI. Ini akan sangat membantu dewan pers dalam menangani verifkkasi media anggotanya. Media yang baik adalah media yang bergabung dengan organisasi, baik itu organisasi wartawan maupun organisasi perusahan pers,” tegas Hendry.

Continue Reading

Nasional

Ketua KPK Akan Hadiri Pelantikan JMSI Jambi

Published

on

Anggota Dewan Pembina JMSI Pusat, Mursyid Sonsang bersama Ketua KPK RI, Firli Bahuri. (Foto/Ist)

JAMBI, suaraborneo.com – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Komjen Pol Purn Firli Bahuri, bakal bertandang ke Provinsi Jambi menghadiri pelantikan Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI), yang akan diselenggarakan pada Mei tahun ini.

Hal tersebut disampaikan Pendiri sekaligus Pembina JMSI Pusat, Mursyid Sonsang, saat menghadiri pelantikan JMSI Jawa Barat yang berlangsung di Bandung, Jumat (21/1/2022).

JMSI merupakan organisasi perusahaan media massa berbasis internet yang telah ditetapkan sebagai konstituen Dewan Pers pada Januari 2022.

Continue Reading

Jakarta

Rangkaian HPN 2022, KLH dan PWI Pusat Gelar Workhsop Rehabilitasi Mangrove

Published

on

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar. (Foto/Ist)

JAKARTA, suaraborneo.com – Ekosistem mangrove memiliki fungsi sangat penting karena berperan sebagai sabuk hijau bagi area pesisir dan sebagai ekosistem dengan simpanan karbon terbesar. Tak hanya itu, melalui skema perdagangan karbon, Indonesia sebenarnya bisa mendapatkan pendapatan hingga 350 trilun rupiah dari transaksi jual beli sertifikat emisi karbon ini.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengatakan hutan mangrove memiliki sejumlah fungsi penting.

Salah satunya mampu mencegah abrasi laut. “Dari sisi fisik, mangrove berakar banyak dan batangnya kukuh mampu mencegah bahaya tsunami, ombak, dan abrasi laut,” kata Siti Nurbaya dalam sambutannya sekaligus membuka Workshop Percepatan Rehabilitasi Mangrove di Kempinski Hotel Indonesia, Jakarta, Kamis (20/1).

Dia juga menjelaskan mangrove memiliki fungsi ekologi yaitu menjadi filter polusi air dan udara karena sifatnya yang bisa tumbuh pada kondisi tanah berlumpur dan mampu menyerap polusi dari udara.

“Mangrove sebagai habitat tempat hidup dan berkembang biaknya berbagai jenis ikan dan biota laut lainnya,” ujar politikus Partai NasDem itu. Dia mengatakan mangrove memiliki fungsi ekonomi karena menghasilkan buah atau biji yang bisa dijadikan makanan atau minuman. Kulit batang dan daun mangrove juga bisa menjadi bahan baku pewarna batik.

Continue Reading

Nasional

Presiden dan Ibu Iriana Jokowi Tinjau Sirkuit Mandalika

Published

on

Presiden Jokowi dalam kunjungan kerja di Mandalika, NTB, Kamis (13/01/2022). (Foto: Humas Setkab/Rahmat)

NTB, SuaraBorneo.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi melanjutkan kunjungan kerjanya di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (13/01/2021) dengan meninjau kesiapan fasilitas dan organisasi yang terlibat dalam penyelenggaraan MotoGP 2022 di Sirkuit Internasional Mandalika.

“Saya juga cek di sirkuit, terutama kesiapan organisasi dalam menghadapi nanti MotoGP di Maret,” ujar Presiden dalam keterangan pers usai peninjauan.

Selain sirkuit, Presiden menyampaikan bahwa fasilitas transportasi dan akomodasi hingga protokol kesehatan bagi para pembalap, ofisial, dan juga penonton MotoGP juga dipersiapkan dengan baik. Begitu juga terkait penanganan logistik untuk keperluan balapan.

Continue Reading

Nasional

Antusias Perusahaan Pers di Pinang Jadi Bagian Sayap JMSI

Published

on

Rombongan inisiator pengembang sayap JMSI, Ketua JMSI Kepri, Eddy Supriatna Sekretaris JMSI Kepri, Anwar Anas dan Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan JMSI Kepri, Ahmad Fahmi Rangkuti, Selasa (11/1/2022). (Foto/Ist)

KEPRI, SuaraBorneo.com – Penetapan Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) sebagai konstituen Dewan Pers membangkitkan gairah perusahaan pers di Kepri.

Bagi perusahaan pers yang berada di Ibukota Provinsi Kepri menancapkan keyakinan dengan visi dan misi JMSI untuk menciptakan perusahaan pers yang profesional.

Untuk menunjukkan keseriusan, pengusaha dari berbagai perusahaan pers di Tanjungpinang berkordinasi dengan pengurus JMSI Kepri.

Rombongan inisiator pengembang sayap JMSI ini disambut oleh Ketua JMSI Kepri, Eddy Supriatna yang didampingi Sekretaris JMSI Kepri, Anwar Anas dan Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan JMSI Kepri, Ahmad Fahmi Rangkuti.

Heryanto, mewakili rombongan menyampaikan niat dan tujuan melakukan koordinasi untuk membangun pengurus cabang JMSI Tanjungpinang.

Continue Reading

Nasional

Menakar Peluang Firli Bahuri di Pilpres 2024

Published

on

Firli Bahuri Ketua KPK RI, Selasa (11/1/2022). (Foto/Ist)

SUMSEL, suaraborneo.com – Desa Lontar di Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, sedikit warga Indonesia mengetahuinya. Namun jika diajukan nama Firli Bahuri, dipastikan hampir seluruh penduduk di nusantara mengenalnya sebagai Ketua KPK RI.

Firli Bahuri sendiri menghabiskan masa kecilnya di desa itu, hingga kemudian menapaki karir sebagai perwira Polri dengan pangkat terakhir Komisaris Jenderal Polisi.

Terpilih sebagai Ketua KPK RI pada 2019, Firli Bahuri akan akhiri masa jabatannya di lembaga anti rasuah itu pada 2023 mendatang. Karenanya menarik kemudian mengajukan nama lelaki yang sejak usia 6 tahun itu telah hidup dalam keadaan yatim bersama ibunya sebagai alternatif kepemimpinan nasional 2024 mendatang.

Nama Firli Bahuri sendiri, jarang ditempatkan lembaga survei sebagai salah satu kandidat yang memiliki potensi untuk dijagokan pada Pilpres 2024. Sejumlah nama, seperti Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Puan Maharani, Prabowo Subianto, dan Agus Harimurti yang kerap dijadikan barometer kepemimpinan nasional oleh banyak lembaga jejak pendapat.

Continue Reading

Nasional

JMSI Jadi Konstituen Dewan Pers, JMSI Riau Gelar Syukuran

Published

on

Ketua JMSI Provinsi Riau H Dheni Kurnia, Ketua Dewan Penasehat JMSI Riau DR H Syafriadi SH MH, beserta jajaran pengurus JMSI Riau, Senin (10/1/2022). (Foto/Ist)

PEKANBARU, suaraborneo.com – Setelah resmi menjadi konstituen Dewan Pers, Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Provinsi Riau, Senin (10/01/2022) menggelar syukuran yang dilaksanakan di Teras Kopi, Jalan Sumatera, Pekanbaru.

Hadir dalam syukuran JMSI ini, Ketua JMSI Provinsi Riau H Dheni Kurnia, Ketua Dewan Penasehat JMSI Riau DR H Syafriadi SH MH, jajaran pengurus JMSI Riau, diantaranya Ian Macyar, Satria Utama Batu Bara, Luzi Diamanda, Rahmat Handayani Tommy F Ganih, Novita dan pengurus lainnya larut dalam acara syukuran ini.

Ketua JMSI Provinsi Riau H Dheni Kurnia dalam sambutannya mengatakan JMSI termasuk organisasi pers yang cepat menjadi konstituen Dewan Pers.

“Untuk Riau sendiri anggota JMSI hingga ke Kabupaten-kota berjumlah lebih kurang 147 perusahaan. Untuk kabupaten-kota sendiri telah ada beberapa pengurus JMSI yang sudah terbentuk dan dilantik, diantaranya JMSI Kota Dumai yang termasuk JMSI Kabupaten-kota yang pertama dikukuhkan kepengurusannya di-Indonesia,” ujar pria yang juga menjabat Ketua Dewan Kehormatan Provinsi PWI Riau ini.

Continue Reading

Nasional

Ajang Pencarian Atlet Handal, Priamanaya Grup Gelar Turnamen Volleyball Se Kabupaten Lahat

Published

on

Manager Eksternal Relationship Priamanaya Grup Dan Beberapa Team, Minggu (9/1). (Foto/Ist)

LAHAT, suaraborneo.com – Ratusan Team dari berbagai wilayah di Kabupaten Lahat provinsi Sumatera Selatan ikuti turnamen Bola Voli yang diselenggarakan oleh Priamanaya Grup.

Turnamen yang di gelar di Desa Tanjung Telang, Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat selaku tuan rumah disambut antusias oleh warga yang berdatangan untuk mendukung team andalannya.

Manager Eksternal Relationship Priamanaya Grup, Agung Dwi Anggoro, Minggu (9/1) pada saat pembukaan turnamen mengucapkan rasa terimakasih kepada pihak panitia yang telah membantu terselenggaranya turnamen Priamanaya Grup Volleyball ini.

Ia menjelaskan bahwasanya kegiatan ini sebenarnya merupakan agenda sejak Tahun kemaren, dikarenakan situasi Pandemi Covid-19 yang masih tinggi turnamen pun urung diselenggarakan.

Continue Reading

Umum

Populer

JAKARTA, suaraborneo.com – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri pada Masa Pandemi Corona Berlaku Mulai 7 Januari, Inilah Ketentuan Terbaru Satgas COVID-19 Mengenai Perjalanan Luar Negeri Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

“Surat Edaran ini berlaku efektif mulai tanggal 7 Januari 2022 sampai dengan waktu yang ditentukan kemudian. Dengan berlakunya Surat Edaran ini, maka Surat Edaran Nomor 26 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dicabut dan dinyatakan tidak berlaku,” ditegaskan dalam SE yang ditandatangani Ketua Satgas Suharyanto tanggal 4 Januari ini.

Disebutkan dalam SE, bahwa dalam rangka menindaklanjuti perkembangan situasi persebaran virus SARS-CoV-2 pada berbagai negara di dunia dan hasil evaluasi lintas sektoral maka diperlukan penyesuaian mekanisme pengendalian terhadap perjalanan luar negeri.

“Untuk mengantisipasi penyebaran virus SARS-CoV-2 baru maupun yang akan datang, maka pelaku perjalanan luar negeri harus mematuhi protokol kesehatan dengan sangat ketat serta memperhatikan regulasi atau kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” ujar Suharyanto.

Adapun maksud SE ini adalah untuk menerapkan protokol kesehatan terhadap pelaku perjalanan luar negeri pada masa pandemi COVID-19. Sedangkan tujuan SE ini adalah untuk melakukan pemantauan, pengendalian, dan evaluasi dalam rangka mencegah terjadi peningkatan penularan COVID-19 termasuk SARS-CoV-2 varian baru maupun yang akan datang

“Ruang lingkup Surat Edaran ini adalah protokol kesehatan terhadap pelaku perjalanan luar negeri,” ujar Ketua Satgas Penanganan COVID-19.

Dalam SE disebutkan sejumlah dasar hukum penerbitan peraturan ini, yang salah satunya adalah hasil keputusan Rapat Terbatas (Ratas) tanggal 3 Januari 2022.

Sebagaimana didefinisikan dalam SE, pelaku perjalanan internasional adalah seseorang yang melakukan perjalanan dari luar negeri pada empat belas hari terakhir.

Berikut ketentuan protokol kesehatan yang tertuang dalam SE:

1. Pelaku perjalanan luar negeri yang berstatus warga negara Indonesia (WNI) dari luar negeri diizinkan memasuki Indonesia dengan tetap mengikuti protokol kesehatan ketat sebagaimana ditetapkan pemerintah.

2. Menutup sementara masuknya warga negara asing (WNA), baik secara langsung maupun transit di negara asing, yang pernah tinggal dan/atau mengunjungi dalam kurun waktu empat belas hari dari negara/wilayah dengan kriteria sebagai berikut:

a. Telah mengonfirmasi adanya transmisi komunitas varian baru SARS-CoV-2 B.1.1.529: Afrika Selatan, Botswana, Norwegia, dan Perancis;

b. Negara/wilayah yang secara geografis berdekatan dengan negara transmisi komunitas kasus varian baru B.1.1.529 secara signifikan: Angola, Zambia, Zimbabwe, Malawi, Mozambique, Namibia, Eswatini, dan Lesotho; dan/atau

c. Negara/wilayah dengan jumlah kasus konfirmasi SARS-CoV-2 B.1.1.529 lebih dari 10 ribu kasus: Inggris dan Denmark.

3. Penutupan sementara masuknya WNA ke wilayah Indonesia, baik secara langsung maupun transit di negara asing dikecualikan bagi pelaku perjalanan yang memenuhi kriteria sebagai berikut:

a. Tidak memiliki riwayat perjalanan dan/atau tinggal dalam kurun waktu empat belas hari dari negara/wilayah sebagaimana dimaksud pada angka 2;

b. Sesuai ketentuan dalam Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumham) Nomor 34 Tahun 2021 tentang Pemberian Visa dan Izin Tinggal Keimigrasian dalam Masa Penanganan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional;

c. Sesuai skema perjanjian (bilateral), seperti travel corridor arrangement (TCA); dan/atau

d. Mendapatkan pertimbangan/izin khusus secara tertulis dari kementerian/lembaga (K/L).

4. Seluruh pelaku perjalanan luar negeri, baik yang berstatus WNI maupun WNA harus mengikuti ketentuan persyaratan sebagai berikut:

a. Mematuhi ketentuan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah;

b. Menunjukkan kartu atau sertifikat (fisik maupun digital) telah menerima vaksin COVID-19 dosis lengkap seminimalnya empat belas hari sebelum keberangkatan sebagai persyaratan memasuki Indonesia dengan ketentuan sebagai berikut:

i. WNI dan WNA wajib menunjukkan kartu atau sertifikat (fisik maupun digital) telah menerima vaksin COVID-19 dosis lengkap sebagai persyaratan memasuki Indonesia;

ii. Dalam hal WNI belum mendapat vaksin di luar negeri maka akan divaksinasi di tempat karantina setibanya di Indonesia setelah dilakukan pemeriksaan RT-PCR kedua dengan hasil negatif;

iii. Dalam hal WNA belum mendapat vaksin di luar negeri maka akan divaksinasi di tempat karantina setibanya di Indonesia setelah dilakukan pemeriksaan RT-PCR kedua dengan hasil negatif, dengan ketentuan sebagai berikut:

1) WNA berusia 12-17 tahun;

2) Pemegang izin tinggal diplomatik dan izin tinggal dinas; dan/atau

3) Pemegang kartu izin tinggal terbatas (KITAS) dan kartu izin tinggal tetap (KITAP).

iv. WNA yang sudah berada di Indonesia dan akan melakukan perjalanan, baik domestik maupun internasional, diwajibkan untuk melakukan vaksinasi melalui skema program atau gotong royong sesuai peraturan perundang-undangan;

v. Kewajiban menunjukkan kartu atau sertifikat vaksinasi COVID-19 (fisik maupun digital) sebagai persyaratan memasuki Indonesia dikecualikan kepada:

1) WNA pemegang visa diplomatik dan visa dinas yang terkait dengan kunjungan resmi/kenegaraan pejabat asing setingkat menteri ke atas dan WNA yang masuk ke Indonesia dengan skema TCA, sesuai prinsip resiprositas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat;

2) WNA yang belum melakukan vaksinasi dan bermaksud untuk melakukan perjalanan domestik dan melanjutkan dengan tujuan mengikuti penerbangan internasional keluar dari wilayah RI, diperbolehkan untuk tidak menunjukkan kartu/sertifikat vaksinasi COVID-19 selama tidak keluar dari area bandar udara (bandara) selama transit menunggu penerbangan internasional yang hendak diikuti, dengan persyaratan:

Laman: Page 1 Page 2 Page 3