LPKA Kelas 1 Martapura Silaturrahmi Dengan Kadis Dukcapil Banjar – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15

Kalsel

LPKA Kelas 1 Martapura Silaturrahmi Dengan Kadis Dukcapil Banjar

Published

on

MARTAPURA, suaraborneo.com – Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Martapura, melalui Kasie. Registasi dan Klasifikasi Akhmad Hamirun didampingi Melakukan Koordinasi Kasubsi Registrasi, Djoko Nawanto dan Kasubsi Klasifikasi, Robbyanoor. Melakukan Koordinasi dan silaturahmi dengan Kepala Dinas Dukcapil Banjar, Azwar S.H. Jumat (7/1), di ruang kerja Kepala Dinas Kependudukan dan catatan Sipil Kabupaten Banjar.

Kordinasi tersebut terkait pemenuhan hak anak dan identitas diri Andikpas, khususnya di LPKA Kelas I Martapura, yaitu KTP-el dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Kegiatan ini bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Banjar, sebagai tindak lanjut Gerakan Nasional Pemenuhan Hak Identitas Anak dalam Implementasi Revitalisasi Pemasyarakatan bagi Anak.

“Pemenuhan hak identitas Anak menjadi hal yang penting dan mendesak untuk segera dipenuhi agar mereka memiliki akses pelayanan publik lainnya, seperti layanan kesehatan dan layanan pendidikan,” terang Kepala LPKA Martapurta, Rudi Sarjono, ucapnya terpisah.

Akhmad Hamirun selaku Kasie Registrasi dan Klasifikasi menambahkan sinergi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan Kementerian Dalam Negeri melalui pemerintah daerah merupakan komitmen bersama-sama untuk melaksanakan program pemenuhan hak identitas Anak, termasuk di Kalimantan Selatan yang terdapat satu Satker LPKA. Adapun saat ini jumlah Andikpas di LPKA Martapura berjumlah 40.

“Hak identitas Anak sangatlah penting untuk dipenuhi agar bisa mendapatkan pelayanan publik karena mereka masih memiliki keterbatasan kemampuan dan tanggung jawab dan rentan terhadap perlakuan buruk pihak lain sehingga Anak wajib mendapatkan perlindungan negara dalam pemenuhan hak-haknya, termasuk Anak Berhadapan dengan Hukum,” tegas Rudi.

Salah satu Andikpas LPKA Martapura, AN, sangat senang dengan adanya pemenuhan KTP-el dan KIA. “Setelah habis menjalani masa pidana di LPKA Martapura, saya berharap dapat bekerja membantu orang tua karena sudah ada memiliki KTP sebagai identitas diri,” ucapnya. (hrs-sb)

Bagikan ke

Banjarbaru

Tak Berkutik, Pria Asal Cindai Alus Saat DiGeledah Ditemukan Satu Klip Besar Carnophen

Published

on

Pelaku saat di amankan di Polsek Banjarbaru Utara beserta barang bukti Pil Zenith. (Foto/Ist)

BANJARBARU, Suaraborneo.com – Pengungkapan kepemilikan dan penyalahgunaan Narkotika jenis obat Carnophen (Zenith) di jalan A.Yani KM.32 Kelurahan Loktabat Utara (depan Dealer Honda) Kota Banjarbaru.

Kronologi kejadian awal, Polsek Banjarbaru Utara pada pukul 23.15 Wita melaksanakan patroli rutin dan hunting (berburu) di wilayah hukum Polsek Banjarbaru Utara, saat melaksanakan patroli anggota Opsnal menerima laporan tentang sering adanya transaksi jual beli narkotika di wilayah KM.32 depan Dealer Honda.

Menerima laporan, segera anggota Opsnal Polsek Banjarbaru segera mendatangi tempat yang di curigai sebagai tempat transaksi, dan di lokasi di temukan pria seperti ciri ciri yang di terima saat laporan awal.

Anggota Polsek Banjarbaru Utara segera melakukan penggeledahan terhadap seseorang pria berinisial AP (21) dan di dalam saku celana pelaku di temukan barang bukti Narkotika jenis Carnophen (zenith).

Saat kami hubungi melalui via WhatsApp, Kapolsek Banjarbaru Utara KOMPOL Yopie Andri Haryono S.Sos menjelaskan.

“Anggota kami telah mengamankan AP saat berada di lokasi, dan anggota kami telah menemukan barang bukti satu klip besar yang masing masing berisi 10 klip kecil dan dalam klip kecil berisi 10 butir Zenith, dan satu bungkus kecil berisi 8 butir zenith, total keseluruhan ada 108 butir pil Zenith,”jelasnya.

“Pelaku kami bawa ke Polsek Banjarbaru Utara beserta barang bukti, pelaku mendapatkan pil Zenith tersebut dari seseorang perempuan di daerah Martapura, dan kata pelaku dia mendapatkan pil Zenith satu klip besar seharga 800 ribu,” imbuhnya. (Erick)

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarbaru

Tak terima Di Olok Olok, Pria Ini Tusuk Korban Menggunakan Badik

Published

on

Pelaku saat di amankan di Polsek Banjarbaru Utara beserta barang bukti. (Foto/Ist)

BANJARBARU, Suaraborneo.com – Kata pepatah mulut mu harimaumu, akibat kata kata bisa menyinggung perasaan seseorang dan bisa membuat sakit hati seseorang, bahkan jika seseorang tersakiti hatinya bisa melampiaskan amarah nya bahkan bisa membahayakan nyawa kita yang memperoloknya.

Kejadian tesebut di alami oleh MS (21), pada hari Minggu (16/07/2023) sekitar pukul 18.20 Wita, sebelum kejadian di ketahui TO (20) mendatangi kediaman korban untuk meminta lem, untuk memperbaiki sajam pelaku, Setelah itu keduanya duduk santai sambil mengobrol dan tak lama ada ketegangan antara mereka.

Emosi pelaku memuncak lantas pelaku mengambil badik yang di selipkan di pinggang, setelah itu pelaku menusuk lengan korban, setelah itu pelaku melarikan diri.

Korban melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Banjarbaru Utara, dan anggota polsek segera cek tempat kejadian perkara dan mengumpulkan Barang bukti serta di lakukan penyelidikan.

Tepat pada hari Senin (25/09/2023) sekitar pukul 01.00 Wita anggota Opsnal Polsek Banjarbaru Utara yang di pimpin AIPTU Sugeng Gunawan berhasil mengaman kan pelaku.

Saat kami hubungi Kapolsek Banjarbaru Utara KOMPOL Yopie Andri Haryono S.Sos mengatakan.

“Betul pelaku sudah kami amankan di sebuah kost-kost an di wilayah Jalan Darul Hijrah Kelurahan Cindai Alus Kecamatan Martapura,” ungkapnya.

Penyebab penusukan karena hal sepele, karena pelaku tersinggung dengan ucapan korban.

“Pelaku telah mengakui melakukan penusukan kepada korban, hanya karena tersinggung ucapan korban pelaku menusuk lengan korban sebanyak satu kali, dan untuk Pelaku sudah kami amankan serta serta barang bukti sebuah badik lengkap dengan kumpangnya serta pelaku harus mempertanggung jawabkan perbuatannya,” pungkasnya. (Erick)

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Perluas Akseptansi QRIS, BI Kalsel Gelar Fun Run

Published

on

Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar “Banua Bukah Baimbaian: Fun Run Festival Antasari 2023”. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober 2023, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar “Banua Bukah Baimbaian: Fun Run Festival Antasari 2023” di Taman Siring 0 Kilometer, Banjarmasin.

Membuka kegiatan, Kepala Perwakilan BI Kalsel Wahyu Pratomo mengatakan kegiatan ini bukan hanya bertujuan meningkatkan semangat berolahraga dan hidup sehat, tetapi juga mendorong perluasan akseptansi QRIS di Kalimantan Selatan.

“Hari ini, kita berkumpul bukan hanya untuk berlari, tetapi juga untuk merayakan semangat inovasi, kebersamaan, dan misi besar untuk mendorong perluasan akseptansi QRIS di Kalimantan Selatan,” tutur Wahyu.

Saat ini, lanjut Wahyu, masyarakat hidup di zaman ketika teknologi digital memainkan peran yang semakin penting. Di tengah arus perubahan ini, BI bersama perbankan, penyedia jasa pembayaran (PJP), dan pelaku usaha terus mendorong perluasan akseptansi QRIS.

“QRIS memberikan akses yang lebih luas kepada semua lapisan masyarakat untuk bertransaksi dengan cepat, mudah, murah, aman, dan andal. Dengan QRIS, kita tidak hanya membuka pintu untuk sistem pembayaran yang lebih efisien, tetapi juga mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Bumi Banua,” kata Wahyu.

Wahyu juga mengatakan, sinergi dan kolaborasi menjadi fondasi utama kegiatan. Ada 5 (lima) perbankan yang turut bekerja sama dengan BI Kalsel guna mendukung kesuksesan acara, yaitu BPD Kalsel, Bank Mandiri, Bank Central Asia, Bank Rakyat Indonesia, dan BPD Jabar dan Banten.

Fun Run diikuti hingga lebih dari 1.000 peserta dari berbagai kalangan. Mulai dari masyarakat umum, pelajar, akademisi, profesional, hingga komunitas pecinta olahraga lari.

Di samping itu, Fun Run juga didukung sedikitnya 10 (sepuluh) UMKM binaan perbankan yang tergabung dalam merchant QRIS guna mendukung upaya pengembangan ekosistem ekonomi dan keuangan digital di Bumi Banua.

Sesuai namanya, Fun Run merupakan salah satu bagian dari rangkaian kegiatan Festival Antasari (Akselerasi dan Transformasi Ekonomi Digital Terkini) yang dimulai sejak 13 Agutus 2023 lalu.

Sebelumnya, telah diselenggarakan tiga kegiatan, yakni Kick-Off Festival Antasari 2023 (13/8), Pesta Rakyat Banua: Pekan QRIS Nasional (20/8), serta Seminar Perlindungan Konsumen dan Transaksi Digital (14/9). [nrl/ril]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarbaru

Karhutla Di Jalan Bandara Meluas, Polres Banjarbaru dan Brimob Bahu Membahu Bersama Relawan Padamkan Api

Published

on

Polres Banjarbaru dan Brimob Polda Kalsel, saat berjibaku memadamkan api di jalan Lingkar Utara. (Foto/Ist)

BANJARBARU, Suaraborneo.com – Sesuai dengan prediksi BMKG fenomena kemarau panjang (El Nino di prediksi masih berlangsung lama, dan mengakibatkan di beberapa titik wilayah di Kalimantan Selatan mengalami rawan kebakaran lahan gambut, semua akibat memanasnya suhu yang di perkirakan mencapai 35 sampai 37 derajat celcius.

Titik rawan kebakaran salah satunya ada di wilayah jalan lingkar utara jalan poros menuju Bandara Syamsudin Noor, dalam beberapa hari ini tenaga relawan berjibaku untuk menjinakkan kobaran api, tidak hanya relawan, anggota dinas dari BNPB, BPBD, TNI, Polres Banjarbaru, hingga Brimob Polda kalsel juga menurunkan unit untuk membantu memadamkan api karhutla.

Dalam beberapa hari ini dan sampai saat ini Jumat (29/09/2023) di wilayah tersebut api sering menyala dan berbeda tempat, sehingga anggota relawan kewalahan untuk memadamkan, selain menggunakan mesin portabel, menurun kan air melalui helikopter juga sudah di lakukan (water bombing).

Untuk melakukan pemadaman anggota Polres Banjarbaru menurunkan 3 unit mobil bak terbuka yang membawa tandon dan Anggota Brimob Polda kalsel menurunkan 2 unit mobil tangki yang siap di turunkan siang maupun malam hari, dan saat melakukan pemadaman mesin portabel milik Brimob Polda Kalsel sempat mengalami beberapa kali trouble.

Saat bersama awak media kami di lapangan Ketua Tim Tiga Brimob Polda Kalsel IPDA M.Jupri menjelaskan,”pagi sampai siang kami memadamkan di wilayah Cempaka, dan langsung kami turun ke jalan arah Bandara, Lingkar Utara.

“Kita semangat boleh di adu, tapi peralatan kurang mendukung, untuk Pemerintah Daerah atau dari Pemerintah Pusat mohon untuk dukungan peralatan yang memadai dan lebih canggih, supaya kita mudah melaksanakan pemadaman yang terjadi saat ini,” tuturnya.

Awak kami juga mendatangi Polres Banjarbaru untuk meminta keterangan perihal kebakaran yang terjadi saat ini, melalui Kasi Humas Polres Banjarbaru, Kapolres Banjarbaru AKBP Dody Harza Kusumah menerangkan,”terkait dengan karhutla Polres Banjarbaru serius dengan penanganan kebakaran hutan dan lahan ini, dengan cara memberikan himbauan himbauan, dan kami juga menyediakan peralatan peralatan mesin penyedot air dan mobil bak terbuka dengan membawa tandon untuk melakukan pemadaman,” jelasnya. (Erick)

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Kepedulian Santri Ganjar di Tanah Laut, Cat Ulang Musala dan Kerja Bakti

Published

on

Sukarelawan Santri Dukung Ganjar (SDG) Kalimantan Selatan. (Foto/Ist)

PELAIHARI, SuaraBorneo.com – Sukarelawan Santri Dukung Ganjar (SDG) Kalimantan Selatan (Kalsel) berusaha menunjukkan kepedulian mereka kepada warga di daerah Kabupaten Tanah Laut.

Hal tersebut dibuktikan dengan mengadakan pengecatan ulang musala serta kerja bakti untuk bersih-bersih.

Adapun musala yang menjadi sasaran berada di RT 7, Dusun 2, Desa Asam-Asam, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Koordinator SDG Kalsel Rizali menuturkan kegiatan itu juga merupakan rangkaian dalam menyambut perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Santri Dukung Ganjar adakan pengecatan ulang tembok musala dan kerja bakti bersama warga,” ujar dia dalam siaran persnya, Jumat (29/9/2023).

Menurut dia, kegiatan gotong royong juga melibatkan puluhan warga dan pemuda setempat.

“Semuanya kompak dalam membersihkan musala serta pengecatan ulang,” kata dia.

Aulia, salah satu warga setempat mengaku sangat berterima kasih atas kepedulian dari Santri Dukung Ganjar.

“Semoga ke depan bisa lebih ditingkatkan lagi kegiatannya. Kami doakan juga semoga Ganjar Pranowo sukses di 2024,” kata dia.

Pada kegiatan itu, para sukarelawan turut memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo sebagai salah satu bacapres 2024. [ad/ril]

#SantriDukungGanjar
#SukarelawanGanjar
#MembersihkanMusala
#GanjarPranowo

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Rumah Murah Dan Berkualitas, Bank Kalsel Dukung REI Expo 2023

Published

on

Direktur Utama Bank Kalsel, Fachrudin bersama Plt. Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel, Suparmi. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Sebagai peran serta Bank Kalsel dalam mendukung ketersediaan rumah murah dan berkualitas bagi masyarakat Kalimantan Selatan (Kalsel). Salah satunya dengan mendukung suksesnya event Pameran Perumahan Terbesar dan Terlengkap di Kalsel yaitu Real Estate Indonesia (REI) Expo 2023 yang dibuka secara resmi di Atrium Duta Mall Banjarmasin, Rabu (27/9/2023).

Direktur Utama Bank Kalsel, Fachrudin mengatakan Bank Kalsel berkomitmen menyediakan rumah murah dan berkualitas dengan menggandeng berbagai organisasi developer termasuk REI Kalsel.

“Tahun ini kita dapat kuota pembiayaan rumah bersubsidi sebanyak 800 unit untuk konvensional dan 600 untuk syariah dari BP Tapera. Bahkan kita mendorong supaya ditambah lagi, seiring dengan besarnya minat masyarakat untuk membeli rumah melalui pembiayaan dari Bank Kalsel. Selain itu tidak hanya sekedar memberikan kredit/pembiayaan rumah, Bank Kalsel juga berkomitmen untuk melakukan penghijaun pada setiap rumah dengan memberikan 1 pohon untuk setiap 1 rumah dalam rangka melakukan penghijuan di Kalsel ” ungkap Fachrudin.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPD REI Kalsel, Ahyat Sarbini menyampaikan kegiatan REI Expo 2023 di Kalsel ini merupakan wadah untuk masyarakat Banua dapat membeli rumah murah dan berkualitas yang dimana dalam event ini sendiri setidaknya ada 44 pengembang yang menawarkan berbagai rumah murah dan berkualitas serta ada 13 stand diantaranya oleh Bank Kalsel yang telah mendukung kegiatan kita hari ini.

“Dalam kesempatan ini juga saya ucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Bank Kalsel selama ini kepada DPD REI Kalsel, salah satunya adalah kerjasama pembiayaan rumah murah dan berkualitas untuk Masyarakat Kalsel dengan menggandeng Dinas PERKIM Provinsi Kalimantan Selatan yang mana belum ini telah melakukan akad massal diseluruh Kabupaten Kota se’Kalimantan Selatan,” ucap Ahyat.

Sementara itu, Plt. Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel, Suparmi berterima kasih atas kolaborasi yang baik antara developer dan Bank Kalsel, dalam menyediakan wadah untuk masyarakat Kalimantan Selatan.

“Kita harapkan kolaborasi ini bisa terjalin baik, supaya banyak masyarakat yang bisa merasakan manfaatnya, khususnya dalam hal kepemilikan rumah murah dan berkualitas, sehingga kebutuhannya akan terus meningkat kedepannya” pungkas Suparmi.

Sebagai Informasi, Bank Kalsel di event REI EXPO 2023 ini telah membuka stand khusus yang menyediakan berbagai program kredit menarik bagi Masyarakat, termasuk kredit perumahan. Salah satunya adalah Program BAIMAN (Program Baisi rumah Nyaman Melalui Bank Kalsel) seperti DP 0 persen bagi kPRS Tapera, DP ringandan juga DP 1 persen untuk KPR Sejahtera FLPP. Selain itu ada juga promo lainnya berupa cashback 100 persen untuk biaya provisi dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. [adv/ad]

 

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarbaru

Kericuhan Tak Terkendali, Masa Demo Akibat Tak Puas Dengan Hasil Pemilu

Published

on

Simulasi Demo masa di Lapangan Hitam Polres Banjarbaru. (Foto/Ist)

BANJARBARU, Suaraborneo.com – kericuhan terjadi saat masyarakat tidak puas dengan hasil pemilu yang sudah di umumkan, kerusuhan semakin menjadi hingga anggota Polisi Anti Huru Hara hingga Water Canon di turun kan untuk menghalau amukan masa.

Kericuhan dan kerusuhan masa hanya simulasi yang di adakan Polres Banjarbaru dalam kegiatan Simulasi Sispamkota Dalam Rangka Pemilu Tahun 2024, acara di laksanakan di Lapangan Hitam Polres Banjarbaru, Rabu (27/9/2023)

Acara di hadiri Kapolres Banjarbaru AKBP Dody Harza Kusumah dan jajarannya, Wakil Walikota Banjarbaru Wartono S.E, Ketua DPRD Kota Banjarbaru, Dandim 1006 Banjar, Kajari Banjarbaru, Ketua negeri Banjarbaru dan Ketua KPU Banjarbaru, serta tamu Undangan semua perwakilan dari Partai Politik yang hadir dalam acara simulasi tersebut.

Tidak hanya simulasi yang diadakan di Polres Banjarbaru, sebelum acara simulasi di adakan penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 yang di lakukan oleh semua semua tamu undangan dan semua wakil Dari partai Politik masing masing.

Kapolres Banjarbaru AKBP Dody Harza Kusumah dalam statemen nya mengatakan,”Untuk hari ini kita sudah melaksanakan deklarasi pemilu damai dengan semua Forkopimda Seluruh DPD Kota Banjarbaru, kami juga menyampaikan bahwa dalam rangka pemilu ini untuk Polres Banjarbaru kita siap melaksanakan pengamanan pemilu tahun 2024.

“Tadi juga sudah di sampaikan oleh pak Wakil Walikota untuk wilayah banjarbaru ini kategorinya, selama ini yang kita jalankan pada tahun 2020 lalu adalah melaksanakan dengan damai, dan antisipasinya kita melakukan pengaman di lapas, panti jompo karena itu daerah daerah rawan.

Dua wilayah Polres Banjarbaru lagi yaitu Aluh Aluh dan Beruntung Baru yang memerlukan pengaman karena di sana menggunakan mobilitas air, Jumlah personel polres Banjarbaru sejumlah 588 personel serta melibatkan dua pertiga anggota dan akan di backup dari Polda,” tutupnya. (Erick)

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Bank Kalsel Melalui UPZ, Beri Bantuan Musibah Kebakaran Warga Gang Syukuri Dan Suka Damai

Published

on

Bantuan diserahkan oleh Direktur UPZ Bank Kalsel, H. M. Fajri Muhtadi kepada Haris Fadillah selaku perwakilan warga. (Foto/Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Sebagai bentuk kepedulian sosial khususnya terhadap warga yang terdampak akibat kebakaran yang sering terjadi akhir-akhir ini. Bank Kalsel melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) kembali menyerahkan bantuan uang tunai sebesar Rp 46 juta rupiah kepada 23 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak akibat kebakaran yang terjadi di belakang Masjid Jami, Gang Syukuri dan Suka Damai, Kelurahan Antasan Kecil Timur Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Selasa (26/9/2023).

Bantuan diserahkan oleh Direktur UPZ Bank Kalsel, H. M. Fajri Muhtadi kepada Haris Fadillah selaku perwakilan warga yang terdampak dengan disaksikan oleh Ahmad Fakhrudy selaku Lurah Antasan Kecil Timur dan Ketua RT setempat.

Ahmad Fakhrudy mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan UPZ Bank Kalsel kepada warganya yang terkena musibah kebakaran pada kamis malam yang lalu.

“Saya mewakili warga yang terkena musibah kebakaran mengucapkan terima kasih kepada Bank Kalsel dan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang telah menyalurkan bantuan uang tunai. Saya juga menghimbau warga agar memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik mungkin, baik untuk menyewa rumah sementara atau membelikan beragam hal yang penting dan keperluan hidup
sehari-hari,” ungkap Fakhrudy.

Pada kesempatan yang sama, Direktur UPZ Bank Kalsel, M Fajri Muhtadi mengungkapkan bahwa bantuan yang disalurkan ini berasal dari zakat penghasilan pegawai Bank Kalsel yang di potong setiap bulannya maupun sumbangan lainnya.

“Unit Pengumpul Zakat (UPZ) merupakan wadah untuk kami menyalurkan segala bentuk kepedulian di bidang pendidikan, kesehatan dan aktifitas sosial lainnya. Kali ini kami memberikan bantuan kepada warga Gang Syukuri dan Suka Damai yang terkena musibah kebakaran. Berharap dengan bantuan yang diserahkan hari ini dapat digunakan sebagaimana mestinya dan semoga warga yang terdampak diberikan kesabaran dan ketabahan serta kita sama sama berdoa agar tidak terjadi lagi musibah lainnya,” pungkas Fajri. [adv/ad]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarbaru

Persiapan Penilaian Unesco Geopark Meratus Bersama BPGM Kalsel

Published

on

Wakil Ketua Umum Badan Pengelola Geopark Meratus (BPGM) Kalsel Ir. H. Nurul Fajar Desira, CES dan Ketua Harian Badan Pengembangan Geopark Meratus, Hanifah Dwi Nirwana, wawancara bersama anggota pers di Cafe Talk. (Foto/Ist)

BANJARBARU, Suaraborneo.com – Kalimantan Selatan (Kalsel) mempersiapkan 54 situs untuk diajukan sebagai cagar budaya yang harus di angkat untuk penilaian Unesco Geopark Meratus, dengan menggunakan meratus diangkat sebagai simbol Borneo dan bentuk utama dari bentuk Intan.

Dalam acara hadir narasumber Wakil Ketua Umum Badan Pengelola Geopark Meratus (BPGM) Kalsel Ir.H. Nurul Fajar Desira , CES, dan Ketua Harian Badan Pengembangan Geopark Meratus (BPGM) Hanifa Dwi Nirwana.

Acara tersebut membahas Konsep dari pengembangan geopark yaitu meliputi tiga pilar tujuan geopark di antaranya warisan da keaneka ragaman geologi, keaneka ragaman budaya, dan keanekaragaman hayati.

Penilaian situs cagar alam berada di 4 titik rute, yaitu rute Timur, Rute Barat, rute selatan, dan rute Utara yang akan di perkenalkan dan akan di berikan penjelasan kepada penilai dari Unesco.

Wakil Ketua Umum Badan Pengelola Geopark Meratus Kalsel Ir.H.Nurul Fajar Desira mengatakan usulan itu sedang dalam proses dan usulan tersebut akan menyerahkan dokumen dalam tiga bahasa Dan akan di evaluasi terus akan di usulkan ke Geopark.

“Dokumen tersebut untuk di pelajari kalo memang layak sekitar bulan April atau Mei akan datang tim penilai, apakah benar tim penilai apa benar seperti yang dijelaskan dalam dokumen tersebut, dan apa faham masyarakat tentang apa arti geopark itu, kami optimis kita bisa jadi Geopark dunia Unesco,” ungkapnya.

Selain itu Ketua Harian Badan Pengembangan Geopark Meratus Hanifa Dei Nirwana juga menyampaikan, kami sudah mempunyai persiapan, yang kami persiapkan yaitu aksesibilitas, visibilitas, dan juga infrastruktur pendukung yang lain.

“Disamping itu juga persiapan di masyarakat, di mana kami untuk berusaha membuat masyarakat memahami dan meningkat kemampuannya secara ekonomi, dalam hal ini kita juga mendorong geopark melalui souvenir, kuliner, dan beberapa hal lain di dalam pengelolaan dari situs situs mereka,” imbuhnya. (Erick)

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer